Hidup Ini Seperti Permainan Catur



Bidak catur Hitam dan Putih bagaikan dua warna yang tak terlepaskan dan saling bertolak. Warna hitam melambangkan kegelapan dan tertuju pada sifat kejahatan, kriminalitas, kedustaan, sembah berhala, kemusyrikan, dan dosa. Melainkan warna putih melambangkan keadilan, murah hati, pengasihi, kelemah lembutan dan perbuatan terpuji. Dan segala bidak yang berwarna hitam akan mencoba memberantas bidak berwarna putih. Dengan demikian bidak-bidak berbeda aliran akan saling menyerang.

Dan inilah kenyataan dalam hidup ini yang seperti permainan catur. Banyak manusia yang mencoba saling menjatuhkan orang lain demi dirinya sendiri. Sama seperti bidak-bidak catur yang menghancurkan bidak lawan. Bermain untuk kemenangannya sendiri dan berusaha menjatuhkan lawan-lawannya.

Hidup ini seperti permainan catur yang selalu berubah dengan langkah gerakan kita masing-masing karena setiap gerakan akan menentukan langkah kita selanjutnya. Ini adalah permainan yang rumit, kebanyakan orang tidak memahami setiap aspek tunggal dari itu.  

Kehidupan ini juga harus direncanakan dengan hati-hati. Saat yang tepat kapan harus bergerak yang pada akhirnya bagian akan menentukan apakah Anda memenangkan permainan cepat, atau akan memakan waktu lama.Mengenal karakter lawan juga akan menentukan bagaimana Anda dapat membuat strategi permainan Anda seperti yang Anda dapat menggunakan titik lemah nya untuk menaklukkan rajanya!

Ada aturan untuk mengikuti, keputusan untuk membuat, bergerak untuk mengambil sebelum Anda sampai ke akhir. Anda membuat tujuan untuk diri sendiri, cobalah untuk menjangkau mereka, dan Anda membuat banyak bergerak sepanjang jalan yang salah. Anda bekerja keras dan mencurahkan diri ke dalam sesuatu dalam hidup Anda dengan harapan hasil yang terbaik.

Ini membuat saya benar-benar menjadi pemikiran yang mendalam tentang bagaimana saya menjalani hidup saya sejauh ini. Apakah aku berencana cukup? Apakah saya tahu orang dalam hidup saya cukup untuk mengetahui apakah mereka akan membantu saya atau menyebabkan jatuh saya dari kasih karunia? 

Apakah saya cukup gesit dalam perencanaan saya untuk memenuhi kejutan tak terduga bahwa kehidupan mungkin melemparkan padaku?
  
Sejauh ini, saya merasa bahwa saya baru saja bersenandung bersama pada kecepatan yang stabil tanpa benar-benar berencana untuk kehidupan saya di depan saya. Dan saya telah beruntung sejauh ini tidak pernah bertemu dengan rintangan yang hidup telah dilempar ke saya bahwa saya tidak bisa menangani. Tapi hidup saya masih memiliki jalan panjang di depanku. Bahkan, dibandingkan dengan permainan catur, catur permainan saya dengan kehidupan baru saja mulai!

Dalam kehidupan ini bisa juga kita bagai berada di taman indah penuh bunga dan tak terbayangkan kenikmatannya. Inilah kehidupan, yang memang sulit dimengerti. Tapi buatlah hidup anda semudah mungkin. Temukan hidup anda yang menyenangkan, sehingga hari-hari terlewati dengan senyuman.

Hidup juga bagai papan catur yang sangat besar dan bidak-bidaknya adalah kita. Setiap bidak mempunyai pola gerakan yang khusus dan yang membedakan dengan bidak lainnya. Seperti halnya kita yang saling berbeda satu sama lain. Meski kembar pasti ada ciri-ciri  yang membedakan mereka. 

Saya berharap bahwa ketika Anda sampai di akhir permainan Anda, Anda bisa melihat kembali dan mengatakan dengan senyum di wajah Anda, "Saya bangga dengan apa yang telah saya lakukan."