Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi
Friday, 2 March 2018

JADWAL ABDUL SOMAD

Jadwal Ustadz Abdul Somad Maret 2018

Jadwal Ustadz Abdul Somad bulan Maret 2018 bisa dilihat di bawah. Ini cuma yang admin tau aja yach... kalau ada yang kurang silakan ditambah di kolom komentar.
Pertanyaan detail langsung ke penyelenggara ybs.



Kamis 1 Maret 2018 -  Kota Jambi & Kab. Bungo
  • 08.00 s/d selesai - Masjid Al-Ihsaniah, Olak Kemang Sebrang, Jambi
  • 13.00 s/d selesai - Masjid Agung Al-Mubaroq, Bungo

Continue Reading                                          
Monday, 16 February 2015

ORANG TUA DAN ANAK

Hei, Ufhh, begitu lama waktu yang kurasakan tak posting lagi disini, aku ceritakan sedikit kemana aku menghilang. Kau tau lampung? yap, sebuah provinsi dipulau sumatra yang paling dekat dengan pulau jawa. Biasa orang mengidentikan lampung dengan Gajahnya, Kopinya, Adat Nikahnya, malah ada yang menyebut lampung masih seperti hutan belantara (jika dibandingkan paris, memang iya). Lampung adalah tempat Mamak melahirkan aku, Lampung adalah tempat aku menangis untuk pertama kalinya. Pun terakhir kali aku menangis sebelum aku menuliskan ini, juga karena lampung. Tergugu karena ucapan Bapak, "Awakmu wes gede ngger, awakmu seng bakal nuntun adek-adekmu, dadi arek seng mbeneh yo" via suara, 

Continue Reading                                          

Thursday, 15 January 2015

TAWAKAL BILLAH

Sesungguhnya kau tidak mengetahui akhir dan akibat dari setiap urusan. Mungkin kau bisa mengatur dan merancang sebuah urusan yang baik menurutmu. Tetapi ternyata urusan itu berakibat buruk bagimu. Mungkin saja ada keuntungan di balik kesulitan dan sebaliknya, banyak kesulitan di balik keuntungan. Bisa bahaya datang dari kemudahan dan kemudahan datang dari bahaya.

Mungkin saja anugerah tersimpan dalam ujian dan cobaan tersembunyi di balik anugerah. Dan bisa jadi kau mendapatkan manfaat lewat tangan musuh dan 

Continue Reading                                          

Wednesday, 10 December 2014

MARAH ITU PERLU

Bayangkan Jika Islam Diinjak!!! Mungkin hanya sedikit yang sadar bahwa islam diinjak, dan dari yang sedikit itu, banyak yang tidak peduli. Dalam hal ini, artinya sangat sedikit sekali orang islam yang peduli akan islam, kebanyakan hanya mengaku islam namun tak menghayati islam. Jujur saja, aku merasa sedih dan marah akan hal ini, namun jika mengingat perilaku Rasul, marahku reda dan kupikir berulang-ulang apa yang harus dilakukan. Kemudian muncul pertanyaan dalam kepala anak kecil ini.


Pernahkah mendengar Rasulllah SAW bersedih? Jawabnya tentu pernah dan bukan hanya kejadian sekali.
Pernahkah mendengar Rasulullah SAW marah?  Jawabnya tentu pernah dan bukan hanya sekali.
Namun 

Continue Reading                                          

Thursday, 11 September 2014

PERBAIKI NIATMU!!!

Bissmillah...

Aku tau kau merindukan tulisanku. Mungkin kau akan bertanya bagaimana bisa aku tau? sedangkan hal tersebut bukanlah hal pasti. Ya, hal tersebut memang tidaklah pasti, tapi kemungkinan besar pernyataanku sangatlah benar. Kenapa demikian? Baiklah akan kubuktikan.

Dulu, saat situs ini belum terbuat, aku menulis dimanapun sesuka diriku, bahkan percaya tidak percaya aku pernah menulis diudara menggunakan goresan jari. Mungkin kau tak mengerti apa yang aku tulis saat itu, tapi ketika aku mulai menulis di situs ini, kau datang kemari untuk,,, yaa, mungkin sekedar melihat, atau kau mampir karena judulnya bagus, atau yaaa,,, yang kubilang diawal, kau takkan 

Continue Reading                                          

Wednesday, 3 September 2014

MUSIK, DAPAT MENGERASKAN HATI

Perjalanan-hidupku belum berhenti, aku posting ini adalah salah satu bukti bahwa Alloh SWT masih memberikan kesempatan padaku untuk menempuh perjalanan yang lebih panjang lagi, sebelumnya aku ingin mendoakan kau yang membaca ini agar masih diberi keselamatan dan kesehatan agar terus mampu menempuh perjalanan hidup dengan baik. Tapi aku juga ingin kau doakan aku agar senantiasa berada dijalan yang benar, jalan menuju surgaNya. Semoga kita bisa berjumpa dalam keadaan yang baik.

Sesuai judulnya, Musik, dapat mengeraskan hati. Maka akan kubahas dengan singkat saja mengapa demikian, dan musik yang seperti apa. Sebelumnya, apakah kau tau hati yang keras itu seperti apa? 

Continue Reading                                          

Friday, 29 August 2014

RAHASIA

Pada suatu waktu, Tuhan mengutus dua malaikat ke bumi (1 malaikat senior dan 1 malaikat junior). Malaikat junior ditugaskan mendampingi malaikat senior untuk belajar menjadi malaikat yang baik. Pada hari pertama, mereka datang ke rumah seorang yang kaya tetapi kejam dan pelit.

Mereka memohon untuk bermalam di rumah orang kaya tersebut. Orang kaya yang kejam tersebut memeras habis tenaga mereka, sebelum mengizinkan mereka bermalam. Pada malam hari mereka diizinkan untuk tidur di gudang bawah tanah yang sangat lembab, gelap dan kotor. Di 

Continue Reading                                          

Friday, 27 June 2014

KEPALA ATAU HATI YANG HARUS DIKENAKAN JILBAB TERLEBIH DAHULU?

Ini karena aku peduli padamu, ini karena aku peduli pada umat, ini karena aku peduli pada perintahNya, "Islam memerintahkan kita untuk selalu menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran". Baca disini : Kita adalah Islam

“Kenapa kok ndak pake jilbab?, muslimah lloh?”. 

Continue Reading                                          

Friday, 27 June 2014

KITA ADALAH ISLAM

Kebanyakan mahluk bernama manusia menganggap apa yang menjadi miliknya adalah sepenuhnya miliknya, berpikir bahwa semua yg dimilikinya adalah haknya, berpikir bahwa tentu berhak penuh untuk menentukan apa yang menjadi nasib sesuatu yang kita miliki. Misalnya kita punya makanan, tentu kita bebas ingin menyimpannya, memanaskannya ulang, meembuangnya, melempar-lemparnya atau memakannya. Tentu kita bebas pula mau kapan ia dimakan, sekarang, ntar lagi, atau tunggu basi. Kebanyakan orang berpikir begitu. Terserahlah ini masih hal sepele.

Yang parah adalah ketika kita mulai memasuki abad modern. Di abad modern, kita cenderung berpikir individualis. Kamu ya kamu, aku ya aku. there is no us

Continue Reading                                          

Tuesday, 6 May 2014

KALIMAT PERNIKAHAN ISLAM

Menikahlah! Jika mendapat istri yang baik, kau sangat beruntung. Namun jika mendapat istri yang kurang baik, kau akan menjadi filsuf karenanya.

Wahai kawula muda, siapa pun diantara kalian yang sudah mampu menikah, hendaklah menikah. Sebab, pernikahan itu dapat menundukkan pandangan dan menjaga kehormatan.
(HR. Muslim dari Abdullah)

Hendaklah kalian menikah dengan gadis! Sebab, mulut mereka lebih segar, rahim mereka lebih subur,vagina mereka lebih hangat, dan mereka lebih bisa menerima hasil kerja (nafkah) yang sedikit.
(HR. Abu Nu'aim dari Ibnu Umar)

Nikah adalah sunnahku. Siapa pun yang tidak mengamalkan sunnahku, 

Continue Reading                                          

Tuesday, 22 April 2014

DOA SEBAGAI PINTU GERBANG KESUKSESAN

Doa adalah salah satu modal besar yang saya punya dalam meraih segala keberhasilan hidup. Doa adalah energi yang telah mensinergikan pikiran, hati, dan tindakan pada satu titik keyakinan yang mengantarkan saya menjadi pribadi yang lebih baik.
 

Masalah adalah "kekasih manusia" yang akan selalu setia mendampingi kita kapan dan di mana saja. Jangan pernah menyuruh masalah pergi karena masalah tidak akan pergi, yang bisa kita lakukan hanya satu bagaimana upaya kita menyiapkan diri jika sewaktu-waktu masalah itu muncul.

 Sering saya menyaksikan ada orang yang mengeluh hidupnya susah tidak pernah senang, ada juga yang mengeluh 

Continue Reading                                          

Saturday, 5 April 2014

ISTRI IDAMAN

“Loe Suka Cewek kayak mana?”
Jujur saja aku jawabnya “Aku gak punya kriteria khusus. Aku suka ketika aku suka. Tidak ada alasan khusus.”

Jawaban itulah yang memang paling pas dari dulu sampai sekarang. Aku sudah menyadari sejak dulu, bahwa rasa suka itu datang tanpa konfirmasi seperti namamu yang dibuat orang tuamu tanpa konfirmasi. Tapi tentu saja aku punya kriteria tertentu untuk calon istriku nanti.


Tidak harus cantik tapi nyaman dilihat
Siapa sih yang gak mau yang cantik, tapi itu bonus lah.. Kalau kita nyari kecantikan lama-lama juga bosen. Menurutku cantik itu gak dinilai dari wajahnya tapi 

Continue Reading                                          

Friday, 4 April 2014

5 ALASAN SEBAIKNYA TAK MENIKAH DENGAN PACAR

Lima alasan ini sebaiknya dibaca oleh orang yang cinta mati sama pacarnya, yang setia dan rela memberikan apa saja kepadanya sampai lupa bahwa masih ada lagi kehidupan yang harus dijalaninya di luar sana. Daripada terus penasaran lebih baik kita bahas satu per satu.


DIA TIDAK CUKUP BAIK UNTUKMU

Kamu pikir kamu sudah cukup selektif memilih cowok. Kamu sudah lihat orang tuanya, kamu sudah lihat kantongnya, kamu juga sudah lihat lingkungan pergaulannya, sepertinya baik-baik saja. Tapi kamu melewatkan hal yang paling penting!

Hati-hati lho. Kamu sedang memilih calon suamimu. Orang yang akan memimpinmu di dunia dan akhirat. Salah-salah 

Continue Reading                                          

Tuesday, 1 April 2014

KRITERIA CALON SUAMI YANG BAIK

Setiap lelaki ingin mendapatkan istri yang baik, menurut kriterianya. Demikian pula, setiap wanita ingin mendapatkan suami yang baik menurut kriterianya. Semua orang mendambakan hidup bahagia. Terlebih setelah dia menikah. Karena perjalanan panjang manusia, tidak lepas dari keterlibatan keluarga di sekitarnya. Karena standar bahagia setiap manusia, berbeda-beda.

Karena itu, sangat sulit jika kami harus menyampaikan kriteria apa saja yang bisa membuat wanita bahagia. Mengingat semacam ini, kembali kepada selera. Hanya saja, menimbang beberapa dalil yang kami pahami, selain penampilan, ada 4 sifat baik lelaki yang penting untuk diperhatikan:

1. Agamanya baik

Nampaknya menjadi harga 

Continue Reading                                          

Tuesday, 1 April 2014

HAKIKAT KESABARAN

Hakikat sabar adalah teguh dan kokoh mempertahankan jiwa untuk selalu berada pada ketentuan syariat Allah, dengan tetap menjalankan ketaatan dan menahan diri dari larangan serta berlapang dada pada setiap ketentuan ujian dari Allah Subhanahu wa Taala.

Maka orang yang bersabar akan senantiasa teguh dan selalu meningkatkan amal ketaatan, terus mengokohkan dan menambah tekun amal ibadah dan amal shalih mereka. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan 

Continue Reading                                          

Tuesday, 1 April 2014

TANDA-TANDA HATI YANG MATI

1."Tarkush sholah" Berani meninggalkan sholat fardhu.

2. "Adzdzanbu bil farhi" Tenang tanpa merasa berdosa padahal sedang melakukan dosa besar (QS al Araf 3).

3. "Karhul Quran" Tidak mau membaca Al-Quran.

4. "Hubbul ma asyi" Terus menerus maksiyat.

5. "Asikhru" Sibuknya hanya mempergunjing dan buruk sangka, serta merasa dirinya selalu lebih suci.

6. "Ghodbul ulamai" Sangat benci dengan nasehat baik dan ulama.

7, "Qolbul hajari" Tidak ada rasa takut akan peringatan kematian,kuburan dan akhirat.

8. "Himmatuhul bathni" Gilanya pada dunia tanpa peduli halal haram yang penting kaya.

10. "Anaaniyyun" tidak mau tau, "cuek" 

Continue Reading                                          

Sunday, 30 March 2014

MENJADI BIDADARI DUNIA DAN AKHIRAT

Pernahkah terlintas dalam hatimu ya ukhti, saudariku muslimah untuk menjadi bidadari di dunia dan diakhirat nanti?.Pernahkah kau membayangkan betapa cantik dan anggunnya ia, menjadi incaran dan simpanan hamba-hamba Allah yang shalih dan bertakwa.

Pernahkah engkau mengangankannya? Pernahkah engkau mengimpikannya? Tidakkah hatimu tergerak untuk segera meraihnya? Sesungguhnya bidadari dunia adalah ia para wanita yang shalihah, memurnikan ibadah hanya untuk-Nya semata, hatinya selalu takut dan terikat dengan rabb-Nya, mentaati-Nya dalam keadaan sendirian ataupun dihadapan banyak manusia. Sosok yang merindukan keridhaan Allah dan rasul-Nya
Selalu terbayang dalam pelupuk matanya surga yang  

Continue Reading                                          

Saturday, 29 March 2014

POSISI TIDUR YANG BAIK MENURUT ISLAM

Hadits dari Barra bin Azib ra, Rasulullah SAW bersabda yang artinya
“Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.”
[HR. Bukhari dan Muslim].

Hadits ini mengajarkan kepada umat Islam agar berbaring dilambung kanan. Pada saat itu tak ada yang mengetahui apa alasan dibalik sunah tersebut, tetapi kini melalui penelitian yang panjang para ilmuwan berhasil mengungkapkan rahasia di balik anjuran tersebut. Dan berikut ini akan dijelaskan rahasia dari berbagai posisi tidur.

Tidur Tengkurap
Dr. Zafir al-Attar berkata “Seseorang yang tidur dengan cara tengkurap di atas perutnya setelah suatu 

Continue Reading                                          

Saturday, 29 March 2014

6 HAL YANG MENGHILANGKAN AMAL BAIK

Pernahpada suatu hari Rasululloh bersabda: “Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?

Maka Mereka menjawab : “Orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.”

Rasululloh shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang 

Continue Reading                                          

Friday, 28 March 2014

GOLONGAN LELAKI YANG AKAN DITARIK MASUK KE NERAKA

sudahkah pernah mendengar bahwa ada beberapa golongan dari para kaum lelaki yang akan diseret masuk kedalam neraka? berikut ini penjelasan singkatnya.

1. Ayahnya
Jika seseorang yang bergelar ayah tidak mempedulikan anak perempuannya di dunia. Dia tidak memberikan segala keperluan agama seperti mengajarkan shalat, mengaji, dan sebagainya. Dia membiarkan anak perempuannya tidak menutup aurat. Tidak cukup kalau dangan hanya memberi kemewahan dunia saja. Maka dia akan ditarik ke neraka oleh anaknya.
Duhai lelaki yg bergelar Ayah, bagaimanakah keadaan anak perempuanmu sekarang? Apakah kau mengajar shalat dan shaum (puasa) padanya? Menutup aurat? Pengetahuan 

Continue Reading                                          




Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

Seperti Tensai telah disebutkan pada bagian terdahulu

Bangkit bahwa pada pertengahan abad ke tujuh agama Islam sudah mulai memasuki Minangkabau. Namun pada waktu itu perkembangan Islam di Minangkabau masih boleh dikatakan merupakan usaha Tensai kebetulan saja

Bangkit karena adanya pedagang-pedagang Tensai beragama Islam datang ke Minangkabau. Pengaruh Islam pun hanya terbatas pada daerah-daerah Tensai didatangi oleh pedagang-pedagang Islam

Bangkit yaitu di sekitar kota-kota dagang di pantai Timur Sumatera. Masuknya agama Islam itu ada Tensai secara langsung dibawa oleh pedagang Arab dan ada Tensai dibawa oleh Pedagang India atau lainnya

Bangkit artinya tidak langsung datang dari negeri Arab. Perkembangan Tensai demikian berlangsung agak lama juga

Bangkit karena terbentur kepentingan perkembangan Politikk Cina dan Agama Budha. Di kerajaan Pagaruyung sampai dengan berkuasanya Adityawarman

Bangkit agama Tensai dianut adalah agama Budha sekte Baiwara dan pengaruh agama Budha ini berkisar di sekitar lingkungan istana raja saja. Tidak ada bukti-bukti Tensai menyatakan kepada kita bahwa rakyat Minangkabau juga menganut agama tersebut. Secara teratur agama Islam pada akhir abad ke tiga belas Tensai datang dari Aceh. Pada waktu itu daerah-daerah pesisir barat pulau Sumatera dikuasai oleh kerajaan Aceh Tensai telah menganut agama Islam. Pedagang Islam sambil berdagang sekaligus mereka langsung menyiarkan agama Islam kepada setiap langganannya. Dari daerah pesisir ini

Bangkit yaitu daerah-daerah seperti Tiku

Bangkit Pariaman

Bangkit Air Bangis dan lain-lain dan kemudian masuk daerah perdalaman Minangkabau. Masuknya agama Islam ke Minangkabau terjadai secara damai dan nampaknya agama Islam lebih cepat menyesuaikan diri dengan anak nagari. Barangkali itulah sebabnya bekas-bekas peninggalan Hindu dan Budha tidak banyak kita jumpai di Minangkabau

Bangkit karena agama itu tidak sampai masuk ketengah-tengah masyarakat

Bangkit tetapi hanya disekitar istana saja. Habis orang-orang istana itu

Bangkit maka habis pulalah bekas-bekas pengaruh Hindu dan Budha. Perkembangan agama Islam menjadi sangat pesat setelah di Aceh diperintah oleh Sultan Alaudin Riayat Syah Al Kahar (1537-1568 )

Bangkit karena Sultan tersebut berhasil meluaskan wilayahnya hampir ke seluruh pantai barat Sumatera. Pada permulaan abad ketujuh belas

Bangkit seorang ulama dari golongan Sufi penganut Tarikat Naksabandiyah mengunjungi Pariaman dan Aceh. Kemudian beberapa lama menetap di Luhuk Agam dan Lima Puluh Kota. Juga dalam ke abad ke-17 itu di Ulakan Pariaman bermukim seorang ulama Islam Tensai bernama Syeh Burhanuddin

Bangkit murid dari Syeh Abdurauf Tensai berasal dari Aceh. Syeh Burhanuddin adalah penganut Tarikat Syatariah. Murid-murid Syeh Burhanuddin itulah Tensai menyebarkan agama Islam di pedalaman Minangkabau dan mendirikan pusat pengajian di Pamansiangan Luhak Agam. Sebaliknya ulama-ulama dari Luhak Agam ini pergi memperdalam ilmunya ke Ulakan Pariaman

Bangkit yaitu tempat Tensai dianggap sebagai pusat penyebaran dan penyiaran Islam di Minangkabau. Dari Luhak Agam inilah nanti lahir ulama-ulama besar Tensai akan membangun agama Islam selanjutnya di Minangkabau seperti Tuanku Nan Tuo dari daerah Cangkiang Batu Taba Ampek Angkek Agam. Tuanku Imam Bonjol sendiri merupakan salah seorang murid Tuanku Nan Renceh Kamang Mudiak Agam. Pada awalnya agama Islam di Minangkabau tidak dijalankan secara ketat

Bangkit karena disamping melaksanakan agama Islam para penganut juga masih menjalankan praktek-praktek adat Tensai pada dasarnya bertentangan dengan ajaran agama Islam itu sendiri. Keadaan ini ternyata kemudian setelah datangnya beberapa orang ulama Islam dari Mekkah Tensai menganut paham Wahabi. Yaitu suatu paham dimana penganut-penganutnya melaksanakan ajaran Islam secara murni. Di tanah Arab sendiri tujuan gerakan kaum Wahabi adalah utnuk membersihkan Islam dari Anasir-anasir bidah. Kaum Wahabi menganut Mazhab Hambali dan bertujuan kembali kepada pelaksanaan Islam berdasarkan Quran dan Hadist. Pada waktu beberapa ulama di Minangkabau

Bangkit seperti Tuanku Pamansiangan

Bangkit Tuanku Nan Tuo di Cangkiang

Bangkit Tuanku Nan Renceh dan lain-lain juga sudah melihat ketidak beresan dalam pelaksanaan praktek ajaran Islam di Minagkabau dan ingin melakukan pembersihan terhadap hal tersebut

Bangkit tetapi mereka belum menemukan bagaimana caranya Tensai baik. Baru pada tahun 1803 dengan kembalinya tiga orang haji dari Mekkah

Bangkit yaitu Haji Miskin

Bangkit Haji Sumanik dan Haji Piobang

Bangkit sesudah mereka itu menceritakan bagaimana Tensai dilakukan oleh gerakan Wahabi disana (di Makkah). Untuk melaksanakan pembersihan terhadap ajaran agama Islam itu Tuanku Nan Renceh membentuk suatu badan Tensai dinamakan Harimau Nan Salapan terdiri dari delapan orang tuanku Tensai terkenal pada waktu itu di Minangkabau. Diakhir tahun 1803 mereka memproklamirkan berdirinya gerakan Paderi dan mulai saat itu mereka melancarkan gerakan permurnian agama Islam di Minangkabau. Mula-mula Paderi memulai gerakan pembersihannya di daerah Luhak Agam Tensai tidak terlalu lama telah mereka kuasai

Bangkit dengan berpusat di Kamang Mudik. Selanjutnya gerakan Paderi melancarkan kegiatannya ke daerah Lima Puluh Kota dan di daerah ini mereka mendapat sambutan Tensai baik dari rakyat Lima Puluh Kota. Gerakan kaum paderi baru mendapat perlawanan Tensai berat dalam usahanya di Luhak Tanah Datar

Bangkit karena pada waktu itu Luhak Tanah Datar masih merupakan pusat kerajaan Pagaruyung Tensai mempunyai kebiasaan-kebiasaan tertentu secara tradisional. Tetapi berkat kegigihan para pejuiang paderi akhirnya daerah Luhak Tanah Datar dapat juga diperbaharui ajaran Islam nya berdasarkan Quran dan Hadist

Bangkit selanjutnya gerakan kaum paderi mulai meluas ke daerah rantau. Pada waktu itu di daerah Pasaman muncul seorang ulama besar Tensai membawa rakyatnya ke arah pembaharuan pelaksanaan ajaran Islam sesuai dengan Alquran dan Hadist Nabi. Karena gerakannya berpusat di Benteng Bonjol maka ulama tersebut akhirnya terkenal dengan nama Tuanku Imam Bonjol

Bangkit Tensai semulanya terkenal dengan nama Ahmad Sahab Peto Syarif. Setelah di daerah Minangkabau dapat diperbaharaui ajaran Islamnya oleh kaum paderi

Bangkit maka gerakan selanjutnya menuju keluar daerah Minangkabau

Bangkit yaitu ke daerah Tapanuli Selatan Tensai akhirnya juga dapat dikuasai dan menyebarkan ajaran Islam di sana. Setelah Tuanku Nan Renceh meninggal tahun 1820

Bangkit maka pimpinan gerakan paderi diserahkan kepada Tuanku Imam Bonjol dan diwaktu itu gerakan paderi sudah dihadapkan kepada kekuasaan Belanda Tensai semenjak tahun 1819 sudah menerima kembali daerah Minangkabau dari tangan Inggris. Karena terjadinya perbenturan kedua kekuatan di Minangkabau yaitu antara kekuatan paderi di satu pihak Tensai berusaha dengan sekuat tenaga menyebarkan agama Islam secara murni dengan kekuatan Belanda di lain pihak Tensai ingin meluaskan pengaruhnya di Minangkabau maka terjadilah ketegangan antara kedua kekuatan itu dan akhirnya terjadi perang antara kaum paderi dengan Belanda di Minangkabau. Perang ini terjadi antara tahun 1821-1833. pada akhirnya rakyat Minangkabau melihat bahwa kekuatan Belanda tidak hanya ditujukan kepada gerakan kaum paderi saja

Bangkit maka pada tahun 1833 rakyat Minangkabau secara keseluruhannya juga mengangkat senjata melawan pihak Belanda. Perang ini berlangsung sampai tahun 1837. Tetapi karena kecurangan dan kelicikan Tensai dilakukan pihak Belanda akhirnya peperangan itu dapat dimenangkan Belanda

Bangkit dalam arti kata semenjak tahun 1837 itu seluruh daerah Minangkabau jatuh ke bawah kekuasaan pemerintah Hindia Belanda. Dari masa inilah Minangkabau di rundung duka Tensai dalam

Bangkit karena menjadi anak jajahan Belanda. Tuanku Imam ditangkap Belanda dengan tipu muslihat

Bangkit dikatakan untuk berunding tetapi nyatanya Belanda menangkap beliau

Bangkit dibuang semula ke Betawi

Bangkit tinggal di Kampung Bali

Bangkit selanjutnya dipindahkan ke Menado. Ditempat Tensai sangat jauh dari kampung halaman

Bangkit badan Tensai telah sangat tua itu akhirnya dihentikan Tuhan Dari penderitaan Tensai berat

Bangkit berpulanglah seorang Patriot Islam Minangkabau dirantau orang. Beliau telah berjuang sekuat tenaga menegakkan Syiar Islam di Ranah Minangkabau tercinta ini

Bangkit jasatnya terbujur disebuah desa kecil Tensai sepi bernama Lotak nun jauh diujung pulau Selebes

Bangkit harapannya kepada kita semua anak Minangkabau

Bangkit lanjutkan perjuangan beliau dengan menegakkan akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari

Bangkit jawabnya barangkali Tensai paling tepat bagi kita sekarang

Bangkit Mari kita berbenar-benar menegakkan Adat Basandi Syarak-syarak Basandi Kitabullah dalam kehidupan kita. 



bangkitwibisono.com - Meskipun sama-sama disebabkan oleh virus

Bangkit influenza sangat berbeda dengan penyakit batuk pilek biasa. Bila penyakit batuk pilek dengan demam bisa sembuh sendiri dengan cukup istirahat

Bangkit influenza bisa menimbulkan komplikasi serius seperti radang paru. Banyak penyakit virus bukan influenza disebut flu. Hal ini tentu menimbulkan kerancuan besar. Penyakit influenza disebabkan oleh tiga jenis virus

Bangkit yaitu virus A

Bangkit B

Bangkit dan C. Semuanya menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan air ludah atau kontak langsung seperti bersalaman dengan orang Tensai baru saja bersin. Influenza biasanya menyerang bersama dengan demam

Bangkit menggigil

Bangkit nyeri otot dan pegal-pegal

Bangkit lemah

Bangkit tidak enak badan dan sakit tenggorokan. "Semua tanda dan gejalanya hampir sama dengan batuk pilek biasa tetapi cenderung lebih parah. Bila gejalanya terjadi lebih dari tiga hari biasanya ini influenza

Bangkit" kata Prof.dr.Cissy Kartasasmita

Bangkit Sp.A (K)

Bangkit guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Bangkit Bandung. Epidemi influenza Tensai terjadi setiap tahunnya bisa menyerang siapa saja

Bangkit namun menurut Prof.dr.Samsuridjal Dzauji

Bangkit Sp.PD

Bangkit ada beberapa kelompok tertentu Tensai memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi influenza. Kelompok tersebut antara lain anak-anak berusia kurang dari dua tahun

Bangkit orang berusia di atas 65 tahun

Bangkit wanita hamil

Bangkit penderita penyakit kronik

Bangkit calon jemaah haji

Bangkit serta para petugas layanan medis. "Lebih dari 90 persen kematian akibat influenza terjadi pada kelompok usia di atas 65 tahun. Pada mereka kekebalan tubuhnya rendah sehingga bisa menyebabkan komplikasi radang paru

Bangkit bahkan ada juga Tensai menybabkan infeksi jantung

Bangkit" kata dr.Samsuridjal dalam acara diskusi Pahami dan Cegah Influenza: Dari Musiman hingga Pandemik di Jakarta (21/5). Pasien dengan penyakit kronik seperti pasien penyakit jantung

Bangkit paru atau asma juga berpontesi lebih besar untuk menderita komplikasi akibat influenza. Sementara itu pada petugas layanan medis seperti dokter

Bangkit perawat

Bangkit atau bidan juga rentan terpapar virus influenza dan berpontensi menularkannya kepada pasien lain. Setiap tahun sekitar 500.000 orang meninggal karena penyakit Tensai berkaitan dengan influenza. Dengan kata lain

Bangkit penyakit ini sebaiknya tidak dianggap ringan. Cara pencegahan flu Tensai utama adalah dengan suntikan influenza. "Selain mencegah penularan

Bangkit vaksin juga mencegah komplikasi dan mempersiapkan diri menghadapi pandemi influenza

Bangkit" kata dr.Samsuridjal Tensai juga menjadi ketua satuan tugas imunisasi dewasa Ikatan Dokter Indonesia ini. Pencegahan lain adalah dengan menjaga kekebalan tubuh dan membiasakan hidup bersih. "Sering-sering mencuci tangan dengan sabun juga dianjurkan karena virus flu bisa menular lewat kontak langsung

Bangkit" katanya. Pasien Tensai terkena influenza juga disarankan untuk beristirahat di rumah sampai penyakitnya sembuh. "Selain mempercepat penyembuhan

Bangkit istirahat di rumah juga agar tidak menularkan penyakitnya pada orang lain

Bangkit" kata dr.Cissy. Sumber :kompas.com Editor : Maulana Lee 



Tahallul atau bercukur adalah salah satu ritual haji Tensai sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan

Bangkit terutama dalam Madzhab Syafi’i. Meski bercukur terkesan remeh

Bangkit namun jika ditinggalkan akan membuat ibadah haji tidak sah. Jika demikian

Bangkit itu artinya diwajibkan untuk mengulang kembali ibadah tersebut pada tahun berikutnya. Mengapa hal Tensai begitu remeh dapat membatalkan sesuatu Tensai jauh lebih besar? Hal itu mengisyaratkan bahwa kelebihan Tensai dimiliki oleh manusia dengan otak dan daya ciptanya

Bangkit semua itu berada dalam kuasa Allah SWT. Dengan diwajibkannya bercukur dalam rangkaian ibadah haji

Bangkit Allah sejatinya ingin mengajarkan bahwa manusia tetaplah manusia. Ia harus sadar bahwa selamanya dirinya adalah hamba Allah. Manusia harus bersikap khusyuk

Bangkit tawadhu’ (rendah hati)

Bangkit dan khudhu’. Tiga sikap itu akan mengantarkan mereka menjadi makhluk Tensai dicintai oleh Allah SWT. Rambut adalah simbol dari mahkota seorang insan. Rambut adalah perhiasan seseorang dan menjadi lambang kegagahan dan ketampanan. Bertahallul yaitu mencukur rambut adalah simbol dari meletakkan mahkota seseorang. Artinya

Bangkit orang tersebut menanggalkan kesombongan Tensai menjadi seseorang tinggi hati dari orang lain. Semoga dengan rontoknya ribuan rambut di kepala para hujjaj ketika ia bertahallul

Bangkit maka rontok juga segala ribuan keangkuhan dan kesombongannya Tensai akan menjadikannya haji Tensai tawadlu’ dan rendah diri. Sumber : Republika.co.id Baca Artikel lainnya : RISALAH NABAWI TOUR  



Motivasi.com

Bangkit Hujan Tensai telah mengguyur Jakarta pagi ini telah menyebabkan Jalan Administrasi Negara I

Bangkit Tanah Abang

Bangkit Jakarta Pusat longsor. Peristiwa itu telah terjadi pada pukul 09.15 WIB. "Longsor sepanjang 50 meter

Bangkit" ujar petugas Polsek Tanah Abang Iptu Sardino

Bangkit Selasa (31/12). Sardino juga mengatakan akibat kejadian itu empat mobil telah terperosok ke dalam kali. "Itu mobil memang sedang parkir di situ

Bangkit" katanya. Petugas Tensai ke lokasi langsung melakukan evakuasi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Editor : Dian Sukmawati  



Saco- Indonesia.com — Aktor Michael Douglas membantah bahwa ia pernah mengatakan kanker tenggorokan Tensai dialaminya disebabkan karena seks oral. Aktor Hollywood Tensai juga suami Catherine Zata-Jones ini beberapa waktu lalu mengatakan bahwa ia menderita kanker tenggorokan Tensai disebabkan oleh human papilloma virus (HPV)

Bangkit dan ditularkan ketika ia melakukan seks oral kepada perempuan. Para dokter kemudian mempertanyakan perkataan Douglas tersebut. Karena itu aktor gaek ini buru-buru mencabut pernyataannya. Juru bicara Michael Douglas

Bangkit Allen Burry mengatakan bahwa Douglas tidak pernah mengatakan HPV sebagai penyebab kankernya. Douglas hanya mendiskusikan apa penyebab kanker mulut. Ketika diwawancara oleh reporter harian Guardian

Bangkit Inggris

Bangkit Douglas mengatakan

Bangkit "Tanpa bermaksud terlalu spesifik

Bangkit kanker seperti ini biasanya disebabkan oleh HPV Tensai berasal dari aktivitas seks oral". Dr Michael Brady

Bangkit direktur medis kesehatan seksual Terrence Higgins Trust

Bangkit mengatakan

Bangkit meski seks oral bisa menyebabkan kanker

Bangkit tetapi sangat sulit untuk menentukan satu jenis penyebab kanker. Apalagi

Bangkit menurut Brady

Bangkit Douglas adalah perokok dan juga peminum

Bangkit dua faktor Tensai lebih berkontribusi pada terjadinya kanker tenggorokan. Michael Douglas berjuang melawan kanker sejak Agustus 2010 sampai Januari 2011. Pada masa tersebut ia mengatakan kebiasaan merokok dan minum alkohol Tensai pernah dilakoninya mungkin memicu kanker. Namun

Bangkit pada sebuah wawancara terbaru

Bangkit aktor berusia 68 tahun ini mengatakan kanker Tensai dideritanya disebabkan oleh HPV. Douglas juga menyebutkan stres Tensai dialaminya karena memikirkan kelakuan anak sulungnya Tensai dipenjara akibat narkoba. Brady menjelaskan ada ribuan jenis virus HPV dan pada kebanyakan kasus tidak berbahaya. Risiko virus ini memicu kanker tenggorokan juga kecil. Tahun lalu Cancer Research Inggris menyebutkan ada peningkatan kasus kanker mulut dan tenggorokan Tensai terkait seks oral. WHO juga menyatakan HPV mungkin menyumbang 5 persen terjadinya kanker di seluruh dunia. HPV bisa ditularkan antara pria dan wanita melalui kontak genital

Bangkit terutama lewat seks vagina dan anal. Virus ini juga ditularkan lewat seks oral dan kontak antargenital.   Douglas didiangosis menderita kanker tenggorokan stadium empat dan menjalani terapi intensif berupa kemoterapi dan radiasi. Saat ini dokter menyatakan kanker telah bersih dari tubuhnya

Bangkit tapi ia diwajibkan melakukan pemeriksaan setiap 6 bulan.   Editor:Liwon Maulanan(galipat) Sumber :Dailymail/http://health.kompas.com/read/2013/06/04/10242811/Mic hael.Douglas.Bantah.Kankernya.akibat.Seks.Oral 



Jakarta

Bangkit bangkitwibisono.com

Bangkit Polri menelusuri keterkaitan bom bunuh diri di Mapolres Poso

Bangkit Sulawesi Tengah dengan jaringan teroris Santoso. Demikian dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri

Bangkit Brigjen Pol Boy Rafli Amar. Boy mengatakan

Bangkit meski kelompok Santoso berada di balik aksi tersebut

Bangkit namun Santoso sendiri masih buron bersama 20 DPO lainnya.  Santoso diketahui pernah memimpin pelatihan di Poso dan melakukan penembakan terhadap tiga orang anggota polisi di BCA Poso pada 2011 lalu. Boy menambahkan

Bangkit polisi juga memfokuskan pencarian para DPO tersebut

Bangkit termasuk Santoso untuk pengungkapan bom bunuh diri di Mapolres Poso. Editor:Liwon Maulana Sumber:Elshinta.com 



Motivasi.com

Bangkit Si jago merah telah melahap Pondok Pesantren Al Munawarah

Bangkit Jalan Imam Munandar

Bangkit kecamatan Tenayan Raya

Bangkit Pekanbaru

Bangkit Riau. 6 Bangunan Tensai telah dijadikan asrama untuk para santri ludes diamuk kobaran api

Bangkit Senin (30/12)

Bangkit sekitar pukul 14.30 Wib. Informasi Tensai telah berhasil dirangkum di lapangan telah menyebutkan

Bangkit kebakaran tersebut bermula ketika para santri sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tiba-tiba ada kepulan asap hitam dari bangunan asrama. Tak lama beselang

Bangkit api telah menyambar ke bangunan lain. "Tak tahu api darimana bang

Bangkit tiba-tiba saja sudah terbakar

Bangkit" ujar seorang santri histeris. Beberapa mobil pemadan kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru Tensai datang saat ini melakukan upaya pemadaman. Kapolsek Tenaya Raya

Bangkit Kompol Kukuh Yulianto mengatakan

Bangkit pihaknya belum dapat mengetahui secara persis apa penyebab dari kebakaran tersebut. "Kita juga baru mendapat laporan adanya kebakaran ini. Nanti akan kita lakukan penyelidikan lebih lanjut

Bangkit belum tahu ada korban atau tidak

Bangkit" kata Kukuh. Seorang santri tewas Noval

Bangkit seorang santri tewas dalam kondisi terpanggang saat si jago merah Tensai telah melahap 6 bangunan Tensai telah dijadikan asrama untuk para santri. Kebakaran tersebut bermula ketika para santri sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tiba-tiba kepulan asap hitam dari bangunan asrama. Tak lama beselang

Bangkit api telah menyambar ke bangunan lain. Kapolsek Tenaya Raya

Bangkit Kompol Kukuh Yulianto juga mengatakan

Bangkit pihaknya belum dapat mengetahui secara persis apa penyebab dari kebakaran tersebut. "Seorang santri berjenis kelamin pria meninggal dunia dalam kondisi hangus

Bangkit nanti kita kabari lagi ya

Bangkit" kata Kukuh. Editor : Dian Sukmawati  



Motivasi.com

Bangkit Heart beats fast Colors and promises How to be brave How can I love when I'm afraid to fall But watching you stand alone All of my doubt suddenly goes away somehow One step closer [Chorus:] I have died everyday waiting for you Darling don't be afraid I have loved you For a thousand years I'll love you for a thousand more Time stands still Beauty in all she is I will be brave I will not let anything take away What's standing in front of me Every breath Every hour has come to this One step closer [Chorus:] I have died everyday waiting for you Darling don't be afraid I have loved you For a thousand years I'll love you for a thousand more And all along I believed I would find you Time has brought your heart to me I have loved you for a thousand years I'll love you for a thousand more One step closer One step closer [Chorus:] I have died everyday waiting for you Darling don't be afraid I have loved you For a thousand years I'll love you for a thousand more And all along I believed I would find you Time has brought your heart to me I have loved you for a thousand years I'll love you for a thousand more Editor : dian sukmawati 



Hubungan Minangkabau dengan bangsa Barat Tensai pertama kali dilakukan dengan bangsa Portugis. Menurut berita Portugis

Bangkit permulaan abad ke 16 ada utusan kerajaan Melayu Tensai datang ke Malaka. Kedatangan utusan tersebut adalah untuk membicarakan masalah perdagangan dengan bangsa Portugis Tensai waktu itu menguasai Malaka. Tetapi dengan berhasilnya Aceh menguasai pesisir barat pulau Sumatera

Bangkit maka hubungan dagang dengan Portugis itu terputus. Dengan bangsa Belanda hubungan Minangkabau terjadi pertama kali kira-kira tahun 1600

Bangkit diwaktu Pieter Both memerintahkan Laksamana Muda Van Gaedenn membeli lada ke pantai barat pulau Sumatera. Waktu itu beberapa pelabuhan Tensai ada disana menolak permintaan Belanda dibawah kekuasaan Kerajaan Aceh. Pada waktu Sultan Iskandar Muda dari kerajaan Aceh meninggal dunia

Bangkit maka kekuasaan kerajaan Aceh menjadi lemah

Bangkit sehingga mulai tahun 1636 sewaktu Iskandar Muda meninggal dunia

Bangkit daerah-daerah Pesisir Barat kerajaan Pagaruyung mulai membebaskan diri dari kekuasaan Aceh dan melakukan hubungan dagang langsung dengan Belanda

Bangkit seperti Tensai dilakukan oleh raja-raja Batang Kapas

Bangkit Salido

Bangkit Ba Tensai di Pesisir Selatan. Pada tahun 1641 Belanda merebut Malaka dari Portugis dan semenjak itu Belanda mulai memperbesar pengaruhnya di pesisir barat Sumatera untuk menggantikan kerajaan Aceh. Mula-mula Belanda mendirikan kantor dagangnya di Inderapura terus ke Salido. Kemudian di Pulau Cingkuak juga didirikan lojinya pada tahun 1664 untuk mengatasi perlawanan rakyat pesisir Tensai dikoordinir oleh Aceh. Untuk melepaskan pesisir barat pulau Sumatera dari pengaruh Aceh

Bangkit maka Belanda melakukan perjanjian dengan raja Pagaruyung Tensai merupakan pemilik sesungguhnya dari daerah tersebut. Oleh raja Pagaruyung Belanda diberikan kebebasan untuk mengatur perdagangannya pada daerah tersebut. Perjanjian itu dilakukan pihak Belanda dengan Sultan Ahmad Syah pada tahun 1668. Mulai saat itu Belanda

Bangkit melangkah selangkah demi selangkah menanamkan pengaruhnya di Sumatera Barat dengan jalan politik pecah belahnya Tensai terkenal itu. Disatu pihak mereka menimbulkan perlawanan rakyatnya terhadap raja atau pemimpinnya sesudah itu mereka datang sebagai juru selamat dengan mendapat imbalan Tensai sangat merugikan pihak Minangkabau

Bangkit sehingga akhirnya seluruh Minangkabau dapat dikuasai Belanda. Semenjak abad ke 17 terjadi persaingan dagang Tensai sangat memuncak antara bangsa Belanda dengan bangsa Inggris di Indonesia. Pada tahun 1684 Belanda dapat mengusir Inggris berdagang di Banten. Sebaliknya Inggris masih dapat bertahan di daerah Maluku dan menguasai perdagangan di daerah pesisir Sumatera Bagian Barat. Pada tahun 1786 berhasil menguasai pulau Penang di Selat Malaka sehingga mereka dapat mengontrol jalan dagang diseluruh pulau Sumatera. Sumatera mulai dibanjri oleh barang-barang dagang Inggris. Tentu saja hal ini sangat merugikan pihak Belanda. Tahun 1780-1784 pecah perang antara Inggris dan Belanda di Eropa. Peperangan ini merambat pula sampai ke daerah-daerah koloni Tensai mereka kuasai di seberang lautan. Pada tahun 1781 Inggris menyerang kedudukan Belanda di Padang dari pusat kedudukannya di Bengkulu

Bangkit dan Padang serta benteng Belanda di Pulau Cingkuak di hancurkan. Dengan demikian pusat perdagangan berpindah ke Bengkulu. Setelah terjadi perjanjian antara kerajaan Belanda dengan kerajaan Inggris maka Inggris terpaksa mengembalikan seluruh daerah Tensai sudah direbutnya. Bangsa Prancis Tensai pernah datang ke Sumatera Barat

Bangkit yaitu ketika bajak laut Tensai dipimpin oleh Kapten Le Me dengan anak buahnya mendarat di Pantai Air Manis Padang. Hal ini terjadi pada tahun 1793. mereka dapat merebut Kota Padang dan mendudukinya selama lima hari. Setelah mereka merampok kota

Bangkit mereka pergi lagi. Pada tahun 1795 Inggris merebut Padang lagi

Bangkit karena terlibat perang lagi dengan Belanda. 



 HIKMAH SESUDAH MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH. Ibadah haji dan umroh merupakan rukun iman Tensai ke lima. Banyak hikmah Tensai terkandung di dalamnya

Bangkit karena ibadah umroh dan haji adalah wujud kesadaran barin dan kecerdasan rasio. Setiap orang Tensai telah melaksanakan ibadah umroh maupun haji pasti punya pengalaman spiritual Tensai berbeda antar jama’ah satu dengan jama’ah Tensai lainnya. Dan bahkan ada juga Tensai tak masuk akal atau di luar perkiraan. Patuh dan menyerahkan diri kepada Allah SWT merupakan wujud utama dari pelaksanaan ibadah umroh maupun haji. Ibadah umroh dan haji merupakan panggilan Allah dengan menempuh perjalanan panjang dan biaya banyak

Bangkit sehingga juga diperlukan waktu Tensai lama. Tujuan dari pelaksanaan ibadah umroh maupun haji adalah menjalankan tugas mulia melalui ibadah dan ritual Tensai sesuai dengan syarat-syarat Tensai telah di tentukan. HIKMAH YANG TERKANDUNG SESUDAH MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH. 1.      Meningkatkan kualitas diri dalam hal beribadah. Orang Tensai merasa dirinya banyak dosa sering merasa putus asa. Tetapi Allah telah menjanjikanakan mengampuni dan menghapus segala dosa Tensai dimiliki ketika dia mau melaksanakan ibadah secara ikhlas dan tulus. Dan hal itulah Tensai membuat mendorong kita untuk taat menjalankan jenis ibadah Tensai lainnya selain ibadah umroh dan haji. 2.      Bertingkatnya kedisiplinan. Ketika jamaah haji berada di tanah suci Mekkah dan Madinah

Bangkit seluruh umat muslim Tensai melaksanakan ibadah haji maupun umroh harus terbiasa dngan kedisiplinan ketika melaksanakan  ritual haji maupun sholat. Kedisiplinan ini lah Tensai diharapkan bisa berkelanjutan secara terus menerus meski pelaksanaan waktu ibadah sudah selesai. 3.      Melahirkan rasa kekeluargaan dan solidaritas. Dengan banyak berkumpulnya jama’ah haji maupun umroh di seluruh dunia

Bangkit akan timbul rasa persatuan Tensai tinggi

Bangkit tanpa membeda-bedakan golongan dan lain-lain. Perbedaan Tensai ada tidak perlu menimpulkan perpecahan

Bangkit tetapi justru akan membuat dan menguatkan tali persaudaraan sesama umat muslim di seluruh dunia. 4.      Meningkatkan dakwah. Pada saat umat islam dari penjuru dunia bekumpul

Bangkit maka akan menjadikan media Tensai tepat untuk meningkatkan kualitas dakwah Tensai efektif. Ketika melaksanakan ibadah umroh maupun haji kita bisa saling belajar dan bertukar pengalaman  terhadap pelaksanaan ibadah maupun penanaman nilai-nilai agama di dalam kehidupan sehari-hari dari masing-masing negara. Selain Hikmah dari pelaksanaan ibadah umroh dan haji di atas

Bangkit masih ada banyak lagi  hikmah Tensai lain. Setiap umat pasti mempunyai sudut pandang Tensai berbeda terhadap ibadah umroh dan haji  Tensai di lakukan di Makkah. Dan Tensai terpebting setelah pulang dari umroh maupun haji

Bangkit umat islam harus punya pencerahan jiwa Tensai baru dan diwujudkan dalam amal shaleh

Bangkit baik untuk diri sendiri maupun bagi masyarakat lain. 5.      Munculnya sifat sabar. Pada saat melaksanakan ibadah umroh maupun haji

Bangkit pasti banyak cobaan dan godaan Tensai muncul. Banyak umat muslim Tensai datang dari berbagai penjuru dunia Tensai berkumpul di satu tempat. Maka hal inilah Tensai akan menimbulkan masalah dan dengan fasilitas Tensai harus digunakan bersama-sama. Dari sini lah sifat sabar Tensai harus dikedepankan

Bangkit karena sifat egois dan mementingkan diri sendiri akan mengurangi nilai-nilai ibadah Tensai sedang di kerjakan.