Ketika Cinta Menyapa



Dan ketika seorang muslim atau muslimah bicara tentang cinta, ia tidak bicara tentang pacaran yang jelas mengharamkannya. Melainkan bicara tentang indahnya berumah tangga. Ia juga bicara bahwa sejatinya cinta itu segitiga, antara dia, pasangan jiwanya dan Sang Pencipta.
Mahabbah...
Kalian tahu apa arti dari Mahabbah itu??
Mahabbah, definisi singkatnya adalah sebuah fitrah yang menyangkut pautkan hati dan pikiran kita tentang seseorang yang lebih spesifik adalah lawan jenis kita. Jika perempuan berarti sosok laki laki dan jika laki laki berarti sosok perempuan. Dengan bahasa yang kita kenal adalah cinta.
Nih ada tambahan juga ....
Menurut Imam Al Ghazali, mahabbah adalah kecenderungan hati kepada yang dicintainya karena ia merasa senang berada di dekatnya, dan benci akan kebalikannya, alias nalurinya antipati terhadap selainya karena tidak sesuai denganya. Dan manakala kesenanganya makin bertambah, itu artinya cintanya makin mendalam.

Kesenangan mata berada pada pandanganya, dan kesenangan telinga pada apa yang didengarnya. Kesenangan penciuman berada pada bau-bauan yang wangi dan seterusnya, dan seterusnya. Demikianlah tiap-tiap indera mempunyai kesenanganya masing-masing sesuai dengan seleranya, ia menyenangi apa yang disukainya, karena itu akhrinya timbul kecintaan kepadanya.

Berbicara tentang cinta, ehmmm..apa sih cinta itu??? Cinta adalah sebuah kata kerja, untuk itu cinta akan membuat orang melakukan hal hal yang akan membuat objek yang dicintainya juga mencintai kita. Misalnya ketika kita mencintai Allah pasti kita akan melakukan hal hal yang akan membuat Allah mencintai kita, begitu pula kepada Rasulullah SAW, kepada orangtua kita, para sahabat kita, pasangan kita dan kerabat yang lain.

Allah menciptakan atau menumbuhkan rasa cinta disetiap hati manusia. Dan barang siapa yang mencintai karena Allah, akan Allah beri naungan di hari kiamat nanti.


“Sesungguhnya Allah SWT berfirman pada hari kiamat : “manakah, orang orang yang saling cinta mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini mereka itu akan kuberi naungan pada hari tiada naungan melainkan naungan-Ku.” (HR.Muslim)
Saling mencintai karena Allah ...

Monggo dibaca doa Robitoh ini,

 
“Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan Mahabbah hanya kepada-Mu.
bertemu untuk taat kepadaMu
bersatu dalam rangka menyeru dijalanMu
dan berjanji setia menyeru membela syariatMu.
maka kuatkanlah pertaliannya, ya Allah.
abadikanlah kasih sayangnya,
tunjukkan jalannya
dan penuhilah dengan cahayaMu yang tiada pernah redup.
Lapangkanlah dadanya dengan limpahan iamn dan keindahan tawakal kepadaMu
hidupkanlah dengan makrifatMu
dan matikanlah dalam keadaan syahid dijalan-Mu.
Sesunggunya Engkau sebaik baiknya pelindung dan sebaik baiknya penolong”


 

Semoga cinta yang telah tertanam dan diberikan olehNya, dapat merekah dengan indah pada waktunya..
aamiin.. :)