Buku ensiklopedia sains islami kamil pustaka asli

Apabila Cantik Hatinya, Cantik Pula Sisanya



Nafsu mengatakan wanita itu cantik atas dasar rupanya. 
Akal mengatakan wanita itu cantik atas dasar ilmu & kepintarannya. 
HATI mengatakan wanita itu cantik atas dasar AKHLAKnya.

Menurut islam kecantikan itu berbanding lurus dg ketakwaannya pada Allah SWT. 

Pada dasarnya segala yang Allah ciptakan itu bagus dan indah. Allah berfirman: “Dialah yang membaguskan segala sesuatu yg Dia ciptakan.” (QS. As-Sajdah: 7)

Rasulallah SAW  bersabda:
“Segala ciptaan Allah Azza wa Jalla itu indah.” (Riwayat Ahmad dan ath-Thabrāni, serta dinyatakan valid oleh Syaikh al-Albāni)

Cantik merupakan idaman setiap wanita namun cantik kebanyakan diukur semata- mata dengan wajah yang cantik dan dengan keindahan tubuh. Padahal kecantikan sempurna diukur dari kadar ketakwaan seseorang dan akhlak yang baik.

Dijelaskan oleh al Raghib, terdapat istilah dalam bahasa Arab untuk menyebut segala sesuatu yang indah dan disukai, yakni al-husn. Selama ini, al-husn dikenal hanya sekadar yang dianggap bagus oleh panca indera. ''Sementara al-husn yang dimaksudkan dalam Alquran adalah sesuatu yang dianggap bagus oleh hati nurani (al-bashirah),'' kata al Raghib.

Rasulullah SAW menegaskan tiga kriteria kecantikan. ''Sebaik-baik manfaat yang diperoleh seorang Muslim adalah perempuan yang cantik, yaitu yang membuatnya senang jika dipandang, menurutinya jika diperintah, serta menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi.''

Dari Abū Hurairah, Nabi bersabda, “Wanita dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, karena martabatnya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka hendaklah engkau mendapat wanita yang baik agamanya agar engkau beruntung dan tidak merugi.” (Riwayat al-Bukhāri.)

Intinya, puncak kecantikan menurut Islam berbanding lurus dengan ketakwaannya pada Allah SWT. 
Dengan takwa dan iman, dia selalu berusaha membentengi diri dari perbuatan hina, tercela dan maksiat, serta memperbanyak amal ibadah dan perbuatan terpuji. Wallahu'alaam.

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon petunjuk, tambahan takwa, terpeliharanya kehormatan diri, dan kekayaan kepada-Mu.

 Aamiin yaa MujibasSaailiin.