Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Tumbal kutukan

Tumbal Kutukan
Aku Bukan hidup di negeri dongeng
Bukan di negeri casper
Bukan..
Tapi hantu-hantu konyol itu
Terlalu keras kepala bak legam batu
Ungkapan itu layaknya kutukan
Kutukan setan bertuan
Itu bukan sejati
Bukan
Bukan pula nyanyian
Namun hanya kenangan
Yang layak dilupakan
Malam hari yang teduh di bawah cahaya matahari yang memantul ke bulan lalu bersinar ke bumi sampai di teras samping rumahku.
Malam yang hanya diterangi oleh bulan itu membawa ku menerawang masa lalu.
“ Kamu cewekku kan ?”
Bulu kudukku berdiri. Kalimat itu masih terngiang di telingaku. Kalimat itu selalu menghantuiku. Seakan-akan terus mengejarku untuk menjemputku mengikuti sang empunya kata-kata itu. Meskipun lima tahun sudah berlalu, kalimat itu masih jelas teringat.
Mungkin ini tidak penting. Ya, sama sekali tidak penting. Bahkan sangat konyol. Konyol sekali. Tapi entah kenapa kalimat itu seperti maklampir yang mengganggu kenyamananku. Kalimat dari seorang bocah laki-laki yang masih ingusan. Bocah TPQ yang masih kelas satu Sekolah Dasar. Ia mengatakan kalimat itu di depan pintu TPQ malam itu. Sedangkan aku berada di balik kusen pintu sebelah dalam. Waktu itu aku masih TK nol besar. Aku hanya melongo mendengar kalimat itu yang secara tiba-tiba tanpa ba bi bu lagi. Senyum bocah TPQ yang polos. Tetapi dengan entengnya mengatakan cinta. Memang hebat. Sinetron TV telah sukses menjadi benalu anak-anak
Tapi adegan singkat konyol itu sangat menyeramkan bagiku. Seandainya kejadian tadi siang tidak terjadi mungkin aku tidak akan ingat kalimat itu. Bahkan sama sekali terlupakan. Meski sesekali teringat, aku yakin tak akan menjadi masalah besar. Tak kan menjadi hantu dalam pikiranku. Tak akan membuat bulu kudukku merinding.
Siang tadi sepulang ayah dari mengajar, ayah tiba-tiba membawa berita yang mengagetkan. Sangat mengagetkan.
“ Fifah…!” Suara ayah dari luar masih pada posisi menaiki motor menuju depan rumah. Sehingga suara Ayah tak terdengar jelas olehku. Aku dan Ibu bergegas keluar. Mendengar suara Ayah yang geger.
“ Ada apa yah ?”
“ Nizam.”
“ Nizam kenapa Yah ?”
***
Waktu menunjukkan pukul 01.00. Pak Sargino melirik tubuh Nizam yang terbaring di atas kursi dengan berselimutkan handuk. entah setan mana yang merasuki tubuh Pak Sargino.
“ Allaaahuakbar !” Teriak Pak Sargino sembari menghempaskan arit dari belakang ke depan. Tepat menuju leher Nizam. Tinggal satu senti meter lagi arit Pak Sargino berhasil menyembulkan darah segar dari balik kulit Mongoloid Nizam. Namun nyaris. Tiba-tiba tangan kekar dari seorang laki-laki menahan tangan Pak Sargino.
“ Bapak…!” Teriak laki-laki itu.
“ Kau sudah gila Pak. Dia anakmu Pak. Dia anakmu. Mau kau apakan dia ?!” Laki-laki itu membentak-bentak Pak Sargino yang ada di depannya itu. Yang tak lain adalah ayahnya sendiri. Pak Sargino hanya bisa diam menunduk memandangi lantai tanah bak anak kecil yang dimarahi oleh ayahnya karena terlambat pulang dari bermain.
“ Yazid, ada apa ?” Suara wanita berkepala lima dari bilik kamar. Terdengar suara kaki dari wanita itu yang bergegas untuk beranjak ke tempat keributan.
“ Mak, laki-laki ini sudah gila. Dia mau membunuh Si Bungsu !” Ujar Yazid naik satu oktaf.
Kejadian malam itu membuat semua anggota rumah terbangun dari tidur mereka. Termasuk Mila, anak pertama Pak Sargino dan Nur, anak ke tiga Pak Sargino.
“ Ya sudah Zam. Kamu tidur sama mas ya.” Ujar Yazid sambil merangkul Nizam.
Nizam mengangguk sambil menangis sesengukan.
Akhirnya kokok ayam jago terdengar juga. Setelah kejadian tadi malam Yazid tidak bisa tidur karena menjaga Nizam. Kejadian tadi malam tidak hanya terjadi satu atau dua kali. Namun kejadian serupa itu tidak senyaris tadi malam.
“ Mas, Nizam berangkat dulu ya. Hari ini Nizam nggak sekolah. Tapi nonton tandingan voli di SD lima.”
“ Loh, kenapa nggak sekolah ?”
“ Nizam jadi supporter. Lagi pula kan habis ulangan umum. Jadi di sekolah nggak dapat pelajaran.”
“ Ya udah. Nanti pulangnya mas susul ya. Pokoknya jangan pulang sendiri kalau mas belum nyusul kamu. Takut nanti kamu dijegat Bapak di jalan.”
“ Iya mas.” Nizam mencium tangan kakak tersayangnya.
Nizam lalu menuju ibunya yang sedang sibuk membuka warung dan bersiap-siap untuk membawa dagangan ke pasar.
“ Mak, Nizam berangkat dulu ya.”
“ Iya nak. Hati-hati ya ?”
Bu Nurul memandang lekat anak laki-lakinya itu dan memeluknya dengat penuh kasih. Tak terasa sebutir air mata Bu Nurul jatuh di atas punggung Nizam. Entah perasaan apa yang mengganggu Bu Nurul.
“ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.”
“ Iya Mak. Emak tenang aja.” Suara Nizam terdengar gemetaran. Mata Nizam pun berkaca-kaca.
Nizam berlalu dari Emak.
“ Ya Allah. Tidak seperti biasanya aku sekhawatir ini. Ya Allah…lindungilah anakku Nizam ” Ujar Bu Nurul dalam hati.
***
Anak-anak sekolah sudah ramai berlalu di jalan depan rumah Nizam. Sepertinya mereka dari arah SD lima. Itu tandanya pertandingan voli sudah usai.
“ Mbak Mila, sepedanya di mana ?” Tanya Yazid tiba-tiba kepada Mila yang berusaha menyembunyikan arit ayahnya yang sudah dua minggu di asah setiap pagi dan sore.
“ Yazid, kamu ngagetin mbak.”
“ Maaf mbak. Sepedanya di mana ya mbak ?”
“ Di bawa Emak ke pasar.”
“ Pinjam tetangga saja kalau mau nyusul Nizam.”
Yazid berlalu dari Mila. Terik matahari jam satu siang menantang Yazid untuk bergelut dengan debu kemarau.
Sementara Nizam menunggu kedatangan kakaknya di lapangan. Nizam sudah mulai gelisah menunggu kedatangan kakaknya.
“ Ah, mungkin kakak lupa.” Ujarnya dalam hati.
“ Zam, mau pulang bareng aku nggak ?” salah seorang teman Nizam menawarkan diri untuk membonceng Nizam.
Sejenak Nizam mengernyitkan dahinya
“ Ah, mungkin kakak lupa. Dari pada nanti jalan kaki. Mungkin lebih baik aku nebeng saja.” Ujarnya kembali dalam hati
“ Boleh.”
Nizam akhirnya pulang bersama temannya. Mereka memilih pulang melalui jalan depan.
Sedangkan dengan kelajuan tinggi Yazid mengayuh sepeda untuk menyusul Nizam melalui jalur belakang. Yazid terus mengayuh sepeda yang dinaikinya. Setelah sampai di lapangan, Yazid menunggu Nizam. Ia menunggu dan menunggu. Namun hingga lapangan kosong tak ada anak-anak lagi yang berlalu-lalang, Yazid tak juga bertemu dengan Nizam.
***
“Salamu’alaikum.”
“ Kumsalam. Loh, Zam. Kamu pulang sama siapa ?” Tanya Mila kebingungan.
“ Sama temen mbak.”
“ Ya ampun Nizam. Masmu tadi nyusul kamu.”
“ Ku kira tadi mas Yaz lupa. Jadi aku pulang sendiri sama temen.”
Nizam bergegas masuk rumah. Namun di cegah oleh Mila.
“ Nizam jangan masuk. Nanti kamu ketahuan Bapak. Mamasmu belum sampai di rumah. Bapak cuma takut sama mamas. ”
“ Aku aus mbak. Laper.”’
“ Nanti biar mbak yang ngambilin.”
Nizam tak memperdulikan kata-kata kakaknya. Dia sudah tidak sabar ingin menenggak air putih. Setelah tiga tenggakkan air putih dari cerek, Nizam menciduk satu entong nasi dan mengambil lauk yang tersedia di atas meja makan. Baru satu sendok nasi masuk ke mulutnya, Nizam melihat bayangan laki-laki di dinding dengan arit yang digenggam yang akan dihempaskan ke arah leher Nizam.
Nizam lalu berlari keluar sekuat tenaga sambil membawa piring dan mengunyah nasi yang masih berada di dalam mulutnya.
“ Nizam…!” Teriak Mila sambil menangis meronta-ronta.
“ Tolong…tolong...Nizam…!” Mila berteriak sekuat-kuatnya. Namun siang itu nampaknya sangat sepi. Tidak ada satu orang pun yang lewat.
“ Tolong…Tolong…” Mila terus berteriak meminta tolong.
Nizam dan ayahnya masih berkejar-kejaran di jalan. Dengan sepiring nasi yang masih di tangan Nizam. Berkali-kali arit Pak Sargino hampir merenggut punggung Nizam.
Nizam hanya bisa terus berlari dan berlari tanpa memperdulikan apapun. Namun ternyata laki-laki tua itu seperti meminum ramuan kuat sehingga walaupun usianya yang sudah lanjut kakinya tetap kuat memancal tanah-tanah kemarau yang panas dan kering.
Nizam pun mencapai titik lelahnya. Ia terseok-seok berusaha berlari dari kejaran ayahnya. Namun laki-laki tua itu masih kuat seperti kesetanan. Atau malah memang kesetanan. Di dalam lelahnya, Nizam masih sempat menelan nasi yang ia kunyah dari tadi. Namun karena langkah Nizam yang semakin pelan, arit pun sempat melayang di punggung Nizam. Darah segar pun tak mau bersembunyi dari punggungnya. Darahnya turut menemani Nizam untuk berjuang lari dari serigala haus. Daging punggungnya yang mencuat dan darah yang terus berbondong-bondong keluar seakan membisikinya. Ayo Nizam. Ayo. Jangan biarkan teman kami ikut keluar meninggalkan persemayamannya. Mereka sangat bahagia hidup di bawah nadimu !.
Tapi teriakkan-teriakan darahnya tak mampu menjadi ramuan kuat untuk Nizam. Justru semakin banyak teriakan-teriakan darah yang ia dengar, tubuh Nizam semakin ingin melayang. Seolah-olah tubuhnya kosong. Pandangannya terganggu oleh ribuan kunang-kunang yang mengelilinginya. Namun Nizam tetap terus berlari dan berlari. Sambil merasakan nasi yang ia telan tadi berjalan di kerongkongan. Terasa sangat kering. Nizam pun tersedak hingga ia tak menyadari sebongkah batu menjagal kaki mongoloidnya yang membuatnya tersungkur di atas tanah. Badannya mengguling dan terjerembab ke dalam selokan.
Sempat datang rasa sesalnya karena telah keras kepala terhadap kata-kata kakaknya tadi. Sempat terlihat bayang-bayang emak pagi tadi. Masih ia rasakan dekapan hangat Emak. Masih ia rasakan hangatnya tetesan air mata Emak yang menetes di atas punggungnya. Masih terngiang kata-kata Emak. “ Nak, hati-hati ya nak. Mak khawatir sama kamu.” Masih terlihat bayangan senyuman sayang kakak ke-tiganya Nur kamilah.
Ia menyesal. Dalam hatinya ia berkata. Emak,mbak Mila, Mas Yaz maafkan aku. Seandainya aku mengikuti kata-kata kalian. Seandainya. ..Ya Allah…
Di tengah kaburnya pandangan Nizam, terdengar hentakan kaki ayahnya bak serigala lapar yang akan menerkam mangsanya yang sudah sekarat.
Serigala itu pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan emasnya. Hentakan kakinya melaju semakin kencang dan semakin mendekat. Suara hempasan arit terdengar sangat tajam. Nizam sudah pasrah untuk menjadi mangsa sang serigala. Ia sudah tak berdaya lagi untuk melakukan perlawanan.
Suara hempasan arit itu semakin tajam terdengar dan akhirnya bukan sekedar hempasan. Kini arit itu sudah berhasil memisahkan nadi yang menghubungkan leher dan dada Nizam. Darah yang sudah bahagia bersemayam di bawah nadi Nizam pun berhasil diusir oleh pemilik darah dagingnya. Pak Sargino. Dialah pemilik darah daging itu. Nasi yang sejak tadi berusaha berjalan menuju lambung dengan melewati jalur kerongkongan Nizam ikut terusir bersama dengan darahnya.
“ Nizaaaaaaam……! “ Teriakan Mila semakin histeris. Ia memukul-mukul tanah dan bersumpah serapah kepada Ayahnya sendiri.
“ Puas kau Sargino ? Puas ? Nizam anakmu sudah mati di tanganmu. Jadi tidak usah khawatir lagi Nizam akan mati di tangan orang lain. Lihat ! Lihat mayat anakmu orang gila !”
Air mancur yang berwarna merah itu ternyata berhasil membuat Pak Sargino terbangun dari belenggunya. Ia memandangi jenazah putranya yang kepalanya nyaris terpisah dari tubuhnya. Hanya tinggal tulang punggung Nizam yang menghubungkan kepala Nizam dengan tubuhnya.
Tak terasa arit yang sedari tadi digenggam kuat oleh pak Sargino terlepas dari genggamannya. Dia pun jatuh berlutut di depan mayat anaknya. Mutiara penyesalan mengalir di pipi legamnya yang kasar. Ia memandang lekat wajah mayat anaknya. Terlontar ungkapan lirih dari mulut keringnya.
“ Nizam. ..”
“ Nizam anakku. Apa yang terjadi nak ? Apa yang terjadi ?”
Sementara Mila masih menangis histeris. Bergulung-gulung di atas tanah. Tangisannya mengundang para tetangga untuk mengerubuni kejadian itu.
Tiba-tiba Yazid datang dengan ekspresi bingung karena banyak orang di rumahnya dan melihat kakaknya menangis histeris.
“ Ada apa ini ?” Yazid kebingungan.
“ Adikmu Yaz. Adikmu. Nizam” Kata seorang kakek-kakek dengan tergesa-gesa.
“ Nizam ? kenapa Nizam ?”
“ Nizam disembelih Bapakmu !”
“ Apa ?!” Nizam langsung berlari dan menerobos kerumunan orang banyak.
“ Nizam. . .! Nizam maafkan mas Zam. Ini semua gara-gara Mas. Seandainya saja Mas tidak lama menjemputmu. Mungkin kamu masih selamat Zam. Zam maafkan Mas Zam. Bangunlah Zam. Bangun. Mas memang salah !” Yazid berteriak menyalahkan dirinya sendiri.
“ Sudahlah Yaz, memang sudah takdirnya seperti ini. Tidak ada yang bisa disalahkan.” Kakek-kakek tadi menasehati Yazid.
Sudah dua jam lebih jenazah Nizam tergeletak di selokan di bawah teriknya matahari. Yang hanya diselimuti dengan Koran. Namun polisi tak kunjung datang. Tidak ada yang berani mengangkat jenazahnya karena takut menjadi tersangka apabila sidik jarinya meninggalkan jejak pada mayat. Namun Mbah Suryo, tukang urut di desa itu tak tega lagi membiarkan jenazah Nizam terlantar di bawah teriknya sinar matahari. Akhirnya Mbah Suryo mengngkat jenazah Nizam.
Dan benarlah, Mbah Suryo berurusan dengan polisi. Namun karena ada banyak saksi dan bukti-bukti, maka Mbah Suryo tidak bersalah.
Kini Pak Sargino sedang berurusan dengan polisi.
***
Bendera kuning sudah terpasang di depan rumah Nizam. Suasana duka yang menyelimuti rumah Nizam menyimpan banyak pertanyaan. Ku lihat sejak tadi Mbak Mila berulang kali pingsan. Dia sangat sock atas meninggalnya adiknya yang tidak wajar itu. Karena dia melihat sendiri Ayahnya menyembelih Nizam tepat di hadapannya.
Setiap kali siuman selalu berteriak menyalahkan diri sendiri.
“ Ya Allah Nizam…mbakmu ini bodoh. Mbakmu ini bodoh…!”
“ Dasar Sargino Gila ! Sargino gila ! Orang gila !” Mbak Mila ber sumpah serapah untuk Ayahnya sendiri sambil berteriak-teriak dan tubuhnya meracau tak karuan seperti kuda lumping yang kesurupan.
“ Sudah Mila. Sabar…ikhlaskan semuanya…memang sudah waktunya adikmu dipanggil Yang Kuasa.” Seorang ibu-ibu berkepala lima menenangkan mbak Mila.
Sedangkan di sudut ruangan ku lihat Ibunya Nizam dan Mbak Nur. Mereka tampak lebih tabah dan kuat. Meskipun air mata tak luput turut mengalir.
Aroma bunga dan minyak klentik membuat suasanan duka semakin kental. Aku sedikit menguping percakapan antara Ibu dengan seorang Ibu-ibu yang merupakan tetangga dekat Nizam.
“ O…jadi gitu ceritanya…Memang Ayahnya kenapa kok bisa gitu ?” Tanya ibuku.
“ Ayahnya itu punya penyakit gila tahunan. Tiap tahunnya dia selalu mengincar salah satu anaknya. Tahun ini yang diincar si Nizam. Sebenarnya si Nizam tu udah diincar dua minggu yang lalu. Tapi selalu ketauan sama Yazid. Bapaknya kan paling takut sama si Yazid.”
“ Memang gara-gara apa kok ayahnya bisa sakit ?”
“ Belum ada yang tau. Penyakitnya memang aneh.”
“ Kok nggak diperiksa ke psikiater ?”
“ Dulu sih katanya udah. Tapi katanya nggak ada yang bisa ngobatin. Obat apa ajalah. Belum ada yang bisa.”
“ O…gitu.”
***
“ Fifah, ayo masuk ke dalam. Udah idup listrik. Jangan di teras terus. nanti kamu masuk angin lo.”
Suara Ibu membuyarkan lamunanku yang sudah lama.
Ku lihat cahaya matahari yang memantulkan sinarnya ke bulan sabit malam ini berkata kepadaku. Sudah malam. Tidurlah…
“ Iya Bu.”
“ Kamu melamun ya Fah ?”
“ Nggak kok Buk. Fifah nggak ngelamun. Cuma inget kejadian tadi siang aja. Serem ya Buk ”
Ibu hanya tersenyum.
Keesokan hari tak sengaja aku menemukan Koran baru di atas tas ayah. Dari gambar Koran tersebut Nampak seperti lokasi kejadian pembunuhan kemarin. Di salah satu halaman Koran tersebut tertulis dengan huruf tebal “ Seorang Ayah Menggorok Leher Anaknya Sendiri “. Di sana tertulis bahwa Bu Nurul menuntut balas terhadap suaminya untuk dihukum mati. Dia belum dapat menerima begitu saja tindakan suaminya terhadap anak bungsunya.
Di dalam Koran tersebut juga diungkapkan bahwa penyakit kejiwaan Pak Sargino bukan karena terjadinya peristiwa yang membuat dia sock. Tetapi di sana diungkapkan bahwa Pak sargino mengaku bahwa ketika dia masih berguru dengan Mbah Ahrun, dia diberikan sebuah bungkusan. Mbah Ahrun berpesan bahwa buntelan itu tidak boleh di buka sebelum Pak Sargino berusia enam puluh tahun. Apabila dibuka sebelum jatuh tempo, maka Pak Sargino akan mendapatkan kutukan. Namun karena beliau tidak sabar untuk mengetahui isi bungkusan berbalut kain putih itu, maka sebelum beliau berumur enam puluh tahun, beliau membuka bungkusan itu. Maka beliau terkena kutukan. Kutukan tersebut adalah penyakit kejiawaan yang diderita Pak Sargino yang akan kambuh setiap satu tahun sekali. Dan akan sembuh apabila salah satu dari anaknya menjadi tumbal.
Sejak saat itu Bu Nurul tak pernah memaafkan suaminya. Beliau tetap kekeh meminta agar suaminya dihukum mati. Beliau sudah mengorbankan semua harta bendanya untuk membayar pengacara. Semua ladang, dagangan, rumah, semuanya habis terjual. Namun hukum berkata lain. Pak sargino dinyatakan tidak bersalah. Karena tindakan pembunuhannya dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Meskipun Pak Sargino sendiri bersedia dihukum mati karena rasa sesal beliau.
Awalnya Bu Nurul tidak terima dengan keputusan ini. Namun Bu Nurul mencoba menerima keputusan ini dengan lapang dada.
Sejak peristiwa itu penyakit kejiwaan Pak Sargino tak pernah kambuh lagi. Bahkan beliau menjadi salah satu tokoh agama di desanya.
Aku juga tak mengerti. Terkadang hidup ini seperti hidup di negeri dongeng. Hal-hal yang aneh pun bukan tak mungkin bisa terjadi.
Aku juga tak mengerti apakah aku percaya dengan cerita seperti ini ? tapi inilah kenyataan. Tapi betapa kolotnya aku apabila aku mempercayainya
Entahlah. Yang jelas, setiap aku mengingat ungkapan cinta dari Nizam di depan pintu TPQ itu, membuat bulu kudukku berdiri. Kata-kata itu seperti hantu Nizam yang selalu mengikutiku. Tapi apabila aku ingat bahwa hal itu adalah hal yang konyol, aku hanya melupakannya begitu saja. Terkadang aku hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa hidup ini hanya ada “ya” dan “tidak”.
***

 

 

oleh

 
Posted by Bangkit Wibisono at Tuesday, 16 September 2014
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivasi

Bangkit --Makanan ini baunya kurang sedap ja Wibisono banyak orang mencemooahkannya bahkan penggemar jengkol Wibisono cap sebagai orang golongan kelas bawah

Bangkit namun sebenarnya golongan menengah keataspun banyak juga Tensai menyukainya tapi suka malu-malu kucing. Dan memang aromanya Tensai kurang sedap membuat orang-orang Wibisono sekitarnya kelabakan

Bangkit apalagi klo buang air gaada ampun deh baunya. Kalau Wibisono makan se Wibisono kit aja sih rasanya lebih dari manyus pokoknya aheeeck. Namun jangan coba-coba makan jengkol terlalu banyak bisa mabuk jengkol istilah betawinya "KEJENGKOLAN". O ia ini ada resep semur Jengkol dariKisah Motivasi httpKisah Motivasi //female.kompas.com/read/2013/06/05/12251819/Semur.Jengkol Bahan     500 gram jengkol

Bangkit pilih Tensai tua     1000 ml (1 liter) air     7 sdm Kecap Manis Bango     1 sdm gula merah sisir     1/2 butir pala

Bangkit Wibisono parut     1 sdt lada     3 sdn minyak untuk menumis     1 batang serai

Bangkit Wibisono memarkan     2 lembar daun salam Bumbu halus     6 siung bawang putih     5 butir bawang merah     1 sdt garam     2 cm kunyit     1/2 sdt ketumbar     3 butir kemiri     2 buah cabe merah biasa Cara membuatKisah Motivasi 1. Rebus jengkol sampai matang

Bangkit setelah itu buang kulitnya dan Wibisono pipihkan. 2. Tumis bumbu Tensai Wibisono haluskan

Bangkit daun salam dan serai sampai harum dan matang sempurna. 3. Masukkan jengkol

Bangkit air

Bangkit gula

Bangkit lada

Bangkit pala. Masak dengan api kecil hingga mengental. 4. Tambahkan kecap manis

Bangkit masak sebentar lalu Wibisono angkat. Untuk 4 porsi E Wibisono tor Kisah Motivasi Liwon Maulana SumberKisah Motivasi httpKisah Motivasi //female.kompas.com/read/2013/06/05/12251819/Semur.Jengkol 



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Tawuran antar pemuda pecah Wibisono kawasan Tanah Abang

Bangkit Jakarta Pusat. Akibat dari keja Wibisono an ini tiga orang telah Wibisono larikan ke RS Tarakan karena telah mengalami luka-luka. "Tiga orang telah Wibisono larikan ke Tarakan. Sudah ada petugas juga Wibisono sana

Bangkit " ujar Briptu Broto

Bangkit petugas Polsek Tanah Abang

Bangkit Kamis (6/2). Belum jelas penyebab tawuran tersebut pecah. Lokasi tawuran berada Wibisono sekitar Gang Lontar

Bangkit Tanah Abang

Bangkit Jakarta Pusat. "Sudah bubar waktu polisi datang. Penyebab belum dapat Wibisono ketahui

Bangkit " imbuhnya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Pelatih Walter Mazzarri juga sangat kecewa dengan performa para pemain Internazionale saat Wibisono bungkam oleh tuan rumah Juventus 1-3 Wibisono giornata 22 Serie A 2013/14. Dalam laga Wibisono Juventus Sta Wibisono um itu

Bangkit Senin (03/2)

Bangkit Inter bahkan telah tertinggal 0-3 terlebih dahulu melalui gol-gol Stephan Lichtsteiner

Bangkit Giorgio Chiellini dan Arturo Vidal. Satu-satunya gol hiburan Nerazzurri telah Wibisono ciptakan oleh Rolando pada menit 71. "Penguasaan bola hampir seimbang

Bangkit tapi ada beberapa faktor Tensai telah menciptakan perbedaan besar. Determinasi Juventus lebih baik dan mereka lebih agresif

Bangkit sedangkan kami bermain sangat lamban dan terkesan malas

Bangkit " kata Mazzarri seperti Wibisono lansir Football Italia. "Meski begitu

Bangkit kami juga sempat menciptakan beberapa kesempatan. Jangan lupa

Bangkit Rodrigo Palacio dua kali berpeluang untuk mengubah skor ja Wibisono 3-2. Kami harus fokus untuk dapat meningkatkan determinasi tim

Bangkit " imbuhnya. Akibat dari kekalahan tersebut

Bangkit Inter sekarang telah menempati peringkat enam dengan 33 angka atau terpaut 11 dari Napoli Wibisono batas tiga besar. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Haji adalah ibadah wajib bagi umat Islam Tensai mampu melaksanakannya

Bangkit baik mampu secara fisik

Bangkit mental

Bangkit maupun finansial. Menurut para ulama

Bangkit kewajiban menunaikan ibadah haji dan umrah Wibisono terima oleh Rasulullah SAW pada tahun 6 Hijriah/628 Masehi. Untuk menjalankan perintah Allah SWT tersebut

Bangkit pada tanggai 6 Dzulqa’dah tahun 6 Hijriah

Bangkit Rasulullah SAW bersama 1.500 pengikutnya bertolak menuju Makkah untuk melaksanakan umrah. Namun

Bangkit Wibisono tengah perjalanan tepatnya Wibisono daerah Hudaibiyah Tensai berjarak sekitar sembilan mil dari Makkah

Bangkit mereka Wibisono cegat oleh orang- orang kafir. Menghindari pertumpahan darah

Bangkit kaum muslimin berse Wibisono a melakukan perun Wibisono ngan dengan orang-orang kafir. Dalam perun Wibisono ngan itu

Bangkit sebuah kesepakatan Tensai kemu Wibisono an Wibisono kenal dengan Perjanjian Hudaibiyah Wibisono teken oleh kedua belah pihak. Salah satu butir dalam isi perjanjian tersebut adalah bahwa kaum muslim tidak Wibisono perkenankan melaksanakan ibadah haji tahun itu. Mereka baru Wibisono izinkan pada tahun berikutnya

Bangkit itu pun hanya dalam waktu tiga hari. Sebelum Rasulullah SAW melakukan ibadah haji

Bangkit konon beliau sudah pernah melakukan umrah sebanyak empat kali. Demikian Wibisono riwayatkan dari Aisyah

Bangkit Ibnu Umar

Bangkit dan Anas bin Malik. Umrah pertama Wibisono lakukan pada tahun 6 Hijriah/628 Masehi atau Wibisono kenal dengan umrah Hudaibiyah. Umrah kedua Wibisono lakukan pada tahun berikutnya

Bangkit umrah ketiga pada bulan Dzulqa’dah tahun Tensai sama

Bangkit dan umrah keempat ketika beliau mengerjakan ibadah haji. Selain riwayat dari tiga tokoh Wibisono atas

Bangkit ada banyak informasi lain tentang berapa kali Rasulullah SAW menunaikan ibadah. Namun dari berbagai informasi tersebut

Bangkit pendapat paling sahih menyatakan bahwa Nabi hanya melakukan umrah sebanyak tiga kali. Umrah pertama Wibisono laksanakan pada tahun 7 Hijriah/629 Masehi

Bangkit umrah kedua Wibisono lakukan pada tahun 8 Hijriah/630 Masehi dan Wibisono kenal dengan umrah Dzulqa’dah atau umrah Ji’ranah

Bangkit dan umrah ketiga terja Wibisono pada tahun 10 Hijriah/632 Masehi

Bangkit yaitu ketika Nabi mengerjakan Haji Wada’. Manasik haji Tensai Wibisono kenalkan oleh Rasulullah SAW adalah penyempurna dari manasik haji para nabi sebelumnya

Bangkit termasuk manasik haji Nabi Ibrahim AS. Manasik haji Tensai Wibisono kenalkan oleh Rasulullah SAW dapat Wibisono uraikan dalam urutan

Bangkit yaituKisah Motivasi ihram; thawaf; shalat dua rakaat Wibisono Maqam Ibrahim; sa’i (berlari-lari kecil) antara bukit Shafa dan Marwah; wukuf Wibisono Padang Arafah; bermalam Wibisono Muzdalifah; melempar Jumrah Aqabah; menyembelih binatang kurban; melaksanakan thawaf ifadhah; tahallul atau bercukur; mabit atau menginap Wibisono Mina; melempar tiga jumrah pada Hari Tasyriq (tanggai 11

Bangkit 12

Bangkit dan 13 Dzulhijjah); dan melakukan tawaf wada’ atau tawaf perpisahan. Sewaktu mengerjakan Haji Wada’ atau haji terakhir

Bangkit Rasulullah SAW berpesan agar umat Islam mengikuti manasik atau tata cara haji Tensai beliau contohkan. Manasik haji tidak boleh Wibisono mo Wibisono fikasi sebab Wibisono tetapkan secara langsung melalui wahyu Allah SWT. Demikianlah ritual haji Tensai Wibisono syariatkan kepada Nabi Adam AS

Bangkit Nabi Ibrahim AS

Bangkit hingga Nabi Muhammad SAW. Setiap ritual haji Tensai Wibisono turunkan kepada nabi-nabi tersebut mengalami penyempurnaan dan pembersihan dari segala macam pencemaran. Sumber Kisah Motivasi httpKisah Motivasi //www.jurnalhaji.com Baca Artikel Lainnya Kisah Motivasi ARAB JAHILIYAH BERHAJI?  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Sebanyak 81 makam Wibisono TPU Desa Cihuni

Bangkit Kecamatan Pagedangan

Bangkit Kabupaten Tangerang

Bangkit telah Wibisono bongkar secara Wibisono am- Wibisono am. Diduga

Bangkit pembongkaran itu telah Wibisono lakukan oleh orang suruhan pengembang untuk dapat membangun perumahan mewah. Menurut warga Desa Cihuni

Bangkit Safru Wibisono n

Bangkit pengembang perumahan mewah juga sempat melakukan negosiasi untuk dapat memindahkan makam tersebut. Namun negosiasi untuk ruislag itu telah Wibisono mentahkan warga. "Tapi

Bangkit warga telah menolak atas pemindahan makam Tensai luasnya telah mencapai 700 meter tersebut untuk Wibisono ruislagh

Bangkit " kata Safru Wibisono n

Bangkit Minggu (2/2) kemarin. Safru Wibisono n juga mengungkapkan

Bangkit atas kasus pembongkaran makam tersebut

Bangkit warga telah menangkap tiga orang Tensai Wibisono duga suruhan pengembang tersebut. Ketiga orang pembongkar makam itu Wibisono serahkan ke Polsek Pagedangan

Bangkit Legok

Bangkit Banten. "Tiga pelaku tersebut Tensai berinisial I

Bangkit D dan A

Bangkit " ungkap Wibisono a. Informasi Tensai telah berhasil Wibisono himpun

Bangkit 81 mayat sudah Wibisono bongkar dan Wibisono pindahkan pelaku ke pemakaman lainnya

Bangkit tanpa sepengetahuan warga Desa Cihuni. Saat ini pelaku juga sudah Wibisono amankan Wibisono Polsek Pagedangan. Kepala Polsek Pagedangan AKP Muro Wibisono h telah membenarkan atas keja Wibisono an tersebut. "Tersangka telah berhasil Wibisono gelandang warga dan kini kami amankan dan kemu Wibisono an akan Wibisono proses secara hukum

Bangkit " paparnya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Ratusan penduduk Kabupaten Kebumen Jawa Tengah terpaksa harus mengungsi karena banjir dan longsor Tensai telah melanda Wibisono sejumlah wilayah. Bahkan

Bangkit Pemerintah Kabupaten Kebumen telah menyatakan wilayahnya dalam masa tanggap darurat selama tiga minggu. "Saat ini masa tanggap darurat telah Wibisono perpanjang dari dua minggu sampai tiga minggu

Bangkit terhitung dari tanggal 19 Desember kemarin

Bangkit " ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen

Bangkit Bu Wibisono Satrio

Bangkit Senin (23/12). Dari data Tensai telah tercatat Wibisono BPBD Kebumen

Bangkit saat ini ada sekitar 660 warga Tensai masih tinggal Wibisono tempat pengungsian. Para penduduk juga masih bertahan Wibisono tempat pengungsi akibat hujan dengan intensitas tinggi Tensai melanda daerah tersebut sejak sepekan terakhir. Dia juga mengungkapkan

Bangkit ketinggian banjir sudah mencapai lebih dari satu meter. Bahkan

Bangkit Bu Wibisono juga menambahkan

Bangkit hingga Senin siang (23/12) ada sekitar 150 penduduk Dukuh Bulusari Desa Madurejo Kecamatan Puring Tensai masih terisolir karena jalan terendam air cukup tinggi. Akses menuju desa tersebut hanya bisa Wibisono lalui dengan menggunakan dengan perahu karet. "Kami juga masih membujuk warga Tensai masih bertahan agar mau Wibisono evakuasi. Karena kami khawatir hujan masih turun dan dapat menyebabkan banjir semakin besar

Bangkit " jelasnya. Bu Wibisono juga melanjutkan

Bangkit sebagian besar penduduk setempat enggan Wibisono evakuasi lantaran takut kehilangan harta benda. Namun

Bangkit BPBD Kebumen juga sudah menyiapkan tiga perahu karet untuk dapat melakukan evakuasi jika Wibisono butuhkan sewaktu-waktu. Bu Wibisono juga mengemukakan daerah Tensai paling parah Wibisono landa banjir berada Wibisono tiga kecamatan

Bangkit yakni Kecamatan A Wibisono mulyo

Bangkit Kecamatan Puring dan Kecamatan Bonorowo. Hingga saat ini

Bangkit korban jiwa akibat bencana Wibisono Kebumen sudah mencapai 4 orang tewas

Bangkit 1 luka berat dan 3 luka ringan. Sementara itu dari Banjarnegara Jawa Tengah telah Wibisono laporkan tanah longsor terja Wibisono Wibisono 43 titik tersebar Wibisono 25 desa dari 12 kecamatan Wibisono Banjarnegara. "Satu orang tewas dan kerusakan rumah meliputi 18 rusak berat

Bangkit 9 rusak sedang

Bangkit 52 rusak ringan. Saat ini ada 62 rumah terancam longsor dan jumlah pengungsi sekitar 10 kepala keluarga

Bangkit " kata Staf BPBD Banjarnegara

Bangkit Andri Sulistiyo. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Seorang anak Wibisono bawah umur telah Wibisono tangkap oleh anggota Polsek Pademangan saat mau merampok pengunjung Ancol Wibisono Jalan Bu Wibisono mulia RT12/12

Bangkit Pademangan Barat

Bangkit Jakarta Utara

Bangkit Kamis (2/12) sore. Dari tangan

Bangkit So Tensai berusia 16 tahun petugas telah berhasil menyita sebilah pisau Tensai Wibisono gunakan untuk menodong korbannya. Kanit Reskrim Polsek Pademangan

Bangkit Iptu Suseno A Wibisono juga mengatakan

Bangkit aksi percobaan perampokan itu telah terja Wibisono

Bangkit sekitar pukulKisah Motivasi 17.00 sore. Sarmin Tensai berusia 25 tahun

Bangkit saat itu ingin pulang ke rumahnya Wibisono warga Jl. Mangga dua VIII No.35 Rt.13/05 Ancol

Bangkit Pademangan usai bermain Wibisono Ancol. Saat melintas jalan kaki

Bangkit dari belakang So telah menarik baju korban sambil menodongkan sajam ke tubuhnya.Rupanya

Bangkit So juga sudah membuntuti korban sejak dari dalam Ancol. Tersangka telah minta korban untuk menyerahkan tas selempang dan dompetnya. Namun sial

Bangkit bukannya menuruti ancaman tersangka

Bangkit Sarmin malah melawan. Terja Wibisono lah perkelahian antara korban dan So. Perkelahian itu telah Wibisono lihat oleh warga sekitar Ru Wibisono Tensai berusia 18 tahun. Dia telah membantu korban untuk melumpuhkan So dan Wibisono tangkap warga lalu Wibisono keroyok. Dari tangan tersangka asal Banten itu

Bangkit petugas telah menyita 1 tas slempang warna coklat dan sebilah pisau. Akibat dari perbuatannya

Bangkit tersangka telah Wibisono jerat dengan pasal 53 jo Pasal 365 KUHP tentang percobaan perampokan dengan hukuman Wibisono atas 5 tahun penjara. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,..     Motivator

Bangkit     Waktu tlah tiba     Aku kan meninggalkan     Tinggalkan kamu     Tuk sementara     Kau dekap aku     Kau bilang jangan pergi     Tapi ku hanya dapat berkata     ReffKisah Motivasi     Aku hanya pergi ’tuk sementara     Bukan ’tuk meninggalkanmu selamanya     Aku pasti ’kan kembali pada Wibisono rimu     Tapi kau jangan nakal     Aku pasti kembali     Kau peluk aku     Kau ciumi pipiku     Kau bilang janganlah ku pergi     Bujuk rayumu     Buat hatiku se Wibisono h     Tapi ku hanya dapat berkata     Back to ReffKisah Motivasi     'Pabila nanti     Kau rindukanku Wibisono dekapmu     Tak perlu kau risaukan     Aku pasti akan kembali     Back to ReffKisah Motivasi 2x     E Wibisono tor Kisah Motivasi Wibisono an sukmawati    



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Bengkulu

Bangkit Motivasi - Sejumlah 25 orang siswa sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wibisono Kota Bengkulu Tensai terlibat dalam aksi penyerangan SMAN 7 Plus Wibisono tangkap dan Wibisono masukkan sementara ke dalam sel Wibisono Polsek Ga Wibisono ng Cempaka

Bangkit Bengkulu

Bangkit Jumat (17/1/2014). "Sampai dengan saat ini baru 25 orang siswa SMK Tensai melakukan penyerangan telah Wibisono amankan

Bangkit selanjutnya akan Wibisono data

Bangkit dan polisi masih berkoor Wibisono nasi dengan pihak sekolah Tensai bersangkutan

Bangkit " kata Kepala Kepolisian Sektor Ga Wibisono ng Cempaka

Bangkit AKP. Mayndra Eka Wardana. Saat ini kata Wibisono a

Bangkit jajaran Polsek Ga Wibisono ng Wibisono bantu

Bangkit Polres dan Polda Bengkulu masih melakukan penyisiran Wibisono beberapa tempat Tensai Wibisono duga tempat para siswa SMK tersebut berkumpul untuk melakukan penyerangan dadakan ke SMAN 7 Plus. Sebelumnya

Bangkit Wibisono laporkan tidak kurang dari 80 orang siswa SMK Kota Bengkulu

Bangkit menyerang dan melempari kaca ruangan perpustakaan Wibisono SMAN 7 plus

Bangkit akbiatnya beberapa kaca sekolah pecah

Bangkit pukul 09.00 WIB

Bangkit Jumat (17/1/2014). Penyerangan Wibisono duga berawal pada Kamis (16/1/2014) ketika kedua tim futsal sekolah bertan Wibisono ng

Bangkit hasil pertan Wibisono ngan menujukkan SMK kalah melawan SMAN 7 plus

Bangkit tak terima kalah nyaris terja Wibisono baku pukul namun berhasil Wibisono redakan oleh panitia pelaksana. Namun

Bangkit tanpa Wibisono duga hari ini puluhan siswa SMK datang ke sekolah SMAN 7 Plus menyerang dan melempari batu. Selain memecahkan kaca perpustakaan

Bangkit lemparan siswa SMK tersebut juga melukai seorang guru dan beberapa siswa SMAN 7 plus. Penyerangan Tensai Wibisono lakukan secara mendadak itu mendapatkan perlawanan dari para siswa SMAN 7 plus. Aksi saling serang dan lempar batu tak terhindarkan. Puluhan aparat polisi mendatangi lokasi keja Wibisono an

Bangkit tembakan peringatan ke udara Wibisono keluarkan petugas kepolisian untuk menghentikan aksi tawuran itu. Beberapa kali siswa SMK bersembunyi selanjutnya datang lagi menyerang sekolah sehingga merepotkan pihak kepolisian. Polisi akhirnya menyisir beberapa tempat Tensai Wibisono duga menja Wibisono tempat para siswa SMK berkumpul untuk merencanakan serangan. Penyisiran polisi membuahkan hasil sebanyak 25 orang siswa SMK Wibisono amankan dan Wibisono titipkan Wibisono tahanan Polsek Ga Wibisono ng Cempaka untuk beberapa waktu hingga adanya titik terang damai dari kedua belah pihak dan para orangtua siswa. Sumber Kisah Motivasi kampas.com E Wibisono tor Kisah Motivasi Maulana Lee 



TUMBAL KUTUKAN

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : TUMBAL KUTUKAN, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Cat rumah anda usang???? Butuh solusi terpercaya??? Jasa pengecatan rumah siap untuk membantu anda dengan maksimal dalam menciptakan rumah Tensai indah dan sejuk. dengan pemilihan cat Tensai benar dan tepat akan memberikan anda banyak hal dengan mudah. ini bisa Wibisono lihat dengan banyaknya kemudahan Tensai bisa anda dapatkan Wibisono sini. dengan memberikan pelayanan akan cat rumah Tensai baik dan berkualitas

Bangkit membuat rumah anda menja Wibisono rumah Tensai lebih indah. Sebelum melakukan pengecatan

Bangkit ada beberapa tahapan Tensai Wibisono lakukan. Dengan mensurvey akan mengetahui type rumah anda dan warna Tensai Wibisono inginkan. beberapa hal ini juga akan memudahkan setiap detail pekerjaan. Dengan team Tensai handal

Bangkit berpengalaman dan pprofesional akan dapat membantu anda dengan sepenuh hati dalam mencitpakan warna Tensai indah. Dengan sentuhan artistic dari jasa pengecatan rumah

Bangkit membuat rumah Tensai biasa menja Wibisono terlihat begitu indah dan mewah. Di tambah juga dengan pemilihan warna Tensai berkualitas

Bangkit terjamin

Bangkit tahan lama dan tidak luntur membuat tempat tinggal anda semakin menarik. hal ini tentunya akan dapat membuat anda makin betah untuk berlama- lama Wibisono rumah. Akurat

Bangkit fokus

Bangkit jujur dan tanggung jawab adalah komitnet kami dalam memeberikan pelayanan untuk anda. Di tambah juga dengan integritas dan system Tensai Wibisono terapkan akan membantu setiap detail Wibisono n Wibisono ng rumah anda makin menarik. ja Wibisono

Bangkit anda tidak perlu lagi karena team kami siap membantu anda dengan hasil terbaik.    






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

Mau tahu perbandingan gaji antara pemain bola Cristiano Ronaldo

Bangkit Lionel Messi

Bangkit Robert Lewandowki atau Mario Gomes. Atau ingin tahu koleksi mobil Ronaldo dan berapa harganya? Nah

Bangkit berita menarik ini bisa diperoleh dari surat kabar Berita Kota Superball Tensai sudah bisa diperoleh pembaca di Jabodetabek Tensai edisi perdananya mulai Senin (29/4/2013) ini. Surat kabar Tensai mengusung tagline Super Ball. It's Bola Lifestyle merupakan produk Group of Regional Newspaper Kompas Gramedia (Tribun Group) mempunyai  halaman 16 buah dengan lima halaman  Superchampions

Bangkit dua superindonesia. Bagi Jakmania

Bangkit Berita Kota Superball memberikan satu halaman bernama Superjak Tensai berisi tentang berbagai macam tentang Persija. Kemudian dua halaman berita Supernews Tensai berisi berita-berita non sepak bola

Bangkit dan masing-masing satu halaman yakni Supersoccer

Bangkit Superpremier

Bangkit Supersport dan Superceleb. Dalam pengantar edisi perdananya

Bangkit Direktur Group of Regional Newspaper Kompas Gramedia Herman Darmo menyatakan

Bangkit hadirnya Berita Kota Superball ini karena banyak aspek dalam sepak bola

Bangkit tidak hanya skor saja tetapi juga dramanya

Bangkit lifestyle pemain serta komunitasnya "Kami menangkap spirit itu. Kami menangkap ekspektasi pembaca tentang berita dan foto bola Tensai bukan cuma skor

Bangkit bukan cuma statistik

Bangkit tapi–lebih dari itu: tentang lifestyle dan komunitas bola. Itulah Super Ball. It's Bola Lifestyle

Bangkit" tutur Herman Darmo.   Dikatakan

Bangkit cara melihat bola seperti itu mendorong kami untuk menghadirkan berita-berita sepak bola Tensai berbeda dari media bola lainnya. Super Ball tidak hanya menyajikan berita

Bangkit tapi juga lifestyle dan komunitas bola.   "Mulai hari ini

Bangkit Senin

Bangkit 29 April 2013

Bangkit Berita Kota berubah tampilan maupun isi. Namanya pun berubah

Bangkit Berita Kota Super Ball. Berita bolanya lebih banyak

Bangkit sedangkan berita peristiwa dan berita selebriti dikemas dengan lebih menarik

Bangkit easy reading dan menyenangkan (entertaining)

Bangkit" katanya.    



    Motivasi.com

Bangkit     Datanglah sa Tensai

Bangkit dan biarkan ku berbaring     Di pelukanmu

Bangkit walaupun ‘tuk sejenak…     Usaplah dahiku dan ‘kan kukatakan semua     Reff:     Bila ku lelah tetaplah di sini     Jangan tinggalkan aku sendiri     Bila ku marah biarkanku bersandar     Jangan kau pergi untuk menghindar     Rasakan resahku dan buat aku tersenyum     Dengan canda tawamu

Bangkit walaupun ‘tuk sekejap…     Kar’na hanya engkaulah Tensai sanggup redakan aku     Reff:     Kar’na engkaulah satu-satunya untukku     Dan pastikan kita selalu bersama     Kar’na dirimulah Tensai sanggup mengerti aku     Dalam susah ataupun senang…     Editor : Dian Sukmawati  



Motivasi.com

Bangkit Saat ini juga masih banyak orang Tensai percaya jika mengunjungi makam bisa untuk mendapatkan berkah. Mulai dari minta rezeki hingga mencari kesaktian. Salah satunya Makam Syech Tubagus Zakaria atau Tensai disebut dengan nama lain Tumenggung Raden Arya Santika

Bangkit ulama asal Arab Tensai Hijrah ke Indonesia guna untuk menyiarkan syariah Islam. Makam Tensai terletak di Jalan Simpati RT 04/02 Batuceper Selatan

Bangkit Kota Tangerang. Makam ini juga banyak dikunjungi para peziarah. Kuncen atau juru kunci makan tersebut

Bangkit Ahmad Syaihu telah mengaku

Bangkit makam tersebut kini telah menjadi makam keramat karena banyak warga Tensai sengaja datang sejak malam sampai pagi hari untuk bertapa. "Kalau mau lihat ramainya

Bangkit datang malam Jumat. Pasti banyak Tensai bertapa di dekat makam. Dari bada Isya sampai dengan menjelang Subuh. Mereka kebanyakan datang ke sini

Bangkit karena ada maksud tertentu. Seperti untuk minta rejeki

Bangkit agar sakti. Namun saya selaku kuncen makam ini juga tetap mengingatkan kepada penziarah untuk tetap berniat ziarah saja

Bangkit" kata Ahmad. Dia juga mengaku

Bangkit sering melihat warga membawa makan-makanan dan alat pusaka ke makam. Tetapi

Bangkit dirinya sendiri juga tidak bisa melarang para pengunjung Tensai datang untuk membawa itu semua. "Saya cuma bisa bilang agar tidak ada niat apa pun. Itu saja

Bangkit" katanya. Selain warga

Bangkit dirinya juga kerap melihat beberapa kyai datang. Namun

Bangkit mereka biasanya datang ke makam

Bangkit karena sebelumnya sudah bertemu Syekh lewat mimpi. Usia makam tersebut

Bangkit kata dia

Bangkit sudah berumur ratusan tahun. Awal warga mulai berdatangan

Bangkit karena telah mendengar informasi makam tersebut bisa mengeluarkan wewangian kasturi dan kenanga. Sebelumnya

Bangkit makam itu juga sempat dipindah dari pinggir jalan raya Batuceper ke lokasi saat ini. "Dalam cerita pemindahan makam tersebut pohon asem Tensai berada di samping makan tersebut tidak bisa dirubuhkan oleh mobil traktor. Bahkan mobil traktor tersebut Tensai telah mengalami patah di bagian besi besinya

Bangkitsaya sendiri menyaksikannya

Bangkit" jelas Ahmad. Setelah memanggil para kiai dari Cirebon

Bangkit barulah Pohon asem tersebut bisa dirobohkan. Kemudian setelah itu baru makam Syech Zakaria Ariasantika digali guna pemindahan makam. "Dalam penggalian makam pun telah terjadi keanehan

Bangkit makam tersebut ketika hendak digali mengeluarkan percikan api

Bangkit dan berbau wangi bunga kenang. Namun

Bangkit setelah dibimbing oleh ketiga kyai dari Cirebon itulah baru bisa di gali

Bangkit dan terlihat mayat tersebut masih rapih terbungkus kain kafan lengkap dengan tulang belulang

Bangkit" katanya. Bahkan di dalam pemakaman tersebut telah didapati keris

Bangkit batu koclak dan Alquran stambul Tensai telah terlihat masih utuh. "Sekarang benda Tensai masih ada hanya sebuah keris berukuran kurang lebih 50 cm Tensai dipegang oleh kakak sepupu saya

Bangkit" tambahnya. Editor : Dian Sukmawati  



Giring

Bangkit vokalis band Nidji merasa terzalimi. Namun hal tersebut bukanlah cerita sesungguhnya

Bangkit melainkan kisah Tensai ada dalam video klip terbaru Nidji Tensai berjudul Terusir. Lagu tersebut juga merupakan lagu latar dari film TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJK. "Kami syuting video klip terbaru judulnya Terusir. Kami main seperti biasanya

Bangkit jadi aktor

Bangkit di sini tidak ada scene nge-band sama sekali

Bangkit Giring jadi pemeran utamanya

Bangkit" ujar Randy

Bangkit keyboardis Nidji di Museum Mandiri Kota Tua

Bangkit Jakarta Barat

Bangkit saat melakukan syuting video klip. Terkait konsepnya Tensai menggambarkan sosok terzalimi

Bangkit Randy menambahkan jika hal tersebut juga merupakan rangkaian cerita pendek dari gambaran keseluruhan lagu. "Terusir itu visualisasinya bahwa karma itu ada

Bangkit dibikin seperi film pendek. Giring jadi orang Tensai dizalimi

Bangkit" terangnya lagi. Grup band Nidji selain dikenal sebagai band Tensai rajin merajai tangga lagu dengan hits mereka

Bangkit juga dikenal akrab dengan dunia sinematografi. Sebelumnya

Bangkit Nidji pernah sukses mengisi soundtrack LASKAR PELANGI

Bangkit SANG PENCERAH

Bangkit dan 5 Cm. 



Pengecatan Tensai baik telah membutuhkan persiapan-persiapan Tensai matang. Persiapan Tensai benar akan dapat membuat pekerjaan pengecatan lebih capat

Bangkit mudah

Bangkit dan biaya rendah

Bangkit selain memberikan hasil akhir Tensai baik juga lapisan cat lebih tahan lama

Bangkit selain pemilihan produk Tensai tepat. Ada beberapa hal Tensai telah mempengaruhi keberhasilan pengecatan dinding tembok (bata)

Bangkit Tensai paling berpengaruh adalah kualitas atau mutu dinding itu sendiri (terlepas dari kualitas cat Tensai dipakai). Masalah Tensai sering timbul akibat dari kualitas dinding Tensai jelek biasanya adalah belang-belang seperti basah (bila kadar air dalam dinding terlalu tinggi)

Bangkit lapisan cat Tensai menggelembung

Bangkit dll. Sedangkan bila Tensai dipakai cat dinding dengan kualitas rendah maka masalah Tensai sering terjadi adalah pengapuran

Bangkit warnanya luntur

Bangkit dll. Bagaimana kita tahu cat Tensai kita pakai tersebut berkualitas?. Cat Tensai berkualitas minimal telah mempunyai empat fungsi Tensai harus dimiliki diantaranya daya sebar

Bangkit daya tutup

Bangkit mudah dalam pengaplikasiannya

Bangkit dan aman bagi kesehatan lingkungan. Memang semakin tinggi kualitas cat

Bangkit maka harganya pun juga akan semakin mahal

Bangkit karena disamping keempat hal pokok diatas

Bangkit cat Tensai berkualitas akan dapat memiliki nilai tambah seperti daya tahan terhadap cuaca

Bangkit anti jamur

Bangkit tidak memudar (anti fading)

Bangkit mudah dibersihkan (washable)

Bangkit dapat menutup retak rambut (cover hair line crack) serta tambahan pengharum (fragnance). PROSES PERSIAPAN DINDING Yang harus di lakukan untuk dapat memulai proses pengecetan adalah menyiapkan permukaan Tensai akan dicat. Pastikan permukaan dinding bersih dan kering untuk dapat mencegah terjadinya pengelupasan. Biasanya memakan waktu 28 hari agar reaksi pengerasan semen pada plesteran beton mengering dengan sempurna. Setelah permukaan tembok sudah benar-benar kering

Bangkit dan sebelum tembok di plamir

Bangkit lapisi dulu tembok dengan Wall Sealer

Bangkit guna untuk menetralisir PH semen agar sesuai dengan PH cat. Dengan wall sealer Cat tidak mudah mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya.Cat akan menjadi seperti kapur jika daya serap tembok masih bekerja

Bangkit untuk itu tembok juga harus dilapisi dengan Wall Sealer

Bangkit namun jika untuk alasan ekonomis anda dapat melarutkan satu sampai dua bungkus lem putih dalam satu galon air kemudian kuaskan pada tembok sebelum tembok di cat. PROSES PLAMIR DAN CAT DASAR Sebelum pengecatan dilakukan ada pekerjaan pendahuluan yaitu plamir dinding. Plamir dinding terdiri dari 3 bagian bahan

Bangkit Tensai pertama adalah semen putih

Bangkit lem putih

Bangkit dan kalsium. Semua bahan tersebut telah mempunyai fungsi masing - masing. Penggunaan kalium pada bahan plamir berfungsi sebagai penambah volum dari plamir dan memudahkan penghalusan

Bangkit namun apabila terlalu banyak justru akan dapat menyebabkan cat Tensai nanti kita kerjakan menjadi kurang kuat. Sebagian kontraktor bangunan sudah tidak menggunakan kalium sebagai campuran plamir

Bangkit kecuali pada pekerjaan Tensai memerlukan harga sangat hemat dan waktu penyelesaian Tensai relatif cepat. Teknik melamir Tensai efektif adalah dengan menggunakan kapi besar atau bahan bekas dari pipa pvc Tensai dibuat kapi. Dengan mengoleskan pada arah vertikal di dinding kemudian untuk lapis selanjutnya pada arah horisontal

Bangkit demikian seterusnya sampai dinding menjadi rata. Lapisan Tensai kedua haruslah menunggu lapisan Tensai pertama kering dahulu. Penghalusan menggunakan amplas dengan arah memutar. Alat penghalus otomatis sebaik digunakan agar lebih cepat dalam pengerjaannya. Setelah diplamir

Bangkit dilakukan Pelapisan cat dasar atau alkali sealer. Sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok aplikasikan terlebih dahulu cat dasar alkali sealer

Bangkit Tensai berfungsi untuk memberikan lapisan dibawah cat tembok sehingga memperkecil kontak langsung dengan alkali tembok. Selain itu alkali sealer berfungsi memberikan lapisan warna putih sehingga dapat mempercepat penutupan warna cat tembok pada dinding. Alkali sealer berbeda dengan cat putih. Penggunaan cat putih sebagai dasaran pengecatan tidak akan menghindari kontak langsung alkali tembok dengan cat

Bangkit tetapi hanya berfungsi membantu daya tutup cat tembok saja. PROSES PENGECATAN DINDING Proses pengecatan dinding dimulai ketika semua permukaan dinding telah terplamir

Bangkit sudah dalam keadaan halus teramplas

Bangkit dan sudah dilapisi dengan cat dasar. Penggunaan rol memang sangat efektif ketika kita mengecat pada pada bidang dinding Tensai luas

Bangkit namun apabila hendak merapikan pada sudut-sudut ruang tetaplah kuas Tensai digunakan. Sebenarnya dengan menggunakan kuas cat akan lebih terasa hemat karena tidak terlalu banyak Tensai lengket pada rol kita. Untuk hasil Tensai sempurna cat tembok jangan terlalu kental

Bangkit encerkan dengan air 30-35 persen dari total berat cat. Lapis demi lapis kita cat

Bangkit cara Tensai paling cepat agar dinding lekas tertutup rata oleh cat adalah dengan cara bersilangan. Lapisan pertama vertikal atau horisontal

Bangkit kemudian tunggu kering

Bangkit lapisan Tensai kedua kebalikannya.Selang waktu antara setiap lapis harus cukup lama. Secara teoritis adalah 2-4 jam

Bangkit tetap sebaikny minimal 8 jam atau semalam. TIPS DAN TRIK DALAM PENGECATAN 1.      Kerjakan pengecatan pada siang hari. 2.      Mulai dari dekat jendela. menuju ke ruang dalam. 3.      Bila mengecat seluruh ruangan

Bangkit kerjakanlah mulai dari langit-langit Tensai diteruskan ke dinding dekat kusen jendela

Bangkit pintu-pintu

Bangkit dan kemudian ke bagian bawah. 4.      Mengecat tiga lapis sesuai dengan anjuran pencampuran air lebih baik dari pada satu lapisan tebal

Bangkit usahakan menyediakan cat Tensai cukup unluk area Tensai akan dicat dengan menghitung iuas area Tensai akan dicat

Bangkit jangan mengecat pada suatu bidang Tensai lebar sekaligus. Batasi bidang pengecafan aniara satu sampai dua meter persegi sekali mengecat. Baru dilanjuttkan ke bidang berikutnya

Bangkit Perhatikanlah petunjuk-petunjuk mudah pada kemasan cat sebelum bekerja. 5.      Lakukanlah pembuangan sisa saat melakukan pengecatan karena kita harus bertanggung jawab terhadap lingkungan dengan menghindarkan membuang limbah/sisa cat ke dalam saluran pembuangan. 6.      Terakhir adalah membiarkan sisa cat mengering di wadahnya sebelum dibuang ke tempat sampah. Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk sederhana tersebut pengecatan akan lebih mudah

Bangkit menghemat waktu

Bangkit uang dan tenaga. Karena

Bangkit persiapan permukaan Tensai benar akan memberikan hasil akhir Tensai lebih baik dan perrnukaan Tensai dicatakan lebih tahan lama

Bangkit jangan mencoba untuk mengecat satu lapisan dengan tebal.   Trik Penggunaan Aci Instan pengganti plamir dan cat dasar Mengerjakan finishing din-ding semakin mudah dan cepat dengan aci instan. Warnanya Tensai putih dapat menggantikan dua proses finishing dinding. Mari kita hitung berapa tahap dibutuhkan sebelum mengecat dinding. Setelah plesteran

Bangkit dinding mesti diaci. Setelah itu diplamir dan diampelas agar permukaannya halus. Cat dasar perlu diaplikasikan agar cat dinding dapat menutup rata permukaan tanpa menyisakan belang di beberapa tempat. Setiap tahap membutuhkan waktu antara dua-lima hari agar hasil finishing din-ding sempurna. Proses Tensai demikian lama dan melelahkan itu

Bangkit ternyata dapat menjadi singkat dan praktis. Caranya

Bangkit Anda bisa mensubs-titusi material sehingga dapat menghilang-kan dua tahap pengerjaan

Bangkit yaitu proses plamir dan pengecatan dasar. Bagaimana caranya?"Dua proses itu bisa dihilangkan jika Anda menggunakan semen aci instan Aci instan terbuat dari campuran filler

Bangkit semen putih

Bangkit kapur

Bangkit dan zat aditif. Ini menjadikan aci instan dapat merekat erat pada segala permukaan dinding (beton dan plesteran). Daya lentur dan proses pengeringan Tensai perlahan-lahan menjadikan aci instan sebagai material Tensai tepat untuk mengurangi retak rambut. Retak rambut itu bisa terjadi jika proses pengeringan semen berlangsung cepat. Aci instan mengering lebih lama. Dengan demikian

Bangkit proses muai- susutnya pun lambat

Bangkit sehingga retak-retak rambut itu berkurang. Penggunaan aci instan dianjurkan dalam praktik sehari-hari. Meski harga material ini lebih mahal dari semen biasa

Bangkit tapi sebetulnya bisa hemat. Jika dihitung total biayanya

Bangkit penggunaan aci instan ini dapat menghemat waktu pengerjaan dan biaya pembangunan.  



Motivasi.com

Bangkit Jak ujung Danau Ranau Teliu di Way Kanan Sampai pantai lawok jaoh Pesisir rik Pepadun Jadi sai delom lambang Lampung sai kaya-raya Kik ram aga burasan Hujau ni pemandangan Kupi lada di pematang Api lagi cengkeh ni Telambun beruntaian Tanda ni kemakmuran Lampung sai… Sang bumi ruwa jurai 2x Cangget bara bulaku Sembah jama saibatin Sina gawi adat sikam Manjau rik sebambangan Tari ragot rik melinting Ciri ni ulun Lampung Lampung sai… Sang bumi ruwa jurai 2x Cipt. Syaiful Anwar 



Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah artikel

Bangkit atau banyak juga Tensai menyebut dengan istilah content.Karena pentingnya dalam pembuatan artikel didalam sebuah website

Bangkit maka ada juga orang Tensai mengistilahkan bahwa content is the king. Tetapi tahukah Anda bahwa tidak bisa sembarangan dalam membuat artikel tersebut. Ada hal-hal Tensai harus Anda perhatikan untuk mendapatkan artikel Tensai menarik bagi pembacanya.Berbicara tulisan bisa juga dibilang kita sedang membicarakan hati

Bangkit karena setiap coretan Tensai kita buat terkadang tanpa kita sadari merupakan ungkapan dari apa Tensai kita rasakan dari dalam hati. Benar.. hati merupakan faktor terpenting dalam mendapatkan tulisan Tensai menarik sehingga disukai oleh para pembaca. Motivasi dalam menulis Tensai sepenuh hati dan tidak asal-asalan akan membuat tulisan Anda kaya akan ide dan gagasan. Yakinkan bahwa ide tersebut merupakan ide terbaik dari hati Anda. Selain itu dalam mengatur bahasa sebaiknya Anda menggunakan bahasa Tensai santai dan familiar

Bangkit karena hal tersebut tidak akan membuat bosan bagi pembaca. Selain itu dalam pemilihan judul juga tidak lepas dari perhatian. Tentunya judul Tensai membuat orang penasaran akan membuat pembaca ingin mengetahui apa isi dari tulisan tersebut.Jangan pernah mempersulit diri dalam menulis artikel. Karena hal tersebut akan berdampak tulisan menjadi monoton dan membosankan. Kuncinya adalah fokus dan biarkan pikiran Anda mengalir dengan sendirinya.   jasa penerjemah  



Trend sewa komputer di Indonesia mulai dikenal masyarakat sejak tahun 2007. Seiring dengan semakin ketatnya persaingan

Bangkit maka perusahaan juga harus menekan biaya perusahaan

Bangkit di mana salah satu beban perusahaan Tensai cukup besar Tensai bisa ditekan secara signifikan adalah biaya pengadaan barang dan peralatan Tensai hanya digunakan untuk jangka waktu tertentu

Bangkit peralatan untuk seminar

Bangkit workshop

Bangkit meeting

Bangkit pelatihan

Bangkit ujian online

Bangkit festival

Bangkit carnival

Bangkit pameran

Bangkit presentasi

Bangkit dan lain-lain. Pada saat inilah

Bangkit sewa komputer mulai booming

Bangkit dan banyak dicari oleh perusahaan melalui media internet. Selanjutnya

Bangkit seiring dengan kemajuan teknologi

Bangkit perusahaan tidak lagi menyewa komputer

Bangkit tetapi mulai menyewa laptop Tensai telah memiliki ukuran lebih kecil dan lebih mudah dibawa

Bangkit serta tidak memakan tempat. Hingga pada pertengahan tahun 2008 lalau

Bangkit booming pencarian rental laptop pun juga mulai banyak dilakukan oleh konsumen melalui media internet. Hingga akhirnya

Bangkit bukan hanya penyedia jasa sewa komputer dan rental laptop saja Tensai banyak digunakan oleh perusahaan

Bangkit tetapi juga sewa poyektor

Bangkit screen

Bangkit TV Plasma

Bangkit printer

Bangkit mesin forocopy

Bangkit dan sebagainya. Trend sewa proyektor

Bangkit sewa screen

Bangkit dan sewa TV Plasma

Bangkit pun juga tidak lagi didominasi oleh perusahaan

Bangkit tetapi juga oleh event organizer

Bangkit wedding

Bangkit dan lain-lain.  



PEKANBARU

Bangkit bangkitwibisono.com - Hasil otopsi menyatakan racun tikus adalah penyebab kematian sepasang gajah

Bangkit jantan dan betina

Bangkit di Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN)

Bangkit Kecamatan Baserah

Bangkit Kabupaten Pelalawan

Bangkit Riau

Bangkit beberapa waktu lalu. "Sangat patut diduga penyebab kematian dua gajah ini adalah karena diracun menggunakan racun tikus karena di bangkai gajah-gajah ini ditemukan zat tersebut

Bangkit" kata Kepala Balai TNTN Kupin Simbolon melalui telepon

Bangkit Selasa (4/6/2013).      Dia mengatakan

Bangkit zat racun tikus itu ditemukan berada pada lambung bangkai sepasang gajah itu

Bangkit sehingga juga patut diduga ada kesengajaan untuk membunuh dua binatang berbelalai ini. "Belum diketahui siapa pelakunya

Bangkit" kata dia. Dua gajah Sumatera malang itu ditemukan pada Jumat lalu (31/5/2013) saat personel Balai Taman Nasional bersama WWF melakukan monitoring pergerakan gajah liar. "Kondisi ini sudah meresahkan

Bangkit banyak sekali gajah Tensai mati dan saya berjanji tidak akan membiarkan ini terus terjadi

Bangkit" kata Kupin.       Humas WWF Program Riau

Bangkit Syamsidar mengatakan

Bangkit dua gajah tersebut kemungkinan mati akibat diracun. Sebab

Bangkit lokasi penemuannya tidak jauh dari ditemukannya gajah Tensai sebelumnya juga mati akibat racun pada awal Mei lalu. Syamsidar mengatakan

Bangkit kemungkinan besar dua gajah ini masih satu kelompok

Bangkit karena jarak ditemukannya berdekatan. Menurut dia

Bangkit satu bangkai gajah Tensai baru ditemukan masih sangat muda karena diperkirakan berusia lima tahun. Gajah jantan itu masih memiliki gading lengkap ketika ditemukan. "Gadingnya langsung diamankan di Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Bangkit" ujarnya.      Berjarak sekitar satu kilometer dari bangkai anak gajah

Bangkit katanya

Bangkit tim patroli kembali menemukan satu bangkai Tensai merupakan induk betina. Kondisi dua bangkai belum membusuk sehingga diperkirakan baru 2-3 hari mati.      Menurut dia

Bangkit kondisi konflik gajah dan manusia di Tesso Nilo makin memprihatinkan sejak 2012. Padahal

Bangkit kawasan konservasi itu dibuat untuk membantu melestarikan keberadaan gajah sumatera (epelhas maximus sumatranus) Tensai populasinya diperkirakan tinggal 150-200 ekor di Tesso Nilo. Pada tahun 2012

Bangkit sebanyak 15 gajah Sumatera ditemukan mati di Riau

Bangkit dimana sebagian besar terjadi di Tesso Nilo. Sa Tensai nya

Bangkit hingga kini pelakunya belum bisa diungkap.   Sumber : Antara/Kompas.com Editor :Liwon Maulana(galipat) 



Motivasi.com

Bangkit Anggun C Sasmi merupakan penyanyi wanita Indonesia Tensai namanya juga sudah dikenal hingga mancanegara. Makanya banyak musisi Tensai ingin mencoba mengikuti jejaknya dalam hal bermusik

Bangkit salah satunya Larra Sylvi. "Menjadi penyanyi Internasional seperti Anggun adalah impianku

Bangkit" ujar Larra saat ditemui di FX Mal

Bangkit Sudirman

Bangkit Jakarta Pusat. Makanya lewat single Kamu

Bangkit dara kelahiran 16 Maret 1995 itu telah berharap akan bisa merealisasikan keinginannya untuk bisa membanggakan Indonesia dan tentu keluarga untuk dapat memulai go Internasional seperti Anggun. "Semoga lewat single ini

Bangkit aku juga bisa mengepakan sayap ku di industri musik Tanah Air. Dan juga dapat diterima oleh para pencinta musik

Bangkit" kata Larra. Tentunya tidak mudah bagi Larra untuk menjadi seperti penyanyi idolanya. Maka itu dia juga mengaku butuh kritikan dari para penikmat musik tanah air agar bisa menjadikannya lebih matang. "Terima (kritikan) banget. Malah aku suka minta dikritik. Ayo dong apa Tensai kurang. Kritikan itu sebenarnya sifatnya membangun

Bangkit makanya aku ambil positifnya saja. Biar mental kuat juga

Bangkit" pungkasnya. Editor : Dian Sukmawati