Menghapus Data Dalam Istana Pikiran



Meneruskan dari tulisan saya tentang ISTANA PIKIRAN. Mungkin banyak menjadi permasalahan bagi orang yang mempraktekkan teknik ini adalah ketika kita ingin menggunakan rute Istana kita untuk keduakalinya. Seperti yang kita pelajari untuk menanamkan informasi di Istana kita, kita membuat sebuah gambaran dari informasi yang akan kita simpan dengan sebuah gambar yang tidak masuk akal dan kita tanamkan ke peg memori kita.

Membuat gambaran dengan cara tersebut menyebabkan anda dengan mudah mengingatnya dengan sedikit atau bahkan tanpa usaha sekalipun. Karena itu konseppokok dari teknik ini, tanpanya kita tidak akan mengingat apapun. Namun ketika kita mulai menanamkan data baru ke istana kita, dan ketika mengingatnya tiba-tiba gambar-gambar dari data yang lama bermunculan, tentu saja ini sangat membingungkan dan menyusahkan. Jangan takut karena ini adalah masalah yang umum dan mudah untuk diatasi. Dan perlu dicatat juga bahwa ada beberapa orang yang sama sekali tidak memiliki masalah tersebut. Ketika mereka ingin mengguanakan istana mereka lagi, selalu menjadi sebuah istana baru yang belum tersentuh sama sekali. Cara lain adalah dengan beljar membersihkan dan menghapus item akan membuat anda tidak ada bedanya dengan mereka yang memiliki bakat alami.

Cleanig/ wiping memory palace ( cara waras & cara gila )

 

1. Ambil Sapu ( cara waras )

Seperti yang kita tahu bahwa kekuatan dari metode loci mengandalkan visualisasi ( membayangkan ). Jadi untuk menghapus item-item pada memory palace anda, harus dengan pengalaman visual.

Pertama-tama tutup mata anda, kemudian pilih alat yang anda inginkan. Bisa sapu yang besar, atau vacum cleaner yang bertenaga besar. kemudian bayangkan dengan sangat nyata anda menghapus/ mengbersihkan item-item pada istana anda. Mulailah dengan dimana anda memulai perjalanan memori anda.

Sebagai catatan, karena itu adalah istana anda, anda harus membuat prosesnya sangat menyenangkan. Susana pembersihan di perlukan disini. Sebagai contoh mendengarkan musik ketika menyapu, dll. Jika anda sudah selesai menghapus seluruh data disana, anda mendapat memory full siap pakai lagi

2. Penghancuran & Kekacauan ( Walaupun kurang waras, tapi lebih powerfull untuk beberapa orang )

Tenang, disini kita tidak menghancurkan apa -apa. Jadi, penghancuran yang dimaksud lebih kepada visualisasi, hal ini akan menjadi metode yang cepat dan sanga manjur bagi beberapa orang. sebagai contoh di bawah ini :

  • Bayangkan anda memakai senjata yang sangat ampuh, mulai hancurkan item-item memori anda. Tapi ingat jangan menjadi kejam dengan memakai metode ini pada bayangan orang. cukup bayangkan barang-barang yang berhubungan dengan memori anda saja yang hancur dan hilang. Jangan sampai membayangkan ruangan-ruangan atau barang-barang asli di ruangan tersebut ikut hancur. hal itu akan merugikan anda sendiri, karena ruangan beserta barang-barang yang ada disana menjadi tanda pada setiap perjalanan memori anda.
  • Cara yang kedua, lebih dengan kekuatan ajaib. Anda bebas memilih kekuatan atau barang-barang ajaib anda untuk menghilangkan item-item memori anda. Bisa dengan seperti kartun/ film kesukaan anda. Sebagai contoh saya mempunyai tongkat sihir harry potter, dimana ketika saya menyentuhkan tongkat itu ke suatu item, maka tiba-tiba item itu lenyap tersedot lubang hitam. Semuanya terserah anda, perjelas seluruh detail prosesnya, sevisual mungkin.

 

Anda sudah tahu bagaimana menghapus isi dari ISTANA MEMORI anda, jadi tinggal anda sendiari mempraktekkan yang manapun sesuai cara yang anda sukai, dan selamat menggunakan ISTANA MEMORI baru anda lagi