Buku ensiklopedia sains islami kamil pustaka asli

Cara Menghipnotis Diri Sendiri



sebelum anda menanyakan hal itu dengan diri anda sendiri, pastinya anda akan bertanya, “ngapain repot-repot aku menghipnotis diri sendiri ? apa manfaatnya ?”

jawabanya adalah “banyak.”

anda bisa search di google berapa banyaknya manfaat kondisi hipnosis

“kok kondisi ?”

yap betul, hipnosis sebenarnya bukanlah tool/alat untuk terapi, hipnosis sendiri adalah suatu kondisi yang normal dialami manusia setiap hari. Yaitu terjadi saat manusia berfokus pada kondisi internal, yang dicapai pada gelombang otak tertentu ( alpha atau lebih rendah lagi ).

“jadi kondisi normal bagi manusia ?”

iya, bahkan setiap manusia mengalaminya, yaitu ketika mereka memusatkan perhatiannya pada satu hal, entah itu karena tertarik, atau karena sedih, senang, bahkan marah… contohnya ketika ibu-ibu menangis karena tayangan sinetron -_- . Ketika anak kecil takut dengan hantu ketika gelap, walaupun mereka sendiri tidak melihatnya, biasanya anak2 tipe audiotori akan mulai mendengarkan suara-suara aneh, anak yang visual akan mulai melihat bayangan-bayangan atau bahkan wujud hasil imajinasinya… yang sebenarnya mereka sedang mensugesti diri mereka sendiri,

“lantas kenapa kita perlu pergi ke hipnoterapi? jika dengan self hipnosis bisa ? ”

tidak semua masalah bisa dihadapi dengan self hipnosis, karena untuk masalah yang rumit di butuhkan penanganan yang pas, tdak hanya sekedar skrip/teks yang harus di sugestikan, ahli terapis akan memikirkan metode-metode yang cocok yang akan digunakan untuk menangani masalah tersebut.

” nah ? terus ngapain kita belajar self hipnosis ? ”

Dalam penanganan kasus-kasus sederhana, seperti membangkitkan motivasi, lupa menaruh barang atau kunci, mengatur jam tidur kita, mengatur kapan kita bangun, membantu daya ingat kita. dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan dari self hipnosis yang sebenarnya kita memanfaatkan potensi dari bagian terbesar pikiran kita.

” ooo … terus gimana dong caranya ? ”

-_- hem, kalau udah tau enaknya aja maunya langsungan …

Oke deh untuk melakukan self hipnosis ada 4 langkah mudah yang akan kita lalui ..

1. Memasuki kondisi trace ( kondisi hipnosis )
2. Melakuakan pendalaman relaksasi
3. Mensugesti diri sendiri
4. Kembali ke kondisi normal

hanya dengan empat langkah tersebut anda sudah bisa mengakses kemampuan pikiran bawah sadar anda… :)

” cuma gitu doang ? ”

iya gampang kan ? nah untuk yang belum tahu caranya akan saya jelaskan dibawah ini untuk masing-masing langkahnya …

MENGAKSES PIKIRAN BAWAH SADAR

Cara mengakses pikiran bawah sadar ini melalui proses relaksasi fisik dan mental, serta juga berfokus hanya pada satu hal saja.

Pilih raungan yang kondusif untuksesi self hipnosis anda. Pada orang yang baru belajar self hipnosis di perlukan sebuah ruangan yang tenang, nyaman dan tanpa gangguan. Anda dapat mmutar musik-musik relaksasi untuk membantu anda, bisa juga dengan membakar wangi-wangian aromaterapi. Atau tanpa keduanyapun sesi self hipnosis tetap akan mudah berlangsung.

Bagi yang sudah terlatih, akan mampu mengakses pikiran bawah sadar dimanapun dan kapanpun dengan sangat cepat, bisa dengan hitungan 1 sampai 10 sudah langsung bisa masuk kondisi bawah sadar. Untuk teknik yang cepat ini memerlukan latihan dan kesabaran, yang mungkin akan saya bahas di postingan berikutnya.

Pada postingan ini yang saya jabarkan adalah cara self hipnosis yang mudah dan umum dapat digunakan siapa saja, tanpa latihan cukup mengikuti langkah-langkah ini dengan benar dan berurutan.

Baik, anda dapat mempersiapkan diri anda dengan duduk bersandar maupun dengan berbaring, manapun yang anda pilih harus merupakan posisi yang paling nyaman bagi diri anda.

Selanjutnya, fokuskan perhatian pada napas anda, tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan lewat mulut perlahan-lahan. Sambil anda mengatur napas anda bayangkan anda menarik udara yang bersih dan segar sekali yang membuat tubuh anda menjadi sangat rileks dan segar. Bayangkan pula anda membuang udara kotor dari dalam tubuh anda ketika anda menghembuskan napas. Rasakan pula bahwa setiap anda menarik dan menghembuskan napas. anda di bawa ke kondisi yang lebih rileks.

anda dapat menambahkan sugesti berikut ini : (katakan dalam hati)

saat ini, aku menarik energi positif setiap kali aku menarik napas, dan mengeluarkan energi negatif setiap aku menghembuskan napas. Semakin lama, aku semakin rileks dan tenang. dan aku merasa berada dalam konsisi nyaman yang sangat dalam.

Bayangkan (visualisasikan ) sebuah bola sinar putih berada di ubun-ubun anda dan membuat sekitarnya menjadi rileks. Kemudian rasakan dan bayangkan sinar itu mulai memanjang turun ke kening, alis mata, hidung, dan dagu anda dengan sangat perlahan-lahan dan pasti. Dan anda mulai merasakan sangat rileks pada anggota badan anda yang terkena cahaya tersebut. Berkatalah dalam hati :

saat ini, mulai dari ubun-ubun kepala sampai daguku diselimuti oleh bola sinar putih sejuk ini,semuanya menjadi sangat rileks dan malas untuk digerakkan lagi.

cobalah untuk mulai menggerakan kelopak mata anda.  Saat kelopak mata anda mulai terasa malas untuk dibuka dan digerakkan, teruskan untuk membayangkan sinar putih itu memanjang terus kebarah menuju leher hingga dada.

tapi jika mata anda masih belum terasa malas untuk dibuka, lanjutkan dengan mengucapkan kalimat semacam ini :

Dalam hitungan mundur, mulai dari tiga,aku akan berada dalam kondisi yang lebih dalam lagi sehingga kepalaku sangat rileks dan sangat malas untuk digerakkan. Tiga …, bertambah relaks dan dalam…. Dua…., semakin relaks dan dalam….  Satu…, benar-benar sangat relaks dan dalam,

Setelah itu lanjutkan sinar tersebut memanjang kebawah ke leher, hingga ke dada.

Saat ini, rasa relaks tersebut telah menjalar hingga ke leher dan dadaku. sehingga sekarang, mulai dari ubun-ubun sampai dadaku terasa relaks dan nyaman yang sangat dalam.

Kemudian lanjutnya kebawah, sambil mengetakan dalam hati :

saat ini, rasa relaks tersebut talah men-jalar hingga ke leher dan dadaku sehingga sekarang, mulai dari ubun-ubun, lengan dan jari-jari tangan, punggung, perut, dan pahaku berada dalam kondisi relaks dan nyaman sangat dalam. begitu dalam sehingga kedua lenganku  sangat malas untuk di gerakkan

coba gerakkan salah satu lengan anda perlahan-lahan. Jika masih terasa belum malas untuk digerakkan bisa anda lanjutkan dengan mengatakan di bawah ini :

dalam hitungan mundur, mulai dari tiga, aku akan berada dalam kondisi yang lebih dalam lagi sehingga kedua lenganku menjadi sangat relaks dan malas sekali untuk di gerakkan. tiga…, bertambah relaks dan dalam… dua…, semakin relaks dan dalam…  Satu…., benar-benar sangat relaks dan dalam.

kemudian lanjutkan :

saat ini rasa relaks tersebut telah menjalar ke seluruh tubuhku, mulai dari ubun-ubun hingga jari-jari kakiku. begitu dalam sehingga jari-jari kakiku sangat malas untuk di gerakkan.

JIka belum terasa malas untuk digerakkan silahkan lanjutkan di bawah ini :

Dalam hitungan mundur mulai dari tiga, aku akan berada dalam kondisi yang lebih dalam lagi sehingga jari-jari kakiku menjadi sangat relaks dan malas sekali untuk di gerakkan. tiga…., bertambah relaks dan dalam…. Dua…, semakin relaks dan dalam… Satu…, benar-benar sangat relaks da dalam.

MELAKUKAN PENDALAMAN RELAKSASI

katakan dalam hati :

Aku menghitung mundur dari 10 hingga 1 dan setiap hitungan mundur berjalan, aku dibawa dalam kondisi relaks dan nyaman yang semakin dalam.

MENSUGESTI DIRI SENDIRI

Anda dapat mensugesti diri anda sendiri, sesuai dengan kenginan anda. Dengan mengucapkannya dalam hati, sebaiknya anda menyusun terlebih dahulu sugesti yang akan anda berikan sebelum sesi self hipnosis dilakukan.

Perhatikan prinsip-prinsip dalam merangkai kalimat sugesti, yaitu menggunakan kalmat positif. Hindari kata-kata: “Tidak”, “Jangan”, dan sejenisnya karena kata-kata semacam itu dapat menimbulkan salah pemahaman dari pikiran bawah sadar. contohnya hindari kalimat “Saya tidak merokok lagi”  gantikan dengan kalimat “saya berhenti merokok”. Prinsip berikutnya adalah gunakan kalimat yang menyatakan kondisi sekarang, bukan kondisi yang akan dilakukan pada masa mendatang.  Sertakan juga alasan-alasan positif yang menharuskan anda menjalankan sugestinya.

contoh sugesti untuk berhenti merokok :

Mulai saat ini dan seterusnya, saya meninggalkan kebiasaan merokok saya, untuk dapat hidup lebih baik dan sehat bagi diri sendiri, keluarga danorang sekitar saya”

dan ualng-ulang sugesti secukupnya sehingga benar-benar tertanam dalam pkiran kita.

KEMBALI KE KEONDISI NORMAL

Kini, aku akan menghitung dari 1 sampai 10 dan pada hitungan ke-10, aku meninggalkan kondisi hipnosis ini untuk kembali normal dan membuka mata, dengan kondisi saat aku telah termotivasi/meninggalkan kebiasaan buruk…. aku memulai hidup baru sekarang dan seterusnya.

akhirnya selesai juga, cara mensugesti diri sendiri untuk berbagai kebutuhan dan keinginan kita sendiri semudah membalikkan telapak tangan, :D