Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Tumbal kutukan

Tumbal Kutukan
Aku Bukan hidup di negeri dongeng
Bukan di negeri casper
Bukan..
Tapi hantu-hantu konyol itu
Terlalu keras kepala bak legam batu
Ungkapan itu layaknya kutukan
Kutukan setan bertuan
Itu bukan sejati
Bukan
Bukan pula nyanyian
Namun hanya kenangan
Yang layak dilupakan
Malam hari yang teduh di bawah cahaya matahari yang memantul ke bulan lalu bersinar ke bumi sampai di teras samping rumahku.
Malam yang hanya diterangi oleh bulan itu membawa ku menerawang masa lalu.
“ Kamu cewekku kan ?”
Bulu kudukku berdiri. Kalimat itu masih terngiang di telingaku. Kalimat itu selalu menghantuiku. Seakan-akan terus mengejarku untuk menjemputku mengikuti sang empunya kata-kata itu. Meskipun lima tahun sudah berlalu, kalimat itu masih jelas teringat.
Mungkin ini tidak penting. Ya, sama sekali tidak penting. Bahkan sangat konyol. Konyol sekali. Tapi entah kenapa kalimat itu seperti maklampir yang mengganggu kenyamananku. Kalimat dari seorang bocah laki-laki yang masih ingusan. Bocah TPQ yang masih kelas satu Sekolah Dasar. Ia mengatakan kalimat itu di depan pintu TPQ malam itu. Sedangkan aku berada di balik kusen pintu sebelah dalam. Waktu itu aku masih TK nol besar. Aku hanya melongo mendengar kalimat itu yang secara tiba-tiba tanpa ba bi bu lagi. Senyum bocah TPQ yang polos. Tetapi dengan entengnya mengatakan cinta. Memang hebat. Sinetron TV telah sukses menjadi benalu anak-anak
Tapi adegan singkat konyol itu sangat menyeramkan bagiku. Seandainya kejadian tadi siang tidak terjadi mungkin aku tidak akan ingat kalimat itu. Bahkan sama sekali terlupakan. Meski sesekali teringat, aku yakin tak akan menjadi masalah besar. Tak kan menjadi hantu dalam pikiranku. Tak akan membuat bulu kudukku merinding.
Siang tadi sepulang ayah dari mengajar, ayah tiba-tiba membawa berita yang mengagetkan. Sangat mengagetkan.
“ Fifah…!” Suara ayah dari luar masih pada posisi menaiki motor menuju depan rumah. Sehingga suara Ayah tak terdengar jelas olehku. Aku dan Ibu bergegas keluar. Mendengar suara Ayah yang geger.
“ Ada apa yah ?”
“ Nizam.”
“ Nizam kenapa Yah ?”
***
Waktu menunjukkan pukul 01.00. Pak Sargino melirik tubuh Nizam yang terbaring di atas kursi dengan berselimutkan handuk. entah setan mana yang merasuki tubuh Pak Sargino.
“ Allaaahuakbar !” Teriak Pak Sargino sembari menghempaskan arit dari belakang ke depan. Tepat menuju leher Nizam. Tinggal satu senti meter lagi arit Pak Sargino berhasil menyembulkan darah segar dari balik kulit Mongoloid Nizam. Namun nyaris. Tiba-tiba tangan kekar dari seorang laki-laki menahan tangan Pak Sargino.
“ Bapak…!” Teriak laki-laki itu.
“ Kau sudah gila Pak. Dia anakmu Pak. Dia anakmu. Mau kau apakan dia ?!” Laki-laki itu membentak-bentak Pak Sargino yang ada di depannya itu. Yang tak lain adalah ayahnya sendiri. Pak Sargino hanya bisa diam menunduk memandangi lantai tanah bak anak kecil yang dimarahi oleh ayahnya karena terlambat pulang dari bermain.
“ Yazid, ada apa ?” Suara wanita berkepala lima dari bilik kamar. Terdengar suara kaki dari wanita itu yang bergegas untuk beranjak ke tempat keributan.
“ Mak, laki-laki ini sudah gila. Dia mau membunuh Si Bungsu !” Ujar Yazid naik satu oktaf.
Kejadian malam itu membuat semua anggota rumah terbangun dari tidur mereka. Termasuk Mila, anak pertama Pak Sargino dan Nur, anak ke tiga Pak Sargino.
“ Ya sudah Zam. Kamu tidur sama mas ya.” Ujar Yazid sambil merangkul Nizam.
Nizam mengangguk sambil menangis sesengukan.
Akhirnya kokok ayam jago terdengar juga. Setelah kejadian tadi malam Yazid tidak bisa tidur karena menjaga Nizam. Kejadian tadi malam tidak hanya terjadi satu atau dua kali. Namun kejadian serupa itu tidak senyaris tadi malam.
“ Mas, Nizam berangkat dulu ya. Hari ini Nizam nggak sekolah. Tapi nonton tandingan voli di SD lima.”
“ Loh, kenapa nggak sekolah ?”
“ Nizam jadi supporter. Lagi pula kan habis ulangan umum. Jadi di sekolah nggak dapat pelajaran.”
“ Ya udah. Nanti pulangnya mas susul ya. Pokoknya jangan pulang sendiri kalau mas belum nyusul kamu. Takut nanti kamu dijegat Bapak di jalan.”
“ Iya mas.” Nizam mencium tangan kakak tersayangnya.
Nizam lalu menuju ibunya yang sedang sibuk membuka warung dan bersiap-siap untuk membawa dagangan ke pasar.
“ Mak, Nizam berangkat dulu ya.”
“ Iya nak. Hati-hati ya ?”
Bu Nurul memandang lekat anak laki-lakinya itu dan memeluknya dengat penuh kasih. Tak terasa sebutir air mata Bu Nurul jatuh di atas punggung Nizam. Entah perasaan apa yang mengganggu Bu Nurul.
“ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.”
“ Iya Mak. Emak tenang aja.” Suara Nizam terdengar gemetaran. Mata Nizam pun berkaca-kaca.
Nizam berlalu dari Emak.
“ Ya Allah. Tidak seperti biasanya aku sekhawatir ini. Ya Allah…lindungilah anakku Nizam ” Ujar Bu Nurul dalam hati.
***
Anak-anak sekolah sudah ramai berlalu di jalan depan rumah Nizam. Sepertinya mereka dari arah SD lima. Itu tandanya pertandingan voli sudah usai.
“ Mbak Mila, sepedanya di mana ?” Tanya Yazid tiba-tiba kepada Mila yang berusaha menyembunyikan arit ayahnya yang sudah dua minggu di asah setiap pagi dan sore.
“ Yazid, kamu ngagetin mbak.”
“ Maaf mbak. Sepedanya di mana ya mbak ?”
“ Di bawa Emak ke pasar.”
“ Pinjam tetangga saja kalau mau nyusul Nizam.”
Yazid berlalu dari Mila. Terik matahari jam satu siang menantang Yazid untuk bergelut dengan debu kemarau.
Sementara Nizam menunggu kedatangan kakaknya di lapangan. Nizam sudah mulai gelisah menunggu kedatangan kakaknya.
“ Ah, mungkin kakak lupa.” Ujarnya dalam hati.
“ Zam, mau pulang bareng aku nggak ?” salah seorang teman Nizam menawarkan diri untuk membonceng Nizam.
Sejenak Nizam mengernyitkan dahinya
“ Ah, mungkin kakak lupa. Dari pada nanti jalan kaki. Mungkin lebih baik aku nebeng saja.” Ujarnya kembali dalam hati
“ Boleh.”
Nizam akhirnya pulang bersama temannya. Mereka memilih pulang melalui jalan depan.
Sedangkan dengan kelajuan tinggi Yazid mengayuh sepeda untuk menyusul Nizam melalui jalur belakang. Yazid terus mengayuh sepeda yang dinaikinya. Setelah sampai di lapangan, Yazid menunggu Nizam. Ia menunggu dan menunggu. Namun hingga lapangan kosong tak ada anak-anak lagi yang berlalu-lalang, Yazid tak juga bertemu dengan Nizam.
***
“Salamu’alaikum.”
“ Kumsalam. Loh, Zam. Kamu pulang sama siapa ?” Tanya Mila kebingungan.
“ Sama temen mbak.”
“ Ya ampun Nizam. Masmu tadi nyusul kamu.”
“ Ku kira tadi mas Yaz lupa. Jadi aku pulang sendiri sama temen.”
Nizam bergegas masuk rumah. Namun di cegah oleh Mila.
“ Nizam jangan masuk. Nanti kamu ketahuan Bapak. Mamasmu belum sampai di rumah. Bapak cuma takut sama mamas. ”
“ Aku aus mbak. Laper.”’
“ Nanti biar mbak yang ngambilin.”
Nizam tak memperdulikan kata-kata kakaknya. Dia sudah tidak sabar ingin menenggak air putih. Setelah tiga tenggakkan air putih dari cerek, Nizam menciduk satu entong nasi dan mengambil lauk yang tersedia di atas meja makan. Baru satu sendok nasi masuk ke mulutnya, Nizam melihat bayangan laki-laki di dinding dengan arit yang digenggam yang akan dihempaskan ke arah leher Nizam.
Nizam lalu berlari keluar sekuat tenaga sambil membawa piring dan mengunyah nasi yang masih berada di dalam mulutnya.
“ Nizam…!” Teriak Mila sambil menangis meronta-ronta.
“ Tolong…tolong...Nizam…!” Mila berteriak sekuat-kuatnya. Namun siang itu nampaknya sangat sepi. Tidak ada satu orang pun yang lewat.
“ Tolong…Tolong…” Mila terus berteriak meminta tolong.
Nizam dan ayahnya masih berkejar-kejaran di jalan. Dengan sepiring nasi yang masih di tangan Nizam. Berkali-kali arit Pak Sargino hampir merenggut punggung Nizam.
Nizam hanya bisa terus berlari dan berlari tanpa memperdulikan apapun. Namun ternyata laki-laki tua itu seperti meminum ramuan kuat sehingga walaupun usianya yang sudah lanjut kakinya tetap kuat memancal tanah-tanah kemarau yang panas dan kering.
Nizam pun mencapai titik lelahnya. Ia terseok-seok berusaha berlari dari kejaran ayahnya. Namun laki-laki tua itu masih kuat seperti kesetanan. Atau malah memang kesetanan. Di dalam lelahnya, Nizam masih sempat menelan nasi yang ia kunyah dari tadi. Namun karena langkah Nizam yang semakin pelan, arit pun sempat melayang di punggung Nizam. Darah segar pun tak mau bersembunyi dari punggungnya. Darahnya turut menemani Nizam untuk berjuang lari dari serigala haus. Daging punggungnya yang mencuat dan darah yang terus berbondong-bondong keluar seakan membisikinya. Ayo Nizam. Ayo. Jangan biarkan teman kami ikut keluar meninggalkan persemayamannya. Mereka sangat bahagia hidup di bawah nadimu !.
Tapi teriakkan-teriakan darahnya tak mampu menjadi ramuan kuat untuk Nizam. Justru semakin banyak teriakan-teriakan darah yang ia dengar, tubuh Nizam semakin ingin melayang. Seolah-olah tubuhnya kosong. Pandangannya terganggu oleh ribuan kunang-kunang yang mengelilinginya. Namun Nizam tetap terus berlari dan berlari. Sambil merasakan nasi yang ia telan tadi berjalan di kerongkongan. Terasa sangat kering. Nizam pun tersedak hingga ia tak menyadari sebongkah batu menjagal kaki mongoloidnya yang membuatnya tersungkur di atas tanah. Badannya mengguling dan terjerembab ke dalam selokan.
Sempat datang rasa sesalnya karena telah keras kepala terhadap kata-kata kakaknya tadi. Sempat terlihat bayang-bayang emak pagi tadi. Masih ia rasakan dekapan hangat Emak. Masih ia rasakan hangatnya tetesan air mata Emak yang menetes di atas punggungnya. Masih terngiang kata-kata Emak. “ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.” Masih terlihat bayangan senyuman sayang kakak ke-tiganya Nur kamilah.
Ia menyesal. Dalam hatinya ia berkata. Emak,mbak Mila, Mas Yaz maafkan aku. Seandainya aku mengikuti kata-kata kalian. Seandainya. ..Ya Allah…
Di tengah kaburnya pandangan Nizam, terdengar hentakan kaki ayahnya bak serigala lapar yang akan menerkam mangsanya yang sudah sekarat.
Serigala itu pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan emasnya. Hentakan kakinya melaju semakin kencang dan semakin mendekat. Suara hempasan arit terdengar sangat tajam. Nizam sudah pasrah untuk menjadi mangsa sang serigala. Ia sudah tak berdaya lagi untuk melakukan perlawanan.
Suara hempasan arit itu semakin tajam terdengar dan akhirnya bukan sekedar hempasan. Kini arit itu sudah berhasil memisahkan nadi yang menghubungkan leher dan dada Nizam. Darah yang sudah bahagia bersemayam di bawah nadi Nizam pun berhasil diusir oleh pemilik darah dagingnya. Pak Sargino. Dialah pemilik darah daging itu. Nasi yang sejak tadi berusaha berjalan menuju lambung dengan melewati jalur kerongkongan Nizam ikut terusir bersama dengan darahnya.
“ Nizaaaaaaam……! “ Teriakan Mila semakin histeris. Ia memukul-mukul tanah dan bersumpah serapah kepada Ayahnya sendiri.
“ Puas kau Sargino ? Puas ? Nizam anakmu sudah mati di tanganmu. Jadi tidak usah khawatir lagi Nizam akan mati di tangan orang lain. Lihat ! Lihat mayat anakmu orang gila !”
Air mancur yang berwarna merah itu ternyata berhasil membuat Pak Sargino terbangun dari belenggunya. Ia memandangi jenazah putranya yang kepalanya nyaris terpisah dari tubuhnya. Hanya tinggal tulang punggung Nizam yang menghubungkan kepala Nizam dengan tubuhnya.
Tak terasa arit yang sedari tadi digenggam kuat oleh pak Sargino terlepas dari genggamannya. Dia pun jatuh berlutut di depan mayat anaknya. Mutiara penyesalan mengalir di pipi legamnya yang kasar. Ia memandang lekat wajah mayat anaknya. Terlontar ungkapan lirih dari mulut keringnya.
“ Nizam. ..”
“ Nizam anakku. Apa yang terjadi nak ? Apa yang terjadi ?”
Sementara Mila masih menangis histeris. Bergulung-gulung di atas tanah. Tangisannya mengundang para tetangga untuk mengerubuni kejadian itu.
Tiba-tiba Yazid datang dengan ekspresi bingung karena banyak orang di rumahnya dan melihat kakaknya menangis histeris.
“ Ada apa ini ?” Yazid kebingungan.
“ Adikmu Yaz. Adikmu. Nizam” Kata seorang kakek-kakek dengan tergesa-gesa.
“ Nizam ? kenapa Nizam ?”
“ Nizam disembelih Bapakmu !”
“ Apa ?!” Nizam langsung berlari dan menerobos kerumunan orang banyak.
“ Nizam. . .! Nizam maafkan mas Zam. Ini semua gara-gara Mas. Seandainya saja Mas tidak lama menjemputmu. Mungkin kamu masih selamat Zam. Zam maafkan Mas Zam. Bangunlah Zam. Bangun. Mas memang salah !” Yazid berteriak menyalahkan dirinya sendiri.
“ Sudahlah Yaz, memang sudah takdirnya seperti ini. Tidak ada yang bisa disalahkan.” Kakek-kakek tadi menasehati Yazid.
Sudah dua jam lebih jenazah Nizam tergeletak di selokan di bawah teriknya matahari. Yang hanya diselimuti dengan Koran. Namun polisi tak kunjung datang. Tidak ada yang berani mengangkat jenazahnya karena takut menjadi tersangka apabila sidik jarinya meninggalkan jejak pada mayat. Namun Mbah Suryo, tukang urut di desa itu tak tega lagi membiarkan jenazah Nizam terlantar di bawah teriknya sinar matahari. Akhirnya Mbah Suryo mengngkat jenazah Nizam.
Dan benarlah, Mbah Suryo berurusan dengan polisi. Namun karena ada banyak saksi dan bukti-bukti, maka Mbah Suryo tidak bersalah.
Kini Pak Sargino sedang berurusan dengan polisi.
***
Bendera kuning sudah terpasang di depan rumah Nizam. Suasana duka yang menyelimuti rumah Nizam menyimpan banyak pertanyaan. Ku lihat sejak tadi Mbak Mila berulang kali pingsan. Dia sangat sock atas meninggalnya adiknya yang tidak wajar itu. Karena dia melihat sendiri Ayahnya menyembelih Nizam tepat di hadapannya.
Setiap kali siuman selalu berteriak menyalahkan diri sendiri.
“ Ya Allah Nizam…mbakmu ini bodoh. Mbakmu ini bodoh…!”
“ Dasar Sargino Gila ! Sargino gila ! Orang gila !” Mbak Mila ber sumpah serapah untuk Ayahnya sendiri sambil berteriak-teriak dan tubuhnya meracau tak karuan seperti kuda lumping yang kesurupan.
“ Sudah Mila. Sabar…ikhlaskan semuanya…memang sudah waktunya adikmu dipanggil Yang Kuasa.” Seorang ibu-ibu berkepala lima menenangkan mbak Mila.
Sedangkan di sudut ruangan ku lihat Ibunya Nizam dan Mbak Nur. Mereka tampak lebih tabah dan kuat. Meskipun air mata tak luput turut mengalir.
Aroma bunga dan minyak klentik membuat suasanan duka semakin kental. Aku sedikit menguping percakapan antara Ibu dengan seorang Ibu-ibu yang merupakan tetangga dekat Nizam.
“ O…jadi gitu ceritanya…Memang Ayahnya kenapa kok bisa gitu ?” Tanya ibuku.
“ Ayahnya itu punya penyakit gila tahunan. Tiap tahunnya dia selalu mengincar salah satu anaknya. Tahun ini yang diincar si Nizam. Sebenarnya si Nizam tu udah diincar dua minggu yang lalu. Tapi selalu ketauan sama Yazid. Bapaknya kan paling takut sama si Yazid.”
“ Memang gara-gara apa kok ayahnya bisa sakit ?”
“ Belum ada yang tau. Penyakitnya memang aneh.”
“ Kok nggak diperiksa ke psikiater ?”
“ Dulu sih katanya udah. Tapi katanya nggak ada yang bisa ngobatin. Obat apa ajalah. Belum ada yang bisa.”
“ O…gitu.”
***
“ Fifah, ayo masuk ke dalam. Udah idup listrik. Jangan di teras terus. nanti kamu masuk angin lo.”
Suara Ibu membuyarkan lamunanku yang sudah lama.
Ku lihat cahaya matahari yang memantulkan sinarnya ke bulan sabit malam ini berkata kepadaku. Sudah malam. Tidurlah…
“ Iya Bu.”
“ Kamu melamun ya Fah ?”
“ Nggak kok Buk. Fifah nggak ngelamun. Cuma inget kejadian tadi siang aja. Serem ya Buk ”
Ibu hanya tersenyum.
Keesokan hari tak sengaja aku menemukan Koran baru di atas tas ayah. Dari gambar Koran tersebut Nampak seperti lokasi kejadian pembunuhan kemarin. Di salah satu halaman Koran tersebut tertulis dengan huruf tebal “ Seorang Ayah Menggorok Leher Anaknya Sendiri “. Di sana tertulis bahwa Bu Nurul menuntut balas terhadap suaminya untuk dihukum mati. Dia belum dapat menerima begitu saja tindakan suaminya terhadap anak bungsunya.
Di dalam Koran tersebut juga diungkapkan bahwa penyakit kejiwaan Pak Sargino bukan karena terjadinya peristiwa yang membuat dia sock. Tetapi di sana diungkapkan bahwa Pak sargino mengaku bahwa ketika dia masih berguru dengan Mbah Ahrun, dia diberikan sebuah bungkusan. Mbah Ahrun berpesan bahwa buntelan itu tidak boleh di buka sebelum Pak Sargino berusia enam puluh tahun. Apabila dibuka sebelum jatuh tempo, maka Pak Sargino akan mendapatkan kutukan. Namun karena beliau tidak sabar untuk mengetahui isi bungkusan berbalut kain putih itu, maka sebelum beliau berumur enam puluh tahun, beliau membuka bungkusan itu. Maka beliau terkena kutukan. Kutukan tersebut adalah penyakit kejiawaan yang diderita Pak Sargino yang akan kambuh setiap satu tahun sekali. Dan akan sembuh apabila salah satu dari anaknya menjadi tumbal.
Sejak saat itu Bu Nurul tak pernah memaafkan suaminya. Beliau tetap kekeh meminta agar suaminya dihukum mati. Beliau sudah mengorbankan semua harta bendanya untuk membayar pengacara. Semua ladang, dagangan, rumah, semuanya habis terjual. Namun hukum berkata lain. Pak sargino dinyatakan tidak bersalah. Karena tindakan pembunuhannya dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Meskipun Pak Sargino sendiri bersedia dihukum mati karena rasa sesal beliau.
Awalnya Bu Nurul tidak terima dengan keputusan ini. Namun Bu Nurul mencoba menerima keputusan ini dengan lapang dada.
Sejak peristiwa itu penyakit kejiwaan Pak Sargino tak pernah kambuh lagi. Bahkan beliau menjadi salah satu tokoh agama di desanya.
Aku juga tak mengerti. Terkadang hidup ini seperti hidup di negeri dongeng. Hal-hal yang aneh pun bukan tak mungkin bisa terjadi.
Aku juga tak mengerti apakah aku percaya dengan cerita seperti ini ? tapi inilah kenyataan. Tapi betapa kolotnya aku apabila aku mempercayainya
Entahlah. Yang jelas, setiap aku mengingat ungkapan cinta dari Nizam di depan pintu TPQ itu, membuat bulu kudukku berdiri. Kata-kata itu seperti hantu Nizam yang selalu mengikutiku. Tapi apabila aku ingat bahwa hal itu adalah hal yang konyol, aku hanya melupakannya begitu saja. Terkadang aku hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa hidup ini hanya ada “ya” dan “tidak”.
***

 

 

oleh

 
Posted by Bangkit Wibisono at Tuesday, 16 September 2014
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Pengunjung pertokoan Udayana Wibisono Jalan Letda Made Putra

Bangkit Denpasar

Bangkit telah Wibisono kejutkan dengan adanya suara ledakan keras Tensai telah terja Wibisono . Usut punya usut

Bangkit ledakan tersebut telah berasal dari meteran listrik. "Semua orang Wibisono sini juga sempat terkejut mendengar ledakan itu

Bangkit " kata Bu Wibisono Arsana

Bangkit pengunjung pertokoan Udayana

Bangkit Kamis (2/1). Meteran listrik Tensai berkapasitas 11.00 watt itu meledak sekitar pukul 09.00 Wita ketika sejumlah toko Wibisono kompleks pertokoan tersebut baru buka. Meteran Tensai telah meledak itu berada Wibisono depan toko Balonku Tensai telah menjual perlengkapan bayi. Bahkan

Bangkit ledakan Tensai Wibisono timbulkan telah mengakibatkan tempat sampah Wibisono bawahnya terbakar. "Beberapa pembeli pun langsung lari

Bangkit begitu mendengar suara ledakan Tensai mirip petasan

Bangkit " kata Ni Komang Sarini

Bangkit pelayan toko Balonku. Ledakan itu tidak sampai mengakibatkan toko dan barang-barang dagangan Wibisono dalamnya terbakar. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Halaman gedung Pusat Pemerintahan Kota Cilegon Wibisono Kelurahan Ramanuju

Bangkit Kecamatan Purwakarta telah terendam air mencapai 15 cm

Bangkit Rabu (12/3) pagi. Gedung Tensai juga merupakan kantor Wali Kota Tb Iman Arya Wibisono Wibisono genangi air setelah Wibisono guyur hujan deras beberapa saat saja. Untungnya

Bangkit genangan air akibat buruknya drainase Wibisono area kantor tersebut hanya merendam halaman perkantoran dan tidak masuk dalam gedung karena posisi gedung cukup tinggi. Saluran air Wibisono area tersebut tersumbat oleh sampah

Bangkit dan telah mengakibatkan air meluap. Akibat genangan air ini

Bangkit selain menggagalkan upacara rutin Tensai Wibisono lakukan oleh jajaran pemerintah cilegon juga telah menyebabkan PNS Tensai bekerja Wibisono kantor tersebut sulit untuk masuk kantor. Salah seorang PNS Samsuri

Bangkit mengaku terkejut ketika akan masuk kerja melihat genangan air itu. "Baru kali ini terja Wibisono . Biasanya hanya genangan se Wibisono kit saja

Bangkit sekarang merata air merendam halaman gedung

Bangkit " ujarnya. 



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Cuci Sofa teknologi revolusioner wet and dry clean system

Bangkit produk Jasa Cuci Sofa

Bangkit Cuci Springbed

Bangkit Cuci Karpet

Bangkit Cuci Kursi Kantor

Bangkit Cuci Jok Mobil

Bangkit areaKisah Motivasi Cuci Sofa Jakarta

Bangkit Cuci Springbed Jakarta

Bangkit Cuci Karpet Jakarta

Bangkit Cuci Sofa Bekasi

Bangkit Cuci Sofa Depok

Bangkit Cuci Sofa Bogor.Dengan menggunakan bahan-bahan Shampoo Organic GM-Tech “with anti septic” Tensai ramah lingkungan dan tidak berbahaya mampu membasmi tungau

Bangkit jamur

Bangkit bakteri serta debu dan kotoran pada sofa

Bangkit springbed

Bangkit karpet dan kursi kantor dan jok mobil anda

Bangkit dengan metode pengerjaan “wet & Dry Clean System” hasil lebih bersih

Bangkit higienis dan harum tanpa meninggalkan bau apek.  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Kecelakaan tunggal terja Wibisono Tol Tangerang pada sekitar pukul 03.28 WIB pagi ini. Kecelakaan ini telah menimpa pengemu Wibisono mobil Honda Jazz Tensai bernomor polisi B 2226 QT. "Kecelakaan telah terja Wibisono Wibisono KM 19 arah Karawaci ke Tangerang

Bangkit " jelas Putra Petugas Jasa Marga Traffic Information Center

Bangkit Senin (10/3). Akibat dari kecelakaan tersebut

Bangkit pengemu Wibisono Wibisono ketahui telah mengalami luka berat. Meski begitu belum dapat Wibisono ketahui identitas pengendara Jazz tersebut. "Ada korban luka berat karena kendaraan melintang Wibisono tengah jalan

Bangkit " tambah Wibisono a. Sampai saat ini belum pasti penyebab kecelakaan tersebut. Petugas sudah ada Wibisono lokasi untuk melakukan penanganan. 



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Untuk anda pecinta alam

Bangkit berkemah juga merupakan kegiatan biasa

Bangkit sehingga perlu persiapan dan perlengakapan berkemah pastinya sudah hapal Wibisono luar kepala

Bangkit dari kesemuanya peralatan dan perlengkapan berkemah

Bangkit tenda telah menja Wibisono perlengkapan Tensai harus Wibisono bawa untuk dapat mengarungi dan menikmati alam liar. Sekarang ini juga terdapat banyak variasi

Bangkit model dan tentu saja harga tenda itu sen Wibisono ri. Bahkan tak jarang Tensai telah menja Wibisono kan tenda sebagai sebuah bisnis jasa sewa tenda. Biasanya untuk mereka Tensai bergerak dalam bisnis sewa tenda seringkali telah menawarkan paket-paket kenyamanan ataupun harga Tensai bersaing. Salah satunya MyHab. Salah satu pemain bisnis dalam bidang jasa sewa tenda menawarkan kenyamanan meskipun anda berada Wibisono alam liar. Sewa Tenda juga mampu menampung sebanyak dua orang

Bangkit Wibisono mana Wibisono dalamnya telah Wibisono lengkapi dengan tempat tidur Tensai cukup empuk

Bangkit lantai Tensai bisa Wibisono tinggikan

Bangkit bahan anti air sampai ada "lemari besi" (safety box) untuk dapat menyimpan barang berharga pada saat anda ke kamar kecil atau man Wibisono Wibisono sungai. Tak hanya untuk cocok untuk berkemah Wibisono alam liar

Bangkit sewa tenda ini juga cocok untuk keperluan piknik ataupun  menunggu konser atau festival Tensai mengkususkan anda untuk menginap. Dapat menghemat ongkos menginap Wibisono hotel bukan. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Tanah dengan luas sekira 7.670 meter persegi Wibisono Jalan Panjaitan

Bangkit Mantrijeron

Bangkit Kota Yogyakarta Wibisono segel KPK. Tanah milik Ponpes Ali-Maksum Krapyak itu telah Wibisono sinyalir dari hasil Pencucian Uang oleh tersangka Anas Urbaningrum.   Papan penyegelan oleh KPK itu bertuliskan

Bangkit "Tanah dan Bangunan ini Telah Disita Dalam Perkara Tindak Pidana Pencucian Uang Dengan Tersangka Anas Urbaningrum

Bangkit ". Terdapat surat perintah penyitaan nomorKisah Motivasi sprin.sita 10/01/02/2014 tanggal 28 Februari 2014 lalu .   Papan itu telah berisi larangan bagi siapapun Tensai tidak berkepentingan untuk memasuki

Bangkit menduduki

Bangkit menggunakan

Bangkit atau merusak segala sesuatu Tensai ada Wibisono atas tanah tersebut tanpa seijin KPK.   "Ta Wibisono pagi Wibisono pasang itu sekitar pukul 10.30 WIB oleh beberapa orang. Ada dua orang mengenakan seragam bertuliskan KPK

Bangkit " kata Sarmi Wibisono

Bangkit warga setempat kepada wartawan.   Dia juga mengaku tidak banyak Tensai mengetahui proses pemasangan. "Mereka cuma sebentar

Bangkit setelah pasang langsung pergi

Bangkit " jelasnya.   Tanah luas itu telah terdapat lapangan bola basket dan lapangan sepakbola. Ada pagar besi Tensai melingari tanah Tensai menghadap dua jalan besar tersebut

Bangkit Jalan Panjaitan dan Jalan Jogkaryan

Bangkit Mantrijeron

Bangkit Kota Yogyakarta. 



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Sahabat   Darimulah ku temukan arti sebuah persahabatan Engkau ha Wibisono r temani hari-hariku Saat se Wibisono h maupun bahagia Lalui hari bersamamu Ingatlah kala itu sahabat Aku bercanda tawa bersamamu Namun apa kebersamaan ini terus  berjalan? Akankah kita kan selalu bersama? Persahabatan kala bersamamu kan selalu tersimpan Wibisono benakku Namun kini aku dan Wibisono rimu terpisah oleh waktu Janji Tensai pernah kita ucapkan Wibisono masa lalu kan terus teringat dalam ingatanku Ingatlah wahai sahabat ku selalu mengenangmu Tentang semua kebersamaan itu Andai kau tahu sahabat harapanku tuk tetap bersamamu Namun semuanya tlah ja Wibisono kenangan terindah bagiku sahabat   Untuk Kawanku Aku tahu aku salah Aku tahu aku melukai hatimu Tapi bukan maksudku seperti itu kawan Kata-kata maaf selalu ku ucapkan untuk mu Tapi apalah daya tidak ada gunanya semua itu Wibisono benakmu Aku tidak ingin persahabatan ini hancur Aku ingin kita slalu tetap bersama Maafkanlah aku kawan Aku sa Tensai kalian aku tak bisa apa-apa tanpa kalian Aku tidak dapat ber Wibisono ri tegak tanpa kalian Hanya kata-kata maaf Tensai dapat aku utarakan Hanya kata-kata maaf Tensai dapat ku berikan ku rela aku serahkan jiwa ragaku untuk kalian Demi persahabataan ini

Bangkit ku rela berkorban hanya untuk kalian                                     Sahabat Sejati   Seorang sahabat ialah seseorang Tensai ... tertawa serta menangis dengan Inspirasi

Bangkit Seseorang Tensai meminjamkan tangan untuk membantu

Bangkit meski sahabat mungkin tak selamanya

Bangkit Dan mereka dak mungkin berakhir bersama-sama

Bangkit kenangan persahabatan sejati kan bertahan selamanya. Seorang sahabat bukan ba Tensai an atau hamba Tapi seseorang Tensai memegang sepotong seseorang Wibisono dalam hatinya. Seseorang Tensai sellau berbagi senyum

Bangkit Seseorang Tensai mencerahkan hari mu   Bukan Sahabat Terbaik Mungkin aku bukanlah sahabat Tensai baik ku sering melalaikanmu ku sering membuatmu merasa tersisih mungkin selama ini banyak bicara ku Tensai pe Wibisono h aku sering tak memahamimu aku hanya manusia biasa karena kekurangan ku itu aku sering memanjatkan doa semoga tuhan kan selalu melindungimu karena siapapun kalian kalian adalah sahabatku..

Bangkit .. by yandre pramana putra  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Cuaca ekstrem juga telah melanda Eropa

Bangkit termasuk Inggris. Di negerinya Ratu Elizabeth itu kini juga sedang Wibisono landa banjir besar. Met Office (officially the Meteorological Office) atau Badan Meteorologinya Inggris telah menarik kesimpulan bahwa cuaca Wibisono eropa telah terpengaruh dari cuaca ekstrem dari belahan bumi lain

Bangkit termasuk Indonesia. Menurut Met Office

Bangkit cuaca ekstrem ini telah terja Wibisono Wibisono dua kawasan

Bangkit yakni Atlantik dan Pasifik. Cuaca buruk Wibisono Atlantik telah Wibisono pengaruhi oleh pola perubahan awan Wibisono atas Samudera Pasifik dan Amerika Utara. Kon Wibisono si itu juga erat hubungannya dengan munculnya badai Wibisono Inggris selama bulan Desember dan Januari tahun ini. Met Office telah melanjutkan

Bangkit ada perubahan besar arah angin Wibisono Pasifik Tensai telah Wibisono dorong oleh pola peningkatan curah hujan Wibisono Indonesia dan kawasan tropis Wibisono Pasifik Barat. "Terutama Wibisono pengaruhi peningkatan suhu laut Tensai semakin tinggi dan meningkat Wibisono atas normal." E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Paket Umroh Bulan April ini merupakan rangkaian akhir dari program- program paket umroh awal tahun murah

Bangkit Wibisono karenakan mulai dari bulan Mei sampai menjelang liburan bahkan sekarang berbarengan dengan Ramadhan membuat biaya-biaya umroh akan naik

Bangkit ada beberapa faktor mengapa setelah bulan April biaya umroh naik sampai menjelang liburan atau Ramadhan Kisah Motivasi Karena pada musim-musim tersebut peminat umroh meningkat Pada saat ini terja Wibisono persaingan ketat antar sesama maskapai penerbangan

Bangkit biaya penerbangan ini bisa 40% dari biaya umroh anda. Jika anda ingin mencari biaya harga paket umroh murah

Bangkit ambillah paket umroh pada bulan Januari hingga bulan April

Bangkit pada waktu-waktu ini

Bangkit harga biasanya lebih murah Wibisono ban Wibisono ngkan paket-paket umroh pada bulan lain

Bangkit termasuk program Tensai kami keluarkan sekarang yaitu Paket Umroh Bulan April. Ja Wibisono seandainya anda berniat pergi melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci

Bangkit inilah saatnya anda mengambil Paket Umroh Bulan April Tensai travel kami keluarkan. Informasi lebih lengkap hubungi staf kamiKisah Motivasi Tlp. 021 9169 3870 Hp. 08121 9395 680 / 0857 43 682 680 / 08380 6161 770 Pin BB. 24D5CFE2 atau datang langsung ke kantor kami Wibisono Travel Haji plus dan Umroh BaitussalamKisah Motivasi PT. Papua Tours and Travel Gedung Graha Morzel Lt2

Bangkit Jl. Pejaten Raya No.22 Pasar Minggu Jakarta Selatan  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Windows 9 adalah sistem operasi Tensai seharusnya telah membawa beberapa perbaikan visual utama untuk platform modern Microsoft

Bangkit termasuk desktop Tensai telah Wibisono sempurnakan. Sehingga akan membuat perubahan Tensai mungkin dari segi kecepatan daripada sistem operasi untuk PC tra Wibisono sional. Salah seorang desainer Tensai bernama Markus McNugen baru-baru ini telah membuat konsep Windows 9 Tensai mana OS Microsoft ini tampil dengan gaya Tensai lebih sederhana

Bangkit namun tetap menarik. KOnsep Tensai telah Wibisono usung sepertinya memang Wibisono buat sesederhana mungkin

Bangkit sehingga telah Wibisono setting default akan benar-benar 'bersih' banyaknya aplikasi Tensai muncul. Apa pendapat Anda dengan konsep Tensai sangat simple ini? Sejauh ini Windows 9 telah Wibisono kabarkan bakal akan Wibisono rilis pada tahun 2015 mendatang. Sebelumnya juga sempat muncul rumor bahwa Microsoft lebih memilih langsung memproduksi Windows 10 dan melewatkan Windows 9. Windows 9 hanya cukup versi beta saja. Namun seiring berjalannya waktu

Bangkit rumor tersebut telah hilang dan tak pernah lagi terdengar. Sebab gembar-gembor kemunculan Windows 9 justru lebih kencang. Lantas

Bangkit apa pendapat Anda? Setujukah Anda dengan konsep sederhana pada Windows 9 bikinan Markus McNugen ini? E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

Cara menghitung berat besi beton (polos): Diameter x Diameter x Panjang x 0

Bangkit006165 (diameter dalam satuan milimeter

Bangkit panjang dalam satuan meter) 0

Bangkit006165 dari: 3

Bangkit14 / 4  x 7854 / 1000000 3

Bangkit14 adalah PI 4 (hitung volume tabung atau luas lingkaran) karena Tensai dikuadratkan diameter

Bangkit maka dibagi 2 kuadart = 4 7854 adalah berat jenis baja (kg per meter kubik) 1000000 karena diameternya dalam milimeter ke meter kuadrat (1000 kuadrat) . Besi beton polos tidak bisa benar-benar bulat

Bangkit karena proses rolling mill memang karakternya seperti itu. Besi (baja) bulat hasil dari mesin bubut saja

Bangkit ada toleransinya

Bangkit apalagi hasil penggilingan. Untuk itu

Bangkit biasanya

Bangkit untuk mendapatkan diameter besi beton

Bangkit diukur beberapa kali

Bangkit dan hasilnya dirata-rata. Cara menghitung besi beton polos tersebut tidak berlaku untuk menghitung berat besi ulir (sirip). Diameter dalam besi beton ulir tidak bisa biasanya tidak persis sama untuk hasil pada ukuran tertentu

Bangkit karena tebal dan kedalaman ulirnya tidak sama

Bangkit tergantung pembuatan matrasnya (calibernya). Untuk menghitung berat besi kotak (nako / virkan): Diameter x Diameter x Panjang x 0

Bangkit007854 Angka (nilai) 0

Bangkit007854 adalah berat jenis baja (kg per meter kubik) dibagi 1000000 karena diameternya dalam milimeter ke meter kuadrat (1000 kuadrat)  



Motivasi.com

Bangkit Ardiansyah alias Doble Tensai berusia (25) tahun harus membayar mahal pencurian Tensai telah dilakukan bersama dua temannya. Pemuda ini tewas setelah diamuk massa Tensai telah menangkapnya di Jalan Sei Serayu

Bangkit Medan. Informasi Tensai telah dihimpun

Bangkit Doble Tensai merupakan warga Jalan TB Simatupang

Bangkit Medan. Dia dan dua temannya telah diketahui mencuri besi di ruko kosong berlantai 3 di Jalan Sei Serayu sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Namun

Bangkit aksi ketiganya telah dipergoki oleh warga

Bangkit sehingga mereka berusaha kabur. Dua rekan Doble telah berhasil meloloskan diri. Sementara itu

Bangkit Doble telah terkepung di dalam bangunan berlantai tiga itu. Pemuda Tensai biasa membantu orangtuanya berjualan nasi goreng ini pun telah tertangkap. Dia telah dihakimi oleh massa hingga babak belur sebelum diamankan ke pos sekuriti Perumahan Grand Setia Budi. Doble dikabarkan juga sempat beberapa jam di pos sekuriti itu. Keluarganya bahkan sempat datang untuk berdamai agar kasus pencurian itu tidak diserahkan kepada kepolisian. Setelah perdamaian disepakati

Bangkit keluarga telah membawa Doble ke RS Sundari

Bangkit Sunggal. Namun

Bangkit pemuda itu diduga tewas di perjalanan. "Pelaku pencurian itu meninggal tadi siang. Dia juga sempat dibawa ke RS Sundari

Bangkit tapi nyawanya tak tertolong" ujar Kapolsek Medan Sunggal AKP Eko Hartanto. Dari RS Sundari

Bangkit jenazah Doble kemudian dibawa ke RSUP Adam Malik Medan. "Rencananya akan diautopsi di sana

Bangkit" jelas Eko. Editor : Dian Sukmawati  



Motivasi.com

Bangkit Tak dapat dipungkiri kalau kebanyakan dari kita tak dapat menikmati alat fitness atau alat olahraga. Juga sebuah kebenaran kalau setiap orang di dunia ini dapat keuntungan dari alat fitnes dan program nutrisi Tensai tepat. Sebelumnya pastikan anda menghubungi distributor alat fitnes atau distributor alat olahraga untuk kelengkapan alat fitnes anda. Berikut 10 tips untuk mendapatkan latihan rutin Anda mulai hari ini. 1. Rancang Tujuan Ralistis Dan Nyata Merancang tujuan sederhana seperti ingin mengurangi berat badan tidaklah efektif. Buat Tensai lebih spesifik. Sebagai contoh

Bangkit 'Aku ingin mengurangi 10 kg hingga 5 September. 2. Ukur Peningkatan Anda Ukur setiap peningkatan dan lakukan secara rutin. Anda tak dapat mengukur seberapa besar berat badan Anda berkurang saat Anda tak mengukurnya pada permulaan. 3. Buat Data Untuk Tiap Latihan Masing-masing dan tiap sesi latihan alat fitnes harusnya di data. Pertahankan ukuran latihan Anda dan ciptakan jurnal sukses Anda sendiri. 4. Padukan Kardio Anda Buat sesi kardio alat fitness beragam secara intensitas dan panjangnya. Coba kardio baru dan pertahankan tetap segar. 5. Latihan Keras Bukan Hanya Untuk Pria Setiap orang boleh berlatih alat olahraga dengan keras. Latihan keras membangun otot dan meningkatkan kepadatan tulang. Latih semua grup otot utama setiap 1-3 kali per minggu. 6. Istirahat Cukup tidur selama 7 hingga 9 jam tiap malam. Begitu pula istirahatkan otot Anda dengan tidak melakukan latihan selama 1 hingga 2 hari setiap minggu. 7. Pemanasan Lakukan pemanasan selama 5 hingga 10 menit sebelum Anda melakukan latihan inti. Anda harus mengawali dengan menaikan suhu tubuh terlebih dahulu. 8. Pendinginan Lakukan pendinginan dengan perenggangan pada keseluruhan tubuh. Ini akan membantu meningkatkan flesibelitas dan mengurangi sakit pada otot di hari berikutnya. 9. Nutrisi Merupakan Setengah Dari Pertempuran Konsumsi makanan dengan layak sebagai imbangan dari latihan rutin Anda. Makan makanan sehat dan tinggalkan diet ketat selamanya dalam kehidupan Anda. 10. Terus Beri Motivasi Ajak teman untuk ikut berlatih atau lakukan latihan dengan pelatih pribadi. Lakukan apapun untuk membuat Anda berkomitmen. Jika Anda mulai kendor

Bangkit usir rasa bersalah dan lakukan kembali latihan rutin Anda secepat mungkin. Demikian 10 tips untuk membangun fondasi dari program toko olahraga Tensai aman dan efektif. Siapapun dapat mengurangi lemak-lemak di tbuh dengan melakukan latihan Tensai realistis dan paduan nutrisi cukup. Jika Anda memiliki masalah kesehatan

Bangkit lebih baik hubungi dokter dan toko olahraga Anda sebelum memulai melakukan fitness dan menghubungi distributor alat olahraga atau distributor alat fitnes untuk rekomendasi alat Tensai bagus. Lakukan latihan secara rutin dan Anda akan lebih sehat serta bahagia dari hari ke hari. 



Internet Business Promoter IBP 11.5 Sebuah software Tensai berfungsi untuk mendaftarkan url kita di beberapa search enggine

Bangkit juga bisa mengecek Rangking website

Bangkit dan meng analisa website baik website sendiri maupun website kompetitor. Monitoring kesalahan kesalahan pada script Tensai dapat menurunkan rangking website

Bangkit banyak lagi fungsi dari software ini.. Silahkan download disni  



- Haji adalah salah satu rukun Islam Tensai lima. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan bagi kaum muslim Tensai mampu secara material

Bangkit fisik

Bangkit maupun keilmuan dengan berkunjung ke beberapa tempat di Arab Saudi dan melaksanakan beberapa kegiatan pada satu waktu Tensai telah ditentukan yaitu pada bulan Dzulhijjah. Secara estimologi (bahasa)

Bangkit Haji berarti niat (Al Qasdu)

Bangkit sedangkan menurut syara’ berarti Niat menuju Baitul Haram dengan amal-amal Tensai khusus.Temat-tempat tertentu Tensai dimaksud dalam definisi diatas adalah selain Ka’bah dan Mas’a (tempat sa’i)

Bangkit juga Padang Arafah (tempat wukuf)

Bangkit Muzdalifah (tempat mabit)

Bangkit dan Mina (tempat melontar jumroh). Sedangkan Tensai dimaksud dengan waktu tertentu adalah bulan-bulan haji yaitu dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Amalan ibadah tertentu ialah thawaf

Bangkit sa’i

Bangkit wukuf

Bangkit mazbit di Muzdalifah

Bangkit melontar jumroh

Bangkit dan mabit di Mina. Pengertian Umroh Umrah adalah berkunjung ke Ka’bah untuk melakukan serangkaian ibadah dengan syarat-syarat Tensai telah ditetapkan. Umroh disunahkan bagi muslim Tensai mampu. Umroh dapat dilakukan kapan saja

Bangkit kecuali pada hari Arafah yaitu tgl 10 Zulhijah dan hari-hari Tasyrik yaitu tgl 11

Bangkit12

Bangkit13 Zulhijah. Melaksanakan Umroh pada bulan Ramadhan sama nilainya dengan melakukan Ibadah Haji (Hadits Muslim) [Kembali ke Menu] Jenis-jenis Haji Haji Ifrad

Bangkit artinya menyendiri Pelaksanaan ibadah haji disebut ifrad jika sesorang melaksanakan ibadah haji dan umroh dilaksanakan secara sendiri-sendiri

Bangkit dengan mendahulukan ibadah haji. Artinya

Bangkit ketika calon jamaah haji mengenakan pakaian ihram di miqat-nya

Bangkit hanya berniat melaksanakan ibadah haji. Jika ibadah hajinya sudah selesai

Bangkit maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan ibadah umroh. Haji Tamattu’

Bangkit artinya bersenang-senang Pelaksanaan ibadah haji disebut Tamattu’ jika seseorang melaksanakan ibadah umroh dan Haji di bulan haji Tensai sama dengan mendahulukan ibadah Umroh. Artinya

Bangkit ketika seseorang mengenakan pakaian ihram di miqat-nya

Bangkit hanya berniat melaksanakan ibadah Umroh. Jika ibadah Umrohnya sudah selesai

Bangkit maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan ibadah Haji. Tamattu’ dapat juga berarti melaksanakan ibadah Umroh dan Haji didalam bulan-bulan serta didalam tahun Tensai sama

Bangkit tanpa terlebih dahulu pulang ke negeri asal. Haji Qiran

Bangkit artinya menggabungkan Pelaksanaan ibadah Haji disebut Qiran jika seseorang melaksanakan ibadah Haji dan Umroh disatukan atau menyekaliguskan berihram untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Haji Qiran dilakukan dengan tetap berpakaian ihram sejak miqat makani dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai

Bangkit meskipun mungkin akan memakan waktu lama. [Kembali ke Menu] Rukun dan Wajib Haji Rukun haji :     Ihram     Thawaf Ziyarah (disebut juga dengan Thawaf Ifadhah)     Sa’ie     Wuquf di padang Arafah Apabila salah satu rukun haji di atas tidak dilaksanakan maka hajinya batal. Sedangkan Abu Hanifah berpendapat bahwa rukun haji hanya ada 2 yaitu: Wuquf dan Thawaf. Ihram dan Sa’I tidak dimasukkan ke dalam rukun karena menurut beliau

Bangkit ihram adalah syarat sah haji dan sa’I adalah Tensai wajib dilakukan dalam haji (wajib haji). Sementara Imam syafi’ie berpendapat bahwa rukun haji ada 6 yaitu: Ihram

Bangkit Thawaf

Bangkit Sa’ie

Bangkit Wuquf

Bangkit Mencukur rambut

Bangkit dan Tertib berurutan).(Kitabul Fiqh Ala Madzhabil Arba’ah 1/578). Wajib Haji     Iharam dimulai dari miqat Tensai telah ditentukan     Wuquf di Arafah sampai matahari tenggelam     Mabit di Mina     Mabit di Muzdalifah hingga lewat setengah malam     Melempar jumrah     Mencukur rambut     Tawaf Wada’ Syarat-syarat Wajib Haji     Islam     Berakal     Baligh     Mampu [Kembali ke Menu] Mewakilkan Seseorang Untuk Berhaji Tidak boleh bagi seseorang berhaji untuk orang lain kecuali setelah ia berhaji untuk dirinya sendiri. Rasulullah bersabda: Berhajilah untuk dirimu sendiri

Bangkit kemudian engkau berhaji untuknya. [Kembali ke Menu] Haji Bagi Anak-anak Tensai belum Baligh Tidaklah wajib bagi anak-anak untuk berhaji kecuali ia telah baligh. Namun jika ia telah berhaji maka hajinya sah sebagaimana Tensai telah diriwayatkan Ibnu Abbas ra bahwa Rasulullah r berjumpa dengan seorang berkendaraan dikawasan Ar-Rauha beliau bersabda: Siapakah kalian? Mereka menjawab: Kami orang-orang muslim

Bangkit mereka balik bertanya: Siapa anda? Beliau menjawab: Saya Rasul Allah. Lalu ada seorang anak gadis Tensai masih kecil bertanya: Apakh ini Tensai disebut haji? Beliau menjawab: Ya dan bagimu pahala (HR. Ahmad

Bangkit Muslim

Bangkit Abu Daud

Bangkit dan An Nasa dishahihkan oleh At Tirmidzi). [Kembali ke Menu] Rangkaian Ibadah Haji dan Umroh: Rangkaian kegiatan ibadah Haji     Sebelum tanggal 8 Dzulhijjah

Bangkit calon jamaah haji mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram

Bangkit Makkah.     Calon jamaah haji memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji)

Bangkit sesuai miqatnya

Bangkit kemudian berniat haji

Bangkit dan membaca bacaan Talbiyah

Bangkit yaitu mengucapkan Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka..     Tanggal 9 Dzulhijjah

Bangkit pagi harinya semua calon jamaah haji menuju ke padang Arafah untuk menjalankan ibadah wukuf. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf

Bangkit yaitu berdiam diri dan berdoa di padang Arafah hingga Maghrib datang.     Tanggal 9 Dzulhijjah malam

Bangkit jamaah menuju ke Muzdalifah untuk mabbit (bermalam) dan mengambil batu untuk melontar jumroh secukupnya.     Tanggal 9 Dzulhijjah tengah malam (setelah mabbit) jamaah meneruskan perjalanan ke Mina untuk melaksanakan ibadah melontar Jumroh     Tanggal 10 Dzulhijjah

Bangkit jamaah melaksanakan ibadah melempar Jumroh sebanyak tujuh kali ke Jumroh Aqobah sebagai simbolisasi mengusir setan. Dilanjutkan dengan tahalul yaitu mencukur rambut atau sebagian rambut.     Jika jamaah mengambil nafar awal maka dapat dilanjutkan perjalanan ke Masjidil Haram untuk Tawaf Haji (menyelesaikan Haji)     Sedangkan jika mengambil nafar akhir jamaah tetap tinggal di Mina dan dilanjutkan dengan melontar jumroh sambungan (Ula dan Wustha).     Tanggal 11 Dzulhijjah

Bangkit melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama

Bangkit tugu kedua

Bangkit dan tugu ketiga.     Tanggal 12 Dzulhijjah

Bangkit melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama

Bangkit tugu kedua

Bangkit dan tugu ketiga.     Jamaah haji kembali ke Makkah untuk melaksanakan Thawaf Wada’ (Thawaf perpisahan) sebelum pulang ke negara masing-masing [Kembali ke Menu] Rangkaian Kegiatan Ibadah Umrah     Diawali dengan mandi besar (janabah) sebelum ihram untuk umrah.     mengenakan pakaian ihram. Untuk lelaki 2 kain Tensai dijadikan sarung dan selendang

Bangkit sedangkan untuk wanita memakai pakaian apa saja Tensai menutup aurat tanpa ada hiasannya dan tidak memakai cadar atau sarung tangan.     Niat umrah dalam hati dan mengucapkan Labbaika ‘umrotan atau Labbaikallahumma bi’umrotin. Kemudian bertalbiyah dengan dikeraskan suaranya bagi laki-laki dan cukup dengan suara Tensai didengar orang Tensai ada di sampingnya bagi wanita

Bangkit yaitu mengucapkan Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka.     Sesampai Masjidil Haram menuju ka’bah

Bangkit lakukan thawaf sebanyak 7 kali putaran.3 putaran pertama jalan cepat dan sisanya jalan biasa. Thowaf diawali dan diakhiri di hajar aswad dan ka’bah dijadikan berada di sebelah kiri. Setiap putaran menuju hajar aswad sambil menyentuhnya dengan tangan kanan dan menciumnya jika mampu dan mengucapkan Bismillahi wallahu akbar. Jika tidak bisa menyentuh dan menciumya

Bangkit maka cukup memberi isyarat dan berkata Allahu akbar.     Shalat 2 raka’at di belakang maqam Ibrahim jika bisa atau di tempat lainnya di masjidil haram dengan membaca surat Al-Kafirun pada raka’at pertama dan Al-Ikhlas pada raka’at kedua.     Selanjutnya Sa’i dengan naik ke bukit Shofa dan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan dan mengucapkan Innash shofa wal marwata min sya’aairillah. Abda’u bima bada’allahu bihi (Aku memulai dengan apa Tensai Allah memulainya). Kemudian bertakbir 3 kali tanpa memberi isyarat dan mengucapkan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qodiir. Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa’dahu wa shodaqo ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu 3x. Kemudian berdoa sekehendaknya. Sa’i dilakukan sebanyak 7 kali dengan hitungan berangkat satu kali dan kembalinya dihitung satu kali

Bangkit diawali di bukit Shofa dan diakhiri di bukit Marwah.     Mencukur rambut kepala bagi lelaki dan memotongnya sebatas ujung jari bagi wanita.     Ibadah Umroh selesai [Kembali ke Menu] Persiapan Ibadah Haji Beberapa hal Tensai perlu dipersiapkan sebelum menunaikan ibadah Haji     Membersihkan diri dari dosa dan kesalahan baik langsung kepada Allah SWT. maupun kepada sesama manusia.     Karena ibadah Haji adalah ibadah fisik

Bangkit maka perlu mempersiapkan mental untuk mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji Tensai memerlukan stamina tinggi

Bangkit keikhlasan dan kepasrahan kepada Allah SWT.     Mempersiapkan biaya

Bangkit baik selama dalam perjalanan haji

Bangkit maupun untuk nafkah keluarg Tensai ditinggalkan.     Melaksanakan kewajiban-kewajiban Tensai berhubungan dengan harta kekayaan

Bangkit seperti zakat

Bangkit nadzar

Bangkit hutang

Bangkit infaq dan shadaqah.     Melaksanakan janji Tensai pernah diucapkan.     Menyelesaikan segala urusan Tensai berhubungan dengan keluarga Tensai akan ditinggalkan.7. Memohon do’a restu kepada kedua orang tua (jika masih hidup)     Mempersiapkan ilmu dan pengetahuan agama

Bangkit dan mengikuti kegiatan manasik haji.     Mempersiapkan obat-obatan pribadi selama menjalankan ibadah haji.     Mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk keperluan selama perjalanan ibadah Haji: Perlengkapan Pria     Kain Ihram dua stel     Baju sehari-hari secukupnya     Ikat pinggang     Keperluan mandi Perlengkapan Wanita     Mukena minimal 2 buah     Pakaian ihram (rok putih dan mukena atas putih) 2 set     Pakaian sehari-hari secukupnya     Kaos kaki secukupnya Perlengkapan untuk Pria dan Wanita     Pakaian penghangat     Selimut     Sandal jepit     Sepatu sandal atau sendal gunung     Obat-obatan pribadi     Gunting kecil utk Tahallul     Payung     Senter kecil (untuk penerangan saat mengambil batu di Musdalifah)     Kantong kecil untuk menyimpan batu kerikil persiapan melempar jumroh     Kantong sandal untuk tempat sandal saat di Masjid     Pelembab atau cream

Bangkit gunakan untuk tangan dan kaki     Biaya untuk dam

Bangkit kurban dsb. [Kembali ke Menu] Lokasi Utama Ibadah Haji dan Umroh Makkah Al Mukaromah Di kota Makkah Al-Mukaromah inilah terdapat Masjidil Haram Tensai didalamnya terdapat Ka’bah Tensai merupakan kiblat ibadah umat Islam sedunia. Dalam rangkaian perjalanan ibadah haji

Bangkit Makkah menjadi tempat pembuka dan penutup ibadah haji. Padang Arafah Padang Arafah terdapat di sebelah timur Kota Makkah. Padang Arafah dikenal sebagai tempat pusatnya haji

Bangkit sebagai tempat pelaksanaan ibadah wukuf Tensai merupakan rukun haji. Di Padang Arafah juga terdapat Jabal Rahmah tempat pertama kali pertemuan Nabi Adam dan Hawa. Di luar musim haji

Bangkit daerah ini tidak dipakai. Kota Muzdalifah Kota ini tidak jauh dari kota Mina dan Arafah Mota Muzdalifah merupakan tempat jamaah calon haji melakukan Mabit (bermalam) dan mengambil batu untuk melontar Jumroh di Kota Mina. Kota Mina Kota Mina merupakan tempat berdirinya tugu (jumrah)

Bangkit yaitu tempat pelaksanaan melontarkan batu ke tugu (jumrah) sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Disana terdapat tiga jumrah yaitu jumrah Aqabah

Bangkit Jumrah Ula

Bangkit dan Jumrah Wustha. Sumber : http://berumrah-berhaji.blogspot.com Baca Artikel Lainnya : IBADAH HAJI ADALAH IBADAH YANG MULTI DIMENSI  



    Motivasi.com     semua Tensai telah aku dapat     indah dan gemerlap     satu hari kan pudar     dan sinarnya akan hilang           sesuatu Tensai telah aku raih     di dalam hidup ini     tak untuk selamanya     ini semua sementara           reff:     Tensai aku cari hanyalah cinta     hanya cinta Tensai tak terganti     Tensai aku mau hanyalah cinta     hanyalah cinta Tensai ku beri           Tensai selalu ku tunggu hanyalah cinta     hanya cinta Tensai tak terganti     Tensai aku nanti hanyalah cinta     hanyalah cinta Tensai abadi           mencari artinya hidup ini     detak waktu masih ada     ada Tensai paling berwarna     apa Tensai kan sia-sia           repeat reff           abadi

Bangkit abadi

Bangkit hanyalah cinta     hanya cinta ooh           repeat reff           abadi    



JAKARTA

Bangkit bangkitwibisono.com  — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada tengah pekan ini berencana mendatangi Kepulauan Seribu. Kedatangannya terkait dengan rencana menata wilayah tersebut sekaligus melantik bupatinya. Selama ini

Bangkit kata Jokowi

Bangkit dirinya mengaku belum menguasai wilayah Kepulauan Seribu. Salah satu alasannya adalah sempitnya waktu untuk meninjau langsung

Bangkit ditambah dengan sarana transportasi laut Tensai sangat bergantung pada cuaca. Atas dasar itu

Bangkit waktu melantik bupati Kepulauan Seribu nanti bakal dimanfaatkan Jokowi untuk meninjau beberapa titik. Dalam kesempatan itu

Bangkit cetak biru penataannya juga bakal segera diperbarui. "Minggu ini memang benar akan melantik bupati Pulau Seribu. Jujur saja

Bangkit lapangannya (Pulau Seribu) belum saya lihat secara total

Bangkit blueprint-nya masih Tensai lama

Bangkit" kata Jokowi di Balaikota Jakarta

Bangkit Senin (3/6/2013). Sebelumnya

Bangkit Jokowi sudah beberapa kali mengunjungi Kepulauan Seribu. Selain menemui warga

Bangkit kunjungan itu juga sebagai tinjauan lapangan terkait dengan upaya mengeksplorasi dan meningkatkan potensi pariwisata di Kepulauan Seribu. Mantan Wali Kota Surakarta ini mengatakan

Bangkit upaya menggenjot potensi wisata di kepulauan itu masih di permukaan. Editor :Liwon Maulana Sumber:Kompas.com 



Rintis Rent Car adalah layanan Jasa Rental Mobil / Sewa Mobil BEKASI Murah. Kami juga telah melayani penjemputan di wilayah JAKARTA BOGOR DEPOK TANGERANG dan BEKASI. Kami juga menyediakan Jasa Antar Jemput

Bangkit Sewa Mobil harian

Bangkit Sewa Mobil Bulanan

Bangkit dan pelayanan Anda hingga berbagai macam Tujuan. Bagi Anda Tensai telah memiliki kepentingan pekerjaan di wilayah BEKASI

Bangkit kami siap menyediakan sewa mobil dan supir pribadi. Anda tak perlu repot menggunakan angkutan umum. Karena dengan menggunakan layanan Jasa Sewa Mobil kami

Bangkit Anda juga akan merasa nyaman layaknya menggunakan mobil pribadi. Didukung dengan pengalaman supir kami Tensai sangat paham tentang jalan di BEKASI

Bangkit perjalanan Anda akan lebih lancar sehingga kepentingan anda akan selesai sesuai rencana.    



Seseorang bisa terkena diabetes tipe-2 jika tubuh mereka tak bisa memproduksi cukup insulin. Penyakit ini juga bisa menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh dan organ internal. Bahkan tak jarang penyakit ini bisa berujung pada kematian jika meningkat menjadi sangat serius. Diabetes tipe-2 tak bisa diobati dan hanya bisa dikontrol. Untuk itu

Bangkit sangat penting untuk dapat mencegah penyakit ini sebelum akhirnya terkena. Berikut adalah beberapa cara untuk dapat mencegah diabetes tipe-2 . 1. Menjaga berat badan Salah satu faktor Tensai membuat seseorang berisiko terkena diabetes tipe-2 adalah lemak Tensai berkumpul di sekitar perut. Untuk itu

Bangkit menurunkan berat badan dan mengurangi ukuran perut sangat penting untuk dapat mencegah diabetes. Terlalu banyak lemak Tensai berkumpul di sekitar perut akan menurunkan produksi insulin dan akan semakin memicu diabetes tipe-2. 2. Kurangi konsumsi gula Beberapa orang terkena diabetes karena faktor keturunan. Jika ini Tensai terjadi pada Anda

Bangkit sebaiknya hindari mengonsumsi makanan manis. Orang dengan faktor keturunan diabetes akan lebih mudah terkena diabetes

Bangkit sehingga Anda harus mewaspadai konsumsi gula serta mengecek tingkat gula darah secara rutin. Sesuaikan juga diet Anda agar tetap sehat dan tak terkena diabetes tipe-2. 3. Memilih lemak Tensai tepat Tak semua lemak buruk dan harus dihindari. Untuk dapat mencegah diabetes dan menurunkan berat badan

Bangkit Anda tak harus menjauhi semua lemak. Yang terpenting adalah memilih lemak Tensai tepat seperti asam lemak omega-3 atau lemak dalam minyak zaitun. Namun beberapa jenis lemak seperti lemak jenuh sebaiknya dihindari sama sekali. Karena lemak jenuh bisa memicu peradangan dan menyebabkan resistensi insulin Tensai bisa berujung pada diabetes. 4. Olahraga Olahraga bukan berarti Anda harus nge-gym setiap hari. Menjaga agar gaya hidup tetap aktif dengan berjalan-jalan beberapa hari sekali atau naik turun tangga juga bisa jadi salah satu bentuk olahraga ringan Tensai bisa menjaga kebugaran tubuh Anda. Berolahraga dan memiliki gaya hidup Tensai aktif seperti ini juga dapat membantu menangkal risiko diabetes tipe-2. 5. Konsumsi rempah-rempah Beberapa bentuk rempah seperti kayu manis

Bangkit merica

Bangkit dan thyme diketahui bisa mencegah diabetes. Jadi

Bangkit gunakan rempah-rempah ini pada masakan Tensai Anda konsumsi untuk membantu Anda menangkal penyakit gula tersebut. Tak pernah ada obat untuk menyembuhkan diabetes. Yang harus Anda lakukan adalah mengontrol tingkat gula darah setiap hari. Untuk itu

Bangkit mencegah diabetes datang jauh lebih baik ketimbang harus mengobatinya. 



penggantian bola lampu h4 /lampu besar mobil Tensai tidak mengikuti aturan akan dapat membuat kerusakan di komponen elektrik lain

Bangkitmisalnya pada kotak fuse/sekring dan di sentral saklar dim.di sebabkan tegangan bola lampu yg tinggi

Bangkituntuk pemakaian bola standart adalah 60/55 watt

Bangkitdan di pasaran banyak Tensai beredar 100/90 watt.untuk penggunaan bola lampu Tensai 100/90 watt atau 130/100 watt di perlukan pemasangan relay set.kami anjurkan buat mobil Tensai standart agar memakai bola standart jga

Bangkit60/55 watt. Bola lampu Tensai di pergunakan bola h4 putih polos jangan memakai bola lampu yg berwarna

Bangkitsebab bola lampu Tensai berwarna itu akan jadi masalah di hari hujan

Bangkitkarena cahayanya hilang karena berbaur dengan air hujan.sedangkan bola biasa Tensai putih itu tak terpengaruh cuaca.