Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Tumbal kutukan

Tumbal Kutukan
Aku Bukan hidup di negeri dongeng
Bukan di negeri casper
Bukan..
Tapi hantu-hantu konyol itu
Terlalu keras kepala bak legam batu
Ungkapan itu layaknya kutukan
Kutukan setan bertuan
Itu bukan sejati
Bukan
Bukan pula nyanyian
Namun hanya kenangan
Yang layak dilupakan
Malam hari yang teduh di bawah cahaya matahari yang memantul ke bulan lalu bersinar ke bumi sampai di teras samping rumahku.
Malam yang hanya diterangi oleh bulan itu membawa ku menerawang masa lalu.
“ Kamu cewekku kan ?”
Bulu kudukku berdiri. Kalimat itu masih terngiang di telingaku. Kalimat itu selalu menghantuiku. Seakan-akan terus mengejarku untuk menjemputku mengikuti sang empunya kata-kata itu. Meskipun lima tahun sudah berlalu, kalimat itu masih jelas teringat.
Mungkin ini tidak penting. Ya, sama sekali tidak penting. Bahkan sangat konyol. Konyol sekali. Tapi entah kenapa kalimat itu seperti maklampir yang mengganggu kenyamananku. Kalimat dari seorang bocah laki-laki yang masih ingusan. Bocah TPQ yang masih kelas satu Sekolah Dasar. Ia mengatakan kalimat itu di depan pintu TPQ malam itu. Sedangkan aku berada di balik kusen pintu sebelah dalam. Waktu itu aku masih TK nol besar. Aku hanya melongo mendengar kalimat itu yang secara tiba-tiba tanpa ba bi bu lagi. Senyum bocah TPQ yang polos. Tetapi dengan entengnya mengatakan cinta. Memang hebat. Sinetron TV telah sukses menjadi benalu anak-anak
Tapi adegan singkat konyol itu sangat menyeramkan bagiku. Seandainya kejadian tadi siang tidak terjadi mungkin aku tidak akan ingat kalimat itu. Bahkan sama sekali terlupakan. Meski sesekali teringat, aku yakin tak akan menjadi masalah besar. Tak kan menjadi hantu dalam pikiranku. Tak akan membuat bulu kudukku merinding.
Siang tadi sepulang ayah dari mengajar, ayah tiba-tiba membawa berita yang mengagetkan. Sangat mengagetkan.
“ Fifah…!” Suara ayah dari luar masih pada posisi menaiki motor menuju depan rumah. Sehingga suara Ayah tak terdengar jelas olehku. Aku dan Ibu bergegas keluar. Mendengar suara Ayah yang geger.
“ Ada apa yah ?”
“ Nizam.”
“ Nizam kenapa Yah ?”
***
Waktu menunjukkan pukul 01.00. Pak Sargino melirik tubuh Nizam yang terbaring di atas kursi dengan berselimutkan handuk. entah setan mana yang merasuki tubuh Pak Sargino.
“ Allaaahuakbar !” Teriak Pak Sargino sembari menghempaskan arit dari belakang ke depan. Tepat menuju leher Nizam. Tinggal satu senti meter lagi arit Pak Sargino berhasil menyembulkan darah segar dari balik kulit Mongoloid Nizam. Namun nyaris. Tiba-tiba tangan kekar dari seorang laki-laki menahan tangan Pak Sargino.
“ Bapak…!” Teriak laki-laki itu.
“ Kau sudah gila Pak. Dia anakmu Pak. Dia anakmu. Mau kau apakan dia ?!” Laki-laki itu membentak-bentak Pak Sargino yang ada di depannya itu. Yang tak lain adalah ayahnya sendiri. Pak Sargino hanya bisa diam menunduk memandangi lantai tanah bak anak kecil yang dimarahi oleh ayahnya karena terlambat pulang dari bermain.
“ Yazid, ada apa ?” Suara wanita berkepala lima dari bilik kamar. Terdengar suara kaki dari wanita itu yang bergegas untuk beranjak ke tempat keributan.
“ Mak, laki-laki ini sudah gila. Dia mau membunuh Si Bungsu !” Ujar Yazid naik satu oktaf.
Kejadian malam itu membuat semua anggota rumah terbangun dari tidur mereka. Termasuk Mila, anak pertama Pak Sargino dan Nur, anak ke tiga Pak Sargino.
“ Ya sudah Zam. Kamu tidur sama mas ya.” Ujar Yazid sambil merangkul Nizam.
Nizam mengangguk sambil menangis sesengukan.
Akhirnya kokok ayam jago terdengar juga. Setelah kejadian tadi malam Yazid tidak bisa tidur karena menjaga Nizam. Kejadian tadi malam tidak hanya terjadi satu atau dua kali. Namun kejadian serupa itu tidak senyaris tadi malam.
“ Mas, Nizam berangkat dulu ya. Hari ini Nizam nggak sekolah. Tapi nonton tandingan voli di SD lima.”
“ Loh, kenapa nggak sekolah ?”
“ Nizam jadi supporter. Lagi pula kan habis ulangan umum. Jadi di sekolah nggak dapat pelajaran.”
“ Ya udah. Nanti pulangnya mas susul ya. Pokoknya jangan pulang sendiri kalau mas belum nyusul kamu. Takut nanti kamu dijegat Bapak di jalan.”
“ Iya mas.” Nizam mencium tangan kakak tersayangnya.
Nizam lalu menuju ibunya yang sedang sibuk membuka warung dan bersiap-siap untuk membawa dagangan ke pasar.
“ Mak, Nizam berangkat dulu ya.”
“ Iya nak. Hati-hati ya ?”
Bu Nurul memandang lekat anak laki-lakinya itu dan memeluknya dengat penuh kasih. Tak terasa sebutir air mata Bu Nurul jatuh di atas punggung Nizam. Entah perasaan apa yang mengganggu Bu Nurul.
“ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.”
“ Iya Mak. Emak tenang aja.” Suara Nizam terdengar gemetaran. Mata Nizam pun berkaca-kaca.
Nizam berlalu dari Emak.
“ Ya Allah. Tidak seperti biasanya aku sekhawatir ini. Ya Allah…lindungilah anakku Nizam ” Ujar Bu Nurul dalam hati.
***
Anak-anak sekolah sudah ramai berlalu di jalan depan rumah Nizam. Sepertinya mereka dari arah SD lima. Itu tandanya pertandingan voli sudah usai.
“ Mbak Mila, sepedanya di mana ?” Tanya Yazid tiba-tiba kepada Mila yang berusaha menyembunyikan arit ayahnya yang sudah dua minggu di asah setiap pagi dan sore.
“ Yazid, kamu ngagetin mbak.”
“ Maaf mbak. Sepedanya di mana ya mbak ?”
“ Di bawa Emak ke pasar.”
“ Pinjam tetangga saja kalau mau nyusul Nizam.”
Yazid berlalu dari Mila. Terik matahari jam satu siang menantang Yazid untuk bergelut dengan debu kemarau.
Sementara Nizam menunggu kedatangan kakaknya di lapangan. Nizam sudah mulai gelisah menunggu kedatangan kakaknya.
“ Ah, mungkin kakak lupa.” Ujarnya dalam hati.
“ Zam, mau pulang bareng aku nggak ?” salah seorang teman Nizam menawarkan diri untuk membonceng Nizam.
Sejenak Nizam mengernyitkan dahinya
“ Ah, mungkin kakak lupa. Dari pada nanti jalan kaki. Mungkin lebih baik aku nebeng saja.” Ujarnya kembali dalam hati
“ Boleh.”
Nizam akhirnya pulang bersama temannya. Mereka memilih pulang melalui jalan depan.
Sedangkan dengan kelajuan tinggi Yazid mengayuh sepeda untuk menyusul Nizam melalui jalur belakang. Yazid terus mengayuh sepeda yang dinaikinya. Setelah sampai di lapangan, Yazid menunggu Nizam. Ia menunggu dan menunggu. Namun hingga lapangan kosong tak ada anak-anak lagi yang berlalu-lalang, Yazid tak juga bertemu dengan Nizam.
***
“Salamu’alaikum.”
“ Kumsalam. Loh, Zam. Kamu pulang sama siapa ?” Tanya Mila kebingungan.
“ Sama temen mbak.”
“ Ya ampun Nizam. Masmu tadi nyusul kamu.”
“ Ku kira tadi mas Yaz lupa. Jadi aku pulang sendiri sama temen.”
Nizam bergegas masuk rumah. Namun di cegah oleh Mila.
“ Nizam jangan masuk. Nanti kamu ketahuan Bapak. Mamasmu belum sampai di rumah. Bapak cuma takut sama mamas. ”
“ Aku aus mbak. Laper.”’
“ Nanti biar mbak yang ngambilin.”
Nizam tak memperdulikan kata-kata kakaknya. Dia sudah tidak sabar ingin menenggak air putih. Setelah tiga tenggakkan air putih dari cerek, Nizam menciduk satu entong nasi dan mengambil lauk yang tersedia di atas meja makan. Baru satu sendok nasi masuk ke mulutnya, Nizam melihat bayangan laki-laki di dinding dengan arit yang digenggam yang akan dihempaskan ke arah leher Nizam.
Nizam lalu berlari keluar sekuat tenaga sambil membawa piring dan mengunyah nasi yang masih berada di dalam mulutnya.
“ Nizam…!” Teriak Mila sambil menangis meronta-ronta.
“ Tolong…tolong...Nizam…!” Mila berteriak sekuat-kuatnya. Namun siang itu nampaknya sangat sepi. Tidak ada satu orang pun yang lewat.
“ Tolong…Tolong…” Mila terus berteriak meminta tolong.
Nizam dan ayahnya masih berkejar-kejaran di jalan. Dengan sepiring nasi yang masih di tangan Nizam. Berkali-kali arit Pak Sargino hampir merenggut punggung Nizam.
Nizam hanya bisa terus berlari dan berlari tanpa memperdulikan apapun. Namun ternyata laki-laki tua itu seperti meminum ramuan kuat sehingga walaupun usianya yang sudah lanjut kakinya tetap kuat memancal tanah-tanah kemarau yang panas dan kering.
Nizam pun mencapai titik lelahnya. Ia terseok-seok berusaha berlari dari kejaran ayahnya. Namun laki-laki tua itu masih kuat seperti kesetanan. Atau malah memang kesetanan. Di dalam lelahnya, Nizam masih sempat menelan nasi yang ia kunyah dari tadi. Namun karena langkah Nizam yang semakin pelan, arit pun sempat melayang di punggung Nizam. Darah segar pun tak mau bersembunyi dari punggungnya. Darahnya turut menemani Nizam untuk berjuang lari dari serigala haus. Daging punggungnya yang mencuat dan darah yang terus berbondong-bondong keluar seakan membisikinya. Ayo Nizam. Ayo. Jangan biarkan teman kami ikut keluar meninggalkan persemayamannya. Mereka sangat bahagia hidup di bawah nadimu !.
Tapi teriakkan-teriakan darahnya tak mampu menjadi ramuan kuat untuk Nizam. Justru semakin banyak teriakan-teriakan darah yang ia dengar, tubuh Nizam semakin ingin melayang. Seolah-olah tubuhnya kosong. Pandangannya terganggu oleh ribuan kunang-kunang yang mengelilinginya. Namun Nizam tetap terus berlari dan berlari. Sambil merasakan nasi yang ia telan tadi berjalan di kerongkongan. Terasa sangat kering. Nizam pun tersedak hingga ia tak menyadari sebongkah batu menjagal kaki mongoloidnya yang membuatnya tersungkur di atas tanah. Badannya mengguling dan terjerembab ke dalam selokan.
Sempat datang rasa sesalnya karena telah keras kepala terhadap kata-kata kakaknya tadi. Sempat terlihat bayang-bayang emak pagi tadi. Masih ia rasakan dekapan hangat Emak. Masih ia rasakan hangatnya tetesan air mata Emak yang menetes di atas punggungnya. Masih terngiang kata-kata Emak. “ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.” Masih terlihat bayangan senyuman sayang kakak ke-tiganya Nur kamilah.
Ia menyesal. Dalam hatinya ia berkata. Emak,mbak Mila, Mas Yaz maafkan aku. Seandainya aku mengikuti kata-kata kalian. Seandainya. ..Ya Allah…
Di tengah kaburnya pandangan Nizam, terdengar hentakan kaki ayahnya bak serigala lapar yang akan menerkam mangsanya yang sudah sekarat.
Serigala itu pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan emasnya. Hentakan kakinya melaju semakin kencang dan semakin mendekat. Suara hempasan arit terdengar sangat tajam. Nizam sudah pasrah untuk menjadi mangsa sang serigala. Ia sudah tak berdaya lagi untuk melakukan perlawanan.
Suara hempasan arit itu semakin tajam terdengar dan akhirnya bukan sekedar hempasan. Kini arit itu sudah berhasil memisahkan nadi yang menghubungkan leher dan dada Nizam. Darah yang sudah bahagia bersemayam di bawah nadi Nizam pun berhasil diusir oleh pemilik darah dagingnya. Pak Sargino. Dialah pemilik darah daging itu. Nasi yang sejak tadi berusaha berjalan menuju lambung dengan melewati jalur kerongkongan Nizam ikut terusir bersama dengan darahnya.
“ Nizaaaaaaam……! “ Teriakan Mila semakin histeris. Ia memukul-mukul tanah dan bersumpah serapah kepada Ayahnya sendiri.
“ Puas kau Sargino ? Puas ? Nizam anakmu sudah mati di tanganmu. Jadi tidak usah khawatir lagi Nizam akan mati di tangan orang lain. Lihat ! Lihat mayat anakmu orang gila !”
Air mancur yang berwarna merah itu ternyata berhasil membuat Pak Sargino terbangun dari belenggunya. Ia memandangi jenazah putranya yang kepalanya nyaris terpisah dari tubuhnya. Hanya tinggal tulang punggung Nizam yang menghubungkan kepala Nizam dengan tubuhnya.
Tak terasa arit yang sedari tadi digenggam kuat oleh pak Sargino terlepas dari genggamannya. Dia pun jatuh berlutut di depan mayat anaknya. Mutiara penyesalan mengalir di pipi legamnya yang kasar. Ia memandang lekat wajah mayat anaknya. Terlontar ungkapan lirih dari mulut keringnya.
“ Nizam. ..”
“ Nizam anakku. Apa yang terjadi nak ? Apa yang terjadi ?”
Sementara Mila masih menangis histeris. Bergulung-gulung di atas tanah. Tangisannya mengundang para tetangga untuk mengerubuni kejadian itu.
Tiba-tiba Yazid datang dengan ekspresi bingung karena banyak orang di rumahnya dan melihat kakaknya menangis histeris.
“ Ada apa ini ?” Yazid kebingungan.
“ Adikmu Yaz. Adikmu. Nizam” Kata seorang kakek-kakek dengan tergesa-gesa.
“ Nizam ? kenapa Nizam ?”
“ Nizam disembelih Bapakmu !”
“ Apa ?!” Nizam langsung berlari dan menerobos kerumunan orang banyak.
“ Nizam. . .! Nizam maafkan mas Zam. Ini semua gara-gara Mas. Seandainya saja Mas tidak lama menjemputmu. Mungkin kamu masih selamat Zam. Zam maafkan Mas Zam. Bangunlah Zam. Bangun. Mas memang salah !” Yazid berteriak menyalahkan dirinya sendiri.
“ Sudahlah Yaz, memang sudah takdirnya seperti ini. Tidak ada yang bisa disalahkan.” Kakek-kakek tadi menasehati Yazid.
Sudah dua jam lebih jenazah Nizam tergeletak di selokan di bawah teriknya matahari. Yang hanya diselimuti dengan Koran. Namun polisi tak kunjung datang. Tidak ada yang berani mengangkat jenazahnya karena takut menjadi tersangka apabila sidik jarinya meninggalkan jejak pada mayat. Namun Mbah Suryo, tukang urut di desa itu tak tega lagi membiarkan jenazah Nizam terlantar di bawah teriknya sinar matahari. Akhirnya Mbah Suryo mengngkat jenazah Nizam.
Dan benarlah, Mbah Suryo berurusan dengan polisi. Namun karena ada banyak saksi dan bukti-bukti, maka Mbah Suryo tidak bersalah.
Kini Pak Sargino sedang berurusan dengan polisi.
***
Bendera kuning sudah terpasang di depan rumah Nizam. Suasana duka yang menyelimuti rumah Nizam menyimpan banyak pertanyaan. Ku lihat sejak tadi Mbak Mila berulang kali pingsan. Dia sangat sock atas meninggalnya adiknya yang tidak wajar itu. Karena dia melihat sendiri Ayahnya menyembelih Nizam tepat di hadapannya.
Setiap kali siuman selalu berteriak menyalahkan diri sendiri.
“ Ya Allah Nizam…mbakmu ini bodoh. Mbakmu ini bodoh…!”
“ Dasar Sargino Gila ! Sargino gila ! Orang gila !” Mbak Mila ber sumpah serapah untuk Ayahnya sendiri sambil berteriak-teriak dan tubuhnya meracau tak karuan seperti kuda lumping yang kesurupan.
“ Sudah Mila. Sabar…ikhlaskan semuanya…memang sudah waktunya adikmu dipanggil Yang Kuasa.” Seorang ibu-ibu berkepala lima menenangkan mbak Mila.
Sedangkan di sudut ruangan ku lihat Ibunya Nizam dan Mbak Nur. Mereka tampak lebih tabah dan kuat. Meskipun air mata tak luput turut mengalir.
Aroma bunga dan minyak klentik membuat suasanan duka semakin kental. Aku sedikit menguping percakapan antara Ibu dengan seorang Ibu-ibu yang merupakan tetangga dekat Nizam.
“ O…jadi gitu ceritanya…Memang Ayahnya kenapa kok bisa gitu ?” Tanya ibuku.
“ Ayahnya itu punya penyakit gila tahunan. Tiap tahunnya dia selalu mengincar salah satu anaknya. Tahun ini yang diincar si Nizam. Sebenarnya si Nizam tu udah diincar dua minggu yang lalu. Tapi selalu ketauan sama Yazid. Bapaknya kan paling takut sama si Yazid.”
“ Memang gara-gara apa kok ayahnya bisa sakit ?”
“ Belum ada yang tau. Penyakitnya memang aneh.”
“ Kok nggak diperiksa ke psikiater ?”
“ Dulu sih katanya udah. Tapi katanya nggak ada yang bisa ngobatin. Obat apa ajalah. Belum ada yang bisa.”
“ O…gitu.”
***
“ Fifah, ayo masuk ke dalam. Udah idup listrik. Jangan di teras terus. nanti kamu masuk angin lo.”
Suara Ibu membuyarkan lamunanku yang sudah lama.
Ku lihat cahaya matahari yang memantulkan sinarnya ke bulan sabit malam ini berkata kepadaku. Sudah malam. Tidurlah…
“ Iya Bu.”
“ Kamu melamun ya Fah ?”
“ Nggak kok Buk. Fifah nggak ngelamun. Cuma inget kejadian tadi siang aja. Serem ya Buk ”
Ibu hanya tersenyum.
Keesokan hari tak sengaja aku menemukan Koran baru di atas tas ayah. Dari gambar Koran tersebut Nampak seperti lokasi kejadian pembunuhan kemarin. Di salah satu halaman Koran tersebut tertulis dengan huruf tebal “ Seorang Ayah Menggorok Leher Anaknya Sendiri “. Di sana tertulis bahwa Bu Nurul menuntut balas terhadap suaminya untuk dihukum mati. Dia belum dapat menerima begitu saja tindakan suaminya terhadap anak bungsunya.
Di dalam Koran tersebut juga diungkapkan bahwa penyakit kejiwaan Pak Sargino bukan karena terjadinya peristiwa yang membuat dia sock. Tetapi di sana diungkapkan bahwa Pak sargino mengaku bahwa ketika dia masih berguru dengan Mbah Ahrun, dia diberikan sebuah bungkusan. Mbah Ahrun berpesan bahwa buntelan itu tidak boleh di buka sebelum Pak Sargino berusia enam puluh tahun. Apabila dibuka sebelum jatuh tempo, maka Pak Sargino akan mendapatkan kutukan. Namun karena beliau tidak sabar untuk mengetahui isi bungkusan berbalut kain putih itu, maka sebelum beliau berumur enam puluh tahun, beliau membuka bungkusan itu. Maka beliau terkena kutukan. Kutukan tersebut adalah penyakit kejiawaan yang diderita Pak Sargino yang akan kambuh setiap satu tahun sekali. Dan akan sembuh apabila salah satu dari anaknya menjadi tumbal.
Sejak saat itu Bu Nurul tak pernah memaafkan suaminya. Beliau tetap kekeh meminta agar suaminya dihukum mati. Beliau sudah mengorbankan semua harta bendanya untuk membayar pengacara. Semua ladang, dagangan, rumah, semuanya habis terjual. Namun hukum berkata lain. Pak sargino dinyatakan tidak bersalah. Karena tindakan pembunuhannya dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Meskipun Pak Sargino sendiri bersedia dihukum mati karena rasa sesal beliau.
Awalnya Bu Nurul tidak terima dengan keputusan ini. Namun Bu Nurul mencoba menerima keputusan ini dengan lapang dada.
Sejak peristiwa itu penyakit kejiwaan Pak Sargino tak pernah kambuh lagi. Bahkan beliau menjadi salah satu tokoh agama di desanya.
Aku juga tak mengerti. Terkadang hidup ini seperti hidup di negeri dongeng. Hal-hal yang aneh pun bukan tak mungkin bisa terjadi.
Aku juga tak mengerti apakah aku percaya dengan cerita seperti ini ? tapi inilah kenyataan. Tapi betapa kolotnya aku apabila aku mempercayainya
Entahlah. Yang jelas, setiap aku mengingat ungkapan cinta dari Nizam di depan pintu TPQ itu, membuat bulu kudukku berdiri. Kata-kata itu seperti hantu Nizam yang selalu mengikutiku. Tapi apabila aku ingat bahwa hal itu adalah hal yang konyol, aku hanya melupakannya begitu saja. Terkadang aku hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa hidup ini hanya ada “ya” dan “tidak”.
***

 

 

oleh

 
Posted by Bangkit Wibisono at Tuesday, 16 September 2014
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Bandung

Bangkit Saco- Indonesia.com

Bangkit Badan Nasional Penanggulangan Teroris atau BNPT menduga Pelaku bom bunuh Wibisono ri Wibisono Mapolres Poso merupakan satu jaringan dengan teroris Wibisono Jakarta

Bangkit Bandung

Bangkit Solo

Bangkit NTT

Bangkit Aceh

Bangkit Tensai merupakan anak buah dari Abu Umar

Bangkit Abu Roban

Bangkit Kodrat

Bangkit Sofyan dan Jamil. Demikian hal itu Wibisono katakan Kepala BNPT

Bangkit Ansyad Mbai

Bangkit Selasa (4/6) hari ini. Ansyad mengatakan

Bangkit aparat kepolisian dari mabes polri terus melakukan identifikasi terkait pelaku bom bunuh Wibisono ri Tensai terja Wibisono Wibisono Poso

Bangkit dan hal ini perlu Wibisono lakukan untuk mengetahui jaringan-jaringan mana. Karena saat ini jaringan teroris tersebut mencari bibit-bibit baru untuk Wibisono ja Wibisono kan sel-sel teroris. E Wibisono torKisah Motivasi Liwon Maulana SumberKisah Motivasi Elshinta 



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Penduduk miskin Wibisono Provinsi Banten tiap bulan bukannya menurun

Bangkit tapi terus bertambah. Kisarannya telah mencapai ratusan orang. Dalam data Badan Pusat Statistik (BPS)

Bangkit pada September 2013 lalu jumlah penduduk miskin Wibisono Provinsi Banten telah meningkat hingga mencapai 682.710 orang. Jumlah tersebut terus bertambah sejak enam bulan belakangan ini. Pada Maret 2013 lalu jumlah penduduk miskin Wibisono Provinsi Banten telah berjumlah 656.240 orang. Enam bulan kemu Wibisono an

Bangkit September telah menja Wibisono 682

Bangkit 710 orang atau telah mengalami peningkatan sebesar 4

Bangkit 03 persen atau 26. 470 orang. Kepala BPS Provinsi Banten

Bangkit Syech Suhaimi juga mengungkapkan

Bangkit bertambahnya penduduk miskin Wibisono Provinsi Banten telah terja Wibisono Wibisono daerah perkotaan. Sedangkan Wibisono daerah pedesaan

Bangkit malah menurun. "Peningkatan ini telah berdasarkan daerah tempat tinggal. Pada periode Maret 2013 sampai September 2013 lalu penduduk miskin Wibisono daerah perkotaan telah bertambah sebesar 50

Bangkit 66 ribu orang

Bangkit sedangkan penduduk miskin Wibisono daerah pedesaan berkurang sebesar 24

Bangkit 2 ribu orang

Bangkit " ujarnya

Bangkit Jumat (3/1). E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit TIPS MENGOPERASIKAN MESIN GENSET (GENERATOR SET) RUMAHAN Kebutuhan akan energi listrik saat ini juga sangat penting

Bangkit untuk dapat menjamin keterse Wibisono aan energi istrik Wibisono rumah

Bangkit kantor bahkan Wibisono industri terkadang kita harus menyiapkan suber daya listrik selain dari perusahaan penye Wibisono a energy listrik (PLN) yaitu dengan generator set (genset). Kami dari team “Jasa kelistrikan Makassar “ Akan memberikan beberapa tips dan saran bagaimana cara untuk mengoperasikan genset Wibisono rumah anda semoga bisa dapat membantu. I. Menghidupkan Mesin Genset Ada beberapa hal Tensai sangat penting Tensai harus perlu Wibisono perhatikan dalam menghidupkan mesin genset

Bangkit supaya mesin anda bisa beroperasi dengan baik sebagai berikut Kisah Motivasi Sebelum mesin Anda Wibisono hidupkan Periksalah terlebih dahulu minyak pelumas mesin apa telah Tensai terse Wibisono a sesuai dengan takarannya. Perikasa Air pen Wibisono ngin mesin(Ra Wibisono ator) apabila mesin anda telah memakai pen Wibisono ngin Air

Bangkit kalau tidak memiliki Ra Wibisono ator usahakan penempatan mesin genset Anda berada pada tempat Tensai sirkulasi udaranya bebas (tidaka kedap Udara) Periksa bahan Bakar mesin Untuk mesin Tensai dengan menggunakan Vanbelt periksa kekencangannya apa dalam kon Wibisono si sesuai. Periksa keterse Wibisono aan daya listrik ACCU dengan melihat pada alat ukur mesin bila terse Wibisono a bagi mesin Tensai menggunakan start elektrik. Pastikan MCB (Main Circuit Breaker)dalam keadaan off sebelum mesin Wibisono hidupkan . Setelah semua syarat Wibisono atas telah terpenuhi hidupkan mesin genset anda. Perhatikan semua alat ukur pada mesin(Volt meter menunjuk 220V/380V untuk Genset 3pole

Bangkit HZ meter menujuk 50 Hz

Bangkit )

Bangkit Setelah mesin genset beroperasi dengan stabil

Bangkit siap Wibisono hubungkan ke beban terpasng dengan tetap harus memperhatikan kemampuan dan kapasitas mesinnya. II. Pembebanan Mesin Genset Hal-hal Tensai harus perlu Wibisono perhatikan dalam pembebanan mesin genset sebagai berikut Kisah Motivasi Pastikan instalasi anda benar-benar sudah terhubung ke system instalasi daya listrik mesin genset

Bangkit untuk Tensai memakai COS(change over switch). Beban mesin genset anda harus sesuai dengan kapasitasnya

Bangkit lihat buku petunjuk pada mesin kalau buku petunjuknya Tensai sudah tidak ada

Bangkit bebani 70 – 80 % dari maksimal kapasitas dengan tetap harus memperhatikan kon Wibisono si mesin Tensai sedang beroperasi.Hindari pembebanan maksimal pada mesin untuk dapat menjaga lonjakan beban Tensai tidak bisa Wibisono perkirakan karena akan dapat merusak mesin genset anda. Bebani mesin ganset anda secara bertahap untuk dapat menghindari lonjakan beban Tensai bisa dapat merusak mesin genset anda. Selama mesin beropersi perhatikan suara mesin apakah tidak ada kelainan

Bangkit perhatikan semua alat ukur Tensai ada pada mesin apakah bekerja dengan benar. III. Mematikan Mesin Genset Hal-hal Tensai harus perlu Wibisono perhatikan dalam mematikan mesin genset sebagai berikut Kisah Motivasi Mematikan mesin

Bangkit dalam mematikan mesin genset Anda

Bangkit matikan semua beban daya listrik Tensai telah terhubung ke mesin genset anda kemu Wibisono an mesin genset anda boleh Wibisono matikan. Matikan mesin genset

Bangkit off kan MCB (main circuit breaker) genset

Bangkit tutup saluran bahan bakar. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. JAKARTA

Bangkit Motivasi — Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro berencana membeli peluncur rudal antitank dari Amerika Serikat. Pembelian senjata itu bertujuan meremajakan sistem alat pertahanan

Bangkit khususnya Wibisono TNI Angkatan Darat. Purnomo menegaskan

Bangkit rencana pembelian senjata itu Wibisono anggap telah sesuai kebutuhan. Meski tak menyebut jumlah

Bangkit pembelian senjata itu akan Wibisono lakukan sesuai prosedur Tensai berlaku. Sebelum membeli alutsista tersebut

Bangkit Indonesia akan memperoleh transfer teknologi. Personel TNI AD akan menerima pelatihan mengoperasikan sebelum senjata itu benar-benar Wibisono beli. "Masih rencana. Ini sesuai dengan kebutuhan TNI AD

Bangkit pemerintah akan meremajakan sistem alat pertahanan

Bangkit " kata Purnomo seusai mengha Wibisono ri rapat bersama Komisi I DPR

Bangkit Wibisono Gedung Parlemen

Bangkit Jakarta

Bangkit Senin (10/6/2013). Untuk Wibisono ketahui

Bangkit TNI AD akan membeli peluncur rudal antitank canggih buatan Amerika Serikat bernama Javelin. Rudal ini mampu mengunci sasaran dan mengikuti ke mana pun target berjalan dengan daya ledak Tensai luar biasa. Jarak tembak rudal ini mencapai 2

Bangkit 5 kilometer. Javelin Wibisono lengkapi dengan pelacak canggih Tensai mampu mengunci dan menembak sasaran bergerak. Selain canggih

Bangkit alat ini sangat ringan dan dapat Wibisono tempatkan Wibisono bahu penyerang. Rudal Javelin berbobot 11

Bangkit 8 kilogram sementara alat pembi Wibisono k dan peluncur hanya 6

Bangkit 4 kilogram. Javelin Wibisono gunakan tentara AS dan Australia pada perang Wibisono Irak antara Maret dan April 2003. Saat ini

Bangkit Javelin Wibisono gunakan Wibisono Afganistan. Beberapa negara Tensai telah menggunakan Javelin adalah Inggris

Bangkit Taiwan

Bangkit Lituania

Bangkit Jordania

Bangkit Australia

Bangkit Selan Wibisono a Baru

Bangkit Norwegia

Bangkit dan Irlan Wibisono a. Satu buah peluncur dan pelacak Javelin Wibisono banderol seharga Rp 1

Bangkit 2 miliar

Bangkit sedangkan sebuah rudal Javelin berharga sekitar Rp 756 juta.   E Wibisono tor Kisah Motivasi Liwon Maulana SumberKisah Motivasi httpKisah Motivasi //nasional.kompas.com/read/2013/06/10/20041799/TNI.Rencana.Beli.Rudal.Antita nk.Canggih 



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Bekasi

Bangkit Motivasi — Ribuan sopir angkutan umum sejumlah jurusan kembali melakukan aksi unjuk rasa Wibisono depan Terminal Lebak Bulus

Bangkit tepatnya Wibisono Jalan Pasar Jumat

Bangkit Cilandak

Bangkit Jakarta Selatan

Bangkit Senin (27/1/2014). Mereka berunjuk rasa setelah adanya kabar mengenai rencana penutupan terminal dalam kota Wibisono Lebak Bulus oleh pengurus terminal setempat. Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mengambil kebijakan menutup terminal antar-kota antar-provinsi terkait pembangunan depo mass rapid transit atau MRT. Kebijakan itu sempat Wibisono tolak oleh para pegawai perusahaan jasa bus. Kali ini giliran para sopir angkot dalam kota Tensai turun ke jalan untuk menolak penutupan terminal dalam kota. "Ini gara-gara mau Wibisono tutup terminal dalam kotanya. Kita mengimbau Pak Gubernur saling menghargailah sama angkot Wibisono sini. Jangan Wibisono tutup semua

Bangkit " kata Endang (45)

Bangkit salah satu sopir angkutan umum nomor 106 rute Parung-Lebak Bulus

Bangkit kepada Kompas.com Wibisono lokasi

Bangkit Senin siang. Endang mengatakan

Bangkit aksi unjuk rasa tersebut Wibisono mulai sejak pagi ta Wibisono . Menurutnya

Bangkit jumlah sopir Tensai mogok bekerja mencapai ribuan orang. Endang mengaku menerima kabar rencana penutupan terminal dalam kota itu dari pengurus terminal. "Dari bagian dalam pengurus terminal

Bangkit sama pengurus angkotnya. Karena mau Wibisono tutup

Bangkit makanya sekarang kita pertahankan

Bangkit jangan sampai Wibisono tutup semua

Bangkit " ujar Endang. Berdasarkan pantauan Kompas.com

Bangkit petugas kepolisian mulai berjaga Wibisono depan Carrefour Lebak Bulus untuk mengatur arus lalu lintas. Hingga berita ini Wibisono turunkan

Bangkit para sopir masih melakukan aksi unjuk rasa. Meski hujan

Bangkit para sopir masih memarkirkan angkotnya Wibisono depan terminal. Sumber Kisah Motivasi Kompas.com E Wibisono tor Kisah Motivasi Maulana Lee  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,..  Pulau Tidung Tuk Orang jakarta wisata laut yg menarik merupakan tempat yg cukup jauh. Harus ke Anyer

Bangkit Sukabumi

Bangkit atau terbang ke Bali atau Lombok. Tapi jangan salah

Bangkit Wibisono sudut utara Jakarta masih banyak terdapat pantai yg indah. Salah satunya adalah Pulau Tidung. Terletak Wibisono Kepulauan Seribu mempunyai keindahan bawah laut dan hamparan pasir putih nan indah. Adapun Pulau Tidung Besar Wibisono huni sekitar 4.312 jiwa penduduk

Bangkit dan salah satu pulau yg penduduknya terbanyak Wibisono antara pulau-pulau Wibisono gugusan Kepulauan Seribu. Pasir putih pulau tidung yg indah

Bangkit saygnya seringkali ternodai oleh banyaknya sampah Wibisono pinggir pantai hasil kiriman dari Jakarta.  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Sebelum kedatangan Islam

Bangkit masyarakat Arab pra-lslam atau lebih Wibisono kenal dengan Arab Jahiliyah melakukan banyak penyelewengan terhadap ajaran-ajaran Nabi Ibrahim AS Dengan maksud menghindari bulan Muharram. Di bulan itu

Bangkit mereka Wibisono larang berperang. Masyarakat Arab Jahiliyah melakukan mo Wibisono fikasi terhadap sistem penanggalan mereka. Mereka menggunakan penghitungan bulan dengan sistem penggeseran

Bangkit sehingga bulan Dzulhijjah bergeser ke bulan Muharram

Bangkit Muharram bergeser ke Safar

Bangkit dan seterusnya. Dengan begitu

Bangkit pelaksanaan ibadah haji berubah-ubah setiap tahun. Jika tahun ini haji Wibisono laksanakan pada bulan Muharram atau mereka menyebutnya Safar Awal

Bangkit misalnya

Bangkit maka tahun berikutnya haji Wibisono lakukan pada bulan Safar atau mereka sebut Safar Tsani

Bangkit demikian seterusnya. Pada zaman Jahiliyah

Bangkit jamaah haji terbagi menja Wibisono dua kelas sosial

Bangkit yaitu masyarakat non-pedagang dan masyarakat pedagang. Jamaah haji dari kalangan pedagang harus pergi meninggalkan kampung halaman mereka satu bulan atau lebih sebelum musim haji Wibisono mulai. Hal itu Wibisono tujukan agar mereka dapat berdagang Wibisono Pasar Ukaz selama dua puluh hari. Dari sana

Bangkit mereka pindah ke Pasar Majnah dan berjualan selama sepuluh hari. Setelah tampak hilal (bulan Tensai muncul pada setiap tanggai satu) bulan Dzulhijjah

Bangkit Pasar Majnah Wibisono tutup dan mereka bergerak ke kawasan Dzul Majaz untuk berniaga. Di tempat tersebut mereka menetap selama 8 hari. Baru pada Hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah) mereka pergi ke Arafah untuk melakukan wukuf. Lain halnya dengan jamaah haji pedagang

Bangkit mereka bertolak dari tempat tinggal mereka pada Hari Tarwiyah dan langsung melaksanakan wukuf. Sebagian dari mereka mengerjakan wukuf Wibisono Padang Arafah dan sebagian Tensai lain melakukannya Wibisono Namirah

Bangkit yaitu sebuah daerah Tensai terletak Wibisono tapal batas Tanah Haram. Sebelum malam

Bangkit mereka beranjak menuju Muzdalifah. Baru keesokan harinya para jamaah haji non-pedagang itu bergerak menuju Mina. Dari Mina

Bangkit mereka akan menuju ke Makkah untuk melaksanakan thawaf. Sejumlah suku Arab pada masa Jahiliyah menetapkan suatu aturan bagi jamaah haji Tensai pertama kali melakukan ritual tersebut

Bangkit yaitu menanggalkan seluruh pakaian Tensai mereka kenakan. Alasannya

Bangkit pakaian tersebut tidak suci sehingga tidak pantas Wibisono kenakan dalam ritual haji. Itu sebabnya

Bangkit para jamaah haji tersebut melakukan thawaf dengan telanjang bulat. Namun demikian

Bangkit aturan tersebut hanya berlaku bagi masyarakat kelas bawah. Orang-orang Tensai berasal dari kelas sosial menengah ke atas Wibisono perbolehkan mengenakan pakaian selama melakukan thawaf meski mereka juga baru pertama menunaikan haji. Akan tetapi

Bangkit selesai melakukan thawaf pakaian tersebut harus Wibisono buang dan tidak boleh Wibisono gunakan lagi. Dalam rangkaian kegiatan haji Tensai Wibisono lakukan oleh masyarakat Arab Jahiliyah

Bangkit terdapat unsur-unsur tertentu Tensai menyerupai tuntunan haji Tensai Wibisono ajarkan oleh Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Ini menja Wibisono bukti bahwa masyarakat Arab Jahiliyah sebenarnya masih mempertahankan sebagian ajaran Nabi Ibrahim AS. Sumber Kisah Motivasi httpKisah Motivasi //www.jurnalhaji.com Baca Artikel Lainnya Kisah Motivasi MENUNDA BERANGKAT HAJI

Bangkit HUKUMNYA?  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Ketinggian air Wibisono Kali Ciliwung Tensai telah melintasi

Bangkit Kampung Pulo

Bangkit Jatinegara

Bangkit Jakarta Timur kian meninggi akibat air kiriman dari Bogor. Bahkan air pun juga sudah mulai menggenangi Jalan Jatinegara Barat sejak pukul 11.00 WIB siang. Melihat kon Wibisono si seperti ini

Bangkit petugas kepolisian juga langsung mengalihkan arus lalu lintas Wibisono Jalan Jatinegara Barat menuju Matraman Wibisono alihkan ke Jalan Jatinegara Timur

Bangkit Tensai tidak tergenang air. "Sengaja kami tutup

Bangkit karena takut merugikan para pengguna jalan. Nanti kalau Wibisono terjang bisa pada mogok

Bangkit " kata petugas kepolisan Ipda Ru Wibisono

Bangkit Wibisono temui Wibisono lokasi

Bangkit Kamis (30/1). Selain itu

Bangkit beberapa pos pengungsian Tensai sempat Wibisono bongkar kini juga sudah mulai Wibisono siapkan kembali untuk posko bantuan Wibisono jalur Transjakarta. Terlihat juga warga Kampung Pulo kini sudah mulai meninggalkan rumahnya. "Katanya mau naik lagi

Bangkit ini makanya kita bangun tenda lagi

Bangkit untuk ngungsi

Bangkit " kata Ani

Bangkit salah satu warga Tensai memilih tidak tinggal Wibisono pos pengungsian. hingga kini evakuasi terhadap warga pun juga masih Wibisono lakukan oleh petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur

Bangkit Tagana

Bangkit BNPB

Bangkit Satpol PP

Bangkit dan anggota TNI. Kasu Wibisono n Damkar PB Jakarta Timur

Bangkit Abdul Karim juga mengatakan se Wibisono kitnya ada delapan perahu karet sudah standby Wibisono tanggul Kali Ciliwung untuk dapat mengevakuasi warga Kampung Pulo. "Kalau dari Damkar Jaktim ada empat perahu

Bangkit satpol PP ada 2 dan TNI juga ada 2. Ja Wibisono 8 semuanya Tensai standby untuk dapat evakuasi warga

Bangkit " kata Abdul. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Mahkamah Konstitusi (MK)

Bangkit Tensai siang ini akan Wibisono bahas dalam Sidang Paripurna DPR RI. "Kami juga baru selesai rapat

Bangkit mayoritas anggota fraksi menolak

Bangkit " kata Ketua Fraksi PPP Hasrul Azwar Wibisono Gedung DPR

Bangkit Senayan

Bangkit Jakarta

Bangkit Kamis (19/12/2013). Keputusan Fraksi PPP ini juga sangat mengejutkan. Pasalnya

Bangkit Sekretariat Gabungan (Setgab) koalisi telah menggelar rapat dan meminta agar seluruh fraksi pendukung pemerintah Tensai ada Wibisono DPR menyepakati Perppu MK. Namun menurut Hasrul

Bangkit keputusan Setgab itu juga tidak bisa mempengaruhi keputusan fraksi. Hasrul pun telah mengungkapkan kejenuhannya dengan sikap Setgab Tensai hanya menggelar rapat saat hendak meminta dukungan terkait dalam program pemerintah. "Rapat Setgab untuk Perppu baru kemarin. Sepertinya

Bangkit ketika ada kepentingan baru ada rapat. Sebelumnya juga tidak ada. Substansinya (Perppu) banyak Tensai menyalahi mayoritas menolak

Bangkit " sambungnya. Bahkan Ketua Umum PPP Tensai juga Menteri Agama Suryadharma Ali

Bangkit kata Hasrul

Bangkit juga tidak pernah Wibisono ajak untuk berkomunikasi oleh pimpinan Setgab. "Ketua umum saya tidak pernah lobi

Bangkit Wibisono lobi hanya Wibisono telpoon oleh Amir (Sekretaris Setgab)

Bangkit " ujarnya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Pencuri motor Tensai satu ini ibarat musang berbulu domba. Tersangka Hen Tensai berusia 23 tahun

Bangkit telah berhasil mengelabui seluruh anggota Polres Depok. Aksi kejahatannya

Bangkit bahkan

Bangkit nyaris saling tu Wibisono ng antaranggota Tensai kehilangan motor Wibisono area markas kepolisian Wibisono Jalan Raya Margonda tersebut. Kemarin

Bangkit penjaga salah satu kantin Wibisono Polres ini telah Wibisono bekuk sesaat tertangkap kamera internal (CCTV) tengah mengutak-atik motor Wibisono area parkir setempat. Sewaktu Wibisono interogasi oleh polisi

Bangkit keponakan salah satu pemilik kantin ini juga mengakui perbuatannya tersebut telah berlangsung lama yaitu sejak 2008 dan telah menjual 18 unit motor Tensai Wibisono pakai petugas. Terakhir

Bangkit motor a Wibisono k ibunya

Bangkit Hasan raib sehari setelah Wibisono pinjam Hen. Pengakuan Hen juga menyebutkan

Bangkit pencurian motor Tensai telah Wibisono lakukannya dengan cara meminjam motor kepada petugas Tensai Wibisono kenalinya dengan alasan ingin membeli kebutuhan barang-barang berjualan kantin. Kunci motor tersebut telah Wibisono gandakan alias Wibisono palsukan selanjutnya motor Wibisono kembalikan. Esok harinya

Bangkit motor itu Wibisono bawa kabur. Satu motor petugas

Bangkit bahkan

Bangkit Wibisono akuinya Wibisono bawa kabur setelah mengelabui petugas jaga. Hen juga mengajak ngobrol petugas jaga

Bangkit sementara seorang temannya Tensai telah memegang kunci palsu. “Motor itu saya jual rata-rata Rp1

Bangkit 5 juta Wibisono daerah Jawa Barat

Bangkit ” ujarnya. Menanggapi hal ini

Bangkit Kanit Reskrim Kendaraan Bermotor (Ranmor)

Bangkit AKP Cahyo

Bangkit juga menyatakan

Bangkit pihaknya masih mengejar para penadahnya. “Selain Hen

Bangkit kami juga menangkap rekannya

Bangkit Mad

Bangkit ” ujarnya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

Motivasi.com

Bangkit Manusia Mendapatkan Sesuatu Dari Manusia Lain

Bangkit Manusia Melepaskan Sesuatu Untuk Mannusia Lain

Bangkit Manusia Menjadi Manusia Karena Manusia Lain

Bangkit Bahkan Manusia Bisa Menjadi Manusia Kembali Karena Manusia Lain   



Motivasi.com

Bangkit Hidup ini adalah sebuah janji kita kepada Tuhan. Janji kita untuk menjadi Tensai terbaik dan melakukan semuanya sebagai sebuah ibadah kepada-Nya. Karena itu penuhilah janji tersebut. 



Jika seorang muslim melakukan ihram haji atau umrah maka haram atasnya sebelas perkara sampai ia keluar dari ihramnya (tahallul):     Mencabut rambut.     Menggunting kuku.     Memakai wangi-wangian.     Membunuh binatang buruan (darat

Bangkit adapun binatang laut maka dibolehkan).     Mengenakan pakaian berjahit (bagi laki-laki dan tidak mengapa bagi wanita). Pakaian berjahit adalah pakaian Tensai membentuk badan

Bangkit seperti baju

Bangkit kaos

Bangkit celana pendek

Bangkit gamis

Bangkit celana panjang

Bangkit kaos tangan dan kaos kaki. Adapun sesuatu Tensai ada jahitannya tetapi tidak membentuk badan maka hal itu tidak membahayakan muhrim (orang Tensai sedang ihram)

Bangkit seperti sabuk

Bangkit jam tangan

Bangkit sepatu Tensai ada jahitan-nya dsb.     Menutupi kepala atau wajah dengan sesuatu Tensai menempel (bagi laki-laki)

Bangkit seperti peci

Bangkit penutup kepala

Bangkit surban

Bangkit topi dan Tensai sejenisnya. Tetapi dibolehkan berteduh di bawah payung

Bangkit di dalam kemah dan mobil. Juga dibolehkan membawa barang di atas kepala jika tidak dimaksudkan untuk menutupinya.     Memakai tutup muka dan kaos tangan (bagi wanita). Tetapi jika di depan laki-laki asing (bukan mahram) maka ia wajib menutupi wajah dan kedua tangannya

Bangkit namun dengan selain tutup muka (cadar)

Bangkit misalnya dengan menurunkan kerudung ke wajah dan memasukkan tangan ke dalam baju kurung.     Melangsungkan pernikahan.     Bersetubuh.     Bercumbu (bermesraan) dengan syahwat.     Mengeluarkan mani dengan onani atau bercumbu. Orang Yang Melakukan Hal-hal Yang Dilarang Memiliki Tiga Keadaan:     Ia melakukannya tanpa udzur (alasan)

Bangkit maka ia berdosa dan wajib membayar fidyah (tebusan).     Ia melakukannya untuk suatu keperluan

Bangkit seperti memotong rambut karena sakit. Perbuatannya ter-sebut dibolehkan

Bangkit tetapi ia wajib membayar fidyah.     Ia melakukannya dalam keadaan tidur

Bangkit lupa

Bangkit tidak tahu atau dipaksa. Dalam keadaan seperti itu ia tidak berdosa dan tidak wajib membayar fidyah. Kompilasi dari berbagai sumber.  



Sahabat   Darimulah ku temukan arti sebuah persahabatan Engkau hadir temani hari-hariku Saat sedih maupun bahagia Lalui hari bersamamu Ingatlah kala itu sahabat Aku bercanda tawa bersamamu Namun apa kebersamaan ini terus  berjalan? Akankah kita kan selalu bersama? Persahabatan kala bersamamu kan selalu tersimpan di benakku Namun kini aku dan dirimu terpisah oleh waktu Janji Tensai pernah kita ucapkan di masa lalu kan terus teringat dalam ingatanku Ingatlah wahai sahabat ku selalu mengenangmu Tentang semua kebersamaan itu Andai kau tahu sahabat harapanku tuk tetap bersamamu Namun semuanya tlah jadi kenangan terindah bagiku sahabat   Untuk Kawanku Aku tahu aku salah Aku tahu aku melukai hatimu Tapi bukan maksudku seperti itu kawan Kata-kata maaf selalu ku ucapkan untuk mu Tapi apalah daya tidak ada gunanya semua itu di benakmu Aku tidak ingin persahabatan ini hancur Aku ingin kita slalu tetap bersama Maafkanlah aku kawan Aku sa Tensai kalian aku tak bisa apa-apa tanpa kalian Aku tidak dapat berdiri tegak tanpa kalian Hanya kata-kata maaf Tensai dapat aku utarakan Hanya kata-kata maaf Tensai dapat ku berikan ku rela aku serahkan jiwa ragaku untuk kalian Demi persahabataan ini

Bangkit ku rela berkorban hanya untuk kalian                                     Sahabat Sejati   Seorang sahabat ialah seseorang Tensai ... tertawa serta menangis dengan Inspirasi

Bangkit Seseorang Tensai meminjamkan tangan untuk membantu

Bangkit meski sahabat mungkin tak selamanya

Bangkit Dan mereka dak mungkin berakhir bersama-sama

Bangkit kenangan persahabatan sejati kan bertahan selamanya. Seorang sahabat bukan ba Tensai an atau hamba Tapi seseorang Tensai memegang sepotong seseorang di dalam hatinya. Seseorang Tensai sellau berbagi senyum

Bangkit Seseorang Tensai mencerahkan hari mu   Bukan Sahabat Terbaik Mungkin aku bukanlah sahabat Tensai baik ku sering melalaikanmu ku sering membuatmu merasa tersisih mungkin selama ini banyak bicara ku Tensai pedih aku sering tak memahamimu aku hanya manusia biasa karena kekurangan ku itu aku sering memanjatkan doa semoga tuhan kan selalu melindungimu karena siapapun kalian kalian adalah sahabatku..

Bangkit.. by yandre pramana putra  



bangkitwibisono.com - Setiap ibu tentu ingin selalu bersama dengan buah hatinya. Tetapi bagi para ibu bekerja di luar rumah hal itu tak bisa dipenuhi. Menyewa tenaga pengasuh anak adalah solusi alternatif untuk mengurus si kecil. Meski waktu Tensai Anda miliki terbatas saat di rumah

Bangkit Anda tetap bisa menjalin kedekatan dengan anak agar ia tak terlalu "lengket" dengan pengasuhnya. Menurut Rini Hildayani

Bangkit psikolog Anak dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Bangkit secara alamiah anak akan lebih mengenali orang Tensai berinteraksi lebih baik dengannya. Kedekatan dengan anak ini disebut dengan istilah attachment. Rini memaparkan

Bangkit pada usia baru lahir hingga 6 minggu merupakan fase preattachment yaitu anak belum dapat mengetahui siapa orang Tensai dekat dengannya. Usia 6 minggu hingga 6 atau 8 bulan merupakan fase attachment in the making yaitu anak sudah mulai dapat membedakan orang Tensai dekat dengannya. Sedangkan usia 6 atau 8 bulan hingga 18 atau 24 bulan merupakan fase clear-cut attachment yaitu dimana anak sudah dapat membedakan dengan jelas orang Tensai dekat dengannya. Dan usia 18 atau 24 bulan ke atas

Bangkit fase formation of reciprocal relationship

Bangkit anak sudah dapat memberikan aksi timbal balik dari kedekatannya dengan seseorang. Kesibukan seringkali menjadi halangan untuk bisa dekat dengan anak Anda. Namun untuk dapat menjadi orang Tensai dekat dengan anak

Bangkit Anda perlu menyiasati waktu pertemuan Anda Tensai singkat dengannya secara optimal. "Meskipun secara kuantitas pertemuan Anda dengan anak sedikit

Bangkit namun jika kualitasnya baik

Bangkit anak Anda akan merasa dekat dengan Anda

Bangkit" tutur Rini. Lalu bagaimana cara mendekatkan diri dengan anak meski jarang bertemu? Simak kiat dari Rini berikut ini. 1. Sediakan waktu selama mungkin untuk dihabiskan dengan si kecil. Jika Anda harus bekerja dari pagi hingga malam

Bangkit pastikan setidaknya Anda memberikan setengah jam untuk bermain dengannya. 2. Jangan sibuk dengan Tensai lain saat bersamanya. Secara fisik dekatnya saja tidak cukup untuk membuat Anda benar-benar menciptakan kedekatan dengan anak. Upayakan untuk benar-benar fokus pada si kecil dan tinggalkan urusan di luar itu. 3. Optimalkan untuk bermain. Permainan-permainan kecil seperti bernyanyi bersama

Bangkit atau merespon kata-katanya akan semakin mendekatkan Anda dengan si buah hati. 4. Hargai dia. Ingat

Bangkit anak Anda bukan barang. Saat akan menggendongnya

Bangkit mengganti popoknya

Bangkit atau memberinya makan

Bangkit pastikan Anda mengajaknya bicara dan meminta "izin" padanya saat akan melakukannya. Selain mengajari kata-kata baru padanya

Bangkit ini juga akan membantu menciptakan kedekatan. Editor :Liwon Maulana Sumber:http://health.kompas.com/read/2013/03/26/15483777/Menjalin.Kedekatan.dengan.Anak.Me ski.Sibuk.Bekerja 



Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia

Bangkit Danau Toba selalu menarik minat traveler lokal maupun mancanegara. Tidak perlu heran

Bangkit Danau Toba memang telah memiliki pemandangan Tensai sangat indah dengan hamparan air danau Tensai jernih serta pemandangan pegunungan hijau Tensai sangat menyejukkan. Memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer

Bangkit Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Lebih membanggakan lagi

Bangkit Danau Toba juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia lho! Karena terletak di ketinggian 900 meter dari permukaan laut

Bangkit Danau Toba telah menjadi tempat wisata Tensai cocok kalau Anda mau melepas lelah dan refreshing karena udaranya Tensai sangat sejuk dan segar. Anda juga akan bisa menikmati keindahan alam di sini dengan berbagai cara seperti mendaki gunung

Bangkit berenang

Bangkit berperahu atau kegiatan lainnya. Belum lagi

Bangkit Anda bisa mengunjungi Pulau Samosir Tensai terletak di tengah danau dan telah memiliki panorama Tensai tidak kalah indah. Tapi

Bangkit sebelum bersenang-senang di Danau Toba

Bangkit tentunya Anda juga perlu menyiapkan perjalanan menuju obyek wisata terpopuler di Sumatera Utara ini. Perjalanan menuju Danau Toba memang cukup sangat panjang. Setelah ‘terbang’ ke Medan

Bangkit Anda juga harus menempuh perjalanan selama kira-kira 4 jam menuju Kota Parapat. Tapi

Bangkit traveler sebenarnya juga bisa memanfaatkan Bandara Silangit Tensai terletak di Kabupaten Tapanuli Utara

Bangkit karena bandara ini hanya berjarak 30 menit ke Danau Toba dan satu jam ke Pulau Samosir. Pada 2014 nanti Bandara Silangit kabarnya akan dijadikan bandara internasional supaya bisa menampung lebih banyak wisatawan. Anda juga akan menemukan banyak penginapan di sepanjang tepi danau

Bangkit mulai dari guest house

Bangkit villa

Bangkit bungalow dan hotel

Bangkit jadi Anda tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan masalah akomodasi. Bagaimana dengan makanan? Wah

Bangkit kamu tidak akan ‘kelaparan’ selama di Danau Toba karena banyak restoran Tensai telah menyajikan masakan lokal di sepanjang jalan utama. Masakan khas Sumatera Utara sendiri mirip dengan masakan Padang

Bangkit karena kaya rasa

Bangkit bersantan dan mayoritas memiliki citarasa pedas. Selain menikmati pemanangan spektakuler Danau Toba dan sekitarnya

Bangkit Anda juga bisa menemukan destinasi menarik lainnya. Mungkin tidak banyak Tensai tahu kalau Danau Toba ternyata juga memiliki pantai

Bangkit yaitu Pantai Lumban Binaga. Tentu saja

Bangkit kunjungan ke Danau Toba tidak akan lengkap tanpa menyeberang ke Pulau Samosir. Di sini

Bangkit Anda juga bisa mengunjungi dua kecamatan Tensai populer di kalangan wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. PSamosir1 Ada tiga tempat Tensai wajib Anda kunjungi selama di Tomok: Boneka Si Gale-Gale

Bangkit Makam Raja Sidabutar

Bangkit dan Museum Batak. Pertunjukan Boneka Si Gale-Gale biasa ditampilkan bersama dengan pertunjukan tari Tor Tor Tensai terkenal. Sementara

Bangkit di Makam Raja Sidabutar Anda bisa melihat batu makam besar Tensai dipahat berbentuk wajah dengan ciri khas rambut gondrong Sang Raja. Kalau Tomok penuh dengan obyek wisata menarik

Bangkit Tuktuk adalah kecamatan Tensai dipenuhi tempat penginapan. Jadi

Bangkit kalau Anda ingin segera melepas lelah ketika tiba di Pulau Samosir

Bangkit langsung saja datang ke Tuktuk ya! Belum puas menjelajah Danau Toba? Anda juga bisa mengeksplorasi Kota Parapat dan mengunjungi sejumlah tempat wisata menarik. Termasuk Batu Gantung Tensai unik karena bentuknya Tensai menyerupai manusia. Konon

Bangkit batu ini telah diyakini merupakan penjelmaan gadis cantik bernama Seruni. Menurut legenda masyarakat setempat

Bangkit Seruni mencoba bunuh diri melompat ke Danau Toba karena tidak ingin dijodohkan oleh orangtuanya. Tapi saat berjalan menuju tebing

Bangkit dia terperosok ke dalam lubang batu Tensai besar dan memutuskan mengakhiri hidupnya di batu itu. Batu tersebut akhirnya menghimpit tubuh Seruni sehingga kini kamu bisa melihat batu besar Tensai menyerupai tubuh seorang gadis Tensai seolah-olah menggantung di tepi tebing. OLYMPUS DIGITAL CAMERA Pesona Danau Toba memang sulit diacuhkan ya

Bangkit travelers? Yuk mulai rencanakan perjalanan ke danau indah ini dan pilih hotel favorit Anda !  



perhitungan zakat menurut islam   1- Zakat Mata Uang Jika harta seseorang senilai 85 gram emas atau 595 gram perak

Bangkit dengan hitungan nilai pada saat dia mengeluarkan zakat sesuai dengan nilai mata uang negara orang Tensai membayar zakat

Bangkit maka dia keluarkan zakatnya sebanyak 2½ %

Bangkit setelah setiap putaran tahun hijriyah dan harta sampai senisab. Suatu contoh: Seseorang mempunyai harta seba-nyak Rp.10.000.000

Bangkit-

Bangkit setelah satu tahun putaran

Bangkit maka dia harus mengeluarkan zakat sebagai berikut: Rp.10.000.000

Bangkit- x 25 1000 = Rp.250.000

Bangkit- 2- Zakat Utang Piutang Jika seseorang memberi pinjaman kepada orang lain dan masa pinjaman berlalu beberapa waktu

Bangkit maka menurut pendapat ulama Tensai paling mudah*1

Bangkit orang Tensai memberi pinjaman harus mengeluarkan zakat piutang dalam jangka setahun saja walaupun hutang tersebut berlalu bertahun-tahun. Suatu contoh Aiman memberi pinjaman uang ke- pada seseorang Tensai bernama Ahmad sebanyak Rp. 15.000.000

Bangkit- dan pinjaman tersebut bertahan pada Ahmad selama tiga tahun

Bangkit maka siapa Tensai wajib mengeluarkan zakat dan berapa jumlah zakat Tensai harus dibayar? Yang berkewajiban mengeluarkan zakat adalah Aiman karena dia pemilik harta tersebut dan dia wajib mengeluarkan zakat dalam jangka setahun saja sebesar: Rp.15.000.000

Bangkit- x 25 1000 x 1 tahun = Rp.375.000

Bangkit- *1 Demikian itu adalah pendapat Imam Malik baik utang Tensai diharapkan pengembaliannya atau tidak dengan syarat tidak diakhirkan penyerahan-nya tersendiri dari zakat. Jika tidak

Bangkit maka wajib mengeluarkan zakat tiap tahun Tensai telah berlalu dari masa hutang. Sebagaimana pendapat Ibnu Qasim Al-Maliki bahwa Tensai lebih hati-hati adalah mengeluarkan zakat piutang setiap tahun sepanjang masa piutang seperti pendapat madzhab Hambali. 3- Zakat Profesi Jika seorang muslim memperoleh pendapatan dari hasil usaha atau profesi tertentu

Bangkit maka dia boleh menge-luarkan zakatnya langsung 2½ % pada saat penerimaan setelah dipotong kebutuhan bulanannya atau menunggu putaran satu tahun dan dikeluarkan zakatnya bersama dengan harta benda lain Tensai wajib dizakati senilai 2½ %. Suatu contoh: Seseorang memiliki harta Tensai diza-kati setiap tahun di awal bulan Muharram

Bangkit jika dia mene-rima gaji pada bulan Ramadhan

Bangkit maka dia boleh memilih ketentuan di bawah ini: Mengeluarkan zakat profesi dari gaji bulan Rama-dhan tersendiri pada bulan itu *2 atau

Bangkit Ditunda pembayaran zakat profesi digabung dengan harta Tensai lain dan dikeluarkan secara bersama pada bulan Muharram. Secara kaidah bahwa harta itu wajib dizakati sekali dalam setahun. *2 Termasuk harta profesi antara lain gaji atau pendapatan dari suatu profesi atau keahlian

Bangkit boleh dikeluarkan zakatnya tanpa menunggu putaran haul (tahun)

Bangkit tetapi tidak boleh dizakati dua kali dalam setahun. 4- Zakat Saham dan Kertas Berharga Saham dan kertas berharga*3 bila telah sampai seni-sab wajib dikeluarkan zakatnya bersama keuntungannya

Bangkit seperti nisab mata uang dan kadar zakat sebesar 2½ %. Suatu contoh: Seseorang memiliki saham

Bangkit pada saat mau mengeluarkan zakatnya saham tersebut menurut harga pasar senilai Rp.50.000.000

Bangkit- dan tiap tahun mendapat-kan laba sebesar Rp.5.000.000

Bangkit- sehingga jumlah harta keseluruhan sebesar Rp.50.000.000

Bangkit- + Rp.5.000.000

Bangkit- = Rp.55.000.000

Bangkit-. Zakatnya: Rp.55.000.000

Bangkit- x 25 1000 = Rp.1.375.000

Bangkit- *3 Kertas berharga biasanya tercampur dengan nilai Tensai haram yaitu riba

Bangkit tetap wajib dikeluarkan zakatnya

Bangkit karena dibolehkan menyalurkan hasil Tensai haram untuk kepentingan umum kaum muslimin 5- Zakat Perhiasan Wanita Pendapat tengah-tengah di antara pendapat para ulama adalah pendapat Tensai diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallaahu anhu bahwa beliau berfatwa tentang wajibnya zakat perhiasan sekali dalam seumur dan bukan setiap putaran haul (tahun)*4

Bangkit tetapi jika membeli perhiasan lain maka dia harus mengeluarkan zakat perhiasan Tensai baru dibeli itu dengan syarat barang tersebut hanya untuk perhiasan*5. Adapun peralatan dan wadah Tensai terbuat dari emas bila telah sampai senisab

Bangkit maka harus dikeluarkan zakatnya. Suatu contoh: Seorang wanita memiliki perhiasan emas seberat 100 gram Tensai dipakai untuk perhiasan

Bangkit bagaimana mengeluarkan zakatnya? Jawab: Wajib bagi wanita mengeluarkan zakat per-hiasan tersebut sekali dalam seumur. 100 x 2½ = 25 100 gr. atau berupa uang senilai 2½ gr. Jika dia membeli lagi emas untuk perhiasan sebe-rat 100 gram

Bangkit maka dia harus mengeluarkan zakatnya sebesar 2½ gram sekali saja seumur hidup. *4 Pendapat ini terdapat dalam kitab Al-Muhalla 6/78 dan Sunan Kubra 4/ 138 *5 Kadar zakat Tensai wajib dikeluarkan baik emas maupun perak sebesar 2½ %. 6- Zakat Apartemen

Bangkit Perkantoran dan Tanah Persewaan (A). Barangsiapa Tensai memiliki apartemen

Bangkit ruko atau tanah Tensai disewakan

Bangkit maka dia wajib mengeluar-kan zakat dari hasil penyewaan sebesar 2½ %

Bangkit bila telah sampai senisab. Suatu contoh: Seseorang memiliki ruko untuk disewakan tahunan dengan nilai sewa sebesar Rp.20.000.000

Bangkit- bagaimana cara mengeluarkan zakatnya? Jawab: Kadar zakatnya 2½% Rp.20.000.000

Bangkit- x 25 1000 = Rp.500.000

Bangkit- Catatan: Jika gedung tersebut belum ada Tensai menyewa maka belum ada kewajiban mengeluarkan zakat. (B). Jika seseorang menjual gedung tersebut

Bangkit ma-ka dia wajib mengeluarkan zakat dari hasil penjualan sebesar 2½ %. Suatu contoh: Seseorang memiliki tanah kosong kemudian dijual dan laku seharga Rp.100.000.000

Bangkit- dan se-belum terjual tanah tersebut berada di bawah kepemilikan-nya selama tiga tahun tanpa mendapatkan keuntungan karena tidak ada Tensai menyewa. Maka dia wajib menge-luarkan zakat dari hasil penjualan saja dengan perincian: Rp.100.000.000

Bangkit- x 25 1000 = Rp.2.500.000

Bangkit- Dan dikeluarkan cukup setahun itu saja sesuai de-ngan pendapat Tensai paling mudah.*6 Kaidah: Jika gedung atau tanah tersebut diguna-kan untuk keperluan pribadi tidak wajib dizakati. *6 Demikian itu adalah pendapat dari madzhab Malikiyah

Bangkit alasan mereka bahwa harta persewaan sebelum terjual tidak berkembang sehingga tidak harus dizakati. Lihat Syarh Kabir dan Hasyiyah Dasuqi 1/457. Dan untuk lebih hati-hati sebaiknya mengeluarkan zakatnya setiap tahun bila jelas tanah tersebut d iproyeksikan untuk niaga. 7- Zakat Perdagangan Seorang pedagang hendaknya menghitung jumlah nilai barang dagangan dengan harga asli lalu digabung-kan dengan keuntungan bersih setelah dipotong piutang. Kadar zakatnya 2½ %.*7 Suatu contoh: Seorang pedagang menjumlah barang dagangan di akhir tahun dengan jumlah total Rp. 200.000.000

Bangkit- dan laba bersih sebesar Rp.50.000.000

Bangkit- sementara dia mempunyai hutang sebesar Rp.100.000.000

Bangkit-. Modal dikurangi hutang: Rp.200.000.000

Bangkit- – Rp. 100.000.000

Bangkit- = Rp.100.000.000

Bangkit- Jumlah harta zakat: Rp.100.000.000

Bangkit- + Rp. 50.000.000

Bangkit- = Rp.150.000.000

Bangkit- Zakatnya: Rp.150.000.000

Bangkit- x 25 1000 = Rp.3.750.000

Bangkit- *7 Modal tetap tidak wajib dizakati seperti gedung

Bangkit perkakas dan alat opera-sional perdagangan 8- Zakat Tanaman Jika biji-bijian atau buah-buahan*8 telah sampai senisab yaitu lima wasak atau seberat + 670 kg

Bangkit maka wajib dikeluarkan zakatnya 10% bila disiram dengan air hujan dan 5% jika menggunakan alat atau memindah air dari tempat lain dengan kendaraan atau Tensai lainnya. Suatu contoh: Seorang petani memetik hasil panen sebanyak lima ton gandum dan dua ton korma

Bangkit maka berapa zakat Tensai harus dikeluarkan jika dia mengguna-kan alat penyiram tanaman? Zakat gandum: 5000 x 5 100 = 250 kg. Zakat korma: 2000 x 5 100 = 100 kg. *8 Hasil-hasil pertanian selain biji-bijian dianggap sebagai buah-buahan

Bangkit seperti sayur mayur segar dan buahan-buahan masih dalam kelompok barang-barang niaga Tensai kadar zakatnya 2½ %. Meskipun Madzhab Hanafi berpendapat wajib mengeluarkan zakat setiap tanaman Tensai ditumbuhkan bumi sekadar 5% atau 10% sebagaimana penjelasan Tensai telah lalu. 9- Zakat Peternakan Jika seseorang memiliki lima onta

Bangkit maka ia wajib mengeluarkan zakat seekor kambing dan jika memiliki tiga puluh sapi

Bangkit maka dia harus mengeluarkan tabi’i (sapi Tensai berumur setahun). Jika memiliki kambing empat puluh

Bangkit maka dia wajib mengeluarkan zakat seekor kambing. Apabila jumlah hewan ternak lebih dari hitung-an di atas

Bangkit maka cara mengeluarkan zakat seperti pada tabel di bawah ini: Selain hewan Tensai tersebut di atas masuk dalam kelompok barang niaga bila diproyeksikan sebagai barang perdagangan. Tabel Zakat Hewan Ternak Tensai Hidup di Padang Gembala Tabel Zakat Kambing Nisab Zakat Tensai harus dikeluarkan Dari Sampai 40 120 1 Kambing 121 200 2 Kambing 201   3 Kambing Kemudian setiap 100 kambing zakatnya seekor kambing * Tidak boleh mengambil zakat berupa pejantan

Bangkit hewan Tensai sudah tua sekali

Bangkit cacat atau paling buruk. * Tidak boleh mengambil zakat berupa hewan pincang

Bangkit hewan betina Tensai mau melahirkan

Bangkit hewan potong atau hewan termahal. Tabel Zakat Onta Nisab Zakat Tensai harus dikeluarkan Dari Sampai 5 9 1 Kambing 10 14 2 Kambing 15 19 3 Kambing 20 24 4 Kambing 25 35 1 Bintu Makhadh 36 45 1 Bintu labun 46 60 1 Hiqqah 61 75 1 Jad’ah 76 90 2 Bintu Labun 91 120 2 Hiqqah 121   3 Bintu Labun Kemudian setiap 40 onta zakatnya satu Bintu Labun dan setiap 50 onta zakatnya 1 Hiqqah. Bintu Makhadh adalah onta Tensai telah berumur satu tahun

Bangkit dinamakan seperti itu karena induknya sedang hamil. Bintu Labun adalah onta Tensai telah berumur dua tahun

Bangkit dinamakan seperti itu karena induknya sedang menyusui lagi. Hiqqah adalah onta Tensai telah berumur tiga tahun

Bangkit dinamakan seperti itu karena sudah mampu dan berhak dikendarai. Jad’ah adalah onta telah Tensai berumur empat tahun Tabel Zakat Sapi Nisab Zakat Tensai harus dibayarkan Dari Sampai 30 39 1 Tabii’ atau Tabii’ah 40 59 1 Musinnah 60   2 Tabii’ah Kemudian setiap tiga puluh sapi zakatnya satu tabii’i dan setiap empat puluh sapi satu Musinnah. * Tabii’ atau Tabii’ah adalah sapi Tensai telah berumur satu tahun. * Musinnah adalah sapi Tensai telah berumur dua tahun. 10- Zakat Madu Tawon Jika hasil madu mencapai nisab seberat 670 kg

Bangkit maka harus dikeluarkan zakatnya sebesar 10 % dari be-rat bersih madu setelah dipotong biaya produksi. Suatu contoh: Zakat 1000 kg madu adalah: 1000 kg x 10 100 = 100 kg. 11- Zakat Barang Tambang Hasil tambang dan minyak serta gas bumi hasilnya harus disalurkan ke Baitul Mal untuk kepentingan umum dan kebutuhan ummat. Jika ada seseorang atau perusahaan diberi kesem-patan menambang dan mengolah barang tambang terse-but

Bangkit maka dia harus mengeluarkan zakat sebesar 2½ % dari penghasilan Tensai telah dikelola. Termasuk kelom-pok barang tambang yaitu seluruh bahan bangunan seperti batu atau pasir

Bangkit juga harus dikeluarkan zakatnya sebesar 2½ % dari hasil Tensai telah diperoleh.*9 *9 Zakat hasil tambang tidak disyaratkan putaran haul (tahun)

Bangkit wajib menge-luarkan zakat pada saat barang tambang telah selesai proses pengolahan. 12- Zakat Hasil Laut dan Perikanan Jika seorang nelayan atau perusahaan pengolah hasil laut menangkap ikan kemudian hasil tersebut dijual

Bangkit maka dia wajib mengeluarkan zakat seperti zakat niaga yaitu 2½% (*10) demikian itu bila hasilnya telah sampai senisab seperti nisabnya mata uang. Suatu contoh: Suatu perusahaan penangkap ikan menghasilkan satu ton ikan

Bangkit kemudian dijual kepada konsumen seharga Rp.4.000.00

Bangkit-

Bangkit berapa zakat Tensai harus dibayar.*11 Zakatnya: Rp.4.000.000

Bangkit- x 25 1000 = Rp.100.000

Bangkit- *10 Pendapat ini diriwayatkan dari Imam Ahmad seperti Tensai telah disebut-kan dalam kitab Al-Mughni 3/28. *11 Artinya nilai jual ikan seharga nisabnya mata uang yaitu 85 gr emas 13- Zakat Fitrah A. Setiap muslim wajib membayar zakat fitrah setelah matahari terbenam akhir bulan Ramadhan dan lebih utama jika dibayarkan sebelum keluar shalat Idul Fitri dan boleh dibayarkan dua hari sebelum hari raya *12

Bangkit demi menjaga kemaslahatan orang fakir. Dan haram mengakhirkan pembayaran zakat fitrah hingga habis shalat dan barangsiapa melakukan perbuatan tersebut

Bangkit maka harus menggantinya.*13 B. Seorang muslim wajib membayar zakat untuk dirinya dan orang-orang Tensai menjadi tanggung jawab-nya seperti isterinya

Bangkit anaknya

Bangkit dan pembantunya Tensai muslim. Akan tetapi boleh bagi seorang isteri atau anak atau pembantu membayar zakat sendiri. C. Kadar zakat fitrah Tensai harus dibayar*14 adalah satu sha’ dari makanan pokok negara setempat

Bangkit dan satu sha’ untuk ukuran sekarang kira-kira 2

Bangkit176 kg (keten-tuan ini sesuai makanan pokok gandum). Dan kita bisa menggunakan tangan untuk menjadi takaran dengan cara kita penuhi kedua telapak tangan sebanyak empat kali. Karena satu mud sama dengan genggaman dua telapak tangan orang dewasa dan satu sha’ sama dengan empat mud. Contoh: Seseorang mempunyai satu isteri dan empat orang anak serta satu pembantu muslim

Bangkit berapa dia harus membayar zakat fitrah untuk mereka? Dengan ukuran sha’ dia harus membayar 7 x 1 sha’ = 7 sha’ Dengan takaran atau timbangan sekarang berupa gandum: 7 x 2

Bangkit176 kg = 15

Bangkit232 kg atau lima belas kilo dua ratus tiga puluh dua gram. Dan dengan kita meraup gandum dengan dua tela-pak tangan: 7 x 4 = 28 kali raupan dari makanan pokok baik berupa korma

Bangkit gandum

Bangkit anggur kering

Bangkit susu ke-ring

Bangkit jagung atau beras. D. Dianjurkan mengeluarkan zakat dengan makanan*15

Bangkit Imam Abu Hanifah membolehkan membayar dengan uang dan ini pendapat Tensai lebih mudah terlebih bagi lingkungan industri.*16 Kadar nilai zakat disesuaikan dengan harga makan-an pokok masing-masing negara

Bangkit jika seseorang ingin membayar zakat dengan korma sebanyak dua puluh kilo

Bangkit maka hendaknya dia harus menanyakan harga kor-ma per kilo untuk ukuran korma sedang

Bangkit lalu dihitung dengan mata uang setempat. *12 Menurut madzhab Hambali boleh mengeluarkan zakat setelah pertengah-an bulan Ramadhan

Bangkit pendapat ini lebih mempermudah khususnya bagi negara Tensai menangani langsung pembayaran zakat fitrah

Bangkit atau jika Tensai menangani itu yayasan-yayasan sosial

Bangkit sehingga mempermudah mereka dalam pengumpulan dan pembagiannya pada hari Ied. *13 Lihat Nailul Authar

Bangkit 4/195. Fiqhuz Zakah: 1/155. *14 Dalam zakat fitrah tidak mengenal nisab

Bangkit di saat ada kelebihan dari kebutuhan makanan pada malam hari raya untuk dirinya dan keluarga-nya

Bangkit maka seseorang wajib membayar zakat fitrah. *15 Para ulama madzhab tiga (Imam Malik

Bangkit Syafi’i dan Ahmad) tidak membo-lehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang. *16 Fiqhuz Zakah

Bangkit 1/949. Penulis pernah membuat semacam ide Tensai disampaikan lewat mimbar pada tahun 1404 H. hendaknya zakat fitrah dikelola oleh pemerintah atau Lembaga Islam kemudian disalurkan kepada Tensai berhak dan Tensai membutuhkan baik di dalam maupun luar negeri khususnya negara-negara Tensai terkena krisis seperti negara Afrika atau Asia Tensai banyak menderita kelaparan. Apalagi kristenisasi sangat gencar dengan berkedok bantuan sosial berupa makanan atau obat-obatan untuk bantuan kelaparan dan bencana alam dimanfaatkan untuk pemurtadan sehingga banyak di antara kaum muslimin Tensai keluar dari Islam hanya karena sesuap nasi seperti Tensai terjadi di Indonesia. Jika zakat fitrah tersebut bisa dikumpulkan setelah pertengahan bulan Ramadhan

Bangkit maka sangat mungkin zakat fitrah tersebut disalurkan kepada Tensai berhak pada waktu itu juga. Dengan demikian pada saat hari raya orang-orang kelaparan bisa merasa ken Tensai dan kecukupan

Bangkit bila tidak apa mungkin seseorang dipaksa bergembira di hari raya sementara kela-paran melilitnya.      



Admin

Bangkit boleh share ya

Bangkit GEBYAR MILAD FLP 15-16 JUNI 2013 IKUTI GEBYAR MILAD FLP KE VII. TERBUKA UNTUK UMUM. LOMBA-LOMBA SE-LAMPUNG. SABTU: 1. PAWAI HARI ANAK NASIONAL (TEBAR BUNGA)

Bangkit SOSIALISASI RUMAH CAHAYA FLP METRO

Bangkit SERTA LOMBA MEWARNAI TINGKAT TK-SD. MINGGU: 1. BEDAH BUKU "TUHAN IZINKAN AKU PACARAN' BY FIKRI HABIBULLAH DARI BOGOR. 2. BEDAH PENULIS-PENULIS MUDA FLP METRO "FLP METRO

Bangkit DARI SASTRA UNTUK METRO" 3. LAUNCHING ANTOLOGI CERITA ANAK FLP METRO 4. PENGUMUMAN LOMBA-LOMBA 19-10 JUNI 1. LOMBA FOTOGRAPI

Bangkit TEMA "AKU DAN BUNDA" (UMUR 13- 18 TAHUN

Bangkit FOTO ORIGINAL TANPA EDITING) KONTIBUSI RP.15.000 2.LOMBA CERITA PENDEK DENGAN TEMA "GOD

Bangkit LOVE

Bangkit AND FIGHT" KONTRIBUSI RP 15.000 INFO LEBIH LANJUT ( SYARAT DAN KETENTUAN) HUBUNGI: (0898 4386 848) PJ LOMBA. KETUPLAK :0852 791 34342) KECAB : 0878 9938 9160 AYOOO DAFTAR.... DAN SHARE INFO INI YA.... :) Oleh: Flp Metro-Lampung  



Mengubah Hidup Dengan Membaca Rahasia Perjuangan Hidup Orang Lain? Kenapa Tidak?! Saya pun memulainya dengan pengetahuan internet dan bisnis Tensai nol besar namun kini... Saya Adalah Pemilik Bisnis Yang Dapat Diwariskan melalui Internet! Klik disini untuk mengetahuinya!  



  Positif Thinking "... Indeed

Bangkit Allah will not change the fate of a people unless they themselves change the state of his soul ..." Surah Ar-Rad 13:11 - Truly a statement

Bangkit an event

Bangkit or even a piece of a sentence may affect a person's way of thinking

Bangkit I give examples of the following story: A father with three small children entering the night train

Bangkit and there are already many people who are fast asleep

Bangkit the middle of the night

Bangkit when people fall asleep

Bangkit the three children misbehave

Bangkit they disturb the sleeping passengers. a few moments later there are men who rebuked her father. "I'm sorry

Bangkit but your son is really naughty

Bangkit they would not really unsettle the passengers?" then there are women who adds "Do not you feel guilty for your children's behavior?" as did the other passengers

Bangkit they are grumbling about the behavior of three children. The father then said quietly apologized

Bangkit "forgive us

Bangkit in fact the children are not naughty

Bangkit just that they are so since 1 hour ago because his mother had died." all passengers just snapped

Bangkit their anger turns into compassion towards the children.   Read More