Buku ensiklopedia sains islami kamil pustaka asli

Anak Siapa Ini??



Doni (samaran), remaja masjid (dalam arti sebenarnya). Dia lebih suka tidur di masjid daripada di rumah (yg serba ada). #AnakSiapa

Pagi sekolah, setelah itu main sama teman2 di kompleks sampai ashar lalu ngaji sampai magrib. Pulang ke rumah sebentar, makan. #AnakSiapa

Belum ada satu jam di rumah dia pergi lagi ke masjid untuk sholat isya dan bwa bantal+selimut buat tidur di sana. #AnakSiapa

Begitu seterusnya. Hm… ya jarang sik ada remaja yg betah di masjid gitu. Hi hi… #AnakSiapa

Etapi tongkrongan Doni gacuma masjid, dia juga suka ke PSan dan warnet. Pokonya jarang di rumah, gak betah gitu. #AnakSiapa

Banyak sodara yg nanya kalau ada acara keluarga besar, “Doni mana?” Dan jawaban ortunya selalu sama, “Main sama temen.” #AnakSiapa

Doni juga lebih nurut kata Pak Ustadz daripada ortunya, suka ngebentak dan ngotot kalau minta apap2. #AnakSiapa

Waladalah :D… Eh saya juga gitu dulu, lebih nurut sama guru (buat nyapu) daripada disuruh ibu beresin kamar *maapBu* #AnakSiapa

Tweeps, kalau seorang anak lebih suka di luar daripada di rumah kira2 yg ‘bermasalah’ siapa? Anak atau rumahnya? #AnakSiapa :)

Okelah, Doni memang berakhlaq buruk ke ortu meskipun dia remaja masjid. Tapi nggak mungkin salah masjidnya kan? :D #AnakSiapa

Ortu Doni juga percaya kalau lingkungan dia main itu baik-baik. Terus apa dong? Jelasin Mei! XXDD #AnakSiapa

FYI, sejak balita Doni udah gaul banget :D, ibunya selalu ngarahin dia buat temenan sama anak masjid, dititipin ke ustadz juga. #AnakSiapa

Alasan ibunya gini, “Saya nih nggak ngerti agama, biar deh Pak ustadz yg ngajarin.” << oke nih ibu :) #AnakSiapa

Alhasil sampai Doni jangkung hampir nyamain sang babe, tetep aja tuh anak lengket sama Pak Ustadz (n fren). #AnakSiapa

Kalau gitu nambah pusing kan? Lingkungan oke, tapi kenapa akhlaq gabaik?? Hm… #AnakSiapa

Doni itu remaja masa kini, Gan. Jelas dia ngerti teknologi (meskipun sebatas hape android), dan ga semua temannya baik. #AnakSiapa

si Doni ini punya gadget. Sebaiknya diawasi, ortu mesti rajin2 cek hapenya. Eh si ortu gabisa make hapenya #AnakSiapa :D

Selain itu ibunya pernah bilang, “Ah gamungkinlah Doni begitu, kalau ketahuan Pak Ustadz dimara habis2an.” #AnakSiapa

Well, sampai sekarang hubungan Doni-Ortu seperti itu. Doni tetap bentak2 sedangkan ortunya pasrah.

“Biarin nanti Pak Ustadz aja yg ngomongin, kalau ibu dia gamau denger (apalagi bapak yg ribut mulu sama Doni).” :’( #AnakSiapa

Kalau saya jadi ibunya Doni pasti sedih banget. Anak yg dia kandung dan besarkan lebih nurut kata orang. #AnakSiapa

Tapi orang bijak pun berkata, “Ada asap ada api.” Sikap Doni yg begitu pasti ada sebabnya. #AnakSiapa

Meskipun sikap ortu bertanggungjawab atas ilmu agama Doni, saya kira mereka lupa hal yg penting. #AnakSiapa

Ilmu bisa disampaikan siapa saja, tapi ikatan emosi ortu-anak cuma bisa dibangun dgn komunikasi efektif. #AnakSiapa

Nebak aja, pasti atmosfir keluarga Doni gabagus. Ternyata bener, ,ortu sering ribut, Doni gapernah diajak ngobrol yg serius #AnakSiapa

Dan prinsip sang ibu adalah “Saya gabisa membimbing dia, biar Pak Ustadz aja.” << Doni #AnakSiapa Bu??

Se-sebenernya cuma mau ninggalin jejak aja sik, ntar kalau udah punya anak biar galupa kalau yg dia butuhkan itu KITA, bukan orang lain.

Hikmah yg bisa kita ambil dari keluarga Doni adalah …. #AnakSiapa

1) Ortu mengarahkan anak ke lingkungan yg sehat (ngaji) itu harus. Tapi jangan lepas tangan, nasihat ortu itu penting sekali. :) #AnakSiapa

2) Pentingnya mengikuti perkembangan zaman gacuma buat aktivis, ortu pun harus paham, agar anak bisa sharing. #AnakSiapa

3) Selagi belum punya anak (khususnya jomblo), inilah kesempatan menyiapkan semua itu #ntms bisa kali baca2 artikel parenting #AnakSiapa

contoh: jangan sampai nanti anak pertama lahir masih gatau kalau susu formula itu gabaik, malah beli yg paling mahal :(( #AnakSiapa

4) Dan jangan pernah merasa cukup punya bekal sebagai ortu, rasa cukup itu yg bikin kita gaberkembang #AnakSiapa

Sekian #AnakSiapa, semoga kelak anak2 kita gak bingung siapa ortunya :DD

Tambahaaan… Beda cerita sama si Roni. Dari SD dia merantau untuk sekolah dan tinggal sama kakek-nenek, pulang tiap liburan. #AnakSiapa

Rumah Roni juah dari fasilitas pendidikan, kalau tinggal sama ortu berarti dia gasekolah. #AnakSiapa

Etapi meskipun gitu Roni gapernah ada masalah sama ortu, ngobrol lancar, sering musyawarah. Roni pun dewasa dgn matang :) #AnakSiapa

Bahkan menurut informasi terakhir ortu Roni sudah mulai membaik kondisi ruhiyahnya,didakwahi anak. Keren yah, kuncinya ngobrol :) #AnakSiapa

————————————

Tinggal milih nih, mau jadi kayak ortu Doni atau Roni :D