Satu Satunya Yang Pasti adalah Ketidakpastian



Satu-satunya yang pasti adalah ketidakpastian. Semua ini karena masalah waktu

Sebenernya tulisan ini tertuang setelah saya membaca sebuah novel yang kini telah menjadi sebuah novel best seller, yaitu ‘5cm’ by Dhonny dirgantoro, beberapa bulan yang lalu. Dari novel tersebut saya mendapatkan sebuah inspirasi hidup, bahwa satu-satunya yang pasti di dunia adalah ketidakpastian (bagi manusia tentunya..). Hal tersebut tentu selain dari kepastian Allah SWT dengan segala kemahaanNya yang pasti.. ---- Kalau dalam novel yang saya baca, pembahasan tentang ketidakpastian itu ditarik juga dari sebuah teori relativitas Einstain, yang berhubungan dengan energi, masa, kecepatan dan tentu saja satuan waktu. ----

Hidup itu berikatan dengan yang namanya waktu, dan yang namanya waktu itu bergerak atau berubah (bahkan sangat cepat), sehingga dengan bergeraknya waktu yang sangat cepat itu maka hidup di dunia itu menjadi tidak pasti (ketidakpastian ada karena adanya dimensi waktu). Contohnya, ketika seseorang bertanya :”jam berapa sekarang?” maka tidak akan ada jawaban yang pasti untuk menjawab jam berapa saat pertanyaan itu diutarakan, karena setiap detik (bahkan 1/10000000000 detik lebih) waktu bergerak, dan saat satu kata bahkan satu huruf terucap saja sudah 1/10000000 detik waktu bergerak). Dan ketidakpastian waktu itu ‘pasti’ bukan? Karena ‘waktu’ itu pasti ada dalam hidup, ‘waktu’ itu pasti bergerak, dan dengan bergeraknya ‘waktu’ itulah yang membuat waktu tidak dapat dipastikan tepatnya alias waktu adalah ketidakpastian yang pasti.

Ketidakpasitian itupun dapat ditujukan seperti manusia akan berfikir apa di detik nanti, manusia akan menggerakkan urat geraknya bagaimana kemudian, atau lebih umumnya adalah apa yang akan terjadi esok adalah sejuta detik ketidakpastian bagi manusia. Matinya manusiapun tidak pasti kapan bagi manusia, bahkan apa yang baik dan buruk, yang benar dan yang salahpun adalah ketidakpastian bagi manusia, (siapa yang benar-benar tahu secara pasti suatu hal itu benar atau salah? Rasanya tidak ada 1 manusiapun yang hingga akhir hidupnya mengetahui secara pasti kebenaran sejati dalam hidup, secara keseluruhan apalagi, karena kebenaran sejati hanya Tuhan yang pegang bukan?). Dan hal itulah yang menunjukkan bahwa ketidakpastian itu pasti, bahkan satu-satunya yang pasti di dunia adalah ketidakpastian itu sendiri.

Yupz, selain Allah SWT, dalam hidup ini satu-satunya yang pasti adalah ketidakpastian. Namun ketidakpastian itu bukanlah hal yang buruk sesungguhnya dalam hidup. Karena ketidakpastian hidup bagi manusia itu justru memberi warna dalam kehidupan, membuat hidup penuh rona, hitam, putih, atau mungkin abu-abu, adanya iman dan ingkar, baik dan buruk , dan lain-lain. Ketidakpastgian hidup itu memberi manusia berjuta pilihan dalam hidupnya masing-masing, karena jika tidak ada ketidakpastian, tentu hidup ini tidak akan memberi manusia pilihan sedikitpun. Ketidakpastian itu melahirkan berjuta pelajaran hidup dan hikmah, karena ketidakpastian itu juga melahirkan kesalahan yang seharusnya dapat menjadi guru terbaik dalam menjalani hidup lebih baik. Ketidakpastian juga yang membuat manusia bermimpi lalu kemudian berikhtiar dan berjuang menjalani semua profesinya dalam hidup Karena hasil di akhir tidak pasti bagi manusia, maka manusiakan berusaha semampunya untuk meraih semua mimpi dan asa yang ingin dicapainya. Ketidakpastian itu membuat manusia menggali semua ilmu yang ada dalam hidup. Dan yang pasti, ketidakpastian iu membuat manusia hidup. Ya ga?

Kalau menurutmu bagaimana? Saya sendiri tidak tahu secara pasti, apalagi detil, apa pendapatmu tentang tulisan saya di postingan blog ilmu inspirasi air kali ini.