Buku ensiklopedia sains islami kamil pustaka asli

Hasan Al-Bashri (Chapt 1)



Aku posting rangkumanku tentang Hasan Al Basri yang kubaca dari salah satu buku dari sekian banyaknya buku yang membahas tentang sahabat Nabi Muhammad "Tabi'in". 

Nama Hasan adalah nama pemberian Ummul Mukminin Ummu Salahmah, dimana ibunda Hasan adalah budak dari Istri Nabi MuHammad SAW Ummu Salamah. Kala itu ketika mendengan bahwa Khairah (Ibunda Hasan) melahirkan, Ummu Salamah mengutus seseorang untuk membawa Khairah beserta Bayinya kerumah, dan ketika pertama kali melihat hasan, Beliau langsung saja menyukai bayi hasan karena wajahnya yang cerah bersinar.

"Sudahkan engkau memberinya nama wahai khairah?"
"Belum, saya ingin anda yang memberikan nama untuk bayiku ini" Khairah menyatakan niatnya.

Maka Ummu Salamah memberikan nama Hasan dan berdoa untuk kebaikan hasan bayi.

Ayah hasan adalah Yasar, salah satu budak kesayangan Zaid bin Tsabit, yang mana Zaid bin Tsabit adalah sahabat utama yang juga penulis wahyu Rasululloh SAW. Hasan bin Yasar yang pada akhirnya dikenal sebagai Hasan Al-Basri tumbuh besar di salah satu rumah Rosululloh SAW dan diasuh oleh salah satu isti Beliau yaitu Ummu Salahmah yang memiliki nama asli Hindun binti suhail. Adapun Ummu Salamah adalah seorang wanita arab yang paling sempurna akalnya, paling banyak keutamaannya dan paling teguh pendiriannya. Beliau adalah Istri Nabi yang memiliki wawasan paling luas dan paling banyak meriwayatkan hadist Rasululloh SAW. Sebanyak 387 Hadist Rasululloh SAW yang telah beliau riwayatkan, dan pada masanya beliau adalah salah satu wanita di masa jahiliyah yang mampu baca-tulis.

Adapaun hubungan antara Hasan bayi dengan Ummul Mukminin tidak hanya sebatas 'asuhan' saja, seringkali ibunya khairah pergi keluar untuk memenuhi kebutuhan Ummul Mukminin, yang pada saat sepeninggalan ibunya hasan menangis karena lapar maka Ummul Mukminin menggendongnya dan meletakkannya dipangkuan, bahkan seringkali Hasan bayi disusui oleh Ummul Mukminin. Karena rasa Cinta yang begitu dalam terhadap hasan bayi maka denagn izin Alloh SWT keluarlah air susu yang kemudian diminum oleh hasan bayi higga merasakan kenyang dan diam dari tangisnya.

Pola hidup hasan kecil benar-benar terjaga ahlaknya, tinggal bersama salah satu istri Nabi dan bertetangga dengan istri-istri nabi yang lain membuat ahlak beliau menjadi sangat luar biasa, sungguh kehidupan yang sangat indah secara langsung mendapatkan bimbingan dari keluarga Rosululloh SAW. Mendapatkan Bekal ilmu langsung dari sumber yang jernih membuat beliau menjadi seorang anak yang diutamakan dari yang lain. Menginjak usia 14 Tahun saat memasuki masa remaja, beliau berpindah bersama dengan kedua orang tuanya ke Bashrah dan menetap disana. Karena hal inilah saat ini Hasan bin Yassar  mendapatkan julukan Hasan Al-Bashri. Selanjutnya beliau mulai dikenal oleh masyarakat Bashrah karepa keutamana-keutamaan yang beliau miliki.

Bersambung...