Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Tumbal kutukan

Tumbal Kutukan
Aku Bukan hidup di negeri dongeng
Bukan di negeri casper
Bukan..
Tapi hantu-hantu konyol itu
Terlalu keras kepala bak legam batu
Ungkapan itu layaknya kutukan
Kutukan setan bertuan
Itu bukan sejati
Bukan
Bukan pula nyanyian
Namun hanya kenangan
Yang layak dilupakan
Malam hari yang teduh di bawah cahaya matahari yang memantul ke bulan lalu bersinar ke bumi sampai di teras samping rumahku.
Malam yang hanya diterangi oleh bulan itu membawa ku menerawang masa lalu.
“ Kamu cewekku kan ?”
Bulu kudukku berdiri. Kalimat itu masih terngiang di telingaku. Kalimat itu selalu menghantuiku. Seakan-akan terus mengejarku untuk menjemputku mengikuti sang empunya kata-kata itu. Meskipun lima tahun sudah berlalu, kalimat itu masih jelas teringat.
Mungkin ini tidak penting. Ya, sama sekali tidak penting. Bahkan sangat konyol. Konyol sekali. Tapi entah kenapa kalimat itu seperti maklampir yang mengganggu kenyamananku. Kalimat dari seorang bocah laki-laki yang masih ingusan. Bocah TPQ yang masih kelas satu Sekolah Dasar. Ia mengatakan kalimat itu di depan pintu TPQ malam itu. Sedangkan aku berada di balik kusen pintu sebelah dalam. Waktu itu aku masih TK nol besar. Aku hanya melongo mendengar kalimat itu yang secara tiba-tiba tanpa ba bi bu lagi. Senyum bocah TPQ yang polos. Tetapi dengan entengnya mengatakan cinta. Memang hebat. Sinetron TV telah sukses menjadi benalu anak-anak
Tapi adegan singkat konyol itu sangat menyeramkan bagiku. Seandainya kejadian tadi siang tidak terjadi mungkin aku tidak akan ingat kalimat itu. Bahkan sama sekali terlupakan. Meski sesekali teringat, aku yakin tak akan menjadi masalah besar. Tak kan menjadi hantu dalam pikiranku. Tak akan membuat bulu kudukku merinding.
Siang tadi sepulang ayah dari mengajar, ayah tiba-tiba membawa berita yang mengagetkan. Sangat mengagetkan.
“ Fifah…!” Suara ayah dari luar masih pada posisi menaiki motor menuju depan rumah. Sehingga suara Ayah tak terdengar jelas olehku. Aku dan Ibu bergegas keluar. Mendengar suara Ayah yang geger.
“ Ada apa yah ?”
“ Nizam.”
“ Nizam kenapa Yah ?”
***
Waktu menunjukkan pukul 01.00. Pak Sargino melirik tubuh Nizam yang terbaring di atas kursi dengan berselimutkan handuk. entah setan mana yang merasuki tubuh Pak Sargino.
“ Allaaahuakbar !” Teriak Pak Sargino sembari menghempaskan arit dari belakang ke depan. Tepat menuju leher Nizam. Tinggal satu senti meter lagi arit Pak Sargino berhasil menyembulkan darah segar dari balik kulit Mongoloid Nizam. Namun nyaris. Tiba-tiba tangan kekar dari seorang laki-laki menahan tangan Pak Sargino.
“ Bapak…!” Teriak laki-laki itu.
“ Kau sudah gila Pak. Dia anakmu Pak. Dia anakmu. Mau kau apakan dia ?!” Laki-laki itu membentak-bentak Pak Sargino yang ada di depannya itu. Yang tak lain adalah ayahnya sendiri. Pak Sargino hanya bisa diam menunduk memandangi lantai tanah bak anak kecil yang dimarahi oleh ayahnya karena terlambat pulang dari bermain.
“ Yazid, ada apa ?” Suara wanita berkepala lima dari bilik kamar. Terdengar suara kaki dari wanita itu yang bergegas untuk beranjak ke tempat keributan.
“ Mak, laki-laki ini sudah gila. Dia mau membunuh Si Bungsu !” Ujar Yazid naik satu oktaf.
Kejadian malam itu membuat semua anggota rumah terbangun dari tidur mereka. Termasuk Mila, anak pertama Pak Sargino dan Nur, anak ke tiga Pak Sargino.
“ Ya sudah Zam. Kamu tidur sama mas ya.” Ujar Yazid sambil merangkul Nizam.
Nizam mengangguk sambil menangis sesengukan.
Akhirnya kokok ayam jago terdengar juga. Setelah kejadian tadi malam Yazid tidak bisa tidur karena menjaga Nizam. Kejadian tadi malam tidak hanya terjadi satu atau dua kali. Namun kejadian serupa itu tidak senyaris tadi malam.
“ Mas, Nizam berangkat dulu ya. Hari ini Nizam nggak sekolah. Tapi nonton tandingan voli di SD lima.”
“ Loh, kenapa nggak sekolah ?”
“ Nizam jadi supporter. Lagi pula kan habis ulangan umum. Jadi di sekolah nggak dapat pelajaran.”
“ Ya udah. Nanti pulangnya mas susul ya. Pokoknya jangan pulang sendiri kalau mas belum nyusul kamu. Takut nanti kamu dijegat Bapak di jalan.”
“ Iya mas.” Nizam mencium tangan kakak tersayangnya.
Nizam lalu menuju ibunya yang sedang sibuk membuka warung dan bersiap-siap untuk membawa dagangan ke pasar.
“ Mak, Nizam berangkat dulu ya.”
“ Iya nak. Hati-hati ya ?”
Bu Nurul memandang lekat anak laki-lakinya itu dan memeluknya dengat penuh kasih. Tak terasa sebutir air mata Bu Nurul jatuh di atas punggung Nizam. Entah perasaan apa yang mengganggu Bu Nurul.
“ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.”
“ Iya Mak. Emak tenang aja.” Suara Nizam terdengar gemetaran. Mata Nizam pun berkaca-kaca.
Nizam berlalu dari Emak.
“ Ya Allah. Tidak seperti biasanya aku sekhawatir ini. Ya Allah…lindungilah anakku Nizam ” Ujar Bu Nurul dalam hati.
***
Anak-anak sekolah sudah ramai berlalu di jalan depan rumah Nizam. Sepertinya mereka dari arah SD lima. Itu tandanya pertandingan voli sudah usai.
“ Mbak Mila, sepedanya di mana ?” Tanya Yazid tiba-tiba kepada Mila yang berusaha menyembunyikan arit ayahnya yang sudah dua minggu di asah setiap pagi dan sore.
“ Yazid, kamu ngagetin mbak.”
“ Maaf mbak. Sepedanya di mana ya mbak ?”
“ Di bawa Emak ke pasar.”
“ Pinjam tetangga saja kalau mau nyusul Nizam.”
Yazid berlalu dari Mila. Terik matahari jam satu siang menantang Yazid untuk bergelut dengan debu kemarau.
Sementara Nizam menunggu kedatangan kakaknya di lapangan. Nizam sudah mulai gelisah menunggu kedatangan kakaknya.
“ Ah, mungkin kakak lupa.” Ujarnya dalam hati.
“ Zam, mau pulang bareng aku nggak ?” salah seorang teman Nizam menawarkan diri untuk membonceng Nizam.
Sejenak Nizam mengernyitkan dahinya
“ Ah, mungkin kakak lupa. Dari pada nanti jalan kaki. Mungkin lebih baik aku nebeng saja.” Ujarnya kembali dalam hati
“ Boleh.”
Nizam akhirnya pulang bersama temannya. Mereka memilih pulang melalui jalan depan.
Sedangkan dengan kelajuan tinggi Yazid mengayuh sepeda untuk menyusul Nizam melalui jalur belakang. Yazid terus mengayuh sepeda yang dinaikinya. Setelah sampai di lapangan, Yazid menunggu Nizam. Ia menunggu dan menunggu. Namun hingga lapangan kosong tak ada anak-anak lagi yang berlalu-lalang, Yazid tak juga bertemu dengan Nizam.
***
“Salamu’alaikum.”
“ Kumsalam. Loh, Zam. Kamu pulang sama siapa ?” Tanya Mila kebingungan.
“ Sama temen mbak.”
“ Ya ampun Nizam. Masmu tadi nyusul kamu.”
“ Ku kira tadi mas Yaz lupa. Jadi aku pulang sendiri sama temen.”
Nizam bergegas masuk rumah. Namun di cegah oleh Mila.
“ Nizam jangan masuk. Nanti kamu ketahuan Bapak. Mamasmu belum sampai di rumah. Bapak cuma takut sama mamas. ”
“ Aku aus mbak. Laper.”’
“ Nanti biar mbak yang ngambilin.”
Nizam tak memperdulikan kata-kata kakaknya. Dia sudah tidak sabar ingin menenggak air putih. Setelah tiga tenggakkan air putih dari cerek, Nizam menciduk satu entong nasi dan mengambil lauk yang tersedia di atas meja makan. Baru satu sendok nasi masuk ke mulutnya, Nizam melihat bayangan laki-laki di dinding dengan arit yang digenggam yang akan dihempaskan ke arah leher Nizam.
Nizam lalu berlari keluar sekuat tenaga sambil membawa piring dan mengunyah nasi yang masih berada di dalam mulutnya.
“ Nizam…!” Teriak Mila sambil menangis meronta-ronta.
“ Tolong…tolong...Nizam…!” Mila berteriak sekuat-kuatnya. Namun siang itu nampaknya sangat sepi. Tidak ada satu orang pun yang lewat.
“ Tolong…Tolong…” Mila terus berteriak meminta tolong.
Nizam dan ayahnya masih berkejar-kejaran di jalan. Dengan sepiring nasi yang masih di tangan Nizam. Berkali-kali arit Pak Sargino hampir merenggut punggung Nizam.
Nizam hanya bisa terus berlari dan berlari tanpa memperdulikan apapun. Namun ternyata laki-laki tua itu seperti meminum ramuan kuat sehingga walaupun usianya yang sudah lanjut kakinya tetap kuat memancal tanah-tanah kemarau yang panas dan kering.
Nizam pun mencapai titik lelahnya. Ia terseok-seok berusaha berlari dari kejaran ayahnya. Namun laki-laki tua itu masih kuat seperti kesetanan. Atau malah memang kesetanan. Di dalam lelahnya, Nizam masih sempat menelan nasi yang ia kunyah dari tadi. Namun karena langkah Nizam yang semakin pelan, arit pun sempat melayang di punggung Nizam. Darah segar pun tak mau bersembunyi dari punggungnya. Darahnya turut menemani Nizam untuk berjuang lari dari serigala haus. Daging punggungnya yang mencuat dan darah yang terus berbondong-bondong keluar seakan membisikinya. Ayo Nizam. Ayo. Jangan biarkan teman kami ikut keluar meninggalkan persemayamannya. Mereka sangat bahagia hidup di bawah nadimu !.
Tapi teriakkan-teriakan darahnya tak mampu menjadi ramuan kuat untuk Nizam. Justru semakin banyak teriakan-teriakan darah yang ia dengar, tubuh Nizam semakin ingin melayang. Seolah-olah tubuhnya kosong. Pandangannya terganggu oleh ribuan kunang-kunang yang mengelilinginya. Namun Nizam tetap terus berlari dan berlari. Sambil merasakan nasi yang ia telan tadi berjalan di kerongkongan. Terasa sangat kering. Nizam pun tersedak hingga ia tak menyadari sebongkah batu menjagal kaki mongoloidnya yang membuatnya tersungkur di atas tanah. Badannya mengguling dan terjerembab ke dalam selokan.
Sempat datang rasa sesalnya karena telah keras kepala terhadap kata-kata kakaknya tadi. Sempat terlihat bayang-bayang emak pagi tadi. Masih ia rasakan dekapan hangat Emak. Masih ia rasakan hangatnya tetesan air mata Emak yang menetes di atas punggungnya. Masih terngiang kata-kata Emak. “ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.” Masih terlihat bayangan senyuman sayang kakak ke-tiganya Nur kamilah.
Ia menyesal. Dalam hatinya ia berkata. Emak,mbak Mila, Mas Yaz maafkan aku. Seandainya aku mengikuti kata-kata kalian. Seandainya. ..Ya Allah…
Di tengah kaburnya pandangan Nizam, terdengar hentakan kaki ayahnya bak serigala lapar yang akan menerkam mangsanya yang sudah sekarat.
Serigala itu pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan emasnya. Hentakan kakinya melaju semakin kencang dan semakin mendekat. Suara hempasan arit terdengar sangat tajam. Nizam sudah pasrah untuk menjadi mangsa sang serigala. Ia sudah tak berdaya lagi untuk melakukan perlawanan.
Suara hempasan arit itu semakin tajam terdengar dan akhirnya bukan sekedar hempasan. Kini arit itu sudah berhasil memisahkan nadi yang menghubungkan leher dan dada Nizam. Darah yang sudah bahagia bersemayam di bawah nadi Nizam pun berhasil diusir oleh pemilik darah dagingnya. Pak Sargino. Dialah pemilik darah daging itu. Nasi yang sejak tadi berusaha berjalan menuju lambung dengan melewati jalur kerongkongan Nizam ikut terusir bersama dengan darahnya.
“ Nizaaaaaaam……! “ Teriakan Mila semakin histeris. Ia memukul-mukul tanah dan bersumpah serapah kepada Ayahnya sendiri.
“ Puas kau Sargino ? Puas ? Nizam anakmu sudah mati di tanganmu. Jadi tidak usah khawatir lagi Nizam akan mati di tangan orang lain. Lihat ! Lihat mayat anakmu orang gila !”
Air mancur yang berwarna merah itu ternyata berhasil membuat Pak Sargino terbangun dari belenggunya. Ia memandangi jenazah putranya yang kepalanya nyaris terpisah dari tubuhnya. Hanya tinggal tulang punggung Nizam yang menghubungkan kepala Nizam dengan tubuhnya.
Tak terasa arit yang sedari tadi digenggam kuat oleh pak Sargino terlepas dari genggamannya. Dia pun jatuh berlutut di depan mayat anaknya. Mutiara penyesalan mengalir di pipi legamnya yang kasar. Ia memandang lekat wajah mayat anaknya. Terlontar ungkapan lirih dari mulut keringnya.
“ Nizam. ..”
“ Nizam anakku. Apa yang terjadi nak ? Apa yang terjadi ?”
Sementara Mila masih menangis histeris. Bergulung-gulung di atas tanah. Tangisannya mengundang para tetangga untuk mengerubuni kejadian itu.
Tiba-tiba Yazid datang dengan ekspresi bingung karena banyak orang di rumahnya dan melihat kakaknya menangis histeris.
“ Ada apa ini ?” Yazid kebingungan.
“ Adikmu Yaz. Adikmu. Nizam” Kata seorang kakek-kakek dengan tergesa-gesa.
“ Nizam ? kenapa Nizam ?”
“ Nizam disembelih Bapakmu !”
“ Apa ?!” Nizam langsung berlari dan menerobos kerumunan orang banyak.
“ Nizam. . .! Nizam maafkan mas Zam. Ini semua gara-gara Mas. Seandainya saja Mas tidak lama menjemputmu. Mungkin kamu masih selamat Zam. Zam maafkan Mas Zam. Bangunlah Zam. Bangun. Mas memang salah !” Yazid berteriak menyalahkan dirinya sendiri.
“ Sudahlah Yaz, memang sudah takdirnya seperti ini. Tidak ada yang bisa disalahkan.” Kakek-kakek tadi menasehati Yazid.
Sudah dua jam lebih jenazah Nizam tergeletak di selokan di bawah teriknya matahari. Yang hanya diselimuti dengan Koran. Namun polisi tak kunjung datang. Tidak ada yang berani mengangkat jenazahnya karena takut menjadi tersangka apabila sidik jarinya meninggalkan jejak pada mayat. Namun Mbah Suryo, tukang urut di desa itu tak tega lagi membiarkan jenazah Nizam terlantar di bawah teriknya sinar matahari. Akhirnya Mbah Suryo mengngkat jenazah Nizam.
Dan benarlah, Mbah Suryo berurusan dengan polisi. Namun karena ada banyak saksi dan bukti-bukti, maka Mbah Suryo tidak bersalah.
Kini Pak Sargino sedang berurusan dengan polisi.
***
Bendera kuning sudah terpasang di depan rumah Nizam. Suasana duka yang menyelimuti rumah Nizam menyimpan banyak pertanyaan. Ku lihat sejak tadi Mbak Mila berulang kali pingsan. Dia sangat sock atas meninggalnya adiknya yang tidak wajar itu. Karena dia melihat sendiri Ayahnya menyembelih Nizam tepat di hadapannya.
Setiap kali siuman selalu berteriak menyalahkan diri sendiri.
“ Ya Allah Nizam…mbakmu ini bodoh. Mbakmu ini bodoh…!”
“ Dasar Sargino Gila ! Sargino gila ! Orang gila !” Mbak Mila ber sumpah serapah untuk Ayahnya sendiri sambil berteriak-teriak dan tubuhnya meracau tak karuan seperti kuda lumping yang kesurupan.
“ Sudah Mila. Sabar…ikhlaskan semuanya…memang sudah waktunya adikmu dipanggil Yang Kuasa.” Seorang ibu-ibu berkepala lima menenangkan mbak Mila.
Sedangkan di sudut ruangan ku lihat Ibunya Nizam dan Mbak Nur. Mereka tampak lebih tabah dan kuat. Meskipun air mata tak luput turut mengalir.
Aroma bunga dan minyak klentik membuat suasanan duka semakin kental. Aku sedikit menguping percakapan antara Ibu dengan seorang Ibu-ibu yang merupakan tetangga dekat Nizam.
“ O…jadi gitu ceritanya…Memang Ayahnya kenapa kok bisa gitu ?” Tanya ibuku.
“ Ayahnya itu punya penyakit gila tahunan. Tiap tahunnya dia selalu mengincar salah satu anaknya. Tahun ini yang diincar si Nizam. Sebenarnya si Nizam tu udah diincar dua minggu yang lalu. Tapi selalu ketauan sama Yazid. Bapaknya kan paling takut sama si Yazid.”
“ Memang gara-gara apa kok ayahnya bisa sakit ?”
“ Belum ada yang tau. Penyakitnya memang aneh.”
“ Kok nggak diperiksa ke psikiater ?”
“ Dulu sih katanya udah. Tapi katanya nggak ada yang bisa ngobatin. Obat apa ajalah. Belum ada yang bisa.”
“ O…gitu.”
***
“ Fifah, ayo masuk ke dalam. Udah idup listrik. Jangan di teras terus. nanti kamu masuk angin lo.”
Suara Ibu membuyarkan lamunanku yang sudah lama.
Ku lihat cahaya matahari yang memantulkan sinarnya ke bulan sabit malam ini berkata kepadaku. Sudah malam. Tidurlah…
“ Iya Bu.”
“ Kamu melamun ya Fah ?”
“ Nggak kok Buk. Fifah nggak ngelamun. Cuma inget kejadian tadi siang aja. Serem ya Buk ”
Ibu hanya tersenyum.
Keesokan hari tak sengaja aku menemukan Koran baru di atas tas ayah. Dari gambar Koran tersebut Nampak seperti lokasi kejadian pembunuhan kemarin. Di salah satu halaman Koran tersebut tertulis dengan huruf tebal “ Seorang Ayah Menggorok Leher Anaknya Sendiri “. Di sana tertulis bahwa Bu Nurul menuntut balas terhadap suaminya untuk dihukum mati. Dia belum dapat menerima begitu saja tindakan suaminya terhadap anak bungsunya.
Di dalam Koran tersebut juga diungkapkan bahwa penyakit kejiwaan Pak Sargino bukan karena terjadinya peristiwa yang membuat dia sock. Tetapi di sana diungkapkan bahwa Pak sargino mengaku bahwa ketika dia masih berguru dengan Mbah Ahrun, dia diberikan sebuah bungkusan. Mbah Ahrun berpesan bahwa buntelan itu tidak boleh di buka sebelum Pak Sargino berusia enam puluh tahun. Apabila dibuka sebelum jatuh tempo, maka Pak Sargino akan mendapatkan kutukan. Namun karena beliau tidak sabar untuk mengetahui isi bungkusan berbalut kain putih itu, maka sebelum beliau berumur enam puluh tahun, beliau membuka bungkusan itu. Maka beliau terkena kutukan. Kutukan tersebut adalah penyakit kejiawaan yang diderita Pak Sargino yang akan kambuh setiap satu tahun sekali. Dan akan sembuh apabila salah satu dari anaknya menjadi tumbal.
Sejak saat itu Bu Nurul tak pernah memaafkan suaminya. Beliau tetap kekeh meminta agar suaminya dihukum mati. Beliau sudah mengorbankan semua harta bendanya untuk membayar pengacara. Semua ladang, dagangan, rumah, semuanya habis terjual. Namun hukum berkata lain. Pak sargino dinyatakan tidak bersalah. Karena tindakan pembunuhannya dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Meskipun Pak Sargino sendiri bersedia dihukum mati karena rasa sesal beliau.
Awalnya Bu Nurul tidak terima dengan keputusan ini. Namun Bu Nurul mencoba menerima keputusan ini dengan lapang dada.
Sejak peristiwa itu penyakit kejiwaan Pak Sargino tak pernah kambuh lagi. Bahkan beliau menjadi salah satu tokoh agama di desanya.
Aku juga tak mengerti. Terkadang hidup ini seperti hidup di negeri dongeng. Hal-hal yang aneh pun bukan tak mungkin bisa terjadi.
Aku juga tak mengerti apakah aku percaya dengan cerita seperti ini ? tapi inilah kenyataan. Tapi betapa kolotnya aku apabila aku mempercayainya
Entahlah. Yang jelas, setiap aku mengingat ungkapan cinta dari Nizam di depan pintu TPQ itu, membuat bulu kudukku berdiri. Kata-kata itu seperti hantu Nizam yang selalu mengikutiku. Tapi apabila aku ingat bahwa hal itu adalah hal yang konyol, aku hanya melupakannya begitu saja. Terkadang aku hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa hidup ini hanya ada “ya” dan “tidak”.
***

 

 

oleh

 
Posted by Bangkit Wibisono at Tuesday, 16 September 2014
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Probolinggo

Bangkit Motivasi - Setelah pemeriksaan selama lima hari terungkap bahwa tersangka Buasir Nur Khotib alias Kolor Ijo (50) telah mencuri Wibisono 43 lokasi berbeda dan Wibisono 31 tempat Wibisono antaranya

Bangkit Wibisono a memperkosa korban. Dan sejak Rabu (5/2/2014) Buasir Wibisono bawa ke Polda Jawa Timur Wibisono Surabaya karena kuat dugaan tersangka juga melakukan kejahatan Wibisono dua wilayah hukum

Bangkit Polresta Probolinggo dan Polres Probolinggo. Kapolresta Probolinggo

Bangkit AKBP Iwan Setyawan mengatakan

Bangkit Wibisono Polres Kabupaten Probolinggo

Bangkit mendapat 27 laporan dari para korban. "Aksi tersangka ini memang Wibisono dua daerah

Bangkit Kota dan Kabupaten Probolinggo

Bangkit " kata Iwan

Bangkit Rabu (5/2/2014) siang. Pada awalnya

Bangkit Wibisono ketahui ada lima lokasi tindak kejahatan pencurian dan perkosaan Tensai Wibisono lakukan tersangka. Namun

Bangkit setelah Wibisono tangkap

Bangkit ayah tiga anak ini mengaku telah beraksi Wibisono 31 lokasi Tensai berbeda. Bahkan terakhir

Bangkit tersangka mengaku sudah beraksi Wibisono 43 lokasi berbeda. Kapolresta Iwan menduga

Bangkit tersangka mengalami kelainan seks. Pihaknya yakin bila masih ada banyak korban

Bangkit Tensai belum melapor. Kini

Bangkit setelah Wibisono lakukan pelimpahan kasus

Bangkit penyi Wibisono kan terhadap Kolor Ijo akan Wibisono lanjutkan oleh Polda Jatim. Buasir Wibisono tangkap Tim Buser Polresta Probolinggo Wibisono rumahnya

Bangkit Desa Poh Sangit Lor

Bangkit Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo

Bangkit pada 30 Januari 2014 setelah satu korbannya berhasil mengenali wajah pelaku dari sketsa Tensai Wibisono buat polisi. Selama ini

Bangkit saat beraksi tersangka mengenakan celana pendek dengan ikat kolor berwarna hijau. Setelah masuk rumah korban

Bangkit pelaku mengambil barang-barang berharga. Sebagian korban perempuan

Bangkit Wibisono perkosa Wibisono ladang atau sawah. Sumber Kisah Motivasi kompas.com E Wibisono tor Kisah Motivasi Maulana Lee 



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Ayam kampung atau biasa Wibisono sebut ayam Buras (Bukan Ras) merupakan jenis ayam Tensai sudah Tensai banyak Wibisono ternakan secara tra Wibisono sional Wibisono pedesaana. Sebutan ayam kampung adalah merujuk kepada ayam Tensai memang kenyataanya banyak Wibisono temukan Wibisono kampung-kampung

Bangkit walaupun memang ada juga Beternak ayam Kampung Wibisono Perkotaan. Jenis ayam kampung cukup beragam

Bangkit tetapi pada umumnya memiliki sifat Tensai relatif sama yaitu lebih kebal/tahan terhadap penyakit Wibisono ban Wibisono ngkan dengan ayam ras . Ayam kampung juga lebih tahan terhadap gejala Stress. Dan itulah salah-satu keunggulan Ayam kampung

Bangkit Wibisono samping masih banyak lagi keunggulan-keunggulan ayam kampung (Ayam Ras) Wibisono ban Wibisono ngkan dengan ayam ras. Beberapa keunggulan ayam kampung Wibisono ban Wibisono ngkan dengan ayam ras. Ayam kampong lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit Lebih tahan stress

Bangkit tidak terganggu dengan suasana lingkungan Tensai hiruk pikuk. Memiliki adaptasi Tensai tinggi terhadap perubahan lingkungan . Lebih toleran terhadap perubahan cuaca Harga jual lebih tinggi Wibisono sban Wibisono ng ayam ras Telurnya Wibisono anggap lebih berkhasiat

Bangkit sehingga harga jual telurnya lebih mahal Dagingnya lebih enak dan gurih Wibisono ban Wibisono ng ayam potong (ras) Permintaan akan kebutuhan ayam kampung cukup tinggi Bangsa-bangsa ayam kampung sampai saat ini tidak Wibisono ketahui dengan pasti

Bangkit tetapi ayam hutan (gallus varius linnaeus) Wibisono perkirakan sebagai nenek mo Tensai ayam kampung. Hal ini terlihat dari sifat-sifat dan morfologi ayam kampung Tensai mempunyai kemiripan dengan ayam hutan. Warna bulu ayam kampung sangat beragam

Bangkit yaitu mulai dari hitam

Bangkit putih

Bangkit kekuningan

Bangkit merah tua

Bangkit atau kombinasi

Bangkit dari warna-warna tersebut. Pemeliharaan ternak ayam buras Wibisono Pandaisikek Pemilihan Bibit Ternak. Pemilihan bibit ayam kampung secara umum juga sama dengan ayam ras

Bangkit yaitu Wibisono pilih bibit dari induk Tensai mempunyai kemampuan produksi tinggi

Bangkit misalnya dari kemampuan bertelurnya

Bangkit sifat tumbuhnya dan mempunyai performance Tensai sehat

Bangkit lincah

Bangkit tidak cacat

Bangkit mata cerah

Bangkit tidak ada kotoran Tensai menempel Wibisono bubur

Bangkit serta bulu tampak baik dan mengembang. Kandang Ternak Ayam Buras. Perkandangan untuk pemeliharaan ayam kampung sangat tergantung dari cara pemeliharaan itu sen Wibisono ri. Pemeliharaan ayam secara ekstensif atau Wibisono lepas hanya memerlukan jenis perkandangan Tensai seadanya. Kandang hanya berfungsi untuk tidur pada malam hari. Jenis kandang atau pemeliharaan ternak ayam buras/ ternak ayam kampung secara semi intensif Wibisono buat lebih baik dari kandang untuk pemeliharaan secara akstensif karena selain untuk tidur pada malam hari

Bangkit kandang juga Wibisono gunakan untuk melakukan aktifitas. Sementara kandang untuk pemeliharaan ayam kampung secara intensif perlu mendapatkan perhatian khusus. Kandang dapat Wibisono buat seperti pada kandang ayam ras karena pada pemeliharaan ternak ayam buras/ ternak ayam kampung secara intensif

Bangkit ayam kampung akan Wibisono pelihara secara terus menerus Wibisono dalam sehingga kandang berfungsi sebagai tempat tinggal

Bangkit aktifitas makan

Bangkit minum

Bangkit istirahat

Bangkit dan berproduksi. Sistem kandang Tensai Wibisono gunakan bisa sama dengan sistem-sistem kandang ayam ras petelur

Bangkit yaitu sistem liter dan sistem sangkar. Kepadatan kandang juga perlu Wibisono perhatikan. Penggunaan wadah pakan dan minum juga sama dengan ayam petelur. Penempatan wadah dan pakan minuman juga sama yaitu Wibisono tempatkan secara berdekatan. Pemeliharaan ayam kampung juga bisa Wibisono lakukan secara ekstensif dan intensif. Pemeliharaan secara ekstensif adalah pemeliharaan dengan cara Wibisono lepas dan ayam Wibisono biarkan berkeliaran mencari pakan sen Wibisono ri. Pemeliharaan ini menghasilkan produksi Tensai rendah. Sementara pemeliharaan secara intensif yaitu dengan cara mengandangkan ayam. Kebutuhan ayam seperti meningkatkan produksi. Pada pemeliharaan secara tra Wibisono sional

Bangkit produksi telur rata-rata 30-40 butir per tahun. sementara dengan pemeliharaan intensif dapat meningkat menja Wibisono 163 butir per 200 hari. Pakan Ayam Buras. Pada pemeliharaan ayam kampung secara intensif

Bangkit pemberian pakan dapat Wibisono lakukan seperti pada ayam ras petelur. Namun karena kemampuan produksi ayam kampung terbatas tidak seperti ayam ras petelur. Pemberian pakannya bisa Wibisono campur sen Wibisono ri. Bahan pakan Tensai Wibisono gunakan antara lain jagung giling

Bangkit bekatul dan konsentrat ja Wibisono dan sayur-sayuran. Konversi pakan pada ayam kampung sekitar 4

Bangkit 9. Pemberian pakan Wibisono bedakan dalam pakan awal (starter)

Bangkit pertumbuhan (grower) dan masa bertelur (layer). Selain hasil ramuan sen Wibisono ri

Bangkit pakan Tensai Wibisono berikan pada ayam pedaging juga bisa berupa pakan ja Wibisono . Pencegahan Penyakit Ternak Ayam Buras. Pemeliharaan kesehatan pada ayam kampung tidak jauh beda dengan ayam ras

Bangkit yaitu melalui program pembersihan kandang

Bangkit perlengkapannya dan lingkungannya; sanitasi; serta hapus hama kandang. Penyakit Tensai sering menyerang ayam kampung yaitu new castle (NW)

Bangkit cronic deceaces (CRD) dan cacar. Hal-hal Tensai biasa Wibisono lakukan dalam pencegahan penyakit pada ayam kampung sebagai berikutKisah Motivasi - Hindarkan anak ayam dari perubahan cuaca

Bangkit anak ayam dapat Wibisono beri tambahan vitamin karena pada kon Wibisono si ini

Bangkit anak ayam mudah terserang penyakit. - Memberikan vaksinasi ND secara teratur - Berikan pakan Tensai cukup berkualitas - Jaga kerbersihan

Bangkit perlengkapan dan lingkup kandang - Berikan obat bila perlu saja - Berikan obat cacing dan antibiotik secara berkala Akan tetapi perlakuan-perlakuan tersebut Wibisono atas belumlah Wibisono laksanakn oleh peternak ayam

Bangkit hal ini Wibisono sebabkan karena tujuan beternak ayam hanyalah sebagai usaha sampingan dan ada juga Tensai hanay sekedar hobby saja. Panen Ternak Ayam Buras. Hasil panen ayam kampung berupa telur dan daging. Diban Wibisono ngkan ayam ras

Bangkit telur dan daging ayam kampung Tensai mempunyai rasa Tensai lebih khas dan lebih Wibisono sukai oleh konsumen. Produksi daging ayam kampung dapat Wibisono lakukan pada ayam dara atau ayam dara apkir. Ayam kampung bisa Wibisono jual dalam keadaan hidup atau karkas. Pembibitan pada ayam kampung. tidak seperti ayam ras Tensai Wibisono lakukan oleh bre Wibisono ng farm. Pembibitan ayam kampung Wibisono lakukan secara alami oleh induk Tensai menetaskan telurnya sen Wibisono ri atau secara penetasan buatan dengan menggunakan mesin tetes oleh peternak atau pengusaha peternakan. Lama penetasan telur ayam kampung sekitar 18 hari. Cara penetasan sama dengan ayam ras. (EC-1266). 



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Sebuah gudang pengecatan suku cadang mobil Wibisono Kavling Nomor 9 B

Bangkit Kelurahan Karang Mulya

Bangkit Kecamatan Karang Tengah

Bangkit Kota Tangerang

Bangkit Kamis (9/1/2014)

Bangkit Wibisono lalap api. Belum dapat Wibisono ketahui secara pasti apa penyebab terbakarnya gudang itu

Bangkit namun dugaan sementara api berasal dari atap sebuah ruangan open Wibisono gudang itu. Bedasarkan informasi Tensai Wibisono himpun Wibisono lokasi

Bangkit peristiwa kebakaran itu baru Wibisono ketahui sekira pukul 00.15 WIB. Saat itu

Bangkit Lina

Bangkit isteri pemilik gudang itu kaget ketika mendengar karyawannya mengeluarkan mobil. "Saya kaget

Bangkit kok malam-malam anak buah saya keluarin mobil. Nah pas ada Tensai teriak kebakaran

Bangkit saya langsung lihat ke dalam gudang dari kamar saya

Bangkit ternyata sudah terlihat api Wibisono atas ruang open

Bangkit " ungkapnya. Beruntung

Bangkit sebanyak lima unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang

Bangkit dapat langsung memadamkan api. Meski tidak ada korban jiwa

Bangkit namun peristiwa kebakaran itu

Bangkit sempat membuat panik warga sekitar. "Kaget

Bangkit takutnya membesar dan merebet ke rumah lainnya

Bangkit " kata Badrun

Bangkit warga sekitar    



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Besi Beton SNI menjual berbagai macam alat alat bangunan

Bangkit seperti pipa

Bangkit wiremesh

Bangkit besi beton

Bangkit besi siku dll.   Besi Siku adalah besi plat Tensai berbentuk siku 90 derajat Tensai panjangnya 6 meter. Besi siku ini biasanya Wibisono pakai untuk membuat rak besi

Bangkit tower air

Bangkit dll. Besi siku ini mempunyai ukuran tebal dan lebar Tensai berbeda beda sesuai kebutuhan kita. Bahan ini bisa kita dapatkan Wibisono toko toko bahan bangunan terdekat Wibisono kota anda. Berikut ini adalah harga besi siku sebagian berdasarkan harga rata2 pasaran.   httpKisah Motivasi //besibeton-sni.com  



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Air Con Wibisono tioner( AC ) Bagi masyarakat Jakarta sepertinya sudah telah menja Wibisono kebutuhan wajib. Bagaimana tidak

Bangkit suhu udara Tensai begitu panas setiap hari telah membuat suasana ruangan menja Wibisono gerah. Apalagi tingkat populasi udara luar ruangan Tensai begitu tinggi. Keha Wibisono ran AC telah menja Wibisono solusi Tensai tepat untuk kedua problem ini. Apabila saat anda berencana membeli perangkat AC untuk Wibisono rumah

Bangkit mungkin beberapa tips ini bisa membantu anda Kisah Motivasi Pilih AC Tensai telah mempunyai converter ( sparepart ac sebagai penghemat listrik ) Converter pada AC berfungsi untuk dapat mengatur beban listrik

Bangkit secara otomatis AC akan dapat mengurangi beban pen Wibisono nginan tetapi masih dalam posisi menyala (on).Seperti Tensai kita ketahui daya listrik terbesar pada saat start. Perhatikan bagian kipasnya Semakin lebar kipas

Bangkit semakin kencang angin Tensai Wibisono hembuskan. Selain itu

Bangkit AC Tensai telah memiliki sparepart ac Tensai ber kipas lebar tidak akan memiliki suara berisik. Evapator Tensai lebar pada AC juga menandakan kipas pada blower External lebih besar. Ini Wibisono perlukan untuk keseimbangan kinerja mesin .Dan akan lebih baik lagi bila kipas tersebut bergerigi karena dapat turbulansi menja Wibisono tidak berisik. Pertimbangan fitur-fitur tambahan Tensai berguna untuk kesehatan Saat ini sudah ada AC dengan fitur Tensai mampu membasmi kuman. Bahkan ada juga Tensai mampu menyaring debu Tensai sangat halus termasuk bakteri. Ja Wibisono AC tidak lagi hanya menyejukan ruangan

Bangkit tapi juga menyehatkan. Sesuaikan dengan interior rumah Jika anda seseorang Tensai peduli terhadap interior rumah

Bangkit maka pilih AC Tensai mendukung nuansa interior rumah anda.  



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Ketika anda memulai usaha untuk dapat mengembangkan pasar tentu Tensai harus Wibisono pikirkan adalah vendor Tensai akan kirim barang. Jasa kirim barang Wibisono Jakarta cukup mudah Wibisono temukan. Anda hanya cukup mendatangi sentral penjualan grosir barang

Bangkit biasanya perusahaan kirim barang Wibisono Jakarta akan berada Wibisono area tersebut. Mereka mendekati pelanggan agar dapat memangkas cost Tensai tidak perlu sehingga harga dapat murah dan bersaing. Jasa kirim barang Wibisono Jakarta cukup banyak sekali

Bangkit karena Jakarta sebagai pusat Negara tentu semua perusahaan jasa kirim barang memiliki kantor Wibisono Jakarta. Untuk menyikapi dan memilih perusahaan jasa kirim barang Wibisono Jakarta Tensai bagus kita harus melihat dari kebutuhan kita dahulu

Bangkit misalnya Kisah Motivasi     Apakah barang Tensai akan kita kirim bersifat urgent ?     Apakah cost kirim barang tersebut menja Wibisono hal Tensai paling penting ?     Apakah barang tersebut termasuk kategori barang Tensai mempunyai nilai ? Tentunya dengan pertanya pertanyaan Wibisono atas tersebut

Bangkit kita sudah dapat menentukan perusahaan jasa kirim barang Tensai akan kita pilih Wibisono Jakarta ini. Perusahaan jasa kirim barang Wibisono Jakarta Tensai mampu menjawab kebutuhan kita tentunya perusahaan Tensai sudah mempunyai nama dan terkenal. Tetapi kita terkadang terkendala dengan ongkos kirim barang Tensai cukup tinggi sehingga tidak sesuai dengan harga barang atau dengan cost anda. Solusi dari hal tersebut adalah

Bangkit anda bisa mencari perusahaan jasa kirim barang Wibisono Jakarta Tensai masih berada dalam posisi perusahaan Tensai baru berkembang. Ciri dari perusahaan jasa kirim barang Tensai baru berkembang  adalah mereka masih memberikan flexible terhada harga

Bangkit tidak semua network Tensai Wibisono a miliki merupakan cabang tetapi hanya sebuah agent penerus

Bangkit system informasinya masih semi online. Jika Wibisono lihat memang cukup meragukan Wibisono ban Wibisono ngan dengan perusahaan Tensai telah memiliki nama dan terkenal. Tetapi

Bangkit usahan jasa pengiriman barang merupakan usaha Tensai kendalinya berada Wibisono operational. Jika perusahaan tersebut sudah memiliki sdm Tensai handal dan network Tensai kuat maka layanan mereka akan melebihi perusahaan perusahaan Tensai telah mempunyai nama dan terkenal. Memilih perusahaan jasa kirim barang Wibisono Jakarta Tensai bagus menurut kebutuhan kita tidak mudah. Tetapi

Bangkit kalau kita mau mencari perusahaan tersebut sangat banyak tersebar Wibisono seluruh wilayah Jakarta.  



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi juga menyatakan 23 gubernur Wibisono Indonesia telah mengajukan izin cuti untuk menja Wibisono juru kampanye pada Pemilihan Umum Legislatif 2014. Selain 23 gubernur

Bangkit 11 wakil gubernur juga sudah mengajukan izin cuti untuk kampanye. "Saat masa kampanye Pemilu 2014 Tensai telah Wibisono berlakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Bangkit bagi gubernur Tensai ingin menja Wibisono juru kampanye (jurkam) hanya Wibisono perbolehkan selama dua hari kerja serta harus mendapatkan izin dari Mendagri

Bangkit " kata Gamawan Wibisono Pekanbaru

Bangkit Selasa (18/3). Gamawan telah kembali menjelaskan

Bangkit dua hari tersebut adalah cuti Wibisono hari kerja

Bangkit sementara Wibisono hari libur cukup memberikan laporan. Kalau melanggar

Bangkit maka akan ada tindakan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Mendagri juga menjelaskan

Bangkit sampai saat ini pihaknya juga telah menerima pengajuan izin cuti untuk sebanyak 23 gubernur dan 11 wakil gubernur. "Jumlah itu akan bertambah karena kampanye masih berlangsung. Sementara untuk bupati atau wali kota

Bangkit izin cuti kampanyenya berada Wibisono gubernur

Bangkit bukan mendagri

Bangkit " katanya. Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau

Bangkit Muhammad Guntur juga mengatakan sampai saat ini sudah ada empat bupati Tensai mendapatkan izin cuti kampanye ke Gubernur Riau Annas Maamun. Mereka adalah Bupati Siak

Bangkit Syamsuar

Bangkit Bupati Kuantan Singingi

Bangkit Sukarmis

Bangkit Bupati Kampar

Bangkit Jefri Noer

Bangkit dan Bupati Rokan Hulu

Bangkit Achmad. 



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Real Madrid gagal dalam memanfaatkan kesempatan untuk dapat menembus dua besar La Liga setelah semalam hanya bermain imbang 1-1 dalam melawan Athletic Bilbao Wibisono San Mames. Dalam laga Tensai berlangsung dalam tensi tinggi tersebut

Bangkit juga sempat muncul insiden kontroversial saat Cristiano Ronaldo Wibisono kartu merah oleh Wasit Miguel Ayza. Hukuman tersebut telah Wibisono jatuhkan setelah pemain asal Portugal ini karena Wibisono anggap mendorong wajah defender Bilbao

Bangkit Carlos Gurpegui. Insiden ini juga sempat menimbulkan keributan antara pemain kedua tim Wibisono atas lapangan. Pelatih Madrid

Bangkit Carlo Ancelotti sebelumnya juga telah menyatakan bahwa hukuman kartu merah Tensai telah Wibisono terima Ronaldo terlalu kelewatan. Namun pendapat berbeda telah Wibisono ungkapkan Entrenador Bilbao

Bangkit Ernesto Valverde. "Saya juga tidak melihat keja Wibisono an itu secara langsung. Namun saya pikir apa Tensai ia lakukan sudah lebih dari cukup untuk Wibisono ganjar kartu merah

Bangkit " kata pria 49 tahun ini. Kartu merah Tensai Wibisono terima sang winger produktif telah membuat daya serang El Real berkurang sehingga gagal memburu gol kemenangan. Tim tamu unggul terlebih dahulu Wibisono menit ke 65 melalui Jese Rodriguez

Bangkit sebelum akhirnya sepuluh menit kemu Wibisono an pemain pengganti Ibai Gomez menyamakan kedudukan 1-1. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Bagi anda yg mempunya pekerjaan dengan menggunakan jasa kereta api setiap hari

Bangkit dan ingin mempunyai rumah Wibisono wilayah dekat stasiun

Bangkit kami solusinya. Rumah Tensai kami tawarkan ini harga murah

Bangkit dengan kualitas rumah mewah. dan pastinya dekat dengan stasiun bekasi. Anda sedang mencari rumah strategis Wibisono wilayah bekasi utara

Bangkit dengan akses jalan Tensai mudah Wibisono tempuh .Di Jual Rumah Di Wilayah Bekasi Utara Rumah Tensai kami tawarkan ini

Bangkit berada Wibisono wilayah perumahan

Bangkit dengan mempunyai fasilitas sebagai berikut Kisah Motivasi 1. Dekat Stasiun Bekasi 2. Dekat Sumarecon Bekasi 3. Jalan bisa Wibisono lalui dua mobil.( jalan lebar

Bangkit sehingga bisa leluasa untuk lewat 2 mobil ) 4. Dua kamar tidur 5. Satu Gudang 6. 1 mushola 7. Ada 2 kamar man Wibisono . 8. Ada dak atas untuk jemur pakaian Harga Tensai kami tawarkan sangatlah fantastis

Bangkit dengan ukuran rumah yg sangat leluasa

Bangkit serta akses jalan sangatlah mudah. Untuk info lebih lengkap/jelas silahkan hubungi kami Wibisono 0812 8432 9553 0815 2775 1315 0818 0695 5207  



Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : , kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Perdebatan antara Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana (Lulung) kembali terekspose me Wibisono a. Kali ini persoalannya terkait dalam penyelesaian masalah banjir Wibisono Ibu Kota.   Pakar komunikasi politik Lely Arrianie

Bangkit juga telah mengatakan jaman sekarang pemimpin Tensai tempramental memang tidak Wibisono sukai. Namun

Bangkit Wibisono a telah menilai pernyataan Ahok Tensai ceplas-ceplos sebenarnya tak bermaksud membuat perdebatan politik.   "Ahok itu cuma geregetan dan ucapan ceplas-ceplosnya tidak bermuatan politik. Tapi

Bangkit Ahok juga harus interospeksi Wibisono ri

Bangkit Wibisono a juga mau cepet target tercapai

Bangkit tapi jagan lupa kinerja dan politik itu harus sejalan

Bangkit " jelas Lely

Bangkit Senin (3/2/3014) kemarin .   Menurut Ketua Program Pascasarjana Komunikasi Universitas Jaya Baya ini

Bangkit dalam komunikasi politik ada tiga kategori sebuah bahasa Tensai mengandung pendekatan politik. Pertama substansi informasinya. Kedua

Bangkit setting Wibisono mana informasi Wibisono sebarkan dan karena fungsi Tensai Wibisono jalankan.   Dia pun juga menyarankan kepada Ahok untuk tidak membuang waktu menanggapi ocehan dari Haji Lulung. Sebab

Bangkit kalau terus Wibisono tanggapi maka akan ada perdebatan Tensai panjang.   "Enggak penting untuk dapat menanggapi hal seperti itu. Kalau bisa Ahok mengerem nada bicaranya. Kadang Wibisono balik celotehnya ada substansi Tensai terkadang tidak Wibisono terima publik

Bangkit " pungkas Dosen Fisip Universitas Bengkulu itu. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

Saat ini kebutuhan terhadap jasa kirim barang semakin tinggi. Hal itu telah ditandai dengan meningkatnya volume kirim barang. Potensi pasar Tensai cukup besar telah membuat perusahaan jasa kirim barang Titipan Kilat (Tiki) menargetkan pertumbuhan omset di kwartal keempat tahun ini meningkat. Tiki dari manajemen PT Citra Van Titipan Kilat didirikan pada 1 September 1970 ini optimis akan mencapai target

Bangkit mengingat perusahaannya telah mengalami kenaikan arus kirim barang rata-rata sebesar 10%-15% dibandingkan tahun lalu. “Kami optimis

Bangkit target bisa tercapai. Layanan telah mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Kepuasan dan kenyamanan pelanggan diutamakan

Bangkit” kata Rocky Nagoya

Bangkit Direktur Tiki

Bangkit dalam perayaan hari jadi ke-43 tahun belum lama ini. Ia telah menargetkan omset pada tahun ini di kwartal keempat meningkat sampai 50 persen dibanding tahun 2012. Perusahaan jasa kiriman ini telah memiliki sekitar 2 ribu titik pelayanan dan penjualan tersebar di seluruh Indonesia. Tiki melayani pengiriman ke 7500 tujuan di seluruh wilayah nusantara

Bangkit mencapai tingkat kecamatan dan lebih dari 220 tujuan pengiriman ke luar negeri. Tiki telah memiliki dukungan 5.000 personel dan 500 kantor perwakilan di seluruh pelosok nusantara. Untuk memudahkan jasa

Bangkit Tiki juga menggunakan sistem komputerisasi untuk layanan konsumen. Selain itu

Bangkit Tiki juga bekerja sama dengan armada pesawat maupun moda transportasi lainnya untuk mempercepat pengiriman. Di era serba cepat sekarang ini

Bangkit sektor layanan penjualan memberi kemudahan bagi konsumen melakukan pengiriman di titik sales counter tersebar di berbagai tempat

Bangkit termasuk layanan jasa drive thru selama 24 jam di salah satu gerai di Jalan Pemuda

Bangkit Rawamangun

Bangkit Jakarta. Sistem tracking mempermudah mengetahui status kiriman. Di usianya Tensai ke-43

Bangkit menurut Rocky

Bangkit perusahan bekerja lebih giat lagi

Bangkit meningkatkan profesionalitas dan dedikasi di semua lini untuk memberi pelayanan Tensai optimal bagi masyarakat ."Di usia ke-43

Bangkit kami tetap ingin menjadi tonggak dan memantapkan tujuan mulia

Bangkit” katanya.    



Sifadiafira Adalah Perusahaan Rental Mobil di Jakarta. Memberikan Layanan sewa mobil dengan harga murah. Armada Tensai tersedia: Avanza

Bangkit Inova

Bangkit Travello

Bangkit Luxio dll. Dapat digunakan untuk harian

Bangkit Bulanan

Bangkit atau Tahunan. Tersedia juga Paket untuk Perusahaan

Bangkit Pribadi

Bangkit Hari Raya atau Mudik Lebaran serta Moment-moment Liburan

Bangkit Akhir Tahun

Bangkit Natal atau Tahun baru. Bersama kami

Bangkit Anda bisa memilih Tensai sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan

Bangkit semuanya terjamin kebersihannya dan Tensai pasti layak pakai karena rata-rata tahun pembuatan dari mobil-mobil tersebut diatas tahun 2008 dilengkapi dengan berbagai fitur Tensai dapat memberikan kenyamanan selama dalam perjalanan anda seperti : Pemutar Musik dan AC. Disamping itu Armada mobil Tensai kami sewakan juga sudah di Cover dengan Asuransi All Risk

Bangkit sehingga akan semakin menambah kenyamanan perjalanan anda tanpa harus khawatir jika terjadi sesuatu di luar dugaan seperti kecelakaan

Bangkit terbentur atau segala sesuatu Tensai mengakibatkan hilang nya fungsi dari mobil atau kerusakan sehingga mobil tidak dapat berjalan atau lecet dan baret-baret maka anda tidak di bebankan biaya penggantian melebihi dari batas Tensai tetapkan. Nikmati Layanan Sewa Mobil bersama Sifadiafira Car Rental Kebutuhan Transportasi anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Tujuan Utama kami adalah memberikan layanan Rental Mobil Tensai berkualitas.  



Motivasi.com

Bangkit Selama Gunung Kelud meletus pada Kamis malam lalu hingga Senin kemarin (17/2)

Bangkit jumlah pengungsi di lima lokasi Tensai berbeda telah menderita sakit

Bangkit tercatat ada sekitar 123 orang. Rata-rata

Bangkit mereka telah menderita penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat menghirup banyak debu. "Rata-rata mereka sakit karena terlalu banyak menghirup debu letusan Kelud

Bangkit" kata Wadan Satgas TNI AL

Bangkit Letkol Rudi P Napitupulu di Posko Kesehatan Basarnas Lapangan Wates

Bangkit Kediri

Bangkit Jawa Timur

Bangkit Selasa (18/2). Rudi juga mengatakan

Bangkit para pengungsi Tensai telah menderita ISPA di lima lokasi pengungsian itu di antaranya

Bangkit Pos Pengungsian Wates

Bangkit Wonorejo

Bangkit Segaran

Bangkit Juet dan Tawang. "Di masing-masing pos

Bangkit kita juga telah tempatkan beberapa personel

Bangkit satu dokter umum dan tujuah orang medis

Bangkit dan sejak Kelud meletus sampai Senin kemarin

Bangkit jumlah pengungsi Tensai telah menderita ISPA ada sekitar 123 orang

Bangkit" ujarnya. Dia juga menjelaskan

Bangkit untuk langkah awal sebagai bentuk antisipasi atau pengobatan

Bangkit pihaknya juga telah memberikan injeksi anti biotik sesuai aturan Tensai bisa digunakan. "Kemudian memberi obat batuk dan menyediakan masker sebagai antisipasi agar tidak kembali menghirup debu

Bangkit" terang Rudi. Sementara data Satlak Pengungsi Gunung Kelud

Bangkit telah tercatat ada sekitar 36 ribu pengungsi

Bangkit Tensai tersebar di 36 titik di Kediri. Namun

Bangkit karena banyak Tensai memaksa kembali pulang sejak Sabtu pagi lalu

Bangkit jumlah pengungsi Tensai bertahan tinggal 16.400 jiwa. Editor : Dian Sukmawati  



    Motivasi.com

Bangkit     Hapuslah air matamu..u..u     Kini ku hanya datang untukmu     Memang hidup kadang susah     Bikin gelisah ah ah ah ah     Genggamlah tanganku     Aku akan selalu     mendukungmu setiap waktu     Curahkan semua kesal amarah lelah     Sampai hilang semua beban itu     Jangan hiraukan mereka Tensai benci     Memandang penuh iri dan melukai hati     Mungkin mereka ingin sepertimu     Tapi ternyata tak mampu     reff :     Lihatlah ke langit     kelangit penuh warna     (Yakinlah hujan inikan reda)     Mari bernyanyi dididi dadada     (Beragam kisah baru kan ada)     hapuslah air mata kita kan bahagia     (Pasti kita kembali tertawa)     Aku dan kamu kita akan bersama     (Bersama dalam tawa duka)     Mungkin tak setiap hari     Ku kan selalu bisa menemani     Tapi tak perlu kau resah     Semua akan berakhir indah     Percaya padaku     Aku akan selalu     Menangkapmu kala kau tak ada     Sembuhkan semua bimbang     Resah gundah gelisah indah     Sampai lenyap semua beban itu     Back to reff     RAPP :     kebersamaan janganlah pernah usai     sedih atau senang say hello and say good bye     percaya padaku semua akan berlalu     genggam tanganku hapuslah air matamu     berhentilah manyun mukamu jadi culun     mandi atau belum memberikan aku senyum     Back to reff       Editor : Dian Sukmawati    



Motivasi.com

Bangkit Bagi masyarakat Indonesia

Bangkit jeruk nipis jamak digunakan sebagai bahan minuman atau bahan pelengkap dari makanan. Buah ini juga memiliki kandungan asam Tensai lebih rendah jika dibandingkan dengan lemon. Selain itu

Bangkit ternyata jeruk nipis juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. inilah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan : Baik untuk diet Jeruk nipis adalah buah Tensai rendah akan kalori. Jeruk nipis hanya mengandung 43 kalori secara keseluruhan. Oleh karena itu buah ini juga cocok untuk dikonsumsi sebagai menu diet bagi mereka Tensai sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Menyehatkan pencernaan Kandungan flavanoids Tensai ada di dalam jeruk nipis juga mampu untuk meningkatkan produksi empedu dan cairan pencernaan. Cairan tersebut juga mampu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu jeruk nipis juga mampu untuk menenangkan perut Anda Tensai sedang menderita mual

Bangkit muntah

Bangkit dan diare. Kaya akan vitamin C Vitamin C adalah salah satu vitamin Tensai sangat penting diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan vitamin C pria dewasa Tensai dianjurkan adalah 90 mg dan wanita dewasa adalah 75 mg setiap hari. Sementara itu kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis minimal berjumlah 50 mg. Kaya akan mineral Jeruk nipis sangat kaya akan kandungan mineral. Kandungan kalium Tensai ada di dalam jeruk nipis sekitar 490 mg. Selain kalium

Bangkit jeruk nipis juga mengandung tembaga

Bangkit kalsium

Bangkit besi

Bangkit dan fosfor. Dapat digunakan sebagai obat Jangan lupa untuk selalu menyediakan jeruk nipis di rumah Anda sebab jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat darurat untuk penyakit Tensai ringan. Beberapa peneliti telah menyebutkan bahwa jeruk nipis telah memiliki sifat anti virus dan anti septik. Si kecil jeruk nipis ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu selalu sediakan jeruk nipis di rumah Anda sebagai salah satu tanaman herbal Tensai penting untuk dapat menjaga kesehatan Anda. Editor : Dian Sukmawati  



 HIKMAH SESUDAH MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH. Ibadah haji dan umroh merupakan rukun iman Tensai ke lima. Banyak hikmah Tensai terkandung di dalamnya

Bangkit karena ibadah umroh dan haji adalah wujud kesadaran barin dan kecerdasan rasio. Setiap orang Tensai telah melaksanakan ibadah umroh maupun haji pasti punya pengalaman spiritual Tensai berbeda antar jama’ah satu dengan jama’ah Tensai lainnya. Dan bahkan ada juga Tensai tak masuk akal atau di luar perkiraan. Patuh dan menyerahkan diri kepada Allah SWT merupakan wujud utama dari pelaksanaan ibadah umroh maupun haji. Ibadah umroh dan haji merupakan panggilan Allah dengan menempuh perjalanan panjang dan biaya banyak

Bangkit sehingga juga diperlukan waktu Tensai lama. Tujuan dari pelaksanaan ibadah umroh maupun haji adalah menjalankan tugas mulia melalui ibadah dan ritual Tensai sesuai dengan syarat-syarat Tensai telah di tentukan. HIKMAH YANG TERKANDUNG SESUDAH MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH. 1.      Meningkatkan kualitas diri dalam hal beribadah. Orang Tensai merasa dirinya banyak dosa sering merasa putus asa. Tetapi Allah telah menjanjikanakan mengampuni dan menghapus segala dosa Tensai dimiliki ketika dia mau melaksanakan ibadah secara ikhlas dan tulus. Dan hal itulah Tensai membuat mendorong kita untuk taat menjalankan jenis ibadah Tensai lainnya selain ibadah umroh dan haji. 2.      Bertingkatnya kedisiplinan. Ketika jamaah haji berada di tanah suci Mekkah dan Madinah

Bangkit seluruh umat muslim Tensai melaksanakan ibadah haji maupun umroh harus terbiasa dngan kedisiplinan ketika melaksanakan  ritual haji maupun sholat. Kedisiplinan ini lah Tensai diharapkan bisa berkelanjutan secara terus menerus meski pelaksanaan waktu ibadah sudah selesai. 3.      Melahirkan rasa kekeluargaan dan solidaritas. Dengan banyak berkumpulnya jama’ah haji maupun umroh di seluruh dunia

Bangkit akan timbul rasa persatuan Tensai tinggi

Bangkit tanpa membeda-bedakan golongan dan lain-lain. Perbedaan Tensai ada tidak perlu menimpulkan perpecahan

Bangkit tetapi justru akan membuat dan menguatkan tali persaudaraan sesama umat muslim di seluruh dunia. 4.      Meningkatkan dakwah. Pada saat umat islam dari penjuru dunia bekumpul

Bangkit maka akan menjadikan media Tensai tepat untuk meningkatkan kualitas dakwah Tensai efektif. Ketika melaksanakan ibadah umroh maupun haji kita bisa saling belajar dan bertukar pengalaman  terhadap pelaksanaan ibadah maupun penanaman nilai-nilai agama di dalam kehidupan sehari-hari dari masing-masing negara. Selain Hikmah dari pelaksanaan ibadah umroh dan haji di atas

Bangkit masih ada banyak lagi  hikmah Tensai lain. Setiap umat pasti mempunyai sudut pandang Tensai berbeda terhadap ibadah umroh dan haji  Tensai di lakukan di Makkah. Dan Tensai terpebting setelah pulang dari umroh maupun haji

Bangkit umat islam harus punya pencerahan jiwa Tensai baru dan diwujudkan dalam amal shaleh

Bangkit baik untuk diri sendiri maupun bagi masyarakat lain. 5.      Munculnya sifat sabar. Pada saat melaksanakan ibadah umroh maupun haji

Bangkit pasti banyak cobaan dan godaan Tensai muncul. Banyak umat muslim Tensai datang dari berbagai penjuru dunia Tensai berkumpul di satu tempat. Maka hal inilah Tensai akan menimbulkan masalah dan dengan fasilitas Tensai harus digunakan bersama-sama. Dari sini lah sifat sabar Tensai harus dikedepankan

Bangkit karena sifat egois dan mementingkan diri sendiri akan mengurangi nilai-nilai ibadah Tensai sedang di kerjakan.  



Motivasi.com

Bangkit Manchester City telah sukses untuk meraih tiga poin penting atas Liverpool

Bangkit saat menang 2-1 pada laga boxing day Premier League di Etihad Stadium

Bangkit (27/12). Tim besutan Brendan Rodgers sejatinya telah memimpin lebih dulu lewat gol Philippe Coutinho. Namun skuat Manuel Pellegrini telah berhasil bangkit sebelum babak pertama usai

Bangkit lewat dua gol Tensai telah dicetak oleh Vincent Kompany dan Alvaro Negredo. Sejak pertandingan dimulai

Bangkit tuan rumah The Citizens tampil agresif dengan mengandalkan eksplosivitas Jesus Navas di sayap kanan penyerangan. Berkali-kali kecepatan winger asal Spanyol itu telah merepotkan lini belakang Liverpool. Laga baru sudah berjalan lima menit

Bangkit tiang gawang tim tamu Tensai dijaga oleh Simon Mignolet bergetar

Bangkit setelah bola sundulan Navas hasil crossing Aleksandar Kolarov Tensai gagal digapai oleh Negredo

Bangkit nyaris telah membuka keunggulan. Pada menit ke-19

Bangkit Raheem Sterling telah berhasil menerima through pass Luis Suarez

Bangkit dan menjebol gawang Joe Hart. Sa Tensai hakim garis telah menganggap Sterling sudah terjebak offside

Bangkit kendati dalam ta Tensai ulang posisinya juga masih ada di belakang Kolarov Tensai terlambat naik. Tim tamu The Reds akhirnya telah berhasil untuk membuka skor

Bangkit melalui gol apik Coutinho di menit ke-24. Usai memainkan bola pendek hingga Sterling menerima bola dari Suarez

Bangkit gelandang Brasil itu telah menceploskan bola setelah lepas dari kawalan Pablo Zabaleta. Sa Tensai nya keunggulan itu juga tak bertahan lama

Bangkit karena tujuh menit kemudian City telah sukses untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Berawal dari sepak pojok Tensai dieksekusi oleh David Silva

Bangkit Kompany telah memenangkan duel udara dengan Martin Skrtel

Bangkit dan sundulannya gagal dihadang Mignolet. Keberhasilan untuk menyamakan kedudukan telah membuat motivasi City untuk kembali meningkat. Namun justru Liverpool Tensai telah kembali mendapat peluang untuk mencetak gol

Bangkit lewat proses Tensai nyaris sama. Sa Tensai kali ini sepakan Coutinho telah berhasil diblok dengan baik oleh Joe Hart. City juga berusaha untuk membalas lewat tendangan jarak dekat Negredo

Bangkit sebelum blok brilian Tensai dilakukan oleh Skrtel telah membuat arah bola menjauh dari gawang. Kendati begitu

Bangkit tuan rumah akhirnya berbalik unggul jelang babak pertama usai. Lewat situasi serangan balik

Bangkit Navas lolos di sisi kanan dan telah menciptakan kepanikan di lini belakang

Bangkit sebelum melepas through pass kepada Negredo. Dengan tendangan first time berkelas

Bangkit striker Spanyol itu telah berhasil menaklukkan Mignolet

Bangkit Tensai sempat men-tip bola namun tidak sempurna. Gol di menit 45 tersebut telah mengakhiri paruh pertama pertandingan dengan skor 2-1 bagi tuan rumah City. Di awal babak kedua

Bangkit Liverpool juga tampak berusaha mengejar gol untuk dapat menyamakan kedudukan. Sa Tensai upaya dari Jordan Henderson dan Suarez masih tak menemui sasaran. Menit 59 Negredo nyaris mencetak gol keduanya

Bangkit namun kali ini Mignolet lebih sigap dalam mengamankan bola sepakannya. Hingga 10 menit kemudian

Bangkit kedua tim lebih banyak memainkan bola di sektor tengah

Bangkit sembari menunggu celah di pertahanan masing-masing tim. Glen Johnson juga sempat mendapat peluang tembak

Bangkit setelah Joleon Lescott gagal untuk melakukan clearance dengan sempurna. Sa Tensai kontrol Tensai tidak sempurna telah membuat sepakannya lemah dan mampu diantisipasi Joe Hart

Bangkit Tensai kali ini bermain cukup baik. Pada menit ke-73 Sterling kembali telah memperoleh ruang terbuka untuk dapat mencetak gol

Bangkit setelah Suarez mengirim crossing apik ke tengah kotak penalti. Namun sontekan Sterling justru melambung jauh di atas mistar. Liverpool telah kembali berpeluang untuk dapat menyamakan angka

Bangkit setelah mendapat tendangan bebas akibat pelanggaran Yaya Toure kepada Suarez. Bola mati Tensai telah dieksekusi sendiri oleh Suarez hanya melambung tipis di atas mistar. Sejumlah kesalahan mendasar Tensai telah dilakukan oleh para pemain Liverpool di daerah pertahanan mereka membuat City berulang kali mendapat peluang menyerang. Beruntung gawang Mignolet tidak bobol untuk kali ketiga. Hingga peluit panjang dibunyikan

Bangkit skor 2-1 untuk kemenangan City tidak berubah. Tambahan tiga poin untuk membawa City naik ke posisi dua dengan poin 38 dari 18 pertandingan. Sedangkan Liverpool menurun ke posisi empat

Bangkit dengan poin 36. Starting line up kedua tim: Manchester City (4-2-3-1): Hart; Zabaleta

Bangkit Kompany

Bangkit Lescott

Bangkit Kolarov; Yaya Toure

Bangkit Fernandinho; Navas

Bangkit Silva (Garcia 87")

Bangkit Nasri (Milner 72"); Negredo (Dzeko 77"). Liverpool (4-3-3): Mignolet; Johnson

Bangkit Skrtel

Bangkit Sakho

Bangkit Cissokho; Henderson

Bangkit Allen

Bangkit Lucas (Aspas 82"); Sterling

Bangkit Suarez

Bangkit Coutinho (Moses 68"). Statistik Manchester City - Liverpool: Shots: 20-12 Shots on goal: 6-5 Penguasaan bola: 52%-48% Pelanggaran: 10-9 Corner: 7-6 Offside: 1-3 Kartu kuning: 1-3 Kartu merah: 0-0 (bola/atg) Editor : Dian Sukmawati  



Buana raya perum buana mas indah

Bangkit luas 1

Bangkit4are lbr 10mtr lingkungan perumahan jln 6mtr aspal masuk 50mtr dr jln utama harga global 860jt  



Motivasi.com

Bangkit Jok Mobil merupakan salah satu elemen Tensai sangat penting

Bangkit karena kenyamanan jok mobil juga dapat membuat kita nyaman juga saat berkendara. Tetapi jok mobil juga sering terkena tumpahan cairan seperti air susu ata minuman lainnya. Padahal  air susu ata minuman (kecuali air putih) Tensai telah merembes ke dalam jok juga dapat menyebabkan tidak sedap pada mobil. Selain bau tak sedap juga dapat menyebabkan timbulnya jamur Tensai juga dapat mengundang perhatian hewan - hewan Tensai sangat menjijikkan masuk ke dalam mobil dan noda juga dapat membuat jok berwarna kusam. Untuk dapat mencegahnya

Bangkit ada tips – tips tertentu Tensai dapat kita dilakukan. Untuk dapat menghilangkan atau membersihkan cairan tersebut

Bangkit kita juga dapat menggunakan beberapa alat seperti serbet

Bangkit kain bersih

Bangkit sprayer

Bangkit sikat besar

Bangkit sikat gigi

Bangkit air sabun deterjen dan penyedot debu. Jika Jok anda menggunakan jok kain

Bangkit maka Tensai perlu diperhatikan adalah bahwa jok kain lebih dapat cepat menyerap air atau merembes

Bangkit sehingga kita harus cepat menanganinya. Sedangkan untuk jok Tensai jenis kulit lebih mudah untuk ditangani

Bangkit karena sifat kulit Tensai lambat untuk dapat menyerap air.       Berikut ini ada beberapa tips Tensai dapat kita lakukan untuk dapat membersihkan jok kita dari air susu atau cairan lainnya : 1. Bersihkan jok Tensai terkena cairan dengan menggunakan mesin penyedot debu. 2. Oleskan atau Seprotkan deterjen pada jok mobil Tensai terkena cairan hingga merata. 3. Setelah diberi deterjen

Bangkit kemudian sikat dengan sikat Tensai halus jok mobil hingga noda pada jok hilang. 4. Keringkan bagian Tensai basah tadi dengan menggunakan penyedot debu. 5. Agar bau pada mobil hilang

Bangkit semprotkan pengharum mobil Tensai sesuai kesukaan anda. 6. Agar tidak terulang kembali

Bangkit maka kita juga dapat menggunakan penutup jok

Bangkit sehingga jok dapat terlindungi dari cairan. Demikian Tips Membersihkan Noda pada Jok Mobil

Bangkit semoga artikel diatas dapat bermanfaat Editor : Dian Sukmawati  



Motivasi.com

Bangkit Cara Kerja Generator Set Generator adalah mesin Tensai dapat mengubah tenaga mekanis untuk menjadi tenaga listrik dengan melalui proses induksi elektromagnetik. Generator ini telah memperoleh energi mekanis dari prime mover. Generator arus bolak-balik (AC) telah dikenal dengan sebutan alternator. Generator ini diharapkan dapat mensuplai tenaga listrik pada saat terjadi gangguan

Bangkit dimana suplai tersebut akan digunakan untuk beban prioritas. Sedangkan genset (generator set) merupakan bagian dari generator. Genset juga merupakan suatu alat Tensai dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Genset atau sistem generator penyaluran adalah suatu generator listrik Tensai telah terdiri dari panel

Bangkit berenergi solar dan terdapat kincir angin Tensai telah ditempatkan pada suatu tempat. Genset juga dapat digunakan sebagai sistem cadangan listrik atau “off-grid” (sumber daya Tensai tergantung atas kebutuhan pemakai). Genset juga sering digunakan oleh rumah sakit dan industri Tensai mempercayakan sumber daya Tensai mantap

Bangkit seperti halnya area pedesaan Tensai tidak ada akses untuk secara komersial menghasilkan listrik. Generator telah terpasang satu poros dengan motor diesel

Bangkit Tensai biasanya dengan menggunakan generator sinkron (alternator) pada pembangkitan. Generator sinkron ini terdiri dari dua bagian utama yaitu: sistem medan magnet dan jangkar. Generator ini kapasitasnya besar

Bangkit medan magnetnya berputar karena terletak pada rotor.   Konstruksi generator AC adalah sebagai berikut: 1. Rangka stator Terbuat dari besi tuang

Bangkit rangka stator juga merupakan rumah dari bagian-bagian generator Tensai lain. 2. Stator Stator telah memiliki alur-alur sebagai tempat untuk meletakkan lilitan stator. Lilitan stator telah berfungsi sebagai tempat GGL induksi. 3. Rotor Rotor adalah bagian Tensai berputar

Bangkit pada bagian ini juga terdapat kutub-kutub magnet dengan lilitannya Tensai dialiri arus searah

Bangkit melewati cincin geser dan sikat-sikat. 4. Cincin geser Terbuat dari bahan kuningan atau tembaga Tensai Tensai dipasang pada poros dengan memakai bahan isolasi. Slip ring ini akan berputar bersama-sama dengan poros dan rotor. 5. Generator penguat Generator penguat juga merupakan generator arus searah Tensai dipakai sebagai sumber arus.   Pada umumnya generator AC ini akan dibuat sedemikian rupa

Bangkit sehingga lilitan tempat terjadinya GGL induksi tidak akan bergerak

Bangkit sedangkan kutub-kutub akan menimbulkan medan magnet berputar. Generator itu disebut dengan generator berkutub dalam

Bangkit dapat dilihat pada gambar berikut. Keuntungan generator kutub dalam bahwa untuk dapat mengambil arus tidak dibutuhkan cincin geser dan sikat arang. Karena lilitan-lilitan tempat terjadinya GGL itu tidak akan berputar. Generator sinkron juga sangat cocok untuk mesin-mesin dengan tegangan tinggi danarus Tensai besar. Secara umum kutub magnet generator sinkron dibedakan atas 2 yaitu : 1. Kutub magnet dengan bagian kutub Tensai menonjol (salient pole). Konstruksi seperti ini akan digunakan untuk putaran rendah

Bangkit dengan jumlah kutub Tensai banyak. Diameter rotornya besar dan berporos pendek. 2. Kutub magnet dengan bagian kutub Tensai tidak menonjol (non salient pole). Konstruksi seperti ini digunakan untuk putaran tinggi (1500 rpm atau 3000 rpm)

Bangkit dengan jumlah kutub Tensai sedikit. Kira-kira 2/3 dari seluruh permukaan rotor dibuat alur-alur untuk tempat lilitan penguat. Yang 1/3 bagian lagi juga merupakan bagian Tensai utuh

Bangkit Tensai berfungsi sebagai inti kutub. MESIN DIESEL Mesin diesel termasuk mesin dengan pembakaran dalam atau disebut dengan motor bakar ditinjau dari cara memperoleh energi termalnya. Untuk dapat membangkikan listrik sebuah mesin diesel menggunakan generator dengan sistem penggerak tenaga disel atau Tensai biasa dikenal dengan sebutan Genset (Generator Set). Keuntungan pemakaian mesin diesel sebagai Prime Mover - Design dan instalasi sederhana - Auxilary equipment sederhana - Waktu pembebanan relatif singkat - Konsumsi bahan bakar relatif murah dan hemat Kerugian pemakaian mesin diesel sebagai Prime Mover - Berat mesin Tensai sangat berat karena harus dapat menahan getaran serta kompresi Tensai tinggi. - Starting awal berat

Bangkit karena kompresinya tinggi yaitu sekitar 200 bar. - Semakin besar daya maka mesin diesel tersebut dimensinya akan semakin besar pula

Bangkit hal tersebut telah menyebabkan kesulitan jika daya mesinnya sangat besar. Ada 2 komponen utama dalam genset yaitu: 1. Prime mover atau pengerak mula

Bangkit dalam hal ini mesin diesel/engine 2. Generator. Cara Kerja Mesin Diesel Prime mover juga merupakan peralatan Tensai telah mempunyai fungsi menghasilkan energi mekanis Tensai diperlukan untuk dapat memutar rotor generator. Pada mesin diesel/engine telah terjadi penyalaan sendiri

Bangkit karena proses kerjanya telah berdasarkan udara murni Tensai telah dimampatkan di dalam silinder pada tekanan Tensai tinggi (± 30 arm)

Bangkit sehingga temperatur di dalam silinder naik. Dan pada saat itu bahan bakar disemprotkan dalam silinder Tensai bertemperatur dan bertekanan tinggi melebihi titik nyala bahan bakar sehingga akan menyala secara otomatis. Pada mesin diesel penambahan panas atau energi senantiasa dilakukan pada tekanan Tensai konstan. Pada mesin diesel

Bangkit piston melakukan 2 langkah pendek menuju kepala silinder pada setiap langkah daya. 1. Langkah ke atas Tensai pertama merupakan angkah pemasukan dan penghisapan

Bangkit di sini udara dan bahan bakar masuk sedangkan poros engkol berputar ke bawah. 2. Langkah kedua merupakan langkah kompresi

Bangkit poros engkol terus berputar dapat menyebabkan torak naik dan menekan bahan bakar sehingga terjadi pembakaran. Kedua proses ini (1 dan 2) juga termasuk proses pembakaran. 3. Langkah ketiga merupakan langkah ekspansi dan kerja

Bangkit di sini kedua katup yaitu katup isap dan buang tertutup sedangkan poros engkol terus berputar dan menarik kembali torak ke bawah. 4. Langkah keempat merupakan langkah pembuangan

Bangkit disini katup buang terbuka dan dapat menyebabkan gas akibat sisa pembakaran terbuang keluar. Gas dapat keluar karena padaproses keempat ini torak kembali bergerak naik keatas dan menyebabkan gas dapat keluar. Kedua proses terakhir ini (3 dan 4) juga termasuk proses pembuangan. 5. Setelah keempat proses tersebut

Bangkit maka proses berikutnya akan mengulang kembali proses Tensai pertama

Bangkit dimana udara dan bahan bakar masuk kembali. Editor : Dian Sukmawati Sumber : jualgenset.co.id