Buku ensiklopedia sains islami kamil pustaka asli

Menerima Perubahan



Untuk sukses, Anda harus bisa menerima apa yang telah Anda minta, dengan cara selalu mensyukuri dan menikmati kehidupan yang sudah Anda miliki saat ini.

Bila Anda bahagia dengan yang sudah Anda punyai, apa yang Anda punya tersebut akan "membesar".

~ T homas L. Pauley ~

Ketidak-tahuan orang tentang langkah menerima sukses sering menyebabkan mereka (merasa) tidak sukses dalam hidup ini.

Di pelajaran sebelumnya tentang siklus sukses, kita sudah bahas bagaimana banyak manusia kesulitan dalam menerima kesuksesan yang telah mereka minta sendiri.

Karena itulah pelajaran ini akan membahas salah satu langkah sukses terpenting tetapi sekaligus yang paling sulit dilakukan, yaitu langkah menerima sukses yang telah Anda minta sendiri sebelumnya.

Menerima sukses merupakan satu langkah yang cukup sulit karena kebanyakan manusia memiliki bayangan di benak mereka bahwa "menerima kesuksesan" itu sama caranya seperti biasanya ketika mereka menerima benda apapun yang diberikan kepada mereka. Yaitu, dengan tangan menengadah ke atas menanti sesuatu diletakkan di atasnya.

Karena telah meminta, mereka pikir langkah menerima sukses itu adalah dengan menunggu begitu saja.

pohon uang

Banyak yang kemudian memimpikan kekayaan instan akan "dijatuhkan dari langit oleh Tuhan", sehingga ketika hujan uang tadi tidak juga datang, atau pohon uang mereka tidak tumbuh juga, mereka mencari-cari dan merasa tidak mendapatkan apa yang telah mereka minta.

Tetapi pembaca, mohon tidak merasa kecewa kalau saya katakan bahwa kesuksesan hidup yang sejati itu tidak seperti uang sekarung yang jatuh dari langit, yang terasa begitu "magical", ajaib dan luar biasa.

hujan uang

Sukses adalah suatu proses yang alami (natural), dan karenanya sukses berproses seiring terjadinya proses perubahan, pertumbuhan dan perkembangan dalam diri Anda.

Sebagaimana tidak akan pernah ada orang yang mendapat kiriman uang sekarung dari langit tiba-tiba, tidak akan pernah ada pula orang yang akan menjadi Ratu, Raja, konglomerat, presiden atau apapun yang diimpikannya dengan tiba-tiba.

Tidak ada yang tiba-tiba di dunia ini. Semua berproses, langkah demi langkah.

 

Kita hanya akan menuai apa yang kita tanam. Ini lagi-lagi adalah hukum Tuhan.

Bila kita tidak menanam apapun, maka kita tidak akan bisa menuai apapun.

Apa yang terjadi pada diri Anda saat ini adalah hasil tuaian dari semua yang Anda tanam di waktu-waktu lalu.

Jadi apa yang akan Anda tuai di kemudian hari adalah apa yang Anda tanam hari ini.

Bahkan sesuatu yang tampak tiba-tiba pun, misalnya keajaiban-keajaiban kecil yang terjadi pada diri kita, sebenarnya adalah juga buah dari perbuatan kita sendiri, dari langkah-langkah yang telah kita tempuh.

Sehingga, tidak ada cerita, misalnya, Anda tidur, lalu terbangun sudah ada di sebuah istana indah. Anda dinobatkan jadi putri atau putra mahkota sebuah kerajaan yang tidak pernah Anda kenal sebelumnya.

Kisah seperti ini, atau yang mirip-mirip lainnya, hanya ada dalam cerita dongeng atau fiksi.

Bahkan orang yang menang lotre-pun, dia tidak mungkin tiba-tiba menang lotre. Keberhasilan dia menang lotre saja sudah menunjukkan bahwa dia paling tidak biasa beli lotre, kan? Bahwa dia telah mengambil langkah untuk menang lotre dengan lebih dulu membelinya.

sukses datang setiap hari

Ya, kesuksesan hidup terbentuk dari anugerah-anugerah "kecil" yang kita terima hari ke hari dalam kehidupan kita.

Sukses kita terima dan kita rasakan secara wajar bersamaan dengan berlangsungnya kehidupan kita.

Kita meminta satu hal, katakan saat ini meminta pekerjaan kepada Tuhan, lalu kita mendapatkannya. Itu sukses.

Lalu karena Anda telah bekerja, di situ Anda berkembang dengan segudang skill dan pengalaman baru. Itu sukses.

Karena sekarang Anda telah berkembang, keinginan Anda pun berkembang. Anda sekarang ingin tidak sekedar punya pekerjaan. Anda juga ingin gaji yang besar. Anda tahu cara memintanya. Dan karenanya Anda bisa mendapatkannya. Ini sukses.

Lalu tiba gilirannya ketika bekerja untuk orang lain tidak lagi memuaskan diri Anda. Anda menginginkan agar bisa menjadi bos Anda sendiri atau bahkan bos bagi orang lain, dalam arti Anda ingin bisa menciptakan lapangan untuk pekerjaan orang lain.

Dan Anda juga bisa mendapatkan keinginan yang makin besar ini, karena sekarang Anda tahu cara memintanya dengan tepat. Ini juga sukses.

Begitu seterusnya. Itulah sukses. Anda tahu yang Anda inginkan dan Anda tahu bagaimana mendapatkannya.

Dan keinginan itu tidak harus besar.

Anda tahu bagaimana mendapatkan seulas senyum dari seseorang yang selama ini memusuhi Anda, itu juga sukses.

Anda bisa menikmati hari libur Anda dengan tenang bersama keluarga, itu sukses.

Anda tidur nyenyak malam ini. Itu juga sukses. Dan sebagainya.

Dan begitu seterusnya, tanpa akhir, sampai masa yang telah ditentukan untuk kita di dunia ini.

Itu sebabnya ada yang mengatakan bahwa kesuksesan bukanlah sebuah tujuan, tetapi sepanjang perjalanan hidup kita ini adalah proses merasakan dan menerima kesuksesan, yaitu bila kita tahu cara menikmati hidup sesuai keinginan kita.

Inilah rahasia sukses itu. Inilah langkah menerima sukses itu.

Berikut beberapa langkah yang jelas harus Anda ambil agar bisa dengan penuh merasakan dan menerima kesuksesan yang telah Anda minta tersebut, SAAT INI juga.

Dengan kata lain, bila langkah-langkah menerima kesuksesan ini Anda tempuh, Anda tidak akan merasakan hidup Anda berlalu begitu saja tanpa terasa, tanpa makna, tanpa kesan yang membekas. Bila Anda mengambil semua langkah menerima sukses ini, Anda akan merasakan hidup Anda di setiap detiknya, dan di segala aspeknya terasa bagai sebuah kehidupan yang lengkap.

Jadi bisa dikatakan, langkah-langkah praktis berikut memastikan Anda menerima kesuksesan Anda setiap saatnya.

  1.     Langkah Pertama, jalani hidup Anda seperti biasa.
  2.     Langkah Kedua, ambilah (hanya) tindakan yang terinspirasi/terilhami.
  3.     Langkah Ketiga, bergembiralah selalu menikmati hidup.
  4.     Langkah Terakhir, bersyukur setiap saat.


langkah sukses menerima

Tell a Friend

Nah, bila Anda penasaran, kok langkah menerima sukses dan menikmati kehidupan yang bermakna mudah sekali seperti ini, silahkan terus membaca di halaman-halaman berikutnya, di mana Anda akan belajar bahwa:

  •     ada perbedaan sangat besar antara melakukan rutinitas hidup/kerja sehari-hari dengan melakukan "aktifitas yang terilhami/terinspirasi". (Lho, apa lagi ini?).
  •     ada satu hukum alam yang memang mentakdirkan bahwa si kaya pasti makin kaya sementara si miskin makin miskin bila mereka tidak mengikuti aturan hukum ini. (Lho, lho, lho, apa-apaan lagi, nih? Masa tidak adil begini?)
  •     kesuksesan yang Anda cari itu sebenarnya (sudah) bisa Anda rasakan sekarang. (Oh ya..., masa?)
  •     musibah, kesukaran, kesedihan, kesulitan, kegagalan, dan sebagainya yang Anda alami itu bukan hukuman, sama sekali bukan, tetapi suatu komponen sangat penting untuk bisa mengantarkan Anda ke kesuksesan yang lebih besar lagi.
  •     menikmati sukses dalam hidup itu sebenarnya mudah dan sederhana.