Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Sepotong Cermin Pada Hujan

“Orang dewasa itu punya pemikiran yang berbeda dengan kita Mey. Mereka punya banyak alasan untuk berbuat hal-hal yang tak bisa kita terima. Dan banyak hal yang kita tak perlu tau dari urusan mereka. Jalani saja apa yang menurut kita masih masuk akal.” 

 
***
 
 Di luar hujan. Nampaknya langit turut merasakan perih atas perdebatan tadi. Dingin. Kalau sudah begini kota ini selalu lengang. Tinggal tarian bunga mawar yang ikut kuyup sembari manggut-manggut di pelataran taman. “Nay, hujan.” Ben datang membawa payung. “Aku tau.” Kembali sepi. Nampaknya mereka masih menyimpan kemelut. “Biarkan aku basah dan pergilah.” Ben mengadu gigi-giginya. Memaksakan diri tersenyum “Kau suka hujan?” “...” “Tapi hujan menyimpan petir, Nay.” Belum ada jawaban lagi dari Nay. Ben berusaha sabar. Menghela napas. “Aku hanya tak ingin terpisah darimu. Aku yakin kau tak kan hidup tanpaku.” Ben menguncupkan payungnya. Halilintar makin mengamuk. Kilat mencari perhatian dengan akar-akarnya. Hujan makin runcing menghujamkan jarum-jarumnya. Mengubur air mata Nay. Turut hanyut dan bermuara entah ke mana. *** Dia sangat periang. Memang melankolis. Itu katanya. Tapi sekalipun aku tak pernah melihat dia menangis. Saking periangnya segala tingkahnya seperti anak SD. 
 
Didukung lagi bentuk tubuhnya seperti itu. lihat saja. Pipinya sangat gembul. Badannya hanya sepundakku. Jilbabnya selalu pakai jilbab model artis cilik saat musim hari raya. Suaranya sangat lembut seperti personil teletubbies yang berwarna merah. Siapa? Po. Yah. Po. Menggemaskan! Tapi tidak. Dia tidak seperti apa yang bisa kau lihat. Kedewasaannya hanya bisa dilihat dan dirasakan oleh orang-orang yang paham dengannya. “Mey, katakan bahwa aku saja yang selalu ingin kau ingatkan.” Ah, sangat menggelikan. Persahabatan kami seperti sepasang kekasih. Saling mengingatkan sudah makan atau belum, say Love you lewat sms, dan saling memberikan kejutan. “Mey, aku sering kecewa dengan sahabat dekatku yang lalu. Tapi kau tidak. Aku hanya bisa bercerita pada orang yang menurutku dekat.” Rasanya seperti di ‘Dor’. Mungkin bahasa kerennya ditembak pacar. “Kau sudah ganti peluru berapa kali Nay? Jago nyepeak juga ya. Jangan-jangan ada banyak cinta selain aku” “hahaha. Kalau iya gimana?” “Kalau iya bersiaplah kukecewakan.” Sambil senyum aku memeluknya. Senjata paling ampuh. Nay tidak suka dipeluk. Akan berubah 180 derajat kasar untuk menangkis pelukan. Aku bahkan rela bekorban apa pun untuknya. Hah, hubungan macam apa ini. Ku kira belum pernah ada serial cinta ataupun sinetron macam ini. Kalaupun ada judulnya pasti bisa ditebak. Lesbi! Oh, tidak! Judul seperti itu sama sekali tidak seksi untuk kisah kami. Dia, dia yang selalu kupandang kehidupannya sangat bahagia. 
 
Penuh kasih sayang dan cinta dari orang-orang yang ia cintai. Penuh kecup dan jeweran rindu untuk keceriaannya. Untuk pipi gembulnya dan gigi putihnya yang selalu dipamerkannya. *** “Ni...lihat...” Nay datang ke kamarku sambil memakai princess long dress warna pink. Dia melebarkan dressnya dan berputar-putar. Bergaya centil di depan kacaku. Itu long dress pemberian ibunya yang baru saja datang menjenguknya di asrama. Lagi-lagi aku iri. Ibu Nay sangat sering menjenguk Nay. Membawakan hadiah, masakan yang masih hangat, snack, atau sekedar cekikikan berdua di ruang tamu. Ah, mereka selalu hangat. Ayahnya pun juga sering menjenguknya. Nay cukup katakan pusing lewat telpon, tak perlu menunggu lama Ayah Nay akan datang dengan mobil sedannya sambil membawa puluhan tusuk sate, susu dan makanan bergizi lainnya. Ya, menurutku ayahnya sangat mengkhawatirkannya. Nampaknya Nay anak emas di keluarganya. Kakaknya yang laki-laki pun selalu datang menjenguk dan memamerkan novel-novel terbaru yang baru ia beli. Juga film-film terbaru yang baru ia tonton. Nay selalu nampak manja dengan wajah irinya karena ia sudah jarang melakukan aktivitas seperti kakaknya semenjak terperangkap di bangunan yang sombong ini, asrama. “Kau beruntung sekali ya?” Begitulah yang aku katakan pada Nay setiap ada anggota keluarga Nay yang menjenguk Nay. ah, Nay. Ia tak pernah punya ceramah untukku. Setiap aku berkata seperti itu, Nay hanya menepuk pundakku sambil tersenyum. Nay, senyum seperti itu, sungguh mengubur semua imut manjamu yang biasa tampak. Sangat. Sangat ibu. Ku kira aku tak pernah salah untuk iri padanya. Hidupnya memang benar-benar bahagia. Kau harus percaya itu. Nay itu gadis yang sangat tulus. Klasiknya, dia selalu meninggalkan kepentingan pribadinya untuk kepentingan oang banyak. Dia bercerita semua pengorbanannya demi melaksanakan amanah yang ada padanya. “Nay, kau lelah. Tidurlah. Biar besok saja aku bantu.” “Ini tugasku Mey. Kalau sudah selesai aku pasti akan bebas Mey.” “Atau akan aku adukan pada ayahmu?” “Mey, percuma aku jarang belajar kalau amanahku ini tidak maksimal. Kau bilang Tuhan akan menolong urusan kita jika kita melestarikan kebaikan-Nya kan?” Ah Nay, kau terlalu baik untuk menjadi keras kepala. Ya, Nay memang cerita banyak hal kepadaku. Semuanya. Tentang kejadian dari dia bangun tidur sampai tidur lagi aku tau semuanya. Termasuk tentang masalah kuliahnya yang terbengkalai karena amanahnya di salah satu organisasi. 
 
Aku pun demikian. Aku selalu ceritakan semuanya. Terutama untuk mengenang kebahagiaanku saat dulu ibu masih ada. Betapa dulu kebahagiaanku sangat sempurna saat keluargaku masih utuh. Aku mengenang kebaikan-kebaikan ibu. Kemesraan-kemesraan ayah dan ibu. Kisah-kisah mengharukan bersama ayah dan ibu, dan perasaan betapa aku kehilangan saat ibu telah dipanggil Tuhan. Betapa semuanya kini hilang. Hanya ada kenangan. Dan rasa iri setiap melihat teman-teman yang bisa berkecup mesra bersama ayah dan ibunya saat berpisah di ruang tamu asrama. Dan satu lagi, aku sangat iri pada Nay yang menurutku dia memiliki keluarga paling bahagia dari pada teman-temanku yang lain. Aku malu. Tanganku tak pernah terpakai untuk mengusap air matanya tapi Nay selalu menampung air mataku dan menepuk punggungku. “Mey, sebenarnya kesedihan itu akan terkubur dengan selalu merasa bahagia. Katakan saja bahwa kau bahagia. Maka kau akan bahagia. Ekspresikan perkataanmu dan kau akan merasakan apa yang kau ungkapkan. Bisa jadi yang menurutmu menyedihkan justru itu lebih membahagiakan bagi orang yang menurutmu sangat bahagia.” Waw...ini kali pertama Nay berpetuah banyak untukku. *** Awalnya aku kira Nay hanya anemia. Aku menemukan Nay nyaris limbung saat bangkit dari duduk. Bibirnya sangat pucat. “Tidak. Aku ingin berobat di klinik biasanya dekat rumahku bersama ibu.” *** “Nay. Kau bohong kan ingin berobat bersama ibumu? Bilang saja kalau kau tak mau berobat. Apa bedanya berobat bersamaku atau ibumu. Bukankah ayahmu sangat peduli denganmu? Ini sudah tiga bulan dan kau masih belum berobat juga. Kau ingin mati?” “Mey, hanya sakit kepala tak akan membuat mati.” “sudalah. Berobat sekarang bersamaku!” “Aku akan berobat bersama ibu.” “Sudah lupakan berobat bersama ibu.” “Nggak.” “Ayo.” “Nggak mau. Sama ibu.” “Cepat.” “Nggak mau.” “Nay!!!” aku terpaksa membentaknya. Kami sama-sama terpaku dalam diam. Napas Nay terdengar satu-satu. Aku dan Nay tertunduk. Aku melihat air mata Nay jatuh ke lantai. Untuk yang petama kali. “Aku ingin berobat bersama ibu. Setelah itu aku tidak akan meminta lagi.” Suara Nay sambil sesenggukan. Aku pergi meninggalkan Nay. Menyimpan seribu tanya. Air mata pertamanya di hadapanku begitu berwibawa untuk kubantah *** Pekan ini aku sengaja menyusul Nay untuk kembali ke asrama. Tapi langit begitu mengerikan tampangnya. Gelap. Angin pun sempat membuat jilbabku nyaris lepas. tapi aku tetap bertekad untuk menyusul Nay. Setelah turun dari angkutan umum, ah, kan, sudah mulai gerimis. Tapi tak apa. Aku menyusuri nomor rumah seperti yang diberikan Nay. Tak jauh dari hadapanku. Tapi aku dikejutkan dengan sosok laki-laki yang terburu-buru membuka pintu sedannya dan menutup kasar serta melaju cepat. Penuh emosi. Aku tak salah lihat. Itu tadi ayah Nay. “Kau lihat? Kalau kau memilih untuk bersama ayah, nasibmu akan sama seperti ibu. Kau akan tertekan hidup bersama ayah. Setiap hari hanya bisa mengamuk dan menyalahkan orang lain.” “Itu kehidupan orang dewasa kak. 
 
Orang dewasa punya pemikiran yang berbeda dengan kita. Mereka punya alasan untuk seperti itu.” “Lalu kau pikir ayah tak akan memperlakukanmu selayaknya dia memperlakukan ibu?” “Lalu Kakak pikir aku salah jika aku memperdulikan ayah?” “Apa ibu kurang menyayangimu selama ini?” “Tidak. Ibu bahkan lebih mencintaiku dari pada yang lain kan?” “Lalu?” “Justru karna ibu sangat mencintai semua orang maka sudah banyak yang mempedulikan ibu. Lalu siapa yang akan mempedulikan ayah?” “Kenapa harus memperdulikan ayah?” “Dan kenapa dilarang memperdulikan ayah?” “Karena sudah sepantasnya laki-laki itu menerima ini semua” “Tapi dia tetap ayah. Kita akan tetap memanggil dia ayah.” “Kita akan tetap memanggil dia ayah tapi tidak untuk memperdulikannya. Dengar!” Genting mulai berdenting terpukul hujan. Kilat mulai menyambar-nyambar. Aku masih berada di depan pintu rumah Nay. Nay tertunduk. Menangis. “Ibu, lima tahun yang lalu aku melihat sosok ayah yang sangat tampan. Pakaiannya rapi dan badannya berisi. Empat tahun yang lalu aku lihat rambut ayah tak terurus. Lalu tiga tahun yang lalu sampai sekarang, ayah semakin kurus dan selalu pucat. Ayah pasti pernah sakit. Dulu pasti ibu dengan sabar merawat ayah meski harus menghadapi kekasaran ayah. Tapi sekarang? Tidak ada seorangpun yang menyisir rambutnya. Menyetrika pakaiannya, dan menyiapkan sarapan untuknya. Aku sangat menghargai pemikiran kalian. Aku tak ingin ikut campur keputusan kalian. Dan aku tau, ibu pasti lebih paham. Ayah tetaplah ayah Nay. Dan Nay adalah anaknya. Biar aku saja yang tinggal di sini untuk mengurus ayah. Ibu, kakak dan adik berangkatlah bersama-sama ke luar kota. Aku akan tinggal. Bersama ayah. Di luar dari masalah kalian berdua, kami adalah anak dan ayah. Ku mohon biarkan aku tinggal. Biar aku yang datang menjenguk kalian jika aku rindu.” Ibu Nay diam. Tangisnya sesak tak bisa berkata. Kakak Ben melanjutkan mencak-mencaknya di hadapan Nay. Aku tau, Nay tak tahan. Ia keluar menuju halaman depan. Sedangkan hujan sangat lebat. Ia tak sadar melewati aku yang sejak tadi berdiri di samping pintu. Tangisnya tak bersuara. Tubuhnya menungkup. “Nay, hujan.” Ben datang membawa payung. “Aku tau.” Kembali sepi. 
 
Nampaknya mereka masih menyimpan kemelut. “Biarkan aku basah dan pergilah.” Ben mengadu gigi-giginya. Memaksakan diri tersenyum “Kau suka hujan?” “...” “Tapi hujan menyimpan petir, Nay.” Belum ada jawaban lagi dari Nay. Ben berusaha sabar. Menghela napas. “Aku hanya tak ingin terpisah darimu. Aku yakin kau tak kan hidup tanpaku.” Ben menguncupkan payungnya. Kuputuskan untuk meninggalkan mereka. *** “Kau ingat? Kau bilang, apa yang menurutmu menyedihkan bisa jadi justru hal yang lebih membahagiakan bagi orang yang menurutmu lebih bahagia. Hm...ternyata aku beruntung ya Nay.” Nay hanya tersenyum sambi melipat pakaian. Ia nampak pucat. “Kepalamu masih sakit Nay?” Nay mengangguk. “Bukankah kemarin pekan pulang? Belum sempat bilang ke ibu lagi ya?” Nay tersenyum lagi. “Aku sahabat dekatmu kan Nay?” “....” “Kenapa tak mau berobat denganku?” “Aku ingin berobat bersama ibu. Setelah itu aku tidak akan meminta lagi.” “Harus begitu? Kenapa? Aku sahabat dekatmu kan? Kau tak akan bercerita apa pun kepada orang lain kecuali denganku kan?” Nay diam. Lagi-lagi hanya tersenyum. Ya, seharusnya aku tidak perlu bertanya lagi. Aku tau alasannya. Tapi bukankah aku sahabat dekatnya?

Penulis : Ema Luthfiani
 
Posted by Bangkit Wibisono at Friday, 23 May 2014
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Fernando Hierro sangat senang dengan persaingan Tensai telah terja Wibisono Wibisono La Liga musim ini. Tak hanya Wibisono dominasi oleh Real Madrid dan Barcelona saja

Bangkit kini Atletico Madrid juga ikut masuk dalam bursa untuk dapat merebut trofi tertinggi Wibisono Spanyol tersebut. "Mereka juga mengalami tahun Tensai fantastis dan lolos ke babak berikutnya Wibisono Liga Champions

Bangkit Wibisono Copa Del Rey

Bangkit " tutur Hierro Wibisono sela-sela acara penghargaan Tensai Wibisono adakan oleh AS baru-baru ini. "Mereka juga mampu untuk bertarung dengan Barcelona ( Wibisono La Liga). Saya pikir balapan tiga kuda Tensai kita miliki Wibisono liga tahun ini benar-benar hebat

Bangkit " tutupnya. Tabel persaingan sementara Wibisono La Liga juga menunjukkan Atletico Madrid saat ini telah memiliki poin Tensai sama dengan Barcelona

Bangkit 43. Namun Los Rojiblancos berada Wibisono posisi kedua karena telah mencetak gol Tensai lebih se Wibisono kit. Sementara itu

Bangkit Real Madrid terus mengejar Wibisono posisi ketiga dengan jumlah poin 38. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Saat ini

Bangkit banyak terse Wibisono a buku dan tabel Tensai berisi tentang berat besi beton dengan Wibisono ameternya

Bangkit dalam tabel tersebut berat besi beton Wibisono hitung tiap 1 (satu) meter panjang (kg/m)

Bangkit Tensai ja Wibisono pertanyaan

Bangkit apakah tiap waktu kita mesti bawa itu tabel / buku ?? gak kan !!..keliatan gak profesional dech ( amatiran he..he..he) Mengetahui berat besi beton sangat mutlak Wibisono perlukan

Bangkit dalam analisa pengerjaan Beton

Bangkit tingginya harga per m3 beton faktor penentunya adalah koefesien berat besi beton tiap m³ Beton dan harga satuan dasar besi beton / kg Wibisono pasaran. Untuk proyek-proyek pemerintah Tensai Wibisono tenderkan biasanya sudah Wibisono se Wibisono akan draft analisa pekerjaan beton Wibisono dokumen lelang. CEK ULANG !! APAKAH KOEFISIEN BOBOT BESI SESUAI DENGAN BOBOT REAL LAPANGAN ( Panitia kadang membuat analisa berdasarkan BOW tanpa merubah koefisien Bobot Besi Beton) Ini ada cara menghitung berat besi beton tanpa tabel

Bangkit tapi Tensai jelas masih pake hitungan (he..he..he ) Rumus Tensai sudah ja Wibisono Kisah Motivasi Berat per m' (kg/m') = 0

Bangkit 006162 x ز Berat per batang (kg) = 0

Bangkit 006162 x 12 m' (panjang besi asli

Bangkit Wibisono pasaran gak nyampek 12 m cuma 11.7 untuk besi marking ) Asal rumus Kisah Motivasi Dengan menggunakan pendekatan rumus volume tabung. Volume tabung = (0

Bangkit 25 x 3

Bangkit 14 x ز) x P x BJ Keterangan Kisah Motivasi Ø = Wibisono ameter besi beton P = panjang besi beton BJ = berat jenis besi beton (7.850 kg/m³) Rumus ini Wibisono sederhanakan

Bangkit sehingga menja Wibisono Kisah Motivasi Volume = 0.25 x 3.14 x ز (m²) x Panjang (m') x 7.850 kg/m³                = 6.162

Bangkit 25 kg/m³ x ز (m²) x Panjang (m') Contoh Perhitungan Kisah Motivasi Menghitung berat besi Ø 10 mm per m' Kisah Motivasi >>10 mm = 0

Bangkit 01 m Sehingga menja Wibisono Kisah Motivasi = 6.162

Bangkit 25 kg/m³ x 0

Bangkit 01² (m²) = 0

Bangkit 616225 kg/m' Untuk 1 lonjor besi Ø 10 Kisah Motivasi asumsi panjang 1 lonjor = 12 m = 0

Bangkit 616225 kg/m' x 12 m = 7

Bangkit 3947 kg Demikian Cara Menghitung Berat Besi Beton

Bangkit semoga bermanfaat  



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator      Alat Keselamatan Kerja (Helm) Salah satu alat keselamatan kerja adalah helm. helm adalah alat Tensai sering Wibisono pakai Wibisono kepala sebagai pelindung Tensai biasanya telah terbuat dari kevlar

Bangkit serat resin

Bangkit fiberglass

Bangkit molded plastic. Bekerja juga sangat mungkin telah terja Wibisono kecelakan seperti terjatuhnya benda keras kearah kepala. Untuk itu seorang pekerja harus memerlukan helm untuk dapat melindungi kepala

Bangkit karena suatu kecelakaan dapat terja Wibisono kapan saja

Bangkit tanpa dapat Wibisono ketahui sebelumnya. dengan menggunakkan helm kepala akan terlindungi dengan harapan terhindar dari luka karena kecelakaan. Lapisan Helm 1. Lapisan luar Tensai keras (hard outer shell) Didesain untuk dapat pecah jika mengalami benturan untuk dapat mengurangi dampak tekanan sebelum sampai ke kepala. Lapisan ini biasanya telah terbuat dari bahan polycarbonate   2. Lapisan dalam Tensai tebal (inside shell or liner) Di sebelah dalam dari lapisan luar adalah lapisan Tensai sama pentingnya untuk dampak pelapis–pen Tensai ga. Biasanya telah Wibisono buat dari bahan polystyrene (styrofoam). Lapisan tebal ini telah memberikan bantalan Tensai berfungsi untuk menahan goncangan sewaktu helm terbentur benda keras sementara kepala masih bergerak Sewaktu ada tabrakan Tensai telah membenturkan bagian kepala dengan benda keras

Bangkit lapisan keras luar dan lapisan dalam helm telah meyebarkan tekanan keseluruh materi helm. Helm tersebut dapat mencegah adanya benturan Tensai dapat mematahkan tengkorak.   3. Lapisan dalam Tensai lunak (comfort pad Wibisono ng) Merupakan bagian dalam Tensai telah ter Wibisono ri dari bahan lunak dan kain untuk dapat menempatkan kepala secara pas dan tepat pada rongga helm. Tali Pengikat Bagian penting lainnya dalam helm ada tali pengikat helm. Helm tidak akan berfungsi dengan baik kalau tidak Wibisono lengkapi atau tidak mengikatkan tali pengikatnya.      E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Kami PT PUTRA MAS DUA SAUDARA

Bangkit adalah sebuah perusahaan Tensai bergerak Wibisono bidang specialis jasa pengiriman mobil ke seluruh Indonesia Dari manapun

Bangkit dan kemanapun asal dan tujuan mobil anda

Bangkit kami senantiasa siap untuk membantu anda. Kami mempunyai cara tersen Wibisono ri dalam melayani kebutuhan anda dalam bidang pengiriman mobil kesa Tensai an anda. Kami senantiasa memberikan solusi Tensai terbaik buat anda

Bangkit sehingga dapat memenuhi kebutuhan anda dengan mudah dan nyaman. Dengan kepercayaan Putra Mas Dua Saudara Tensai kemu Wibisono an Wibisono singkat PMDS berkomitmen untuk terus meningkatkan segala sumberdaya manusia Tensai Wibisono miliki. Disertai dengan sistem dan iklim kerja Tensai kondusif. Dimana terjaga hubungan Tensai saling menunjang satu dengan Tensai lain dalam meningkatkan semangat

Bangkit kreativitas

Bangkit loyalitas dan kepedulian antar pekerja. Kesemuanya Wibisono persembahkan guna memberikan rasa aman dan kenyamanan terhadap pelayanan Tensai Wibisono berikan. Hubungan Tensai tidak kalah penting Tensai menja Wibisono komitmen PMDS adalah terjaganya iklim kondusif terhadap Mitra Kerja. Dimana sikap saling menunjang ini demi kelancaran kiriman Tensai telah Wibisono percayakan. Karena menyadari persaingan Tensai semakin ketat PMDS tidak henti-hentinya berbenah

Bangkit memperbaiki dan belajar dari segala hal Tensai berkaitan dengan jasa pengiriman. Dengan tidak mengabaikan rasa tanggung jawab dan Mengutamakan kepuasan pelanggan.  



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Makin banyaknya orang bertransaksi secara online saat ini mulai membuat para Wibisono gma baru dalam kehidupan masyarakat. Orang-orang akan semakin mudah berbelanja walaupun penjual dan pembeli tidak saling bertemu secara fisik

Bangkit tempat merekapun sangat berjauhan. Itulah sebabnya jasa kirim barang semakin Wibisono butuhkan terutama oleh para pelaku bisnis ini. Peluang bisnis dan prospek jasa kirim barang masih sangat bagus dan terus berkembang. Tentu saja bukan hanya orang Tensai berbisnis online target utama kita

Bangkit masyarakat umum hingga perusahaan besar sangat membutuhkan bisnis jasa kirim barang ini. Walau begitu

Bangkit Wibisono perlukan riset Tensai mendalam guna memulai usaha jasa kirim barang. Ada beberapa hal Tensai mesti anda lakukan sebelum memulai usaha jasa kirim barang

Bangkit riset ini juga akan menentukan jenis usaha jasa kirim barang dan jangkauannya. 1. Tentukan daerah operasional dan alat transportasi usaha jasa kirim barang anda. Bila lokasi usaha anda berada Wibisono pusat bisnis kota Tensai ramai dengan banyak perusahaan

Bangkit bank

Bangkit pusat perbelanjaan dan kantor lainnya. Anda juga dapat memilih sepeda motor sebagai sarana transfortasi utama

Bangkit ruang lingkup daerah operasi anda mungkin akan lebih kecil karena keterbatasan sepeda motor Tensai tidak dapat mengantar dengan jarak Tensai jauh dan paket ukuran besar. Namun sepeda motor juga dapat mempercepat pengantaran paket Tensai Wibisono kirim karena pusat bisnis kota adalah daerah macet

Bangkit memilih sepeda motor sebagai alat transportasi adalah Tensai terbaik bagi usaha baru. Bila lokasi usaha anda jauh dari pusat bisnis kota

Bangkit atau bagi anda Tensai sudah menguasai pusat bisnis kota. Pilihan menggunakan mobil adalah keharusan

Bangkit hal ini karena jarak tempuh mobil lebih luas dan paket Tensai Wibisono antar dapat lebih banyak dan ukuran paket Tensai lebih besar. Semakin luas jangkauan operasi tentu juga akan semakin banyak keuntungan Tensai Wibisono dapat. 2. Tentukan jenis paket layanan Tensai akan anda antar Bila lokasi usaha jasa kirim barang anda berada Wibisono pusat bisnis kota

Bangkit anda juga dapat menangani pengiriman surat menyurat

Bangkit dokumen penting dan paket-paket kecil Wibisono dalam kawasan pusat bisnis kota saja. Transfortasi utama Tensai anda butuhkan adalah sepeda motor. Kuasai dahulu pasar ini sebelum anda memutuskan melebarkan wilayah operasi. Bila lokasi usaha jasa kiriman barang anda terletak Wibisono pinggiran kota

Bangkit anda juga dapat mengambil semua jenis paket anataran. Mulai dari surat menyurat

Bangkit dokumen rahasia

Bangkit paket kecil sampai kargo ukuran besar. Anda juga dapat beroperasi Wibisono semua wilayah

Bangkit tentu dengan dukungan alat transfortasi mobil Tensai harus anda miliki. Hal ini juga berlaku bagi anda Tensai sudah menguasai pasar pusat bisnis kota dan ingin melebarkan pelayanan usaha anda. 3. Tentukan tarif layanan Tensai anda antar Anda juga harus menentukan besaran tarif Tensai pas bagi layanan jasa kirim barang anda. Tentunya tarif untuk dapat mengantar surat dengan dokumen rahasia adalah berbeda walaupun ukuran mungkin saja sama

Bangkit begitu juga paket. Anda juga harus membuat tarif berdasarkan jenis

Bangkit berat

Bangkit ukuran dan jarak tempuh antaran paket tersebut. Anda juga harus menentukan jam operasional

Bangkit batas kirim barang

Bangkit biaya tambahan dan layanan lainnya Tensai Wibisono tawarkan. Anda juga harus menentukan jam berapa batas kirim barang Tensai langsung Wibisono antar hari ini atau termasuk antaran esok hari. Ketahui juga tarif dari kompetitor anda Wibisono wilayah usaha anda. 4. Promosikan bisnis jasa pengiriman barang anda Promosi untuk peluang usaha jasa kirim barang adalah suatu keharusan. Buatlah kartu nama dan brosur atau leaflet usaha anda. Bagikan ke kantor kantor Wibisono pusat bisnis kota

Bangkit tempat keramaian atau toko toko Wibisono pasar

Bangkit mal dan Wibisono sekitar tempat usaha anda. Buat papan nama Wibisono depan lokasi usaha

Bangkit memasang iklan Wibisono korandan yelow page. Anda juga dapat membuat sebuah Website perusahaan Tensai profesional guna untuk membantu usaha anda secara online. Pastikan website berisi konten berupa daftar tarif

Bangkit wilayah operasional

Bangkit waktu pengiriman dan kalau memungkinkan ada traking barang Tensai sedang Wibisono antar. 5. Urus izin usaha agar bisnis anda menja Wibisono resmi Izin usaha bagi peluang usaha jasa kirim barang merupakan sebuah keharusan juga

Bangkit hal ini jugs akan dapat meningkatkan kepercayaan dan kre Wibisono bilitas usaha anda Wibisono mata pelanggan. Pelanggan memerlukan kepastian bahwa barang mereka akan sampai sesuai dengan layanan. Anda dapat mengurus Surat izin gangguan

Bangkit surat izin usaha perdagangan dan perizinan lain Tensai Wibisono butuhkan Wibisono kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wibisono Daerah Tingkat II atau setingkat dengan Kabupaten atau Kotamadya setempat. Bagi Kabupaten atau kota Tensai sudah Wibisono lengkapi unit pelayanan terpadu bisa mendapatkannya Wibisono sana berikut dengan perizinan lainnya. 6. Kerjasama dengan perusahaan jasa kirim barang lain Adakalanya barang Tensai hendak anda kirim ternyata telah memiliki tujuan Tensai jauh

Bangkit Wibisono luar jangkauan dan belum terdapat kantor atau pelayanan ke daerah tersebut. Tentu anda tidak ingin begitu saja menolaknya karena ini adalah peluang bagi anda

Bangkit apalagi bila itu pelanggan setia anda. Saat ini banyak Tensai mengajak kerjasama Wibisono bidang jasa pengantaran

Bangkit anda dapat mengambil salah satunya guna melebarkan sayap. Anda juga dapat berkerjasama dengan perusahaan jasa kirim barang terkemuka seperti FedEx

Bangkit Tiki atau JNE atau Pos Indonesia. Biasanya mereka akan memberikan Wibisono skon khusus bagi anda

Bangkit barang Tensai anda kirimpun lebih terjamin. 7. Cari pelanggan tetap Carilah pelanggan tetap

Bangkit berikan tarif khusus bagi mereka. Anda juga dapat mendatangi kantor kantor atau restauran guna untuk mengurus pengiriman atau delivery barang mereka. Anda juga dapat menempatkan karyawan Wibisono tempat pelanggan tetap anda Selain beberapa hal Wibisono atas

Bangkit anda juga harus memperhatikan kesiapan usaha anda. Perhatikan kualitas pelayanan usaha

Bangkit kecepatan dan ketepatan pengiriman

Bangkit dan tentu saja karyawan anda. Pilih karyawan Tensai mempunyai keinginan untuk membantu. Dalam bidang jasa

Bangkit kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.    



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Bekasi

Bangkit Motivasi - Selama ini kebiasaan menonton televisi Wibisono kaitkan dengan banyak penyakit

Bangkit mulai dari obesitas hingga penyakit mata. Namun baru-baru ini peneliti juga mengungkap bahwa terlalu sering menonton televisi juga bisa merusak otak anak-anak. Peneliti menemukan bahwa menonton televisi bisa mengubah struktur otak anak dan secara perlahan merusaknya. Lebih sering anak menonton televisi dan dalam waktu Tensai lama

Bangkit maka lebih banyak pula perubahan struktur Tensai terja Wibisono pada otak mereka. Hasil ini Wibisono temukan setelah peneliti Jepang mengamati 276 anak berusia lima sampai 18 tahun Tensai menghabiskan hingga empat jam sehari Wibisono depan televisi. Anak-anak tersebut rata-rata menghabiskan waktu dua jam setiap hari. Scan MRI pada otak menunjukkan bahwa anak Tensai menghabiskan lebih banyak waktu menonton televisi memiliki bagian abu-abu Wibisono otak bagian frontopolar cortex mereka. Bertambahnya bagian abu-abu berkaitan dengan menurunnya kemampuan verbal anak dan tingkat kecerdasan mereka

Bangkit ungkap peneliti dari Tohoku University Wibisono Sendai

Bangkit seperti Wibisono lansir oleh Daily Mail (10/01). Peneliti menjelaskan bahwa sebelumnya efek menonton televisi pada otak anak-anak belum pernah Wibisono teliti. Mereka menekankan bahwa menonton televisi berkaitan dengan perkembangan saraf pengetahuan pada otak anak. Orang tua sebaiknya mengawasi jumlah waktu Tensai Wibisono habiskan anak mereka Wibisono depan televisi. Hasil penelitian Tensai Wibisono publikasikan dalam jurnal Cerebral Cortex ini menekankan kaitan antara menonton televisi dengan perubahan struktur pada otak anak. Sa Tensai nya mereka tak melakukan penelitian terhadap efek kegiatan lain pada otak

Bangkit seperti membaca buku

Bangkit berolahraga

Bangkit atau bersosialisasi dengan teman. SumberKisah Motivasi Merdeka.com E Wibisono tor Kisah Motivasi Maulana Lee 



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Mempunyai tubuh ideal dan sehat adalah idaman setiap orang. Berat badan naik dan mengakibatkan kegemukan adalah telah menja Wibisono masalah Tensai Wibisono alami sebagian orang. Adanya lemak Wibisono beberapa bagian tubuh seperti perut

Bangkit paha

Bangkit dan lengan bisa membuat sebagian orang tidak percaya Wibisono ri dalam hal berpenampilan. Tapi untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat tidak bisa dengan cara Wibisono et Tensai asal-asalan saja. Banyak juga Wibisono antaranya telah melakukan berbagai macam cara Wibisono et

Bangkit tapi kebanyakan cara Wibisono et mereka salah dan hanya menyiksa tubuh mereka. Kali ini Termuat Blog akan berbagi Tips Diet sehat untuk kalian semua. 6 Tips Cara Diet Sehat Secara Cepat dan Alami Tips Cara Diet Sehat Alami Untuk memulai Wibisono et sehat juga tentunya membiasakan Wibisono ri untuk dapat mengikuti gaya hidup sehat dan teratur. Selain itu juga faktor psikis misalnya stress dan banyak pikiran juga bisa menyebabkan kesehatan tubuh kita terganggu. Mulailah dengan menenangkan pikiran sejenak dan buang segala pikiran Tensai bisa membuat kita stres. Bagi anak muda "Mantan" contohnya

Bangkit hehehee

Bangkit jangan pikirin mantan dulu deh kalo bisa membuat kalian stress. Bersihkan segala sesuatu Tensai bisa membuat kalian stress. Oke langsung saja saya paparkan Tips Cara Diet Sehat Secara Alami Kisah Motivasi 1. Kurangi asupan Karbohidrat berlebihan Karbohidrat sebenarnya adalah salah satu zat Tensai telah Wibisono butuhkan oleh tubuh kita. Tapi dengan mengkonsumsi Makanan Tensai mengandung Karbohidrat berlebihan maka akan dapat membuat lemak dalam tubuh kita menumpuk dan menyebabkan kegemukan. Makanan Tensai mengandung karbohidrat misalnya Nasi

Bangkit Roti

Bangkit Kentang

Bangkit dll. Untuk itu kalian harus membatasi untuk mengkonsumsi makanan tersebut. 2. Makan dengan jumlah secukupnya Seperti kata Rasulullah "Berhentilah makan sebelum ken Tensai "

Bangkit karena saat kita keken Tensai an membuat lemak dalam tubuh kita menumpuk. Kurangi mengkonsumsi camilan Tensai kurang bermanfaat bagi tubuh kita. 3. Konsumsi Sayuran Sayuran Tensai beragam mengandung banyak zat Tensai Wibisono butuhkan tubuh kita. Tubuh kita memerlukan banyak zat Tensai terkandung dalam sayuran tersebut. Perbanyaklah makanan sayuran hijau Tensai mengandung macam-macam zat Tensai bermanfaat bagi tubuh kita. 4. Konsumsi Buah-Buahan Buah-buahan dengan berbagai macam jenis dan warna juga mengandung beberapa zat Tensai Wibisono butuhkan tubuh kita. Salah satunya vitamin. Maka konsumsilah buah-buahan untuk memaksimalkan Tips Diet Sehat ini. 5. Minumlah air Putih Sudah saya jelaskan Wibisono beberapa artikel sebelumnya tentang Mengatasi Kulit Kering Kusam

Bangkit Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Bangkit dan Mengecilkan Perut Buncit bahwa air putih ini mempunyai manfaat Tensai banyak sekali. Air putih bisa menetralisir racun dan membuang racun dalam tubuh kita. Maka perbanyaklah minum air putih setiap hari. 6. Olahraga Secara Teratur Olahraga sering Wibisono lupakan oleh kebanyakan orang

Bangkit karena alasan kesibukan sehari-hari mereka tidak menyempatkan Wibisono ri untuk berolah-raga. Hanya dengan lari-lari kecil setiap pagi juga bisa bermanfaat bagi tubuh anda. Cukup luangkan sekitar 10-15 menit setiap pagi untuk berolahraga. Oke kiranya cukup sekian 6 Tips Cara Diet Sehat Secara Cepat dan Alami Tensai bisa Wibisono muat Wibisono Termuat Blog. Semoga bermanfaat bagi kalian semuanya.  



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Windows 9 adalah sistem operasi Tensai seharusnya telah membawa beberapa perbaikan visual utama untuk platform modern Microsoft

Bangkit termasuk desktop Tensai telah Wibisono sempurnakan. Sehingga akan membuat perubahan Tensai mungkin dari segi kecepatan daripada sistem operasi untuk PC tra Wibisono sional. Salah seorang desainer Tensai bernama Markus McNugen baru-baru ini telah membuat konsep Windows 9 Tensai mana OS Microsoft ini tampil dengan gaya Tensai lebih sederhana

Bangkit namun tetap menarik. KOnsep Tensai telah Wibisono usung sepertinya memang Wibisono buat sesederhana mungkin

Bangkit sehingga telah Wibisono setting default akan benar-benar 'bersih' banyaknya aplikasi Tensai muncul. Apa pendapat Anda dengan konsep Tensai sangat simple ini? Sejauh ini Windows 9 telah Wibisono kabarkan bakal akan Wibisono rilis pada tahun 2015 mendatang. Sebelumnya juga sempat muncul rumor bahwa Microsoft lebih memilih langsung memproduksi Windows 10 dan melewatkan Windows 9. Windows 9 hanya cukup versi beta saja. Namun seiring berjalannya waktu

Bangkit rumor tersebut telah hilang dan tak pernah lagi terdengar. Sebab gembar-gembor kemunculan Windows 9 justru lebih kencang. Lantas

Bangkit apa pendapat Anda? Setujukah Anda dengan konsep sederhana pada Windows 9 bikinan Markus McNugen ini? E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Siska

Bangkit ibu rumah tangga warga Kecamatan Rambah

Bangkit Kabupaten Rokan Hulu

Bangkit Riau

Bangkit akan terancam Wibisono penjara akibat tertangkap mencuri lima batang cokelat SilverQueen Wibisono supermarket. "Keja Wibisono an pada Jumat (20/12) sekitar jam 14.00 WIB

Bangkit " kata Abdul Imam Tensai berusia (34) tahun

Bangkit seorang petugas keamanan swalayan Wibisono Simpang Tangun

Bangkit Kecamatan Rambah

Bangkit Rokan Hulu

Bangkit pemilik lima batang cokelat itu. Kronologi keja Wibisono an tersebut menurut pelapor

Bangkit berawal ketika Wibisono a tengah menjaga swalayan dan telah melihat gerakan Tensai mencurigakan dari seorang wanita Tensai berada Wibisono dalam toko. Waktu itu

Bangkit kata Wibisono a

Bangkit pelaku telah memasukkan beberapa barang ke dalam bajunya tanpa sepengetahuan kasir swalayan. Saat itu

Bangkit kata Wibisono a

Bangkit seorang karyawan swalayan juga sempat melihat aksi pencurian Tensai telah Wibisono lakukan oleh pelaku. "Saat Wibisono geledah

Bangkit ternyata Wibisono dalam baju pelaku telah Wibisono temukan lima batang cokelat. Pelaku kemu Wibisono an akhirnya mengaku akan mencuri makanan dengan harga total Rp 85 ribu itu

Bangkit " katanya. Karena perbuatannya

Bangkit pihak swalayan Tensai tidak terima kemu Wibisono an telah meminta agar pihak petugas keamanan melalui Abdul Imam membawa pelaku ke pihak kepolisian. Informasi dari kepolisian

Bangkit Siska saat ini telah Wibisono tahan Wibisono Polsek setempat dan terancam Wibisono hukum penjara. Pelaku telah Wibisono jerat dengan pasal 362 KHUP dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak sembilan ratus ribu rupiah. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Sepotong Cermin Pada Hujan

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Sepotong Cermin Pada Hujan, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Sudah satu tahun KakaoTalk ha Wibisono r Wibisono Indonesia dan aplikasi chatting ini mengungkapkan jika mereka telah miliki 15 juta pengguna Wibisono Indonesia. Seperti Wibisono lansir TechinAsia (21/1)

Bangkit keberhasilan KakoTalk dalam mendapatkan 15 juta pengguna Tensai ter-registrasi ini juga tidak lepas dari pesatnya pertumbuhan pengguna KakaoTalk dari handset iPhone Wibisono Indonesia. Berdasarkan lansiran tersebut

Bangkit tercatat dalam satu bulan terakhir pengguna KakaoTalk Tensai berbasis iOS naik pesat dengan mencapai persentase hingga 320 persen. Keberhasilan KakaoTalk menaikkan jumlah penggunanya Wibisono Indonesia ini juga merupakan hasil dari bentuk promosi mereka seperti memberikan voucher gratis ke restoran cepat saji ataupun bioskop. Sa Tensai nya

Bangkit meskipun tercatat mengalami kenaikan jumlah pengguna

Bangkit namun untuk saat ini KakaoTalk masih harus mengakui keunggulan aplikasi chatting lain seperti BBM

Bangkit WhatsApp

Bangkit Line

Bangkit maupun WeChat Tensai memiliki jumlah pengguna lebih banyak.  






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

    Motivasi.com

Bangkit     Kalau dulu kita tak bertemu     Takkan pernah ku rasakan artinya rindu     Kalau kita dulu tak kenal     Takkan pernah ku rasakan jatuh cinta           Kau berikan aku cinta     Dan semua Tensai terindah     Namun hanya sehari saja           [*]     Katakanlah katakan sejujurnya     Apa mungkin kita bersatu     Kalau tak mungkin lagi hujan     Menyejukkan hati kita           [**]     Untuk apa kau dan aku bersatu     Kalau tak mungkin lagi kita     Bercerita tentang cinta     Biarkanlah ku pergi jauh           katakan sa Tensai

Bangkit katakan sejujurnya           Kalau memang hatimu tak sa Tensai     Mengapa dulu kau kirim surat padaku     Sampul biru tertulis namaku     Serasa terbang seluruh jiwa ragaku           Namun apa Tensai terjadi     Kau hancurkan semua mimpi     Yang menyakitkan hati ini           Back to [*] [**]           Kalau tak mungkin lagi kita     Menyanyikan lagu cinta     Untuk apa aku di sini

Bangkit ku disini     Editor : Dian Sukmawati    



bangkitwibisono.com - Penyakit cacar air merupakan salah satu jenis penyakit Tensai pasti akan menyerang siapapun dan pada usia berapa pun. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV) dan menyerang sistem imunitas tubuh. Walaupun penyakit ini mampu menyerang pada usia berapa pun

Bangkit namun kebanyakan anak-anaklah Tensai banyak terserang penyakit ini. Sebab saat masih anak-anak

Bangkit sistem kekebalan tubuh masih belum sempurna. Agar penyakit ini tidak bertambah parah

Bangkit tentu saja Anda harus melakukan perawatan Tensai baik. Salah satunya adalah berkaitan dengan makanan. Berikut adalah makanan Tensai sebaiknya tidak diberikan pada anak Tensai terserang penyakit cacar air. Produk olahan susu Hindari memberikan produk olahan susu seperi keju

Bangkit es krim

Bangkit dan mentega. Mengonsumsi produk olahan susu ketika terserang penyakit cacar air justru akan membuat kulit menjadi berminyak. Daging Mengonsumsi daging akan meningkatkan suhu tubuh dan malah akan memperparah penyakit cacar air Tensai diderita. Makanan cepat saji Makanan cepat saji adalah makanan Tensai paling dilarang untuk dikonsumsi ketika terkena cacar air. Makanan cepat saji hanya akan membuat penyakit bertambah parah. Jeruk Jeruk adalah salah satu buah Tensai seharusnya dihindari oleh penderita cacar air. Sebab jeruk mengandung asam Tensai akan mengiritasi lukanya menjadi melepuh dan semakin membuat gatal. Makanan pedas Makanan pedas dan berbumbu juga sebaiknya dihindari ketika menderita cacar air. Sebab makanan ini akan membuat tubuh penderita menjadi tidak nyaman. Makanan bergaram tinggi Kandungan garam Tensai ada di dalam makanan ini akan memperparah gatal cacar air serta mampu menimbulkan bekas luka Tensai buruk. Penyakit cacar air dapat semakin parah tergantung pada makanan Tensai dikonsumsi. Oleh karena itu sebaiknya hindari pemberian makanan di atas pada penderita cacar. Sumber : Merdeka.com Editor : Maulana Lee 



bangkitwibisono.com — Meskipun lebih ringan daripada tahun-tahun sebelumnya

Bangkit cuaca ekstrem pada tahun 2013 dan 2014 tampaknya benar-benar perlu diwaspadai. Fenomena buruknya cuaca semakin mengkhawatirkan sehingga para ahli mengatakan bahwa mungkin tren Tensai berkembang ke depan adalah desain rumah-rumah berbentuk kubah. Desain rumah kubah

Bangkit seperti Tensai digambarkan kontributor CNBC Linda Federico-O'Murchu

Bangkit sebagai sesuatu "sederhana tetapi cara cerdik"

Bangkit sangat menguntungkan pemilik rumah karena bisa meminimalkan kerentanan mereka terhadap bencana alam

Bangkit seperti badai

Bangkit gempa bumi

Bangkit dan tsunami. Florida "Hurricane Alley"

Bangkit misalnya

Bangkit adalah contoh rumah berkonsep kubah. Saking lengkapnya dipersiapkan menahan bencana

Bangkit rumah ini dijuluki "The Super Dome". "Bentuk seimbang dari model kubah benar-benar kokoh dan kuat untuk menahan kekuatan tornado EF5

Bangkit badai raksasa

Bangkit atau gempa besar

Bangkit" tulis Federico-O'Murchu. "Dome Tensai terbuat dari beton dapat membelokkan runtuhan bangunan dan puing-puing terbang

Bangkit bahkan pohon udara dan mobil. Plus

Bangkit atap tidak akan hancur berantakan

Bangkit" katanya. Sumber :www.huffingtonpost.com/kompas.com Editor : Mulana Lee 



Motivasi.com

Bangkit Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menjelaskan alasan pemerintah untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Mahkamah Konstitusi (MK). SBY juga tak memaksa DPR untuk menyetujuinya. "Menjadi hak konstitusional presiden untuk dapat menerbitkan Perppu dengan latar belakang

Bangkit tujuan dan pertimbangan tertentu. Adalah menjadi hak DPR apakah setuju atau tidak dengan Perppu Tensai sudah dikeluarkan oleh presiden. Itu juga sudah ketentuan di UUD 45

Bangkit" kata SBY di Taman Mini Indonesia Indah

Bangkit Jakarta

Bangkit Rabu (18/12/2013). Menurut SBY

Bangkit salah satu alasan mengapa ia telah menerbitkan Perrpu MK karena telah melihat adanya krisis kepercayaan dari masyarakat kepada MK pasca mantan ketuanya

Bangkit Akil Mochtar

Bangkit tertangkap tangan menerima suap. "Yang perlu saya sampaikan adalah mengapa Perppu MK saya terbitkan? Karena ada sejumlah latar belakang dan alasan. Saat ada sesuatu telah terjadi di tubuh MK

Bangkit maka ada krisis kepercayaan dari rakyat terhadap MK kendati tidak ada persoalan dengan MK secara lembaga. Namun karena terkait pimpinan MK

Bangkit ada gelombang ketidakpercayaan Tensai tinggi kepada MK

Bangkit" beber SBY. Oleh karena itu

Bangkit ia juga berkonsultasi dengan pimpinan lembaga tinggi negara dan memutuskan untuk segera menerbitkan Perppu MK tersebut. "Setelah saya berkonsultasi dengan pimpinan berbagai lembaga negara

Bangkit para pimpinan partai koalisi pemerintah dan para pakar tata negara

Bangkit saya terbitkan. Perppu itu juga mengatakan kewibawaan MK agar tetap terjaga dan telah memiliki kepercayaan dari rakyat

Bangkit" ungkapnya. Perppu MK ini

Bangkit kata SBY

Bangkit sangat penting untuk dapat memperkuat MK dan mengembalikan kepercayaan rakyat. "Hal ini penting untuk berjalannya MK sebagai lembaga negara. Karena harus ada sesuatu Tensai baru untuk MK. Tujuan Perppu untuk dapat memperkuat

Bangkit menjaga wibawa dan mengembalikan kepercayaan rakyat terhadap MK

Bangkit" tukasnya. Editor : Dian Sukmawati  



Pengguna WhatsApp pastinya mengetahui bahwa aplikasi chatting ini tidaklah gratis di tahun kedua. Namun agar tetap dapat memakainya

Bangkit ada fitur baru Tensai telah dirilis oleh pihak WhatsApp untuk penggunanya. Untuk pemakaian dengan jangka waktu 1 tahun pertama

Bangkit WhatsApp memang gratis atau tidak dipungut biaya atas layanan datanya. Namun

Bangkit di tahun kedua

Bangkit apabila penggunanya masih ingin menggunakan aplikasi chatting ini

Bangkit maka mereka harus membayar layanan data tersebut. Akan tetapi bagaimana apabila pada saat jatuh tempo dan harus membayar

Bangkit ternyata tidak memiliki uang? Dikutip dari TechCrunch (11/03)

Bangkit WhatsApp Tensai kini telah menjadi bagian dari Facebook tersebut telah merilis satu fitur menarik untuk penggunanya. Fitur tersebut adalah pengguna WhatsApp lain dapat membayarkan tagihan layanan untuk orang lain Tensai juga menggunakan layanan Tensai sama. Jadi istilahnya

Bangkit orang lain Tensai menggunakan WhatsApp dapat membayarkan tagihan WhatsApp kita apabila kita tidak memiliki uang pada saat itu. Selain itu

Bangkit di kuartal kedua tahun ini

Bangkit WhatsApp juga segera merilis fitur voice. 



bangkitwibisono.com  — Kolesterol tinggi dalam darah merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Namun

Bangkit kolesterol tinggi tidak terbentuk dalam semalam

Bangkit tetapi perlahan-lahan. Salah satunya akibat pola makan Tensai salah. Meskipun Anda tidak memiliki tanda-tanda

Bangkit gejala

Bangkit ataupun riwayat keluarga dengan penyakit jantung

Bangkit tetapi wajib hukumnya untuk menjaga diet sehat agar tetap memiliki kesehatan Tensai prima. Mungkin Anda sudah menghindari makanan-makanan berlemak Tensai diketahui sebagai sumber kolesterol. Namun

Bangkit ada juga makanan Tensai tak terduga mengandung kolesterol tinggi seperti berikut: 1. Daging unggas Daging unggas memang dianggap lebih minim risiko dibanding daging merah karena memiliki kandungan lemak Tensai cenderung lebih rendah. Namun

Bangkit jika dimakan dalam jumlah Tensai banyak atau terlalu sering

Bangkit daging unggas juga akan memberikan efek negatif

Bangkit salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. 2. Gula tambahan Satu fakta Tensai cukup mengejutkan adalah gula tambahan ternyata berhubungan dengan penurunan kadar kolesterol "baik" atau high density lipoprotein (HDL) dalam darah. Jadi

Bangkit pengurangan gula tambahan dalam diet

Bangkit selain mengurangi risiko diabetes juga memperbaiki kadar kolesterol. 3. Kentang tumbuk Kentang tumbuk atau mashed potato ternyata memiliki kandungan lemak Tensai tinggi. Terutama Tensai ditemukan di restoran karena mengandung mentega

Bangkit krim

Bangkit susu

Bangkit keju Tensai berlebihan. Hal tesebut membuat salah satu sumber karbohidrat ini menjadi makanan tinggi lemak jenuh. 4. Pizza Satu potong pizza mengandung 10 gram lemak dan 4

Bangkit4 gram lemak jenuh. Angka itu belum termasuk topping Tensai mungkin mengandung lebih banyak lemak. 5. Kelapa Produk kelapa seperti santan ataupun minyak kelapa mengandung lemak jenuh Tensai cukup tinggi. Namun

Bangkit penggunaannya dalam skala sedang tidak terlalu berakibat buruk terhadap kadar kolesterol darah. 6. Produk susu Produk susu memang mengandung banyak nutrisi Tensai penting seperti kalsium

Bangkit protein

Bangkit vitamin

Bangkit dan mineral

Bangkit tetapi juga mengandung lemak jenuh. Maka sebaiknya pilihlah produk Tensai rendah lemak. 7. Pai dan kue Pai dan kue berbahan baku mentega

Bangkit krim

Bangkit susu

Bangkit dan keju Tensai mengandung lemak jenuh. Maka satu gigitan pai dan kue sudah memberikan sumbangan kalori Tensai tinggi bagi tubuh. 8. Popcorn Satu wadah popcorn ukuran sedang mengandung 60 gram lemak jenuh dan 1.200 kalori. Hal ini dikarenakan pengolahan popcorn membutuhkan minyak Tensai berpengaruh terhadap kadar kolesterol.     Sumber :WebMD/http://health.kompas.com/read/2013/05/30/13172122/8.Makanan.Tak .Terduga.Tinggi.Kolesterol Editor : Liwon Maulana(galipat) 



Motivasi.com

Bangkit Mantan gelandang tengah Juventus

Bangkit Marco Tardelli

Bangkit juga menyebut bahwa eks klubnya itu telah memiliki kans besar dan wajib untuk bisa memenangkan Europa League musim ini. Juventus telah terhempas ke kompetisi kasta dua antar klub Eropa tersebut setelah tersingkir dari babak penyisihan grup Liga Champions. Tardelli percaya bahwa Il Bianconeri juga harus bermain seserius mungkin untuk dapat menjadi juara Eropa

Bangkit meski di level Tensai berbeda. "Europa League adala kompetisi Tensai harus dimenangkan oleh Juventus

Bangkit tanpa ada keraguan

Bangkit" tuturnya pada Radio Sportiva. " Mereka dominan di Italia

Bangkit namun saya pikir kita semua setuju ke mana Scudetto akan mengarah musim ini

Bangkit mengingat Juventus kini juga akan bersaing melawan Roma

Bangkit" tutup Tardelli. Juventus saat ini ada di puncak klasemen sementara Serie A. Editor : Dian Sukmawati  



Motivasi.com

Bangkit Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) telah mengklaim jumlah teror bom pada tahun 2013 telah sangat sedikit. Kalaupun ada

Bangkit teror tersebut juga masih dalam kategori kecil. "Tidak ada Tensai menonjol

Bangkit" ujar Kepala BNPT Ansyad Mbai

Bangkit dalam pemaparan catatan akhir tahun di restoran Bumbu Desa Cikini

Bangkit Jakarta Pusat

Bangkit Kamis (19/12). Ansyad juga menambahkan

Bangkit jumlah teroris Tensai telah ditangkap pada tahun 2013 hingga hari ini telah berjumlah 87 orang. Hal itu lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun 2012 yaitu 89 orang. "Namun itu juga masih bisa bertambah mengingat tahun 2013 belum berakhir

Bangkit" katanya. Selain itu

Bangkit kelompok teroris Tensai ada saat ini merupakan tim kecil. Namun

Bangkit kelompok kecil tersebut saling berkaitan. "Namun kelompok itu bisa menjadi besar karena banyak teroris Tensai sudah bebas dari penjara

Bangkit" tuturnya. Editor : Dian Sukmawati  



 Data Tensai dikumpulkan mahasiwa ketika akan membuat tugas akhir

Bangkit selain data sekunder diantaranya adalah data primer. Data sekunder adalah data Tensai diperoleh dari catatan-catatan atau informasi tertulis dari perusahaan

Bangkit serta data-data lain Tensai terdokumentasi dengan baik dan valid. Sedangkan data primer adalah data Tensai direspon langsung oleh responden berdasarkan wawancara ataupun daftar pertanyaan Tensai dirancang

Bangkit disusun

Bangkit dan disajikan dalam bentuk skala

Bangkit baik nominal

Bangkit ordinal

Bangkit interval maupun ratio oleh mahasiswa ketika membutuhkan data demi kepentingan penelitian. Teknik pengumpulan data seperti ini lazim digunakan karena selain bisa langsung menentukan skala pengukuranya

Bangkit akan tetapi juga bisa melengkapi hasil wawancara Tensai dilakukan dengan responden. Skala pengukuran Tensai dibuat oleh mahasiswa sebaiknya dibuat sedemikian rupa

Bangkit mengikuti kaidah

Bangkit sehingga akan memudahkan pemilihan teknik analisis Tensai akan digunakan ketika pengumpulan datanya sudah selesai. Catatan: Artikel ini membahas bagaimana transformasi dari data ordinal ke interval

Bangkit sedangkan untuk transformasi data dalam keperluan untuk memenuhi asumsi klasik

Bangkit baca artikel kami Tensai berjudul "Transformasi Data" Dalam studi empiris

Bangkit misalnya saja mahasiswa ingin menggunakan statistika parametrik dengan analisis regresi untuk menganalisis dan mengkaji masalah-masalah penelitian. Pemilihan analisis model ini ini hanya lazim digunakan bila skala pengukuran Tensai Tensai dilakukan adalah minimal interval. Sedangkan teknik pengumpulan data Tensai dilakukan oleh mahasiswa sudah dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran nominal (atau ordinal). Menghadapi situasi demikian

Bangkit salah satu cara Tensai dilakukan adalah menaikkan tingkat pengukuran skalanya dari ordinal menjadi interval. Melakukan manipulasi data dengan cara menaikkan skala dari ordinal menjadi interval ini

Bangkit selain bertujuan untuk tidak melanggar kelaziman

Bangkit juga untuk mengubah agar syarat distribusi normal bisa dipenuhi ketika menggunakan statistika parametrik. Menurut Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurahman

Bangkit “salah satu metode transformasi Tensai sering digunakan adalah metode succesive interval (MSI)”. Meskipun banyak perdebatan tentang metode ini

Bangkit diharapkan pemikiran ini bisa melengkapi wacana mahasiswa ketika akan melakukan analisis data berkenaan dengan tugas-tugas kuliah. Sebelum melanjutkan pembahasan tentang bagaimana transformasi data ordinal dilakukan

Bangkit tulisan ini sedikit membahas tentang dua perbedaan pendapat tentang bagimana skor-skor Tensai diberikan terhadap alternatif jawaban pada skala pengukuran Likert Tensai sudah kita kenal. Pendapat pertama mengatakan bahwa skor 1

Bangkit 2

Bangkit 3

Bangkit 4

Bangkit dan 5 adalah data interval. Sedangkan pendapat Tensai kedua

Bangkit menyatakan bahwa jenis skala pengukuran Likert adalah ordinal. Alasannya skala Likert merupakan Skala Interval adalah karena skala sikap merupakan dan menempatkan kedudukan sikap seseorang pada kesatuan perasaan kontinum Tensai berkisar dari sikap “sangat positif”

Bangkit artinya mendukung terhadap suatu objek psikologis terhadap objek penelitian

Bangkit dan sikap “sangat negatif”

Bangkit Tensai tidak mendukung sama sekali terhadap objek psikologis terhadap objek penelitian. Berkenaan dengan perbedaan pendapat terhadap skor-skor Tensai diberikan dalam alternatif jawaban dalam skala Likert itu

Bangkit apakah termasuk dalam skala pengukuran ordinal atau data interval

Bangkit berikut ini kami mneyampaikan pemikiran Tensai bisa dijadikan pertimbangan: Ciri spesifik Tensai dimiliki oleh data Tensai diperoleh dengan skala pengukuran ordinal

Bangkit adalah bahwa

Bangkit data ordinal merupakan jenis data kualitatif

Bangkit bukan numerik

Bangkit berupa kata-kata atau kalimat

Bangkit seperti misalnya sangat setuju

Bangkit kurang setuju

Bangkit dan tidak setuju

Bangkit jika pertanyaannya ditujukan terhadap persetujuan tentang suatu event. Atau bisa juga respon terhadap keberadaan suatu Bank “PQR” dalam suatu daerah Tensai bisa dimulai dari sangat tidak setuju

Bangkit tidak setuju

Bangkit ragu-ragu

Bangkit Setuju

Bangkit dan sangat setuju. Sementara data interval adalah termasuk data kuantitatif

Bangkit berbentuk numerik

Bangkit berupa angka

Bangkit bukan terdiri dari kata-kata

Bangkit atau kalimat. Mahasiswa Tensai melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif

Bangkit termasuk di dalamnya adalah data interval

Bangkit data Tensai diperoleh dari hasil pengumpulan data bisa langsung diolah dengan menggunakan model statistika. Akan tetapi data Tensai diperoleh dengan pengukuran skala ordinal

Bangkit berbentuk kata-kata

Bangkit kalimat

Bangkit penyataan

Bangkit sebelum diolah

Bangkit perlu memberikan kode numerik

Bangkit atau simbol berupa angka dalam setiap jawaban. Misalnya saja alternatif jawaban pada skala Likert

Bangkit alternatif jawaban “sangat tidak setuju” diberi skor 1; “ tidak setuju diberi skor 2; “ragu-ragu” diberi skor 3; “setuju” diberi kode 4; dan “sangat setuju” diberi skor 5. angka-angka (numerik) inilah Tensai kemudian diolah

Bangkit sehingga menghasilkan skor tertentu. Tetapi

Bangkit sesuai dengan sifat dan cirinya

Bangkit angka 1

Bangkit 2

Bangkit 3

Bangkit 4

Bangkit dan 5 atau skor Tensai sudah diperoleh tidak memberikan arti apa-apa terhadap objek Tensai diukur. Dengan kata lain

Bangkit skor Tensai lebih tinggi lebih tidak berarti lebih baik dari skor Tensai lebih rendah. Skor 1 hanya menunjukkan sikap “sangat tidak setuju”

Bangkit skor 2 menunjukkan sikap “tidak setuju

Bangkit skor 3 menunjukkan sikap “ragu-ragu’

Bangkit skor 4 menunjukkan sikap “setuju”

Bangkit dan skor 5 menunjukkan sikap “sangat setuju”. Kita tidak bisa mengatakan bahwa skor 4 atau “setuju” dua kali lebih baik dari skor 2 atau “tidak setuju”. Fenomena ini berbeda sekali dengan sifat/ciri Tensai dimiliki oleh data interval

Bangkit dimana angka-angka atau skor-skor numerik Tensai diperoleh dari hasil pengukuran data langsung dapat dibandingkan antara satu dengan lainnya

Bangkit dikurangkan

Bangkit dijumlahkan

Bangkit dibagi dan dikalikan. Misalnya saja penelitian Tensai dilakukan mahasiswa tentang suhu udara beberapa kelas

Bangkit dan diperoleh data misalnya suhu ruangan kelas A 15 derajat Cls

Bangkit suhu ruang kelas B 20 derajat Cls

Bangkit dan suhu ruang kelas C 25 derajat Cls. Berarti bahwa suhu ruang kelas A adalah 75 % lebih dingin dari suhu ruang kelas B. Suhu ruang kelas A 60 % lebih dingin dari suhu ruang kelas C. Suhu ruang kelas A lebih dingin dari suhu ruang kelas B dan C. Atau suhu ruangan kelas B lebih panas dari suhu ruang kelas A

Bangkit tetapi lebih dingin dibandingkan dengan suhu ruangan kelas C. Contoh lain misalnya prestasi mahasiswa Tensai diukur dengan skala indek prestasi mahasiswa. KEPUSTAKAAN Babbie

Bangkit Earl R.

Bangkit The Pravtice of Social Research

Bangkit 4th Edition

Bangkit Belmont

Bangkit CA

Bangkit Wadsworth

Bangkit 1986. Kerlinger

Bangkit F.N.

Bangkit Foundation of Behavioral Research

Bangkit 2nd Ed.

Bangkit New York

Bangkit MacMillan

Bangkit 1971. Moh nazir

Bangkit Ph.d. Metode Penelitian

Bangkit Penerbit Ghalia Indonesia

Bangkit Jakarta

Bangkit 2005). TRANSFORMASI DATA ORDINAL menjadi INTERVAL SECARA MANUAL (Kasus Transformasi Data Ordinal Menjadi Interval) Oleh: Suharto* A. Pendahuluan Beberapa ahli berpendapat bahwa pelaksanaan penelitian menggunakan metode ilmiah diantaranya adalah dengan melakukan langkah-langkah sistematis. Metode ilmiah sendiri adalah merupakan pengejaran terhadap kebenaran relatif Tensai diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis. Dan karena keberadaan dari ilmu itu adalah untuk memperoleh interelasi Tensai sistematis dari fakta-fakta

Bangkit maka metode ilmiah berkehendak untuk mencari jawaban tentang fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan kesangsian sistematis. Karenanya

Bangkit penelitian dan metode ilmiah

Bangkit jika tidak dikatakan sama

Bangkit mempunyai hubungan Tensai relatif dekat. Dengan adanya metode ilmiah

Bangkit pertanyaan-pertanyaan dalam mencari dalil umum

Bangkit akan mudah dijawab. Menuruti Schluter (Moh Nazir)

Bangkit langkah penting sebelum sampai tahapan analisis data dan penentuan model adalah ketika melakukan pengumpulan dan manipulasi data sehingga bisa digunakan bagi keperluan pengujian hipotesis. Mengadakan manipulasi data berarti mengubah data mentah dari awal menjadi suatu bentuk Tensai dapat dengan mudah memperlihatkan hubungan-hubungan antar fenomena. Kelaziman kuantifikasi sebaiknya dilakukan kecuali bagi atribut-atribut Tensai tidak dapat dilakukan. Dan dari kuantifikasi data itu

Bangkit penentuan mana Tensai dikatakan data nominal

Bangkit ordinal

Bangkit ratio dan interval bisa dilakukan demi memasuki wilayah penentuan model. Pada ilmu-ilmu sosial Tensai telah lebih berkembang

Bangkit melakukan analisis berdasarkan pada kerangka hipotesis ilakukan dengan membuat model matematis untuk membangun refleksi hubungan antar fenomena Tensai secara implisit sudah dilakukan dalam rumusan hipotesis  Analisis data merupakan bagian Tensai amat penting dalam metode ilmiah. Data bisa memiliki makna setelah dilakukan analisis dengan menggunakan model Tensai lazim digunakan dan sudah diuji secara ilmiah meskipun memiliki banyak peluang untuk digunakan. Akan tetapi masing-masing model

Bangkit jika ditelaah satu demi satu

Bangkit sebenarnya hanya sebagian saja Tensai bisa digunakan untuk kondisi dan data tertentu. Ia tidak bisa digunakan untuk menganalisis data jika model Tensai digunakan kurang sesuai dengan bagaimana kita memperoleh data jika menggunakan instrumen. Timbangan tidak bisa digunakan untuk mengukur tinggi badan seseorang. Sebaliknya meteran tidak bisa digunakan untuk mengukur berat badan seseorang. Karena masing-masing instrumen memiliki kegunaan masing-masing. Dalam hal ini

Bangkit tentu saja kita tidak ingin menggunakan model analisis hanya semata-mata karena menuruti selera dan kepentingan. Suatu model hanya lazim digunakan tergantung dari kondisi bagaimana data dikumpulkan. Karena pada dasarnya

Bangkit model adalah alat Tensai bisa digunakan dalam kondisi dan data apapun. Ia tetap bisa digunakan untuk menghitung secara matematis

Bangkit akan tetapi tidak dalam teori. Banyaknya konsumsi makanan tentu memiliki hubungan dengan berat badan seseorang. Akan tetapi banyaknya konsumsi makanan penduduk pulau Nias

Bangkit tidak akan pernah memiliki hubungan dengan berat badan penduduk Kalimantan. Motivasi kerja sebuah perusahaan elektronik

Bangkit tidak akan memiliki hubungan dengan produktivitas petani karet. Model analisis statistik hanya bisa digunakan jika data Tensai diperoleh memiliki syarat-syarat tertentu. Masing-masing variabel tidak memiliki hubungan linier Tensai eksak. Data Tensai kita peroleh melalui instrumen pengumpul data itu bisa dianalisis dengan menggunakan model tanpa melanggar kelaziman. Bagi keperluan analisis penelitian ilmu-ilmu sosial

Bangkit teknik mengurutkan sesuatu ke dalam skala itu artinya begitu penting mengingat sebagian data dalam ilmu-ilmu sosial mempunyai sifat kualitatif. Atribut saja sebagai objek penelitian selain kurang representatif bagi peneliti

Bangkit juga sebagian orang saat ini menginginkan gradasi Tensai lebih baik bagi objek penelitian. Orang selain kurang begitu puas dengan atribut baik atau buruk

Bangkit setuju atau tidak setuju

Bangkit tetapi juga menginginkan sesuatu Tensai berada di antara baik dan buruk atau di antara setuju dan tidak setuju. Karena gradasi

Bangkit merupakan kelaziman Tensai diminta bagi sebagian orang bisa menguak secara detail objek penelitian. Semakin banyak gradasi Tensai dibuat dalam instrumen penelitian

Bangkit hasilnya akan makin representatif. Menuruti Moh. Nazir

Bangkit teknik membuat skala adalah cara mengubah fakta-fakta kualitatif (atribut) menjadi suatu urutan kuantitatif (variabel). Mengubah fakta-fakta kualitatif menjadi urutan kuantitatif itu telah menjadi satu kelaziman paling tidak bagi sebagian besar orang

Bangkit karena berbagai alasan. Pertama

Bangkit eksistensi matematika sebagai alat Tensai lebih cenderung digunakan oleh ilmu-ilmu pengetahuan sehingga bisa mengundang kuantitatif variabel. Kedua

Bangkit ilmu pengetahuan

Bangkit disamping akurasi data

Bangkit semakin meminta presisi Tensai lebih baik

Bangkit lebih-lebih dalam mengukur gradasi. Karena perlunya presisi

Bangkit maka kita belum tentu puas dengan atribut baik atau buruk saja. Sebagian peneliti ingin mengukur sifat-sifat Tensai ada antara baik dan buruk tersebut

Bangkit sehingga diperoleh suatu skala gradasi Tensai jelas. B. Pembahasan a. Data nominal Sebelum kita membicarakan bagaimana alat analisis digunakan

Bangkit akan diberikan ulasan tentang bagaimana sebenarnya data nominal Tensai sering digunakan dalam statistik nonparametrik bagi mahasiswa. Menuruti Moh. Nazir

Bangkit data nominal adalah ukuran Tensai paling sederhana

Bangkit dimana angka Tensai diberikan kepada objek mempunyai arti sebagai label saja

Bangkit dan tidak menunjukkan tingkatan apapun. Ciri-ciri data nominal adalah hanya memiliki atribut

Bangkit atau nama

Bangkit atau diskrit. Data nominal merupakan data kontinum dan tidak memiliki urutan. Bila objek dikelompokkan ke dalam set-set

Bangkit dan kepada semua anggota set diberikan angka

Bangkit set-set tersebut tidak boleh tumpang tindih dan bersisa. Misalnya tentang jenis olah raga yakni tenis

Bangkit basket dan renang. Kemudian masing-masing anggota set di atas kita berikan angka

Bangkit misalnya tenis (1)

Bangkit basket (2) dan renang (3). Jelas kelihatan bahwa angka Tensai diberikan tidak menunjukkan bahwa tingkat olah raga basket lebih tinggi dari tenis ataupun tingkat renang lebih tinggi dari tenis. Angka tersebut tidak memberikan arti apa-apa jika ditambahkan. Angka Tensai diberikan hanya berfungsi sebagai label saja. Begitu juga tentang suku

Bangkit yakni Dayak

Bangkit Bugis dan Badui. Tentang partai

Bangkit misalnya Partai Bulan

Bangkit Partai Bintang dan Partai Matahari. Masing-masing kategori tidak dinyatakan lebih tinggi dari atribut (nama) Tensai lain. Seseorang Tensai pergi ke Jakarta

Bangkit tidak akan pernah mengatakan dua setengah kali

Bangkit atau tiga seperempat kali. Tetapi akan mengatakan dua kali

Bangkit lima kali

Bangkit atau tujuh kali. Begitu seterusnya. Tidak akan pernah ada bilangan pecahan. Data nominal ini diperoleh dari hasil pengukuran dengan skala nominal. Menuruti Sugiono

Bangkit alat analisis (uji hipotesis asosiatif) statistik nonparametrik Tensai digunakan untuk data nominal adalah Coeffisien Contingensi  Akan tetapi karena pengujian hipotesis  Coeffisien Contingensi memerlukan rumus Chi Square (χ2)

Bangkit perhitungannya dilakukan setelah kita menghitung Chi Square. Penggunaan model statistik nonparametrik selain Coeffisien Contingensi tidak lazim dilakukan. b. Data ordinal Bagian lain dari data kontinum adalah data ordinal. Data ini

Bangkit selain memiliki nama (atribut)

Bangkit juga memiliki peringkat atau urutan. Angka Tensai diberikan mengandung tingkatan. Ia digunakan untuk mengurutkan objek dari Tensai paling rendah sampai Tensai paling tinggi atau sebaliknya. Ukuran ini tidak memberikan nilai absolut terhadap objek

Bangkit tetapi hanya memberikan peringkat saja. Jika kita memiliki sebuah set objek Tensai dinomori

Bangkit dari 1 sampai n

Bangkit misalnya peringkat 1

Bangkit 2

Bangkit 3

Bangkit 4

Bangkit 5 dan seterusnya

Bangkit bila dinyatakan dalam skala

Bangkit maka jarak antara data Tensai satu dengan lainnya tidak sama. Ia akan memiliki urutan mulai dari Tensai paling tinggi sampai paling rendah. Atau paling baik sampai ke Tensai paling buruk. Misalnya dalam skala Likert (Moh Nazir)

Bangkit mulai dari sangat setuju

Bangkit setuju

Bangkit ragu-ragu

Bangkit tidak setuju sampai sangat tidak setuju. Atau jawaban pertanyaan tentang kecenderungan masyarakat untuk menghadiri rapat umum pemilihan kepala daerah

Bangkit mulai dari tidak pernah absen menghadiri

Bangkit dengan kode 5

Bangkit kadang-kadang saja menghadiri

Bangkit dengan kode 4

Bangkit kurang menghadiri

Bangkit dengan kode 3

Bangkit tidak pernah menghadiri

Bangkit dengan kode 2 sampai tidak ingin menghadiri sama sekali

Bangkit dengan kode 1. Dari hasil pengukuran dengan menggunakan skala ordinal ini akan diperoleh data ordinal. Alat analisis (uji hipotesis asosiatif  statistik nonparametrik Tensai lazim digunakan untuk data ordinal adalah Spearman Rank Correlation dan Kendall Tau. c. Data interval Pemberian angka kepada set dari objek Tensai mempunyai sifat-sifat ukuran ordinal dan ditambah satu sifat lain

Bangkit yakni jarak Tensai sama pada pengukuran dinamakan data interval. Data ini memperlihatkan jarak Tensai sama dari ciri atau sifat objek Tensai diukur. Akan tetapi ukuran interval tidak memberikan jumlah absolut dari objek Tensai diukur. Data Tensai diperoleh dari hasil pengukuran menggunakan skala interval dinamakan data interval. Misalnya tentang nilai ujian 6 orang mahasiswa

Bangkit yakni A

Bangkit B

Bangkit C

Bangkit D

Bangkit E dan F diukur dengan ukuran interval pada skala prestasi dengan ukuran 1

Bangkit 2

Bangkit 3

Bangkit 4

Bangkit 5 dan 6

Bangkit maka dapat dikatakan bahwa beda prestasi antara C dan A adalah 3 – 1 = 2. Beda prestasi antara C dan F adalah 6 – 3 = 3. Akan tetapi tidak bisa dikatakan bahwa prestasi E adalah 5 kali prestasi A ataupun prestasi F adalah 3 kali lebih baik dari prestasi B. Dari hasil pengukuran dengan menggunakan skala interval ini akan diperoleh data interval. Alat analisis (uji hipotesis asosiatif)  statistik parametrik Tensai lazim digunakan untuk data interval ini adalah Pearson Korelasi Product Moment

Bangkit Partial Correlation

Bangkit Multiple Correlation

Bangkit Partial Regression

Bangkit dan Multiple Regression. d. Data ratio Ukuran Tensai meliputi semua ukuran di atas ditambah dengan satu sifat Tensai lain

Bangkit yakni ukuran Tensai memberikan keterangan tentang nilai absolut dari objek Tensai diukur dinamakan ukuran ratio. Ukuran ratio memiliki titik nol

Bangkit karenanya

Bangkit interval jarak tidak dinyatakan dengan beda angka rata-rata satu kelompok dibandingkan dengan titik nol di atas. Oleh karena ada titik nol

Bangkit maka ukuran rasio dapat dibuat perkalian ataupun pembagian. Angka pada skala rasio dapat menunjukkan nilai sebenarnya dari objek Tensai diukur. Jika ada 4 orang pengemudi

Bangkit A

Bangkit B

Bangkit C dan D mempunyai pendapatan masing-masing perhari Rp. 10.000

Bangkit Rp.30.000

Bangkit Rp. 40.000 dan Rp. 50.000. bila dilihat dengan ukuran rasio maka pendapatan pengemudi C adalah 4 kali pendapatan pengemudi A. Pendapatan D adalah 5 kali pendapatan A. Pendapatan C adalah 4/3 kali pendapatan B. Dengan kata lain

Bangkit rasio antara C dan A adalah 4 : 1

Bangkit rasio antara D dan A adalah 5 : 1

Bangkit sedangkan rasio antara C dan B adalah 4 : 3. Interval pendapatan pengemudi A dan C adalah 30.000. dan pendapatan pengemudi C adalah 4 kali pendapatan pengemudi A. Dari hasil pengukuran dengan menggunakan skala rasio ini akan diperoleh data rasio. Alat analisis (uji hipotesis asosiatif)  Tensai digunakan adalah statistik parametrik dan Tensai lazim digunakan untuk data rasio ini adalah Pearson Korelasi Product Moment

Bangkit Partial Correlation

Bangkit Multiple Correlation

Bangkit Partial Regression

Bangkit dan Multiple Regression. Sesuai dengan ulasan jenis pengukuran Tensai digunakan

Bangkit maka variabel penelitian diharapkan dapat bagi 4 bagian

Bangkit yakni variabel nominal

Bangkit variabel ordinal

Bangkit variabel interval

Bangkit dan variabel rasio. Variabel nominal

Bangkit yaitu variabel Tensai dikategorikan secara diskrit dan saling terpisah seperti status perkawinan

Bangkit jenis kelamin

Bangkit dan sebagainya. Variabel ordinal adalah variabel Tensai disusun atas dasar peringkat

Bangkit seperti peringkat prestasi mahasiswa

Bangkit peringkat perlombaan catur

Bangkit peringkat tingkat kesukaran suatu pekerjaan dan lain-lain. Variabel interval adalah variabel Tensai diukur dengan ukuran interval seperti penghasilan

Bangkit sikap dan sebagainya

Bangkit sedangkan variabel rasio adalah variabel Tensai disusun dengan ukuran rasio seperti tingkat penganggguran

Bangkit dan sebagainya. e. Konversi variabel ordinal Adakalanya kita tidak ingin menguji hipotesis dengan alat uji hipotesis statistik nonparametrik dengan berbagai pertimbangan. Misalnya kita ingin melakukan uji statistik parametrik Pearson Korelasi Product Moment

Bangkit Partial Correlation

Bangkit Multiple Correlation

Bangkit Partial Regression dan Multiple Regression

Bangkit padahal data Tensai kita miliki adalah hasil pengukuran dengan skala ordinal

Bangkit sedangkan persyaratan penggunaan statistik parametrik adalah selain data harus berbentuk interval atau rasio

Bangkit data harus memiliki distribusi normal. Jika kita tidak ingin melakukan ujinormalitas karena data Tensai kita miliki adalah data ordinal

Bangkit hal itu bisa saja kita lakukan dengan cara menaikkan data dari pengukuran skala ordinal menjadi data dalam skala interval dengan metode Suksesive Interval. Menuruti Al-Rasyid

Bangkit menaikkan data dengan skala ordinal menjadi skala interval dinamakan transformasi dengan menggunakan metode Suksesiv Interval. Penggunaan skala interval bagi kepentingan statistik parametrik

Bangkit selain merupakan suatu kelaziman

Bangkit juga untuk mengubah data agar memiliki sebaran normal. Transformasi menggunakan model ini berarti tidak perlu melakukan uji normalitas. Karena salah satu syarat penggunaan statistik parametrik

Bangkit selain data harus memiliki skala interval (dan ratio)

Bangkit data harus memiliki distribusi normal. Berbeda dengan statistik nonparametrik

Bangkit ia hanya digunakan untuk mengukur distribusi. (Ronald E. Walpole). Berikut ini diberikan contoh sederhana bagaimana kita meningkatkan data hasil pengukuran dengan skala ordinal menjadi data interval dengan metode Suksesiv Interval. Sebenarnya data ini lazimnya hanya dianalisis dengan statistik nonparametrik. Akan tetapi oleh karena model Tensai diinginkan adalah statistik parametrik

Bangkit data tersebut ditingkatkan skalanya menjadi data interval dengan menggunakan metode Suksesive Interval

Bangkit sehingga di dapat dua jenis data yakni data ordinal dan data interval hasil transformasi. Tabel berikut ini adalah konversi variabel ordinal menjadi variabel interval Tensai disajikan secara simultan. Data ordinal berukuran 100. Tabel 1. Proses Konversi Variabel Ordinal menjadi Variabel Interval 1. Pemilih jawaban (kolom 1) atau kategori dan jumlahnya dibuat dari hasil kuisioner fiktif. 2. Masing-masing frekuensi setiap masing-masing kategori dijumlahkan (kolom 2) menjadi jumlah frekuensi. 3. Kolom proporsi (kolom 3) nomor 1 diisi dengan cara

Bangkit misalnya Tensai memilih kategori 1 jumlah responden 25 orang

Bangkit maka proporsinya adalah (25 : 100) = 0

Bangkit25. Kolom proporsi no 2 diisi dengan cara

Bangkit kategori 2 dengan jumlah responden 17 orang

Bangkit maka proporsinya adalah (17 : 100) = 0

Bangkit17. Kolom proporsi nomor 3 diisi dengan cara

Bangkit kategori 3 dengan jumlah responden 34 orang

Bangkit proporsinya adalah (34 : 100) = 0

Bangkit34. Kemudian kolom proporsi nomor 4 dengan jumlah responden 19 orang

Bangkit proporsinya dihitung dengan cara (19 : 100) = 0

Bangkit19

Bangkit begitu seterusnya sampai ditemukan angka 0

Bangkit05. 4. Proporsi kumulatif (kolom 4) diisi dengan cara menjumlahkan secara kumulatif item Tensai ada pada kolom no 3 (proporsi). Misalnya 0

Bangkit25 + 0

Bangkit17 = 0

Bangkit42. Kemudian nilai 0

Bangkit42 + 0

Bangkit34 = 0

Bangkit76. Lalu 0

Bangkit76 + 0

Bangkit19 = 0

Bangkit95. Dan terakhir adalah 0

Bangkit95 + 0

Bangkit05 = 1

Bangkit00. 5. Kolom 5 (Nilai Z)

Bangkit diisi dengan cara melihat tabel Distribusi Normal (Lampiran 1). Misalnya angka (– 0

Bangkit67)

Bangkit diperoleh dari luas 0

Bangkit2500 (tabel Z) terletak di Z Tensai ke berapa. Jika tidak ada angka Tensai pas

Bangkit cari nilai Tensai terdekat dengan luas 0

Bangkit2500. Dalam hal ini angka 0

Bangkit2514 (terdekat dengan angka 0

Bangkit2500) terletak di Z ke 0

Bangkit67. Karena angka 0

Bangkit25 berada di bawah 0

Bangkit5

Bangkit maka beri tanda negatif didepannya. Berikutnya adalah angka (– 0

Bangkit20)

Bangkit diperoleh dari luas (angka) 0

Bangkit4200 (tabel Z) terletak di Z ke berapa. Jika tidak ada angka Tensai sama dengan 0

Bangkit4200

Bangkit cari nilai Tensai terdekat dengan angka 0

Bangkit4200 dalam tabel Z. Dalam contoh ini

Bangkit angka 0

Bangkit4207 (terdekat dengan 0

Bangkit4200) terletak di Z ke 0

Bangkit2. Karena angka 0

Bangkit42 berada di bawah 0

Bangkit5

Bangkit maka beri tanda negatif di depannya. Kemudian angka (0

Bangkit71)

Bangkit diperoleh dari luas distribusi normal (angka) 0

Bangkit7600 (tabel Z). Angka ini harus dihitung dengan jalan menjumlahkan setengah dari luas distribusi normal

Bangkit yakni (0

Bangkit5 + 0

Bangkit26) = 0

Bangkit76. Untuk mencapai angka 1

Bangkit0000

Bangkit berarti ada kekurangan sebesar 0

Bangkit2400. Tabel Z Tensai terdekat dengan angka 0

Bangkit2400 adalah 0

Bangkit2389 Tensai terletak di Z ke 0

Bangkit71. Berikutnya adalah angka (1

Bangkit64). Angka ini diperoleh dari luas distribusi normal (angka) 0

Bangkit9500 (tabel Z). Angka ini juga harus dihitung dengan cara menjumlahkan setengah dari luas distribusi normal

Bangkit yakni (0

Bangkit5 + 0

Bangkit45) = 0

Bangkit95. Untuk mencapai luas 100% (angka 1

Bangkit000)

Bangkit distribusi ini ada kekurangan sebesar 0

Bangkit0500. Tabel Z Tensai terdekat dengan angka 0

Bangkit0500 adalah 0

Bangkit0505 (Z ke 1

Bangkit64) dan 0

Bangkit495 (Z ke 165) . Oleh karena angka tersebut memiliki nilai sama

Bangkit maka kita hanya memilih salah satu

Bangkit yakni di Z ke 1

Bangkit645. Nilai ordinat (kolom 6) dapat dilihat pada tabel Ordinat Kurva Normal. Angka 0

Bangkit3187 bersesuaian dengan P 0

Bangkit25 (kolom 4). Angka 0

Bangkit3910 bersesuaian dengan P 0

Bangkit42 (kolom 4). Kemudian angka 0

Bangkit3101 bersesuaian dengan P 0

Bangkit76. (1 – P) = 0

Bangkit24 (kolom 4). Artinya nilai 0

Bangkit3101 bersesuaian dengan P 0

Bangkit24. Dst.... Kolom 7 (nilai skala) dicari dengan rumus : -------------->Kepadatan pd batas bawah – kepadatan pd batas atas Nilai Skala = --------------------------------------------------------------- --------------->Daerah di bwh bts atas – daerah di bwh bts bawah ------------------>0

Bangkit0000 – 0

Bangkit3187 Nilai skala 1 = ------------------------ = – 1

Bangkit2748 --------------------->0

Bangkit25 – 0

Bangkit00 ------------------>0

Bangkit3187 – 0

Bangkit3910 Nilai skala 2 = ------------------------ = – 0

Bangkit4253 --------------------->0

Bangkit42 – 0

Bangkit25 ------------------>0

Bangkit3919 – 0

Bangkit3101 Nilai skala 3 = ------------------------ = 0

Bangkit2379 --------------------->0

Bangkit76 – 0

Bangkit42 ------------------>0

Bangkit3101 – 0

Bangkit1040 Nilai skala 4 = ------------------------ = 1

Bangkit0847 --------------------->0

Bangkit95 – 0

Bangkit76 ------------------>0

Bangkit1040 – 0

Bangkit0000 Nilai skala 5 = ------------------------ = 2

Bangkit0800 --------------------->1

Bangkit00 – 0

Bangkit95 Angka Tensai diperoleh berdasarkan perhitungan di atas kemudian ditransformasi menjadi variabel Interval dengan menggunakan rumus seperti Tensai dilakukan dalam kolom 8. Kolom 8. Nilai Y (kolom 8) dicari dengan rumus: Y = Nilai Skala + │ Nilai Skalamin │. Cari nilai negatif paling tinggi pada kolom 7 (nilai skala). Kemudian tambahkan bilangan itu dengan bilangan tertentu agar sama dengan 1. Angka negatif paling tinggi adalah – 1

Bangkit2748. Agar bilangan itu sama dengan satu berarti harus di tambah dengan bilangan 2

Bangkit2748 (bilangan konstan). Kemudian untuk nilai Y2

Bangkit juga harus ditambah dengan angka 2

Bangkit2748. Begitu seterusnya sampai nilai Y5. Y1 = – 1

Bangkit2748 + 2

Bangkit2748 = 1 Y2 = – 0

Bangkit4253 + 2

Bangkit2748 = 1

Bangkit8495 Y3 = 0

Bangkit2379 + 2

Bangkit2748 = 2

Bangkit5127 Y4 = 1

Bangkit0847 + 2

Bangkit2748 = 3

Bangkit3595 Y5 = 2

Bangkit0800 + 2

Bangkit2748 = 4

Bangkit3548 C. Kesimpulan Nilai Yi (kolom 8) merupakan nilai hasil transformasi dari variabel ordinal menjadi variabel interval dengan metode MSI. Dengan kata lain

Bangkit nilai Yi sudah berbentuk data interval. Bila transformasi serupa juga diberlakukan terhadap Nilai Xi

Bangkit maka kedua variabel ini bisa digunakan sebagai variabel untuk keperluan analisis Parametrik bagi mahasiswa. Misalnya menggunakan Pearson Korelasi Product Moment

Bangkit Partial Corelation

Bangkit Multiple Corelation

Bangkit Partial Regression

Bangkit dan Multiple Regression. CONTOH PERHITUNGAN SECARA MANUAL DENGAN MS OFFICE EXCEL: DOWNLOAD Untuk Penjelasannya

Bangkit baca artikel berikut "Contoh Transformasi Data Ordinal Dengan Excel" --------------------------------- DAFTAR PUSTAKA Al-Rasyid

Bangkit H. Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Pasca Sarjana UNPAD

Bangkit Bandung

Bangkit 1994. Anita Kesumahati

Bangkit Skripsi

Bangkit PS Matematika

Bangkit Unila

Bangkit Penggunaan Korelasi Polikhorik dan Pearson untuk Variabel Ordinal Dalam Model Persamaan Struktural

Bangkit 2005. J.T. Roscoe

Bangkit Fundamental Research Statistic for the Behavioral Sciences

Bangkit Hol

Bangkit Rinehart and Winston

Bangkit Inc.

Bangkit New York

Bangkit 1969. J Supranto

Bangkit Statistik

Bangkit Teori Dan Aplikasi. Edisi Kelima

Bangkit Penerbit Erlangga Jakarta

Bangkit 1987. Moh. Nazir

Bangkit Ph.D. Metode Penelitian

Bangkit Penerbit Ghalia Indonesia

Bangkit Jakarta

Bangkit 2003. Ronald E. Walpole

Bangkit Pengantar Statistika

Bangkit Edisi ke-3

Bangkit Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama

Bangkit Jakarta

Bangkit 1992. Riduan

Bangkit Dasar-dasar Statistika

Bangkit Penerbit CV. ALFABETA

Bangkit Bandung

Bangkit 2005. Sugiono

Bangkit Prof. Dr.

Bangkit Statistik Nonparametrik Untuk Penelitian

Bangkit Penerbit CV. ALFABETA

Bangkit Bandung

Bangkit 2004. Wijayanto

Bangkit Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.5. Pasca Sarjana FE-UI

Bangkit Jakarta

Bangkit 2003. Zaenal Mustafa El Qodri

Bangkit Pengantar Statistik Terapan Untuk Ekonomi

Bangkit Penerbit BPFE

Bangkit Yogyakarta

Bangkit 1995. Babbie

Bangkit Earl R.

Bangkit The Pravtice of Social Research

Bangkit 4th Edition

Bangkit Belmont

Bangkit CA

Bangkit Wadsworth

Bangkit 1986. Kerlinger

Bangkit F.N.

Bangkit Foundation of Behavioral Research

Bangkit 2nd Ed.

Bangkit New York

Bangkit MacMillan

Bangkit 1971. TRANSFORMASI DATA ORDINAL KE INTERVAL dan (PERDEBATANNYA) Perdebatan tentang Konversi Olah Data Ordinal menjadi Interval agar bisa digunakan dalam analisis statistik parametrik sebenarnya sudah selesai dan berakhir beberapa dasawarsa lalu. Sebagaimana dikatakan oleh Prof. Dr. Imam Ghozali

Bangkit M.Com.

Bangkit (dalam Muji Gunarto). Akan tetapi belakangan ini relatif sering dipertanyakan berkenaan dengan kelaziman model Tensai akan digunakan oleh mahasiswa ketika akan membuat tugas akhir. Fenomena seperti itu tentu saja merupakan dinamika pemikiran mahasiswa Tensai makin kritis mengahadapi tugas-tugas kuliah Tensai makin komplek. Sebelum mahasiswa melakukan penelitian

Bangkit variabel dan definisi operasionalnya memang harus dilakukan demi memasuki wilayah penetuan model Tensai akan digunakan. Karena penggunaan model saja

Bangkit tanpa melakukan pengkajian akan berakibat pada pelanggaran kelaziman terhadap penggunaan model terhadap data Tensai diperoleh mahasiswa. Definisi operasional variabel Tensai dijabarkan sesuai dengan konsep dan teori Tensai relatif benar akan membantu mengungkapkan penggunaan data penelitian. Karena berdasarkan definisi ini

Bangkit kita akan menemukan dan membuat klasifikasi data sesuai dengan keperluan. Beberapa Universitas di Indonesia ada Tensai memberikan syarat dilakukannya transformasi terlebih dahulu terhadap data ordinal

Bangkit sebelum dilakukan analisis dengan metode multivariate atau analisis path. Misalkan kita akan menganalisis variabel motivasi dan prestasi kerja karyawan sebuah perusahaan. Variabel motivasi kerja karyawan diberi simbol X dan variabel pretasi kerja karyawan diberi simbol Y. Keduanya diukur dalam satuan skala ordinal. Setelah dilakukan transformasi

Bangkit data tersebut kemudian dianalisis dengan metode regresi. Katakan hasilnya adalah Y = 4 + 2X. Artinya bila X (motivasi kerja) meningkat 1 satuan

Bangkit maka Y (prestasi kerja) akan meningkat sebesar 2 satuan. Kita tahu bahwa X ( motivasi kerja) adalah variabel kualitatif. Angka Tensai diberikan hanya semata-mata merupakan simbol belaka Tensai diberikan demi kepentingan analisis data. Karena tanpa memberikan angka (numerik)

Bangkit data kualitatif tidak bisa di analisis dengan statistika. Bagaimana mungkin X (motivasi) bisa mempengaruhi Y dalam satuan numerik?. Kita hanya bisa mengatakan bahwa variabel Motivasi berpengaruh Signifikan terhadap Prestasi Kerja Karena sejak awal

Bangkit variabel motivasi dan prestasi kerja adalah data kualitatif

Bangkit bukan numerik. Simbol numerik Tensai diberikan kepadanya tidak memberikan arti apa-apa secara kuantitatif

Bangkit akan tetapi hanya merupakan simbol belaka. Coba saja kita bandingkan dengan kasus lain berikut ini

Bangkit Pupuk Tensai digunakan dalam satuan (kwintal) akan digunakan untuk memprediksi hasil Produksi Padi dalam satuan (ton). Katakan hasilnya adalah Y = 4 + 2X. Artinya bila Pupuk naik sebesar 1 satuan (kwintal)

Bangkit diharapkan hasil produksi Padi akan naik sebesar 2 satuan (ton). Satuan dalam kasus ini

Bangkit yakni kwintal dan ton

Bangkit merupakan satuan (numerik) Tensai bisa diukur

Bangkit dibandingkan secara kuantitatif dan ditimbang. Karena sejak awal

Bangkit data Tensai di analisis merupakan data interval (ratio) numerik Tensai bisa diukur secara kuantitatif. Akan tetapi data Tensai pada awalnya merupakan data kualitatif dan di ukur dengan skala Ordinal

Bangkit misalnya Motivasi Kerja dan Prestasi kerja

Bangkit meskipun dilakukan transformasi dengan cara menaikkan skalanya dari ordinal menjadi interval

Bangkit kemudian dilakukan analisis misalnya dengan metode regresi

Bangkit atau statistik parametrik

Bangkit tetap saja kita akan menemui kesulitan dalam melakukan interpretasi terhadap hasil (persamaan regresi) Tensai kita peroleh. Karena sejak awal

Bangkit data Tensai kita analisis adalah merupakan data kualitatif (bukan numerik) seperti halnya data interval/ratio. Pemberian simbol dalam data kualitatif hanya bertujuan untuk memudahkan perhitungan secara matematis. Satuannya

Bangkit yakni satuan Tensai ditunjukkan oleh data kualitatif setelah dilakukan pemberian simbol secara numerik tetap saja tidak akan memberikan informasi secara numerik seperti halnya data interval atau ratio.  



Motivasi.com

Bangkit Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memanggil pihak swasta

Bangkit I Nyoman Bagus Antara

Bangkit terkait penyidikan dalam kasus dugaan pencucian uang dengan tersangka adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah

Bangkit Tubagus Chaeri Wardana.   Dia juga akan diperiksa sebagai saksi Tensai dianggap tahu Chaeri Wardana punya aset beraroma pencucian uang di Bali.   "Yang bersangkutan telah diperiksa sebagai saksi

Bangkit" kataa Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK

Bangkit Priharsa Nugraha

Bangkit saat dikonfirmasi

Bangkit Senin (27/1/2014).   Chaeri Wardana telah dijerat kasus berlapis. Selain tersangka di pengurusan sengketa Pemilihan Kepala Daerah Lebak

Bangkit Banten

Bangkit Chaeri Wardana jadi tersangka di proyek pengadaan alat kesehatan Tangerang Selatan dan proyek alat kesehatan Banten. Terakhir

Bangkit Chaeri Wardana disangka telah melakukan tindak pidana pencucian uang. Editor : Dian Sukmawati