Buku ensiklopedia sains islami kamil pustaka asli

Jika Dia Mencintaimu



Wanita harus tegas sekali, karena banyak sekali justru yang dikorbankan adalah karena wanita tidak ketegasannya, tetapi laki-laki juga ada yang sifatnya seperti wanita (manja). Mari kita lihat secara praktis karena tugas-tugas kita, sebagai orang tua, sebagai penasehat, sebagai motivator adalah memotong perjalanan kegagalan anak muda. Tanda bahwa logika keberhasilan hidup anak muda itu bermasalah, adalah bermasalah saat cinta muda. Baru memilih patner bersahabat saja sudah masalah, apalagi nanti memilih pekerjaan yang tepat atau patner bisnis. Mudah-mudahan setelah membahas ini semua lebih cerah.

Berhubungan dengan cinta, saya hubungkan dengan jarak. Ada beberapa orang yang mencintai seseorang tapi tidak ingin terlalu berdekatan, bagaimana dengan hal tersebut? “Jika dia mencintaimu, dia akan tersiksa dalam keadaan dimana Engkau tak dekat dengannya”. Cinta itu kangen, kalau tidak kangen tidak cinta. Sesibuk apapun dia, kalau dia mencintaimu, dia akan menghubungimu. Kalau Anda mencintainya, Anda berupaya, kalau tidak berupaya, Anda cari alasan karena cinta jarak jauh wajar bila tidak menghubungi karena sibuk (sibuk dengan yang lebih dekat). Cinta itu memang mengharuskan kedekatan, karena sahabat adalah satu jiwa dalam dua badan yang terpisah. Cinta itu adalah kekuatan yang mengsahabatkan, jadi otomatis kalian ingin dekat.

Misal ada orang yang sedang pacaran, tetapi pada saat itu dia mulai melihat kekurangan dari pacarnya, bagaimana menyikapi yang seperti ini? “Jika dia mencintaimu, dia akan bersabar dengan kekuranganmu, sebagaimana Engkau juga bersabar dengan kekurangannya”. Banyak diantara kita menuntut kepada pacar, kekasih, tunangan, suami atau istri kita untuk sempurna. Dikritik ini, dikritik itu. Lupa bahwa suaminya menghasilkan kesejahteraan, istrinya merawat atau menghadiahkan kepadanya anak-anak yang baik. kita tidak bersabar dengan kekurangan orang lain, padahal dia sudah bersabar dengan kekurangan kita. So cinta itu penghormatan (hormati), karena kita tidak bisa berlaku dalam cinta kalau tidak adil.

Jika dia mencintaimu, dia akan menjadikanmu sebagaimana yang diinginkannya. Karena rata-rata dari perempuan menginginkan orang yang sukses, jadi otomatis perempuan itu menginginkan kita itu menjadi sukses seperti yang dia inginkan. Ini tipe laki-laki yang tidak akan mengkritik wanita matre. Kalau misal pacarnya mengatakan : kamu harus sukses (matre), kamu harus jadi orang yang mapan, yang kaya (matre). Nah ini yang mengatakan matre kepada wanita yang menuntutnya supaya laki-laki sukses adalah laki-laki yang minder, laki-laki yang pesimise, yang menganggap kehidupan tidak akan ramah kepadanya. Jadi dia mengharapkan yang mau menerima apa adanya, padahal dia tidak ada apa-apanya. Berarti laki-laki harus gagah, kalau dituntut untuk hebat oleh wanita, patuh saja. Nah wanita dituntut oleh calon suaminya untuk lebih anggun, lebih teratur, lebih tertata itu juga harus menurut. So kalau dituntut untuk yang baik, harus menurut.

Jika dia mencintaimu, dia menjadikan dirinya sebagaimana yang kau inginkan (lebih kesikap). Jadi mungkin setiap orang ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing, misalnya Anda tahu yang lebih baik untuk dilakukannya, maka akan dinasehatinya.Kedewasaan itu bukan masalah usia, karena banyak anak muda marahnya lebih anggun dari pada orang tua. Tetapi memang ada peran dari usia (umur), ada yang tidak bisa kita terima waktu umur 17 Tahun, baru kita masuk akal ketika kita umur 19 Tahun, ada yang umur 22 Tahun baru mengerti, ada juga yang umur 50 Tahun juga belum mengerti. Jadi ada nasehatnya yaitu Give It Time. Dalam menganjurkan perubahan pada orang lain, kenapa nasehatnya didalam si A adalah menyampaikan kebenaran dalam kesabaran. Kalau Anda benar, tinggal bersabar. Kalau yang Anda nasehatkan baik tapi ditolak, tinggal bersabar. Karena perubahannya bukan tanggung jawab Anda tapi tanggung jawab Tuhan, tugas Anda menyampaikan.

Jika dia mencintaimu, dia berupaya tumbuh dalam persahabatan yang saling membahagiakan. Cinta adalah kekuatan yang saling menyatukan, jadi kalau ada orang saling mencintai tapi hidup sebagai dua orang yang terpisah, itu aneh sekali (biayanya-biayanya, biayaku-biayaku. Jadwalnya-jadwalnya, jadwalku-jadwalku. Anaknya-anaknya, anakku-anakku). Kesatuan yang paling indah itu persahabatan, karena banyak suami istri yang tidak kangen, dan kalau bicara disaat bertengkar. Tetapi apakah kehidupan Anda itu penuh dengan kegembiraan (persahabatan)? Bukan kurangnya cinta yang menjadikan kebersamaan tidak membahagiakan, tapi tidak cukupnya persahabatan.

Berbicara mengenai cinta dan kesetiaan itu seperti apa? “Jika dia mencintaimu, dia tidak akan membagi cinta, dia akan setia seperti Engkau setia kepadanya”. Bagaimana saya bisa cinta, kalau saya membagi cinta. Berarti cinta saya tidak seutuhnya untuk dia, kecuali saya berkualitas indah sekali seperti seorang Rasul. Tetapi setelah Rasul tidak ada lagi, maka saya khawatir kalau saya meniru-meniru perilaku yang tidak adil kepada istri, dan itu tidak bisa saya katakan cinta.

Berbicara mengenai jika dia mencintaimu (arti cinta), ada orang yang bilangnya cinta tapi suka menyepelekan, kadang-kadang berlaku kasar, jadi cinta itu sebenerya apa? “Cinta itu penghormatan, jika dia mencintaimu, dia akan menghormatimu dimana tidak ada hormat tidak mungkin ada cinta”. Banyak yang bantah, yang bilang sebenarnya dia mencintaiku cuma dia bicara kasar kepadaku karena dia sedang emosi. Kita mengijinkan orang untuk kasar, berarti sebetulnya tahu tidak dicintai tapi dia mencari alasan untuk tidak mengakui. Api dimatikan oleh air, cinta dimatikan oleh pengabaian. Jadi orang yang diacuhkan, diabaikan tapi dia bilang karena dianya sedang sibuk. Berarti banyak diantara kita itu sudah tahu kalau dirinya tidak dicintai, tapi tetap mencari alasan supaya dia tidak malu. Masalah pacaran itu kita ketahui besar dan banyak, karena anak-anak muda bebas mengungkapkan di twitter dan facebook (semua laki-laki itu penipu). Tapi yang sudah menikah tidak seperti itu, masalah yang sama dipacaran, dipernikahan lebih parah tapi disembunyikan. Karena demi anak, demi orang tua, demi karir suaminya, demi karir istrinya. Sebetulnya kesalahan pacaran itu diteruskan dalam keluarga, kalau sudah tidak menghormati semasa pacaran, lalu kalau Anda teruskan, Anda akan punya suami atau istri yang tidak menghormati Anda. Berhati-hatilah!