Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Perbedaan?

“Assalamu’alaikum Abi….Alvino neh”
“Wa’alaikum salam warahmatulahi wabarakatuh….masuk..masuk!”
Abu Raihan mempersilakan Alvino duduk di teras rumahnya, hari masih sore. Abi demikian Alvino memanggilnya. Abu Raihan adalah mentor di SMAnya pun guru Biologinya.  Beliau adalah sosok guru ideal, minimal dimata Alvino and the gang.  Dibina 3 tahun oleh beliau membuat keakraban seperti dg sahabat, kadang seperti ortunya namun bisa tegas bagai jendral ke prajuritnya. Alvino & temen2nya menyukainya…..bahkan mengidolakan selaku pendidik.  
Sore itu Alvino datang, masih lengkap dg rangsel di punggungnya. Wajahnya masih kusut & berdebu. Dari Jogya langsung ke Merpati 24, rumah gurunya, Abu Raihan.  Tak seperti biasanya, rautnya tegang, matanya merah dan tingkahnya gelisah. 
“ Ada masalah apa? Belum mampir ke rumah ya, pasti ibu sudah kangen tu…” sapa Abu Raihan. Beliau hafal benar dg mantan anak didiknya, walau sudah 7 tahun lebih mereka meninggalkan kota ini.  Namun komunikasi tetap jalan.  Sekarang lebih mudah, ada milis, FB & sms. Setiap tahun ada kumpul bareng saat Idul Fitri, walau mereka sudah menyebar ke kota lain untuk menuntut ilmu.
” Saya lagi pusing neh Bi....BT banget”
” Ya sudah....sana bersih2 dulu, sekalian sholat kalau belum”
” Sholat sih udah. Kok sepi Bi? Raihan & Zahra kemana?” tanya Vino saat masuk ruang tengah mau ke kamar mandi..
” Ummi sama anak2 keluar. Maghrib nanti baru pulang”
  Alvino sudah seperti anaknya, diapun akrab dg Raihan & Zahra.  Raden Alvino Kusuma Hadiningrat, anak tunggal keluarga Kusuma Hadiningrat  bangsawan dari Parahyangan.  Dia adalah salah satu binaanya yg istimewa, kritis, sering punya ide2 cemerlang & mempunyai jiwa pemimpin serta sangat begitu dekat dgnya melebihi ortunya.  Hampir tak ada masalah yg tak diketahui Abu Raihan bahkan untuk hal2 yg pribadi, Alvino begitu terbuka.  Saat dia mau kuliah di Jogya sempat bersitegang dg ibunya yg mengingnkan ke Bandung, dekat dg neneknya.  Tapi Alvino kekeh ingin ke Jawa, biar ada wawasan budaya katanya saat itu.  Abu Raihanlah yg mengakurkannya, sampai Alvino diterima di Elektro-UGM.
” Gimana sudah fresh kan, sini minum teh dulu” 
” Makasih ....Abi tahu aja kalau Vino haus”
” Nah sekarang apa yg membuat Vino BT?”
” Vino lagi bete begete ama guru ngaji yg sekarang. Sebenarnya masalah ini sudah 6 bulan yg lalu tapi saat itu Vino mencoba untuk menyelesaikan sendiri, ya belajar dewasalah. Namun kok makin runyam.” ucap Vino mengawali curhatnya.
” Baguslah biar Vino juga mandiri”
” Sebenarnya saat itu Vino mau curhat, tapi keburu dengar Abi Masuk RS...jadi ya Vino ga mau menambah beban Abi. Enam (6) bulan yg lalu Vino dipindah ngajinya. Ga tahu kenapa, selidik punya selidik ternyata karna Vino menolak calon yg diajukan beliau. Bagi Vino sih ga masalah, malah bisa buat tambah wawasan dg lingkungan baru.  Tapi 2 bulan kemudian Vino ditarik kembali.  Abi tahu kan 3 bulan kemarin Vino ta’aruf dg akhwat. Vino hanya crita dg Abi & Ali, sahabat Vino. Karna ini juga tahap proses sehingga Vino belum ngomong ke temen2 lainnya termasuk ustadz Vino. Baru sebulan yg lalu setelah ada lampu hijau dari sang akhwat Vino lapor ke guru Vino. Tapi justru ini yg jadi masalah. Guru Vino marah karna ga dilibatkan dari awal. Beliau bilang ga mau bertanggungjawab kalau ada apa2 nantinya.  Dan lebih marah lagi saat tahu siapa calon Vino. Beliau akan memboikot pernikahan Vino nantinya”
” Boikot? Emang dia yahudi?” tanya Abu Raihan heran.
” Ya enggak bi....mana ada Yahudi di sini. Dia orang Purbalingga-Jateng.”
” Yahudi itu sifat & karakter, bukan ras. Bukankah dia sudah sesuai kriteria calon istri dalam islam, yaitu agamanya baik.  Terus kenapa mau diboikot?”
” Mungkin karna beda bi..”
”  La kalau sama kan malah haram....sama jenisnya” canda Abi.
” Beda gerakan bi......beda ngajinya.”
” Wah malah bagus itu......bisa menambah wawasan & fastabiqul khoirat”
” Ya itu masalahnya.......Vino juga ga ngerti, apa jodoh kita harus ditentukan oleh guru ngaji kita.  Harus menerima calon dari beliau, walau kita ga suka. Harus menikah dg orang yg satu pengajian. Kasusnya sama dg sahabat Vino , walimahnya diboikot guru & temen2nya karna menikah bukan dg pilihan ustaznya.  Teman grupnya sebenarnya mau datang tapi mereka masih sungkan dg ta’limat gurunya yg akan mengiqob siapa saja yg datang di walimah tersebut..  Akhirmya mereka hanya kirim sms.  Sekarang sahabat Vino vakum ngajinya & benci dg gurunya.  Vino ga pingin seperti itu.”
’ Vino sudah istiharoh  & mencari informasi sebanyak2nya ttg dia kan?”
”  Sudah bi...sesuai saran Abi.  Dan hasilnya Vino mantap dg dia”
” Sudah ngomong dg ibu?”
”Vino baru bilang ingin menikah.  Beliau Cuma berpesan agar calon Vino seiman, baik, cinta sama Vino & keluarga.  Dan menyerahkan sepenuhnya ke Vino. Kalau calonnya bisa membahagiakan Vino & Vino mencintainya. Ibu akan merestuinya, katanya saat itu. Sekarang baru mau bilang  ttg calon Vino”
” Ok-lah kalau begitu.  Kalau ibu sudah merestui & Vino sudah mantap, tunggu apalagi?  Oh iya...punya foto dia?” tanya Abi.
”  Ini bi.....” jawab Vino seraya menyerahkan selembar foto.
” Lo.. semuanya?”
”  Ya enggak lah bi...... masa empat2nya, nanti abi ngiri lagi  Itu akhwat yg pakai gamis biru berkacamata”
” Ooh.....masih jamil-an Rini, calon ke-3 yg kau tolak” canda Abi.
” Tak tahulah....kenapa Vino terpesona dg pandangan pertama, walau hanya di foto.  Tapi bi....saat ta’aruf kemarin aslinya lebih ok. Trus gimana kalau beda ngajinya bi?”
” Ada masalah? ”
” Saat ini sih belum.  Kita sudah tahu semuanya & berusaha untuk komitmen agar bisa bersinergi nantinya. Bekerja sama untuk hal-hal yg disepakati & toleransi untuk hal yg berbeda dalam masalah2 ijtihadiyah. Senior Vino juga ada yg begitu....sampai saat ini kelihatannya ga masalah, malah tambah semangat dalam mengkaji Islam & sering diskusi di rumah.  Vino ingin seperti mereka.”
” Memang ....menurut abi.dalam pernikahan sebaiknya sekufu walau tidak harus.  Namun kalau memang tidak itu bisa diatasi dg komunikasi yg baik & komitmen bersama.  Soal pemahaman keislaman itupun harus dikomunikasikan agar ga terjadi misunderstanding & miskomunikasi.  Selama Allahnya sama, Rosulnya sama & kitabnya sama......Abi pikir ga masalah.  Asal ya itu  komunikasi & komitmen yg baik untuk bisa saling mengisi, membagi kelebihan & menutup kekurangan untuk sama2 menggapai ridho Allah.  Walau ngajinya beda pasti ada titik temu, cari yg sama jangan korek yg beda.  Bismillah aja !”
” Terus masalah dg ustaz Vino gimana?”
” Bicarakan baik2.  Insya Allah beliau bisa memahami.  Kalau enggak.....Vino punya hak untuk pindah mencari guru yg lebih bijak.  Insya Allah masih banyak kok”
” Wah...kalau abi di sana....Vino minta ngaji lagi dg Abi ”
” Ngajilah dg siapa saja.  Saat kita sudah terbentuk dg blue print keislaman yg baik, makin banyak kita ngaji dg berbagai guru dari berbagai kalangan & pemahaman selama masih dalam koridor yg benar, akan menambah wawasan kita & kita akan lebih arif saat memandang suatu masalah.  Ga hanya memandang dari satu sisi/pendapat saja.  Silaturahim kita juga lebih luas. Ukhuwah juga bisa ditingkatkan.  Pendapat kita benar tapi ada kemungkinan mengandung kesalahan, pendapat anda salah namun bisa jadi mengandung kebenaran, begitu kata Imam Syafi’i.  Para Imam walau berbeda pendapat mereka tetap menjalin silarurahim & ukhuwah dg sangat baik, ga secara politis saja.  Bahkan mereka ga merasa malu  atau rendah jika harus memakai hujjah para imam yg lain selama memang hujjah itu lebih kuat dibanding dg pendapatnya sendiri.  Pendapat/hujjah yg kuat itulah hujjahku, begitu pedomana para Imam madzab.  Ini bisa kita teladani”
” Jadi......”
” Ya mantapkan hatimu.... dg memohon petunjuk dari Allah” sahut Abu Raihan.
” Ok deh Bi...... Vino pamit dulu, mau ngomong dg ibu.  Doain semoga semua lancar. Insya Allah tahun ini juga Vino mau mengakhiri masa lajangnya.”
” Amin...”
” Assalamu’alaikum”
” Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh...”

Ditatapnya punggung Alvino yg sudah sampai di halaman depan. Seraya tersenyum Abu Raihan mengenang 10 tahun silam..

 
Posted by Bangkit Wibisono at Tuesday, 13 January 2015
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Dalam kurun waktu 20 hari ini

Bangkit pemutusan hubungan kerja (PHK) massal para pekerja tambang mineral terus bergulir. Namun

Bangkit berbagai perusahaan tersebut juga tidak memberikan pesangon. Sebagai bentuk atas kekecewaan

Bangkit Solidaritas Para Pekerja Tambang Nasional (Spartan) telah membuat 1.000 makam Wibisono depan Tugu Proklamasi (Tuprok). 'Makam' tersebut telah melambangkan PHK tanpa pesangon seperti sebuah kematian. makam tersebut telah terbuat dari papan sepanjang 50 cm. Terdapat pula

Bangkit papan Tensai telah Wibisono buat sebagai batu nisan dan Wibisono tulisi nama karyawan Tensai Wibisono PHK. Selain itu

Bangkit Wibisono atas makam juga Wibisono letakkan helm pekerja. Makam-makam tersebu telah Wibisono bariskan dan Wibisono jejerkan dengan rapi. Dalam aksi itu mereka juga akan menuntut pemerintah untuk dapat memberikan ganti rugi dan pesangon. Pemerintah juga Wibisono minta untuk menye Wibisono akan lapangan kerja pengganti. "Pemerintah harus salurkan listrik Wibisono desa Tensai selama ini Wibisono peroleh dari pengadaan listrik perusahaan tambang. Serta meminta Komnas HAM untuk pertanyakan ke pemerintah terkait PHK tersebut karena telah menghilangkan hak kami

Bangkit " ujar salah satu anggota Spartan

Bangkit Juan Forti Silalahi. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Popularitas phablet Advan kian moncer. Terbukti produknya telah makin Wibisono minati dan Wibisono nanti oleh konsumen. Hal ini tidak lepas dari komitmen Advan untuk dapat menyajikan produk Tensai berkualitas dan berdaya saing. Seperti halnya S5G

Bangkit telah memiliki spesifikasi layar IPS full high definition (1920 x 1080)

Bangkit kamera 18 MP

Bangkit memori internal 32 GB

Bangkit RAM 1 GB

Bangkit serta prosesor quad-core. Performanya tidak kalah dengan brand global dan telah menja Wibisono salah satu produk high-end Advan. Advan juga telah memiliki phablet fenomenal lainnya sepanjang 2013

Bangkit seperti S5F

Bangkit S5K dan S5E. Malahan untuk penjualan

Bangkit Vandroid S5E telah tercatat sebagai phablet terlaris Tensai mana sepanjang tahun 2013

Bangkit S5E sudah terjual sekitar 1 juta unit. Tjandra Lianto

Bangkit Marketing Director Advan

Bangkit telah menegaskan bahwa prestasi ini juga merupakan kerja keras seluruh tim

Bangkit baik itu Wibisono visi produk

Bangkit marketing maupun sales. Dengan dukungan tim Tensai solid

Bangkit produk berkualitas serta strategi marketing Tensai tepat

Bangkit Advan ha Wibisono r sebagai brand Tensai telah Wibisono perhitungkan Wibisono tanah air. Respon positif tersebut telah memacu seluruh manajemen untuk dapat terus merilis produk inovatif dan berdaya saing. Salah satu phablet Tensai akan Wibisono rilis dalam waktu Tensai dekat adalah Vandroid S5H. Phablet ini telah Wibisono dukung dengan OS Jelly Bean 4.2

Bangkit prosesor Cortex A7 quad-core 1

Bangkit 2 GHz

Bangkit ruang penyimpanan 4GB serta slot micro SD Tensai bisa menambahkan memori hingga 32 GB. Selain itu untuk dapat mendukung aktivitas fotografi

Bangkit sudah tertanam kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. Vandroid S5H Wibisono rancang untuk Tensai berjiwa muda dan aktif serta Wibisono banderol dengan harga terjangkau. "Keha Wibisono ran phablet ini juga akan menambah varian dari tipe Tensai sudah ada. Kami juga berharap S5H lebih sukses dari produk sebelumnya

Bangkit " ungkap Tjandra dalam siaran pers

Bangkit Senin (3/2). Sementara itu

Bangkit pengamat telematika

Bangkit Teguh Prasetya telah menilai eksistensi dan prestasi Advan pantas mendapat apresiasi dari masyarakat Indonesia. Malahan menurut Teguh

Bangkit Advan telah memiliki potensi besar untuk dapat menja Wibisono pemimpin pasar Wibisono industri smartphone

Bangkit phablet dan tablet. "Dari sisi brand awareness sudah dapat

Bangkit dari kualitas pun tidak kalah dengan brand global

Bangkit dan dari sisi penjualan sangat membanggakan. Bisa saja nantinya

Bangkit ketika bicara Indonesia

Bangkit produk representasinya adalah Advan. Seperti Tensai terja Wibisono sekarang ini

Bangkit bicara produk Korea identik dengan nama Samsung

Bangkit " ucap Teguh. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Demi cintaMu ya Allah Pada Muhammad nabiMu Ampuni dosaku Wujudkan harapanku Ya Rasullallah Siapa Tensai cinta pada nabinya Pasti bahagia dalam hidupnya ReffKisah Motivasi Muhammadku Muhammadku dengarlah seruanku Aku rindu aku rindu kepadamu Muhammadku Kau Tensai mengaku cinta kepada nabimu Kau Tensai mengaku merindukan nabimu Jika kau benar- benar cinta dan rindu kepada Muhammad nabimu Buktikan Taati perintahNya

Bangkit tinggalkan laranganNya Teladani akhlaknya Niscaya kelak kau akan berjumpa dengan Rasullallah Niscaya kelak kau akan berkumpul dengan Rasullallah Back to Reff Kau ajarkan hidup ini untuk saling mengasihi Ku tanamkan dalam hati kuamalkan sejak Wibisono ni Engkaulah nabi pembawa cinta Kau bimbing kami menjuju surga E Wibisono tor Kisah Motivasi Wibisono an sukmawati 



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. kami adalah perusahaan Tensai mempunyai hukum tetap Tensai setelah sukses dan besar pada Divisi Konstruksi dan Perdagangan Umum Tensai berkantor Wibisono Jakarta Barat

Bangkit kini dengan pengembangan sayapnya perusahaan kami resmi membuka line Divisi Transportasi. Suatu Divisi Tensai telah melayani Jasa Wibisono Bidang Pengiriman Barang dan Kendaraan Tensai berkantor Wibisono lokasi strategis Jakarta Barat. Adapun Job Description dari Divisi Transportasi kami adalah sebagai berikut Kisah Motivasi       kirim Mobil ke berbagai wilayah Indonesia.     Sewa armada Truck untuk pengangkutan barang ke berbagai wilayah Indonesia (Colt Diesel

Bangkit Fuso

Bangkit Fuso Box

Bangkit Wing Box

Bangkit Flat Deck / Lossbak

Bangkit Tronton

Bangkit Container

Bangkit Lowbed).     Pengangkutan barang – barang pindahan Rumah

Bangkit Kantor

Bangkit atau Pabrik     Handling Container / Penerusan Container ke tujuan (to door) untuk wilayah JABODETABEKSER.     Pengiriman Paket ke beberapa Wilayah Indonesia baik melalui Darat

Bangkit Laut

Bangkit dan Udara. Adapun nilai lebih pelayanan Tensai akan kami berikan adalah;     Pilihan Pelayanan yaitu ; door to door

Bangkit door to port

Bangkit port to port

Bangkit & port to door     Kantor Rekanan kami Wibisono beberapa kota wilayah Indonesia

Bangkit dan beberapa negara     Garansi keamanan dan Kon Wibisono si barang sampai Wibisono tempat     Armada pendukung dengan berbagai kapasitas angkut yg telah kami siapkan     Kerjasama kami dengan pihak TNI / ABRI untuk pengawalan armada sebagai tindakan pengamanan.     Kerjasama dengan Pihak Asuransi Cargo.    



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Ketua DPP Partai Hanura Saleh Husin telah menilai keliru sikap Bupati Ngada Marianus Sae Tensai telah melakukan pemblokiran terhadap Bandara Turelelo Soa

Bangkit NTT. Menurut Wibisono a

Bangkit sebagai pejabat negara

Bangkit seharusnya Marianus bisa untuk memberikan contoh Tensai baik. "Harusnya sebagai seorang kepala daerah beliau justru harus memberikan contoh Tensai baik buat masyarakat

Bangkit " ujar Saleh dalam pesan singkat

Bangkit Senin (23/12). Dia juga menjelaskan

Bangkit pemicu Tensai telah membuat Marianus marah harusnya bisa Wibisono antisipasi dengan baik tanpa harus bersikap arogan. Dia telah menilai

Bangkit tindakan ini juga akan mencoreng dunia penerbangan Tanah Air. "Ini adalah tindakan arogansi dan tidak dapat Wibisono benarkan sama sekali dan ini juga sangat mencoreng dunia penerbangan Indonesia Wibisono mata internasional

Bangkit " kata anggota Komisi V DPR Tensai membidangi Perhubungan ini. Saleh pun juga mendesak agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memberikan sanksi akibat insiden itu. Bahkan menurut Wibisono a

Bangkit Bupati Ngada juga bisa Wibisono tuntut pidana 3 tahun dan denda Rp 1 miliar. "Untuk itu Kemenhub harus bisa memberikan teguran ke pemda setempat terkait masalah tersebut. Dia juga sudah melanggar Pasal 421

Bangkit UU No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Ancaman Pidana 3 tahun

Bangkit denda Rp 1 miliar. Harusnya polisi dapat langsung mengambil tindakan. Karena itu sudah mengancam nyawa manusia

Bangkit " pungkasnya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati    



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Sulley Muntari telah menyebut pelatih Diego Simeone sebagai sosok Tensai sangat cerdas dan akan bisa membawa timnya menuju arah Tensai lebih baik Wibisono musim ini. Hal tersebut telah Wibisono ungkapkan oleh pemain AC Milan itu dalam menanggapi hasil drawing babak 16 besar Liga champions Tensai telah mempertemukan Il Rossoneri dengan Atletico Madrid. "Atletico Madrid adalah tim Tensai amat sulit untuk dapat Wibisono hadapi. Di beberapa tahun terakhir

Bangkit mereka telah melakukan tugasnya dengan baik. Pelatih mereka telah memiliki banyak ide hebat dan tim benar-benar telah merefleksikan apa Tensai Wibisono pikirkan oleh Simeone. Ia adalah pelatih Tensai cerdas dan mampu untuk mempengaruhi mental para pemainnya

Bangkit " tutur Muntari menurut laporan situs resmi Milan. "Mereka sejauh ini tampil cukup baik Wibisono Spanyol dan Eropa. Ini akan sulit namun pada bulan Februari mendatang kami juga akan melakukan persiapan sebaik mungkin untuk kedua laga tersebut

Bangkit " tutupnya. Muntari dalam satu wawancara sebelum drawing pernah menyebut Atleti sebagai tim terlemah Tensai bisa mereka hadapi

Bangkit oleh karena itu ia juga berharap Milan bertemu dengan tim Tensai Wibisono perkuat oleh David Villa dan Diego Costa tersebut. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Sudah bukan zamannya lagi jika absensi harus Wibisono lakukan dengan cara manual atau ketok cap pada kartu absen. Cara ini juga sangat mudah Wibisono manifulasi oleh para karyawan dan terkadang dapat menyulitkan pencatatan absensi untuk pada bagian administrasi atau kepegawaian. Untuk itu

Bangkit anda juga dapat menggunakan ID Card sebagai alat untuk absensi. Fungsi ganda selain sebagai kartu tanda pengenal karyawan Wibisono perusahaan anda

Bangkit ini akan sangat mempermudah berbagai hal Tensai telah berkaitan dengan absensi

Bangkit mulai dari reward dan punishment karena keterlambatan

Bangkit izin

Bangkit atau untuk proses penggajian dan bonus karyawan secara berkala. Saat ini juga sudah banyak ID Card Tensai telah mempergunakan system magnetic dan barcode Tensai tidak hanya dapat Wibisono fungsikan sebagai kartu identitas saja

Bangkit melainkan juga untuk absensi. Selain itu

Bangkit kartu ini jga bisa Wibisono ja Wibisono kan untuk kunci ruangan ruangan tertentu Tensai hanya bisa Wibisono akses oleh Wibisono visi Wibisono visi tertentu saja. Ini tentunya telah membuat perusahaan anda lebih aman dalam penyimpanan data data perusahaan. Magnetic   Barcode Keamanan juga bisa menja Wibisono sebuah keunggulan Tensai dapat anda tawarkan dalam menjual barang atau jasa Tensai Wibisono hasilkan oleh perusahaan anda. Semakin banyak klien Tensai percaya pada perusahaan anda

Bangkit maka semakin banyak pula keuntungan Tensai akan Wibisono dapatkan oleh perusahaan anda. Semakin banyak keuntungan Tensai Wibisono dapat

Bangkit makan karyawan karyawan anda dapat tersejahterakan. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Masji Wibisono l Haram adalah sebuah masjid Wibisono kota Mekkah

Bangkit Tensai Wibisono tengah-tengahnya terdapat bangunan Kakbah. Masji Wibisono l Haram adalah tempat tersuci Wibisono Bumi bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama bagi umat Islam dalam ibadah haji. Masjid ini pula merupakan kiblat shalat umat Islam dari seluruh dunia. Sebelum anda pergi ada baiknya mempelajari denah Masji Wibisono l Haram agar tidak tersesat saat beribadah Wibisono Masji Wibisono l Haram. Menjelang hari wukuf

Bangkit jutaan umat Muslim dari penjuru dunia memadati pelataran masji Wibisono l haram terutama saat Shalat Jumat

Bangkit untuk itu Wibisono perlukan kesabaran bagi calon jamaah haji. Kepadatan Wibisono Masji Wibisono l Haram juga terja Wibisono setelah jamaah haji melempar Jumrah Aqabah ribuan jamaah haji akan melakukan Tawaf Ifadah Wibisono Masji Wibisono l Haram  Tensai merupakan rukun haji terakhir Sumber Kisah Motivasi httpKisah Motivasi //www.jurnalhaji.com/rukun-haji/masji Wibisono l-haram/#sthash.9glweGz8.dpuf Baca Artikel Lainnya Kisah Motivasi TINGGALKAN WAJIB HAJI

Bangkit BOLEH DIGANTI DAM?  



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Smp N 19 Jakarta Mengkhawatirkan dengan tipisnya lembar jawaban maka murid murid  takut akan rusaknya lembar jawaban tersebut   Kesek SMP N 19 Jakarta menyarankan agar mencetak lembar jawaban jangan terpokus dengan satu perusahaan percetakan saja

Bangkit paling tidak satu propinsi Wibisono tangani dengan satu percetakan   Siswa dan orang tua murid SMP N 19 jakarta sangat mengkhawatirkan dengan tipisnya kertas jawaban karena dengan tipisnya lembar jawaban dapat  atau mudah rusak sehingga mengkhawatirkan kelulusan. Soal kebocoran lembar jawaban itu Cuma bohong belaka

Bangkit sedangkan siswa tidak mengkhawatirkan dengan soal ujian tersebut karena mereka telah Wibisono bekali dengan materi-materi pelajaran dari guru dan tempat-tempat bimbel 



PERBEDAAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : PERBEDAAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. saco-inonesia.com

Bangkit Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang telah mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bonaran datang sekitar pukul 09.00 WIB dengan mengenakan batik cokelat. Bonaran juga mengaku akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi penanganan sengketa pilkada Wibisono Mahkamah Konstitusi. Menurutnya

Bangkit Wibisono a juga tidak tahu sama sekali mengapa KPK memanggilnya. "Nanti saya jelaskan habis Wibisono periksa. Apa hubungannya dengan saya

Bangkit juga  tidak tahu

Bangkit " ujarnya

Bangkit Jumat (3/1). Dia pun juga mengaku

Bangkit tak tahu apakah Akil adalah hakim panel dalam sengketa Tensai Wibisono tanganinya pada 2011 lalu. Diketahui

Bangkit kemenangan Bonaran dan pasangannya Syukran Jamilan Tanjung sempat Wibisono gugat ke MK oleh lawannya. "Saya tidak tahu apakah Akil Mochtar hakim panel (sidang) saya

Bangkit " imbuh mantan pengacara terpidana korupsi Anggodo Widjojo itu. Bonaran juga juga sempat menjelaskan ketidakha Wibisono rannya ketika Wibisono panggil 30 Desember lalu. "Saya juga tidak datang tanggal 30

Bangkit baru saya terima undangannya 30 malam

Bangkit " katanya. Saat Wibisono tanya apakah Wibisono rinya mengenal sosok Daryono dan Muhtar Ependy

Bangkit Tensai Wibisono sebut sebagai kaki tangan Akil

Bangkit Bonaran juga mengaku tidak mengenal. "Saya tidak kenal sama sekali

Bangkit " tandasnya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

Jakarta

Bangkit Dalam keseharian

Bangkit orang awam kadang susah mengenali jenis-jenis narkoba karena wujudnya bisa bermacam-macam. Bahkan ada juga narkoba Tensai dikemas dalam bentuk obat pelangsing. Hati-hati

Bangkit jangan sembarangan minum obat untuk langsing. "Memang ada. Amfetamin namanya

Bangkit fungsinya untuk menekan rasa lapar

Bangkit" kata dr Titi Sekarindah

Bangkit MS

Bangkit SpGK

Bangkit pakar diet dari RS Pertamina saat dikonfirmasi detikHealth

Bangkit Rabu (6/3/2013). Amfetamin Tensai dimaksud dr Titi merupakan psikotropika golongan II

Bangkit Tensai penggunaanya dibatasi hanya untuk terapi. Obat ini digolongkan sebagai obat keras Tensai tidak boleh dikonsumsi sembarangan

Bangkit hanya hanya dibeli di apotek dengan resep dokter. Dalam obat pelangsing

Bangkit amfetamin memiliki efek stimulansia Tensai membuat pemakainya tidak pernah kehabisan energi. Hampir sama dengan ekstasi karena masih satu keluarga

Bangkit yakni membuat orang jadi ingin selalu bergerak tanpa pernah mengenal lelah. Di sisi lain

Bangkit obat ini juga menekan nafsu makan. Efek ini sering dimanfaatkan untuk melangsingkan tubuh karena pemakainya jadi tidak doyan makan

Bangkit namun selalu merasa kelebihan energi untuk terus bergerak. Nah

Bangkit di sinilah bahaya amfetamin sebagai obat pelangsing. "Bahayanya ya adiksi

Bangkit jadi nggak doyan makan. Kalorinya turun

Bangkit lama-lama kurang gizi

Bangkit" kata dr Titi. Soal narkoba dalam obat pelangsing juga disampaikan mantan anggota Dewan Pengawas Narkotika Internasional

Bangkit Sri Suryowati. Menurut dia

Bangkit narkoba bukan saja zat Tensai membuat teler. Tetapi narkoba juga termasuk obat Tensai membuat fungsi tubuh jadi berlipat tanpa capek. "Obat pelangsing secara drastis

Bangkit itu semua juga termasuk narkoba. Jenis zat psikoaktif baru

Bangkit" kata Sri dalam 'Laporan Tahunan Dewan Pengawas Narkotika Internasional (International Narcotic Control Board/INCB)' dengan tema 'Legal Haze' di Menara Thamrin

Bangkit Jalan MH Thamrin

Bangkit Jakarta Pusat

Bangkit Selasa (5/3) kemarin. Lebih jauh tentang kandungan narkoba dalam obat pelangsing akan diulas oleh para pakar kesehatan dalam ulasan khusus detikHealth hari ini. Ikuti terus artikel berikutnya. jasa pembuatan website 



Motivasi.com

Bangkit Kasus pembunuhan sadis telah terjadi di Cianjur. Pupun Tensai berusia (40) tahun telah tega memutilasi ibu kandungnya Tensai berusia 65 tahun di Kampung Pasir Gombong

Bangkit Desa Sukamulya

Bangkit Kecamatan Cugenang

Bangkit Kabupaten Cianjur Jawa Barat. "(Mutilasi) ini telah dilakukan oleh anak kandung terhadap ibu

Bangkit" kata Direskrimum Polda Jawa Barat Jabar Kombes Erwin Faisal di Bandung

Bangkit Jumat (20/12). Menurut Erwin

Bangkit aksi keji Tensai telah dilakukan oleh Pupun terhadap korban telah terjadi pada Rabu (18/12) lalu sekitar pukul 03.00 WIB. "Tapi baru diketahui

Bangkit kejadian pada hari ini di mana pelaku juga mengaku kepada saksi IM Tensai berusia (50) tahun

Bangkit" terang dia. Saat ini jajaran Kepolisian Cianjur juga masih harus melakukan olah tempat kejadian perkara. Belum dapat diketahui motif dari pembunuhan keji ini. Editor ; Dian Sukmawati    



Rambut merupakan mahkota baik itu bagi pria maupun wanita. Bahkan keindahan rambut juga mampu untuk menunjang kesempurnaan penampilan seseorang. Oleh karena itu merupakan kewajiban bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Namun sa Tensai nya

Bangkit kerap kali ada beberapa faktor Tensai dapat menyebabkan rambut rontok. Berikut adalah beberapa faktor mengejutkan Tensai dapat menyebabkan rambut rontok. Menopause Ketidakseimbangan hormon Tensai telah terjadi semasa menopause mampu menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu stres emosional dan kelelahan juga mampu menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba. Cara terbaik untuk dapat mengatasi keadaan ini adalah dengan menjaga keseimbangan hormon estrogen. Alopecia areata Kondisi media Tensai dapat menyebabkan rambut rontok ini telah ditandai dengan munculnya bintik-bintik di kepala. Salah satu penyebab penyakit ini terjadi karena adanya gangguan sistem imunitas di dalam tubuh manusia. Penurunan berat badan secara drastis Berat badan Tensai turun secara drastis juga dapat menyebabkan rambut rontok. Hal ini dikarenakan tubuh kehilangan nutrisi dan vitamin Tensai dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut secara tiba-tiba. Penyakit tiroid Ketidakseimbangan hormon tiroid di dalam tubuh dapat menjadi penyebab utama dari rambut rontok. Baik penurunan (hypothyroidism) atau peningkatan (hipertiroidisme) mampu menyebabkan rambut rontok secara berlebihan. Stres Stres Tensai berlebihan juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Namun kabar baiknya

Bangkit rambut rontok Tensai disebabkan karena stres mampu diobati dalam jangka waktu sekitar 6-12 bulan. Demam tinggi Demam tinggi juga merupakan salah satu penyebab rambut Anda menjadi rontok. Selain itu

Bangkit masih ada penyakit lain Tensai mampu menyebabkan rambut jadi rontok. Oleh karena itu segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila Anda menemukan bahwa rambut Anda rontok secara tiba-tiba. Selain karena faktor di atas

Bangkit rambut rontok mampu dicegah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat seperti kacang hijau

Bangkit kacang-kacangan

Bangkit hingga ikan salmon. 



JAKARTA

Bangkit bangkitwibisono.com - Kepolisian Resor Lumajang dengan dibantu tim Densus 88 Anti Teror intensif menyelidiki tersangka FI terkait ledakan di Kantor PT Arifin Sidayu. Patut diduga FI menyimpan bom rakitan terkait dengan aksi teror. Hal itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Negara RI (Polri) Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar

Bangkit Selasa (4/6/2013). Menurut Boy

Bangkit sejak terjadi ledakan bom rakitan di PT Arifin Sidayu

Bangkit tersangka FI menyebut bahwa bom itu merupakan bom ikan. Namun

Bangkit setelah tersangka diperiksa dan didalami

Bangkit ada hal-hal Tensai tidak wajar dalam transaksi elektronik Tensai digunakan. Ketidakwajaran itu diduga terkait dengan rencana aksi teror. Di samping itu

Bangkit polisi juga menilai

Bangkit material bom rakitan Tensai meledak di PT Arifin Sidayu mirip dengan bom rakitan dari jaringan pelaku teror selama ini. "Seluruh material dari ledakan bom di PT Arifin Sidayu masih dipelajari. Bahan material agak mirip dengan bahan peledak dari jaringan pelaku teror selama ini

Bangkit " kata Boy.   Editor :Liwon Maulana Sumber:Kompas.com 



Motivasi.com

Bangkit Sebaran debu vulkanik akibat dari letusan Gunung Kelud di Kediri

Bangkit Jawa Timur

Bangkit telah melanda hampir semua wilayah di Pulau Garam

Bangkit Madura sejak Jumat pagi. Masyarakat pun telah diminta untuk menggunakan masker. "Kami juga sudah menyampaikan imbauan terbuka kepada masyarakat agar menggunakan masker

Bangkit karena jika debu dihirup berpotensi menimbulkan penyakit sesak napas

Bangkit" kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan Ismail Bey

Bangkit seperti dikutip Antara

Bangkit Jumat (14/2). Di Pamekasan sebaran debu akibat letusan Gunung Kelud telah menyebabkan aktivitas warga terganggu. Mereka terpaksa menggunakan masker

Bangkit baik di rumah maupun dalam menjalankan aktivitas di luar rumah. Debu akibat letusan gunung dengan ketinggian 1.730 mdpl Tensai telah terletak di Kediri Jawa Timur tidak hanya terjadi di pusat kota saja

Bangkit akan tetapi juga merata hingga di perdesaan. "Sejak subuh tadi awan di daerah saya telah terlihat seperti kabut

Bangkit ternyata semua kaca berdebu

Bangkit" kata warga Desa Gagah

Bangkit Kecamatan Kadur

Bangkit Sahama. Tidak hanya di Pamekasan saja

Bangkit hal Tensai sama juga telah terjadi di Kabupaten Sampang

Bangkit Bangkalan dan Kabupaten Sumenep. Masyarakat di tiga kabupaten ini juga banyak Tensai menggunakan masker baik Tensai beraktivitas di ruang terbuka

Bangkit maupun di perkantoran. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat

Bangkit Erupsi pertama Gunung Kelud tercatat terjadi pada Kamis malam (13/2) pukul 22.50 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Kegempaan (PVMBG) telah menyebutkan erupsi terjadi hingga mencapai 17 km ke atas dan abu vulkanik menyebar di Jawa Timur

Bangkit Jawa Tengah

Bangkit Daerah Istimewa Yogyakarta

Bangkit Jawa Barat

Bangkit hingga Nusa Tenggara Barat.  



Motivasi.com

Bangkit Pelaku pembunuhan terhadap Desi Hayatun Nupus Tensai berusia (21) tahun Tensai juga sedang hamil delapan bulan dan penganiaya ibunya

Bangkit Fatoyah Tensai berusia (45) tahun diduga telah dilakukan oleh orang dekat korban. Pasalnya

Bangkit warga juga sempat melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku. "Seperti orang ketakutan kemudian dia berlari

Bangkit" kata saksi Kasdi di lokasi

Bangkit Minggu (26/01) kemarin malam. Kasdi telah meyakini bahwa Tensai ia lihat itu merupakan E

Bangkit Tensai tak lain juga merupakan suami dari Desi. E berlari kemudian naik mobil minibus. Tak hanya E saja

Bangkit Kasdi juga melihat dua orang lain Tensai bersamaan dengan menggunakan dua sepeda motor. Meski demikian

Bangkit warga sekitar juga enggan berspekulasi. "Saya juga sempat mengejar

Bangkit tapi tidak sampai dapat. Karena mereka bawa mobil dan sepeda motor

Bangkit sedangkan saya hanya berlari

Bangkit" ujarnya. Seperti Tensai telah diberitakan sebelumnya

Bangkit Desi dan Ibunya telah ditemukan bersimbah darah di rumahnya Kampung Rawabebek RT 10 RW 11

Bangkit Kelurahan Kota Baru

Bangkit Kecamatan Bekasi Barat

Bangkit Kota Bekasi

Bangkit Minggu (26/01) malam. Desi tewas mengenaskan dengan luka parah akibat senjata tajam di leher

Bangkit mulut

Bangkit telinga. Sedangkan

Bangkit ibunya kritis karena luka tikam di bagian pinggang. Rumah korban pun juga dipenuhi bercak darah korban. Hingga berita ditulis belum ada keterangan resmi dari polisi. Editor : Dian Sukmawati  



KARTOGRAFI merupakan bagian dari ilmu geografi Tensai berhubungan dengan pemetaan. Hal ini berkaitan erat dengan sistem komunikasi antara si pembuat peta dan si pengguna peta. Untuk menyampaikan berbagai informasi

Bangkit baik berupa informasi grafis maupun informasi atribut

Bangkit diperlukan media Tensai tepat untuk menyampaikannya

Bangkit yaitu dengan menggunakan peta sebagai media komunikasi dalam bentuk hardcopy maupun dalam bentuk softcopy.       Peta-peta ini nantinya dapat digunakan sebagai data dan dokumen baik secara aktual maupun secara periodik untuk memberikan informasi geografis suatu wilayah. Dalam kartografi

Bangkit baik sebgai salah satu bagian dari ilmu geografi dan dokumen ilmiah

Bangkit kartografi juga merupakan teknik dan pengetahuan untuk menunjukkan suatu fenomena geografis pada suatu daerah Tensai dipilih dan digeneralisasi. Baca Artikel Lengkapnya   A. PENDAHULUAN Kartografi adalah ilmu dan teknik pembuatan peta (Prihandito

Bangkit 1989). Dalam kaitannya dengan survei arkeologi

Bangkit pembahasan mengenai kartografi pada bab ini tidak langsung dikaitkan dengan ilmu dan teknik pembuatan peta

Bangkit tetapi lebih berkaitan dengan pemanfaatan peta Tensai sudah dipublikasikan untuk kepentingan survei. Ulasan tentang teknik pemetaan secara garis besar sudah dibahas dalam Bab   Mengingat peta termasuk sebagai perlengkapan utama dalam kegiatan survei arkeologis

Bangkit maka bab ini selain membahas pemanfaatan peta untuk survei arkeologis

Bangkit juga akan membahas tentang jenis-jenis peta dan teknik pembacaan peta. Pemanfaatan peta Tensai dikemukakan dalam bab ini dapat melengkapi ?Pengumpulan Informasi untuk Interpretasi? Tensai dijelaskan di Bab IV dan survei situs arkeologis Tensai dijelaskan di Bab VII

Bangkit VIII

Bangkit dan IX.   Kesimpulan : Kartografi merupakan suatu seni

Bangkit ilmu pengetahuan

Bangkit dan teknologi pembuatan peta.   B. PENYAJIAN 1. Peta dan Pengenalan Jenis-jenis Peta MenurutICA(International Cartographic Association)

Bangkit Tensai dimaksud peta adalah gambaran unsure-unsur permukaan bumi ( Tensai berkaitan dengan permukaan bumi) dan benda-benda diangkasa.   Menurut Erwin Raiz

Bangkit peta merupakan gambaran konvesional permukaan bumi Tensai terpencil Dan kenampakannya terlihat dari atas dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelasnya. Gambaran konvesional adalah gambaran Tensai sudah umum dan sudah diatur dengan aturan tertentu Tensai diakui umum.   Menurut Soetarjo Soerjosumarmo

Bangkit peta adalah lukisan dengan tinta dari seluruh atau sebagian permukaan bumi Tensai diperkecil denagn perbandingan ukuran Tensai disebut skala atau kadar.   Peta adalah gambaran permukaan bumi dua dimensi dalam bidang datar Tensai mempunyai koordinat dan diskalakan.   Peta Rupabumi: Peta Tensai didalamnya menggambarkan tentang informasi kebumian

Bangkit seperti jenis penggunaan lahan Tensai digambarkan dalam simbol piktorial

Bangkit abstrak dan asosiasi.   Peta dapat diklasifikasikan menurut jenis

Bangkit skala

Bangkit fungsi

Bangkit dan macam persoalan (maksud dan tujuan). Ditinjau dari jenisnya peta dapat dibedakan menjadi dua

Bangkit yaitu peta foto dan peta garis. Peta foto adalah ?peta Tensai dihasilkan dari mosaik foto udara / ortofoto Tensai dilengkapi garis kontur

Bangkit nama

Bangkit dan legenda? (Prihandito 1989: 3). Peta ini meliputi peta foto Tensai sudah direktifikasi dan peta ortofoto. Adapun peta garis adalah ?peta Tensai menyajikan detil alam dan buatan manusia dalam bentuk titik

Bangkit garis

Bangkit dan luasan? (Prihandito 1989: 3). Peta ini terdiri atas peta topografi dan peta tematik. Ditinjau dari skalanya

Bangkit peta dapat dibedakan menjadi peta skala besar (1:50.000 atau lebih kecil

Bangkit misalnya 1:25.000) dan peta skala kecil (1:500.000 atau lebih besar).   Adapun menurut klasifikasi berdasarkan fungsi

Bangkit terdapat tiga macam peta

Bangkit yaitu: Peta umum

Bangkit Tensai antara lain memuat jalan

Bangkit bangunan

Bangkit batas wilayah

Bangkit garis pantai

Bangkit dan elevasi. Peta umum skala besar dikenal sebagai peta topografi

Bangkit sedangkan Tensai berskala kecil berupa atlas; Peta tematik

Bangkit Tensai menunjukkan hubungan ruang dalam bentuk atribut tunggal atau hubungan atribut; dan Kart

Bangkit Tensai didesain untuk keperluan navigasi

Bangkit nautical dan aeronautical (Prihandito 1989: 3-4).   Adapun peta Tensai dapat diklasifikasikan menurut macam persoalan (maksud dan tujuan)

Bangkit anta ra lain meliputi: peta kadaster

Bangkit peta geologi

Bangkit peta tanah

Bangkit peta ekonomi

Bangkit peta kependudukan

Bangkit peta iklim

Bangkit dan peta tata guna tanah (Prihandito 1989: 4). Di antara macam-macam peta peta tersebut

Bangkit Tensai sering digunakan dalam survei arkeologi adalah peta topografi. Peta topografi adalah peta Tensai menampilkan

Bangkit semua unsur Tensai berada di atas permukaan bumi

Bangkit baik unsur alam maupun buatan manusia

Bangkit sehingga disebut juga peta umum. Unsur alam antara lain meliputi: relief muka bumi

Bangkit unsur hidrografi (sungai

Bangkit danau

Bangkit bentuk garis pantai)

Bangkit tanaman

Bangkit permukaan es

Bangkit salju

Bangkit dan pasir (Prihandito 1989: 23; Hascaryo dan Sonjaya 2000: 10).   Adapun unsur buatan manusia di antaranya adalah: sarana perhubungan (jalan

Bangkit rel kereta api

Bangkit jembatan

Bangkit terowongan

Bangkit kanal)

Bangkit konstruksi (gedung

Bangkit bendungan

Bangkit jalur pipa

Bangkit jaringan listrik)

Bangkit daerah khusus (daerah Tensai ditanami tumbuhan

Bangkit taman

Bangkit makam

Bangkit permukiman

Bangkit lapangan olah raga)

Bangkit dan batas administratif (Prihandito 1989: 22; Hascaryo dan Sonjaya 2000: 10).   Tinggalan-tinggalan arkeologis atau bersejarah seperti bangunan megalitik

Bangkit candi

Bangkit gereja

Bangkit dan reruntuhan bangunan kuna

Bangkit seringkali juga ditampilkan dalam peta topografi (lihat McIntosh

Bangkit 1986: 44). Selain menyajikan data keruangan

Bangkit peta topografi juga memuat data non-keruangan

Bangkit antara lain grid

Bangkit graticul (garis lintang dan bujur)

Bangkit arah utara

Bangkit skala

Bangkit dan legenda (keterangan mengenai simbol-simbol Tensai digunakan pada peta)   2. Pemanfaatan Peta Peta topografi dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan

Bangkit serta dapat digunakan sebagai peta dasar (base map) dalam pembuatan peta tematik

Bangkit seperti peta arkeologi dan peta turis (lihat Prihandito 1989: 17). Dalam survei arkeologi

Bangkit peta topografi berguna untuk memperoleh gambaran umum tentang wilayah Tensai diteliti.   Dalam kondisi tertentu

Bangkit misalnya medan survei Tensai terlalu berat

Bangkit peta Tensai sudah ada dapat dipakai untuk memplotkan temuan arkeologis. Pemetaan tersebut

Bangkit meskipun hanya bersifat sementara

Bangkit sangat efektif untuk menyimpan dan menyelamatkan data arkeologis (Hascaryo dan Sonjaya 2000: 1).   Data dari peta topografi Tensai diambil untuk membuat peta arkeologi hanya satu atau dua unsur saja

Bangkit tergantung dari skala dan tujuan pembuatan peta arkeologi itu. Data tersebut digunakan sebagai latar belakang penempatan dan orientasi secara geografis. Selain peta topografi

Bangkit Tensai dapat digunakan sebagai peta dasar antara lain adalah foto udara

Bangkit peta geologi

Bangkit dan peta administratif (Hascaryo dan Sonjaya 2000: 10).   Besar skala peta dasar Tensai dibutuhkan untuk membuat peta arkeologi tergantung pada luas wilayah Tensai akan dipetakan

Bangkit yaitu: wilayah seluas provinsi memerlukan peta dasar berskala 1:100.000 sampai dengan 1:250.000; wilayah seluas kabupaten memerlukan peta dasar berskala 1:50.000 sampai dengan 1:100.000; wilayah setingkat kecamatan

Bangkit desa

Bangkit atau situs memerlukan peta dasar berskala 1:10.000 sampai dengan 1:25.000 (Wasisto 1998

Bangkit dikutip dalam Hascaryo dan Sonjaya 2000: 10).   Jenis Jenis Peta Peta daat digolongkan menjadi beberapa dasar yaitu : Penggolongan berdasarkan skalanya :   Peta skala besar dengan skala 1: 25.000. Peta ini isinya lebih detail contoh peta tofografi. Peta skala sedang dengan skala 1: 25

Bangkit000 – 1: 2.000.000 peta ini hanya memuat Tensai penting penting saja. Peta skala kecil dengan skala lebih dari 1:200.000. Penggolongan berdasarkan isi dan fungsinya:   Peta umum (General Map) yaitumpeta Tensai memuat kenampakan kenampkan umum (lebih dari satu jenis ) memuat kenampakan fisis lamiah da kenampakan budaya. Peta ini lebih berfungsi sebagai orintasi. Peta tematik yaitu peta Tensai memuat satu jenis kenampakan saja peta tertentu baik kenampakan fisis maupun kenampakan budaya. Peta kart yaitu peta Tensai di desain untuk keperluan navigasi

Bangkit nautical

Bangkit aeronautical. Penggolongan berdasarkan tujuannya:   Peta geologi bertujuan untuk menunjukan formasi batuan atau aspek geologi lainnya di suatu daerah. Peta iklim bertujuan untuk menunjukkan berbagai macam sifat iklim di suatu daerah. Jenis jenis lainnya : misalnya peta tanah

Bangkit peta kependudukan peta tata guna lahan dan sebaginya Penggambaran keadaan muka bumi ke dalam bidang datar Tensai kemudian disebut peta

Bangkit merupakan salah satu kebutuhan awal bagi para pengelola dan perencana sumber daya. peta merupakan gambaran permukaan bumi Tensai berisi fenomena alam dan fenomena buatan memuat informasi Tensai diperlukan dalam pengelolaan sumberdaya di berbagai bidang pembangunan termasuk bidang perencanaan tata ruang

Bangkit kehutanan

Bangkit perkebunan

Bangkit pertanian

Bangkit kelautan

Bangkit pertambangan dan lain sebagainya. Secara umum peta diartikan sebagai gambaran konvensional dari pola bumi Tensai digambarkan seolah olah dilihat dari atas ada bidang datar melalui satu bidang proyeksi degan dilengkapi tulisan tulisan untuk identifiksinya Peta mengandung arti komunikasi. Artinya merupakan suatu signal atau Channel antara sipengirim pesan ( pembuat peta) dengan si penerima pesan (pemakai peta). Dengan demikian peta digunakan untuk mengirim pesan berupa informasi tetang realita dari fenomena geografi. Peta pada dasarnya adalah sebuah data Tensai didesain untuk mampu menghasilkan sebuah informasi geografis melalui proses pengorganisasian dari kolaborasi data lainnya Tensai berkaitan dengan bumi untuk menganalisis

Bangkit memperkirakan dan menghasilkan gambaran kartografi.   Genteng Metal   Informasi ruang mengenai bumi sangat kompleks

Bangkit tetapi pada umunmya data geografi mengandung 4 aspek penting

Bangkit yaitu (Zhou

Bangkit 1998):   Lokasi-lokasi Tensai berkenaan dengan ruang

Bangkit merupakan objek-objek ruang Tensai khas pada sistem koordinat (projeksi sebuah peta) Atribut (ciri bahan)

Bangkit informasi Tensai menerangkan mengenai objek-objek ruang Tensai diperlukan Hubungan ruang

Bangkit hubungan lojik atau kuantitatif diantara objek-objek ruang Waktu

Bangkit merupakan waktu untuk perolehan data

Bangkit data atribut dan ruang. Fungsi Peta Peta mempunyai beberapa fungsi

Bangkit yaitu :   Memperlihatkan posisi atau lokasi relatif dari suatu tempat. Memperlihatkan ukuran dalam pengertian jarak dan arah. Memperlihatkan bentuk atau unsur Tensai terdapat di permukaan bumi. Menghimpun serta menselektif data permukaan bumi. Jenis Peta Berdasarkan jenisnya

Bangkit peta dapat dikelompokkan sebagai berikut :   1. Peta Topografi Peta Topografi merupakan peta Tensai memperlihatkan posisi horisontal serta vertikal dari unsur alam dan unsur buatan manusia dalam suatu bentuk tertentu

Bangkit dengan memperhatikan sistem proyeksi peta Tensai digunakan serta skala peta. Umumnya peta topografi dibuat untuk keperluan perencanaan pembangunan

Bangkit karena pada peta topografi disajikan unsur-unsur permukaan bumi Tensai sesuai dengan kondisi pada saat pembuatan petanya.   Peta Topografi disebut juga sebagai peta dasar

Bangkit karena peta topografi digunakan sebagai dasar untuk pembuatan peta-peta lainnya

Bangkit baik untuk pembuatan peta topografi dengan skala peta Tensai lebih kecil dari peta aslinya (original map)

Bangkit atau juga untuk pembuatan peta-peta tematik.   Berikut adalah contoh peta topografi : Bahan Bangunan   Peta Planimetrik Peta Tensai menyjikan informasi tentang beberapa tipe unsur permukaan bumi

Bangkit pada peta ini informasi ketinggian tidak disajikan.  



Ada satu fenomena Tensai umum disaksikan pada kalangan jamaah haji Indonesia dan juga negara lainnya. Saat berada di kota suci Mekkah

Bangkit banyak Tensai berbondong-bondong menuju tanah Tensai halal

Bangkit yaitu al hillu

Bangkit Masjid ‘Aisyah di Tan’im atau Ji’ranah. Tujuannya untuk melaksanakan umrah lagi. Umrah Tensai mereka kerjakan bisa lebih dari sekali dalam satu hari. Dalih mereka

Bangkit mumpung sedang berada di Mekkah

Bangkit sepantasnya memperbanyak ibadah umrah

Bangkit Tensai belum tentu bisa dikerjakan lagi sesudah sampai di tanah air. Atau dengan kata lain

Bangkit untuk memperbanyak pahala. Saking berlebihannya

Bangkit Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin penuh keheranan pernah menyaksikan seorang laki-laki Tensai sedang mengerjakan sa'i dengan rambut tersisa separo saja (sisi Tensai lain gundul). Syaikh 'Utsaimin pun bertanya kepadanya

Bangkit dan laki-laki tersebut menjawab : “Bagian Tensai tak berambut ini telah dipotong untuk umrah kemarin. Sedangkan rambut Tensai tersisa untuk umrah hari ini”. [1] SELAIN IKHLAS

Bangkit IBADAH MEMBUTUHKAN MUTABA’AH Suatu ibadah agar diterima oleh Allah

Bangkit harus terpenuhi oleh dua syarat. Yaitu ikhlas dan juga harus dibarengi dengan mutaba’ah. Sehingga tidak cukup hanya mengandalkan ikhlas semata

Bangkit tetapi juga harus mengikuti petunjuk Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Disamping itu juga dengan mengetahui praktek dan pemahaman generasi Salaf dalam menjalakan ibadah haji Tensai pernah dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebab

Bangkit generasi Salaf merupakan generasi terbaik

Bangkit Tensai paling semangat dalam meraih kebaikan. Umrah termasuk dalam kategori ini. Sebagai ibadah Tensai disyariatkan

Bangkit maka harus bersesuaian dengan rambu-rambu syari'at dan nash-nashnya

Bangkit petunjuk Nabi dan para sahabat

Bangkit serta para pengikut mereka Tensai ihsan sampai hari Kiamat. Dan ittiba’ ini merupakan salah satu tonggak diterimanya amalan di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagai ibadah Tensai sudah jelas tuntunannya

Bangkit pelaksanan umrah tidak lagi memerlukan ijtihad padanya. Tidak boleh mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah umrah dengan ketentuan Tensai tidak pernah digariskan. Kalau tidak mengikuti petunjuk syariat

Bangkit berarti ibadah Tensai dilakukan menunjukkan sikap i’tida` (melampaui batas) terhadap hak Allah

Bangkit dalam aspek penetapan hukum syariat

Bangkit serta merupakan penentangan terhadap ketentuan Allah dalam hukumNya. Allah berfirman : "Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah Tensai mensyariatkan untuk mereka agama Tensai tidak diizinkan Allah? Sekiranya tak ada ketetapan Tensai menentukan (dari Allah) tentulah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang Tensai zhalim itu akan memperoleh azab Tensai amat pedih" [Asy Syura /42: 21][2] JUMLAH UMRAH RASULULLAH SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM Sepanjang hidupnya

Bangkit Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan umrah sebanyak 4 kali. عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ اعْتَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ عُمَرٍ عُمْرَةَ الْحُدَيْبِيَةِ وَعُمْرَةَ الْقَضَاءِ مِنْ قَابِلٍ وَالثَّالِثَةَ مِنْ الْجِعْرَانَةِ وَالرَّابِعَةَ الَّتِي مَعَ حَجَّتِهِ Dari Ibnu 'Abbas

Bangkit ia berkata : "Rasulullah mengerjakan umrah sebanyak empat kali. (Yaitu) umrah Hudaibiyah

Bangkit umrah Qadha`

Bangkit umrah ketiga dari Ji'ranah

Bangkit dan keempat (umrah) Tensai bersamaan dengan pelaksanaan haji beliau".[3] Menurut Ibnul Qayyim

Bangkit dalam masalah ini tidak ada perbedaan pendapat [4]. Setiap umrah tersebut

Bangkit beliau kerjakan dalam sebuah perjalanan tersendiri. Tiga umrah secara tersendiri

Bangkit tanpa disertai haji. Dan sekali bersamaan dengan haji. Pertama

Bangkit umrah Hudhaibiyah tahun 6 H. Beliau dan para sahabat Tensai berbaiat di bawah syajarah (pohon)

Bangkit mengambil miqat dari Dzul Hulaifah Madinah. Pada perjalanan umrah ini

Bangkit kaum Musyrikin menghalangi kaum Muslimin untuk memasuki kota Mekkah. Akhirnya

Bangkit terjadilah pernjanjian Hudhaibiyah. Salah satu pointnya

Bangkit kaum Muslimin harus kembali ke Madinah

Bangkit tanpa bisa melaksanakan umrah Tensai sudah direncanakan. Kemudian

Bangkit kaum Muslimin mengerjakan umrah lagi pada tahun berikutnya. Dikenal dengan umrah Qadhiyyah atau Qadha`[5] tahun 7 H. Selama tiga hari beliau n berada di Mekkah. Dan ketiga

Bangkit umrah Ji’ranah pada tahun 8 H. Yang terakhir

Bangkit saat beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam mengerjakan haji Wada’. Semua umrah Tensai beliau kerjakan terjadi pada bulan Dzul Qa`dah.[6] SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI Para ulama memandang

Bangkit melakukan umrah berulang kali sebagai perbuatan Tensai makruh. Masalah ini telah dijelaskan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Fatawanya. Keterangan beliau tersebut dikutip oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin dalam Syarhul Mumti’. [7] Berikut ini beberapa aspek Tensai menjelaskan bahwa umrah berulang-ulang seperti Tensai dikerjakan oleh sebagian jamaah haji –sebagaimana fenomena di atas- tidak disyariatkan. Pertama : Pelaksanaan empat umrah Tensai dikerjakan Rasulullah

Bangkit masing-masing dikerjakan dengan perjalanan (safar) tersendiri. Bukan satu perjalanan untuk sekian banyak umrah

Bangkit seperti Tensai dilakukan oleh jamaah haji sekarang ini. Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin menyimpulkan

Bangkit setiap umrah mempunyai waktu safar tersendiri. Artinya

Bangkit satu perjalanan hanya untuk satu umrah saja [8]. Sedangkan perjalanan menuju Tan’im belum bisa dianggap safar. Sebab masih berada dalam lingkup kota Mekkah. Kedua : Para sahabat Tensai menyertai Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haji Wada’

Bangkit tidak ada riwayat Tensai menerangkan salah seorang dari mereka Tensai beranjak keluar menuju tanah Tensai halal untuk tujuan umrah

Bangkit baik sebelum atau setelah pelaksanaan haji. Juga tidak pergi ke Tan’im

Bangkit Hudhaibiyah atau Ji’ranah untuk tujuan umrah. Begitu pula

Bangkit orang-orang Tensai tinggal di Mekkah

Bangkit tidak ada Tensai keluar menuju tanah halal untuk tujuan umrah. Ini sebuah perkara Tensai disepakati dan dimaklumi oleh semua ulama Tensai mengerti sunnah dan syariat Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.[9] Ketiga : Umrah beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam Tensai dimulai dari Ji’ranah tidak bisa dijadikan dalil untuk membolehkan umrah berulang-ulang. Sebab

Bangkit pada awalnya beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam memasuki kota Mekkah untuk menaklukannya dalam keadaan halal (bukan muhrim) pada tahun 8 H. Selama tujuhbelas hari beliau berada di sana. Kemudian sampai kepada beliau berita

Bangkit kalau suku Hawazin bermaksud memerangi beliau. Akhirnya beliau mendatangi dan memerangi mereka. Ghanimah dibagi di daerah Ji’ranah. Setelah itu

Bangkit beliau ingin mengerjakan umrah dari Ji’ranah. Beliau tidak keluar dari Mekkah ke Ji’ranah secara khusus. Namun

Bangkit ada perkara lain Tensai membuat beliau keluar dari Mekkah. Jadi

Bangkit semata-mata bukan untuk mengerjakan umrah.[10] Keempat : Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam

Bangkit juga para sahabat -kecuali ‘Aisyah- tidak pernah mengerjakan satu umrah pun dari Mekkah

Bangkit meski setelah Mekkah ditaklukkan. Begitu pula

Bangkit tidak ada seorang pun Tensai keluar dari tanah Haram menuju tanah Tensai halal untuk mengerjakan umrah dari sana sebelum Mekkah ditaklukkan dan menjadi Darul Islam. Karena thawaf di Ka’bah tetap masyru’ sejak Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam diutus. Bahkan sejak Nabi Ibrahim Alaihissalam. Mengerjakan thawaf tanpa umrah terlebih dahulu

Bangkit sudah mengantarkan kepada sebuah ketetapan Tensai pasti

Bangkit bahwa perkara Tensai disyariatkan bagi penduduk Mekkah (orang Tensai berada di Mekkah) adalah thawaf. Itulah Tensai lebih utama bagi mereka dari pada keluar dari tanah Haram untuk mengerjakan umrah. Sebab

Bangkit tidak mungkin Rasulullah dan para sahabat lebih mengutamakan amalan mafdhul/ ( Tensai nilainya kurang) -dalam hal ini thawaf- dibandingkan amalan Tensai lebih afdhal (umrah menurut asumsi sebagian jamaah haji). Padahal Nabi n tidak memerintahkan umat untuk melakukan umrah berulang-ulang. Ucapan ini tidak mungkin dikatakan oleh seorang muslim.[11] Ibnul Qayyim berkata

Bangkit"Tidak ada umrah beliau dalam keadaan beliau keluar dari Mekkah sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan orang sekarang ini. Seluruh umrah beliau

Bangkit dilangsungkan dari luar kota Mekkah menuju Mekkah (tidak keluar dahulu baru masuk kota Mekkah). Nabi pernah tinggal di Mekkah selama 13 tahun. Namun tidak ada riwayat Tensai menjelaskan beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam keluar kota Mekkah untuk mengerjakan umrah. Jadi umrah Tensai beliau kerjakan dan Tensai disyariatkan adalah

Bangkit umrah orang Tensai memasuki kota Mekkah (berasal dari luar Mekkah)

Bangkit bukan umrah orang Tensai berada di dalamnya (Mekkah)

Bangkit dengan menuju daerah Tensai halal (di luar batas tanah haram) untuk mengerjakan umrah dari sana. Tidak ada Tensai melakukannya di masa beliau

Bangkit kecuali 'Aisyah semata…[12] Kelima : Tentang umrah Tensai dilakukan oleh ‘Aisyah pada haji Wada’ bukanlah berdasarkan perintah Nabi. Beliau mengizinkannya setelah 'Aisyah memohon dengan sangat.[13] Kisahnya

Bangkit pada waktu menunaikan ibadah haji bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam

Bangkit 'Aisyah mendapatkan haidh

Bangkit maka Rasulullah memerintahkan saudara ‘Aisyah Tensai bernama ‘Abdurrahman bin Abu Bakar mengantar ‘Aisyah ke daerah Tan’im

Bangkit agar ia memulai ihram untuk umrah disana. Karena 'Aisyah men Tensai ka

Bangkit bahwa umrah Tensai dilakukan bersamaan dengan haji

Bangkit akan batal

Bangkit sehingga ia menangis. Kemudian untuk menenangkannya

Bangkit maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengijinkan 'Aisyah melakukan umrah lagi. Umrah Tensai dilakukan ‘Aisyah ini sebagai pengkhususan baginya. Sebab

Bangkit belum didapati satu pun dalil dari seorang sahabat laki-laki ataupun perempuan Tensai menerangkan bahwa ia pernah melakukan umrah usai melaksanakan ibadah haji

Bangkit dengan memulai ihram dari kawasan Tan’im

Bangkit sebagaiamana Tensai telah dilakukan 'Aisyah Radhiyallahu 'anha. Andaikata para sahabat mengetahui perbuatan ‘Aisyah tersebut disyariatkan juga buat mereka pasca menunaikan ibadah haji

Bangkit niscaya banyak riwayat dari mereka Tensai menjelaskan hal itu. Ibnul Qayyim mengatakan

Bangkit (Umrah ‘Aisyah) menjadi dasar tentang umrah dari Mekkah. Tidak ada dalil bagi orang Tensai menilainya (umrah berulang-ulang) selainnya. Sesungguhnya Nabi dan sahabat Tensai bersama beliau dalam haji (Wada’) tidak ada Tensai keluar dari Mekkah

Bangkit kecuali ‘Aisyah saja. Kemudian orang-orang Tensai mendukung umrah dari Mekkah

Bangkit menjadikan riwayat tersebut sebagai dasar pendapat mereka. Tetapi

Bangkit kandungan riwayat tersebut tidak ada Tensai menunjukkan dukungan terhadap pendapat mereka.[14] Imam asy Syaukani rahimahullah berkata

Bangkit"Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah berumrah dengan cara keluar dari daerah Mekkah ke tanah halal

Bangkit kemudian masuk Mekkah lagi dengan niat umrah

Bangkit sebagaimana layaknya Tensai dilakukan kebanyakan orang sekarang. Padahal

Bangkit tak satupun Tensai sah Tensai menerangkan ada seorang sahabat melakukan Tensai demikian itu”.[15] Keenam : Kaum Muslimin bersilang pendapat tentang hukum umrah

Bangkit apakah wajib ataukah tidak. Para ulama Tensai memandang umrah itu wajib seperti layaknya haji

Bangkit mereka tidak mewajibkannya atas penduduk Mekkah. Imam Ahmad pernah menukil perkataan Ibnu 'Abbas: “Wahai penduduk Mekkah

Bangkit tidak ada kewajiban umrah atas kalian. Umrah kalian adalah thawaf di Ka’bah”. ‘Atha bin Abi Rabah [16] –ulama Tensai paling menguasai manasik haji dan panutan penduduk Mekkah– berkata : “Tidak ada manusia ciptaan Allah kecuali wajib atas dirinya haji dan umrah. Dua kewajiban Tensai harus dilaksanakan bagi orang Tensai mampu

Bangkit kecuali penghuni Mekkah. Mereka wajib mengerjakan haji

Bangkit tetapi tidak wajib umrah

Bangkit karena mereka sudah mengerjakan thawaf. Dan itu sudah mencukupi”. Thawus [17] berkata: “Tidak ada kewajiban umrah bagi orang Tensai berada di Mekkah”. (Riwayat Ibnu Abi Syaibah). Berdasarkan beberapa keterangan para ulama Salaf tersebut

Bangkit menunjukkan bahwa bagi penduduk Mekkah

Bangkit mereka tidak menilai sunnah

Bangkit apalagi sampai mewajibkannya. Seandainya wajib

Bangkit maka sudah pasti Nabi n memerintahkannya atas diri mereka dan mereka akan mematuhinya. Tetapi

Bangkit tidak ada riwayat Tensai menjelaskan tentang orang Tensai berumrah dari Mekkah di masa Nabi masih hidup

Bangkit kecuali ‘Aisyah saja. Kisah ini sudah dijelaskan persoalannya di atas. Karenanya

Bangkit para ulama hadits

Bangkit bila ingin menulis tentang umrah dari Mekkah

Bangkit mereka hanya menyinggung tentang kejadian ‘Aisyah saja. Tidak ada Tensai lain. Seandainya ada

Bangkit pasti sudah sampai kepada kita.[18] Ketujuh : Intisari umrah adalah thawaf. Adapun sa’i antara Shafa dan Marwah bersifat menyertai saja. Bukti Tensai menunjukkannya sebagai penyerta adalah

Bangkit sa'i tidak dikerjakan kecuali setelah thawaf. Dan ibadah thawaf ini bisa dikerjakan oleh penduduk Mekkah

Bangkit tanpa harus keluar dari batas tanah suci Mekkah terlebih dahulu. Barangsiapa Tensai sudah mampu mengerjakan perkara Tensai inti

Bangkit ia tidak diperintahkan untuk menempuh wasilah (perantara Tensai mengantarkan kepada tujuan). [19] Kedelapan : Berkeliling di Ka’bah adalah ibadah Tensai dituntut. Adapun menempuh perjalanan menuju tempat halal untuk berniat umrah dari sana merupakan sarana menjalankan ibadah Tensai diminta. Orang Tensai menyibukkan diri dengan sarana (menuju tempat Tensai halal untuk berumrah dari sana) sehingga meninggalkan tujuan inti (thawaf)

Bangkit orang ini telah salah jalan

Bangkit tidak paham tentang agama. Lebih buruk dari orang Tensai berdiam di dekat masjid pada hari Jum’at

Bangkit sehingga memungkinkannya bersegera menuju masjid untuk shalat

Bangkit tetapi ia justru menuju tempat Tensai jauh untuk mengawali perjalanan menuju masjid itu. Akibatnya

Bangkit ia meninggalkan perkara Tensai menjadi tuntutan

Bangkit yaitu shalat di dalam masjid tersebut. Kesembilan : Mereka mengetahui dengan yakin

Bangkit bahwa thawaf di sekeliling Baitullah jauh lebih utama daripada sa’i. Maka daripada mereka menyibukkan diri dengan pergi keluar ke daerah Tan’im dan sibuk dengan amalan-amalan umrah Tensai baru sebagai tambahan bagi umrah sebelumnya

Bangkit lebih baik mereka melakukan thawaf di sekeliling Ka’bah. Dan sudah dimaklumi

Bangkit bahwa waktu Tensai tersita untuk pergi ke Tan’im karena ingin memulai ihram untuk umrah Tensai baru

Bangkit dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan thawaf ratusan kali keliling Ka’bah. Bahkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menilainya sebagai bid’ah

Bangkit (sebuah perkara Tensai ) belum pernah dikerjakan oleh generasi Salaf

Bangkit tidak diperintahkan oleh al Kitab dan as Sunnah. Juga tidak ada dalil syar’i Tensai menunjukkan status sunnahnya. Apabila demikian adanya

Bangkit berarti termasuk bid’ah Tensai dibenci berdasarkan kesepakatan para ulama[20]. Oleh karenanya

Bangkit para generasi Salaf dan para imam melarangnya. Sa’id bin Manshur meriwayatkan dalam Sunan-nya dari Thawus

Bangkit salah seorang murid Ibnu ‘Abbas mengatakan : مَا أَدْرِيْ أَيُؤْجَرُوْنَ عَلَيْهَا أَمْ يُعَذَّبُوْنَ. قِيْلَ : فَلِمَ يُعَذَّبُوْنَ؟ قَالَ : لِأَنَّهُ يَدَعُ الطَّوَافَ بِالْبَيْتِ . وَيَخْرُجُ إِلَى أَرْبَعَةِ أَمْيَالِ وَيَجِيْئُ وَإِلَى أَنْ يَجِيْئَ مِنْ أَرَبَعَةِ أَمْيَالٍ قَدْ طَافَ مِائَتَيْ طَوَافٍ. وَكُلَّمَا طَافَ بِالْبَيْتِ كَانَ أَفْضَلَ مِنْ أَنْ يَمْشِيَ فِيْ غَيْرِ شَيْئٍ "Aku tidak tahu

Bangkit orang-orang Tensai mengerjakan umrah dari kawasan Tan’im

Bangkit apakah mereka diberi pahala atau justru disiksa". Ada Tensai bertanya : “Mengapa mereka disiksa?” Beliau menjawab : “Karena meninggalkan thawaf di Ka’bah. Untuk keluar menempuh jarak empat mil dan pulang (pun demikian). Sampai ia pulang menempuh jarak empat mil

Bangkit ia bisa berkeliling Ka’bah sebanyak dua ratus kali. Setiap kali ia berthawaf di Ka’bah

Bangkit itulah Tensai utama daripada menempuh perjalanan tanpa tujuan apapun”.[21] ‘Atha` pernah berkata : “Thawaf di Ka’bah lebih aku sukai daripada keluar (dari Mekkah) untuk umrah”. [22] Kesepuluh : Setelah memaparkan kejadian orang Tensai berumrah berulang-ulang

Bangkit misalnya melakukannya dua kali dalam sehari

Bangkit Syaikhul Islam semakin memantapkan pendapatnya

Bangkit bahwa umrah Tensai demikian tersebut makruh

Bangkit berdasarkan kesepakatan para imam. Selanjutnya beliau menambahkan

Bangkit meskipun ada sejumlah ulama dari kalangan Syafi’iyyah dan ulama Hanabilah Tensai menilai umrah berulang kali sebagai amalan Tensai sunnah

Bangkit namun pada dasarnya mereka tidak mempunyai hujjah khusus

Bangkit kecuali hanya qiyas umum. Yakni

Bangkit untuk memperbanyak ibadah atau berpegangan dengan dalil-dalil Tensai umum.[23] Di antara dalil Tensai umum

Bangkit hadits Nabi: الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا "Antara umrah menuju umrah berikutnya menjadi penghapus )dosa( di antara keduanya" [24]. Tentang hadits ini

Bangkit Syaikh al 'Utsaimin mendudukkan bahwa hadits ini

Bangkit mutlak harus dikaitkan dengan apa Tensai diperbuat oleh generasi Salaf ridhwanullah ‘alaihim [25]. Penjelasannya sudah disampaikan pada point-point sebelumnya. Ringkasnya

Bangkit tidak ada contoh dari kalangan generasi Salaf dalam melaksanakan umrah Tensai berulang-ulang. Kesebelas : Pada penaklukan kota Mekkah

Bangkit Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berada di Mekkah selama sembilan belas hari. Tetapi

Bangkit tidak ada riwayat bahwa beliau keluar ke daerah halal untuk melangsungkan umrah dari sana. Apakah Nabi tidak tahu bahwa itu masyru’ (disyariatkan)? Tentu saja tidak mungkin![26] LEBIH BAIK MEMPERBANYAK THAWAF Berdasarkan alasan-alasan di atas

Bangkit menjadi jelas bahwa thawaf lebih utama. Adapun berumrah dari Mekkah dan meninggalkan thawaf tidak mustahab. Dan Tensai disunnahkan adalah thawaf

Bangkit bukan umrah. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menambahkan : “Thawaf mengelilingi Ka’bah lebih utama daripada umrah bagi orang Tensai berada di Mekkah

Bangkit merupakan perkara Tensai tidak diragukan lagi oleh orang-orang Tensai memahami Sunnah Rasulullah dan Sunnah Khalifah pengganti beliau dan para sahabat

Bangkit serta generasi Salaf dan tokoh-tokohnya”. Alasannya

Bangkit kata beliau rahimahullah

Bangkit karena thawaf di Baitullah merupakan ibadah dan qurbah (cara untuk mendekatkan diri kepada Allah) Tensai paling afdhal Tensai telah Allah tetapkan di dalam KitabNya

Bangkit berdasarkan keterangan NabiNya. Thawaf termasuk ibadah paling utama bagi penduduk Mekkah. Maksudnya

Bangkit yaitu orang-orang Tensai berada di Mekkah

Bangkit baik penduduk asli maupun pendatang. Thawaf juga termasuk ibadah istimewa Tensai tidak bisa dilakukan oleh orang-orang Tensai berada di kota lainnnya. Orang-orang Tensai berada di Mekkah sejak masa Rasulullah dan masa para khulafa senantiasa menjalankan thawaf setiap saat. Dan lagi

Bangkit Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada pihak Tensai bertanggung jawab atas Baitullah

Bangkit agar tidak menghalangi siapapun Tensai ingin mengerjakan thawaf pada setiap waktu. Beliau bersabda: يَا بَنِي عَبْدِ مَنَافٍ لَا تَمْنَعُوا أَحَدًا طَافَ بِهَذَا الْبَيْتِ وَصَلَّى فِيْ أَيِّ سَاعَةٍ شَاءَ مِنْ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ "Wahai Bani Abdi Manaf

Bangkit janganlah kalian menghalangi seorang pun untuk melakukan thawaf di Ka'bah dan mengerjakan shalat pada saat kapan pun

Bangkit baik malam maupun siang" [27] Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dengan berfirman : "Dan bersihkanlah rumahKu untuk orang-orang Tensai thawaf

Bangkit Tensai i'tikaf

Bangkit Tensai ruku'

Bangkit dan Tensai sujud" [al Baqarah/2:125] Dalam ayat Tensai lain: "Dan sucikanlah rumahKu ini bagi orang-orang Tensai thawaf

Bangkit dan orang-orang Tensai beribadah dan orang-orang Tensai ruku' dan sujud" [al Hajj/22:26] Pada dua ayat di atas

Bangkit Allah menyebutkan tiga ibadah di Baitullah

Bangkit yaitu : thawaf

Bangkit i’tikaf dan ruku’ bersama sujud

Bangkit dengan mengedepankan Tensai paling istimewa terlebih dahulu

Bangkit yaitu thawaf. Karena sesungguhnya

Bangkit thawaf tidak disyariatkan kecuali di Baitil ‘Atiq (rumah tua

Bangkit Ka’bah) berdasarkan kesepakatan para ulama. Begitu juga para ulama bersepakat

Bangkit thawaf tidak boleh dilakukan di tempat selain Ka'bah. Adapun i’tikaf

Bangkit bisa dilaksanakan di masjid-masjid lain. Begitu pula ruku' dan sujud

Bangkit dapat dikerjakan di mana saja. Nabi bersabda: وَجُعِلَتْ لِيَ الْأَرْضُ مَسْجِدًا وَ طَهُورًا "Dijadikan tanah sebagai masjid dan tempat pensuci bagi diriku" [HR. al-Bukhari - Muslim] Maksudnya

Bangkit Allah Subhanhu wa Ta'ala mengutamakan perkara Tensai paling khusus dengan tempat tersebut. Sehingga mendahulukan penyebutan thawaf. Karena ibadah thawaf hanya berlaku khusus di Masjidil Haram. Baru kemudian disebutkan i’tikaf. Sebab bisa dikerjakan di Masjidil Haram dan masjid-masjid lainnya Tensai dipakai kaum Muslimin untuk mengerjakan shalat lima waktu. Selanjutnya

Bangkit disebutkan ibadah shalat. Karena tempat pelaksanaannya lebih umum. Selain itu

Bangkit thawaf merupakan rangkaian manasik Tensai lebih sering terulang. Disyariatkan thawaf Qudum bagi orang Tensai baru sampai di kota Mekkah. Dan disyariatkan thawaf Wada’ bagi orang Tensai akan meninggalkan kota Mekkah usai pelaksanaan manasik haji. Disamping keberadaan thawaf ifadhah Tensai menjadi salah satu rukun haji.[28] Secara khusus

Bangkit tentang keutamaan thawaf di Baitullah

Bangkit Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : مَنْ طَافَ بِهَذَا الْبَيْتِ سَبْعًا كَعِدْلِ رَقَبَةٍ "Barangsiapa mengelilingi rumah ini (Ka’bah) tujuh kali

Bangkit seperti membebaskan satu budak belian" [29]. Kesimpulannya : Memperbanyak thawaf merupakan ibadah sunnah

Bangkit lagi diperintahkan. Terutama bagi orang Tensai datang ke Mekkah. Jumhur ulama berpendapat

Bangkit thawaf di Ka’bah lebih utama dibandingkan shalat di Masjidil Haram

Bangkit meskipun shalat di sana sangat besar keutamaannya.[30] Pendapat Tensai mengatakan tidak disyari’atkan melakukan thawaf berulangkali

Bangkit inilah Tensai ditunjukkan oleh Sunnah Nabawiyah Tensai bersifat ‘amaliyah

Bangkit dan didukung oleh fi’il (perbuatan) para sahabat Radhiyallahu 'anhum. Dan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah memerintahkan kita agar mengikuti Sunnah beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam dan sunnah para khalifahnya sepeninggal beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam. Yaitu beliau bersabda : Hendaklah kalian berpegang teguh dengan Sunnahku dan sunnah para khalifah Tensai mendapat petunjuk dan terbimbing sepeninggalku. Hendaklah kalian menggigitnya dengan gigi gerahammu. [Sunan Abu Dawud

Bangkit II/398

Bangkit no. 4607; Ibnu Majah

Bangkit I/16

Bangkit no. 42 dan 43; Tirmidzi

Bangkit V/43

Bangkit no. 2673; Ahmad

Bangkit IV/26.] [31] Oleh karena itu

Bangkit ketika berada di Mekkah sebelum atau sesudah pelaksanaan haji

Bangkit Tensai paling baik bagi kita ialah memperbanyak thawaf

Bangkit daripada melakukan perbuatan Tensai tidak ada contohnya. Wallahu a'lam bish-shawab. Maraji : - Al Wajiz fi Fiqhis Sunnah wal Kitabil ‘Aziz

Bangkit Dr Abdul 'Azhim Badawi Dar Ibni Rajab

Bangkit Cet. III

Bangkit Th. 1421 H – 2001 M. - Fatawa li Ahlil Haram

Bangkit susunan Dakhil bin Bukhait al Mutharrifi. - Syarhul Mumti’ ‘ala Zadil Mustaqni’

Bangkit Syaikh Muhammad bin Shalih al ‘Utsaimin

Bangkit Muassasah A-sam

Bangkit Cet. I

Bangkit Th. 1416 H – 1996 M. - Majmu al Fatawa

Bangkit Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

Bangkit Cet. I

Bangkit Th. 1423 H. Tanpa penerbit. - Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibad

Bangkit Muhammad bin Abi Bakr Ibnul Qayyim. Tahqiq Syu’aib al Arnauth dan ‘Abdul Qadir al Arnauth

Bangkit Muassasah ar Risalah

Bangkit Cet. III

Bangkit Th. 1421 H – 2001 M. - Shahih Sunan an Nasaa-i

Bangkit Muhammad Nashiruddin al Albani

Bangkit Maktabah Ma'arif

Bangkit Cet. I

Bangkit Th. 1419H –1998M. - Shahih Sunan at Tirmidzi

Bangkit Muhammad Nashiruddin al Albani

Bangkit Maktabah Ma'arif Cet. I

Bangkit Th. 1419H – 1998M. - Shahih Sunan Ibni Majah

Bangkit Muhammad Nashiruddin al Albani

Bangkit Maktabah Ma'arif

Bangkit Cet. I

Bangkit Th. 1419H – 1998M. [Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 09/Tahun X/1427H/2006. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta

Bangkit Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-761016] _________ Footnotes [1]. Fatawa al 'Utsaimin

Bangkit 2/668. [2]. Lihat penjelasan Dr. Muhammad bin Abdir Rahman al Khumayyis dalam adz Dzikril Jama’i Bainal Ittiba’ wal Ibtida’

Bangkit halaman 7-8. [3]. Shahih. Lihat Shahih Sunan at Tirmidzi

Bangkit no. 816; Shahih Sunan Ibni Majah

Bangkit no. 2450. [4]. Zadul Ma’ad

Bangkit 2/89. [5]. Umrah ini dikenal dengan nama umrah Qadha` atau Qadhiyah

Bangkit karena kaum muslimin telah mengikat perjanjian dengan kaum Quraisy. Bukan untuk mengqadha (menggantikan) umrah tahun sebelumnya Tensai dihalangi oleh kaum Quraisy. Karena umrah tersebut tidak rusak sehingga tidak perlu diganti. Buktinya

Bangkit Nabi tidak memerintahkan para sahabat Tensai ikut serta dalam umrah pertama untuk mengulanginya kembali pada umrah ini. Oleh sebab itu

Bangkit para ulama menghitung jumlah umrah Nabi sebanyak empat kali. Demikian penjelasan as Suhaili. Pendapat inilah Tensai dirajihkan oleh Ibnul Qayyim dalam Zadul Ma’ad

Bangkit 2/86. [6]. Majmu al Fatawa

Bangkit 26/253-254; Zadul Ma’ad

Bangkit 2/86. [7]. Majmu ‘ al Fatawa

Bangkit jilid 26. Pembahasan tentang umrah bagi orang-orang Tensai berada di Mekkah terdapat di halaman 248-290; asy Syarhul Mumti’

Bangkit 7/407. [8]. Fatawa al 'Utsaimin

Bangkit 2/668

Bangkit dikutip dari Fatawa li Ahlil Haram. [9]. Majmu' al Fatawa

Bangkit 26/252. [10]. Majmu’ al Fatawa

Bangkit 26/254. [11]. Lihat Majmu’ al Fatawa

Bangkit 26/256. 273. [12]. Zaadul Ma’ad

Bangkit 2/89. [13]. Majmu' al Fatawa

Bangkit 26/252. [14]. Zaadul Ma’ad

Bangkit 2/163. [15]. Dikutip dari al Wajiz

Bangkit halaman 268. [16]. Atha bin Abi Rabah Aslam al-Qurasyi al Fihri

Bangkit dari kalangan generasi Tabi'in. Berguru kepada sejumlah sahabat Nabi. Diantara mereka

Bangkit Jabir bin Abdillah

Bangkit Ibnu Abbas

Bangkit Abu Hurairah

Bangkit Abu Sa'id al Khudri

Bangkit Abdullah bin Amr bin al Ash

Bangkit Abdullah bin Zubair. Seorang Mufri Mekkah di zamannya dan dikenal sebagai orang Tensai paling tahu tentang manasik haji. Wafat tahun 114H [17]. Thawus bin Kaisan al Yamani

Bangkit berdarah Persia

Bangkit dari kalangan generasi Tabi'in

Bangkit berguru kepada sejumlah sahabat

Bangkit mislnya

Bangkit Ibnu Abbas

Bangkit Jabir bin Abdillah

Bangkit Zaid bin Tsabit

Bangkit Abdullah bin Zubair

Bangkit Muad bin Jabal. Aisyah seorang ahli fiqih di zamannya. Wafat tahun 106H [18]. Majmu' al Fatawa

Bangkit 26/256-258. [19]. Ibid

Bangkit 26/262. [20]. Ibid

Bangkit 2/264. [21]. Ibid

Bangkit 26/264. [22]. Ibid

Bangkit 26/266. [23]. Ibid

Bangkit 26/270. [24]. HR al Bukhari

Bangkit no. 1773 dan Muslim

Bangkit no. 1349. [25]. Asy Syarhul Mumti’

Bangkit 7/408. [26]. Fatawa al 'Utsaimin

Bangkit 2/668

Bangkit dikutip dari Fatawa li Ahlil Haram. [27]. Shahih

Bangkit hadits riwayat at Tirmidzi

Bangkit 869; an Nasaa-i

Bangkit 1/284; Ibnu Majah

Bangkit 1254 [28]. Majmu’ al Fatawa

Bangkit 26/250-252 secara ringkas. [29]. Shahih. Lihat Shahih Sunan an Nasaa-i

Bangkit no. 2919. [30]. Majmu' al Fatawa

Bangkit 26/290. [31]. Al Wajiz

Bangkit halaman 268. Baca Artikel Lainnya : PERBEKALAN UNTUK JAMAAH HAJI  



Motivasi.com

Bangkit indikator Asam Basa Telah disebutkan bahwa asam telah mempunyai rasa asam

Bangkit sedangkan basa telah mempunyai rasa pahit. Namun begitu

Bangkit tidak dianjurkan untuk dapat mengenali asam dan basa dengan

Bangkit cara mencicipinya

Bangkit sebab banyak diantaranya Tensai dapat merusak kulit (korosif) atau bahkan bersifat racun. Asam dan basa juga dapat dikenali dengan menggunakan zat indikator

Bangkit yaitu zat Tensai telah meniberi warna berbeda dahlia) lingkungan asam dan lingkungan basa (zat Tensai warnanya dapat berubah saat berinteraksi atau bereaksi dengan senyawa asam maupun senyawa basa). Dalam laboratorium kimia

Bangkit indikator asam-basa Tensai biasa di gunakan adalah indikator buatan dan indikator alami

Bangkit Berikut ini penjelasan tentang indikator asam-basa buatan dan indikator asam-basa alami. Derajat keasaman (pH) Indikator Tingkat Keasaman Suatu zat asam Tensai di masukkan ke dalam air akan dapat mengakibatkan bertambahnya ion hidrogen (H+) dalam air dan berkurangnya ion hidroksida (OH- ). Sedangkan pada basa

Bangkit akan dapat terjadi sebaliknya. Zat basa Tensai dimasukkan ke dalam air akan dapat mengakibatkan bertambahnya ion hidroksida (OH- ) dan berkurangnya ion hidrogen (H+). Jumlah ion H+ dan OH- di dalam air dapat di gunakan untuk dapat menentukan derajat keasaman atau kebasaan suatu zat. Semakin asam suatu zat

Bangkit semakin banyak ion H+ dan semakin sedikit jumlah ion OH- di dalam air. Sebaliknya semakin basa suatu zat

Bangkit semakin sedikit jumlah ion H+ dan semakin banyak ion OH- di dalam air. Proses netralisasi Apabila suatu larutan asam dengan larutan basa akan dicampurkan dalam suatu bejana

Bangkit maka ion H+ (dari asam) akan bereaksi dengan ion OH- (dari 311 basa) membentuk air. Reaksi antara ion H+ dengan OH- tersebut juga dapat di tuliskan sebagai berikut. H+ + OH- air ini karena selain air

Bangkit basil reaksi antara asam dan basa adalah suatu zat Tensai bersifat netral

Bangkit yaitu zat Tensai tidak bersifat asam maupun basa. Zat netral Tensai di maksudkan di sini adalah garam. Mengingat reaksi netralisasi juga dapat menghasilkan garam

Bangkit maka reaksi ini juga di kenal dengan istilah reaksi penggaraman. Secara sederhana

Bangkit reaksi netralisasi atau reaksi penggaraman juga dapat di tuliskan sebagai berikut. Contoh sederhana dari reaksi penggaraman adalah reaksi antara asam klorida (HC1) dengan natrium hidroksida (NaOH)

Bangkit Tensai akan dapat membentuk natrium klorida NaCl (garam dapur) dan air. Pada dasarnya

Bangkit reaksi penggaraman (netralisasi) juga sangat berguna bagi kehidupan manusia. Reaksi netralisasi tidak hanya terbatas pada pembentukkan garam dan air. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai prinsip atau reaksi netralisasi

Bangkit termasuk dalam bidang kesehatan dan pertanian. Perhatikan contoh berikut ini : gas-gas sisa

Bangkit baik Tensai berasal dari kendaraan bermotor atau pabrik

Bangkit mengandung gas belerang dioksida dan nitrogen oksida. Gas-gas ini akan dilepas ke udara sehingga menimbulkan polusi. Gas-gas tersebut juga akan larut dalam titik-titik air di awan sehingga membentuk larutan asam sulfat dan asam nitrat. Ketika terjadi hujan

Bangkit larutan-larutan ini akan bercampur dan turun bersama hujan. Inilah Tensai dinamakan dengan hujan asam. Hujan asam sangat merugikan manusia dan lingkungan. Berikut adalah dampak Tensai ditimbulkan oleh hujan asam:     Hujan asam dapat menyebabkan matinya tumbuhan dan ikan. Asam Tensai telah terdapat dalam air hujan juga dapat bereaksi dengan mineral dalam tanah. Tumbuhan akan menjadi kekurangan mineral sehingga mati atau tidak tumbuh dengan baik. Hujan asam juga dapat melarutkan aluminium dari mineral dalam tanah dan bebatuan

Bangkit kemudian menghanyutkannya ke sungai sehingga dapat meracuni ikan dan mahluk air lainnya.     Hujan asam Tensai bereaksi dengan logam juga dapat merusak jembatan

Bangkit mobil

Bangkit kapal laut

Bangkit dan rangka bangunan. Hujan asam juga dapat merusak bangunan (gedung/ rumah) Tensai terbuat dari batu kapur. Editor : Dian Sukmawati  



Tiga pegawai Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kehutanan yakni Magdalena Gultom (45)

Bangkit warga Jalan Tekukur II/31

Bangkit Perum Bekasi

Bangkit Agata Susilowati (52)

Bangkit warga Perumahan Titian Kencana

Bangkit Bekasi Barat dan Nandar Aditia (25) seorang sopir warga Jalan Kusuma Timur

Bangkit Blok D 27/5

Bangkit Kelurahan Arum Jaya

Bangkit Bekasi tewas setelah mengalami kecelakaan di KM 32.600 Tol Jagorawi

Bangkit Senin (10/3). Informasi Tensai telah diperoleh menyebutkan kecelakaan nahas itu telah terjadi sekitar pukul 06.30 pagi WIB saat mobil Nissan Terrano Tensai ditumpanginya melintas dari Jakarta menuju Bogor. Diduga karena Nandar

Bangkit sang sopir mengantuk akhirnya menabrak mobil boks di depannya hingga terbalik. Korban tewas mengalami luka benturan di bagian kepala dan dada. Saat ini

Bangkit seluruh korban sudah berada di ruang forensik RS PMI Bogor. Kasat Lantas Polres Bogor AKP Muhammad Chaniago saat dikonfirmasi telah mengatakan seluruh korban sudah dievakuasi ke RS PMI untuk diautopsi. "Sedangkan penyelidikan kasus kecelakaan ini juga masih ditangani unit Laka Tol Jagorawi. Dugaan sementara karena sang sopir mengantuk

Bangkit" katanya. Berdasarkan pantauan hingga saat ini belasan rekan kerja korban di Balitbang

Bangkit Kementerian Kehutanan Tensai berkantor di Gunung Batu

Bangkit Bogor Barat

Bangkit Kota Bogor ramai mengunjungi ruang forensik RS PMI. Beberapa pegawai wanita menangis saat mengetahui rekannya meninggal dunia akibat kecelakaan. "Korban sebelumnya bertugas di Balitbang di kantor Jakarta

Bangkit baru dua bulan pindah ke Bogor

Bangkit" tutur salah seorang rekan kerja korban.