Buku ensiklopedia sains islami kamil pustaka asli

Potensi Kepemimpinan



Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin, hanya saja terkadang tanda-tanda potensi tersebut sama sekali tidak disadari. Pernahkah Anda berpikir untuk mengambil sebuah kesempatan promosi misalnya, tapi merasa ragu akan kemampuan diri sendiri? Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda seorang pemimpin yang baik (tapi Anda mungkin tidak menyadarinya):

1. Mudah didekati
Jika Anda mendapati bahwa seringkali teman atau rekan kerja meminta nasihat atau pendapat Anda, itu artinya mereka menghargai dan menilai Anda adalah orang yang tepat untuk memberikan nasihat. Mudah didekati adalah salah satu kualitas penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

2. Tetap tersenyum, meski dalam kesulitan
Menjaga profesionalitas adalah tetap berusaha untuk mendengarkan dengan baik dan berpikir dengan tenang dalam berbagai kondisi. Tetap tersenyum dan tidak terbawa emosi saat situasi sulit dan penuh tekanan!

3. Berpikiran terbuka
Berpikiran terbuka adalah salah satu keahlian utama menjadi pemimpin yang baik. Karena pemimpin yang baik tahu kelebihan dan bisa menerima kekurangannya. Jika Anda bisa menerima sebuah saran dan kritik yang membangun, maka Anda adalah seorang pemimpin.

4. Berterus terang
Tegas dan tidak bertele-tele dalam menyampaikan segala sesuatu. Tidak berusaha mempermanis sebuah pembicaraan tapi langsung pada intinya. Itu adalah contoh salah satu sifat pemimpin sejati.

5. Bertanggung jawab, meskipun terpaksa
Ada waktu di mana Anda merasa malas untuk beraktivitas. Di saat orang lain memilih untuk bersantai, Anda tetap memaksakan diri untuk bangkit dan melakukan pekerjaan (karena ada orang lain yang bergantung pada Anda). Ada masanya seorang pemimpin harus tetap maju dan bertanggung jawab di saat tidak ada orang lain yang ingin melakukannya.

6. Memperlakukan orang lain sama tanpa didasari oleh perasaan pribadi/mood
Baik itu di rumah, sekolah maupun di kantor, seburuk apa pun yang terjadi pada hari itu, Anda memperlakukan orang di sekitar Anda dengan perlakuan yang sama. Seorang pemimpin yang baik bisa memilah antara urusan pribadi dan urusan profesional.

7. Percaya diri tapi tidak takut untuk meminta bantuan atau dukungan
Pemimpin yang baik sekalipun, tidaklah sempurna. Mereka yakin dengan pilihan dan keputusan yang dibuat tetapi mereka tidak takut untuk meminta saran ataupun bantuan ketika diperlukan. Jika Anda merasa terjebak dalam suatu keadaan dan kemudian meminta bantuan atau saran dari orang lain, itu adalah hal yang baik.

8. Memiliki banyak energi positif
Seorang pemimpin yang baik bisa tetap bersikap optimis dan menyebarkan energi yang positif dalam situasi seburuk apapun. Hal ini penting karena ketika anggota lain di tim mulai patah semangat dan pesimis, mereka membutuhkan rasa optimis dari pemimpin untuk mengobarkan kembali semangat mereka. Jika Anda selalu bisa melihat segi positif dari setiap kejadian seburuk apapun dan mampu menularkan energi positif Anda, maka bisa dikatakan Anda memang berpotensi untuk menjadi pemimpin.

9. Menolong tanpa pamrih
Apakah Anda pernah membantu menyelesaikan tugas orang lain hanya karena tugas tersebut memang harus diselesaikan dan bukan karena anda diperintah untuk membantu?  Pemimpin yang baik selalu menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan dari siapapun.

10. Peduli dengan tulus
Jika Anda lebih mementingkan kepentingan orang lain dari pada kepentingan sendiri, meluangkan waktu untuk orang lain karena Anda benar-benar peduli akan perasaab/keberadaan orang lain, maka Anda memang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin.

Punya beberapa poin di atas? Besar kemungkinan bahwa Anda bisa menjadi seorang pemimpin. Hanya perlu sedikit keberanian untuk lebih percaya diri dan berinisiatif mewujudkannya. Tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk menjadi sosok yang anda inginkan, kecuali diri Anda sendiri. Ingatlah bahwa dunia selalu membutuhkan seorang pemimpin yang baik!
 

 

http://www.andriewongso.com/articles/details/14819/Apakah-Anda-Berpotensi-Menjadi-Pemimpin-3F