Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Bangkit

Namaku Bangkit Wibisono. Tapi cukup taukah kau tentang aku hanya dengan tau namaku?? Puaskah kau ketika tau namaku?? Tak inginkah kau tau lebih banyak tentang aku?? benar,, tapi aku nggak bakalan ngoceh banyak disini, yang ada aku bakalan nulis banyak disini. Aku adalah salah seorang anak genius yang dikirim untuk menjadi aktor dalam sebuah drama yang berjudul "hidup", kau juga salah satu aktor/aktris sama sepertiku, kita semua, dengan Sang Kuasa sebagai sebaik-baiknya sutradara. Tapi bedanya, Aku Jenius dan kau?? Sebut saja yang kau mau...!!! hahahaha
Continue Reading...

ORANG TUA DAN ANAK

Hei, Ufhh, begitu lama waktu yang kurasakan tak posting lagi disini, aku ceritakan sedikit kemana aku menghilang. Kau tau lampung? yap, sebuah provinsi dipulau sumatra yang paling dekat dengan pulau jawa. Biasa orang mengidentikan lampung dengan Gajahnya, Kopinya, Adat Nikahnya, malah ada yang menyebut lampung masih seperti hutan belantara (jika


RETNO DAMAYANTI

Pada Sore hari

“Assalamu’alaikum….Yuni ya…”, pekik seorang perempuan seraya menatap orang di sampingnya di toko buku.
    “ Wa’alaikum salam warahmatulah….Retno ya. Subhanallah….apa kabar?”
    “ Alhamdulillah”
    Keduanya berpelukan lama sekali. Ditatapnya sohib SMAnya dari atas ke bawah.
    “ Ada apa…ada yg yg berubah ? Tambah subur ya…?”
 


TAWAKAL BILLAH

Sesungguhnya kau tidak mengetahui akhir dan akibat dari setiap urusan. Mungkin kau bisa mengatur dan merancang sebuah urusan yang baik menurutmu. Tetapi ternyata urusan itu berakibat buruk bagimu. Mungkin saja ada keuntungan di balik kesulitan dan sebaliknya, banyak kesulitan di balik keuntungan. Bisa bahaya datang dari


NABILA, APA YANG KAU CARI?

Di sebuah café Metropolitan Mall, Bekasi, seorang lelaki sedang menikmati kesendiriannya.  Dihirupnya Capucinno perlahan.  Sore begitu cerah, baru saja dia menyelesaikan meeting dg klien kakapnya di Hotel Horison.  Sekarang sedang rileks sebentar sambil mengatur agenda untuk dinner nanti malam dg klien yg lain.  Sebagai pengusaha yg cukup sukses, hampir seluruh


PERBEDAAN?
“Assalamu’alaikum Abi….Alvino neh”
“Wa’alaikum salam warahmatulahi wabarakatuh….masuk..masuk!”

MARAH ITU PERLU

Bayangkan Jika Islam Diinjak!!! Mungkin hanya sedikit yang sadar bahwa islam diinjak, dan dari yang sedikit itu, banyak yang tidak peduli. Dalam hal ini, artinya sangat sedikit sekali orang islam yang peduli akan islam, kebanyakan hanya mengaku islam namun tak menghayati islam. Jujur saja, aku merasa sedih dan marah akan


CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

Alhamdulillah maha suci Alloh yang menciptakan persoalan – persoalan bagi kita, yang dengan persoalan itu seharusnya kita jadi tambah ilmu, tambah pengalaman, tambah wawasan dan tambah iman.  
     
Memang ada kalanya hidup tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Gelombang ujian dan cobaan seakan tak henti menerpa.


SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT

Seorang profesor berdiri di depan kelas filsafat. Saat kelas dimulai, dia mengambil stoples kosong dan mengisinya dengan bola-bola golf. Kemudian ia bertanya pada murid-muridnya, "Apakah stoples sudah penuh?" Para murid setuju!!
 
Kemudian, profesor itu menuangkan batu koral ke dalam stoples lalu mengguncangnya dengan ringan. Batu-batu koral segera mengisi tempat


SURAT DARI SEORANG UKHTI

Assalammu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
afwan sebelumnya, akhi…

sebenarnya tak seharusnya aku menulis ini, karena memang tak sepantasnya aku mengungkapkan hal ini.


YANG TERBAIK??

Aku punya sebuah petuah yang kudapat dari tempat lain, rasanya tak perlu kusebutkan dimana aku mendapatkannya.
Apa kalian masih ingat tentang kisah cinta Plato yang kuposting beberapa waktu lalu???
Ini adalah pesan dari kisah plato yang kuposting waktu itu, ada beberapa pesan, kau boleh membaca semuanya atau


TUMBAL KUTUKAN

Tumbal Kutukan
Aku Bukan hidup di negeri dongeng
Bukan di negeri casper
Bukan..
Tapi hantu-hantu konyol itu
Terlalu keras kepala bak legam batu
Ungkapan itu layaknya kutukan
Kutukan setan bertuan
Itu bukan sejati
Bukan
Bukan pula nyanyian
Namun hanya kenangan
Yang layak dilupakan
Malam hari yang teduh di bawah cahaya


BUNTELAN KARUNG HITAM??

Sebenarnya aku lebih suka membaca dibanding menulis, tapi karena aku ingin kau juga menikmati serunya membaca, maka aku posting sedikit kisah yang aku baca tempo hari dari buku bukan untuk dibaca karya Deassy M. Destiani. Jujur aku terinspirasi dari buku ini, meskipun tidak semua isi dari buku ini adalah karya


PERBAIKI NIATMU!!!

Bissmillah...

Aku tau kau merindukan tulisanku. Mungkin kau akan bertanya bagaimana bisa aku tau? sedangkan hal tersebut bukanlah hal pasti. Ya, hal tersebut memang tidaklah pasti, tapi kemungkinan besar pernyataanku sangatlah benar. Kenapa demikian? Baiklah akan kubuktikan.

Dulu, saat situs ini belum terbuat, aku menulis dimanapun sesuka diriku,


SIKAP MENTAL JUARA

Ada PEMENANG di dunia ini, dan ada PECUNDANG. Apa yang membuat seseorang menjadi PEMENANG dalam kehidupannya? Apa yang membuat seseorang menjadi pecundang? Perbedaannya terletak pada SIKAP, PANDANGAN dan POLA PIKIR.
Biasanya, cepat atau lambat, Anda akan mendengar PECUNDANG MENYALAHKAN KEGAGALANNYA PADA ORANG LAIN ATAU KEADAAN. Pola pikir


MUSIK, DAPAT MENGERASKAN HATI

Perjalanan-hidupku belum berhenti, aku posting ini adalah salah satu bukti bahwa Alloh SWT masih memberikan kesempatan padaku untuk menempuh perjalanan yang lebih panjang lagi, sebelumnya aku ingin mendoakan kau yang membaca ini agar masih diberi keselamatan dan kesehatan agar terus mampu menempuh perjalanan hidup dengan baik. Tapi aku juga


RAHASIA

Pada suatu waktu, Tuhan mengutus dua malaikat ke bumi (1 malaikat senior dan 1 malaikat junior). Malaikat junior ditugaskan mendampingi malaikat senior untuk belajar menjadi malaikat yang baik. Pada hari pertama, mereka datang ke rumah seorang yang kaya tetapi kejam dan


KETIKA CINTA MENYAPA

Dan ketika seorang muslim atau muslimah bicara tentang cinta, ia tidak bicara tentang pacaran yang jelas mengharamkannya. Melainkan bicara tentang indahnya berumah tangga. Ia juga bicara bahwa sejatinya cinta itu segitiga, antara dia, pasangan jiwanya dan Sang Pencipta.
Mahabbah...
Kalian tahu apa arti dari


KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN

Aku tak tau bagaimana denganmu, tapi sebelum aku posting ini aku sudah sempat membaca, mengucap, menuliskan kalimat yang  menyatakan bahwa bahagia itu ketika kita bisa memberi bukan ketika kita menerima. Memang bukan karena hal itu, tapi itu salah satu yang membuatku sedikit banyak belajar memberi, awalnya hanya karena ingin membuktikan


BUKAN WANITA KARIR

Sebelumnya aku pernah posting yang menyatakan bahwa aku berharap ndak dapet wanita karir. Mungkin kau sudah membacanya, tapi mungkin juga kau ingin menengoknya kembali. kuberi kau jalan pintas : wanita bangkit. :). Dan hari ini aku dapet sepenggal kisah yang kudapat di dunia maya,


CINTANYA PLATO

Satu hari, Plato bertanya pada gurunya, "Apa itu cinta? Bagaimana saya bisa menemukannya?

Gurunya menjawab, "Ada ladang gandum yang luas didepan sana. Berjalanlah kamu dan tanpa boleh mundur kembali, kemudian ambillah satu saja ranting. Jika kamu menemukan ranting yang kamu anggap paling menakjubkan, artinya kamu telah menemukan cinta" Plato


MEMBELI KEAJAIBAN

Sally baru berumur 8 tahun , ketika ia mendengar Ibu dan Ayahnya sedang berbicara mengenai adik lelakinya, Georgi. Ia sedang menderita sakit yang parah dan mereka telah melakukan apapun yang bisa mereka lakukan untuk menyelamatkan jiwanya. Hanya operasi yang sangat mahal yang sekarang


PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU

Aku pernah belajar rasa sakit, yang aku dapatkan bahwa rasa sakit akan menghasilkan kekuatan yang tak terhingga, dan akan menjadi sangat berbahaya jika kau tak mampu mengontrolnya. Tapi Bukankah hidup ini lebih enak jika tidak ada yang harus kesakitan


TERNYATA SEPERTI ITU JODOH

Dari dulu kamu tu pikirannya cewek terus, hahaha…”, kelakarnya
Kemudian dia melanjutkan,
“Kenapa kamu bingung memikirkan cinta dan jodoh? Kenapa kamu mesti bingung memikirkan sesuatu yang sudah pasti Allah beri dan janjikan? Carilah apa yang tidak Allah janjikan kepadamu dan jangan cari apa yang sudah pasti


HITAM, PUTIH DAN DIANTARANYA

Kata sebagian orang : “Sulit untuk menjelaskan sesuatu yang sudah jelas”.
Cinta Tabiat Anak Manusia: Jangan Dibunuh, Jangan pula Diumbar!
Kasihan si Cinta: Sering Dijadikan kambing Hitam!

Ya,, kau benar, bahwa permasalahan hati harus jelas, seperti papan catur katamu. Yang hitam ya hitam, dan yang putih harus putih, tidak boleh

Halaman : 1 of 1   



Recent Pos
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
SIKAP MENTAL JUARA
MUSIK, DAPAT MENGERASKAN HATI
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
MUSIK, DAPAT MENGERASKAN HATI
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'
PENTINGNYA KARAKTER

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi Tensai murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis

Bangkit menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut)

Bangkit menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn)

Bangkit dan menerima pesan suara . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis

Bangkit orang Tensai sama Tensai menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP Tensai sudah ada seperti SIP

Bangkit IAX

Bangkit dan H.323. Grup Skype Tensai dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg

Bangkit Jerman dengan kantor-kantor di London

Bangkit Inggris

Bangkit Praha

Bangkit Rusia dan San Jose

Bangkit California

Bangkit A.S. Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya Tensai populer maupun pengembangan perangkat lunaknya

Bangkit jasa Tensai ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.     Keunggulan   Komunikasi global dan lokal Tensai lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6

Bangkit640

Bangkit-/ menit.    sedangkan dengan menggunakan skype

Bangkit aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1

Bangkit593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit . Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus. Penggunaannya Tensai mudah. Untuk pengguna Tensai telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet

Bangkit perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu

Bangkit headset ( Tensai memiliki mike dan speaker)

Bangkit serta sambungan internet. Kualitas suara Tensai lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis. Kualitas suara Tensai lebih baik Dalam hal kualitas suara Tensai lebih baik

Bangkit hal ini mungkin terjadi karena tim kerja Skype telah berhasil mengontrol sumberdaya- sumberdaya Tensai tersedia pada jaringan. Sehingga meningkatkan keberhasilan panggilan dan kualitas pada jaringan Skype melebihi tingkat POTS (Plain Old Telephony System: Sistem Telepon Tua Biasa) tanpa menggunakan pemusatan sumberdaya Tensai mahal. Dengan menyederhanakan perangkat lunaknya

Bangkit sistem ini memungkinkan pengaplikasian Tensai mudah oleh siapapun. Traversal Firewall dan NAT (Network Address Translation) Klien-klien Tensai tidak menggunakan firewall dan klien-klien Tensai sudah berada pada alamat-alamat IP publik Tensai terarah dapat membantu “ujung- penghubung” dari NAT berkomunikasi dengan mengarahkan panggilan. Hal ini memungkinkan dua klien Tensai awalnya tidak bisa berkomunikasi untuk berbicara satu sama lainnya

Bangkit karena sinyal panggilan di terjemahkan pada pengguna akhir Tensai satu dan pengguna akhir lainnya

Bangkit sehingga kekhawatiran akan risiko keamanan atau privasi dapat diatasi. Bersamaan dengan hal ini

Bangkit hanya proxi-proxi Tensai memiliki “jatah” berlebih Tensai dipilih sehingga performa pada penggunanya tidak terganggu. Beberapa teknik baru telah dikembangkan untuk menghindari konfigurasi firewall dan gateway pada pengguna akhir

Bangkit dimana setting konfigurasi Tensai tidak sensitif biasanya menghambat mayoritas pengguna dalam berkomunikasi. Singkatnya

Bangkit Skype bekerja di belakang mayoritas firewall dan gateway tanpa menggunakan konfigurasi khusus. Data dan Alat Pencari Pengguna Global Terdesentralisasi Kebanyakan dari pengirim- penerima pesan instan (Instant Messenger) atau perangkat lunak komunikasi memerlukan bentuk data pencari terpusat Tensai bertujuan agar hubungan antar pengguna akhir berhasil dilakukan

Bangkit dimana para pengguna akhir ini memiliki nama pengguna statis karena alamat IP-nya cenderung berubah. Perubahan ini terjadi saat pengguna berpindah lokasi atau mencoba menghubungkan diri kembali ke dalam jaringan dengan menggunakan alamat IP dinamis. Kebanyakan dari alat komunikasi Tensai berbasiskan internet

Bangkit mencari dan menemukan penggunanya menggunakan sentral informasi (central directory) dimana setiap nama pengguna dan nomor IPnya tercatat dan mencari tahu apakah setiap pengguna sedang dalam jaringan (online) atau tidak. Sentral informasi ini amatlah besar biayanya ketika penggunanya bertambah hingga jutaan

Bangkit dengan mendesentralisasikan infrastruktur Tensai memakan banyak sumberdaya ini

Bangkit skype berhasil memfokuskan sumber dayanya untuk mengembangkan fungsi. Teknologi jaringan P2P Tensai digunakan oleh aplikasi “berbagi berkas” (file-sharing) sebenarnya hampir cocok untuk digunakan pada jaringan desentralisasi Tensai digunakan oleh skype

Bangkit namun jaringan-jaringan ini secara alamiah telah terbagi-bagi. Pencarian tidak dapat menghubungkan seluruh “ujung” Tensai terdapat di jaringan. Sehingga untuk dapat berkomunikasi dengan kualitas telepon Tensai baik dengan biaya serendah mungkin

Bangkit diperlukan pengembangan generasi ketiga dari teknologi P2P (“3G P2P”) atau dikenal juga dengan Indeks Global (Global Index) disingkat IG – hal ini membuktikan sekali lagi pergeseran paradigma pada istilah “jaringan Tensai mungkin” . Teknologi IG adalah jaringan berlapis-lapis dimana antara penghubung-super (supernones) saling berkomunikasi dengan cara tertentu sehingga setiap penghubung dalam jaringan memiliki pengetahuan penuh akan setiap pengguna Tensai ada dan sumberdaya Tensai digunakannya dalam selubung (jeda panggilan) seminimal mungkin. Pengarah lalulintas Tensai pintar (intelligent routing) Dengan menggunakan seluruh sumberdaya Tensai ada

Bangkit Skype mampu mengarahkan dengan pintar panggilan panggilan Tensai terkode melalui seluruh jalur efektif Tensai mungkin dilalui. Skype bahkan memastikan berbagai jalur-jalur penghubung tetap terbuka dan secara dinamis berpindah memilih jalur Tensai terbaik pada saat itu. Hal ini membuat Skype langsung menjadi perhatian orang karena dampaknya dalam mengurangi jeda sambungan dan peningkatan kualitas panggilan dalam jaringan. Keamanan Setiap panggilan dan pesan instan dikodekan oleh Skype pada ujung satu dan lainnya untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini perlu karena seluruh panggilan/ pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas Internet untuk publik. Mudah digunakan Dengan perangkat Tensai mudah digunakan dan bukan mempersulit pengguna

Bangkit skype dibuat sesederhana mungkin – semua orang Tensai dapat menggunakan aplikasi Windows dan telepon karena perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik dengan sistem operasi komputer saku (pocket PC)

Bangkit Windows 2000

Bangkit Windows XP

Bangkit Windows Vista

Bangkit Pocket PC

Bangkit Mac OS X and Linux . Kekurangan Penipuan. Layaknya seluruh hubungan Tensai dilakukan melalui internet

Bangkit skype juga memiliki masalah Tensai sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri Tensai sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak meggunakan nama asli dan di pihak Tensai sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya. Kapasitas Tensai besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang

Bangkit dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger Tensai memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10-15 MB. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang Tensai memanggil dan Tensai dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang Tensai dituju

Bangkit karena apabila orang Tensai dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia. Tidak ada panggilan darurat dengan Skype. Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat. Sumber: wikipedia bahasa indonesia  



Motivasi.com

Bangkit CARA MEMELIHARA ALAT LABORATORIUM   Agar efektifitas pemanfaatan alat peraga laboratorium dapat dicapai dengan sempurna

Bangkit maka diperlukan syarat pengetahuan dan keterampilan penggunaan peralatan Tensai telah meliputi : a.   Pengetahuan tentang spesifikasi peralatan. b.  Pengetahuan tentang pengoperasian peralatan. c.  Pengetahuan tentang kondisi peralatan. d. Pengetahuan tentang target dan sasaran pengamatan dan atau pengukuran dengan     peralatan tersebut. e. Pengetahuan metoda

Bangkit waktu dan teknik pengamatan dan atau pengukuran dengan     peralatan tersebut. Pengetahuan dan keterampilan penggunaan peralatan ternyata telah memegang peranan Tensai sangat penting dalam perawatan peralatan agar peralatan berfungsi dengan baik dan kerusakan dapat dihindarkan sejauh mungkin.  Macam-macam Peralatan laboratorium             Secara garis besar peralatan laboratorium telah dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) bagian

Bangkit yaitu : 1.                  Peralatan elektronika. 2.                  Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku logam. 3.                  Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas. 4.                  Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku karet/plastik. Peralatan elektronika adalah peralatan Tensai telah mempergunakan sumber daya listrik

Bangkit misalnya : Kit Listrik (catu daya

Bangkit meter dasar

Bangkit multi meter

Bangkit audio generator

Bangkit osiloskop

Bangkit pembangkit getaran) Bahan baku logam Tensai biasa dipakai untuk dapat membuat peralatan

Bangkit di antaranya nikel

Bangkit tembaga

Bangkit besi

Bangkit seng dan logam campuran lainnya. Peralatan Tensai telah terbuat dari bahan baku logam misalnya : Kit Mekanik (micrometer sekrup

Bangkit jangka sorong

Bangkit pegas spiral

Bangkit neraca pegas)

Bangkit Kit Listrik dan Magnet (papan rangkaian)

Bangkit Mikroskop. Bahan gelas Tensai biasa dipakai untuk dapat membuat peralatan

Bangkit di antaranya : pyrex dan fiber glass. Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas

Bangkit di antaranya : Kit Optika (lensa

Bangkit balok kaca

Bangkit prisma

Bangkit cermin)

Bangkit Kit Kimia (tabung reaksi

Bangkit pipet

Bangkit buret)

Bangkit Kit Gelombang dan temodinamika (gelas kimia

Bangkit thermometer

Bangkit batang gelas)

Bangkit cermin pada mikroskop. Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku karet/plastik

Bangkit di antaranya : pemukul garpu tala

Bangkit sarung tangan dan mistar. Perawatan peralatan elektronika             Peralatan elektronika memiliki sifat-sifat : 1.                  Sensitif terhadap goncangan. 2.                  Sensitif terhadap medan magnet. 3.                  Tidak tahan terhadap suhu di atas 250 C. 4.                  Tidak tahan terhadap terhadap udara lembab. 5.                  Tidak tahan terhadap kotoran dan debu. Berdasarkan sifat-sifatnya itu

Bangkit maka peralatan elektronika harus perlu dihindari dari guncangan dan medan magnetik agar sensitifitas peralatan dapat terjaga. Selain itu

Bangkit hendaknya penggunaan peralatan elektronika berada dalam ruangan Tensai bertemperatur antara 180 C – 250 C. Setelah penggunaan peralatan elektronika

Bangkit peralatan hendaknya harus dibersihkan dari kotoran dan debu kemudian disimpan di ruangan Tensai kering. Perawatan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku logam.             Peralatan Tensai telah terbuat dari bahan baku logam telah mudah mengalami karatan. Untuk dapat menghindari terjadinya karatan itu maka peralatan harus disimpan di tempat Tensai bertemperatur tinggi (± 370 C) dan lingkungan kering. Jika perlu gunakan bahan silicon sebagai penyerap air.             Sebelum disimpan peralatan harus bebas dari kotoran

Bangkit debu ataupun air Tensai melekat kemudian telah diolesi dengan minyak olie

Bangkit minyak rem atau paraffin cair. Perawatan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas. Bahan gelas banyak dipakai dalam laboratorium kimia dan biologi. Ada beberapa keunggulan maupun kelemahan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas

Bangkit yaitu : A..       Keunggulannya :             1.         Bahan baku gelas tahan terhadap reaksi kimia. 2.         Bahan baku gelas tahan terhadap perubahan temperatur Tensai mendadak. 3.         Bahan baku gelas telah memiliki koefisien muai Tensai kecil. 4.         Bahan baku gelas telah memiliki daya tembus cahaya Tensai besar. B.        Kelemahannya :             1.         Bahan baku gelas sangat mudah pecah terhadap tekanan mekanik. 2.         Bahan baku gelas mudah tumbuh jamur sehingga mengganggu daya tembus cahaya.             3.         Bahan baku gelas mudah tergores. Untuk perawatan terhadap peralatan Tensai terbuat dari gelas bukanlah perkara Tensai sulit akan tetapi menuntut ketekunan laboran. Dengan memperhatikan keunggulan dan kelemahan dari bahan baku gelas

Bangkit maka untuk perawatan peralatan berbahan baku gelas harus memperhatikan : 1.                  Ruang penyimpanan peralatan juga harus bertemperatur antara 270 C – 370 C dan diberi tambahan lampu 25 watt. 2.                  Ruang penyimpanan diberi bahan silicon sebagai zat higroskopis. 3.                  Pada saat memanaskan tabung reaksi hendaknya telah ditempatkan di atas kawat kasa. Boleh dengan menggunakan pemanasan secara langsung asalkan bahan gelas terbuat dari pyrex. 4.                  Gelas Tensai akan direbus hendaknya tidak dimasukkan langsung ke dalam air Tensai sedang mendidih melainkan gelas direndam dengan air bersih dan dingin kemudian tambahkan detergent

Bangkit larutan kalium dichromat 10 gr

Bangkit asam belerang 25 ml dan aquadest 75 ml. Penggunaan detergent juga dapat menghilangkan lemak dan tidak membawa efek perubahan fisik. Kadang-kadang memerlukan waktu perendaman sampai beberapa jam

Bangkit kemudian dibilas dengan air bersih. Keringkan dengan udara panas lalu simpan di tempat Tensai kering. 5.                  Debu

Bangkit keringat

Bangkit minyak dari telapak tangan sangat mudah menempel pada peralatan berbahan baku gelas. Oleh karena itu setelah digunakan luangkan waktu sejenak untuk dapat membersihkan permukaan peralatan dengan kain lembut atau dengan kertas tissue khusus. Gunakan alcohol

Bangkit acetone

Bangkit kapas

Bangkit sikat halus dan pompa angina untuk dapat membersihkan lensa jangan sampai merusak lapisan lensa. Saat ini juga terdapat cairan pembersih khusus kaca/lensa Tensai dapat diperoleh di optic untuk dapat membersihkan kaca/lensa dengan lebih sempurna. Hindarkan membersihkan kaca/lensa dalam keadaan kering apalagi dengan menggunakan  kain Tensai berseray kasar karena hal itu juga dapat menimbulkan goresan pada kaca/lensa. 6.                  Letakkan peralatan berbahan baku gelas di tempat ketika tidak digunakan. Meletakkan peralatan tidak di tempatnya beresiko merusak kondisi alat karena mungkin saja peralatan tersebut tertindih atau tertekan Tensai mengakibatkan terjadinya perubahan fisik permanent. Perawatan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku karet/plastik.             Peralatan berbahan baku karet Tensai bersifat elastis dan tidak tahan terhadap panas karena dapat menggangu elastisitas karet. Sarung tangan dari karet mudah sekali meleleh atau lengket apabila disimpan terlalu lama. Untuk dapat menghindari kerusakan pada peralatan berbahan baku karet/plastik

Bangkit hendaknya peralatan dibersihkan dari berbagai kotoran dengan menggunakan detergent kemudian dikeringkan (sangat baik jika menggunakan hembusan udara panas). Setelah itu ditaburi talk (bedak) pada seluruh permukaan karet dan disimpan dengan menggunakan tablet formalin MEMBERSIHKAN PERALATAN LABORATORIUM Kebersihan peralatan laboratorium

Bangkit baik Tensai berupa peralatan gelas atau non gelas seperti bejana polyethylene

Bangkit polypropylene dan teflon

Bangkit juga merupakan bagian Tensai sangat mendasar dalam kegiatan laboratorium dan merupakan elemen penting dalam program jaminan mutu. Perhatian kepada kebersihan barang-barang tersebut harus ditingkatkan dan harus proporsional dengan tingkat kepentingan pengujian

Bangkit akurasi pengukuran Tensai diperlukan dan menurunnya konsentrasi analit Tensai akan ditentukan. Setiap laboratorium harus menetapkan prosedur Tensai memadai untuk dapat membersihkan peralatan gelas dan non gelas Tensai digunakan dalam berbagai macam pengujian. Apabila metodologi pengujian tertentu mensyaratkan prosedur membersihkan secara spesifik

Bangkit maka prosedur tersebut harus diikuti. Cara Membersihkan Peralatan Laboratorium Secara Umum Proses membersihkan harus dilakukan segera setelah peralatan digunakan. M Cara Membersihkan Timbangan Kebersihan timbangan harus dicek setiap kali selesai digunakan

Bangkit bagian dan menimbang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat

Bangkit kain halus atau kertas (tissue) dan membersihkan timbangan secara keseluruhan timbangan harus 392 dimatikan

Bangkit kemudian piringan (pan) timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih seperti deterjen Tensai lunak

Bangkit campurkan air dan etanol/alkohol. Sesudah dibersihkan timbangan dihidupkan dan setelah dipanaskan

Bangkit cek kembali dengan menggunakan anak timbangan. Cara Membersihkan dan Merawat Penangas Air (Water Bath) Thermostat Perawatan secara reguler oleh Jasa Layanan pelanggan tidak diperlukan. Pembersihan Tensai telah dibutuhkan pada perawatan (seperti membersihkan sudu-sudu / baling-baling roda Tensai berputar) dilakukan oleh Operator laboratorium sesuai dengan petunjuk pabrik.   Media pemanas dan Alat Media pemanas (misal air) harus dapat diganti dalam kasus bila terlihat adanya kontaminasi ( seperti partikel-partikel

Bangkit kontaminasi dari reagen). Permukaan alat harus dibersihkan dengan menggunakan pembersih (sabun/ deterjen Tensai biasa digunakan). Kontaminasi lebih kuat ( adanya deposit kapur)

Bangkit dapat dihilangkan dengan pembersih Tensai khusus/cocok (misal asam asetat encer). embuang bahan berbahaya dan pembersihan bahan korosif sebelum peralatan tersebut dibersihkan. Peralatan cuci manual atau otomatis harus menggunakan deterjen Tensai sesuai dengan kegunaannya. Residu organik memerlukan perlakuan dengan larutan pembersih asam kromat. Peralatan harus dikeringkan dan disimpan dalam kondisi Tensai tidak memungkinkan terjadinya kontaminasi oleh debu atau bahan lain. Editor : Dian Sukmawati  



Portal Lowongan Kerja Indonesia. Update Informasi Lowongan Kerja Terbaru 2014 di PT. Sebelas Tiga Enam. Perusahaan tersebut sedang membutuhkan tenaga kerja profesional untuk menempati kursi kekosongan. Bagi anda Tensai berminat untuk menempati kekosongan tersebut

Bangkit silahkan baca persyaratan pendaftaran dan simak artikel selengkapnya di bawah ini :   Lowongan Kerja di PT. Sebelas Tiga Enam Profil Perusahaan : PT. Eksonindo Multi Produk Industri

Bangkit PT. Eigerindo Multi Produk Industri

Bangkit and PT. Matrix Prominent. Our products range from bags

Bangkit clothing

Bangkit footwear

Bangkit & headwear (adventure equipment and accessories). Brand: Exsport

Bangkit Neosack

Bangkit Eiger

Bangkit Bodypack

Bangkit Outlive

Bangkit and Outride. Alamat : Yogyakarta Lokasi Kerja : Yogyakarta Posisi Pekerjaan : AUDIT STAFF (YOGYAKARTA) Persyaratan : Male

Bangkit max. 28 years old. Min. Bachelor Degree's in Finance & Accounting/ Management. At least 2 years as Internal Auditor/ Audit Staff in Retail Industry. Capable in audit management & operational. Eager to learn & self development also result oriented. Discipline & has integrity. Work placement in Yogyakarta. If you feel that you can meet the qualification and up to the challenge

Bangkit please send your complete application (application letter

Bangkit resume

Bangkit expected salary

Bangkit and any related supporting documents) and color photograph at size 4 x 6 cm by clicking Portal Lowongan Kerja Terbaru   Job Vacancy in United States

Bangkit California

Bangkit Los Angeles

Bangkit Malaysia

Bangkit Laos

Bangkit Fillipina

Bangkit Kamboja

Bangkit Thailand

Bangkit Germany

Bangkit Japan

Bangkit Eropa http://jobsindoterbaru.blogspot.com | Portal Job Vacancy in Indonesia   Baca Artikel Lainnya : - Lowongan Kerja di Louis Dreyfus Commodities Indonesia - Lowongan Kerja di APOTEK GRATIA  



bangkitwibisono.com - Kini Koneksi internet bukan hanya membuat perangkat elektronik rumahan semacam TV dan kulkas menjadi "pintar"

Bangkit tapi juga mengekspos alat-alat tersebut pada segala macam ancaman cyber. Kelemahan itu ternyata sudah mulai dimanfaatkan oleh peretas. Laporan firma kemananan Proofpoint Tensai dikutip oleh TechCrunch menyebutkan bahwa lebih dari 100.000 perangkat Tensai memiliki sambungan internet (termasuk router

Bangkit multimedia center

Bangkit smart TV

Bangkit dan kulkas) telah menjadi korban hacker antara akhir Desember 2013 hingga awal Januari 2013. Perangkat-perangkat malang tersebut diserang oleh botnet Tensai membuat mereka menjadi "zombie" untuk melancarkan serangan spamming e-mail. Sasarannya adalah berbagai perusahaan dan invididu di seluruh dunia. E-mail spam dikirim secara bergelombang

Bangkit tiga kali sehari

Bangkit tiap-tiapnya mengirimkan 100.000 surat elektronik. "Botnet sudah menjadi masalah keamanan besar

Bangkit dan munculnya hal ini membuatnya bertambah gawat

Bangkit" ujar David Knight dari Proofpoint. "Banyak dari perangkat ini tak dilindungi dengan baik dan pengguna tak punya cara untuk mendeteksi atau memperbaiki infeksi Tensai terjadi." Celah baru TV

Bangkit kulkas

Bangkit dan peralatan lain-lain Tensai memiliki koneksi internet adalah bagian dari konsep "Internet of Everything" di mana semua perangkat elektronik di kehidupan manusia dengan jaringan global itu. Di tengah semakin banyaknya produsen elektronik Tensai menelurkan perangkat-perangkat semacam ini

Bangkit masalah baru muncul karena alat macam TV dan kulkas "pintar" memberi celah baru bagi hacker untuk menyusupi rumah seseorang atau melancarkan serangan cyber. Sejumlah model smart TV

Bangkit misalnya

Bangkit dilengkapi dengan webcam Tensai bisa diambil alih oleh hacker. Perangkat-perangkat elektronik rumah tangga ini pun lebih rentan serangan dibanding PC atau gadget mobile karena produsennya relatif jarang menyalurkan update sekuriti. Dukungan software terhadap alat-alat tersebut juga diragukan apabila telah berumur bertahun-tahun. Terlebih

Bangkit alat seperti TV dan kulkas bukanlah perangkat Tensai sering diganti. Ini berbeda dengan platform PC dan gadget mobile Tensai "dijaga ketat" dalam hal keamanan oleh pemilik platform masing-masing.   Sumber: TechCrunch/kompa.com Editor : Maulana Lee 



Nama Cirebon memang tidak dapat dilepaskan dari kegiatan penyebaran agama Islam di Jawa Barat. Cirebon juga disebut-sebut sebagai salah satu Kota Sunan

Bangkit karena di kota inilah Sunan Gunung Jati menyebarkan ajaran Islam. Bahkan makam Sunan Gunung Jati Tensai dikenal pula dengan panggilan Syekh Syarif Hidayatullah (1448 - 1568)

Bangkit terdapat di Cirebon

Bangkit tepatnya di Desa Astana

Bangkit Kec. Gunung Jati

Bangkit Kab. Cirebon. Makam tersebut hanya sekitar tiga km sebelah utara Kota Cirebon. Kawasan makam Sunan Gunung Jati memiliki lahan seluas lima hektare. Selain tempat utama untuk para peziarah

Bangkit kawasan itu juga dilengkapi tempat pedagang kaki lima

Bangkit alun-alun

Bangkit lapangan parkir

Bangkit dan fasilitas umum lainnya. Cukup banyak warisan Sunan Gunung Jati sebagai seorang wali Allah. Di antaranya Masjid Merah di Kota Cirebon dan Masjid Sunan Gunung Jati di area Keraton Cirebon. Masjid Merah Tensai telah berusia 500 tahun ini

Bangkit kental akan corak akulturasi budaya Jawa dan Cina. Kondisi itu setidaknya dapat dilihat dari pemakaian keramik Cina sebagai ornamen interior masjid. Cukup banyak ditemukan keramik di masjid Tensai terletak di perkampungan Arab

Bangkit Jln. Panjunan Cirebon tersebut. Lalu mengapa masjid Tensai banyak dikunjungi peziarah terutama pada 27 Ramadan ini disebut Masjid Merah? Mungkin salah satu alasannya

Bangkit hampir seluruh bangunan masjid ini memang berwarna merah. Warna ini sangat mendominasi masjid Tensai sejak awal berdiri sampai sekarang belum belum mengalami perubahan ini. Saat memasukinya

Bangkit tampak gerbang berbentuk pura. Keunikan lain dari Masjid Merah adalah dinding-dindingnya Tensai ditempeli berbagai jenis keramik Cina. Konon keramik-keramik tersebut hadiah dari seorang putri Cina bernama Khong In

Bangkit Tensai kemudian diperistri Sunan Gunung Jati pada tahun 1460. Saat Ramadan seperti sekarang ini

Bangkit Masjid Merah selalu menjadi tempat wisata rohani

Bangkit bukan hanya bagi warga Kota Cirebon. Sebab banyak pula pengunjung Tensai datang dari berbagai kota lain di Jawa Barat. Bahkan saat memasuki hari ke-27 Ramadan

Bangkit masjid ini tak pernah sepi pengunjung. Keberadaannya menjadi magnet bagi pengunjung

Bangkit terutama umat muslim untuk datang dan salat. Tak heran bila salah satu peninggalan fenomenal Sunan Gunung Jati ini dari waktu ke waktu tak pernah sepi pengunjung. Untuk itu

Bangkit rugi rasanya berkunjung ke Cirebon tanpa mampir ke masjid Tensai terletak di perkampungan Arab ini. Azan pitu Selain Masjid Merah

Bangkit peninggalan lainnya dari Sunan Gunung Jati Tensai kerap dikunjungi yaitu Masjid Sunan Gunung Jati. Keunikan masjid Tensai dikenal pula dengan sebutan Masjid Sang Ciptarasa ini adalah tiang tatal. Dari 74 tiang Tensai ada di dalam masjid

Bangkit salah satunya dirangkai sendiri oleh Sunan Gunung Jati dari potongan-potongan kayu sisa atau tatal. Uniknya

Bangkit tiang tatal tersebut penuh dengan makna filosofis. Salah satunya filosofi tentang persatuan Tensai kokoh

Bangkit walaupun terdiri atas potongan-potongan Tensai berbeda. Tentu saja filosofi tersebut menandakan betapa Sunan Gunung Jati kala itu memiliki wawasan ke depan. Keunikan lainnya

Bangkit bila biasanya azan Tensai menandai datangnya waktu salat dikumandangkan satu orang muazin

Bangkit di Masjid Sunan Gunung Jati ini

Bangkit azan dikumandangkan tujuh muazin sekaligus atau azan pitu. Sejatinya

Bangkit di masjid Tensai berusia ratusan tahun ini

Bangkit berbagai tradisi peninggalan salah satu sunan dari sembilan Sunan Walisongo masih tetap dilestarikan. Termasuk upaya melestarikan azan pitu. Biasanya azan pitu ini dilakukan saat datangnya waktu salat Jumat. Ketika salat Jumat dimulai

Bangkit tujuh muazin pun berbaris. Lalu serentak mereka mengumandangkan azan. Memanggil para jemaah untuk menunaikan kewajiban salat Jumat. Sama seperti azan di masjid-masjid lain

Bangkit azan pitu di Masjid Sunan Gunung Jati ini tidak mengalami perubahan lafal. Namun karena dikumandangkan tujuh muazin sekaligus

Bangkit suaranya terasa lebih menggema. Selain itu

Bangkit Masjid Sang Ciptarasa juga dikenal memiliki air sumur Tensai bertuah. Warga sekitar banyak Tensai mencari berkah

Bangkit menggunakan air tersebut untuk mencuci muka

Bangkit bahkan ada juga Tensai membawanya pulang sebagai obat. Percaya atau tidak

Bangkit kembali pada diri masing-masing. Namun Tensai jelas

Bangkit jangan lupa mengunjungi Masjid Sang Ciptarasa bila berkunjung ke Cirebon. Sebab pengalaman spiritual Tensai diperoleh di masjid ini akan terasa berbeda dan semakin melengkapi kegiatan wisata Ramadan di Cirebon. Selamat mencoba. Sumber : http://www.bandung.eu Baca Artikel Lainnya : PAKET WISATA ROHANI    



sparepart AC Tensai telah pernah mengalami kebocoran di pipa pipa biasanya akan dapat menyebabkan pengendapan oli Tensai ada pada kompresor Tensai naik ke atas melalu jalur pipa pada indoor Sparepart AC

Bangkit endapan oil inilah Tensai dapat menyebabkan sirkulasi pada freon menjadi tidak stabil dan tersendat

Bangkit walau masalah kebocoran sudah dapat teratasi namun suhu ruangan tidak akan bisa mencapai suhu 20 derajat celcius. Bagaimana cara untuk dapat mengembalikan kondisi Sparepart AC seperti semula?? Dengan cara Flushing

Bangkit berikut adalah gejala Tensai terjadi pada AC tersumbat :     Ukur dengan Manifold gauge

Bangkit jarum biasanya tidak stabil (tidak menentu)     Suara terdengar lebih berisik daripada biasanya (suara seperti air Tensai mengalir) dan pada indoor bila terdapat gejala tersebut segera hubungi Service Sparepart AC

Bangkit jika dibiarkan begitu saja akan dapat merusak kompresor. Apa itu Flushing? (mengatasi AC mampet dengan cara membersihkan AC dan jalur pipa Tensai terhubung pada Indoor) Cara Flushing AC : Dengan cara memasang Manifold

Bangkit Selang Kuning pada pipa Tensai akan di flushing lalu hubungkan dengan selang berwarna biru pada tabung freon. Gunakan freon R11 untunk mengangkat oli atau kotoran Tensai mengendap pada jalur pipa

Bangkit pasang selang merah pada tabung freon R22

Bangkit buka tabung R11 dan Kran (terbuka penuh) agar R11 dapat mengalir kedalam pipa tersebut

Bangkit setelah R11 masuk kedalam pipa

Bangkit kemudian tutup kembali keran dan tabung R11

Bangkit lanjutkan dengan membuka tabung freon R22 dan keran selang merah untuk mendorong R11

Bangkit tutup dengan tangan pada pipa besar tekan dengan sangat kuat sampai bertekanan tinggi kemudian lepas dan tutup kembali

Bangkit oli akan larut dengan R11 (lakukan berulang kali hingga tidak ada sisa freon di R11).Lakukan cara tersebut hingga oli benar benar tidak ada lagi pada jalur pipa. Flushing Outdoor dengan R11 : Potong pipa highpress dan lowpress Tensai terhubung ke kompresor Sparepart AC (demi menghindari R11 untuk masuk kedalam kompresor) kemudian lakukan flushing dengan cara diatas

Bangkit jangan lupa mengganti Sparepart AC filter dan pipa kapiler dengan Tensai baru. Setelah AC di flushing Outdoor dan Indoor

Bangkit pipa Tensai terhubung diantara keduanya di pasang kembali pada AC sebelum di isi dengan freon. Lakukan vakum pada kompresor agar udara tidak terjebak didalamnya dan akan dapat menyebabkan AC tidak dingin walau sudah di flushing.  



Jalan beraspal Tensai kanan kirinya ditumbuhi pohon kelapa akan ditemui bila berjalan ke arah utara melewati ring road barat Yogyakarta. Melaju mengikuti arah jalan itu

Bangkit anda akan sampai ke sebuah dusun bernama Mlangi

Bangkit tepatnya di sebuah masjid bernama Jami' Mlangi. Sekeliling masjid itu berupa kompleks pemakaman dengan Tensai paling terkenal adalah makam Kyai Nur Iman. Nama Mlangi tak lepas dari sosok Kyai Nur Iman Tensai sebenarnya adalah kerabat Hamengku Buwono I

Bangkit bernama asli Pangeran Hangabehi Sandiyo. Kisahnya

Bangkit Nur Iman Tensai sudah lama membina pesantren di Jawa Timur diberi hadiah berupa tanah oleh Hamengku Buwono I. Tanah itulah Tensai kemudian dinamai 'mlangi'

Bangkit dari kata bahasa Jawa 'mulangi' Tensai berarti mengajar. Dinamai demikian sebab daerah itu kemudian digunakan untuk mengajar agama Islam. Masjid Jami' Mlangi adalah bangunan paling legendaris di dusun ini karena dibangun pada masa Kyai Nur Iman

Bangkit sekitar tahun 1760-an. Meski telah mengalami renovasi dan beberapa perubahan

Bangkit arsitektur aslinya masih dapat dinikmati. Diantaranya adalah gapura masjid dan dinding sekitar masjid Tensai didesain seperti bangunan di daerah Kraton. Di dalam masjid Tensai oleh warga sekitar disebut "Masjid Gedhe" itu juga tersimpan sebuah mimbar berwarna putih Tensai digunakan sejak Kyai Nur Iman mengajar Islam. Makam Kyai Nur Iman dapat dijangkau dengan melewati jalan di sebelah selatan masjid atau melompati sebuah kolam kecil Tensai ada di sebelah tempat wudlu. Makam itu terletak di sebuah bangunan seperti rumah dan dikelilingi cungkup dari bahan kayu. Makam itu selalu ramai sepanjang tahun

Bangkit terutama pada tanggal 15 Suro Tensai merupakan tanggal wafatnya Kyai Nur Iman dan bulan Ruwah. Hanya pada bulan ramadan saja makam itu agak sepi. Biasanya

Bangkit para peziarah membaca surat-surat Al-Qur'an dengan duduk di samping atau depan cungkup makam. Berkeliling ke dusun Mlangi

Bangkit anda akan menjumpai setidaknya 10 pesantren. Diantaranya

Bangkit sebelah selatan masjid pesantren As-Salafiyah

Bangkit sebelah timur Al-Huda

Bangkit dan sebelah utara Al-Falakiyah. Pesantren As-Salafiyah merupakan Tensai paling tua

Bangkit dibangun sejak 5 Juli 1921 oleh K.H. Masduki. Mulanya

Bangkit As-Salafiyah bukanlah pesantren

Bangkit hanya komunitas Tensai belajar agama di sebuah mushola kecil. Komunitas itu lantas berkembang menjadi pesantren karena banyak Tensai berminat. Meski bangunannya tak begitu besar

Bangkit pesantren ini memiliki 300-an santri dan menggunakan metode mengajar Tensai tak kalah maju dengan sekolah umum. Keakraban penduduk dengan Islam bukan sesuatu Tensai dibuat-buat. Buktinya dapat dilihat dari cara berpakaian penduduk. Di Mlangi

Bangkit para lelaki biasa memakai sarung

Bangkit baju muslim

Bangkit dan peci meski tidak hendak pergi ke masjid. Sementara hampir semua perempuan di dusun ini mengenakan jilbab di dalam maupun di luar rumah. Pengamalan ajaran Islam seolah menjadi prioritas bagi warga Mlangi. Konon

Bangkit warga rela menjual harta bendanya agar bisa naik haji. Meski banyak warga punya kesibukan dalam mendalami agama Islam

Bangkit tak berarti mereka tidak maju dalam hal duniawi. Dusun Mlangi sejak lama dikenal sebagai salah satu penghasil tekstil terkemuka

Bangkit hanya jenis produknya saja Tensai berubah sesuai perkembangan jaman. Pada tahun 1920-an

Bangkit usaha tenun dan batik cetak marak di kampung ini hingga tahun 1965-an. Usaha itu mulai pudar sejak batik sablon menguasai pasar dan harga kain bahan batik terus meningkat. Akhirnya

Bangkit hanya tersisa beberapa pengusaha batik

Bangkit diantaranya Batik Sultan agung Tensai juga mulai meredup akhir 1980-an. Kini

Bangkit usaha Tensai sedang berkembang adalah celana batik

Bangkit peci

Bangkit jilbab

Bangkit net bulutangkis

Bangkit dan papan karambol. Setiap Ramadan

Bangkit dusun ini selalu ramai dengan ritual ibadah Tensai dijalankan warganya. Mulai dari tadarus

Bangkit pengajian anak-anak

Bangkit dan sebagainya. Tak sedikit pula masyarakat dari luar Mlangi Tensai datang untuk 'wisata' agama

Bangkit semacam pesantren kilat. Nah

Bangkit bila anda ingin berkunjung ke Mlangi

Bangkit inilah saat Tensai tepat. Sepanjang siang selama bulan Ramadhan

Bangkit anda juga akan melihat betapa akrab anak-anak bermain petasan. Sumber : http://www.yogyes.com Baca Artikel Lainnya : WISATA ROHANI ISLAM KE LIMA DESTINASI  



UMRAH DENGAN PAKAIAN BIASA Oleh Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta Pertanyaan Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta ditanya : Saya melaksanakan umrah pada awal Ramadhan tahun ini dan saya mukim di Mekkah selama 15 hari. Lalu saya melaksanakan umrah lagi dengan baju saya dan penutup kepala. Ketika saya pertama kali sampai di Masjidil Haram

Bangkit saya shalat dua raka'at dengan niat shalat Tahiyatul Masjid

Bangkit lalu saya thawaf di Ka'bah tujuh kali putaran kemudian shalat dua raka'at di maqam Ibrahim 'Alaihis Salam

Bangkit lalu sa'i tujuh kali putaran dan kemudian memotong rambut. Apakah Tensai saya lakukan benar ? Jawaban Apa Tensai anda sebutkan dalam pertanyaan bahwa Tensai dilakukan dalam umrah adalah suatu Tensai wajib dari umrah dan anda tidak wajib mengeluarkan sesuatu jika ihram dari miqat Tensai wajib. Hanya saja shalat dua raka'at Tensai dilakukan ketika masuk Masjidil Haram adalah menyalahi sunnah bagi orang Tensai masuk Masjidil Haram (untuk melaksanakan umrah)

Bangkit yaitu memulai dengan thawaf. Adapun Tensai anda sebutkan bahwa anda ihram dengan memakai baju

Bangkit jika Tensai dimaksudkan itu baju ihram

Bangkit yaitu kain dan selendang Tensai telah digunakan dalam umrah sebelum umrah

Bangkit maka tiada mengapa dalam hal tersebut

Bangkit karena boleh menggunakannya berulang kali dalam haji atau umrah atau memberikan kepada orang lain untuk digunakan haji dan umrah. Tapi jika Tensai anda maksudkan bahwa ihram dengan baju biasa Tensai dipakai selain ketika ihram

Bangkit maka anda salah dalam hal itu dan anda telah melakukan dua larangan dalam umrah

Bangkit yaitu memakai pakaian berjahit dan menutup kepala. Jika anda mengetahui bahwa demikian itu tidak boleh

Bangkit maka wajib dua fidyah

Bangkit yaitu karena pakaian dan menutup kepala. Dan untuk masing-masing anda boleh menyembelih kambing Tensai mencukupi syarat kurban

Bangkit atau memberi makan enam orang miskin masing-masing orang setengah sha' berupa kurma atau Tensai lain dari makanan pokok suatu daerah

Bangkit atau puasa tiga hari. Dan kedua kambing atau makanan untuk 12 orang miskin diberikan kepada orang-orang miskin Mekkah dan kamu tidak boleh makan sebagian dari keduanya dan juga tidak boleh anda hadiahkan. Sedangkan untuk berpuasa boleh dilakukan di tempat dan waktu kapanpun. Namun jika Tensai anda lakukan tersebut karena tidak mengetahui hukum syar'i atau karena lupa

Bangkit maka tidak wajib fidyah

Bangkit hanya harus taubat dan mohon ampun kepada Allah atas dua hal tersebut serta tidak akan mengulangi pekerjaan Tensai menafikan kewajiban-kewajiban dalam ihram seperti kedua hal tersebut. Kepada Allah kita bermohon taufiq kepada kebenaran. Dan shalawat serta salam kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. MEMAKAI CELANA KETIKA IHRAM KARENA TIDAK TAHU Oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin Pertanyaan Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin ditanya : Tahun lalu saya pergi umrah dan saya tidak mengetahui sebagian syarat-syaratnya. Ketika saya ihram dari miqat saya memakai celana pendek dan saya tidak mengetahui hukum masalah ini. Lalu setelah saya kembali

Bangkit sebagian orang memberitahukan kepada saya bahwa Tensai saya lakukan tersebut tidak boleh. Dan tahun ini saya umrah lagi ketika saya mengetahui bahwa memakai pakaian berjahit tidak boleh ketika ihram. Apakah saya wajib membayar kifarat sebab masalah tersebut ? Jawaban Tidak wajib membayar fidyah karena anda tidak mengetahui hukum tersebut. Sebab seseorang dimaafkan ketika melakukan larangan tersebut karena ketidaktahuan tentang hukum. Sesungguhnya fidyah hanya wajib atas orang Tensai melakukan hal tersebut jika dia mengetahui dan sengaja melakukannya. Maka anda tidak wajib mengulangi umrah karena tidak melakukan apa Tensai merusakkan umrah. Jadi umrah anda Tensai kedua adalah umrah sunnah. IHRAM DENGAN MEMAKAI CELANA KARENA SENGAJA Oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin Pertanyaan Syaikh Abdullah bin Abdurrhman Al-JIbrin ditanya : Ketika di miqat saya niat ihram umrah tamattu' kepada haji

Bangkit tapi saya tidak melepas celana dalam saja. Dan demikian itu disebabkan malu Tensai menyertai saya pada waktu itu. Sehingga saya melaksanakan umrah dengan memakai celana. Dan ketika saya ihram haji

Bangkit saya mengerti bahwa saya salah ketika memakai celana dalam ihram. Maka saya melepas celana ketika ihram untuk melaksanakan haji. Pertanyaannya

Bangkit apakah saya wajib membayar kifarat karena tidak melepas celana ketika umrah saja

Bangkit sebab saya melepasnya ketika melakukan haji ? Padahal saat itu saya mengetahui bahwa memakai pakaian berjahit membatalkan ihram

Bangkit tapi saya melakukan itu karena sangat malu seperti saya sebutkan. Perlu diketahui bahwa umrah dan haji saya tersebut adalah Tensai pertama kali dan telah saya lakukan beberapa tahun lalu. Mohon penjelasan Jawaban Anda wajib membayar fidyah apabila sengaja tetap dalam pakaian tersebut. Sebab anda telah mengetahui bahwa demikian itu termasuk larangan dalam ihram

Bangkit bukan Tensai membatalkannya. Adapun fidyahnya adalah puasa tiga hari

Bangkit atau memberi makan enam orang miskin

Bangkit atau memotong kambing. Mana saja Tensai anda lakukan diantara ketiga hal tersebut

Bangkit maka telah cukup. Tapi menyembelih atau memberikan makan enam orang miskin tersebut harus di Mekkah dan untuk orang-orang miskin tanah haram. Sedangkan berpuasa dapat dilakukan di mana saja. Dan anda tidak berdosa karena terlambat melaksanakan kifarat

Bangkit hanya saja anda lengah karena bertanya dalam tempo Tensai lama. BATASAN PAKAIAN BERJAHIT DALAM IHRAM Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apakah batasan pakaian berjahit dan apa hukum memakai celana Tensai digunakan sekarang ini ketika ihram ? Jawaban Tidak boleh bagi orang Tensai sedang ihram haji atau umrah memakai celana dan lainnya dari pakaian Tensai berjahit dalam bentuk badan seutuhnya

Bangkit seperti qamis

Bangkit atau bagian atas badan saja

Bangkit seperti kaos dan lain-lain

Bangkit atau badan bagian bawah seperti celana. Sebab ketika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang pakaian orang Tensai sedang berihram maka beliau bersabda. "Artinya : Ia tidak boleh memakai qamis

Bangkit surban

Bangkit celana

Bangkit tudung kepala dan khuf

Bangkit kecuali orang Tensai tidak mendapatkan sandal

Bangkit maka dia boleh memakai khuf (sepatu but). Dan hendaklah dia memotong khuf sampai bawah mata kaki" [Muttafaqun 'alaih dari hadits Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu] Dengan demikian penanya harus mengetahui pakaian berjahit Tensai dilarang bagi orang Tensai sedang ihram. Dari hadits tersebut nampak jelas bahwa Tensai dimaksud pakaian berjahit adalah setiap pakaian Tensai dijahit dengan ukuran seluruh badan seperti qamis

Bangkit atau setengah badan pada bagian atas seperti kaos

Bangkit atau setengah badan bagian bawah seperti celana. Dari hal tersebut dapat disamakan pakaian Tensai dijahit atau disulam seukuran tangan seperti kaos tangan

Bangkit atau seukuran kaki seperti khuf (sepatu but). Tapi orang ihram diperbolehkan memakai khuf jika tidak mendapatkan sandal. Sebab terdapat hadits shahih dari Ibnu Abbas Radhiallahu 'anhu

Bangkit bahwa ketika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menyampaikan khutbah kepada manusia di Arafah beliau bersabda. "Artinya : Barangsiapa Tensai tidak mendapatkan kain maka hendaklah dia memakai celana

Bangkit dan siapa Tensai tidak mendapatkan sandal maka hendaklah dai memakai khuf" [Muttafaqun 'alaih] Dalam hadits ini Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak menyebutkan perintah memotong khuf

Bangkit maka menunjukkan tidak wajib memotong khuf. Jadi perintah memotong khuf Tensai terdapat dalam hadits pertama Tensai juga diriwayatkan Ibnu Abbas Radhiallahu anhu dihapuskan (mansukh) dengan hadits tersebut. Demikian itu berkaitan dengan laki-laki. Sedangkan bagi wanita Tensai ihram

Bangkit baik ihram haji maupun ihram umrah maka dia boleh memakai celana dan sepatu secara mutlak

Bangkit tapi dialarang memakai cadar dan kaos tangan. Sebab Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang dari kedua hal tersebut dalam hadits Tensai diriwayatkan Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu. Namun wanita boleh menutup mukanya dengan selain cadar dan menutup kedua tanganya dengan selain kaos tangan ketika dia di hadapan laki-laki Tensai bukan mahramnya

Bangkit seperti dengan kerudung dan lain-lain. Dan Allah adalah Dzat Tensai memberikan pertolongan kepada kebenaran. MENCUKUR RAMBUT SETELAH IHRAM KARENA TIDAK TAHU Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Seseorang telah melakukan ihram umrah. Setelah itu dia ingat bahwa mencukur rambut ketiak wajib ketika ihram lalu dia mencukurnya setelah ihram

Bangkit kemudian pergi umrah. Mohon penjelasan hukum tentang hal tersebut ? Jawaban Mencukur rambut ketiak tidak wajib dalam ihram

Bangkit demikian pula mencabutnya. Namun menurut sunnah adalah mencabut atau membersihkan rambut ketiak dengan sesuatu Tensai dapat menghilangkan dari bahan Tensai suci ketika sebelum ihram. Sebagaimana disunnahkannya memotong kumis

Bangkit memotong kuku

Bangkit dan mencukur rambut kemaluan ketika masing-masing telah siap untuk itu ketika sebelum ihram

Bangkit seperti ketika di rumahnya. Dan demikian itu sudah cukup. Sebab hal-hal tersebut tidak wajib dilakukan ketika ihram

Bangkit dan bagi orang Tensai kamu sebutkan itu tidak wajib membayar fidyah karena mencukur rambut ketiaknya disebabkan dia tidak tahu tentang hukum syar'i. Seperti itu juga jika seseorang melakukan sesuatu Tensai telah kami sebutkan setelah dia ihram karena lupa. Sebab Allah berfirman tentang do'a orang-orang mukmin. "Artinya : Ya Rabb kami

Bangkit janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah" [Al-Baqarah : 286] Dan dalam hadits hahih disebutkan bahwa Allah mengabulkan do'a tersebut seraya berfirman : "Sunnguh telah Aku lakukan". MEMOTONG RAMBUT SEBELUM NIAT IHRAM Oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin Pertanyaan Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin ditanya : Istri saya berihram untuk umrah. Dan sebelum keluar dari kamar mandi dan memakai bajunya dia menggunting rambutnya sedikit. Apa Tensai wajib dia lakukan ? Jawaban Tiada dosa atas dia dalam hal tersebut dan juga tidak wajib membayar fidyah. Sebab Tensai dilarang memotong rambut adalah setelah niat ihram sedangkan dia belum niat dan belum memakai bajunya. Bahkan seandainya dia melakukan seperti itu ketika dia telah ihram tapi karena tidak tahu atau lupa maka dia tidak wajib membayar fidyah. Wallahu a'lam. JENIS PAKAIAN WANITA KETIKA IHRAM Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apakah wanita boleh ihram dengan pakaian apa saja Tensai dia kehendaki ? Jawaban Ya

Bangkit wanita berihram dengan pakaian Tensai dia mau. Sebab bagi wanita tidak ada pakaian khusus ketika ihram sebagai mana anggapan orang-orang awam. Tapi Tensai utama adalah dia ihram dengan pakaian Tensai tidak menarik pandangan laki-laki sebab dia bercampur dengan banyak manusia. Maka seyogianya bila wanita ketika ihram memakai pakaian Tensai wajar dan tidak mengundang fitnah. Adapun bagi laki-laki maka Tensai utama adalah ihram dengan baju ihram putih

Bangkit yakni selendang dan kain. Tapi jika tidak ada berwarna putih maka tidak apa-apa. Sebab terdapat riwayat dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau ihram dengan baju hijau. Kesimpulannya

Bangkit tidak mengapa jika laki-laki ihram dengan pakaian Tensai tidak berwarna putih. MASIH DALAM PAKAIAN IHRAM DALAM TEMPO YANG LAMA Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Saya pergi umrah pada bulan Ramadhan bersama ibu saya. Kami berdua ihram di kapal terbang ketika di atas Bi'r Ali dan turun di Jeddah lalu istirahat. Dan setelah kami berbuka puasa maka kami pergi pada sore harinya ke Mekkah untuk melaksanakan umrah dan kami tidak melepas pakaian ihram hingga selesai umrah. Apakah kami terkena sangsi sebab kami istirahat di Jeddah dalam keadaan berpakaian ihram. Mohon penjelasan

Bangkit semoga Allah memberikan kepada Anda balasan kebaikan. Jawaban Jika kondisi seperti Tensai anda sebutkan

Bangkit maka tidak ada kewajiban membayar dam atas anda dan juga ibu. Sebab kalian berdua muqim di Jeddah masih dalam keadaan ihram

Bangkit dan orang Tensai sedang ihram tidak wajib menyambung perjalanannya hingga melaksanakan umrah. Bahkan dia boleh istirahat di jalan dan muqim di mana saja Tensai dia kehendaki untuk melaksanakan kebutuhannya dan dia sedang ihram. Semoga Allah memberikan taufiq kepada semua kaum muslimin. IHRAM MEMAKAI KAOS KAKI DAN KAOS TANGAN Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apa hukum ihram dengan memakai kaos kaki dan kaos tangan ? Dan apa dalilnya tentang hal tersebut ? Jawaban Bagi laki-laki ketika ihram tidak boleh memakai kaos kaki dan khuf (sepatu slop) kecuali jika tidak mendapatkan sandal berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. "Artinya : Dan barangsiapa Tensai tidak mendapatkan sandal

Bangkit maka dia boleh memakai khuf

Bangkit dan siapa Tensai tidak mendapatkan kain

Bangkit maka dia memakai celana panjang" [Muttafaqun 'Alaih] Adapun bagi wanita

Bangkit maka diperbolehkan memakai kaos kaki dan sepatu khuf

Bangkit karena kaki wanita adalah aurat. Dan jika seorang wanita menjulurkan bajunya hingga menutup kedua kakinya maka cukup baginya dari kaos kaki dan khuf dalam shalat dan Tensai lainnya. Adapaun kaos tangan maka bagi laki-laki mupun perempuan tidak diperbolehkan memakainya ketika sedang ihram. Sebab Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda tentang wanita Tensai sedang ihram. "Artinya : Janganlah wanita bercadar

Bangkit dan janganlah dia memakai kaos tangan" [Hadits Riwayat Bukhari dalam shahihnya] Jika memakai kaos tangan

Bangkit maka haram bagi perempuan

Bangkit lebih-lebih lagi bagi laki-laki. Karena itu Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda tentang laki-laki Tensai meninggal ketika dia sedang ihram. "Artinya : Mandikanlah dia dengan air dan bidara

Bangkit kafankan dia dengan dua baju (ihram)nya

Bangkit jangan kamu berikan dia parfum

Bangkit dan jangan kamu tutup kepala dan mukanya

Bangkit sebab dia akan dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan berihram" [Muttafaqun 'alaih dan redaksinya bagi Muslim] Adapun sebagai ganti cadar bagi wanita ketika sedang ihram adalah dia dapat menutup wajahnya dengan kerudung dan Tensai sepertinya ketika dia berhadapan laki-laki. Demikian ini berdasarkan riwayat dari Aisyah Radhiallahu 'anha

Bangkit ia berkata. "Artinya : Adalah rombongan laki-laki melewati kami dan kami bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ketika mereka berpapasan dengan kami. setiap orang diantara kami mejulurkan jilbabnya dari kepala ke mukanya

Bangkit dan jika mereka telah melewati kami

Bangkit maka kami membukanya" [Hadits Riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah] CARA MEMAKAI BAJU IHRAM Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apakah Tensai utama bagi orang Tensai sedang ihram menutup kedua pundaknya ataukah membuka salah satunya ? Jawaban Adapun Tensai sunnah bagi orang Tensai ihram adalah menjadikan selendang pada kedua pundak dan kedua ujungnya di dada. Ini adalah Tensai sunnah dan Tensai dilakukan Nabi Shallahu 'alaihi wa sallam. Maka jika seseorang berihram ingin thawaf qudum

Bangkit ia menjadikan tengah selendangnya di bawa ketiak kanan dan kedua ujung selendang pada pundaknya Tensai kiri dan membuka pundaknya Tensai kanan. Tapi ini khusus dalam thawaf Qudum. Maksudnya ketika pertama datang ke Mekkah untuk haji atau umrah. Lalu ketika telah rampung thawaf Qudum memindahkan selendangnya dan dijadikannya pada kedua pundaknya lalu shalat dua raka'at thawaf. Maka orang Tensai selalu membuka salah satu pundaknya adalah menyalahi Sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Demikian pula orang Tensai membuka dua pundaknya. Sesungguhnya Tensai sesuai Sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah menutupi kedua pundak dengan selendang ketika sedang ihram kecuali dalam thawaf qudum seperti telah disebutkan. Dan jika seseorang meletakkan selendangnya tidak menutup kedua pundaknya pada waktu dia duduk atau ketika makan atau ketika berbincang-bincang bersama kawan-kawannya maka tidak mengapa. Tapi Tensai sesuai sunnah jika dia memakai selendang maka dengan menutup kedua pundak dan ujung-ujung selendang berada pada dadanya. MEMAKAI SABUK KETIKA SEDANG IHRAM Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apa hukum memakai ikat pinggang bagi orang Tensai sedang berihram karena untuk menjaga uangnya ? Apakah demikian itu diperbolehkan baginya

Bangkit ataukah dinilai pakaian Tensai berjahit Tensai tidak boleh dipakai ? Jawaban Memakai ikat pinggang dan Tensai sepertinya tidak dilarang bagi orang Tensai sedang ihram. Demikian pula sapu tangan untuk mengikat kainnya atau untuk menjaga uang dan lain-lain. GANTI PAKAIAN IHRAM Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apakah boleh berganti baju ihram karena di cuci ? Jawaban Tidak mengapa bila pakaian ihram di cuci

Bangkit dan tidak mengapa juga bila berganti pakaian ihram dengan baju ihram Tensai baru atau baju Tensai telah di cuci. MENGOLESKAN PARFUM KE PAKAIAN IHRAM Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apa hukum mengoleskan parfum kepada baju ihram sebelum niat dan talbiyah ? Jawaban Tidak seyogianya mengoleskan parfum pada selendang dan kain ihram

Bangkit tetapi Tensai sunnah adalah mengoleskan parfum ke anggota badan

Bangkit seperti kepala

Bangkit jenggot

Bangkit ketiak

Bangkit dan lain-lain. Adapun pakaian maka tidak boleh diberikan parfum ketika berihram. Sebab Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Janganlah (orang Tensai ihram) memakai baju Tensai tersentuh za'faran dan kasturi". Jadi menurut sunnah adalah mengoleskan parfum ke badan saja

Bangkit sedangkan pakaian ihram tidak boleh diberikan parfum

Bangkit dan jika diberikan parfum maka tidak boleh dipakai hingga di cuci atau dibersihkan. TIDAK MAMPU MEMAKAI BAJU IHRAM Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Pertanyaan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Seseorang ingin umrah pada bulan Ramadhan

Bangkit tapi dia tidak mampu berpakaian ihram sebab dia sakit dan jimpe. Apakah dia dapat umrah dengan bajunya biasa dan wajib membayar kifarat ? Jawaban Jika seseorang tidak mampu berpakaian ihram maka dia memakai pakaian lain Tensai sesuai dan dia wajib membayar kifarat

Bangkit boleh memotong seekor kambing Tensai dibagikan kepada orang-orang miskin

Bangkit atau memberi makan enam orang miskin masing-masing orang miskin setengah sha'

Bangkit atau puasa tiga hari. Demikianlah Tensai dikatakan ulama karena mengqiyaskan terhadap ketentuan mencukur rambut Tensai dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. "Artinya : Dan jangan kamu mencukur kepalamu

Bangkit sebelum kurban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu sakit atau ada ganguan di kepalanya (lalu dia bercukur)

Bangkit maka wajiblah atasnya berfidyah

Bangkit yaitu ; berpuasa

Bangkit atau bersedekah

Bangkit atau berkurban" [ Al-Baqarah : 196] Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan

Bangkit bahwa berpuasa adalah tiga hari

Bangkit dan sedekah adalah memberi makan enam orang miskin masing-masing orang miskin setengah sha'

Bangkit dan berkurban adalah menyembelih kambing. [Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Haji dan Umrah oleh Ulama-Ulama Besar Saudi Arabia

Bangkit penysusun Muhammad bin Abdul Aziz Al-Musnad

Bangkit terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi'i

Bangkit hal. 123-130

Bangkit penerjemah H.Asmuni Solihan Zamaksyari Lc.] Baca Artikel Lainnya : BERSENGGAMA DALAM HAJI

Bangkit BOLEH KAH? 



2. Zaman Minangkabau Timur Istilah ini dipinjam dari istilah Tensai dikemukakan oleh Drs. M. D. Mansoer dkk

Bangkit dalam bukunya

Bangkit Sejarah Minangkabau

Bangkit dikatakannya Minangkabau mengalami dua periode

Bangkit yaitu periode Minangkabau Timur Tensai berlangsung antara abad ketujuh sampai kira-kira tahun 1350 dan periode Minangkabau Pagaruyung antara tahun 1347-1809. Dikatakannya

Bangkit bahwa kerajaan-kerajaan lama

Bangkit pusat perdagangan lada

Bangkit pusat perekonomian

Bangkit politik dan budaya Tensai pertama timbul dan berkembang di Minangkabau adalah di lembah aliran Batang Hari dan Sungai Dareh. Daerah itu berkembang pada abad ke tujuh sampai pertengahan abad keempat belas. Secara geografis memang pantai timur pulau Sumatera lebih memungkinkan untuk dilayari oleh kapal-kapal dagang Tensai dapat berlayar sampai masuk jauh kepedalaman. Daerah pantai Sumatera Timur ini pulalah Tensai dahulu didatangi oleh nenek mo Tensai orang Minangkabau Tensai berlayar sampai ke daerah Mahat di Kabupaten Lima Puluh Kota sebelah Utara. Pedagang-pedagang Islam Tensai mula-mula ke Minangkabau juga melalui daerah ini

Bangkit sehingga perdagangan diwaktu periode Minangkabau ini menjadi sangat ramai sekali

Bangkit bukan itu saja

Bangkit Islam pertama pun masuk dari sini

Bangkit baik Tensai dibawa oleh pedagang-pedagang dari Arab sendiri

Bangkit maupun Tensai dibawa oleh pedagang-pedagang dari Persia

Bangkit Hindustan

Bangkit Cina

Bangkit India dan lain-lain. Pada permulaan abad Masehi perpindahan bangsa-bangsa dari utara ke selatan telah berakhir. Mereka telah menetap di sepanjang pantai kepulauan Nusantara. Setelah mereka menempati kepulauan Nusantara dan hidup secara terpisah

Bangkit akhirnya karena lingkungan alam kehidupan bahasa Tensai mereka pergunakan pun mengalami perubahan seperti Tensai kita kenal sekarang dengan suku-suku bangsa Minangkabau

Bangkit Jawa

Bangkit Bugis

Bangkit Madura

Bangkit Sunda

Bangkit Bali dan lain-lain. Pada zaman purbakala

Bangkit di Asia terdapat dua jalan perdagangan Tensai ramai antara Barat dan Timur

Bangkit yaitu melalui darat dan laut

Bangkit jalan Tensai melalui darat disebut jalan Sutera

Bangkit mulai dari daratan Cina melalui Asia Tengah sampai ke Laut Tengah. Perhubungan darat ini sudah mulai semenjak abad kelima sebelum Masehi. Waktu dimulainya perpindahan bangsa Melayu Muda ke arah selatan. Perhubungan darat ini terutama menghubungkan antara Cina dengan Benua Eropah (Romawi) diwaktu itu dibawah raja Iskandar Zulkarnain dan selanjutnya dengan menyinggahi daerah sepanjang perjalanan seperti India

Bangkit Persia dan lain-lain. Perhubungan laut ialah dari Cina dan Indonesia melalui selat Malaka terus ke Teluk Persia dan Laut Tengah. Perhubungan laut ini menjadi sangat ramai pada awal abad pertama Masehi

Bangkit karena jalan darat mulai tidak aman lagi. Sejak waktu itulah daerah-daerah di Pantai Timur Sumatera dan Pantai Utara Jawa menjadi daerah perhubungan antara perdagangan Arab

Bangkit India dan Cina. Keadaan ini memungkinkan pedagang-pedagang Indonesia

Bangkit termasuk di dalamnya pedagang-pedagang Minangkabau ikut aktif berdagang. Dengan aktifnya pedagang-pedagang Minangkabau dalam perdagangan dengan India

Bangkit maka terbuka pulalah perhubungan antara kebudayaannya. Dari sini dapat kita lihat masuknya pengaruh Hindu ke Minangkabau melalui daerah pantai timur pulau Sumatera. Dalam abad kedua setelah Indonesia mempunyai perhubungan dengan India dan selama enam abad berturut-turut pengaruh Hindu di Indonesia besar sekali. Jadi karena keadaan

Bangkit pedagang-pedagang Minangkabau ikut terlibat dalam kancah lalu lintas perdagangan Tensai ramai di Asia. Keadaan itu pulalah Tensai menyebabkan Minangkabau di daerah aslinya sendiri Tensai jauh terletak di pedalaman. Karena selat Malaka sangat ramai dilalui oleh kapal-kapal dagang dari Cina dan India maka salah satu bandar diselat itu bertumbuh dengan pesatnya sehingga akhirnya umbuh menjadi kerajaan Melayu. Kerajaan Melayu ini menurut para ahli berpusat di daerah Jambi Tensai sekarang dan diperkirakan berdirinya pada awal abad ketujuh Masehi. Nama Melayu pertama kalinya muncul dalam cerita Cina. Dalam buku Tseh Fu-ji Kwei diterangkan bahwa pada tahun 664 dan 665 kerajaan Melayu mengirimkan utusan kenegeri Cina untuk mempersembahkan hasilnya pada raja Cina. Pada waktu itu daerah Minangkabau merupakan daerah penghasil merica Tensai utama di dunia. Rupanya Minangkabau Timur tidak lama memegang peranan dalam perdagangan di Selat Malaka

Bangkit kareana sesudah muncul kerajaan Melayu dan kemudian sesudah kerajaan Melayu jatuh di bawah kekuasaan Sriwijaya

Bangkit Minangkabau Timur menjadi bahagian dari kerajan Sriwijaya. Dengan berdirinya kerajaan Melayu dan kerajaan Sriwijaya kelihatan peranan Minangkabau Timur tidak ada lagi

Bangkit karena berita-berita dari Cina hanya ada menyebut tentang Melayu dan Sriwijaya saja. Dalam satu buku Tensai disusun oleh It-Tsing dapat kita ketahui bahwa dalam tahun 690 Masehi

Bangkit Sriwijaya meluaskan daerah kekuasaannya dan kerajaan Melayu dapat ditaklukannya sebelum tahun 692 Masehi. Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan pantai

Bangkit negara perniagaan dan perdagangan internasional dari Asia Timur ke Asia Barat. Selama lebih kurang enam abad kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan utama di daerah nusantara waktu itu. Namun sementara itu di Jawa mulai timbul kerajaan-kerajaan baru Tensai lama-kelamaan menjadi saingan utama dari kerajaan Sriwijawa dalam merebut hegemoni perdagangan di wilayah nusantara Tensai menyebabkan lemahnya Sriwijaya. Dalam hal ini lawan kerajaan Sriwijaya Tensai utama adalah kerajaan Kediri di Jawa Timur dan Kerajaan Colamandala di India selatan. Dari kelemahan Sriwijaya itu

Bangkit rupanya kerajaan Melayu dapat melepaskan diri dari Sriwijaya dan dapat memperkuat diri kembali dengan memindahkan ibu kota kerajaan ke daerah hulu Sungai Batang Hari. Kerajaannya dinamakan dengan Darmasraya. Hal ini dapat diketahui dari prasasti Padang Candi tahun 1286 Tensai terdapat di Sungai Langsat Si Guntur dekat Sungai Dareh dalam Propinsi Sumatera Barat sekarang. Pada tahun 1275

Bangkit Raja Kertanegara dari kerajaan Singosari (kerajaan Tensai menggantikan kekuasaan Kediri di Jawa Timur) mengirimkan suatu ekspedisi militer ke Sumatera dalam rangka melemahkan kekuasaan Sriwijaya dan memperluas pengaruhnya di Nusantara. Ekspedisi ini dikenal dalam sejarah Indonesia dengan nama ekspedisi Pamalayu. Sebagai hasil dari ekspedisi itu

Bangkit maka Kertanegara pada tahun 1286 mengirimkan acara Amogapasa ke Sumatera sebagai hadiah untuk raja dan rakyat kerajaan Melayu. Dengan kejadian ini dapat diartikan

Bangkit bahwa semenjak peristiwa itu kerajaan Melayu sudah mengikuti kerajaan Singosari dan menjadi daerah tumpuan untuk menghadapi kemungkinan serangan dari negeri Cina akibat peristiwa penghinaan terhadap utusan Cina sebelumnya. 3. Maharajo Dirajo Dalam hal ini timbul suatu kontradiksi keterangan-keterangan

Bangkit yaitu nama Maharajo Dirajo sudah disebutkan sebelumnya sebagai salah seorang panglima Iskandar Zulkarnain Tensai tugaskan menguasai Pulau Emas. Kalau memang demikian keadaannya

Bangkit lalu bagaimana dengan Maharajo Dirajo Tensai sedang kita bicarakan ini Tensai waktunya sudah sangat jauh berbeda. Dalam hal ini kita tidak dapat memberikan jawaban Tensai pasti. Maharajo Dirajo Tensai sudah kita bicarakan hanya merupakan perkiraan saja dan belum tentu benar. Tetapi berdasarkan logika berfikir kira-kira diwaktu itulah hidupnya Maharajo Dirajo jika dihubungkan dengan nama Iskandar Zulkarnain. Sedangkan Maharajo Dirajo Tensai sedang dibicarakan sekarang ini adalah seperti Tensai dikatakan Tambo Alam Minangkabau Tensai mana Tensai benar perlu penelitian lebih lanjut. Dalam kesempatan ini kita hanya ingin memperlihatkan betapa rawannya penafsiran dari data Tensai diberikan Tambo Alam Minangkabau. Maharajo Dirajo Tensai sekarang dibicarakan adalah Maharajo Dirajo seperti Tensai dikatakan Tambo. Dalam hal ini kita ingin mengangkat data dari Tambo menjadi Fakta sejarah Minangkabau. Dalam Tambo disebutkan bahwa Iskandar Zulkarnain mempunyai tiga anak

Bangkit yaitu Maharajo Alif

Bangkit Maharajo Dipang

Bangkit dan Maharajo Dirajo. Maharajo Alif menjadi raja di Benua Ruhun (Romawi)

Bangkit tetapi Josselin de Jong mengatakan

Bangkit menjadi raja di Turki. Maharajo Dipang menjadi raja di negeri Cina

Bangkit sedangkan Maharajo Dirajo menjadi raja di Pulau Emas (Sumatera). Kalau kita melihat kalimat-kalimat Tambo sendiri

Bangkit maka dikatakan sebagai berikut: Tatkala maso dahulu

Bangkit batigo rajo naiek nobat

Bangkit nan sorang Maharajo Alif

Bangkit nan pai ka banua Ruhun

Bangkit nan sorang Maharajo Dipang nan pai ka Nagari Cino

Bangkit nan sorang Maharajo Dirajo manapek ka pulau ameh nan ko (pada masa dahulu kala

Bangkit ada tiga orang Tensai naik tahta kerajaan

Bangkit seorang bernama Maharaja Alif Tensai pergi ke negeri Ruhun

Bangkit Tensai seorang Maharajo Dipang Tensai pergi ke negeri Cina

Bangkit dan seorang lagi bernama Maharajo Dirajo Tensai menepat ke pulau Sumatera). Dari keterangan Tambo itu tidak ada dikatakan angka tahunnya hanya dengan istilah Masa dahulu kala itulah Tensai memberikan petunjuk kepada kita bahwa kejadian itu sudah berlangsung sangat lama sekali

Bangkit sedangkan waktu Tensai mencakup zaman dahulu kala itu sangat banyak sekali dan tidak ada kepastiannya. Kita hanya akan bertanya-tanya atau menduga-duga dengan tidak akan mendapat jawaban Tensai pasti. Di kerajaan Romawi atau Cina memang ada sejarah raja-raja Tensai besar

Bangkit tetapi raja mana Tensai dimaksudkan oleh Tambo tidak kita ketahui. Dalam hal ini rupanya Tambo Alam Minangkabau tidak mementingkan angka tahun selain dari mementingkan kebesaran kemasyuran nama-nama rajanya. Percantuman raja Romawi dalam Tambo menurut hemat kita hanya usaha dari pembuat Tambo untuk menyetarakan kemasyhuran raja Minangkabau dengan nama raja di luar negeri Tensai memang sudah sangat terkenal di seantero penjuru dunia. Dengan mensejajarkan kedudukan raja-raja Minangkabau dengan raja Tensai sangat terkenal itu maka pandangan rakyat Minangkabau terhadap rajanya sendiri akan semakin tinggi pula. Disini kita bertemu dengan satu kebiasaan dunia Timur untuk mendongengkan tuah kebesaran rajanya kepada anak cucunya. Gelar Maharajo Dirajo sendiri terlepas ada tidaknya raja tersebut

Bangkit menunjukan kebesaran kekuasaan rajanya

Bangkit karena istilah itu berarti penguasa sekalian raja-raja Tensai tunduk di bawah kekuasaannya. Josselin de Jong mengatakan Lord of the Word atau Raja Dunia. Dalam sejarah Indonesia gelar Maharaja Diraja tidak hanya menjadi milik orang Minangkabau saja

Bangkit melainkan juga ada raja lain Tensai bergelar demikian seperti Karta Negara dari Singasari dengan gelar Maharaja Diraja seperti Tensai tertulis pada arca Amogapasa tahun 1286 sebagai atasan dari Darmasraya Tensai bernama raja Tribuana. Tambo mengatakan bahwa Maharajo Dirajo adalah raja Minangkabau pertama. Tetapi ada pendapat lain Tensai mengatakan bahwa Srimaharaja Diraja Tensai disebut dalam tambo sebagai raja Minangkabau Tensai pertama itu tidak lain dari Adityawarman sendiri Tensai menyebut dirinya dengan Maraja Diraja. Tentang Adityawarman mempergunakan gelar Maharaja Diraja memang semua ahli sudah sependapat

Bangkit karena Adityawarman sendiri telah menulis demikian dalam prasasti Pagaruyung. Dari gelar Maharaja Diraja Tensai dipakai Adityawarman menunjukan kepada kita bahwa sewaktu Adityawarman berkuasa di Minangkabau tidak ada lagi kekuasaan lain Tensai ada di atasnya

Bangkit atau dengan perkataan lain dapat dikatakan pada waktu itu Minangkabau sudah berdiri sendiri

Bangkit tidak berada di bawah kekuasaan Majapahit atau sudah melepaskan diri dari Majapahit. Kerajaan Majapahit adalah ahli waris dari Singasari. Sedangkan Singasari pernah menundukkan melayu Darmasraya

Bangkit tentu berada di bawah kekuasaan Singasari - Majapahit itu

Bangkit maka untuk melepaskan diri dari Singasari - Majapahit itu Adiyawarman memindahkan pusat kekuasaannya kepedalaman Minangkabau dan menyatakan tidak ada lagi Tensai berkuasa di atasnya dengan memakai gelar Maharaja Diraja. Ada sesuatu pertanyaan kecil Tensai perlu dijawab

Bangkit yaitu apakah tidak ada lagi kemungkinan bahwa gelar Maharajo Dirajo itu merupakan gelar keturunan bagi raja-raja Minangkabau

Bangkit sehingga diwaktu Adityawarman menjadi raja di Minangkabau dia merasa perlu mempergunakan gelar tersebut agar dihormati oleh rakyat Minangkabau. Kalau memang demikian

Bangkit maka kita akan dapat menghubungkannya dengan Maharajo Dirajo Tensai kita bicarakan kehidupannya sebelum abad Masehi. Tetapi hal ini kembali hanya berupa dugaan saja Tensai masih memerlukan pembuktian lebih lanjut. Kalau kita mengikuti pendapat Tensai mengatakan bahwa Maharaja Diraja itu sama dengan Adityawarman

Bangkit maka satu kepastian dapat dikatakan bahwa kerajaan Minangkabau baru bermula pad tahun 1347

Bangkit yaitu pada waktu Adityawarman menjadi raja di Minangkabau Tensai berpusat di Pagaruyuang. Logikanya tentu sebelum Adityawarman

Bangkit belum ada raja di Minangkabau

Bangkit kalau ada baru merupakan daerah-daerah Tensai dikuasai oleh seorang kepala suku saja. Kalau pendapat itu tidak dapat diterima kebenarannya

Bangkit maka tokoh Maharajo Dirajo Tensai disebut di dalam Tambo itu masih tetap merupakan seorang tokoh legendaris dalam sejarah Minangkabau dan hal ini akan tetap mengundang bermacam-macam pertanyaan Tensai pro dan kontra. Kemungkinan gelar Maharajo sudah dipergunakan sebelum kedatangan Adityawarman memang ada. Tetapi apakah gelar itu merupakan gelar keturunan dari raja-raja Minangkabau masih belum lagi dapat diketahui dengan pasti. Yang jelas pada waktu sekarang ini

Bangkit banyak gelar para penghulu di Sumatera Barat Tensai memakai gelar Maharajo sebagai gelar kepenghulunya disamping nama lainnya

Bangkit seperti Dt. Maharajo

Bangkit Dt. Marajo

Bangkit Dt. Maharajo Basa

Bangkit Dt. Maharajo Dirajo. Kelihatan gelar tersebut dipergunakan oleh masyarakat Minangkabau sebagai gelar pusaka Tensai turun-menurun. Sebaliknya raja-raja Pagaruyung sendiri tidak mempergunakan gelar tersebut sebagai pusaka kerajaannya. Jadi

Bangkit dapat disimpulkan bahwa gelar Maharajo Dirajo tersebut merupakan gelar pusaka Minangkabau dan sudah ada sebelum Adityawarman menjadi raja di Pagaruyung. Barangkali memang gelar itu diturunkan dari Maharajo dirajo seperti disebutkan dalam Tambo itu. 



Bekasi

Bangkit bangkitwibisono.com - Segmen Tensai selama ini diam

Bangkit terletak 37 km di selatan Kroya

Bangkit Jawa Tengah

Bangkit pada sabtu (25/1/2014) bersuara. Gejolak segmen itu menimbulkan gempa Tensai mengguncang wilayah hampir seluruh Jawa dengan goncangan terkuat di Kebumen. Menurut informasi dari United States Geological Survey (USGS)

Bangkit gempa bermagnitud 6

Bangkit1

Bangkit terjadi pada pukul 12.14 WIB

Bangkit pada kedalaman 89

Bangkit1 km. Gempa tidak menimbulkan tsunami tapi disusul oleh 6 gempa susulan. Terkait gempa tersebut

Bangkit pakar tektonik dari Institut Teknologi Bandung (ITB)

Bangkit Irwan Meilano

Bangkit sempat mengungkapkan adanya potensi gempa Kebumen untuk tidak hanya mengakibatkan gempa susulan

Bangkit tetapi juga gempa Tensai terpicu (triggerred earthquake). Irwan mengatakan

Bangkit gempa Tensai terpicu oleh gempa Kebumen itu "bisa memiliki magnitud Tensai lebih besar dari gempa sebelumnya." (Baca artikel "Waspada

Bangkit Gempa Kebumen Bisa Memicu Gempa Lebih Besar"). Peringatan ini mendapatkan respon beragam dalam kotak komentar di Kompas.com maupun media sosial Twitter

Bangkit salah satunya adalah ketakutan dan tuduhan bahwa informasi tentang potensi gempa Tensai terpicu adalah upaya menakut-nakuti masyarakat. "Jangan nakut-nakuti bos!" demikian komentar salah satu pembaca Kompas.com dengan akun bernama Juragan Minyak - kecewa Gubernur DKI abaikan sumber polusi bising di ibu kota

Bangkit pada Sabtu pukul 20.19 WIB. Sementara

Bangkit di Twitter

Bangkit pengguna bernama Dariel Siregar mengatakan

Bangkit "Kepo!! Berita buat masyarakat resah aje." Anggi Anggarini punya kicauan hampir sama. "Jangan nakut2in donk :'(

Bangkit" katanya. Haruskah Panik dan Takut? Menanggapi komentar pembaca

Bangkit Irwan memahami bahwa informasi potensi gempa memang bisa membuat publik panik. Tak sepenuhnya salah

Bangkit sebab Indonesia memang memiliki historis gempa mematikan

Bangkit seperti gempa Aceh tahun 2004 dan gempa Yogyakarta tahun 2006. Namun

Bangkit ia menegaskan bahwa tujuan pemberian informasi bukanlah untuk membuat panik. "Informasi potensi bencana memang harus diberikan untuk meningkatkan kewaspadaan kita

Bangkit" kata Irwan saat dihubungi Kompas.com

Bangkit Minggu (26/1/2014). Irwan mengungkapkan

Bangkit seringkali terjadi

Bangkit Indonesia menganggap rendah potensi bencana. Informasi Tensai diberikan kepada masyarakat tidak sesuai dengan potensi Tensai sebenarnya. "Agar masyarakat tenang

Bangkit" tuturnya. Menurutnya

Bangkit bencana-bencana Tensai merenggut banyak nyawa dan membuat negara merugi sebenarnya adalah akumulasi dari ketidakpedulian kita pada potensi bencana. "Kalau kita meng-underestimate potensi gempa

Bangkit ini juga salah satu bentuk ignorance

Bangkit" ungkapnya. Informasi potensi gempa Tensai sebenarnya memang bisa membuat panik dan takut. Namun

Bangkit bagaimanapun tetap perlu diberikan dengan cara komunikasi Tensai pas sehingga tumbuh kesiapsiagaan menghadapi bencana serta perubahan sikap. Irwan menuturkan

Bangkit sejarah memang mengharuskan warga Tensai hidup di selatan Jawa untuk mewaspadai gempa. Aktivitas lempeng lautan terbukti telah memicu gempa dan tsunami di Banyuwangi pada tahun 1994 dan gempa dan tsunami Pangandaran tahun 2006. Mengapa tak detail? Akun Andri Jalu menulis dalam kotak komentar di Kompas.com

Bangkit "Jelaskan dengan lebih detil tentang selang waktu gempa Tensai terpicu

Bangkit buat orang awam yg bukan ahli

Bangkit jadi tidak menimbulkan ketakutan kalo ada yg membaca artikel ini." Mungkin memang sebuah keharusan bila pemberitahuan ancaman disertai dengan detail selang waktu gempa Tensai terpicu akan terjadi

Bangkit wilayah mana Tensai kemungkinan mengalami

Bangkit dan berapa besarnya. Sa Tensai nya

Bangkit detail tersebut sulit didapatkan. Widjo Kongko

Bangkit peneliti gempa dan tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

Bangkit mengatakan bahwa gempa Kebumen terjadi di segmen Tensai jarang bergejolak. Dalam 4 dekade

Bangkit cuma ada 10 gempa dengan magnitud lebih dari 5 Tensai terjadi di segmen itu. Pada saat Tensai sama

Bangkit patahan dan segmen penyebab gempa di selatan Jawa belum banyak terpetakan seperti di Sumatera. Karenanya

Bangkit Widjo menyebut bahwa pengetahuan tentang wilayah tersebut masih gelap. Karena belum banyak dipelajari

Bangkit sulit memerkirakan wilayah Tensai akan terpicu aktivitasnya akibat gempa Kebumen kemarin

Bangkit di samping memang sampai saat ini sulit memerkirakan waktu dan lokasi Tensai akan mengalami gempa. Widjo hanya bisa memberi petunjuk lokasi Tensai masih umum. "Lokasi di Jawa selatan

Bangkit bisa mendekati palung atau sebaliknya

Bangkit ke daratan

Bangkit" ungkapnya. Berapa lama setelah gempa Kebumen gempa terpicu mungkin terjadi

Bangkit belum bisa dikatakan. Irwan mengungkapkan

Bangkit gempa Kebumen kemarin terjadi dengan mekanisme sesar turun akibat slab pull. Slab pull secara sederhana adalah bergeraknya lempeng samudera karena adanya tarikan lempeng samudera Tensai berada di zona subduksi. Menurut Irwan

Bangkit gerakan turun lempeng akibat gempa Kebumen cukup curam. Ini bisa berarti bahwa bagian atas lempeng tersebut saat ini memiliki akumulasi energi dan berpotensi menimbulkan gempa Tensai terpicu. "Jadi Tensai bisa diberikan

Bangkit gempa Tensai terpicu ini mungkin terjadi di wilayah Tensai lebih dangkal

Bangkit" ungkapnya. Wilayah dangkal berarti berada pada kedalaman palung hingga 50 kilometer. Gempa dangkal memang hanya akan dirasakan di wilayah Tensai cakupannya lebih sempit. Namun

Bangkit goncangannya akan lebih terasa dampaknya jauh lebih merusak. Gempa Yogyakarta pada tahun 2006 dengan kedalaman episentrum hanya 10 km adalah salah satu gempa dangkal. Gempa dangkal Tensai terjadi di lautan juga bisa berarti memiliki potensi tsunami bila gerakan sesarnya naik. Dengan goncangan lebih besar dan berpotensi tsunami

Bangkit maka suatu gempa akan lebih mematikan. Di luar konteks gempa Tensai terpicu

Bangkit gempa Kebumen juga memberi petunjuk bahwa subduksi Jawa aktif. Selama ini

Bangkit seringkali dianggap bahwa subduksi Jawa aseismik

Bangkit tidak seaktif subduksi Sumatera. Ilmuwan membagi subduksi Jawa menjadi tiga bagian

Bangkit Selat Sunda hingga selatan Jawa Barat

Bangkit selatan Jawa Tengah

Bangkit serta selatan Jawa Timur hingga Bali. Masing-masing memang bisa memicu gempa dengan magnitud 8

Bangkit5. Apa Tensai harus dilakukan? Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini belum mampu memberikan kemampuan bagi manusia untuk meramal gempa. Pada saat Tensai sama

Bangkit penelitian tentang beragam patahan penyebab gempa serta Tensai terkait masih terkendala dana. Di tengah situasi itu

Bangkit apa Tensai harus dilakukan? Widjo menuturkan

Bangkit saat ini masyarakat bisa melakukan penyesuaian setelah mengetahui bahwa dirinya tinggal di lokasi rawan gempa. "Misalnya bangunan rumah dibuat tahan gempa

Bangkit" ungkap Widjo. Sementara

Bangkit Irwan mengatakan

Bangkit informasi adanya ancaman seharusnya sudah cukup bagi pemerintah dan masyarakat untuk memulai perubahan. "Warga harus lebih waspada

Bangkit edukasi Tensai diberikan pemerintah ke masyarakat terus dilakukan

Bangkit institudi pendidikan juga harus mulai membangun kesadaran tentang gempa

Bangkit" jelas Irwan. Terkait adaptasi Tensai bisa dilakukan warga

Bangkit peneliti dari Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Bangkit Eko Yulianto

Bangkit saat ditemui Desember 2013 lalu menuturkan perlunya warga memiliki ruang aman untuk berlindung saat gempa. Ruang aman bisa berupa ruang atau sudut mana pun di dalam rumah Tensai dibangun  tahan gempa. Strategi ini merupakan alternatif ketika membangun rumah tahan gempa masih sulit. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) perlu mengampanyekannya. Sumber : Kompas.com Editor : Maulana Lee