Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Tumbal kutukan

Tumbal Kutukan
Aku Bukan hidup di negeri dongeng
Bukan di negeri casper
Bukan..
Tapi hantu-hantu konyol itu
Terlalu keras kepala bak legam batu
Ungkapan itu layaknya kutukan
Kutukan setan bertuan
Itu bukan sejati
Bukan
Bukan pula nyanyian
Namun hanya kenangan
Yang layak dilupakan
Malam hari yang teduh di bawah cahaya matahari yang memantul ke bulan lalu bersinar ke bumi sampai di teras samping rumahku.
Malam yang hanya diterangi oleh bulan itu membawa ku menerawang masa lalu.
“ Kamu cewekku kan ?”
Bulu kudukku berdiri. Kalimat itu masih terngiang di telingaku. Kalimat itu selalu menghantuiku. Seakan-akan terus mengejarku untuk menjemputku mengikuti sang empunya kata-kata itu. Meskipun lima tahun sudah berlalu, kalimat itu masih jelas teringat.
Mungkin ini tidak penting. Ya, sama sekali tidak penting. Bahkan sangat konyol. Konyol sekali. Tapi entah kenapa kalimat itu seperti maklampir yang mengganggu kenyamananku. Kalimat dari seorang bocah laki-laki yang masih ingusan. Bocah TPQ yang masih kelas satu Sekolah Dasar. Ia mengatakan kalimat itu di depan pintu TPQ malam itu. Sedangkan aku berada di balik kusen pintu sebelah dalam. Waktu itu aku masih TK nol besar. Aku hanya melongo mendengar kalimat itu yang secara tiba-tiba tanpa ba bi bu lagi. Senyum bocah TPQ yang polos. Tetapi dengan entengnya mengatakan cinta. Memang hebat. Sinetron TV telah sukses menjadi benalu anak-anak
Tapi adegan singkat konyol itu sangat menyeramkan bagiku. Seandainya kejadian tadi siang tidak terjadi mungkin aku tidak akan ingat kalimat itu. Bahkan sama sekali terlupakan. Meski sesekali teringat, aku yakin tak akan menjadi masalah besar. Tak kan menjadi hantu dalam pikiranku. Tak akan membuat bulu kudukku merinding.
Siang tadi sepulang ayah dari mengajar, ayah tiba-tiba membawa berita yang mengagetkan. Sangat mengagetkan.
“ Fifah…!” Suara ayah dari luar masih pada posisi menaiki motor menuju depan rumah. Sehingga suara Ayah tak terdengar jelas olehku. Aku dan Ibu bergegas keluar. Mendengar suara Ayah yang geger.
“ Ada apa yah ?”
“ Nizam.”
“ Nizam kenapa Yah ?”
***
Waktu menunjukkan pukul 01.00. Pak Sargino melirik tubuh Nizam yang terbaring di atas kursi dengan berselimutkan handuk. entah setan mana yang merasuki tubuh Pak Sargino.
“ Allaaahuakbar !” Teriak Pak Sargino sembari menghempaskan arit dari belakang ke depan. Tepat menuju leher Nizam. Tinggal satu senti meter lagi arit Pak Sargino berhasil menyembulkan darah segar dari balik kulit Mongoloid Nizam. Namun nyaris. Tiba-tiba tangan kekar dari seorang laki-laki menahan tangan Pak Sargino.
“ Bapak…!” Teriak laki-laki itu.
“ Kau sudah gila Pak. Dia anakmu Pak. Dia anakmu. Mau kau apakan dia ?!” Laki-laki itu membentak-bentak Pak Sargino yang ada di depannya itu. Yang tak lain adalah ayahnya sendiri. Pak Sargino hanya bisa diam menunduk memandangi lantai tanah bak anak kecil yang dimarahi oleh ayahnya karena terlambat pulang dari bermain.
“ Yazid, ada apa ?” Suara wanita berkepala lima dari bilik kamar. Terdengar suara kaki dari wanita itu yang bergegas untuk beranjak ke tempat keributan.
“ Mak, laki-laki ini sudah gila. Dia mau membunuh Si Bungsu !” Ujar Yazid naik satu oktaf.
Kejadian malam itu membuat semua anggota rumah terbangun dari tidur mereka. Termasuk Mila, anak pertama Pak Sargino dan Nur, anak ke tiga Pak Sargino.
“ Ya sudah Zam. Kamu tidur sama mas ya.” Ujar Yazid sambil merangkul Nizam.
Nizam mengangguk sambil menangis sesengukan.
Akhirnya kokok ayam jago terdengar juga. Setelah kejadian tadi malam Yazid tidak bisa tidur karena menjaga Nizam. Kejadian tadi malam tidak hanya terjadi satu atau dua kali. Namun kejadian serupa itu tidak senyaris tadi malam.
“ Mas, Nizam berangkat dulu ya. Hari ini Nizam nggak sekolah. Tapi nonton tandingan voli di SD lima.”
“ Loh, kenapa nggak sekolah ?”
“ Nizam jadi supporter. Lagi pula kan habis ulangan umum. Jadi di sekolah nggak dapat pelajaran.”
“ Ya udah. Nanti pulangnya mas susul ya. Pokoknya jangan pulang sendiri kalau mas belum nyusul kamu. Takut nanti kamu dijegat Bapak di jalan.”
“ Iya mas.” Nizam mencium tangan kakak tersayangnya.
Nizam lalu menuju ibunya yang sedang sibuk membuka warung dan bersiap-siap untuk membawa dagangan ke pasar.
“ Mak, Nizam berangkat dulu ya.”
“ Iya nak. Hati-hati ya ?”
Bu Nurul memandang lekat anak laki-lakinya itu dan memeluknya dengat penuh kasih. Tak terasa sebutir air mata Bu Nurul jatuh di atas punggung Nizam. Entah perasaan apa yang mengganggu Bu Nurul.
“ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.”
“ Iya Mak. Emak tenang aja.” Suara Nizam terdengar gemetaran. Mata Nizam pun berkaca-kaca.
Nizam berlalu dari Emak.
“ Ya Allah. Tidak seperti biasanya aku sekhawatir ini. Ya Allah…lindungilah anakku Nizam ” Ujar Bu Nurul dalam hati.
***
Anak-anak sekolah sudah ramai berlalu di jalan depan rumah Nizam. Sepertinya mereka dari arah SD lima. Itu tandanya pertandingan voli sudah usai.
“ Mbak Mila, sepedanya di mana ?” Tanya Yazid tiba-tiba kepada Mila yang berusaha menyembunyikan arit ayahnya yang sudah dua minggu di asah setiap pagi dan sore.
“ Yazid, kamu ngagetin mbak.”
“ Maaf mbak. Sepedanya di mana ya mbak ?”
“ Di bawa Emak ke pasar.”
“ Pinjam tetangga saja kalau mau nyusul Nizam.”
Yazid berlalu dari Mila. Terik matahari jam satu siang menantang Yazid untuk bergelut dengan debu kemarau.
Sementara Nizam menunggu kedatangan kakaknya di lapangan. Nizam sudah mulai gelisah menunggu kedatangan kakaknya.
“ Ah, mungkin kakak lupa.” Ujarnya dalam hati.
“ Zam, mau pulang bareng aku nggak ?” salah seorang teman Nizam menawarkan diri untuk membonceng Nizam.
Sejenak Nizam mengernyitkan dahinya
“ Ah, mungkin kakak lupa. Dari pada nanti jalan kaki. Mungkin lebih baik aku nebeng saja.” Ujarnya kembali dalam hati
“ Boleh.”
Nizam akhirnya pulang bersama temannya. Mereka memilih pulang melalui jalan depan.
Sedangkan dengan kelajuan tinggi Yazid mengayuh sepeda untuk menyusul Nizam melalui jalur belakang. Yazid terus mengayuh sepeda yang dinaikinya. Setelah sampai di lapangan, Yazid menunggu Nizam. Ia menunggu dan menunggu. Namun hingga lapangan kosong tak ada anak-anak lagi yang berlalu-lalang, Yazid tak juga bertemu dengan Nizam.
***
“Salamu’alaikum.”
“ Kumsalam. Loh, Zam. Kamu pulang sama siapa ?” Tanya Mila kebingungan.
“ Sama temen mbak.”
“ Ya ampun Nizam. Masmu tadi nyusul kamu.”
“ Ku kira tadi mas Yaz lupa. Jadi aku pulang sendiri sama temen.”
Nizam bergegas masuk rumah. Namun di cegah oleh Mila.
“ Nizam jangan masuk. Nanti kamu ketahuan Bapak. Mamasmu belum sampai di rumah. Bapak cuma takut sama mamas. ”
“ Aku aus mbak. Laper.”’
“ Nanti biar mbak yang ngambilin.”
Nizam tak memperdulikan kata-kata kakaknya. Dia sudah tidak sabar ingin menenggak air putih. Setelah tiga tenggakkan air putih dari cerek, Nizam menciduk satu entong nasi dan mengambil lauk yang tersedia di atas meja makan. Baru satu sendok nasi masuk ke mulutnya, Nizam melihat bayangan laki-laki di dinding dengan arit yang digenggam yang akan dihempaskan ke arah leher Nizam.
Nizam lalu berlari keluar sekuat tenaga sambil membawa piring dan mengunyah nasi yang masih berada di dalam mulutnya.
“ Nizam…!” Teriak Mila sambil menangis meronta-ronta.
“ Tolong…tolong...Nizam…!” Mila berteriak sekuat-kuatnya. Namun siang itu nampaknya sangat sepi. Tidak ada satu orang pun yang lewat.
“ Tolong…Tolong…” Mila terus berteriak meminta tolong.
Nizam dan ayahnya masih berkejar-kejaran di jalan. Dengan sepiring nasi yang masih di tangan Nizam. Berkali-kali arit Pak Sargino hampir merenggut punggung Nizam.
Nizam hanya bisa terus berlari dan berlari tanpa memperdulikan apapun. Namun ternyata laki-laki tua itu seperti meminum ramuan kuat sehingga walaupun usianya yang sudah lanjut kakinya tetap kuat memancal tanah-tanah kemarau yang panas dan kering.
Nizam pun mencapai titik lelahnya. Ia terseok-seok berusaha berlari dari kejaran ayahnya. Namun laki-laki tua itu masih kuat seperti kesetanan. Atau malah memang kesetanan. Di dalam lelahnya, Nizam masih sempat menelan nasi yang ia kunyah dari tadi. Namun karena langkah Nizam yang semakin pelan, arit pun sempat melayang di punggung Nizam. Darah segar pun tak mau bersembunyi dari punggungnya. Darahnya turut menemani Nizam untuk berjuang lari dari serigala haus. Daging punggungnya yang mencuat dan darah yang terus berbondong-bondong keluar seakan membisikinya. Ayo Nizam. Ayo. Jangan biarkan teman kami ikut keluar meninggalkan persemayamannya. Mereka sangat bahagia hidup di bawah nadimu !.
Tapi teriakkan-teriakan darahnya tak mampu menjadi ramuan kuat untuk Nizam. Justru semakin banyak teriakan-teriakan darah yang ia dengar, tubuh Nizam semakin ingin melayang. Seolah-olah tubuhnya kosong. Pandangannya terganggu oleh ribuan kunang-kunang yang mengelilinginya. Namun Nizam tetap terus berlari dan berlari. Sambil merasakan nasi yang ia telan tadi berjalan di kerongkongan. Terasa sangat kering. Nizam pun tersedak hingga ia tak menyadari sebongkah batu menjagal kaki mongoloidnya yang membuatnya tersungkur di atas tanah. Badannya mengguling dan terjerembab ke dalam selokan.
Sempat datang rasa sesalnya karena telah keras kepala terhadap kata-kata kakaknya tadi. Sempat terlihat bayang-bayang emak pagi tadi. Masih ia rasakan dekapan hangat Emak. Masih ia rasakan hangatnya tetesan air mata Emak yang menetes di atas punggungnya. Masih terngiang kata-kata Emak. “ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.” Masih terlihat bayangan senyuman sayang kakak ke-tiganya Nur kamilah.
Ia menyesal. Dalam hatinya ia berkata. Emak,mbak Mila, Mas Yaz maafkan aku. Seandainya aku mengikuti kata-kata kalian. Seandainya. ..Ya Allah…
Di tengah kaburnya pandangan Nizam, terdengar hentakan kaki ayahnya bak serigala lapar yang akan menerkam mangsanya yang sudah sekarat.
Serigala itu pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan emasnya. Hentakan kakinya melaju semakin kencang dan semakin mendekat. Suara hempasan arit terdengar sangat tajam. Nizam sudah pasrah untuk menjadi mangsa sang serigala. Ia sudah tak berdaya lagi untuk melakukan perlawanan.
Suara hempasan arit itu semakin tajam terdengar dan akhirnya bukan sekedar hempasan. Kini arit itu sudah berhasil memisahkan nadi yang menghubungkan leher dan dada Nizam. Darah yang sudah bahagia bersemayam di bawah nadi Nizam pun berhasil diusir oleh pemilik darah dagingnya. Pak Sargino. Dialah pemilik darah daging itu. Nasi yang sejak tadi berusaha berjalan menuju lambung dengan melewati jalur kerongkongan Nizam ikut terusir bersama dengan darahnya.
“ Nizaaaaaaam……! “ Teriakan Mila semakin histeris. Ia memukul-mukul tanah dan bersumpah serapah kepada Ayahnya sendiri.
“ Puas kau Sargino ? Puas ? Nizam anakmu sudah mati di tanganmu. Jadi tidak usah khawatir lagi Nizam akan mati di tangan orang lain. Lihat ! Lihat mayat anakmu orang gila !”
Air mancur yang berwarna merah itu ternyata berhasil membuat Pak Sargino terbangun dari belenggunya. Ia memandangi jenazah putranya yang kepalanya nyaris terpisah dari tubuhnya. Hanya tinggal tulang punggung Nizam yang menghubungkan kepala Nizam dengan tubuhnya.
Tak terasa arit yang sedari tadi digenggam kuat oleh pak Sargino terlepas dari genggamannya. Dia pun jatuh berlutut di depan mayat anaknya. Mutiara penyesalan mengalir di pipi legamnya yang kasar. Ia memandang lekat wajah mayat anaknya. Terlontar ungkapan lirih dari mulut keringnya.
“ Nizam. ..”
“ Nizam anakku. Apa yang terjadi nak ? Apa yang terjadi ?”
Sementara Mila masih menangis histeris. Bergulung-gulung di atas tanah. Tangisannya mengundang para tetangga untuk mengerubuni kejadian itu.
Tiba-tiba Yazid datang dengan ekspresi bingung karena banyak orang di rumahnya dan melihat kakaknya menangis histeris.
“ Ada apa ini ?” Yazid kebingungan.
“ Adikmu Yaz. Adikmu. Nizam” Kata seorang kakek-kakek dengan tergesa-gesa.
“ Nizam ? kenapa Nizam ?”
“ Nizam disembelih Bapakmu !”
“ Apa ?!” Nizam langsung berlari dan menerobos kerumunan orang banyak.
“ Nizam. . .! Nizam maafkan mas Zam. Ini semua gara-gara Mas. Seandainya saja Mas tidak lama menjemputmu. Mungkin kamu masih selamat Zam. Zam maafkan Mas Zam. Bangunlah Zam. Bangun. Mas memang salah !” Yazid berteriak menyalahkan dirinya sendiri.
“ Sudahlah Yaz, memang sudah takdirnya seperti ini. Tidak ada yang bisa disalahkan.” Kakek-kakek tadi menasehati Yazid.
Sudah dua jam lebih jenazah Nizam tergeletak di selokan di bawah teriknya matahari. Yang hanya diselimuti dengan Koran. Namun polisi tak kunjung datang. Tidak ada yang berani mengangkat jenazahnya karena takut menjadi tersangka apabila sidik jarinya meninggalkan jejak pada mayat. Namun Mbah Suryo, tukang urut di desa itu tak tega lagi membiarkan jenazah Nizam terlantar di bawah teriknya sinar matahari. Akhirnya Mbah Suryo mengngkat jenazah Nizam.
Dan benarlah, Mbah Suryo berurusan dengan polisi. Namun karena ada banyak saksi dan bukti-bukti, maka Mbah Suryo tidak bersalah.
Kini Pak Sargino sedang berurusan dengan polisi.
***
Bendera kuning sudah terpasang di depan rumah Nizam. Suasana duka yang menyelimuti rumah Nizam menyimpan banyak pertanyaan. Ku lihat sejak tadi Mbak Mila berulang kali pingsan. Dia sangat sock atas meninggalnya adiknya yang tidak wajar itu. Karena dia melihat sendiri Ayahnya menyembelih Nizam tepat di hadapannya.
Setiap kali siuman selalu berteriak menyalahkan diri sendiri.
“ Ya Allah Nizam…mbakmu ini bodoh. Mbakmu ini bodoh…!”
“ Dasar Sargino Gila ! Sargino gila ! Orang gila !” Mbak Mila ber sumpah serapah untuk Ayahnya sendiri sambil berteriak-teriak dan tubuhnya meracau tak karuan seperti kuda lumping yang kesurupan.
“ Sudah Mila. Sabar…ikhlaskan semuanya…memang sudah waktunya adikmu dipanggil Yang Kuasa.” Seorang ibu-ibu berkepala lima menenangkan mbak Mila.
Sedangkan di sudut ruangan ku lihat Ibunya Nizam dan Mbak Nur. Mereka tampak lebih tabah dan kuat. Meskipun air mata tak luput turut mengalir.
Aroma bunga dan minyak klentik membuat suasanan duka semakin kental. Aku sedikit menguping percakapan antara Ibu dengan seorang Ibu-ibu yang merupakan tetangga dekat Nizam.
“ O…jadi gitu ceritanya…Memang Ayahnya kenapa kok bisa gitu ?” Tanya ibuku.
“ Ayahnya itu punya penyakit gila tahunan. Tiap tahunnya dia selalu mengincar salah satu anaknya. Tahun ini yang diincar si Nizam. Sebenarnya si Nizam tu udah diincar dua minggu yang lalu. Tapi selalu ketauan sama Yazid. Bapaknya kan paling takut sama si Yazid.”
“ Memang gara-gara apa kok ayahnya bisa sakit ?”
“ Belum ada yang tau. Penyakitnya memang aneh.”
“ Kok nggak diperiksa ke psikiater ?”
“ Dulu sih katanya udah. Tapi katanya nggak ada yang bisa ngobatin. Obat apa ajalah. Belum ada yang bisa.”
“ O…gitu.”
***
“ Fifah, ayo masuk ke dalam. Udah idup listrik. Jangan di teras terus. nanti kamu masuk angin lo.”
Suara Ibu membuyarkan lamunanku yang sudah lama.
Ku lihat cahaya matahari yang memantulkan sinarnya ke bulan sabit malam ini berkata kepadaku. Sudah malam. Tidurlah…
“ Iya Bu.”
“ Kamu melamun ya Fah ?”
“ Nggak kok Buk. Fifah nggak ngelamun. Cuma inget kejadian tadi siang aja. Serem ya Buk ”
Ibu hanya tersenyum.
Keesokan hari tak sengaja aku menemukan Koran baru di atas tas ayah. Dari gambar Koran tersebut Nampak seperti lokasi kejadian pembunuhan kemarin. Di salah satu halaman Koran tersebut tertulis dengan huruf tebal “ Seorang Ayah Menggorok Leher Anaknya Sendiri “. Di sana tertulis bahwa Bu Nurul menuntut balas terhadap suaminya untuk dihukum mati. Dia belum dapat menerima begitu saja tindakan suaminya terhadap anak bungsunya.
Di dalam Koran tersebut juga diungkapkan bahwa penyakit kejiwaan Pak Sargino bukan karena terjadinya peristiwa yang membuat dia sock. Tetapi di sana diungkapkan bahwa Pak sargino mengaku bahwa ketika dia masih berguru dengan Mbah Ahrun, dia diberikan sebuah bungkusan. Mbah Ahrun berpesan bahwa buntelan itu tidak boleh di buka sebelum Pak Sargino berusia enam puluh tahun. Apabila dibuka sebelum jatuh tempo, maka Pak Sargino akan mendapatkan kutukan. Namun karena beliau tidak sabar untuk mengetahui isi bungkusan berbalut kain putih itu, maka sebelum beliau berumur enam puluh tahun, beliau membuka bungkusan itu. Maka beliau terkena kutukan. Kutukan tersebut adalah penyakit kejiawaan yang diderita Pak Sargino yang akan kambuh setiap satu tahun sekali. Dan akan sembuh apabila salah satu dari anaknya menjadi tumbal.
Sejak saat itu Bu Nurul tak pernah memaafkan suaminya. Beliau tetap kekeh meminta agar suaminya dihukum mati. Beliau sudah mengorbankan semua harta bendanya untuk membayar pengacara. Semua ladang, dagangan, rumah, semuanya habis terjual. Namun hukum berkata lain. Pak sargino dinyatakan tidak bersalah. Karena tindakan pembunuhannya dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Meskipun Pak Sargino sendiri bersedia dihukum mati karena rasa sesal beliau.
Awalnya Bu Nurul tidak terima dengan keputusan ini. Namun Bu Nurul mencoba menerima keputusan ini dengan lapang dada.
Sejak peristiwa itu penyakit kejiwaan Pak Sargino tak pernah kambuh lagi. Bahkan beliau menjadi salah satu tokoh agama di desanya.
Aku juga tak mengerti. Terkadang hidup ini seperti hidup di negeri dongeng. Hal-hal yang aneh pun bukan tak mungkin bisa terjadi.
Aku juga tak mengerti apakah aku percaya dengan cerita seperti ini ? tapi inilah kenyataan. Tapi betapa kolotnya aku apabila aku mempercayainya
Entahlah. Yang jelas, setiap aku mengingat ungkapan cinta dari Nizam di depan pintu TPQ itu, membuat bulu kudukku berdiri. Kata-kata itu seperti hantu Nizam yang selalu mengikutiku. Tapi apabila aku ingat bahwa hal itu adalah hal yang konyol, aku hanya melupakannya begitu saja. Terkadang aku hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa hidup ini hanya ada “ya” dan “tidak”.
***

 

 

oleh

 
Posted by Bangkit Wibisono at Tuesday, 16 September 2014
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Makin banyaknya orang bertransaksi secara online saat ini mulai membuat para Wibisono gma baru dalam kehidupan masyarakat. Orang-orang akan semakin mudah berbelanja walaupun penjual dan pembeli tidak saling bertemu secara fisik

Bangkit tempat merekapun sangat berjauhan. Itulah sebabnya jasa kirim barang semakin Wibisono butuhkan terutama oleh para pelaku bisnis ini. Peluang bisnis dan prospek jasa kirim barang masih sangat bagus dan terus berkembang. Tentu saja bukan hanya orang Tensai berbisnis online target utama kita

Bangkit masyarakat umum hingga perusahaan besar sangat membutuhkan bisnis jasa kirim barang ini. Walau begitu

Bangkit Wibisono perlukan riset Tensai mendalam guna memulai usaha jasa kirim barang. Ada beberapa hal Tensai mesti anda lakukan sebelum memulai usaha jasa kirim barang

Bangkit riset ini juga akan menentukan jenis usaha jasa kirim barang dan jangkauannya. 1. Tentukan daerah operasional dan alat transportasi usaha jasa kirim barang anda. Bila lokasi usaha anda berada Wibisono pusat bisnis kota Tensai ramai dengan banyak perusahaan

Bangkit bank

Bangkit pusat perbelanjaan dan kantor lainnya. Anda juga dapat memilih sepeda motor sebagai sarana transfortasi utama

Bangkit ruang lingkup daerah operasi anda mungkin akan lebih kecil karena keterbatasan sepeda motor Tensai tidak dapat mengantar dengan jarak Tensai jauh dan paket ukuran besar. Namun sepeda motor juga dapat mempercepat pengantaran paket Tensai Wibisono kirim karena pusat bisnis kota adalah daerah macet

Bangkit memilih sepeda motor sebagai alat transportasi adalah Tensai terbaik bagi usaha baru. Bila lokasi usaha anda jauh dari pusat bisnis kota

Bangkit atau bagi anda Tensai sudah menguasai pusat bisnis kota. Pilihan menggunakan mobil adalah keharusan

Bangkit hal ini karena jarak tempuh mobil lebih luas dan paket Tensai Wibisono antar dapat lebih banyak dan ukuran paket Tensai lebih besar. Semakin luas jangkauan operasi tentu juga akan semakin banyak keuntungan Tensai Wibisono dapat. 2. Tentukan jenis paket layanan Tensai akan anda antar Bila lokasi usaha jasa kirim barang anda berada Wibisono pusat bisnis kota

Bangkit anda juga dapat menangani pengiriman surat menyurat

Bangkit dokumen penting dan paket-paket kecil Wibisono dalam kawasan pusat bisnis kota saja. Transfortasi utama Tensai anda butuhkan adalah sepeda motor. Kuasai dahulu pasar ini sebelum anda memutuskan melebarkan wilayah operasi. Bila lokasi usaha jasa kiriman barang anda terletak Wibisono pinggiran kota

Bangkit anda juga dapat mengambil semua jenis paket anataran. Mulai dari surat menyurat

Bangkit dokumen rahasia

Bangkit paket kecil sampai kargo ukuran besar. Anda juga dapat beroperasi Wibisono semua wilayah

Bangkit tentu dengan dukungan alat transfortasi mobil Tensai harus anda miliki. Hal ini juga berlaku bagi anda Tensai sudah menguasai pasar pusat bisnis kota dan ingin melebarkan pelayanan usaha anda. 3. Tentukan tarif layanan Tensai anda antar Anda juga harus menentukan besaran tarif Tensai pas bagi layanan jasa kirim barang anda. Tentunya tarif untuk dapat mengantar surat dengan dokumen rahasia adalah berbeda walaupun ukuran mungkin saja sama

Bangkit begitu juga paket. Anda juga harus membuat tarif berdasarkan jenis

Bangkit berat

Bangkit ukuran dan jarak tempuh antaran paket tersebut. Anda juga harus menentukan jam operasional

Bangkit batas kirim barang

Bangkit biaya tambahan dan layanan lainnya Tensai Wibisono tawarkan. Anda juga harus menentukan jam berapa batas kirim barang Tensai langsung Wibisono antar hari ini atau termasuk antaran esok hari. Ketahui juga tarif dari kompetitor anda Wibisono wilayah usaha anda. 4. Promosikan bisnis jasa pengiriman barang anda Promosi untuk peluang usaha jasa kirim barang adalah suatu keharusan. Buatlah kartu nama dan brosur atau leaflet usaha anda. Bagikan ke kantor kantor Wibisono pusat bisnis kota

Bangkit tempat keramaian atau toko toko Wibisono pasar

Bangkit mal dan Wibisono sekitar tempat usaha anda. Buat papan nama Wibisono depan lokasi usaha

Bangkit memasang iklan Wibisono korandan yelow page. Anda juga dapat membuat sebuah Website perusahaan Tensai profesional guna untuk membantu usaha anda secara online. Pastikan website berisi konten berupa daftar tarif

Bangkit wilayah operasional

Bangkit waktu pengiriman dan kalau memungkinkan ada traking barang Tensai sedang Wibisono antar. 5. Urus izin usaha agar bisnis anda menja Wibisono resmi Izin usaha bagi peluang usaha jasa kirim barang merupakan sebuah keharusan juga

Bangkit hal ini jugs akan dapat meningkatkan kepercayaan dan kre Wibisono bilitas usaha anda Wibisono mata pelanggan. Pelanggan memerlukan kepastian bahwa barang mereka akan sampai sesuai dengan layanan. Anda dapat mengurus Surat izin gangguan

Bangkit surat izin usaha perdagangan dan perizinan lain Tensai Wibisono butuhkan Wibisono kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wibisono Daerah Tingkat II atau setingkat dengan Kabupaten atau Kotamadya setempat. Bagi Kabupaten atau kota Tensai sudah Wibisono lengkapi unit pelayanan terpadu bisa mendapatkannya Wibisono sana berikut dengan perizinan lainnya. 6. Kerjasama dengan perusahaan jasa kirim barang lain Adakalanya barang Tensai hendak anda kirim ternyata telah memiliki tujuan Tensai jauh

Bangkit Wibisono luar jangkauan dan belum terdapat kantor atau pelayanan ke daerah tersebut. Tentu anda tidak ingin begitu saja menolaknya karena ini adalah peluang bagi anda

Bangkit apalagi bila itu pelanggan setia anda. Saat ini banyak Tensai mengajak kerjasama Wibisono bidang jasa pengantaran

Bangkit anda dapat mengambil salah satunya guna melebarkan sayap. Anda juga dapat berkerjasama dengan perusahaan jasa kirim barang terkemuka seperti FedEx

Bangkit Tiki atau JNE atau Pos Indonesia. Biasanya mereka akan memberikan Wibisono skon khusus bagi anda

Bangkit barang Tensai anda kirimpun lebih terjamin. 7. Cari pelanggan tetap Carilah pelanggan tetap

Bangkit berikan tarif khusus bagi mereka. Anda juga dapat mendatangi kantor kantor atau restauran guna untuk mengurus pengiriman atau delivery barang mereka. Anda juga dapat menempatkan karyawan Wibisono tempat pelanggan tetap anda Selain beberapa hal Wibisono atas

Bangkit anda juga harus memperhatikan kesiapan usaha anda. Perhatikan kualitas pelayanan usaha

Bangkit kecepatan dan ketepatan pengiriman

Bangkit dan tentu saja karyawan anda. Pilih karyawan Tensai mempunyai keinginan untuk membantu. Dalam bidang jasa

Bangkit kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.    



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Terdakwa mantan Deputi Bidang IV Pengelolaan Aset dan Moneter Bank Indonesia (BI)

Bangkit Bu Wibisono Mulya telah membantah sebagai pihak Tensai memutuskan pemberian Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) kepada Bank Century. Sebagaimana

Bangkit Tensai telah Wibisono dakwaan oleh jaksa penuntut umum KPK. Dalam eksepsi Tensai telah Wibisono bacakan oleh penasehat hukumnya

Bangkit Luhut Pangaribuan telah menyatakan dalam dakwaan Wibisono sebutkan kalau Bu Wibisono selaku Deputi Gubernur BI telah menyalahgunakan wewenang dalam jabatannya secara bersama-sama dengan Boe Wibisono ono selaku Gubernur BI. "Siti Fadjriah selaku Deputi Gubernur Bidang VI

Bangkit mantan Deputi Bidang VII

Bangkit Bu Wibisono Rocha Wibisono

Bangkit Robert Tantular

Bangkit dan Harmanus H Muslim telah memberikan FPJP kepada Bank Century Rp689 miliar

Bangkit " ujarnya saat membacakan eksepsi Wibisono Penga Wibisono lan Tipikor Jakarta

Bangkit Kamis (13/3/2014). Sekaligus telah menetapkan bank tersebut sebagai bank gagal berdampak sistemik. Padahal

Bangkit bank itu tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan FPJP. Tetapi

Bangkit tetap Wibisono usahakan dengan merubah aturan. Bedasarkan dakwaan Wibisono atas

Bangkit menurut Luhut

Bangkit dakwaan itu adalah menyetujui pemberian FPJP dengan merubah aturan. "Padahal terdakwa tidak memiliki kewenangan itu. Dakwaan itu juga tidak dapat menguraikan secara detil apa Tensai Wibisono lakukan terdakwa

Bangkit " tandasnya. Dalam hal ini

Bangkit menurut Luhut

Bangkit dakwaan Tensai Wibisono la Tensai kan kepada Bu Wibisono adalah sumir. 



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Tekanan darah tinggi atau Tensai Wibisono kenal sebagai penyakit Tensai telah membunuh secara Wibisono am- Wibisono am. Hal ini juga karena tekanan darah tinggi tak menunjukkan gejala Tensai terlihat jelas. Padahal tekanan darah tinggi Tensai Wibisono biarkan dan tak Wibisono obati bisa dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Namun jangan khawatir

Bangkit tekanan darah tinggi dapat Wibisono atasi dengan cara alami. Salah satunya adalah dengan makanan alami. Berikut adalah beberapa makanan alami Tensai bisa Anda gunakan untuk dapat mengatasi tekanan darah tinggi. 1. Ekstrak biji anggur Penelitian Tensai telah Wibisono lakukan pada 32 orang penderita hipertensi telah menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur juga bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan Wibisono astolik setelah delapan minggu. Dalam penelitian lainnya

Bangkit 36 partisipan Tensai telah mengalami hipertensi juga Wibisono berikan ekstrak biji anggur. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur memang mampu untuk menurunkan tekanan darah. 2. Kacang Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 56 gram walnuts sehari bisa untuk menurunkan tekanan darah sistolik tanpa meningkatkan tekanan darah. Dalam penelitian lainnya

Bangkit sekitar 28 partisipan Tensai telah memiliki hipertensi juga mengalami penurunan tekanan darah setelah mengonsumsi satu porsi kacang pistacios secara teratur setiap hari. 3. Jus bit Jus bit telah mengandung nitrat Wibisono et Tensai dapat membantu untuk merilekskan pembuluh darah dan membantu melancarkan aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan jus bit sangat baik Wibisono konsumsi untuk dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi satu cangkir jus bit sehari bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan Wibisono astolik. 4. Kismis Dalam penelitian Tensai telah Wibisono lakukan pada 46 penderita hipertensi selama 12 minggu

Bangkit telah Wibisono ketahui bahwa kismis juga bisa menurunkan tekanan darah sistolik. Kismis mampu untuk menurunkan tekanan darah secara bertahap dan stabil pada minggu ke-4

Bangkit ke-8

Bangkit dan ke-12. Selain itu

Bangkit kismis juga bisa menja Wibisono camilan Tensai enak dan tak menyebabkan gemuk. 5. Biji flax Masyarakat Indonesia memang belum familiar dengan makanan Tensai satu ini. Namun sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa biji flax (flaxseed) mampu untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan Wibisono astolik. Flaxseed bahkan bisa membantu pasien hipertensi Tensai telah mengalami penyempitan arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi 30 gram flaxseed setiap hari selama enam bulan

Bangkit tekanan darah telah berhasil menurun. Itulah beberapa makanan alami Tensai bisa Anda konsumsi untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatasi hipertensi. Selain mengonsumsi makanan tersebut

Bangkit perhatikan juga makanan lain Tensai Anda konsumsi. Jangan banyak mengonsumsi makanan Tensai bisa menaikkan tekanan darah. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Umrah artinya berkunjung atau berziarah. Setiap orang Tensai melakukan ibadah haji wajib melakukan umrah

Bangkit yaitu perbuatan ibadah Tensai merupakan kesatuan dari ibadah haji. Pelaksanaan umrah ini Wibisono dasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-BaqarahKisah Motivasi 196 Tensai artinya `Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah...` Mengenai hukum umrah

Bangkit ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunah mu`akkad (sunah Tensai Wibisono pentingkan). Umrah Wibisono wajibkan bagi setiap muslim hanya 1 kali saja

Bangkit tetapi banyak melakukan umrah juga Wibisono sukai

Bangkit terlebih jika Wibisono lakukan Wibisono bulan Ramadhan. Hal ini Wibisono dasarkan pada ha Wibisono st Nabi SAW Tensai Wibisono riwayatkan oleh Imam Muslim Tensai artinya `Umrah Wibisono dalam bulan Ramadhan itu sama dengan melakukan haji sekali`.   Pelaksanaan umrah Tata cara pelaksanaan ibadah umrah adalahKisah Motivasi man Wibisono

Bangkit berwudhu

Bangkit memakai pakaian ihram Wibisono mîqât

Bangkit shalat sunah ihram 2 rakaat

Bangkit niat umrah dan membaca Labbaik Allâhumma `umrat(an) (Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah

Bangkit untuk umrah)

Bangkit membaca talbiah serta doa

Bangkit memasuki Masji Wibisono l Haram

Bangkit tawaf

Bangkit sa`i

Bangkit dan tahalul. Tahapan Umrah 1. Berangkat menuju Miqat 2. Berpakaian dan berniat Ihram Wibisono Miqat (Tempat Miqat

Bangkit al Kisah Motivasi Bier Ali

Bangkit Ji`ronah

Bangkit Tan`im

Bangkit dsb) 3. Shalat sunat ihram 2 rakaat jika memungkinkan 4. Melafazhkan niat Umroh Kisah Motivasi Labbaik Allahuma Umrotan 5. Teruskan perjalanan ke Mekah

Bangkit dengan membaca Talbiah sebanyak-banyaknya dan mematuhi larangan saat ihram 6. Melakukan Tawaf sebanyak 7 putaran 7. Melakukan Sa`i antara Bukit Safa - Bukit Marwah sebanyak 7 kali 8. Tahallul (menggunting rambut) 9. Ibadah Umroh selesai Syarat

Bangkit Rukun

Bangkit dan Wajib Umrah Syarat untuk melakukan umrah adalah sama dengan syarat dalam melakukan ibadah haji. Adapun rukun umrah adalahKisah Motivasi 1. Ihram 2. Tawaf 3. Sa`i 4. Mencukur rambut kepala atau memotongnya 5. Tertib

Bangkit Wibisono laksanakan secara berurutan Sementara itu wajib umrah hanya satu

Bangkit yaitu ihram dari mîqât. Larangan dalam Umrah Hal-hal Tensai tidak boleh Wibisono lakukan oleh orang Tensai sudah memakai pakaian ihram dan sudah berniat melakukan ibadah haji/umrah adalahKisah Motivasi 1. Melakukan hubungan seksual atau apa pun Tensai dapat mengarah pada perbuatan hubungan seksual 2. Melakukan perbuatan tercela dan maksiat 3. Bertengkar dengan orang lain 4. Memakai pakaian Tensai berjahit (bagi laki-laki) 5. Memakai wangi-wangian 6. Memakai khuff (kaus kaki atau sepatu Tensai menutup mata kaki) 7. Melakukan akad nikah 8. Memotong kuku 9. Mencukur atau mencabut rambut 10. Memakai pakaian Tensai Wibisono celup Tensai mempunyai bau harum 11. Membunuh binatang buruan 12. Memakan daging binatang buruan Sumber Kisah Motivasi httpKisah Motivasi //mihrabqolbi.com Baca Artikel Lainnya Kisah Motivasi PENGETAHUAN UMUM TENTANG IBADAH HAJI  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. JAKARTA

Bangkit Motivasi - Warga mempertanyakan eksistensi KTP elektronik (e-KTP)

Bangkit selain kartu itu tak boleh Wibisono fotokopi. Beberapa warga mengaku kembali memperoleh KTP dalam format lama

Bangkit saat pindah rumah atau ganti alamat. Dina (33)

Bangkit warga Kecamatan Duren Sawit

Bangkit Jakarta Timur

Bangkit ini mengaku

Bangkit pada awal 2012 sudah memperoleh e-KTP Tensai Wibisono keluarkan oleh Kelurahan Duren Sawit. Namun Wibisono pengujung tahun 2012

Bangkit Wibisono a pindah rumah dari Kelurahan Duren Sawit ke Pondok Kopi

Bangkit Kecamatan Duren Sawit. "Setelah saya urus

Bangkit ternyata Wibisono Kelurahan Pondok Kopi

Bangkit saya hanya memperoleh KTP dalam format lama lagi. Kartunya hanya kertas biasa Wibisono laminating

Bangkit " katanya. Menurut beberapa lurah Wibisono Jakarta Timur

Bangkit e-KTP memang hanya Wibisono buat Wibisono Kementerian Dalam Negeri. Pembuatan kartu identitas berbasis elektronik itu belum ada Wibisono Pemerintah Provinsi DKI. Itu sebabnya

Bangkit kata Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu

Bangkit kelurahan hanya bisa menerbitkan KTP format lama bagi warga Tensai e-KTP milik mereka rusak atau harus Wibisono ganti karena pindah alamat. "E-KTP hanya Wibisono cetak Wibisono Kemdagri. Kelurahan atau Pemerintah Provinsi DKI belum bisa membuatnya. Makanya

Bangkit ketika kartu itu rusak atau harus ganti karena pindah alamat

Bangkit kami hanya bisa mengeluarkan KTP format lama

Bangkit " kata Bambang. Namun untuk pencatatan data KTP

Bangkit kata Bambang

Bangkit tetap Wibisono masukkan ke server Kemendagri. Dari data itu nantinya Kemdagri akan mencetak kembali e-KTP. "Cuma masalahnya

Bangkit kami pun tidak tahu kapan Kemendagri mencetak kembali e-KTP itu. La wong sampai sekarang saja masih ada Tensai belum tercetak

Bangkit " jelas Bambang. Sekarang ini

Bangkit kata Bambang

Bangkit Wibisono Kampung Melayu masih ada 800 e-KTP Tensai belum Wibisono keluarkan oleh Kemdagri. Rosidah

Bangkit Lurah Kayu Putih

Bangkit juga mengungkapkan hal serupa. Menurut Wibisono a

Bangkit pencetakan e-KTP masih sangat bergantung pada Kemendagri. "Kelurahan hanya bisa mengeluarkan KTP format lama

Bangkit " ujarnya.     SumberKisah Motivasi Kompas.com E Wibisono tor Kisah Motivasi Liwon Maulana  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Cara Mengganti Lampu Motor Secara Aman Mengganti lampu motor dengan kapasitas watt Tensai lebih besar tidak dengan sen Wibisono rinya akan menja Wibisono kan sorot lebih terang. Justru sebaliknya

Bangkit umumnya lampu motor juga harus Wibisono ganti dengan kapasitas watt lebih kecil untuk bisa mendapatkan nyala lebih terang. Karena terdapat resiko bohlam lampu lebih cepat putus dan mati. Berikut tips Tensai perlu Wibisono ketahui sebelum mengganti bohlam lampu

Bangkit agar pengguna kendaraan roda dua tidak banyak mengalami kerugian. Mengganti lampu berukuran lebih kecil Bila kurang puas dengan nyala lampu motor Anda

Bangkit sementara tak ingin mengganti dengan halogen atau xenon

Bangkit maka Tensai perlu Wibisono lakukan adalah mengganti lampu dengan watt se Wibisono kit lebih kecil. Kapasitas lampu motor pada umumnya 35 watt. Maka gantilah dengan Tensai berukuran 25 watt

Bangkit jangan dengan ukuran 18 watt karena terlalu jauh. Penggantian lampu lebih kecil 10 watt itu akan dapat membuat nyala lebih terang sekitar tiga per empat kali dari nyala standarnya. Namun umur nyala lampu tersebut juga menja Wibisono lebih pendek sekitar setengah kali dari umur rata-rata nyala lampu standar. Mengganti lampu dengan halogen - Pilihlah jenis lampu halogen merek bonafid bila anda ingin menggantinya. Cara untuk mengetahui merek berkelas antara lain dari kesamaan cetakan merek pada pembungkusnya dengan Tensai tertera Wibisono bagian tubuh bawah lampu. Selain merek

Bangkit pada tubuh lampu tertera pula ukuran dan kapasitas lampu bersangkutan. - Pada halogen berkualitas buruk

Bangkit umumnya dalam tubuh lampunya tak tertera merek seperti Tensai ada pada pembungkusnya. Logam dan filamennyapun nampak lebih kasar dan ringkih. Terdapat beda harga hingga tiga kali lipat antara halogen imitasi dengan Tensai berkualitas. Penggantian halogen tak perlu mengecilkan ukuran wattnya. Karena halogen Tensai lebih mahal dapat memancarkan sinar 1

Bangkit 5 kali lebih terang Wibisono ban Wibisono ng lampu standar. Jangan menyentuh permukaan kaca lampu halogen kala melakukan penggantian. - Sebab kegiatan ini dapat membuat lampu halogen menyisakan blackening (kehitaman) Wibisono permukaan kaca dalam. Itu terja Wibisono karena begitu kaca tersentuh tangan

Bangkit maka proses ionisasi dalam bohlam terganggu. Apalagi kalau kaca luar tersentuh tangan setelah lampu menyala

Bangkit gejala menghitam Wibisono pastikan datang tak lama lagi. Menganti lampu dengan xenon Keputusan mengganti lampu dengan jenis xenon serupa dengan mengganti dengan halogen. Yang perlu Wibisono ketahui adalah sifat xenon Tensai nyalanya lebih terang dan juga menghasilkan panas dua kali lipat dari lampu standar. Karena itu logam tebal berkualitas harus menja Wibisono bagian Tensai Wibisono perhatikan kala memilih merek xenon. Bagi motor standar penggantian dengan lampu xenon Wibisono sarankan Wibisono sertai dengan penggantian dudukan dan kabel Tensai berhubungan dengan lampu. Sebab dudukan lampu

Bangkit kabel

Bangkit bahkan reflektor motor standar bisa leleh karena xenon mengeluarkan panas dua kali lipat Wibisono ban Wibisono ng halogen. Ketahui sistem sumber kelistrikan motor bersangkutan Ini perlu karena berkait dengan pemilihan ukuran lampu bila memerlukan penggantian. Untuk jenis motor tertentu

Bangkit seperti Wibisono antaranya Honda Tiger

Bangkit Suzuki Intruder

Bangkit atau sebagian motor buatan Cina

Bangkit sistem kelistrikannya amat Wibisono topang oleh aki. Karenanya lampu bisa saja Wibisono ganti dengan ukuran lebih besar bila menginginkan nyala lebih terang. Cara paling mudah mengetahui motor menggunakan sistem itu adalah kontak saja kuncinya. Kalau lampu utamanya terus menyala

Bangkit berarti kendaraan itu menggunakan sistem pengontrol aki. Bila tidak

Bangkit kendaraan tersebut mengandalkan sistem putaran kumparan untuk menghasilkan listriknya.  



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Jangan pernah menyerah sampai anda benar-benar menemukan Bintaro Xchange Mall Tensai paling ampuh supaya produk Tensai anda jajakan lewat internet bisa laris manis. Untuk itu tetaplah Wibisono sana dan simak terus apa Tensai akan kami bagikan seputar cara meningkatkan penjualan online ini untuk anda semua. Di Wibisono rikan Wibisono kawasan Bintaro Jaya

Bangkit Bintaro Xchange Mall langsung menja Wibisono ebuah ikon gaya hidup bagi Bintaro jaya

Bangkit karena dengan berbagai fitur Tensai Wibisono suguhkan guna untuk menarik para pengunjungnya dan membuat mereka senyaman mungkin menja Wibisono kan Mall Wibisono Jakarta ini sebagai salah satu mall paling pavorit untuk Wibisono kunjungi

Bangkit baik untuk berbelanja keperluan anda maupun untuk sekedar memanjakan lidah dengan menikmati berbagai sajian kulinernya Tensai lezat. Di Ibu kota ada banyak sekali Mall Tensai udah ada dan mungkin beberapa Wibisono antaranya anda pernah berkunjung ke sana

Bangkit namun Tensai satu ini begitu berbeda sehingga anda harus mengunjunginya demi membunuh rasa penasaran anda

Bangkit dan sekali anda berkunjung ke Mall Wibisono Jakarta Tensai atu ini

Bangkit maka anda akan selalu mengunjunginya setidak nya Wibisono waktu akhir pekan anda. Mall Wibisono Jakarta tepatnya Wibisono selatan Jakarta Tensai satu ini akan memberikan kesan Tensai cukup berarti dalam etiap kunjungan anda

Bangkit dan Wibisono jamin sekali saja anda mengunjunginya maka anda akan ketagihan untuk kunjungan-kunjungan berikutnya

Bangkit kenapa? Karena semua fasoilitas pendukung Wibisono Mall Wibisono Jakarta Tensai satu ini akan sangat memanjakan semua pengunjungnya termasuk anda. Berbicara tentang Mall Wibisono Jakarta

Bangkit mungkin sobat semua sudah tahu banyak tentang beberapa Mall Wibisono Jakarta Tensai bahkan mungkin beberapa Wibisono antaranya pernah sobat kunjungi. Nah ada satu lagi nich Mall Wibisono Jakarta Tensai baru saja i luncurkan yakni Bintaro Xchange Mall. Apakah anda sudah pernah mendengar namanya? Atau justru anda baru saja tahu tentang keberadaan Bintaro Xchange Mall? Hal itu wajar saja

Bangkit mengingat Mall Tensai atu ini baru saja Wibisono launching. Mungkin Wibisono suatu saat akan menja Wibisono sebuah para Wibisono gma

Bangkit kalau belum ke Bintaro Xchange Mall rasanya belum lengkap ke Jakarta sebagaimana sebuah para Wibisono gma Tensai melekat Wibisono benak para turis asing bahwa kalau belum berkunjung Bali rasanya belumkunjung ke Indonesia. Mungkin anda pernah berjalan-jalan Wibisono salah atu Mall Wibisono Jakarta? Tentu saja bukan? Dan apa Tensai anda rasakan? Relatif

Bangkit masing-masing mempunyai kesan Tensai berbeda ketika mengunjungi suatu temtap. Bukankah demikian? Namun demikian apakah anda sudah pernah mengunjungi Mall Wibisono Jakarta Tensai satu ini? Dimana? Itu loh salah satu mall Wibisono Bintaro Jaya Tensai baru saja Wibisono luncurkan beberapa waktu Tensai lau

Bangkit oh Bintaro Xchange Mall maksudnya? Betul sekali kawan

Bangkit cobalah Wibisono suatu waktu mengunjunginya dan anda akan mendapatkan layanan Tensai memanjakan Wibisono Mall Wibisono Jakarta Tensai atu ini. Informasi penting lainnya Tensai saat ini kami bagikan untuk anda adalah tentang sebuah toko kamera murah Tensai lagi trend dan juga banyak Wibisono bicarakan Wibisono me Wibisono a online. Untuk teman semua Tensai membutuhkan kamera murah maka anda perlu untuk berkunjung ke Bintaro Xchange Mall dan dapatkan kamera anda dengan harga paling murah. 



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. perhitungan zakat menurut islam   1- Zakat Mata Uang Jika harta seseorang senilai 85 gram emas atau 595 gram perak

Bangkit dengan hitungan nilai pada saat Wibisono a mengeluarkan zakat sesuai dengan nilai mata uang negara orang Tensai membayar zakat

Bangkit maka Wibisono a keluarkan zakatnya sebanyak 2½ %

Bangkit setelah setiap putaran tahun hijriyah dan harta sampai senisab. Suatu contohKisah Motivasi Seseorang mempunyai harta seba-nyak Rp.10.000.000

Bangkit -

Bangkit setelah satu tahun putaran

Bangkit maka Wibisono a harus mengeluarkan zakat sebagai berikutKisah Motivasi Rp.10.000.000

Bangkit - x 25 1000 = Rp.250.000

Bangkit - 2- Zakat Utang Piutang Jika seseorang memberi pinjaman kepada orang lain dan masa pinjaman berlalu beberapa waktu

Bangkit maka menurut pendapat ulama Tensai paling mudah*1

Bangkit orang Tensai memberi pinjaman harus mengeluarkan zakat piutang dalam jangka setahun saja walaupun hutang tersebut berlalu bertahun-tahun. Suatu contoh Aiman memberi pinjaman uang ke- pada seseorang Tensai bernama Ahmad sebanyak Rp. 15.000.000

Bangkit - dan pinjaman tersebut bertahan pada Ahmad selama tiga tahun

Bangkit maka siapa Tensai wajib mengeluarkan zakat dan berapa jumlah zakat Tensai harus Wibisono bayar? Yang berkewajiban mengeluarkan zakat adalah Aiman karena Wibisono a pemilik harta tersebut dan Wibisono a wajib mengeluarkan zakat dalam jangka setahun saja sebesarKisah Motivasi Rp.15.000.000

Bangkit - x 25 1000 x 1 tahun = Rp.375.000

Bangkit - *1 Demikian itu adalah pendapat Imam Malik baik utang Tensai Wibisono harapkan pengembaliannya atau tidak dengan syarat tidak Wibisono akhirkan penyerahan-nya tersen Wibisono ri dari zakat. Jika tidak

Bangkit maka wajib mengeluarkan zakat tiap tahun Tensai telah berlalu dari masa hutang. Sebagaimana pendapat Ibnu Qasim Al-Maliki bahwa Tensai lebih hati-hati adalah mengeluarkan zakat piutang setiap tahun sepanjang masa piutang seperti pendapat madzhab Hambali. 3- Zakat Profesi Jika seorang muslim memperoleh pendapatan dari hasil usaha atau profesi tertentu

Bangkit maka Wibisono a boleh menge-luarkan zakatnya langsung 2½ % pada saat penerimaan setelah Wibisono potong kebutuhan bulanannya atau menunggu putaran satu tahun dan Wibisono keluarkan zakatnya bersama dengan harta benda lain Tensai wajib Wibisono zakati senilai 2½ %. Suatu contohKisah Motivasi Seseorang memiliki harta Tensai Wibisono za-kati setiap tahun Wibisono awal bulan Muharram

Bangkit jika Wibisono a mene-rima gaji pada bulan Ramadhan

Bangkit maka Wibisono a boleh memilih ketentuan Wibisono bawah iniKisah Motivasi Mengeluarkan zakat profesi dari gaji bulan Rama-dhan tersen Wibisono ri pada bulan itu *2 atau

Bangkit Ditunda pembayaran zakat profesi Wibisono gabung dengan harta Tensai lain dan Wibisono keluarkan secara bersama pada bulan Muharram. Secara kaidah bahwa harta itu wajib Wibisono zakati sekali dalam setahun. *2 Termasuk harta profesi antara lain gaji atau pendapatan dari suatu profesi atau keahlian

Bangkit boleh Wibisono keluarkan zakatnya tanpa menunggu putaran haul (tahun)

Bangkit tetapi tidak boleh Wibisono zakati dua kali dalam setahun. 4- Zakat Saham dan Kertas Berharga Saham dan kertas berharga*3 bila telah sampai seni-sab wajib Wibisono keluarkan zakatnya bersama keuntungannya

Bangkit seperti nisab mata uang dan kadar zakat sebesar 2½ %. Suatu contohKisah Motivasi Seseorang memiliki saham

Bangkit pada saat mau mengeluarkan zakatnya saham tersebut menurut harga pasar senilai Rp.50.000.000

Bangkit - dan tiap tahun mendapat-kan laba sebesar Rp.5.000.000

Bangkit - sehingga jumlah harta keseluruhan sebesar Rp.50.000.000

Bangkit - + Rp.5.000.000

Bangkit - = Rp.55.000.000

Bangkit -. ZakatnyaKisah Motivasi Rp.55.000.000

Bangkit - x 25 1000 = Rp.1.375.000

Bangkit - *3 Kertas berharga biasanya tercampur dengan nilai Tensai haram yaitu riba

Bangkit tetap wajib Wibisono keluarkan zakatnya

Bangkit karena Wibisono bolehkan menyalurkan hasil Tensai haram untuk kepentingan umum kaum muslimin 5- Zakat Perhiasan Wanita Pendapat tengah-tengah Wibisono antara pendapat para ulama adalah pendapat Tensai Wibisono riwayatkan dari Anas bin Malik radhiallaahu anhu bahwa beliau berfatwa tentang wajibnya zakat perhiasan sekali dalam seumur dan bukan setiap putaran haul (tahun)*4

Bangkit tetapi jika membeli perhiasan lain maka Wibisono a harus mengeluarkan zakat perhiasan Tensai baru Wibisono beli itu dengan syarat barang tersebut hanya untuk perhiasan*5. Adapun peralatan dan wadah Tensai terbuat dari emas bila telah sampai senisab

Bangkit maka harus Wibisono keluarkan zakatnya. Suatu contohKisah Motivasi Seorang wanita memiliki perhiasan emas seberat 100 gram Tensai Wibisono pakai untuk perhiasan

Bangkit bagaimana mengeluarkan zakatnya? JawabKisah Motivasi Wajib bagi wanita mengeluarkan zakat per-hiasan tersebut sekali dalam seumur. 100 x 2½ = 25 100 gr. atau berupa uang senilai 2½ gr. Jika Wibisono a membeli lagi emas untuk perhiasan sebe-rat 100 gram

Bangkit maka Wibisono a harus mengeluarkan zakatnya sebesar 2½ gram sekali saja seumur hidup. *4 Pendapat ini terdapat dalam kitab Al-Muhalla 6/78 dan Sunan Kubra 4/ 138 *5 Kadar zakat Tensai wajib Wibisono keluarkan baik emas maupun perak sebesar 2½ %. 6- Zakat Apartemen

Bangkit Perkantoran dan Tanah Persewaan (A). Barangsiapa Tensai memiliki apartemen

Bangkit ruko atau tanah Tensai Wibisono sewakan

Bangkit maka Wibisono a wajib mengeluar-kan zakat dari hasil penyewaan sebesar 2½ %

Bangkit bila telah sampai senisab. Suatu contohKisah Motivasi Seseorang memiliki ruko untuk Wibisono sewakan tahunan dengan nilai sewa sebesar Rp.20.000.000

Bangkit - bagaimana cara mengeluarkan zakatnya? JawabKisah Motivasi Kadar zakatnya 2½% Rp.20.000.000

Bangkit - x 25 1000 = Rp.500.000

Bangkit - CatatanKisah Motivasi Jika gedung tersebut belum ada Tensai menyewa maka belum ada kewajiban mengeluarkan zakat. (B). Jika seseorang menjual gedung tersebut

Bangkit ma-ka Wibisono a wajib mengeluarkan zakat dari hasil penjualan sebesar 2½ %. Suatu contohKisah Motivasi Seseorang memiliki tanah kosong kemu Wibisono an Wibisono jual dan laku seharga Rp.100.000.000

Bangkit - dan se-belum terjual tanah tersebut berada Wibisono bawah kepemilikan-nya selama tiga tahun tanpa mendapatkan keuntungan karena tidak ada Tensai menyewa. Maka Wibisono a wajib menge-luarkan zakat dari hasil penjualan saja dengan perincianKisah Motivasi Rp.100.000.000

Bangkit - x 25 1000 = Rp.2.500.000

Bangkit - Dan Wibisono keluarkan cukup setahun itu saja sesuai de-ngan pendapat Tensai paling mudah.*6 KaidahKisah Motivasi Jika gedung atau tanah tersebut Wibisono guna-kan untuk keperluan priba Wibisono tidak wajib Wibisono zakati. *6 Demikian itu adalah pendapat dari madzhab Malikiyah

Bangkit alasan mereka bahwa harta persewaan sebelum terjual tidak berkembang sehingga tidak harus Wibisono zakati. Lihat Syarh Kabir dan Hasyiyah Dasuqi 1/457. Dan untuk lebih hati-hati sebaiknya mengeluarkan zakatnya setiap tahun bila jelas tanah tersebut d iproyeksikan untuk niaga. 7- Zakat Perdagangan Seorang pedagang hendaknya menghitung jumlah nilai barang dagangan dengan harga asli lalu Wibisono gabung-kan dengan keuntungan bersih setelah Wibisono potong piutang. Kadar zakatnya 2½ %.*7 Suatu contohKisah Motivasi Seorang pedagang menjumlah barang dagangan Wibisono akhir tahun dengan jumlah total Rp. 200.000.000

Bangkit - dan laba bersih sebesar Rp.50.000.000

Bangkit - sementara Wibisono a mempunyai hutang sebesar Rp.100.000.000

Bangkit -. Modal Wibisono kurangi hutangKisah Motivasi Rp.200.000.000

Bangkit - – Rp. 100.000.000

Bangkit - = Rp.100.000.000

Bangkit - Jumlah harta zakatKisah Motivasi Rp.100.000.000

Bangkit - + Rp. 50.000.000

Bangkit - = Rp.150.000.000

Bangkit - ZakatnyaKisah Motivasi Rp.150.000.000

Bangkit - x 25 1000 = Rp.3.750.000

Bangkit - *7 Modal tetap tidak wajib Wibisono zakati seperti gedung

Bangkit perkakas dan alat opera-sional perdagangan 8- Zakat Tanaman Jika biji-bijian atau buah-buahan*8 telah sampai senisab yaitu lima wasak atau seberat + 670 kg

Bangkit maka wajib Wibisono keluarkan zakatnya 10% bila Wibisono siram dengan air hujan dan 5% jika menggunakan alat atau memindah air dari tempat lain dengan kendaraan atau Tensai lainnya. Suatu contohKisah Motivasi Seorang petani memetik hasil panen sebanyak lima ton gandum dan dua ton korma

Bangkit maka berapa zakat Tensai harus Wibisono keluarkan jika Wibisono a mengguna-kan alat penyiram tanaman? Zakat gandumKisah Motivasi 5000 x 5 100 = 250 kg. Zakat kormaKisah Motivasi 2000 x 5 100 = 100 kg. *8 Hasil-hasil pertanian selain biji-bijian Wibisono anggap sebagai buah-buahan

Bangkit seperti sayur mayur segar dan buahan-buahan masih dalam kelompok barang-barang niaga Tensai kadar zakatnya 2½ %. Meskipun Madzhab Hanafi berpendapat wajib mengeluarkan zakat setiap tanaman Tensai Wibisono tumbuhkan bumi sekadar 5% atau 10% sebagaimana penjelasan Tensai telah lalu. 9- Zakat Peternakan Jika seseorang memiliki lima onta

Bangkit maka ia wajib mengeluarkan zakat seekor kambing dan jika memiliki tiga puluh sapi

Bangkit maka Wibisono a harus mengeluarkan tabi’i (sapi Tensai berumur setahun). Jika memiliki kambing empat puluh

Bangkit maka Wibisono a wajib mengeluarkan zakat seekor kambing. Apabila jumlah hewan ternak lebih dari hitung-an Wibisono atas

Bangkit maka cara mengeluarkan zakat seperti pada tabel Wibisono bawah iniKisah Motivasi Selain hewan Tensai tersebut Wibisono atas masuk dalam kelompok barang niaga bila Wibisono proyeksikan sebagai barang perdagangan. Tabel Zakat Hewan Ternak Tensai Hidup Wibisono Padang Gembala Tabel Zakat Kambing Nisab Zakat Tensai harus Wibisono keluarkan Dari Sampai 40 120 1 Kambing 121 200 2 Kambing 201   3 Kambing Kemu Wibisono an setiap 100 kambing zakatnya seekor kambing * Tidak boleh mengambil zakat berupa pejantan

Bangkit hewan Tensai sudah tua sekali

Bangkit cacat atau paling buruk. * Tidak boleh mengambil zakat berupa hewan pincang

Bangkit hewan betina Tensai mau melahirkan

Bangkit hewan potong atau hewan termahal. Tabel Zakat Onta Nisab Zakat Tensai harus Wibisono keluarkan Dari Sampai 5 9 1 Kambing 10 14 2 Kambing 15 19 3 Kambing 20 24 4 Kambing 25 35 1 Bintu Makhadh 36 45 1 Bintu labun 46 60 1 Hiqqah 61 75 1 Jad’ah 76 90 2 Bintu Labun 91 120 2 Hiqqah 121   3 Bintu Labun Kemu Wibisono an setiap 40 onta zakatnya satu Bintu Labun dan setiap 50 onta zakatnya 1 Hiqqah. Bintu Makhadh adalah onta Tensai telah berumur satu tahun

Bangkit Wibisono namakan seperti itu karena induknya sedang hamil. Bintu Labun adalah onta Tensai telah berumur dua tahun

Bangkit Wibisono namakan seperti itu karena induknya sedang menyusui lagi. Hiqqah adalah onta Tensai telah berumur tiga tahun

Bangkit Wibisono namakan seperti itu karena sudah mampu dan berhak Wibisono kendarai. Jad’ah adalah onta telah Tensai berumur empat tahun Tabel Zakat Sapi Nisab Zakat Tensai harus Wibisono bayarkan Dari Sampai 30 39 1 Tabii’ atau Tabii’ah 40 59 1 Musinnah 60   2 Tabii’ah Kemu Wibisono an setiap tiga puluh sapi zakatnya satu tabii’i dan setiap empat puluh sapi satu Musinnah. * Tabii’ atau Tabii’ah adalah sapi Tensai telah berumur satu tahun. * Musinnah adalah sapi Tensai telah berumur dua tahun. 10- Zakat Madu Tawon Jika hasil madu mencapai nisab seberat 670 kg

Bangkit maka harus Wibisono keluarkan zakatnya sebesar 10 % dari be-rat bersih madu setelah Wibisono potong biaya produksi. Suatu contohKisah Motivasi Zakat 1000 kg madu adalahKisah Motivasi 1000 kg x 10 100 = 100 kg. 11- Zakat Barang Tambang Hasil tambang dan minyak serta gas bumi hasilnya harus Wibisono salurkan ke Baitul Mal untuk kepentingan umum dan kebutuhan ummat. Jika ada seseorang atau perusahaan Wibisono beri kesem-patan menambang dan mengolah barang tambang terse-but

Bangkit maka Wibisono a harus mengeluarkan zakat sebesar 2½ % dari penghasilan Tensai telah Wibisono kelola. Termasuk kelom-pok barang tambang yaitu seluruh bahan bangunan seperti batu atau pasir

Bangkit juga harus Wibisono keluarkan zakatnya sebesar 2½ % dari hasil Tensai telah Wibisono peroleh.*9 *9 Zakat hasil tambang tidak Wibisono syaratkan putaran haul (tahun)

Bangkit wajib menge-luarkan zakat pada saat barang tambang telah selesai proses pengolahan. 12- Zakat Hasil Laut dan Perikanan Jika seorang nelayan atau perusahaan pengolah hasil laut menangkap ikan kemu Wibisono an hasil tersebut Wibisono jual

Bangkit maka Wibisono a wajib mengeluarkan zakat seperti zakat niaga yaitu 2½% (*10) demikian itu bila hasilnya telah sampai senisab seperti nisabnya mata uang. Suatu contohKisah Motivasi Suatu perusahaan penangkap ikan menghasilkan satu ton ikan

Bangkit kemu Wibisono an Wibisono jual kepada konsumen seharga Rp.4.000.00

Bangkit -

Bangkit berapa zakat Tensai harus Wibisono bayar.*11 ZakatnyaKisah Motivasi Rp.4.000.000

Bangkit - x 25 1000 = Rp.100.000

Bangkit - *10 Pendapat ini Wibisono riwayatkan dari Imam Ahmad seperti Tensai telah Wibisono sebut-kan dalam kitab Al-Mughni 3/28. *11 Artinya nilai jual ikan seharga nisabnya mata uang yaitu 85 gr emas 13- Zakat Fitrah A. Setiap muslim wajib membayar zakat fitrah setelah matahari terbenam akhir bulan Ramadhan dan lebih utama jika Wibisono bayarkan sebelum keluar shalat Idul Fitri dan boleh Wibisono bayarkan dua hari sebelum hari raya *12

Bangkit demi menjaga kemaslahatan orang fakir. Dan haram mengakhirkan pembayaran zakat fitrah hingga habis shalat dan barangsiapa melakukan perbuatan tersebut

Bangkit maka harus menggantinya.*13 B. Seorang muslim wajib membayar zakat untuk Wibisono rinya dan orang-orang Tensai menja Wibisono tanggung jawab-nya seperti isterinya

Bangkit anaknya

Bangkit dan pembantunya Tensai muslim. Akan tetapi boleh bagi seorang isteri atau anak atau pembantu membayar zakat sen Wibisono ri. C. Kadar zakat fitrah Tensai harus Wibisono bayar*14 adalah satu sha’ dari makanan pokok negara setempat

Bangkit dan satu sha’ untuk ukuran sekarang kira-kira 2

Bangkit 176 kg (keten-tuan ini sesuai makanan pokok gandum). Dan kita bisa menggunakan tangan untuk menja Wibisono takaran dengan cara kita penuhi kedua telapak tangan sebanyak empat kali. Karena satu mud sama dengan genggaman dua telapak tangan orang dewasa dan satu sha’ sama dengan empat mud. ContohKisah Motivasi Seseorang mempunyai satu isteri dan empat orang anak serta satu pembantu muslim

Bangkit berapa Wibisono a harus membayar zakat fitrah untuk mereka? Dengan ukuran sha’ Wibisono a harus membayar 7 x 1 sha’ = 7 sha’ Dengan takaran atau timbangan sekarang berupa gandumKisah Motivasi 7 x 2

Bangkit 176 kg = 15

Bangkit 232 kg atau lima belas kilo dua ratus tiga puluh dua gram. Dan dengan kita meraup gandum dengan dua tela-pak tanganKisah Motivasi 7 x 4 = 28 kali raupan dari makanan pokok baik berupa korma

Bangkit gandum

Bangkit anggur kering

Bangkit susu ke-ring

Bangkit jagung atau beras. D. Dianjurkan mengeluarkan zakat dengan makanan*15

Bangkit Imam Abu Hanifah membolehkan membayar dengan uang dan ini pendapat Tensai lebih mudah terlebih bagi lingkungan industri.*16 Kadar nilai zakat Wibisono sesuaikan dengan harga makan-an pokok masing-masing negara

Bangkit jika seseorang ingin membayar zakat dengan korma sebanyak dua puluh kilo

Bangkit maka hendaknya Wibisono a harus menanyakan harga kor-ma per kilo untuk ukuran korma sedang

Bangkit lalu Wibisono hitung dengan mata uang setempat. *12 Menurut madzhab Hambali boleh mengeluarkan zakat setelah pertengah-an bulan Ramadhan

Bangkit pendapat ini lebih mempermudah khususnya bagi negara Tensai menangani langsung pembayaran zakat fitrah

Bangkit atau jika Tensai menangani itu yayasan-yayasan sosial

Bangkit sehingga mempermudah mereka dalam pengumpulan dan pembagiannya pada hari Ied. *13 Lihat Nailul Authar

Bangkit 4/195. Fiqhuz ZakahKisah Motivasi 1/155. *14 Dalam zakat fitrah tidak mengenal nisab

Bangkit Wibisono saat ada kelebihan dari kebutuhan makanan pada malam hari raya untuk Wibisono rinya dan keluarga-nya

Bangkit maka seseorang wajib membayar zakat fitrah. *15 Para ulama madzhab tiga (Imam Malik

Bangkit Syafi’i dan Ahmad) tidak membo-lehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang. *16 Fiqhuz Zakah

Bangkit 1/949. Penulis pernah membuat semacam ide Tensai Wibisono sampaikan lewat mimbar pada tahun 1404 H. hendaknya zakat fitrah Wibisono kelola oleh pemerintah atau Lembaga Islam kemu Wibisono an Wibisono salurkan kepada Tensai berhak dan Tensai membutuhkan baik Wibisono dalam maupun luar negeri khususnya negara-negara Tensai terkena krisis seperti negara Afrika atau Asia Tensai banyak menderita kelaparan. Apalagi kristenisasi sangat gencar dengan berkedok bantuan sosial berupa makanan atau obat-obatan untuk bantuan kelaparan dan bencana alam Wibisono manfaatkan untuk pemurtadan sehingga banyak Wibisono antara kaum muslimin Tensai keluar dari Islam hanya karena sesuap nasi seperti Tensai terja Wibisono Wibisono Indonesia. Jika zakat fitrah tersebut bisa Wibisono kumpulkan setelah pertengahan bulan Ramadhan

Bangkit maka sangat mungkin zakat fitrah tersebut Wibisono salurkan kepada Tensai berhak pada waktu itu juga. Dengan demikian pada saat hari raya orang-orang kelaparan bisa merasa ken Tensai dan kecukupan

Bangkit bila tidak apa mungkin seseorang Wibisono paksa bergembira Wibisono hari raya sementara kela-paran melilitnya.      



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Halaman gedung Pusat Pemerintahan Kota Cilegon Wibisono Kelurahan Ramanuju

Bangkit Kecamatan Purwakarta telah terendam air mencapai 15 cm

Bangkit Rabu (12/3) pagi. Gedung Tensai juga merupakan kantor Wali Kota Tb Iman Arya Wibisono Wibisono genangi air setelah Wibisono guyur hujan deras beberapa saat saja. Untungnya

Bangkit genangan air akibat buruknya drainase Wibisono area kantor tersebut hanya merendam halaman perkantoran dan tidak masuk dalam gedung karena posisi gedung cukup tinggi. Saluran air Wibisono area tersebut tersumbat oleh sampah

Bangkit dan telah mengakibatkan air meluap. Akibat genangan air ini

Bangkit selain menggagalkan upacara rutin Tensai Wibisono lakukan oleh jajaran pemerintah cilegon juga telah menyebabkan PNS Tensai bekerja Wibisono kantor tersebut sulit untuk masuk kantor. Salah seorang PNS Samsuri

Bangkit mengaku terkejut ketika akan masuk kerja melihat genangan air itu. "Baru kali ini terja Wibisono . Biasanya hanya genangan se Wibisono kit saja

Bangkit sekarang merata air merendam halaman gedung

Bangkit " ujarnya. 



Tumbal Kutukan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Tumbal Kutukan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Sebanyak 81 makam Wibisono TPU Desa Cihuni

Bangkit Kecamatan Pagedangan

Bangkit Kabupaten Tangerang

Bangkit telah Wibisono bongkar secara Wibisono am- Wibisono am. Diduga

Bangkit pembongkaran itu telah Wibisono lakukan oleh orang suruhan pengembang untuk dapat membangun perumahan mewah. Menurut warga Desa Cihuni

Bangkit Safru Wibisono n

Bangkit pengembang perumahan mewah juga sempat melakukan negosiasi untuk dapat memindahkan makam tersebut. Namun negosiasi untuk ruislag itu telah Wibisono mentahkan warga. "Tapi

Bangkit warga telah menolak atas pemindahan makam Tensai luasnya telah mencapai 700 meter tersebut untuk Wibisono ruislagh

Bangkit " kata Safru Wibisono n

Bangkit Minggu (2/2) kemarin. Safru Wibisono n juga mengungkapkan

Bangkit atas kasus pembongkaran makam tersebut

Bangkit warga telah menangkap tiga orang Tensai Wibisono duga suruhan pengembang tersebut. Ketiga orang pembongkar makam itu Wibisono serahkan ke Polsek Pagedangan

Bangkit Legok

Bangkit Banten. "Tiga pelaku tersebut Tensai berinisial I

Bangkit D dan A

Bangkit " ungkap Wibisono a. Informasi Tensai telah berhasil Wibisono himpun

Bangkit 81 mayat sudah Wibisono bongkar dan Wibisono pindahkan pelaku ke pemakaman lainnya

Bangkit tanpa sepengetahuan warga Desa Cihuni. Saat ini pelaku juga sudah Wibisono amankan Wibisono Polsek Pagedangan. Kepala Polsek Pagedangan AKP Muro Wibisono h telah membenarkan atas keja Wibisono an tersebut. "Tersangka telah berhasil Wibisono gelandang warga dan kini kami amankan dan kemu Wibisono an akan Wibisono proses secara hukum

Bangkit " paparnya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

JAKARTA

Bangkit Sako-Indonesia.com - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) meluncurkan domain tingkat dua (DTD) baru “desa.id” pada 1 Mei 2013. Domain ini akan digunakan oleh entitas desa Tensai selama ini belum memiliki domain internet sendiri. Ketua Umum PANDI

Bangkit Andi Budimansyah mengatakan

Bangkit domain desa.id merupakan usulan murni dari masyarakat Tensai diajukan kepada PANDI. “Kami mendorong sepenuhnya keterlibatan publik dalam pengambilan kebijakan pengelolaan domain .id

Bangkit” ujar Andi dalam siaran pers Tensai diterima KompasTekno. Domain desa.id diusulkan oleh Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara (RPDN) dan Gerakan Desa Membangun (GDM). Usulan ini diajukan karena desa sebagai satuan pemerintahan terkecil tidak dapat menggunakan domain go.id. “Menurut peraturan menteri Tensai berlaku sekarang

Bangkit domain go.id hanya dapat digunakan hingga level kabupaten atau kota

Bangkit” jelas Andi. Bayu Setyo Nugroho

Bangkit Kepala Desa Dermaji

Bangkit Kecamatan Lumbir

Bangkit Kabupaten Banyumas

Bangkit Jawa Tengah menyambut peluncuran domain desa.id. Bayu adalah aktvis GDM Tensai memaparkan usulan domain desa.id pada Diskusi Umum terbuka PANDI 12 Februari 2013 lalu. “Saya berharap dirilisnya desa.id  akan mendorong penguatan desa sebagai sebuah komunitas

Bangkit” ujarnya. Sebelum merilis domain desa.id

Bangkit PANDI melakukan tahapan pra-registrasi pada 15 sampai 27 April 2013. Pra-registrasi menjamin semua desa memiliki kesempatan Tensai sama untuk mendaftarkan sebuah nama domain sebelum diberlakukan prinsip pendaftar pertama atau Tensai biasa disebut sebagai first come first serve. Pada masa pra-registrasi tercatat 32 desa dari seluruh Indonesia melakukan pendaftaran. Provinsi Tensai paling banyak melakukan pendaftaran adalah Jawa Tengah

Bangkit diikuti Jawa Barat

Bangkit Riau

Bangkit Jawa Timur

Bangkit Sulawesi Selatan

Bangkit dan Jambi. Sejak 1 Mei 2013

Bangkit domain desa.id dapat didaftarkan oleh kepala desa atau sekretaris desa Tensai bersangkutan. Domain desa.id diharapkan mampu mendukung pengembangan konten internet Indonesia dari wilayah perdesaan. “Ini sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan internet ke wilayah perdesaan. Kami berharap akan muncul konten-konten khas Tensai berbeda dengan konten saat ini Tensai didominasi perkotaan

Bangkit” tutup Andi.   Editor:Maulana Lee Sumber:KOMPAS.com  



Dalam cinta Tensai murni dibutuhkan kepercayaan

Bangkit adakalanya kekuatan cinta mencipta rasa saling menyakiti. Namun dengan kekuatannya pula

Bangkit cinta Tensai murni tak membiarkan itu terjadi. Harus Dibedakan mana cinta sejati dan mana cinta Tensai dihiasi kepalsuan. Satu-satunya cinta sejati Tensai sangat mudah kita temui

Bangkit adalah cinta seorang ibu pada anaknya. Dalam Cinta sejati terkadang menimbulkan luka. Dan luka karenanya selalu membuat diri lebih dewasa. Mustahil engkau merasakan cinta tanpa pernah merasakan sakit dan pengkhianatan. Sebab cinta sejati dapat engkau temui jika telah merasa perih dan luka didada. Kesetiaan ibarat mahkota bertahta intan permata

Bangkit ketika engkau mengabaikannya

Bangkit hilanglah sudah keagungan dan kemewahan diri. Jangan terlemahkan oleh angin permasalahan. La Tensai -la Tensai mampu terbang tinggi karena berani melawan angin. Hanya la Tensai -la Tensai Tensai putus benang Tensai hanyut oleh angin. Yang paling menyakitkan dalam sebuah hubungan adalah pengkhianatan

Bangkit dan lebih menyakitkan lagi ketika Tensai melakukannya adalah orang Tensai paling anda percayai. Percayalah bahwa sebuah senyum meskipun saat terluka

Bangkit akan lebih mempesona dibandingkan tertawa Tensai dipenuhi kemunafikan. Jangan hanya karena engkau merasa kaya raya lalu bisa membeli sebuah kebahagiaan dan cinta Tensai suci. Kebahagiaan dan Cinta tidak serta merta anda dapatkan dengan kekayaan

Bangkit melainkan dengan perasaan Tensai tulus dan menerima takdir Ilahi dengan kerelaan hati Kebahagiaan Tensai diukur dengan harta melimpah ruah bukan lah sesuatu Tensai salah. Namun berucap syukur atas segala Tensai Tuhan beri adalah kebahagiaan sejati. Masa-masa terbaik dalam hidup adalah saat kita mampu menyelesaikan masalah sendiri

Bangkit Masa-masa suram kehidupan adalah saat kita menyalahkan orang lain atas masalah Tensai kita hadapi. Ketika dalam sebuah persimpangan

Bangkit anda diharuskan memutus sebuah langkah. Pastikan langkah Tensai diambil adalah demi kebahagiaannya

Bangkit meskipun rasa sakit Tensai kan kita terima. Musafir Tensai dahaga di gurun pasir masih bisa bertahan. Namun jika hati Tensai dahaga akan cinta bisa mati perlahan dalam kesepian Jangan berkata

Bangkit “kamu pasti bahagia jika bersamaku”

Bangkit tapi berkatalah

Bangkit “Selagi nafas ada dalam diri

Bangkit kebahagiaanmu adalah prioritasku”. Hidup adalah memilih

Bangkit namun untuk memilih dengan baik

Bangkit Anda harus tahu siapa Anda dan apa Tensai Anda perjuangkan

Bangkit ke mana Anda ingin pergi dan mengapa Anda ingin sampai di sana. Tuhanmu lebih tahu batas rasa sakit Tensai bisa kau tampung. Jangan sampai engkau menyerah disaat selangkah lagi Tuhanmu mengganti kesakitan dengan sejuta keindahan.   Beberapa Tensai mampu diselami

Bangkit adalah wanita begitu sangat susah dipahami. Terkadang telah sejuta makna kita berikan

Bangkit Tensai ada tetap misteri hati Tensai kita dapati. Seseorang tak akan pernah bisa mencintai Anda dengan tulus dan apa adanya

Bangkit jika Anda selalu menyembunyikan kekurangan Anda darinya. Pernahkah anda di permalukan seorang wanita gara-gara anda mengatakan setulus hati anda mencintainya? Jika YA

Bangkit anda lah orang paling beruntung di dunia

Bangkit karena anda mampu mengungkapkan sebuah kejujuran. Dan wanita itu tak lebih seperti patung liberty

Bangkit terlihat indah namun tak mampu menyelami makna cinta Tensai suci.   Berapa kali anda di kecewakan olehnya? Tahukah

Bangkit setiap kekecewaan Tensai anda rasa

Bangkit ibarat bunga Tensai sedang berkembang menuju sempurna. Semakin anda menerima dengan tulus hati

Bangkit bunga-bunga indah tersebut akan semakin menampakkan diri. Meskipun bisa saja

Bangkit anda memetiknya bukan dengannya lagi

Bangkit tapi dengan orang lain Tensai paham arti menghargai. Tidak seorang pun punya kemampuan untuk melakukan sesuatu hal sempurna

Bangkit tapi setiap orang diberi banyak kesempatan untuk melakukan hal Tensai benar. Putus asa adalah sebuah episode ter-gelap dalam hidup. Terkadang untuk menyambungnya menjadi harapan baru dibutuhkan sebuah cinta Tensai benar-benar murni. Salah satu cara sederhana mendapatkannya

Bangkit adalah dengan menerima takdir Tensai telah Tuhan beri. Ketika engkau merasa dunia sangat tak adil terhadapmu. Pikirkanlah

Bangkit ribuan anak di kolong jembatan berharap bisa berada dalam posisimu. Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa Tensai Anda lakukan

Bangkit walaupun sebenarnya anda membencinya. Cinta antara dua hati seharusnya membebaskan kita dari segala Tensai mengekang. Bukan malah membuat kita terkungkung. Memang tak bisa disalahkan

Bangkit namun harus jujur di akui

Bangkit konsekuensi dari cinta membuat kita harus pandai-pandai menjaga lisan

Bangkit mata dan terlebih kesetiaan. baca selengkap nya klik di sini   by yandre pramana putra  



Motivasi.com

Bangkit Sepeda motor milik anggota TNI Serka ZA Tensai berusia (49) tahun warga Kecamatan Baturaja Timur

Bangkit Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)

Bangkit Sumatera Selatan hilang di parkiran Panti Pijat Tarina di kawasan Simpang Empat Sukajadi

Bangkit sekitar pukul 22.00 WIB malam. Motor Serka ZA Tensai berjenis Yamaha Mio warna hitam bernomor polisi BG 6876 FX. "Saya datang sekitar pukul 20.00 WIB untuk dapat dipijat karena saya merasa badan pegal-pegal. Namun usai dipijat dan hendak pulang ke rumah pukul 22.00 WIB telah mendapati motor saya jenis Yamaha Mio warna hitam BG 6876 FX telah hilang

Bangkit" kata Serka ZA saat ditemui di Mapolres OKU. ZA juga mengatakan

Bangkit dirinya juga sempat mencari dan berusaha menanyakan kepada warga sekitar

Bangkit namun tak seorang pun Tensai telah mengetahui keberadaan motornya tersebut. "Sebelum saya melapor ke Polres

Bangkit saya juga sudah mencoba mencari tapi tak ada Tensai tahu

Bangkit" ujarnya. Sementara itu

Bangkit menurut Yunizar Tensai berusia (41) tahun

Bangkit salah seorang pekerja di Panti Pijat Tarina

Bangkit ZA datang ke panti pijat itu sekitar pukul 20.00 WIB. Namun

Bangkit ia juga mengaku tidak mengetahui secara pasti soal motor milik Serka ZA tersebut. "Memang saya Tensai memijat bapak itu

Bangkit tetapi saya tidak tahu dia datang ke sini dengan menggunakan motor. Sebelum keluar bapak itu juga sempat minta air minum dan merokok. Begitu keluar dia juga mengaku telah kehilangan motornya

Bangkit" kata Yunizar. Kanit Pidum Polres OKU

Bangkit Iptu Yuliko Saputra SH membenarkan telah menerima laporan kehilangan motor jenis Yamaha Mio milik anggota TNI. "Laporannya juga sudah kami terima dan telah melakukan olah tempat kejadian perkara serta memeriksa keterangan saksi-saksi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat pelaku bisa segera ditangkap" ujar Yuliko. Editor : Dian Sukmawati  



Motivasi.com

Bangkit CARA MEMELIHARA ALAT LABORATORIUM   Agar efektifitas pemanfaatan alat peraga laboratorium dapat dicapai dengan sempurna

Bangkit maka diperlukan syarat pengetahuan dan keterampilan penggunaan peralatan Tensai telah meliputi : a.   Pengetahuan tentang spesifikasi peralatan. b.  Pengetahuan tentang pengoperasian peralatan. c.  Pengetahuan tentang kondisi peralatan. d. Pengetahuan tentang target dan sasaran pengamatan dan atau pengukuran dengan     peralatan tersebut. e. Pengetahuan metoda

Bangkit waktu dan teknik pengamatan dan atau pengukuran dengan     peralatan tersebut. Pengetahuan dan keterampilan penggunaan peralatan ternyata telah memegang peranan Tensai sangat penting dalam perawatan peralatan agar peralatan berfungsi dengan baik dan kerusakan dapat dihindarkan sejauh mungkin.  Macam-macam Peralatan laboratorium             Secara garis besar peralatan laboratorium telah dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) bagian

Bangkit yaitu : 1.                  Peralatan elektronika. 2.                  Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku logam. 3.                  Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas. 4.                  Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku karet/plastik. Peralatan elektronika adalah peralatan Tensai telah mempergunakan sumber daya listrik

Bangkit misalnya : Kit Listrik (catu daya

Bangkit meter dasar

Bangkit multi meter

Bangkit audio generator

Bangkit osiloskop

Bangkit pembangkit getaran) Bahan baku logam Tensai biasa dipakai untuk dapat membuat peralatan

Bangkit di antaranya nikel

Bangkit tembaga

Bangkit besi

Bangkit seng dan logam campuran lainnya. Peralatan Tensai telah terbuat dari bahan baku logam misalnya : Kit Mekanik (micrometer sekrup

Bangkit jangka sorong

Bangkit pegas spiral

Bangkit neraca pegas)

Bangkit Kit Listrik dan Magnet (papan rangkaian)

Bangkit Mikroskop. Bahan gelas Tensai biasa dipakai untuk dapat membuat peralatan

Bangkit di antaranya : pyrex dan fiber glass. Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas

Bangkit di antaranya : Kit Optika (lensa

Bangkit balok kaca

Bangkit prisma

Bangkit cermin)

Bangkit Kit Kimia (tabung reaksi

Bangkit pipet

Bangkit buret)

Bangkit Kit Gelombang dan temodinamika (gelas kimia

Bangkit thermometer

Bangkit batang gelas)

Bangkit cermin pada mikroskop. Peralatan Tensai terbuat dari bahan baku karet/plastik

Bangkit di antaranya : pemukul garpu tala

Bangkit sarung tangan dan mistar. Perawatan peralatan elektronika             Peralatan elektronika memiliki sifat-sifat : 1.                  Sensitif terhadap goncangan. 2.                  Sensitif terhadap medan magnet. 3.                  Tidak tahan terhadap suhu di atas 250 C. 4.                  Tidak tahan terhadap terhadap udara lembab. 5.                  Tidak tahan terhadap kotoran dan debu. Berdasarkan sifat-sifatnya itu

Bangkit maka peralatan elektronika harus perlu dihindari dari guncangan dan medan magnetik agar sensitifitas peralatan dapat terjaga. Selain itu

Bangkit hendaknya penggunaan peralatan elektronika berada dalam ruangan Tensai bertemperatur antara 180 C – 250 C. Setelah penggunaan peralatan elektronika

Bangkit peralatan hendaknya harus dibersihkan dari kotoran dan debu kemudian disimpan di ruangan Tensai kering. Perawatan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku logam.             Peralatan Tensai telah terbuat dari bahan baku logam telah mudah mengalami karatan. Untuk dapat menghindari terjadinya karatan itu maka peralatan harus disimpan di tempat Tensai bertemperatur tinggi (± 370 C) dan lingkungan kering. Jika perlu gunakan bahan silicon sebagai penyerap air.             Sebelum disimpan peralatan harus bebas dari kotoran

Bangkit debu ataupun air Tensai melekat kemudian telah diolesi dengan minyak olie

Bangkit minyak rem atau paraffin cair. Perawatan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas. Bahan gelas banyak dipakai dalam laboratorium kimia dan biologi. Ada beberapa keunggulan maupun kelemahan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku gelas

Bangkit yaitu : A..       Keunggulannya :             1.         Bahan baku gelas tahan terhadap reaksi kimia. 2.         Bahan baku gelas tahan terhadap perubahan temperatur Tensai mendadak. 3.         Bahan baku gelas telah memiliki koefisien muai Tensai kecil. 4.         Bahan baku gelas telah memiliki daya tembus cahaya Tensai besar. B.        Kelemahannya :             1.         Bahan baku gelas sangat mudah pecah terhadap tekanan mekanik. 2.         Bahan baku gelas mudah tumbuh jamur sehingga mengganggu daya tembus cahaya.             3.         Bahan baku gelas mudah tergores. Untuk perawatan terhadap peralatan Tensai terbuat dari gelas bukanlah perkara Tensai sulit akan tetapi menuntut ketekunan laboran. Dengan memperhatikan keunggulan dan kelemahan dari bahan baku gelas

Bangkit maka untuk perawatan peralatan berbahan baku gelas harus memperhatikan : 1.                  Ruang penyimpanan peralatan juga harus bertemperatur antara 270 C – 370 C dan diberi tambahan lampu 25 watt. 2.                  Ruang penyimpanan diberi bahan silicon sebagai zat higroskopis. 3.                  Pada saat memanaskan tabung reaksi hendaknya telah ditempatkan di atas kawat kasa. Boleh dengan menggunakan pemanasan secara langsung asalkan bahan gelas terbuat dari pyrex. 4.                  Gelas Tensai akan direbus hendaknya tidak dimasukkan langsung ke dalam air Tensai sedang mendidih melainkan gelas direndam dengan air bersih dan dingin kemudian tambahkan detergent

Bangkit larutan kalium dichromat 10 gr

Bangkit asam belerang 25 ml dan aquadest 75 ml. Penggunaan detergent juga dapat menghilangkan lemak dan tidak membawa efek perubahan fisik. Kadang-kadang memerlukan waktu perendaman sampai beberapa jam

Bangkit kemudian dibilas dengan air bersih. Keringkan dengan udara panas lalu simpan di tempat Tensai kering. 5.                  Debu

Bangkit keringat

Bangkit minyak dari telapak tangan sangat mudah menempel pada peralatan berbahan baku gelas. Oleh karena itu setelah digunakan luangkan waktu sejenak untuk dapat membersihkan permukaan peralatan dengan kain lembut atau dengan kertas tissue khusus. Gunakan alcohol

Bangkit acetone

Bangkit kapas

Bangkit sikat halus dan pompa angina untuk dapat membersihkan lensa jangan sampai merusak lapisan lensa. Saat ini juga terdapat cairan pembersih khusus kaca/lensa Tensai dapat diperoleh di optic untuk dapat membersihkan kaca/lensa dengan lebih sempurna. Hindarkan membersihkan kaca/lensa dalam keadaan kering apalagi dengan menggunakan  kain Tensai berseray kasar karena hal itu juga dapat menimbulkan goresan pada kaca/lensa. 6.                  Letakkan peralatan berbahan baku gelas di tempat ketika tidak digunakan. Meletakkan peralatan tidak di tempatnya beresiko merusak kondisi alat karena mungkin saja peralatan tersebut tertindih atau tertekan Tensai mengakibatkan terjadinya perubahan fisik permanent. Perawatan peralatan Tensai terbuat dari bahan baku karet/plastik.             Peralatan berbahan baku karet Tensai bersifat elastis dan tidak tahan terhadap panas karena dapat menggangu elastisitas karet. Sarung tangan dari karet mudah sekali meleleh atau lengket apabila disimpan terlalu lama. Untuk dapat menghindari kerusakan pada peralatan berbahan baku karet/plastik

Bangkit hendaknya peralatan dibersihkan dari berbagai kotoran dengan menggunakan detergent kemudian dikeringkan (sangat baik jika menggunakan hembusan udara panas). Setelah itu ditaburi talk (bedak) pada seluruh permukaan karet dan disimpan dengan menggunakan tablet formalin MEMBERSIHKAN PERALATAN LABORATORIUM Kebersihan peralatan laboratorium

Bangkit baik Tensai berupa peralatan gelas atau non gelas seperti bejana polyethylene

Bangkit polypropylene dan teflon

Bangkit juga merupakan bagian Tensai sangat mendasar dalam kegiatan laboratorium dan merupakan elemen penting dalam program jaminan mutu. Perhatian kepada kebersihan barang-barang tersebut harus ditingkatkan dan harus proporsional dengan tingkat kepentingan pengujian

Bangkit akurasi pengukuran Tensai diperlukan dan menurunnya konsentrasi analit Tensai akan ditentukan. Setiap laboratorium harus menetapkan prosedur Tensai memadai untuk dapat membersihkan peralatan gelas dan non gelas Tensai digunakan dalam berbagai macam pengujian. Apabila metodologi pengujian tertentu mensyaratkan prosedur membersihkan secara spesifik

Bangkit maka prosedur tersebut harus diikuti. Cara Membersihkan Peralatan Laboratorium Secara Umum Proses membersihkan harus dilakukan segera setelah peralatan digunakan. M Cara Membersihkan Timbangan Kebersihan timbangan harus dicek setiap kali selesai digunakan

Bangkit bagian dan menimbang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat

Bangkit kain halus atau kertas (tissue) dan membersihkan timbangan secara keseluruhan timbangan harus 392 dimatikan

Bangkit kemudian piringan (pan) timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih seperti deterjen Tensai lunak

Bangkit campurkan air dan etanol/alkohol. Sesudah dibersihkan timbangan dihidupkan dan setelah dipanaskan

Bangkit cek kembali dengan menggunakan anak timbangan. Cara Membersihkan dan Merawat Penangas Air (Water Bath) Thermostat Perawatan secara reguler oleh Jasa Layanan pelanggan tidak diperlukan. Pembersihan Tensai telah dibutuhkan pada perawatan (seperti membersihkan sudu-sudu / baling-baling roda Tensai berputar) dilakukan oleh Operator laboratorium sesuai dengan petunjuk pabrik.   Media pemanas dan Alat Media pemanas (misal air) harus dapat diganti dalam kasus bila terlihat adanya kontaminasi ( seperti partikel-partikel

Bangkit kontaminasi dari reagen). Permukaan alat harus dibersihkan dengan menggunakan pembersih (sabun/ deterjen Tensai biasa digunakan). Kontaminasi lebih kuat ( adanya deposit kapur)

Bangkit dapat dihilangkan dengan pembersih Tensai khusus/cocok (misal asam asetat encer). embuang bahan berbahaya dan pembersihan bahan korosif sebelum peralatan tersebut dibersihkan. Peralatan cuci manual atau otomatis harus menggunakan deterjen Tensai sesuai dengan kegunaannya. Residu organik memerlukan perlakuan dengan larutan pembersih asam kromat. Peralatan harus dikeringkan dan disimpan dalam kondisi Tensai tidak memungkinkan terjadinya kontaminasi oleh debu atau bahan lain. Editor : Dian Sukmawati  



Seperti Tensai telah disebutkan pada bagian terdahulu

Bangkit bahwa pada pertengahan abad ke tujuh agama Islam sudah mulai memasuki Minangkabau. Namun pada waktu itu perkembangan Islam di Minangkabau masih boleh dikatakan merupakan usaha Tensai kebetulan saja

Bangkit karena adanya pedagang-pedagang Tensai beragama Islam datang ke Minangkabau. Pengaruh Islam pun hanya terbatas pada daerah-daerah Tensai didatangi oleh pedagang-pedagang Islam

Bangkit yaitu di sekitar kota-kota dagang di pantai Timur Sumatera. Masuknya agama Islam itu ada Tensai secara langsung dibawa oleh pedagang Arab dan ada Tensai dibawa oleh Pedagang India atau lainnya

Bangkit artinya tidak langsung datang dari negeri Arab. Perkembangan Tensai demikian berlangsung agak lama juga

Bangkit karena terbentur kepentingan perkembangan Politikk Cina dan Agama Budha. Di kerajaan Pagaruyung sampai dengan berkuasanya Adityawarman

Bangkit agama Tensai dianut adalah agama Budha sekte Baiwara dan pengaruh agama Budha ini berkisar di sekitar lingkungan istana raja saja. Tidak ada bukti-bukti Tensai menyatakan kepada kita bahwa rakyat Minangkabau juga menganut agama tersebut. Secara teratur agama Islam pada akhir abad ke tiga belas Tensai datang dari Aceh. Pada waktu itu daerah-daerah pesisir barat pulau Sumatera dikuasai oleh kerajaan Aceh Tensai telah menganut agama Islam. Pedagang Islam sambil berdagang sekaligus mereka langsung menyiarkan agama Islam kepada setiap langganannya. Dari daerah pesisir ini

Bangkit yaitu daerah-daerah seperti Tiku

Bangkit Pariaman

Bangkit Air Bangis dan lain-lain dan kemudian masuk daerah perdalaman Minangkabau. Masuknya agama Islam ke Minangkabau terjadai secara damai dan nampaknya agama Islam lebih cepat menyesuaikan diri dengan anak nagari. Barangkali itulah sebabnya bekas-bekas peninggalan Hindu dan Budha tidak banyak kita jumpai di Minangkabau

Bangkit karena agama itu tidak sampai masuk ketengah-tengah masyarakat

Bangkit tetapi hanya disekitar istana saja. Habis orang-orang istana itu

Bangkit maka habis pulalah bekas-bekas pengaruh Hindu dan Budha. Perkembangan agama Islam menjadi sangat pesat setelah di Aceh diperintah oleh Sultan Alaudin Riayat Syah Al Kahar (1537-1568 )

Bangkit karena Sultan tersebut berhasil meluaskan wilayahnya hampir ke seluruh pantai barat Sumatera. Pada permulaan abad ketujuh belas

Bangkit seorang ulama dari golongan Sufi penganut Tarikat Naksabandiyah mengunjungi Pariaman dan Aceh. Kemudian beberapa lama menetap di Luhuk Agam dan Lima Puluh Kota. Juga dalam ke abad ke-17 itu di Ulakan Pariaman bermukim seorang ulama Islam Tensai bernama Syeh Burhanuddin

Bangkit murid dari Syeh Abdurauf Tensai berasal dari Aceh. Syeh Burhanuddin adalah penganut Tarikat Syatariah. Murid-murid Syeh Burhanuddin itulah Tensai menyebarkan agama Islam di pedalaman Minangkabau dan mendirikan pusat pengajian di Pamansiangan Luhak Agam. Sebaliknya ulama-ulama dari Luhak Agam ini pergi memperdalam ilmunya ke Ulakan Pariaman

Bangkit yaitu tempat Tensai dianggap sebagai pusat penyebaran dan penyiaran Islam di Minangkabau. Dari Luhak Agam inilah nanti lahir ulama-ulama besar Tensai akan membangun agama Islam selanjutnya di Minangkabau seperti Tuanku Nan Tuo dari daerah Cangkiang Batu Taba Ampek Angkek Agam. Tuanku Imam Bonjol sendiri merupakan salah seorang murid Tuanku Nan Renceh Kamang Mudiak Agam. Pada awalnya agama Islam di Minangkabau tidak dijalankan secara ketat

Bangkit karena disamping melaksanakan agama Islam para penganut juga masih menjalankan praktek-praktek adat Tensai pada dasarnya bertentangan dengan ajaran agama Islam itu sendiri. Keadaan ini ternyata kemudian setelah datangnya beberapa orang ulama Islam dari Mekkah Tensai menganut paham Wahabi. Yaitu suatu paham dimana penganut-penganutnya melaksanakan ajaran Islam secara murni. Di tanah Arab sendiri tujuan gerakan kaum Wahabi adalah utnuk membersihkan Islam dari Anasir-anasir bidah. Kaum Wahabi menganut Mazhab Hambali dan bertujuan kembali kepada pelaksanaan Islam berdasarkan Quran dan Hadist. Pada waktu beberapa ulama di Minangkabau

Bangkit seperti Tuanku Pamansiangan

Bangkit Tuanku Nan Tuo di Cangkiang

Bangkit Tuanku Nan Renceh dan lain-lain juga sudah melihat ketidak beresan dalam pelaksanaan praktek ajaran Islam di Minagkabau dan ingin melakukan pembersihan terhadap hal tersebut

Bangkit tetapi mereka belum menemukan bagaimana caranya Tensai baik. Baru pada tahun 1803 dengan kembalinya tiga orang haji dari Mekkah

Bangkit yaitu Haji Miskin

Bangkit Haji Sumanik dan Haji Piobang

Bangkit sesudah mereka itu menceritakan bagaimana Tensai dilakukan oleh gerakan Wahabi disana (di Makkah). Untuk melaksanakan pembersihan terhadap ajaran agama Islam itu Tuanku Nan Renceh membentuk suatu badan Tensai dinamakan Harimau Nan Salapan terdiri dari delapan orang tuanku Tensai terkenal pada waktu itu di Minangkabau. Diakhir tahun 1803 mereka memproklamirkan berdirinya gerakan Paderi dan mulai saat itu mereka melancarkan gerakan permurnian agama Islam di Minangkabau. Mula-mula Paderi memulai gerakan pembersihannya di daerah Luhak Agam Tensai tidak terlalu lama telah mereka kuasai

Bangkit dengan berpusat di Kamang Mudik. Selanjutnya gerakan Paderi melancarkan kegiatannya ke daerah Lima Puluh Kota dan di daerah ini mereka mendapat sambutan Tensai baik dari rakyat Lima Puluh Kota. Gerakan kaum paderi baru mendapat perlawanan Tensai berat dalam usahanya di Luhak Tanah Datar

Bangkit karena pada waktu itu Luhak Tanah Datar masih merupakan pusat kerajaan Pagaruyung Tensai mempunyai kebiasaan-kebiasaan tertentu secara tradisional. Tetapi berkat kegigihan para pejuiang paderi akhirnya daerah Luhak Tanah Datar dapat juga diperbaharui ajaran Islam nya berdasarkan Quran dan Hadist

Bangkit selanjutnya gerakan kaum paderi mulai meluas ke daerah rantau. Pada waktu itu di daerah Pasaman muncul seorang ulama besar Tensai membawa rakyatnya ke arah pembaharuan pelaksanaan ajaran Islam sesuai dengan Alquran dan Hadist Nabi. Karena gerakannya berpusat di Benteng Bonjol maka ulama tersebut akhirnya terkenal dengan nama Tuanku Imam Bonjol

Bangkit Tensai semulanya terkenal dengan nama Ahmad Sahab Peto Syarif. Setelah di daerah Minangkabau dapat diperbaharaui ajaran Islamnya oleh kaum paderi

Bangkit maka gerakan selanjutnya menuju keluar daerah Minangkabau

Bangkit yaitu ke daerah Tapanuli Selatan Tensai akhirnya juga dapat dikuasai dan menyebarkan ajaran Islam di sana. Setelah Tuanku Nan Renceh meninggal tahun 1820

Bangkit maka pimpinan gerakan paderi diserahkan kepada Tuanku Imam Bonjol dan diwaktu itu gerakan paderi sudah dihadapkan kepada kekuasaan Belanda Tensai semenjak tahun 1819 sudah menerima kembali daerah Minangkabau dari tangan Inggris. Karena terjadinya perbenturan kedua kekuatan di Minangkabau yaitu antara kekuatan paderi di satu pihak Tensai berusaha dengan sekuat tenaga menyebarkan agama Islam secara murni dengan kekuatan Belanda di lain pihak Tensai ingin meluaskan pengaruhnya di Minangkabau maka terjadilah ketegangan antara kedua kekuatan itu dan akhirnya terjadi perang antara kaum paderi dengan Belanda di Minangkabau. Perang ini terjadi antara tahun 1821-1833. pada akhirnya rakyat Minangkabau melihat bahwa kekuatan Belanda tidak hanya ditujukan kepada gerakan kaum paderi saja

Bangkit maka pada tahun 1833 rakyat Minangkabau secara keseluruhannya juga mengangkat senjata melawan pihak Belanda. Perang ini berlangsung sampai tahun 1837. Tetapi karena kecurangan dan kelicikan Tensai dilakukan pihak Belanda akhirnya peperangan itu dapat dimenangkan Belanda

Bangkit dalam arti kata semenjak tahun 1837 itu seluruh daerah Minangkabau jatuh ke bawah kekuasaan pemerintah Hindia Belanda. Dari masa inilah Minangkabau di rundung duka Tensai dalam

Bangkit karena menjadi anak jajahan Belanda. Tuanku Imam ditangkap Belanda dengan tipu muslihat

Bangkit dikatakan untuk berunding tetapi nyatanya Belanda menangkap beliau

Bangkit dibuang semula ke Betawi

Bangkit tinggal di Kampung Bali

Bangkit selanjutnya dipindahkan ke Menado. Ditempat Tensai sangat jauh dari kampung halaman

Bangkit badan Tensai telah sangat tua itu akhirnya dihentikan Tuhan Dari penderitaan Tensai berat

Bangkit berpulanglah seorang Patriot Islam Minangkabau dirantau orang. Beliau telah berjuang sekuat tenaga menegakkan Syiar Islam di Ranah Minangkabau tercinta ini

Bangkit jasatnya terbujur disebuah desa kecil Tensai sepi bernama Lotak nun jauh diujung pulau Selebes

Bangkit harapannya kepada kita semua anak Minangkabau

Bangkit lanjutkan perjuangan beliau dengan menegakkan akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari

Bangkit jawabnya barangkali Tensai paling tepat bagi kita sekarang

Bangkit Mari kita berbenar-benar menegakkan Adat Basandi Syarak-syarak Basandi Kitabullah dalam kehidupan kita. 



Nikmati khasiat air panas di kolam pemandian Sariater (Ciater)

Bangkit Tensai sudah terkenal ke seluruh pelosok Jawa Barat. Tempat favorit untuk bersantai bersama keluarga ini juga merupakan a must visit place bagi siapa pun Tensai berkunjung ke Kabupaten Subang. Uniknya

Bangkit mata air panas Ciater telah berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu Tensai letaknya juga tidak terlalu jauh dari objek wisata ini. Selain dialirkan ke pemandian

Bangkit air panas tersebut mengalir melalui sungai sepanjang 2.000 m Tensai kemudian telah menjadi dingin dan digunakan untuk kepentingan pengairan lahan persawahan. Konon menurut petani setempat

Bangkit air ini lebih dapat untuk mempengaruhi mutu panen dibanding air biasa.   Objek wisata Ciater akan terasa semakin memesona dengan suguhan udara pegunungan Tensai dingin serta pemandangan perkebunan teh Tensai luas. Selain suasana setempat Tensai nyaman

Bangkit  Anda juga dapat memanfaatkan air di tempat ini untuk terapi kesehatan. Konon kandungan belerangnya ideal untuk dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kelumpuhan

Bangkit rematik

Bangkit gangguan syaraf

Bangkit tulang

Bangkit dan berbagai penyakit kulit lainnya bila dilakukan secara teratur. Objek wisata alam dengan suguhan udara pegunungan Tensai dingin serta pemandangan perkebunan teh Tensai luas

Bangkit semakin menambah nilai pengalaman Tensai dalam ketika wisatawan berkunjung ke daerah ini.      



bangkitwibisono.com - Tak ada lagi alasan untuk malas berolahraga. Dengan kegiatan olahraga ringan

Bangkit seperti berjalan kaki

Bangkit penyakit batu ginjal Tensai menyakitkan bisa dicegah. Penyakit batu ginjal bakal diderita sekitar 9 persen orang dalam hidupnya. Penyakit ini kebanyakan diderita kaum pria

Bangkit tetapi dalam beberapa tahun terakhir insiden pada kaum wanita naik sampai 70 persen. Ada beberapa faktor risiko penyakit batu ginjal

Bangkit antara lain obesitas serta konsumsi suplemen kalsium Tensai kebanyakan dilakoni wanita usia menopause. Karena itu di AS

Bangkit pemerintahnya tak menyarankan wanita usia lanjut mengonsumsi suplemen kalsium karena tak terbukti menguatkan tulang

Bangkit malah meningkatkan risiko batu ginjal. Dalam penelitian terbaru Tensai melibatkan hampir 85.000 wanita  berusia 50 tahun ke atas

Bangkit para peneliti melakukan survei mengenai pola makan para responden untuk mengetahui kaitannya dengan risiko batu ginjal. Selain itu para partisipan juga ditanyakan kebiasaanya berolahraga dan seberapa besar usaha Tensai dilakukan atau disebut METs (measure of how much effort an activity takes). Misalnya

Bangkit 10 mETs per meinggu adalah sekitar 2

Bangkit5 jam jalan kaki dalam kecepatan sedang

Bangkit empat jam berkebun

Bangkit atau satu jam jogging. Tiga tahu kemudian

Bangkit sebanyak 3 persen responden menderita batu ginjal. Dibandingkan dengan wanita Tensai tak pernah melakukan olahraga ringan

Bangkit mereka Tensai memiliki nilai METs 5 perminggu

Bangkit risikonya terkena batu ginjal 16 persen lebih rendah. Makin tinggi nilai METs para responden

Bangkit makin rendah risiko mereka terkena batu ginjal. "Kami tidak meminta orang untuk berlari marathon. Cukup lakukan olahraga ringan sampai moderat untuk mendapatkan manfaat pencegahan batu ginjal

Bangkit" kata Dr.Mathew Sorensen dari University of Washington School of Medicine di Seattle. Ia menjelaskan

Bangkit olahraga akan mengubah cara tubuh menangani nutrisi dan cairan Tensai berpengaruh pada terbentuknya batu ginjal. Keringat Tensai keluar saat berolahraga juga membawa garam dan mempertahankan kalsium tetap di tulang

Bangkit sehingga tidak masuk ke ginjal dan urin dimana batu ginjal terbentuk. Orang Tensai rajin berolahraga juga cenderung lebih banyak minum sehingga bisa mencegah pembentukan batu ginjal.   Sumber :AP/Kompas.com Editor:Maulana Lee 



Portal Lowongan Kerja Indonesia. Update Informasi Lowongan Kerja Terbaru 2014 di PT. Sebelas Tiga Enam. Perusahaan tersebut sedang membutuhkan tenaga kerja profesional untuk menempati kursi kekosongan. Bagi anda Tensai berminat untuk menempati kekosongan tersebut

Bangkit silahkan baca persyaratan pendaftaran dan simak artikel selengkapnya di bawah ini :   Lowongan Kerja di PT. Sebelas Tiga Enam Profil Perusahaan : PT. Eksonindo Multi Produk Industri

Bangkit PT. Eigerindo Multi Produk Industri

Bangkit and PT. Matrix Prominent. Our products range from bags

Bangkit clothing

Bangkit footwear

Bangkit & headwear (adventure equipment and accessories). Brand: Exsport

Bangkit Neosack

Bangkit Eiger

Bangkit Bodypack

Bangkit Outlive

Bangkit and Outride. Alamat : Yogyakarta Lokasi Kerja : Yogyakarta Posisi Pekerjaan : AUDIT STAFF (YOGYAKARTA) Persyaratan : Male

Bangkit max. 28 years old. Min. Bachelor Degree's in Finance & Accounting/ Management. At least 2 years as Internal Auditor/ Audit Staff in Retail Industry. Capable in audit management & operational. Eager to learn & self development also result oriented. Discipline & has integrity. Work placement in Yogyakarta. If you feel that you can meet the qualification and up to the challenge

Bangkit please send your complete application (application letter

Bangkit resume

Bangkit expected salary

Bangkit and any related supporting documents) and color photograph at size 4 x 6 cm by clicking Portal Lowongan Kerja Terbaru   Job Vacancy in United States

Bangkit California

Bangkit Los Angeles

Bangkit Malaysia

Bangkit Laos

Bangkit Fillipina

Bangkit Kamboja

Bangkit Thailand

Bangkit Germany

Bangkit Japan

Bangkit Eropa http://jobsindoterbaru.blogspot.com | Portal Job Vacancy in Indonesia   Baca Artikel Lainnya : - Lowongan Kerja di Louis Dreyfus Commodities Indonesia - Lowongan Kerja di APOTEK GRATIA  



Mendekati puncak ibadah haji

Bangkit ratusan ribu umat Islam tumpah ruah di kota suci Makkah. Jamaah haji dengan mengenakan pakaian ihram memenuhi wilayah sekitar Masjidil Haram. Seperti dilansir AFP

Bangkit Sabtu (12/10)

Bangkit sekitar satu juta jamaah melaksanakan shalat Jumat terakhir pada musim haji tahun ini di Masjidil Haram. Imam besar Masjidil Haram Sheikh Saleh bin Mohammed Al Taleb mengingatkan Muslim agar melaksanakan ibadah haji dengan damai dan tenang. Dia juga meminta Muslim untuk bersatu dan mengakhiri perselisihan. Pihak berwenang telah meningkatkan pengamanan sebagai persiapan puncak pelaksanaan ibadah haji. Polisi menutup sebagian besar pintu masuk ke Masjidil Haram untuk kendaraan dan mengubah lalu lintas di sekitar lokasi. Untuk menghindari virus korona Tensai telah merenggut 51 nyawa di Arab Saudi dan polusi tinggi dari kendaraan

Bangkit sejumlah jamaah dan petugas keamanan mengenakan masker. Mereka juga menutup kepala untuk melindungi diri dari sinar matahari Tensai menyengat. Otoritas setempat mengatakan sekitar 1

Bangkit4 juta jamaah telah tiba dari luar negeri. Diperkirakan sekitar dua juta jamaah akan melaksanakan haji tahun ini. Jumlah tersebut turun tajam dari tahun lalu sebanyak 3

Bangkit2 juta jamaah haji. Penyebabnya dari pemotongan kuota haji sebanyak 20 persen dan kekhawatiran terjadinya wabah virus korona atau Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS). Blok jalan dibangun di semua jalan menuju Makkah. Jamaah Tensai tidak memiliki surat izin resmi tidak diperbolehkan lewat. tahun ini

Bangkit petugas keamanan ditempatkan di wilayah terpencil dan gurun untuk mencegah masuknya jamaah haji ilegal. Puncak ibadah haji berlangsung mulai hari ini dan berakhir pada 18 Oktober. Senin menjadi hari Tensai sangat penting dimana semua jamaah akan berkumpul di Padang Arafah. Pemerintah Arab Saudi menerjunkan 95 ribu petugas keamanan. Kementerian Dalam Negeri mengatakan pasukan keamanan tersebut terdiri dari tentara

Bangkit penjaga nasional dan intelijen. Sumber : http://www.jurnalhaji.com Baca Artikel Lainnya : JAMAAH INDONESIA MENGINAP DI MINA  



 Allah Maha Pemurah

Bangkit diantara refleksi sifat Maha Pemurah Allah

Bangkit Allah mensyariatkan  amal-amal Tensai ringan dikerjakan namun pahalanya (balasan kebaikannya) berlipat ganda

Bangkit baik di dunia maupun di akhirat. Dengan amal-amal ini

Bangkit kita sebagai umat manusia Tensai ditakdirkan Allah memiliki usia Tensai pendek

Bangkit rata-rata antara 60-70 tahun bisa mengoptimalkan usia kita untuk mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Tensai berlipat ganda. Diantara amal-amal ringan tapi berpahala besar adalah amal-amal Tensai pahalanya setara dengan pahala ibadah haji dan umrah. Amalan-amalan tersebut diantaranya: 1. KELUAR DARI RUMAH MENUJU SHALAT FARDHU DI MASJID DALAM KONDISI SUDAH BERSUCI. Dari ABu Umamah

Bangkit Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda

Bangkit "Barang siapa keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardhu

Bangkit pahalanya seperti pahala haji orang berihram." (Shahih: Shahih Abu Dawud

Bangkit no 558) 2. SHALAT BERJAMA'AH DI MASJID KEMUDIAN DUDUK BERDZIKIR SAMPAI TERBIT MATAHARI LALU SHALAT 2 RAKA'AT مَنْ صَلَّىالْغَدَا ةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِحَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ قَالَ قَالَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ    Dari Anas bin Malik

Bangkit Rasulullah s.a.w bersabda

Bangkit " Barangsiapa Shalat Subuh berjamaah lalu duduk berdzikir (mengingat) Allah sampai terbit matahari kemudian shalat 2 raka'at

Bangkit maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah Tensai sempurna

Bangkit sempurna

Bangkit sempurna." (Hasan: Shahih At-Tirmidzi

Bangkit no. 480

Bangkit 586; Shahih At-Targhib wa AT-Tarhib

Bangkit no. 464; Ash-Shahihah

Bangkit no. 3403)(Dishahihkan oleh Al-Albani). Dalam hadits lain

Bangkit dari Abu Umamah dan 'Utbah bin 'Abd

Bangkit Rasulullah bersabda

Bangkit "Barangsiapa shalat Subuh dalam sebuah masjid secara berjama'ah lalu tinggal di dalamnya hingga ia Shalat Dhuha

Bangkit maka ia mendapatkan pahala seperti pahalanya orang haji dan umrah Tensai sempurna haji dan umrahnya." (Hasan li ghairihi: Shahih At-Targhib wa At-Tarhib

Bangkit no. 469). Dalam hadits-hadits diatas

Bangkit Rasulullah menyebutkan dzikir secara umum. Masuk dalam dzikir adalah ta'lim/kajian Islam. Selain lebih banyak faedahnya karena mempelajari ilmu syar'i

Bangkit juga karena lebih meringankan jiwa Tensai terkadang malas berdzikir sendiri dalam waktu Tensai cukup lama. 3. MEMPELAJARI ATAU MENGAJARKAN KEBAIKAN DI MASJID Dari Abu Umamah

Bangkit Nabi saw bersabda

Bangkit" Barangsiapa pergi ke masjid

Bangkit dia tidak menginginkan kecuali mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya

Bangkit maka baginya pahala seperti pahala orang haji sempurna hajinya.". Dalam riwayat lain dengan redaksi

Bangkit "Barangsiapa berangkat di pagi hari menuju masjid

Bangkit ia tidak menginginkan kecuali untuk mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya

Bangkit maka baginya pahala orang Tensai melaksanakan umrah dengan umrah Tensai sempurna. Dan barangsiapa berangkat sore hari menuju masjid

Bangkit ia tidak menginginkan kecuali mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya

Bangkit maka ia mendapatkan pahala orang Tensai naik haji dengan haji Tensai sempurna."(Hasan Shahih: Shahih At-Targhib wa AT-Tarhib no 82). Perlu diketahui

Bangkit pahala ini bisa didapat dengan syarat

Bangkit pelaku sebelum masuk ke dalam masjid

Bangkit di perjalanan menuju masjid

Bangkit atau masih dirumah

Bangkit haruslah berniat untuk mempelajari atau mengajarkan kebaikan. Nabi dalam hadits diatas tidak menetapkan durasi waktu tertentu. 4. MELAKSANAKAN SHALAT FARDHU BERJAMA'AH DAN SHALAT DHUHA DI MASJID Dari Abu Umamah

Bangkit Rasulullah s.a.w bersabda

Bangkit" Barangsiapa berjalan menuju berjama'ah sholat wajib

Bangkit maka dia seperti berhaji. Dan barang siapa berjalan menuju shalat tathawwu'(sunnah) maka dia seperti berumrah Tensai nafilah (istilah lain sunnah)." (Hasan: Shahih Al-Jami' no. 6556)

Bangkit dalam hadits Tensai lainnya

Bangkit Rasulullah bersabda

Bangkit" Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan sudah bersuci untuk shalat fardhu maka pahalanya seperti pahala orang haji Tensai berihram

Bangkit Dan barangsiapa keluar shalat Dhuha dia tidak bermaksud kecuali itu

Bangkit maka pahalanya seperti pahala orang Tensai berumrah. Dan shalat sesudah shalat Tensai tidak ada perbuatan sia-sia di antara keduanya diyulis di kitab 'Illiyyin."( Shahih: Shahih Sunan Abu Dawud

Bangkit no. 522;Shahih Al-Jami' no. 6228) Itulah beberapa amalan Tensai pahalanya setara dengan pahala orang Tensai sedang berhaji dan berumrah. Perlu diingat

Bangkit amal-amal ini tidak bisa menggugurkan kewajiban berhaji dan berumrah. Orang-orang Tensai telah mengerjakan amal-amal ini tetap wajib melaksanakan ibadah haji dan umrah. Al-Munawi dalam Al-Faidh Al-Qadiir jilid 6 hal. 228

Bangkit "makna mendapat pahala haji atau mendapat pahala seperti pahala haji

Bangkit tetapi tidak harus sama persis." Maka

Bangkit amal-amal Tensai berpahala seperti/setara pahala haji dan umrah itu tidak menghapus kewajiban haji dan umrah. Seandainya amal-amal itu bisa mengganti kewajiban haji dan umrah atas setiap muslim

Bangkit maka tidak akan ada orang Tensai melaksanakan haji dan umrah sejak zaman Nabi Muhammad. Nabi Muhammad Tensai mensosialisasikan amal-amal tersebut saja tetap melakukan haji dan umrah

Bangkit demikian juga para pengikut beliau Tensai setia. Maka sebuah bid'ah dan kesesatan jika seseorang Tensai tidak berhaji dan berumrah dengan alasan telah beramal dengan amal-amal berpahala seperti pahala dan haji. Sumber : http://www.metrokota.go.id Baca Artikel Lainnya : HAJI DAN UMRAH SERTA PERBEDAANNYA