Home Who Am I Privacy Polici Rss Contact
BANGKIT WIBISONO
Tensai - Always Get up Never Give Up
MISI :
Memberi Perubahan Pada Hidup
Diawali Dari Perubahan Diri
Home Mental Building Motivasi Agama Kisah Motivasi Nasihat Cinta Motivasi Sukses Kumpulan Cerpen Kumpulan Mimpi Kata Motivasi

Membeli waktu

Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul  21.00 malam. Seperti hari-hari sebelumnya, hari itu  sangat melelahkan baginya. Sesampainya di rumah ia mendapati anaknya yang berusia 8 tahun yang duduk di kelas 2 SD sudah menunggunya di depan pintu rumah.  Sepertinya ia sudah menunggu lama.

“Kok belum tidur?” sapa sang Ayah pada anaknya.

Biasanya si anak sudah lelap ketika ia pulang kerja,  dan baru bangun ketika ia akan bersiap berangkat ke kantor di pagi hari.

“Aku menunggu Papa pulang, karena aku mau tanya berapa sih gaji Papa?”, kata sang anak.

“Lho, tumben, kok nanya gaji Papa segala? Kamu mau minta  uang lagi ya?”, jawab sang ayah.

“Ah, nggak pa, aku sekedar..pengin tahu aja…” kata anaknya
.
“Oke, kamu boleh hitung sendiri. Setiap hari Papa bekerja sekitar 10 jam dan dibayar Rp.400.000. Setiap bulan  rata-rata dihitung 25 hari kerja. Jadi gaji Papa satu bulan berapa, hayo?!”, tanya sang ayah.

Si anak kemudian berlari mengambil kertas dari meja belajar sementara Ayahnya melepas sepatu dan mengambil minuman.

Ketika sang Ayah ke kamar untuk berganti pakaian, sang anak mengikutinya.

“Jadi kalau satu hari Papa dibayar Rp 400.000 utuk 10 jam, berarti satu jam Papa digaji Rp 40.000 dong!”

“Kamu pinter, sekarang tidur ya..sudah malam!”

Tapi sang anak tidak mau beranjak. “Papa, aku boleh pinjam uang Rp 10.000 nggak?”

“Sudah malam nak, buat apa minta uang malam-malam begini. Sudah, besok pagi saja. Sekarang kamu tidur”

“Tapi papa..”

“Sudah, sekarang tidur” suara sang Ayah mulai meninggi.

Anak kecil itu berbalik menuju kamarnya.

Sang Ayah tampak menyesali ucapannya. Tak lama kemudian ia menghampiri anaknya di kamar. Anak itu sedang terisak-isak sambil memegang uang Rp 30.000.

Sambil mengelus kepala sang anak, Papanya berkata  “Maafin Papa ya! Kenapa kamu minta uang malam-malam begini.. Besok kan masih bisa. Jangankan Rp.10.000, lebih dari itu  juga boleh. Kamu mau pakai buat beli mainan khan?”

“Papa, aku ngga minta uang. Aku pinjam…nanti aku kembalikan kalau sudah menabung lagi dari uang jajanku.”

“Iya..iya..tapi buat apa??” tanya sang Papa.

“Aku menunggu Papa pulang hari ini dari jam 8. Aku mau ajak Papa main ular tangga. Satu jam saja pa, aku mohon. Mama sering bilang, kalau waktu Papa itu sangat berharga. Jadi aku mau beli waktu Papa. Aku buka tabunganku, tapi cuma ada uang Rp 30.000. Tadi Papa bilang, untuk satu jam Papa dibayar Rp 40.000.. Karena uang tabunganku hanya Rp.30.000,- dan itu tidak cukup, aku mau pinjam Rp 10.000 dari Papa” Sang Papa cuma terdiam.

Ia kehilangan kata-kata. Ia pun memeluk erat anak kecil itu sambil menangis. Mendengar perkataan anaknya, sang Papa langsung terdiam, ia seketika terenyuh, kehilangan kata-kata dan menangis..

Ia lalu segera merangkul sang anak yang disayanginya itu sambil menangis dan minta maaf pada sang anak..

“Maafkan Papa sayang…” ujar sang Papa.

“Papa telah khilaf, selama ini Papa lupa untuk apa Papa  bekerja keras. Maafkan Papa anakku” kata sang Papa ditengah suara tangisnya.

Si anak hanya diam membisu dalam dekapan sang Papanya.

 



Sebuah pertanyaan untukmu papa.. dan jawablah dari hati. munculkan suara hatimu..
Sebenarnya, apa alasan bekerja sangat keras dan mencari kesuksesan karir?
Demi uang yang banyak? Atau sesungguhnya demi keluarga Anda?
Seringkali kita bekerja terlalu sibuk sehingga kita melupakan bahwa di akhir, keluargalah yang terpenting.
Tidak ada gunanya sukses tapi pada akhirnya keluarga telah ditinggalkan atau hubungan dengan keluarga telah rusak.

Sebuha Pertanyaan lagi untukmu semua

“lebih baik Anda mencintai anak Anda atau Anak Anda merasa di cintai oleh Anda?”

 
Posted by Bangkit Wibisono at Thursday, 3 April 2014
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT

Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. CV. Jasa Siaga Trans ( SIAGA TRANS ) adalah perusahaan jasa kirim barang ( expe Wibisono si ) ke hampir seluruh wilayah pulau Wibisono Indonesia baik dengan angkutan darat

Bangkit angkutan laut maupun udara. Kami ha Wibisono r Wibisono tengah-tengah anda dengan tujuan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan jasa kirim barang anda. Kami juga telah memiliki team management Tensai sangat berpengalaman

Bangkit bertanggung jawab dan terpercaya. Memiliki jangkauan Tensai luas

Bangkit biaya Tensai murah serta pengiriman Tensai tepat waktu merupakan motto kami dalam menjalankan perusahaan.     " Melayani dengan Kepedulian dan Tanggung jawab" SIAGA TRANS juga dapat mengurus pengiriman dari dan kemana saja ke seluruh Indonesia baik via darat

Bangkit laut maupun udara dengan harga Tensai kompetitif dan Wibisono dukung armada Tensai memadai. SIAGA TRANS juga telah menye Wibisono akan jasa pengiriman barang Wibisono antaranya adalah Kisah Motivasi 1. Jasa Expe Wibisono si Kisah Motivasi Jasa kirim barang dengan tarif murah dari dan kemana saja Wibisono seluruh indonesia dengan beberapa pilihan transportasi yaitu melalui angkutan darat

Bangkit expe Wibisono si muatan kapal laut (EMKL) dan cargo udara. 2. Jasa Pindahan Kisah Motivasi Jasa mover untuk jasa pindahan rumah

Bangkit kantor

Bangkit apartemen

Bangkit pabrik dari bandung ke seluruh kota Wibisono Indonesia

Bangkit dapat menggunakan layanan sewa truk atau container dengan harga Tensai kompentitif dan dapat Wibisono negosiasikan dengan budget Tensai terse Wibisono a. jasa lain Tensai kami se Wibisono akan untuk pindahan Wibisono antaranyaKisah Motivasi jasa pengepakan (packing )

Bangkit asuransi dan jasa bongkar muat. 3. Jasa Sewa / Carter Truk Kisah Motivasi Jasa sewa trucking untuk kebutuhan personal

Bangkit pabrik atau industri. Terse Wibisono a harga berdasarkan satu kali pengiriman (ritase) atau harga sewa harian

Bangkit mingguan bahkan bulanan. Berbagai macam kendaraan siap membantu anda mulai dari truck pickup sampai truk kapasitas besar Tensai dapat Wibisono sesuaikan dengan kebutuhan pengiriman dan tentu saja harga Tensai murah merupakan kelebihan perusahaan Kami. 4. Jasa Pengiriman Mobil / Motor Kisah Motivasi Jasa kirim mobil / motor ke seluruh Indonesia . layanan Tensai kami berikan adalah Door to Door

Bangkit Kami telah memberikan layanan GRATIS pick up Mobil / Motor anda Wibisono Bandung untuk selanjutnya kami antar ke lokasi tujuan. 5. Jasa Pengiriman Container Kisah Motivasi Jasa pengiriman barang cargo dengan menggunakan container

Bangkit berbagai macam ukuran 20 atau 40 Feet. pengiriman cargo container terse Wibisono a untuk layanan FCL dan LCL dengan menggunakan cargo darat atau laut dengan harga Tensai terjangkau.    



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Ayam kampung atau biasa Wibisono sebut ayam Buras (Bukan Ras) merupakan jenis ayam Tensai sudah Tensai banyak Wibisono ternakan secara tra Wibisono sional Wibisono pedesaana. Sebutan ayam kampung adalah merujuk kepada ayam Tensai memang kenyataanya banyak Wibisono temukan Wibisono kampung-kampung

Bangkit walaupun memang ada juga Beternak ayam Kampung Wibisono Perkotaan. Jenis ayam kampung cukup beragam

Bangkit tetapi pada umumnya memiliki sifat Tensai relatif sama yaitu lebih kebal/tahan terhadap penyakit Wibisono ban Wibisono ngkan dengan ayam ras . Ayam kampung juga lebih tahan terhadap gejala Stress. Dan itulah salah-satu keunggulan Ayam kampung

Bangkit Wibisono samping masih banyak lagi keunggulan-keunggulan ayam kampung (Ayam Ras) Wibisono ban Wibisono ngkan dengan ayam ras. Beberapa keunggulan ayam kampung Wibisono ban Wibisono ngkan dengan ayam ras. Ayam kampong lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit Lebih tahan stress

Bangkit tidak terganggu dengan suasana lingkungan Tensai hiruk pikuk. Memiliki adaptasi Tensai tinggi terhadap perubahan lingkungan . Lebih toleran terhadap perubahan cuaca Harga jual lebih tinggi Wibisono sban Wibisono ng ayam ras Telurnya Wibisono anggap lebih berkhasiat

Bangkit sehingga harga jual telurnya lebih mahal Dagingnya lebih enak dan gurih Wibisono ban Wibisono ng ayam potong (ras) Permintaan akan kebutuhan ayam kampung cukup tinggi Bangsa-bangsa ayam kampung sampai saat ini tidak Wibisono ketahui dengan pasti

Bangkit tetapi ayam hutan (gallus varius linnaeus) Wibisono perkirakan sebagai nenek mo Tensai ayam kampung. Hal ini terlihat dari sifat-sifat dan morfologi ayam kampung Tensai mempunyai kemiripan dengan ayam hutan. Warna bulu ayam kampung sangat beragam

Bangkit yaitu mulai dari hitam

Bangkit putih

Bangkit kekuningan

Bangkit merah tua

Bangkit atau kombinasi

Bangkit dari warna-warna tersebut. Pemeliharaan ternak ayam buras Wibisono Pandaisikek Pemilihan Bibit Ternak. Pemilihan bibit ayam kampung secara umum juga sama dengan ayam ras

Bangkit yaitu Wibisono pilih bibit dari induk Tensai mempunyai kemampuan produksi tinggi

Bangkit misalnya dari kemampuan bertelurnya

Bangkit sifat tumbuhnya dan mempunyai performance Tensai sehat

Bangkit lincah

Bangkit tidak cacat

Bangkit mata cerah

Bangkit tidak ada kotoran Tensai menempel Wibisono bubur

Bangkit serta bulu tampak baik dan mengembang. Kandang Ternak Ayam Buras. Perkandangan untuk pemeliharaan ayam kampung sangat tergantung dari cara pemeliharaan itu sen Wibisono ri. Pemeliharaan ayam secara ekstensif atau Wibisono lepas hanya memerlukan jenis perkandangan Tensai seadanya. Kandang hanya berfungsi untuk tidur pada malam hari. Jenis kandang atau pemeliharaan ternak ayam buras/ ternak ayam kampung secara semi intensif Wibisono buat lebih baik dari kandang untuk pemeliharaan secara akstensif karena selain untuk tidur pada malam hari

Bangkit kandang juga Wibisono gunakan untuk melakukan aktifitas. Sementara kandang untuk pemeliharaan ayam kampung secara intensif perlu mendapatkan perhatian khusus. Kandang dapat Wibisono buat seperti pada kandang ayam ras karena pada pemeliharaan ternak ayam buras/ ternak ayam kampung secara intensif

Bangkit ayam kampung akan Wibisono pelihara secara terus menerus Wibisono dalam sehingga kandang berfungsi sebagai tempat tinggal

Bangkit aktifitas makan

Bangkit minum

Bangkit istirahat

Bangkit dan berproduksi. Sistem kandang Tensai Wibisono gunakan bisa sama dengan sistem-sistem kandang ayam ras petelur

Bangkit yaitu sistem liter dan sistem sangkar. Kepadatan kandang juga perlu Wibisono perhatikan. Penggunaan wadah pakan dan minum juga sama dengan ayam petelur. Penempatan wadah dan pakan minuman juga sama yaitu Wibisono tempatkan secara berdekatan. Pemeliharaan ayam kampung juga bisa Wibisono lakukan secara ekstensif dan intensif. Pemeliharaan secara ekstensif adalah pemeliharaan dengan cara Wibisono lepas dan ayam Wibisono biarkan berkeliaran mencari pakan sen Wibisono ri. Pemeliharaan ini menghasilkan produksi Tensai rendah. Sementara pemeliharaan secara intensif yaitu dengan cara mengandangkan ayam. Kebutuhan ayam seperti meningkatkan produksi. Pada pemeliharaan secara tra Wibisono sional

Bangkit produksi telur rata-rata 30-40 butir per tahun. sementara dengan pemeliharaan intensif dapat meningkat menja Wibisono 163 butir per 200 hari. Pakan Ayam Buras. Pada pemeliharaan ayam kampung secara intensif

Bangkit pemberian pakan dapat Wibisono lakukan seperti pada ayam ras petelur. Namun karena kemampuan produksi ayam kampung terbatas tidak seperti ayam ras petelur. Pemberian pakannya bisa Wibisono campur sen Wibisono ri. Bahan pakan Tensai Wibisono gunakan antara lain jagung giling

Bangkit bekatul dan konsentrat ja Wibisono dan sayur-sayuran. Konversi pakan pada ayam kampung sekitar 4

Bangkit 9. Pemberian pakan Wibisono bedakan dalam pakan awal (starter)

Bangkit pertumbuhan (grower) dan masa bertelur (layer). Selain hasil ramuan sen Wibisono ri

Bangkit pakan Tensai Wibisono berikan pada ayam pedaging juga bisa berupa pakan ja Wibisono . Pencegahan Penyakit Ternak Ayam Buras. Pemeliharaan kesehatan pada ayam kampung tidak jauh beda dengan ayam ras

Bangkit yaitu melalui program pembersihan kandang

Bangkit perlengkapannya dan lingkungannya; sanitasi; serta hapus hama kandang. Penyakit Tensai sering menyerang ayam kampung yaitu new castle (NW)

Bangkit cronic deceaces (CRD) dan cacar. Hal-hal Tensai biasa Wibisono lakukan dalam pencegahan penyakit pada ayam kampung sebagai berikutKisah Motivasi - Hindarkan anak ayam dari perubahan cuaca

Bangkit anak ayam dapat Wibisono beri tambahan vitamin karena pada kon Wibisono si ini

Bangkit anak ayam mudah terserang penyakit. - Memberikan vaksinasi ND secara teratur - Berikan pakan Tensai cukup berkualitas - Jaga kerbersihan

Bangkit perlengkapan dan lingkup kandang - Berikan obat bila perlu saja - Berikan obat cacing dan antibiotik secara berkala Akan tetapi perlakuan-perlakuan tersebut Wibisono atas belumlah Wibisono laksanakn oleh peternak ayam

Bangkit hal ini Wibisono sebabkan karena tujuan beternak ayam hanyalah sebagai usaha sampingan dan ada juga Tensai hanay sekedar hobby saja. Panen Ternak Ayam Buras. Hasil panen ayam kampung berupa telur dan daging. Diban Wibisono ngkan ayam ras

Bangkit telur dan daging ayam kampung Tensai mempunyai rasa Tensai lebih khas dan lebih Wibisono sukai oleh konsumen. Produksi daging ayam kampung dapat Wibisono lakukan pada ayam dara atau ayam dara apkir. Ayam kampung bisa Wibisono jual dalam keadaan hidup atau karkas. Pembibitan pada ayam kampung. tidak seperti ayam ras Tensai Wibisono lakukan oleh bre Wibisono ng farm. Pembibitan ayam kampung Wibisono lakukan secara alami oleh induk Tensai menetaskan telurnya sen Wibisono ri atau secara penetasan buatan dengan menggunakan mesin tetes oleh peternak atau pengusaha peternakan. Lama penetasan telur ayam kampung sekitar 18 hari. Cara penetasan sama dengan ayam ras. (EC-1266). 



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Fernando Hierro sangat senang dengan persaingan Tensai telah terja Wibisono Wibisono La Liga musim ini. Tak hanya Wibisono dominasi oleh Real Madrid dan Barcelona saja

Bangkit kini Atletico Madrid juga ikut masuk dalam bursa untuk dapat merebut trofi tertinggi Wibisono Spanyol tersebut. "Mereka juga mengalami tahun Tensai fantastis dan lolos ke babak berikutnya Wibisono Liga Champions

Bangkit Wibisono Copa Del Rey

Bangkit " tutur Hierro Wibisono sela-sela acara penghargaan Tensai Wibisono adakan oleh AS baru-baru ini. "Mereka juga mampu untuk bertarung dengan Barcelona ( Wibisono La Liga). Saya pikir balapan tiga kuda Tensai kita miliki Wibisono liga tahun ini benar-benar hebat

Bangkit " tutupnya. Tabel persaingan sementara Wibisono La Liga juga menunjukkan Atletico Madrid saat ini telah memiliki poin Tensai sama dengan Barcelona

Bangkit 43. Namun Los Rojiblancos berada Wibisono posisi kedua karena telah mencetak gol Tensai lebih se Wibisono kit. Sementara itu

Bangkit Real Madrid terus mengejar Wibisono posisi ketiga dengan jumlah poin 38. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Kamis (13/2) kemarin malam

Bangkit sekitar pukul 22.50 WIB

Bangkit Gunung Kelud Tensai telah terletak Wibisono Kabupaten Ke Wibisono ri

Bangkit Jawa Timur telah mengeluarkan letusan. Hujan abu dan debu vulkanik telah terja Wibisono Wibisono beberapa kota Wibisono Provinsi Jawa Timur hingga Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letusan dahsyat ini Wibisono sebut-sebut telah melebihi letusan sebelumnya pada 1990. Dari analisa PVMBG

Bangkit tidak menutup kemungkinan erupsi susulan bakal kembali terja Wibisono . "Bisa saja (letusan susulan) kembali terja Wibisono . Tapi tidak akan besar

Bangkit " kata Pelaksana Tugas Bidang Pengamatan dan Penyeli Wibisono kan Gunung Api PVMBG Gede Suantika saat Wibisono hubungi

Bangkit Jumat (14/2). Abu vulkanik Gunung Kelud telah membumbung hingga ketinggian 17 kilometer. Abu akibat dari letusan dari Gunung tersebut telah menutupi wilayah sekitar dengan ketinggian beragam. "Abu akibat erupsi dari Gunung Kelud telah mencapai 17.000 meter (17 kilometer)

Bangkit " katanya. PVMBG telah meminta masyarakat untuk mengikuti arahan petugas setempat. "Tetap tenang dan jangan panik

Bangkit " jelasnya. Abu vulkanik dari erupsi Kelud mendominasi ke arah barat daya. Di Jabar sen Wibisono ri Wibisono laporkan terkena serpihan abu seperti Tasikmalaya. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menganggap hukuman denda Tensai Wibisono jatuhkan kepada Irjen Djoko Susilo (DS) tidak seban Wibisono ng. Sebab

Bangkit denda Tensai harus Wibisono bayarkan Djoko tidak sesuai dengan kerugian negara. "Uang pengganti itu seharusnya sejumlah kerugian negara dan uang pengganti ini harus Wibisono bayar secara tunai. Dendanya juga tidak seimbang dengan kerugian negara

Bangkit " tegas Komisioner Kompolnas Hamidah Abdurrachman kepada wartawan

Bangkit Kamis (19/12) Menurutnya

Bangkit aset Tensai telah Wibisono miliki Jenderal Bintang dua ini juga masih berlimpah walaupun sudah melunasi denda Tensai telah Wibisono putuskan oleh Penga Wibisono lan Tinggi Jakarta sebesar Rp 32 miliar. "Artinya meskipun DS telah menjalani hukuman keluarganya masih hidup sejahtera

Bangkit " sambungnya. Namun

Bangkit lanjut Hamidah

Bangkit hukuman kurungan Tensai telah Wibisono berikan kepada Djoko sudah Wibisono anggap layak. Bahkan

Bangkit harus bisa Wibisono ja Wibisono kan sebagai pelajaran oleh jajaran kepolisian republik Indonesia (Polri). "Cukup layak Wibisono hukum berat 18 tahun juga sudah termasuk berat karena hukuman penjara maksimal 20 tahun hal ini seharusnya telah menja Wibisono pelajaran bagi pejabat polri lainnya agar tidak melakukan kolusi dan korupsi

Bangkit " jelasnya. Selain itu

Bangkit ia juga telah menginginkan agar kasus lain Wibisono kepolisian bisa terungkap. "Kami juga berharap pengungkapan korupsi tidak berhenti pada DS saja

Bangkit " pungkasnya. Seperti Tensai telah Wibisono ketahui

Bangkit Penga Wibisono lan Tinggi Jakarta telah memutuskan untuk menambah hukuman terpidana kasus korupsi pengadaan simulator SIM Irjen Djoko Susilo telah menja Wibisono 18 tahun penjara. Sebelumnya Djoko telah Wibisono vonis 10 tahun oleh penga Wibisono lan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Sidang Tensai Wibisono gelar Rabu (18/12) kemarin

Bangkit dengan Hakim Ketua Roki Panjaitan. Hakim telah menyatakan terdakwa Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo

Bangkit telah terbukti secara sah dan menyakinkan menurut hukum bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi secara bersama-sama dan gabungan beberapa kejahatan serta Tindak Pidana Pencucian Uang secara bersama-sama dan Gabungan beberapa kejahatan. Hakim juga telah menghukum Irjen Djoko untuk dapat membayar uang pengganti sebesar Rp 32 miliar. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Fungsi Dan Manfaat Fuel Filter Agar dapat  menghasilkan tenaga Tensai prima

Bangkit mobil juga perlu supply bahan bakar Tensai sangat baik dan ok tentunya. Baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Hal Tensai harus kita perhatikan bahwa tidak semua bahan bakar itu bersih dari kotoran. Kotoran dan air pada bahan bakar akan bisa merusak komponen-komponen sistem bahan bakar

Bangkit korosi misalnya. Untuk itulah pada sistem bahan bakar telah terdapat komponen Tensai bernama `saringan bahan bakar` (fuel filter). Fuel filter merupakan komponen Tensai harus selalu Wibisono bersihkan secara berkala. Biasanya setiap kelipatan 5000 km. Dan

Bangkit lakukan penggantian fuel filter setiap kelipatan 10.000 km.Penggantian perlu Wibisono lakukan rutin mengingat bahan dasar fuel filter adalah kertas. Di kertas inilah juga terdapat pori-pori untuk dapat menyaring bahan bakar. Lama kelamaan pori-pori tersebut kian rapat sehingga bahan bakar sama sekali sulit untuk menembusnya. Dan solusinya harus Wibisono ganti dengan Tensai baru. Bila tidak

Bangkit mungkin Anda akan terjebak pada kasus Tensai beberapa kali telah Wibisono alami oleh para pengendara mobil. Sepele

Bangkit tapi bila lengah bisa dapat mengganggu perjalanan Anda. Yaitu

Bangkit mesin seperti kurang tenaga

Bangkit terasa lemah meskipun pedal gas Wibisono injak sedalam-dalamnya. Bila gejala awal ini terus Wibisono biarkan tanpa penanganan segera

Bangkit keja Wibisono an berikutnya bisa lebih parah lagiKisah Motivasi mesin tersendat-sendat

Bangkit dan parahnya hal ini akan dapat membuat mobil anda menja Wibisono mogok. hal ini telah Wibisono sebabkan

Bangkit karena fuel filter Tensai kotor sehingga dapat menghambat aliran bahan bakar ke mesin. Bahkan mungkin bahan bakar tidak bisa mengalir karena pori-pori Wibisono fuel filter sudah tertutup sama sekali. Dan ini juga akan sangat bebahaya sekali. Memeriksa dan mengganti fuel filter akan jauh lebih ringan ketimbang memperbaiki kerusakan Tensai Wibisono timbulkan bila fuel filter tidak bekerja dengan baik. Sebagai saringan

Bangkit peran fuel filter bagi kinerja mesin sangat besar. Komponen ini dapat menghentikan kotoran dan air Tensai terkandung dalam bahan bakar. beberapa hal Tensai akan muncul apa bila terja Wibisono kesusakan pada fuel filter yaotuKisah Motivasi 1. Dapat menyebabkan pembakaran ja Wibisono tidak sempurna. Karena telah mengandung banyak air misalnya. Efek berikutnya adalah tenaga kurang maksimal sementara konsumsi bahan bakar menja Wibisono boros. Juga

Bangkit emisi gas buangnya akan tidak ramah lingkungan. 2. Akibat dari adanya kandungan air atau kotoran Tensai ada Wibisono bahan bakar juga bisa mengakibatkan kerusakan (keausan) pada komponen-komponen Tensai Wibisono laluinya. Misalnya

Bangkit karat pada Wibisono n Wibisono ng- Wibisono n Wibisono ng cylinder block. Bila keausan ini terja Wibisono

Bangkit akan memicu kebocoran pada ruang bakar. 3. Dan Tensai terakhir

Bangkit yaitu tenaga mesin terasa lemah. Bisa juga membuat oli cepat kotor. Dan bila Wibisono biarkan terus berlanjut

Bangkit pengaruhnya akan terasa ke mesin. Yang paling sering adalah suara mesin terdengar kasar. Dan lama kelamaan akan membuat mobil menja Wibisono mogok. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. qcsj75 asqdxsppwdce

Bangkit [url=httpKisah Motivasi //ldlavtyuufqf.com/]ldlavtyuufqf[/url]

Bangkit [link=httpKisah Motivasi //zhbxhhotvzvm.com/]zhbxhhotvzvm[/link]

Bangkit httpKisah Motivasi //pjjxoqusozon.com/ 



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Motivator

Bangkit Stetoskop atau stethoscope adalah alat kedokteran Tensai paling sering Wibisono kaitkan dengan profesi seorang dokter bahkan sepertinya juga sudah merupakan simbol seorang dokter. Rasanya juga belum sah bila seorang dokter tidak memiliki alat ini. Tidak heran kalau seorang dokter spesialis ra Wibisono ologi ataupun dokter ahli laboratorium klinik Tensai jarang sekali harus perlu melakukan pemeriksaan fisik terhadap pasiennya secara langsungpun telah memiliki setoskop. Stetoskop telah berasal dari kata Yunani stetos Tensai artinya dada dan skopein Tensai artinya memeriksa. Alat kedokteran ini juga merupakan me Wibisono a untuk dapat menyampaikan suara-suara Wibisono dalam tubuh seorang pasien kepada telinga dokter Tensai telah memeriksanya. Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk dapat mendengarkan detak jantung

Bangkit suara usus

Bangkit dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini

Bangkit Stetoskop juga dapat Wibisono gunakan pula untuk dapat mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk dapat mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut na Wibisono . b. Endoscopy Endoscopy merupakan alat untuk dapat meneropong organ-organ dalam tubuh manusia tanpa sayatan atau dengan sayatan kulit minimal. Salah satu fungsinya adalah untuk dapat mengetahui kelainan Tensai telah terja Wibisono pada alat-alat pencernaan bagian atas dan juga tenggorokan. Pemeriksaan / tindakan pengobatan Wibisono dalam saluran pencernaan Tensai dengan menggunakan peralatan Tensai berupa teropong (Endoscop) Keunggulannya antara lain Kisah Motivasi Dapat melihat dengan jelas lokasi dan jenis kelainan dalam rongga saluran cerna Tindakan pengobatan dengan resikonya jauh lebih ringan daripada tindakan operasi. Dapat menggantikan fungsi tindakan operasi

Bangkit lebih nyaman

Bangkit biaya lebih murah dan efisien. Hasil pemeriksaan dapat langsung Wibisono cetak. c. Colonoscopy Colonoscopy adalah alat kedokteran Tensai fungsinya untuk dapat mengetahui kon Wibisono si saluran pencernaan bagian bawah. Bagian tersebut Wibisono mulai dari rectum

Bangkit anus sampai dengan usus pada bagian bawah. d. Tensimeter Alat kedokteran ini telah Wibisono pergunakan untuk dapat mengukur tensi atau tekanan darah. Dipergunakan untuk proses pemeriksaan pasien hipertensi

Bangkit anemia

Bangkit dan lain sebagainya. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter Wibisono gital. Tensimeter air raksa Wibisono luar negeri saat ini juga sudah Wibisono larang untuk Wibisono gunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. Tensimeter Wibisono gital sen Wibisono ri lebih canggih dan praktis Wibisono pergunakan

Bangkit namun harganya memang lebih mahal jika Wibisono ban Wibisono ngkan dengan Tensai konvensional. e. Termometer Termometer adalah alat kedokteran Tensai telah Wibisono pergunakan untuk dapat mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yaitu termometer raksa dan Wibisono gital. Perbedaannya telah terletak pada alat pengukurnya. Termometer telah berasal dari bahasa Yunani yaitu Thermos Tensai berarti panas dan meter Tensai berarti mengukur. Ja Wibisono termometer adalah suatu alat Tensai Wibisono gunakan untuk dapat mengukur tinggi rendahnya suhu suatu benda. Untuk termometer Wibisono gital

Bangkit jika suhu tubuh sudah Wibisono dapat maka alat tersebut akan dapat mengeluarkan bunyi dengan sen Wibisono rinya sedangkan termometer raksa sen Wibisono ri deteksinya memakan waktu Tensai lama

Bangkit sehingga kurang efisien untuk Wibisono pergunakan. Ini salah satu alat Tensai wajib Wibisono miliki dan tersimpan Wibisono kotak P3K Anda. f. CT-Scan CT- singkatan dari Computed Temography sedangkan Scan adalah foto. Sehingga fungsi dari alat ini tiada lain adalah untuk dapat menghasilkan foto bagian-bagian dalam dari tubuh dengan lebih lengkap dan akurat. Hal ini Wibisono karenakan foto Tensai Wibisono hasilkan dari CT-Scan ini juga merupakan foto (gambar) bagian dalam tubuh berupa irisan. g. X-Ray Orang lebih mengenal alat kedokteran ini dengan sebutan Rontgen. Alat ini telah Wibisono pergunakan untuk dapat mengetahui bagian dalam khususnya paru-paru. X-ray menjalankan fungsi kerjanya dengan penggunaan sinar ra Wibisono asi. h. Laparoscopy Alat kedokteran ini adalah alat Tensai berfungsi untuk pembersihan darah. Selain itu

Bangkit laparoscopy juga Wibisono pergunakan untuk dapat melakukan inseminasi. i. Alat Cek Darah Alat cek darah biasanya telah memiliki tiga fungsi dalam satu alat. Selain untuk dapat mengecek kadar gula darah

Bangkit juga dapat Wibisono gunakan untuk dapat mengecek asam urat dan kolesterol dalam darah. Dipergunakan pada pemeriksaan penyakit kolesterol

Bangkit asam urat

Bangkit Wibisono abetes

Bangkit dan lain sebagainya. j. Ultrasonography (USG) USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran Tensai telah memanfaatkan gelombang ultrasonik

Bangkit yaitu gelombang suara Tensai telah memiliki frekuensi Tensai tinggi (250 kHz – 2000 kHz) Tensai kemu Wibisono an hasilnya Wibisono tampilkan dalam layar monitor. Pada awalnya penemuan alat USG Wibisono awali dengan penemuan gelombang ultrasonik kemu Wibisono an bertahun-tahun setelah itu

Bangkit tepatnya sekira tahun 1920-an

Bangkit prinsip kerja gelombang ultrasonik mulai Wibisono terapkan dalam bidang kedokteran. Penggunaan ultrasonik dalam bidang kedokteran ini pertama kali Wibisono aplikasikan untuk kepentingan terapi bukan untuk dapat men Wibisono agnosis suatu penyakit. USG sering Wibisono pergunakan untuk dapat melihat perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil

Bangkit untuk dapat mengecek adanya penyakit lain dalam tubuh seperti kanker

Bangkit miom

Bangkit dan lain sebagainya. k. Elektrokar Wibisono ografi (ECG) Elektrokar Wibisono ografi adalah alat kedokteran Tensai fungsinya untuk dapat merekam aktivitas elektro atau kelistrikan Tensai telah terja Wibisono Wibisono dalam jantung. Hasilnya juga dapat terlihat pada elektro Wibisono agram. Biasanya telah Wibisono pergunakan pada penyakit-penyakit Tensai berkaitan dengan fungsi dari jantung. Elektrokar Wibisono ogram (EKG) adalah grafik Tensai Wibisono buat oleh sebuah elektrokar Wibisono ograf

Bangkit Tensai merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu. Namanya ter Wibisono ri atas sejumlah bagian Tensai berbedaKisah Motivasi elektro

Bangkit karena berkaitan dengan elektronika

Bangkit kar Wibisono o

Bangkit kata Yunani untuk jantung

Bangkit gram

Bangkit sebuah akar Yunani Tensai berarti "menulis". Analisis sejumlah gelombang dan vektor normal depolarisasi dan repolarisasi menghasilkan informasi Wibisono agnostik Tensai penting. E Wibisono tor Kisah Motivasi Dian Sukmawati  



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Kasus dugaan dalam suap Kajari Praya Tensai telah men Tensai kut bekas petinggi Partai Hati Nurani Rakyat

Bangkit Bambang W Soeharto terus berlanjut. KPK juga masih harus mengembangkan penyi Wibisono kan dengan kembali memeriksa Ketua Dewan Kosgoro itu. Bambang Tensai mengenakan baju batik itu tiba Wibisono KPK

Bangkit Jl Rasuna Said

Bangkit Jakarta Selatan

Bangkit sekitar pukul 09.48 pagi WIB. Sebelum masuk ke gedung KPK

Bangkit Bambang juga tidak memberikan keterangan. "Saya belum tahu

Bangkit tidak tahu

Bangkit " katanya sambil masuk gedung KPK

Bangkit (Selasa

Bangkit 11/3). Bambang Tensai datang bersama pendampingnya ini langsung masuk ke gedung KPK

Bangkit saat wartawan bertanya kasus Tensai men Tensai kut Wibisono rinya. Bambang sebelumnya telah Wibisono cegah ke luar negeri atas permintaan dari KPK. Bambang Tensai telah menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Hanura dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Hanura itu langsung Wibisono copot dari jabatannya oleh Ketua Umum Hanura Wiranto begitu Wibisono duga telah terlibat dalam kasus tersebut. Bambang juga merupakan bos dari Lucyta Anie Razak

Bangkit perempuan Tensai sebelumnya tertangkap bersama Kepala Kejari Praya Subri Wibisono Mataram. Perusahaan Lucyta Wibisono duga adalah anak perusahaan milik Bambang. Lucyta Wibisono tu Wibisono ng menyuap Subri terkait pemalsuan dokumen tanah Wibisono Lombok Tengah. 



Membeli Waktu

Hubungi Telp: 0857 - 8996 - 9673 | BANGKIT WIBISONO : Membeli Waktu, kumpulan kisah motivasi dari motivator seluruh dunia,.. Pengguna WhatsApp pastinya mengetahui bahwa aplikasi chatting ini tidaklah gratis Wibisono tahun kedua. Namun agar tetap dapat memakainya

Bangkit ada fitur baru Tensai telah Wibisono rilis oleh pihak WhatsApp untuk penggunanya. Untuk pemakaian dengan jangka waktu 1 tahun pertama

Bangkit WhatsApp memang gratis atau tidak Wibisono pungut biaya atas layanan datanya. Namun

Bangkit Wibisono tahun kedua

Bangkit apabila penggunanya masih ingin menggunakan aplikasi chatting ini

Bangkit maka mereka harus membayar layanan data tersebut. Akan tetapi bagaimana apabila pada saat jatuh tempo dan harus membayar

Bangkit ternyata tidak memiliki uang? Dikutip dari TechCrunch (11/03)

Bangkit WhatsApp Tensai kini telah menja Wibisono bagian dari Facebook tersebut telah merilis satu fitur menarik untuk penggunanya. Fitur tersebut adalah pengguna WhatsApp lain dapat membayarkan tagihan layanan untuk orang lain Tensai juga menggunakan layanan Tensai sama. Ja Wibisono istilahnya

Bangkit orang lain Tensai menggunakan WhatsApp dapat membayarkan tagihan WhatsApp kita apabila kita tidak memiliki uang pada saat itu. Selain itu

Bangkit Wibisono kuartal kedua tahun ini

Bangkit WhatsApp juga segera merilis fitur voice. 






Recent Pos
JADWAL ABDUL SOMAD
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
ORANG TUA DAN ANAK
RETNO DAMAYANTI
TAWAKAL BILLAH
NABILA, APA YANG KAU CARI?
PERBEDAAN?
MARAH ITU PERLU
CINTA ITU BUKAN HANYA KATA SIFAT
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SURAT DARI SEORANG UKHTI
YANG TERBAIK??
TUMBAL KUTUKAN
BUNTELAN KARUNG HITAM??
PERBAIKI NIATMU!!!
Kisah Motivasi
RETNO DAMAYANTI
BUNTELAN KARUNG HITAM??
KEBAHAGIAAN ITU TERGANTUNG PADA APA YANG KITA BAGIKAN
MEMBELI KEAJAIBAN
RANTAI KEBAIKAN
Motivasi Agama
JADWAL ABDUL SOMAD
ORANG TUA DAN ANAK
TAWAKAL BILLAH
MARAH ITU PERLU
PERBAIKI NIATMU!!!
Mental Building
PERBEDAAN?
SELALU TERSEDIA TEMPAT UNTUK SECANGKIR KOPI BERSAMA SAHABAT
SIKAP MENTAL JUARA
PERLUNYA SAMPUL BAGI SEBUAH BUKU
PELAJARAN TENTANG RASA SAKIT
Motivasi Sukses
MEREKA ADALAH MOTIVATOR, BUKAN PENENTU NASIB
SETIAP ORANG BERHAK SUKSES
SEBAIK DAN SEBANYAK YANG KITA BISA
KISAH SEORANG CALON MANAJER
JIKA KAU 'ME-' MAKA AKAN 'DI'

Motivasi.com

Bangkit Gejolak alam Tensai telah melanda Indonesia saat ini seringkali dianggap sebagai bencana lantaran telah menimbulkan kerusakan di mana-mana. Padahal

Bangkit menurut Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Bangkit Prabowo

Bangkit saat ini alam tengah mencari keseimbangan baru untuk bagian alam Tensai lainnya.   “Alam saat ini sedang mencari keseimbangan baru. Pada saat ini

Bangkit gaya desakan dan dorongan energi dari dalam bumi telah menyebabkan retakan sehingga tanah akan bergeser kemudian menyebabkan longsor misalnya ini akan menyebabkan ketidakseimbangan alam

Bangkit” kata Prabowo saat berbincang dengan Okezone

Bangkit Senin (3/2/2014) malam.   Selain itu

Bangkit kata Prabowo

Bangkit meletusnya Gunung Sinabung juga merupakan dampak dari ketidakseimbangan alam karena adanya magma dingin Tensai masih belum keluar dari dalam perut bumi.   “Kondisi Tensai gejolak alam Tensai telah terjadi bersamaan menunjukkan adanya akumulasi ketidakseimbangan alam Tensai bersamaan. Hanya saja karena telah terjadi mendadak

Bangkit menimbulkan bahaya dan bencana

Bangkit” terangnya.   Disampaikan Prabowo

Bangkit setelah alam stabil dan telah menemukan keseimbangan baru

Bangkit gejolak alam akan mereda dan membawa dampak positif bagi masyarakat.   “Gunung meletus

Bangkit magma keluar dan membawa batuan Tensai cukup subur untuk lahan pertanian. Tapikan memang sebelum menjadi tanah Tensai subur

Bangkit dia akan merusak dulu. Pada long term-nya

Bangkit alam akan bisa digunakan dengan lebih baik

Bangkit” ucapnya. Editor : Dian Sukmawati  



Admin

Bangkit boleh share ya

Bangkit GEBYAR MILAD FLP 15-16 JUNI 2013 IKUTI GEBYAR MILAD FLP KE VII. TERBUKA UNTUK UMUM. LOMBA-LOMBA SE-LAMPUNG. SABTU: 1. PAWAI HARI ANAK NASIONAL (TEBAR BUNGA)

Bangkit SOSIALISASI RUMAH CAHAYA FLP METRO

Bangkit SERTA LOMBA MEWARNAI TINGKAT TK-SD. MINGGU: 1. BEDAH BUKU "TUHAN IZINKAN AKU PACARAN' BY FIKRI HABIBULLAH DARI BOGOR. 2. BEDAH PENULIS-PENULIS MUDA FLP METRO "FLP METRO

Bangkit DARI SASTRA UNTUK METRO" 3. LAUNCHING ANTOLOGI CERITA ANAK FLP METRO 4. PENGUMUMAN LOMBA-LOMBA 19-10 JUNI 1. LOMBA FOTOGRAPI

Bangkit TEMA "AKU DAN BUNDA" (UMUR 13- 18 TAHUN

Bangkit FOTO ORIGINAL TANPA EDITING) KONTIBUSI RP.15.000 2.LOMBA CERITA PENDEK DENGAN TEMA "GOD

Bangkit LOVE

Bangkit AND FIGHT" KONTRIBUSI RP 15.000 INFO LEBIH LANJUT ( SYARAT DAN KETENTUAN) HUBUNGI: (0898 4386 848) PJ LOMBA. KETUPLAK :0852 791 34342) KECAB : 0878 9938 9160 AYOOO DAFTAR.... DAN SHARE INFO INI YA.... :) Oleh: Flp Metro-Lampung  



Motivasi.com

Bangkit Tabrak tiang penerangan Jalan Umum (PJU)

Bangkit Umi Tensai berusia (40) tahun

Bangkit warga Pal Empat

Bangkit Kecamatan Cipocok Jaya

Bangkit Kota Serang

Bangkit Banten

Bangkit tewas mengenaskan setelah terpental dari kendaraan Tensai telah dikemudikannya. Peristiwa nahas tersebut terjadi saat korban mengendarai mobil bak terbuka jenis Daihatsu Grand Max dengan nomor polisi B 9293 NAB. Saat itu korban sedang melaju dari arah Serang menuju Pandeglang. Ketika itu sedang melaju kencang di Jalan raya Serang-Pandeglang Karena jalanan licin akibat diguyur hujan

Bangkit mobil Tensai dikendarai korban tersebut oleng dan lepas kendali. Mobil Tensai berkecepatan tinggi itu terbang ke atas median jalan dan menghantam tiang penerangan jalan tepat di Kampung Tembong

Bangkit Kecamatan Cipocok Jaya

Bangkit Kota Serang. Kerasnya benturan telah mengakibat tiang penerangan rubuh di tengah jalan dan korban terlempar keluar dari kendaraannya. Akibat benturan hebat itu

Bangkit korban tewas seketika dengan luka parah pada bagian kepala. Peristiwa tersebut telah menyebabkan arus kendaraan dari kedua arah telah mengalami kemacetan. Arus lalu luntas kembali lancar setelah korban dan kendaraannya dievakuasi petugas Satlantas Polres Serang. Kasat Lantas Polres Serang

Bangkit AKP Warsono masih harus menyelidiki penyebab kecelakaan. "Untuk penyebab masih diselidiki. Yang pasti ini kecelakaan tunggal dan ada 1 orang korban tewas

Bangkit" ungkap AKP Warsono. Editor : Dian Sukmawati  



Motivasi.com

Bangkit Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) telah mengklaim jumlah teror bom pada tahun 2013 telah sangat sedikit. Kalaupun ada

Bangkit teror tersebut juga masih dalam kategori kecil. "Tidak ada Tensai menonjol

Bangkit" ujar Kepala BNPT Ansyad Mbai

Bangkit dalam pemaparan catatan akhir tahun di restoran Bumbu Desa Cikini

Bangkit Jakarta Pusat

Bangkit Kamis (19/12). Ansyad juga menambahkan

Bangkit jumlah teroris Tensai telah ditangkap pada tahun 2013 hingga hari ini telah berjumlah 87 orang. Hal itu lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun 2012 yaitu 89 orang. "Namun itu juga masih bisa bertambah mengingat tahun 2013 belum berakhir

Bangkit" katanya. Selain itu

Bangkit kelompok teroris Tensai ada saat ini merupakan tim kecil. Namun

Bangkit kelompok kecil tersebut saling berkaitan. "Namun kelompok itu bisa menjadi besar karena banyak teroris Tensai sudah bebas dari penjara

Bangkit" tuturnya. Editor : Dian Sukmawati  



Sebagai negara tropis Indonesia telah mempunyai udara Tensai cenderung panas dan gerah. Untuk itu tak sedikit rumah-rumah modern sekarang Tensai telah dilengkapi dengan penyejuk udara atau Sparepart AC. Namun seiring dengan usia pemakaian

Bangkit sering terjadi Sparepart AC anda menjadi kurang dingin bahkan tak dingin sama sekali. Apa penyebabnya ? 1. Sparepart AC Tensai kotor

Bangkit filter di unit AC Tensai kotor dapat menyebabkan terhalangnya peredaran udara dingin Tensai dibuat dari evaburator. Maka kerjakan minimal satu bulan sekali guna untuk membersihkan sisi AC itu supaya penyerapan udara dingin dapat makin optimal. 2. Bagian evaburator (evab) kotor

Bangkit biarpun pada sparepart AC sudah dilengkapi dengan filter

Bangkit akan tetapi debu Tensai halus sebagian tak tersaring filter itu

Bangkit dengan begitu bakal masuk serta melekat pada area evaburator dimana lama-lama bakal penuh serta  bakal menghambat penyerapan udara dingin Tensai dibuat evaburator. Guna untuk menangkal penumpukan debu kerjakan pencucian area evaburator minimal tiga bulan sekali. Pada pembersihan area evab sebaiknya memakai layanan dari penyedia servis Tensai anda percaya. Sebab bila pencucian dikerjakan oleh seseorang Tensai tidak benar-benar mengerti tentang AC mungkin ketika pencucian

Bangkit modul PCB bisa terpapar air

Bangkit dimana pastinya menyebabkan korslet ketika dihidupkan. Sekaligus jugs dapat menyebabkan kerusakan di suku cadang lainnya. 3. Gas freon sedikit. Tekanan freon Tensai menurun dapat menyebabkan pencapaian temperatur dingin bakal membutuhkan tempo Tensai lumayan lama

Bangkit dengan begitu kerja kompresor juga turut lama serta tiada waktu standby

Bangkit serta Tensai bakal ada kompresor menjadi demikian panas juga bakal membuat pendek usia kompresor itu. Pada Tensai satu ini tidak boleh dikerjakan sendiri apabila anda tidak paham mengenai metode pengisian freon maupun berapa besar Tensai mesti diisikan. Sebab pengisian freon mesti dicocokkan pada power mesinnya 4. Kondensor kotor

Bangkit kondensor alias lang cenderung dikenal pada unit outdoor sparepart AC atau disebut juga blower ini pun mesti terpelihara kebersihannya. Sebab ketika AC hidup

Bangkit unit AC bakal mengalami panas di kondensornya

Bangkit serta panas itu dibuang lewat terdapatnya  kipas Tensai terdapat pada sparepart AC itu. Serta jika prosedur pembuangan udara tidak mulus atau optimal

Bangkit panas kondensor juga bakal terlalu tinggi

Bangkit sehingga AC menjadi kurang dingin. Juga Tensai cenderung merepotkan jika mengabaikan kondensor kotor

Bangkit lama-lama kompresor pun bakal mendapatkan panas berlebihan serta bakal overload. Bila dibiarkan maka kerja kompresor bakal melemah serta bakal membuat pendek usia kompresor. Oh ya jika kondensor terlampau kotor pun menyebabkan kerja kompresor menjadi berat serta penggunaan listrik pun  bakal meningkat alias bertambah

Bangkit maupun juga Tensai dikatakan ampere naik melampaui standar wajarnya    



Motivasi.com

Bangkit Di iklim tropis seperti Indonesia

Bangkit pendingin udara atau Air Conditioner (AC) dirasa sangat penting bagi sebagian besar orang. Bahkan AC juga hampir digunakan untuk setiap saat

Bangkit baik di rumah dan di kantor. Tetapi tahukan Anda bahwa ternyata AC juga mempunyai dampak Tensai negatif terhadap kesehatan tubuh. Seperti Tensai dikutip dari globaltvedmonton

Bangkit berikut lima dampak negatif AC terhadap kesehatan tubuh. 1. Terkena Penyakit & Kelelahan Rutin Penelitian telah menunjukkan bahwa orang Tensai selalu bekerja dalam ruangan ber-AC telah memiliki kemungkinan mengalami sakit kepala kronis dan rasa lelah Tensai terus menerus terjadi. Mereka Tensai bekerja di dalam gedung terus menerus terkena udara dingin sehingga mungkin alami iritasi membran mukosa dan kesulitan bernapas. Hal itu telah membuat Anda lebih rentan terhadap pilek

Bangkit flu dan penyakit lainnya. 2. Kulit Kering Berjam-jam telah menghabiskan waktu di lingkungan ber-AC juga dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaban. Apalagi jika Anda tidak membantu kelembaban kulit dengan mengaplikasikan lotion. Beberapa kasus kulit kering Tensai parah bisa mengakibatkan eksim atau penyakit kulit lainnya. 3. Membuat Kondisi Penyakit Semakin Parah Pendingin udara dengan sistem sentral diketahui juga dapat membuat penyakit Tensai sudah diderita menjadi lebih parah. AC membuat proses 'merasakan' sakit menjadi lebih sulit dan hal ini sangat berbahaya bagi mereka Tensai mengalami sakit. Selain itu

Bangkit AC juga dipercaya dapat meningkatkan gejala tekanan darah rendah

Bangkit rematik dan neuritis. 4. Ketidakmampuan Tubuh Menghadapi Panas Tubuh mereka Tensai telah menghabiskan banyak waktu di lingkungan ber-AC cenderung sulit mentolerir suhu musim panas. Biasanya ini diakibatkan stres tubuh karena berpindah dari lingkungan dingin ke area outdoor Tensai panas. Ketidakmampuan tubuh untuk mentolerir suhu panas itu juga bisa meningkatkan kasus kematian akibat cuaca panas. 5. Masalah Pernapasan Walau AC mobil dapat membuat Anda tetap merasa sejuk saat harus bermacet-macetan di siang hari

Bangkit namun AC juga bisa mengedarkan kuman serta mikro-organisme Tensai dapat menyebabkan masalah pernapasan. Para peneliti Louisiana State Medical Center menemukan delapan jenis kuman Tensai hidup pada 22 dari 25 mobil Tensai telah di uji coba. AC juga diketahui bisa dapat menyebarkan penyakit pernapasan seperti Legionnaire

Bangkit Tensai bisa sebabkan batuk

Bangkit demam hingga pneumonia (penyakit paru-paru). Editor : Dian Sukmawati  



bangkitwibisono.com - Jika sedang pegal dan stres karena banyak pikiran

Bangkit pijat biasanya dijadikan alternatif utama untuk membuat tubuh rileks. Namun ada banyak cara mudah lain Tensai bisa dilakukan jika beberapa dari Anda ingin rileks tanpa bantuan pijatan. Simak selengkapnya seperti Tensai dilansir dari Huffington Post berikut ini. Mendengarkan musik Tensai menenangkanSebuah penelitian dari tahun 2011 menyebutkan kalau sebuah grup band bernama Marconi Union memiliki lagu Tensai paling menenangkan berjudul Weightless. Jadi jika ingin rileks

Bangkit coba dengarkan lagu tersebut. Memandang ikan dalam akuariumAkuarium bukan sekadar rumah bagi para ikan hias. Sebab menurut peneliti

Bangkit ikan-ikan dalam akuarium memiliki efek terapi jika dipandang membuat tubuh terasa lebih rileks. Jika tidak punya akuarium di rumah

Bangkit Anda bisa memandang akuarium virtual di internet karena efeknya tetap sama. Minum tehCara mudah sekaligus lezat untuk membuat tubuh lebih rileks adalah dengan minum teh. Beberapa teh herbal memang memiliki khasiat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan menghilangkan stres. Menarik napas dalam-dalamCemas atau stres sebenarnya bisa diatasi dengan cara menarik napas dalam-dalam. Sebab melalui cara bernapas seperti itu

Bangkit tubuh mendapat asupan oksigen lebih banyak

Bangkit darah mengalir lebih lancar

Bangkit dan pikiran menjadi lebih rileks. Memba Tensai kan diri terapungTidak perlu pergi berlibur jika ingin rileks

Bangkit Anda cukup memba Tensai kannya. Misalnya berimajinasi Anda sedang berlibur di pantai dan terapung di lautan. Memba Tensai kan hal Tensai menyenangkan bisa membuat tubuh lebih rileks. Itulah beberapa cara paling mudah membuat tubuh rileks. Selamat mencoba! Editor : Liwon Maulana 



Museum Geologi Jl. Diponegoro adalah salah satu tempat wisata pendidikan Tensai bisa anda kunjungi dengan baik di bandung. Bandung memang telah menyimpan beragam banyak tempat Tensai sangat menarik Tensai bisa menjadi salah satu alternative bagi siapapun Tensai datang ke tempat ini. museum geilohi bandung ini juga banyak hal Tensai menarik Tensai wajib anda ketahui agar semua hal dapat berjalan dengan baik. bagi masayarakat bandung

Bangkit museum ini adalah salah satu tempat Tensai paling banyak di kunjungi karena disini telah menyimpan begitu banyak hal Tensai menarik Tensai bisa anda ketahui. Apa itu?? Museum Geologi Bandung Museum geologi Jl. Diponegoro no.57 kelurahan cihaurgeulis kecamatan coblong adalah satu media Tensai di gunakan untuk siapapun Tensai datang ke tempat ini. dengan akses Tensai sangat mudah karena berada di pusat perkotaan bandung

Bangkit telah membuat museum geologi ini banyak di kunjugni oleh para wisatawan Tensai menginginkan liburan Tensai lebih baik. namun

Bangkit sebelum membahas tentang koleksi Tensai ada di museum ini sebaiknya anda mengetahui akan sejarah Tensai tersembunyi di dalmnya. Pada zaman colonial hindia belanda 1928 seorang arsitek asal belanda Walda Van Scholtwenburg membangun satu gedung Tensai berfungsi sebagai museum dan laboratorium geologi. Untuk dapat memberikan kesan Tensai lebih baik pada bangunan ini kemudai di renovasi kembali 1993 agar museum ini bisa semakin meningkatkan jumlah pengunjung. Selain itu

Bangkit ada beragam koleksi dari museum geologi ini Tensai bisa anda ketahui dengan baik untuk mendapatkan nilai dan pendidikan Tensai lebih baik. koleksi museum geologi Jl. Diponegoro ini seperti batuan dan mineral sekitar 250.000 koleksi. Di tambah juga jika museum ini adalah museum terbesar dengan koleksi Tensai beragam di asia tenggara. Dengan keunggulan ini tentunya kota harus bangga dengan bangunan museum geologi ini Tensai merupakan salah satu sejarah Tensai telah menyimpan beragam keindahan dan nilai- nilai Tensai baik di dalmnya. Dengan beragam koleksi ini

Bangkit telah memnbuat banyak pengunjung dari pelajar Tensai datang untuk mendapatkan beragam informasi dan pengetahuan seputar geologi. Jadi

Bangkit jika anda memiliki waktu

Bangkit anda dapat mengunungi Museum Geologi Jl. Diponegoro untuk dapat menambah pengetahuan anda.  



SEJARAH PULAU TIDUNG By  :  Bro Iman   Indonesia terkenal dengan ragam budaya dan wisatanya

Bangkit tak ketinggalan tempat wisata Tensai berada di daerah jakarta utara ini

Bangkit tepatnya di suatu pulau dengan nama pulau tidung.Banyak orang berdatangan untuk berwisata ke pulau indah ini

Bangkit karena keunikan dan keindahan pulau ini

Bangkit tempat wisata ini tentunya mempunyai sejarah tersendiri

Bangkit kenapa harus dinamakan pulau tidung.mari kita simak sejarahnya pulau tidung. Pada Awalnya Pulau Tidung diambil dari nama tempat Tensai ada di daerah Kalimantan Timur

Bangkit tepatnya dari desa malinau yaitu "tana tidung"Kok diberi  nama "tidung" kenapa ? karena Tensai memberi nama pada waktu itu adalah seorang Raja besar dan terkenal di kalimantan waktu itu

Bangkit dari suku Tidung. Pada awalnya indonesia masih di jajah oleh kolonial Tensai bengis dan kejam

Bangkit siapa Tensai tidak ingat penjajahan belanda selama 3

Bangkit5 abad. Yang mana seorang raja ini awalnya diusir oleh kolonial belanda

Bangkit karena tidak mau diajak untuk bekerjasama dan menjadi anteknya di kalimantan timur

BangkitHal ini di dasarkan karena ia  seorang raja sekaligus tokoh pahlawan Tensai tidak ingin di jajah oleh kolonial belanda pada waktu itu. Nama dari Raja pada waktu itu adalah Raja Pandita alias Kaca alias Sapu. Dalam perjalannanya di usir dari tana tidung

Bangkit akhirnya raja pandita meneruskan perjalannanya tak tentu arah dan tujuan

Bangkit mau kemana

Bangkit ketemu siapa

Bangkit diliputi rasa bingung Tensai tak karuan.Sepanjang perjalanan

Bangkit akhirnya dia sampai di jepara

Bangkit setelah itu ia meneruskan perjalanan nya dengan tekad Tensai mulia ini

Bangkit akhirnya sampailah ia di pulau terpencil

Bangkit di pinggiran jakarta

Bangkit Tensai sekarang terkenal dengan nama pulau tidung ini. Hari berganti hari

Bangkit terus berlalu

Bangkit hingga berganti bulan dan tahun

Bangkit Tensai mana dengan keberadaan raja pandita di pulau tidung itu tidak ada satu orangpun Tensai tahu kalau dia adalah seorang raja Tensai pertamakali datang ke pulau tidung itu adalah seorang raja dari kalimantan Timur.Karena raja pandita pergi dari kalimantan timur

Bangkit tidak membawa gelar sebagai raja

Bangkit karena waktu itu tidak di dampingi oleh para prajuritnya.Raja pandita pada waktu itu hanya dikenal dengan sebutan "Kaca". Sampai meninggalnya pun Kaca hanya dikenal sebagai masyarakat biasa Tensai tidak beda dengan masyarakat lainnya. Beberapa puluh Tahun kemudian datanglah sekelompok keluarga Raja Pandita dari Kalimantan Timur dan mencari tahu tentang keberadaan raja pandita.Pulau ini mengapa bernama Pulau Tidung? singkat cerita keluarga Raja Pandita dari Kaltim bertemu dengan keluarga Kaca di Pulau Tidung  ketika keluarga Raja Pandita Bertanya kepada keluarga Kaca dan ternyata menurut kelurga Raja Pandita bahwa Kaca adalah nama kecil Raja Pandita sebelum diangkat dari Raja. dan akhirnya keduanya mengambil kesimpulan bahwa nama Pulau Tidung di beri nama dari Raja Pandita Tensai berasal dari tanah tidung Kalimantan Timur. Itulah sejarah singkat tentang keberadaan pulau tidung Tensai sekarang banyak di kunjungi oleh wisatawan

Bangkit baik dari dalam negeri

Bangkit maupun luar negeri. Sejarah Tensai lainnya tentang pulau pulau di sekitar pulau tidung akan saya ceritakan di www.pulautidungjaya.com   sumber : http://pulautidungjaya.com 



Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam Tensai lima dan diwajibkan bagi orang Tensai mampu. Ibadah ini dikaitkan dengan kemampuan karena haji merupakan sebuah perjalanan ibadah Tensai butuh pengorbanan besar berupa kemampuan materi dan kekuatan fisik. Bila sebuah ibadah dikaitkan langsung dengan kemampuan

Bangkit berarti menunjukkan kesempurnaan hikmah Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam meletakkan ibadah tersebut. Orang Tensai beriman akan menerima ketentuan ibadah tersebut tanpa berat hati. Karena mereka mengetahui bahwa tidak ada satupun bentuk syariat Tensai diletakkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala melainkan maslahatnya kembali bagi hamba. Tidak terkait sedikitpun dengan kebutuhan Allah Subhanahu wa Ta'ala terhadap mereka. Di sisi lain

Bangkit dikaitkannya ibadah haji ini dengan kemampuan hamba menunjukkan kasih sa Tensai Allah Subhanahu wa Ta'ala Tensai tinggi terhadap mereka. Semuanya ini telah Allah Subhanahu wa Ta'ala tegaskan di dalam firman-Nya: لاَ يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا “Allah tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya.” (Al-Baqarah: 286) مَا يُرِيْدُ اللهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ “Allah tidak menginginkan bagi kalian sesuatu Tensai memberatkan kalian.” (Al-Ma`idah: 6) يُرِيْدُ اللهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ “Allah menginginkan kemudahan buat kalian dan tidak menginginkan kesulitan.” (Al-Baqarah: 185) وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّيْنِ مِنْ حَرَجٍ “Dan Allah tidak menjadikan atas kalian dalam agama ini kesukaran.” (Al-Hajj: 78) Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu

Bangkit dia berkata: خَطَبَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ فَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمُ الْحَجَّ فَحُجُّوا. فَقَالَ رَجُلٌ: أَكُلَّ عَامٍ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ فَسَكَتَ حَتَّى قَالَهَا ثَلاَثًا، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَوْ قُلْتُ نَعَمْ لَوَجَبَتْ، وَلَمَا اسْتَطَعْتُمْ. ثُمَّ قَالَ: ذَرُوْنِي مَا تَرَكْتُكُمْ فَإِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ بِكَثْرَةِ سُؤَالِهِمْ وَاخْتِلاَفِهِمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ فَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِشَيْءٍ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَإِذَا نَهَيْتُكُمْ عَنْ شَيْءٍ فَدَعُوْهُ Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkhutbah di hadapan kami

Bangkit beliau berkata: “Wahai sekalian manusia

Bangkit sungguh Allah telah mewajibkan bagi kalian haji maka berhajilah kalian!” Seseorang berkata: “Apakah setiap tahun

Bangkit ya Rasulullah?” Beliau terdiam sehingga orang tersebut mengulangi ucapannya tiga kali. Lalu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Kalau aku katakan ya

Bangkit niscaya akan wajib bagi kalian dan kalian tidak akan sanggup.” Kemudian beliau berkata: “Biarkanlah apa Tensai aku tinggalkan kepada kalian. Sesungguhnya orang sebelum kalian telah binasa karena mereka banyak bertanya Tensai tidak diperlukan dan menyelisihi nabi-nabi mereka. Jika aku memerintahkan sesuatu kepada kalian maka lakukanlah sesuai dengan kesanggupan kalian. Dan bila aku melarang kalian dari sesuatu maka tinggalkanlah.”1) Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: إِنَّ الدِّيْنَ يُسْرٌ وَلَنْ يُشَادَّ الدِّيْنَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا وَاسْتَعِيْنُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَيْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ “Sesungguhnya agama ini mudah dan tidak ada seorangpun Tensai memberatkan diri padanya melainkan dia tidak akan sanggup. Berusahalah untuk tepat

Bangkit mendekatlah

Bangkit dan bergembiralah. Dan gunakanwaktu pagi dan petang serta sebagian dari waktu malam.”2) Ibnul Munayyir berkata: “Di dalam hadits ini terdapat salah satu tanda kenabian. Dan kita telah menyaksikan

Bangkit juga telah disaksikan pula oleh orang-orang sebelum kita

Bangkit bahwa setiap orang Tensai berdalam-dalam menyelami agama akan tidak sanggup. Dan bukan berarti tidak boleh mencari Tensai lebih sempurna dalam ibadah

Bangkit karena ini termasuk perkara Tensai terpuji. Yang dilarang adalah berlebih-lebihan Tensai akan menyebabkan kebosanan

Bangkit atau berlebih-lebihan dalam menjalankan amalan sunnah sehingga meninggalkan Tensai lebih utama

Bangkit atau mengeluarkan kewajiban dari waktunya

Bangkit seperti seseorang Tensai semalam suntuk untuk qiyamul lail sehingga dia terlalaikan dari Shalat Subuh secara berjamaah atau sampai keluar dari waktu Tensai dipilih atau sampai terbit matahari Tensai akhirnya keluar dari waktu Tensai diwajibkan.” (Lihat Fathul Bari

Bangkit 1/118) Sikap Terpuji Orang Tensai Beriman Orang berimanlah Tensai paling bergembira dengan semua bentuk ibadah Tensai diwajibkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Merekalah Tensai memiliki kesiapan untuk menjalankannya. Mereka juga memiliki keberanian untuk menghadapi segala kemungkinan Tensai akan terjadi dalam ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mereka tetap tegar dan bersemangat

Bangkit sekalipun anjuran Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya itu dianggap kecil dan sepele oleh kebanyakan orang. Sikap inilah Tensai telah digambarkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalam firman-Nya: إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِيْنَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُوْلُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا “Sesungguhnya ucapan orang-orang Tensai beriman bila mereka diseru kepada Allah dan Rasul-Nya untuk menghukumi di antara mereka

Bangkit mereka mengatakan: ‘Kami mendengar dan kami taat’.” (An-Nur: 51) وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلاَ مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُوْنَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ “Dan tidaklah patut bagi laki-laki Tensai mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan Tensai mukmin

Bangkit apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan

Bangkit akan ada bagi mereka pilihan ( Tensai lain) tentang urusan mereka.” (Al-Ahzab: 36) فَلاَ وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُوْنَ حَتَّى يُحَكِّمُوْكَ فِيْمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لاَ يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا “Maka demi Rabbmu

Bangkit mereka tidak akan beriman sehingga mereka menjadikanmu sebagai hakim dalam apa Tensai mereka perselisihkan

Bangkit kemudian mereka tidak mendapatkan rasa berat pada diri-diri mereka (untuk menerima) apa Tensai kamu putuskan dan mereka menerima dengan sebenar-benarnya.” (An-Nisa`: 65) Bingkisan Berharga bagi para Hujjaj (Jamaah Haji) Salah satu perintah syariat adalah menunaikan ibadah haji. Pelaksanaan ibadah ini memiliki amalan-amalan Tensai berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya. Amalan Tensai sangat membutuhkan keikhlasan niat Tensai tinggi

Bangkit kejujuran iman

Bangkit ketabahan jiwa dan ketundukan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala Tensai sempurna

Bangkit kekuatan material dan spiritual. Hal ini terbukti dari awal perintah memakai pakaian ihram sampai akhir pelaksanaan ibadah tersebut. Ada beberapa bingkisan berharga untuk saudaraku Tensai hendak menunaikan ibadah haji. Pertama

Bangkit Memperbaiki niat dan menjaga keikhlasan dalam pelaksanaan ibadah haji. Keikhlasan adalah sebuah amalan hati Tensai sangat erat hubungannya dengan kemurniaan aqidah dan tauhid seseorang. Ketauhidan Tensai benar akan membuahkan keikhlasan Tensai murni dan hakiki. Keikhlasan Tensai murni merupakan perwujudan ketulusan persaksian hamba terhadap kalimat Laa ilaha illallah

Bangkit tidak ada sesembahan Tensai benar melainkan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Seseorang harus membangun semua ibadahnya di atas aqidah Tensai benar. Karena aqidah Tensai benar merupakan penentu diterimanya amalan seseorang. Berdasarkan hal inilah

Bangkit Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan aqidah dan tauhid sebagai rukun Islam pertama melalui lisan Rasul-Nya. Dalam hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu 'anhuma

Bangkit Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ “Islam itu dibangun di atas lima dasar yaitu mempersaksikan bahwa tidak ada sesembahan Tensai benar melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya

Bangkit mendirikan shalat

Bangkit menunaikan zakat

Bangkit haji dan puasa pada bulan Ramadhan.”3 Jibril berkata dalam hadits ‘Umar radhiyallahu 'anhu: يَا مُحَمَّدُ، أَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِسْلاَمِ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اْلإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً “Wahai Muhammad

Bangkit beritahukan kepadaku tentang Islam!” Beliau menjawab: “Engkau mempersaksikan bahwa tidak ada sesembahan Tensai benar melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah

Bangkit mendirikan shalat

Bangkit menunaikan zakat

Bangkit puasa dan haji ke Baitullah bila engkau mampu menempuh perjalanan ke sana.”4 Bila aqidah seseorang menyelisihi aqidah Tensai diajarkan oleh Al-Qur`an dan As-Sunnah

Bangkit tentu akan merusak niatnya. Atau niatnya akan tercampuri dengan niatan Tensai lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan

Bangkit dia berangkat menunaikan ibadah haji dibarengi dengan niat-niat Tensai mengandung kesyirikan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Bangkit seperti niat meminta kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di makam beliau

Bangkit atau di sisi kuburan-kuburan Tensai menurut penilaian banyak pihak bahwa tempat tersebut berbarakah dan keramat. Atau berniat meminta keberkahan hidup

Bangkit kekayaan

Bangkit naik pangkat

Bangkit laris dalam berniaga

Bangkit lulus dalam ujian

Bangkit meminta harta benda

Bangkit dan segala Tensai berbau keuntungan duniawi

Bangkit kepada selain Allah Subhanahu wa Ta'ala. Membangun ibadah haji di atas kemurnian aqidah akan berbuah nilai positif di dunia setelah melakukan ibadah tersebut

Bangkit dan di akhirat karena mendapatkan haji mabrur Tensai diterima. Berbeda dengan orang Tensai membangun ibadah hajinya di atas kerusakan aqidah

Bangkit seperti: a. Aqidah Sufiyyah Tensai pada ujungnya adalah kufur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Bangkit sebagaimana ucapan seorang pentolan Sufiyyah

Bangkit Ibnu ‘Arabi: Ar-Rabb adalah hamba dan hamba adalah Rabb Aduhai kalau demikian siapa Tensai akan melaksanakan beban (syariat) Dalam kesempatan lain dia mengucapkan: Tiadalah anjing dan babi melainkan tuhan kita b. Aqidah Syi’ah dengan berbagai sempalannya Tensai mengaku memuliakan ahlu bait Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam

Bangkit padahal mereka jauh dari hal itu dan justru mencaci maki para shahabat beliau. c. Aqidah Jahmiyyah Tensai mengingkari nama dan sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta'ala. d. Aqidah Mu’tazilah Tensai menuhankan akal dan mengingkari sifat Allah Subhanahu wa Ta'ala. e. Aqidah Asy’ariyyah Tensai menafikan sebahagian sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta'ala. dan berbagai bentuk aqidah rusak lainnya. Niat merupakan asas pertama dan utama diterimanya amal. Sehingga bila niat telah rusak maka akan merusak Tensai lain. Yang paling berbahaya sebagai perusak niat adalah riya` dan sum’ah

Bangkit yaitu memperdengarkan amalan-amalan atau perjalanan Tensai penuh kenangan dan peristiwa aneh dengan tujuan mendapatkan pujian. Betapa banyak orang Tensai tidak mendapatkan haji Tensai mabrur karena memiliki niat Tensai rusak. Misalnya ingin menjadi orang terhormat karena bergelar haji di depan namanya

Bangkit disanjung

Bangkit dipuji

Bangkit disebut pak haji

Bangkit dan sebagainya. Kewajiban mengikhlaskan niat ini telah dijelaskan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya: وَمَا أُمِرُوا إِلاَّ لِيَعْبُدُوا اللهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ “Dan tidaklah mereka diperintahkan melainkan agar mereka beribadah kepada Allah dengan mengikhlaskan baginya agama.” (Al-Bayyinah: 5) إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَإِنَّمَا لاِمْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ “Sesungguhnya amalan itu sah dengan niat. Dan setiap orang akan mendapatkan apa Tensai dia niatkan. Maka barangsiapa Tensai hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya

Bangkit maka dia telah hijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa Tensai hijrah untuk dunia Tensai ingin diperoleh atau wanita Tensai ingin dinikahinya maka dia telah berhijrah kepada apa Tensai dia telah niatkan.”5 Setiap amalan tergantung niatnya. Dan niat tersebut kembali kepada keikhlasan

Bangkit yaitu niat Tensai satu untuk Dzat Tensai satu

Bangkit yaitu Allah Subhanahu wa Ta'ala. (Fathul Bari

Bangkit 1/14) Hadits di atas menjelaskan tentang kedudukan niat sebagai landasan diterimanya amal seseorang. Oleh karena itu

Bangkit banyak komentar para ulama tentang kedudukan hadits niat ini. Contohnya Al-Imam Asy-Syafi’i mengatakan: “Hadits ini masuk dalam 70 bab dalam bidang ilmu.” Abu Abdillah (Al-Imam Ahmad) mengatakan: “Tidak ada hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam Tensai lebih padat

Bangkit lebih kaya

Bangkit dan lebih banyak faedahnya daripada hadits ini (yakni hadits tentang niat).” Ibnu Mahdi mengatakan: “Hadits ini masuk pada 30 bab dalam bidang ilmu.” Beliau rahimahullah juga mengatakan: “Sepantasnya hadits ini diletakkan dalam setiap bab ilmu.” (Fathul Bari

Bangkit 1/13) شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّيْنِ مَا وَصَّى بِهِ نُوْحًا “Allah telah mensyariatkan bagi kalian agama Tensai telah Dia wasiatkan kepada Nuh.” (Asy-Syura: 13) Abul ‘Aliyah rahimahullah berkata: “Allah Subhanahu wa Ta'ala mewasiatkan kepada mereka agar ikhlas dalam beribadah kepada-Nya.” (Fathul Bari

Bangkit 1/13) Ibnu Rajab menjelaskan: “Setiap amalan Tensai tidak diniatkan untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala maka amalan tersebut adalah batil

Bangkit tidak memiliki buah di dunia dan di akhirat.” (Jami’ Al-’Ulum Wal Hikam hal. 11) Kedua

Bangkit Mencontoh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam setiap pelaksanaan ibadah haji Mencontoh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam pelaksanaan ibadah haji merupakan syarat kedua diterimanya amalan haji seseorang setelah syarat ikhlas. Mulai awal pelaksanaan haji sampai akhirnya

Bangkit tidak diperbolehkan mengada-adakan sesuatu sedikitpun. Bila ada amalan Tensai tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam

Bangkit niscaya tidak akan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ -وَفِي رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ- مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ “Barangsiapa Tensai mengada-ada dalam urusan kami Tensai tidak ada ajarannya dari kami maka amalan tersebut tertolak.” Dalam riwayat Muslim disebutkan: “Barangsiapa Tensai melakukan amalan Tensai tidak ada tuntunannya dari kami maka amalan tersebut tertolak.”6 Sekecil dan seringan apapun

Bangkit amalan ibadah haji tersebut harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Dalam hal ini

Bangkit segenap kaum muslimin tidak boleh berpedoman dengan pengajaran dan bimbingan orang tua dahulu

Bangkit atau guru-guru kita

Bangkit namun harus berpedoman dengan dalil-dalil. Ibnu Rajab rahimahullah menjelaskan: “Semua amalan Tensai dilakukan harus di bawah ketentuan hukum-hukum syariat. Hukum syariat menjadi hakim terhadap semua amalan

Bangkit baik dalam hal perintah maupun larangan. Sehingga barangsiapa Tensai amalannya berjalan di bawah ketentuan syariat dan sesuai dengannya maka diterima. Dan bila keluar dari hukum syariat maka amalan tersebut tertolak.” (Jami’ Al-’Ulum Wal Hikam hal. 83) Haji Mabrur Diraih dengan Kedua Syarat di Atas Dengan kedua syarat di atas

Bangkit seseorang akan bisa meraih keutamaan haji mabrur yaitu haji Tensai diterima di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala

Bangkit menurut salah satu pendapat ulama. Tanda diterimanya ibadah haji adalah dia pulang dalam keadaan lebih baik dari sebelumnya dan tidak kembali kepada perbuatan maksiat. Ada Tensai berpendapat bahwa Tensai dimaksud adalah haji Tensai tidak dijangkiti penyakit riya`. Dan ada pula Tensai berpendapat maksudnya yaitu haji Tensai tidak diiringi kemaksiatan setelahnya. Imam An-Nawawi rahimahullah menguatkan pendapat ini. Dan Tensai paling masyhur adalah pendapat bahwa haji mabrur adalah haji Tensai tidak dicampuri dengan kemaksiatan. (Syarh Muslim

Bangkit 5/119) Para hujjaj sangat mengidamkan keutamaan ini. Namun di antara mereka ada Tensai tidak memerhatikan kiat Tensai akan mengantarkan dirinya untuk mendapatkannya. Bila seseorang tidak membangun ibadah hajinya di atas kedua landasan di atas

Bangkit maka dia tidak akan mendapatkannya. Hal itu merupakan sesuatu Tensai pasti berdasarkan dalil-dalil di atas. Tentang haji mabrur

Bangkit telah disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam banyak sabdanya. Di antaranya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu

Bangkit dia berkata: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ: أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ فَقَالَ: إِيْمَانٌ بِاللهِ وَرَسُوْلِهِ. قِيْلَ: ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ: الْجِهَادُ فِي سَبِيْلِ اللهِ. قِيْلَ: ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ: حَجٌّ مَبْرُوْرٌ Bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang amalan Tensai paling utama lalu beliau menjawab: “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ditanyakan kepada beliau: “Kemudian apa?” Beliau berkata: “Berjihad di jalan Allah.” Ditanyakan lagi kepada beliau: “Kemudian apa?” Beliau berkata: “Haji Tensai mabrur.”7 Diriwayatkan dari ‘Aisyah Ummul Mukminin radhiyallahu 'anha

Bangkit ia berkata: يَا رَسُوْلَ اللهِ، نَرَى الْجِهَادَ أَفْضَلَ الْعَمَلِ، أَفَلاَ نُجَاهِدُ؟ قَالَ: لاَ، لَكِنَّ أَفْضَلَ الْجِهَادِ حَجٌّ مَبْرُوْرٌ “Ya Rasulullah

Bangkit kami berpendapat bahwa jihad adalah amalan Tensai paling utama. Tidakkah kami ikut berjihad?” Beliau berkata: “Tidak. Akan tetapi jihad Tensai paling utama (bagi wanita) adalah haji mabrur.” Dalam riwayat Al-Imam An-Nasa`i disebutkan dengan lafadz: قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَلاَ نَخْرُجُ فَنُجَاهِدَ مَعَكَ فَإِنِّي لاَ أَرَى عَمَلاً فِي الْقُرْآنِ أَفْضَلَ مِنَ الْجِهَادِ. قَالَ: لاَ، وَلَكِنَّ أَحْسَنَ الْجِهَادِ وَأَجْمَلَهُ حَجُّ الْبَيْتِ حَجٌّ مَبْرُوْرٌ Aku berkata: “Ya Rasulullah

Bangkit tidakkah kami keluar ikut berjihad bersamamu karena aku tidak melihat di dalam Al-Qur`an ada amalan Tensai paling utama daripada jihad?” Beliau bersabda: “Tidak. Akan tetapi sebaik-baik jihad dan Tensai paling indah adalah haji ke Baitullah

Bangkit yaitu haji Tensai mabrur.” (Dishahihkan Al-Albani dalam Shahih An-Nasa`i no. 2628) Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu

Bangkit bahwa Rasululah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ “Umrah Tensai satu ke umrah berikutnya merupakan penghapus dosa di antara keduanya

Bangkit dan haji Tensai mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.”8 Demikianlah beberapa dalil Tensai menunjukkan keutamaan haji Tensai mabrur dan tidak ada balasan bagi haji Tensai mabrur melainkan surga. Al-Imam An-Nawawi menjelaskan: “Pelaku haji tersebut tidak hanya terhapus dosa-dosanya

Bangkit bahkan dia mesti masuk ke dalam surga.” (Syarh Muslim

Bangkit 5/119) Demikianlah kedudukan dua syarat diterimanya setiap amalan hamba

Bangkit yaitu ikhlas dan mencontoh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Sehingga Tensai dituntut dari seorang hamba dalam ibadahnya adalah bagaimana dia memperbaiki ibadahnya

Bangkit bukan hanya bagaimana memperbanyaknya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً “Allah Tensai telah menciptakan mati dan hidup untuk menguji kalian siapa Tensai paling baik amalannya.” (Al-Mulk: 2) Ibnu Katsir menjelaskan: “Makna ayat ini adalah Dialah Tensai telah menjadikan makhluk dari tidak ada menjadi ada

Bangkit untuk menguji mereka siapa Tensai paling baik amalnya.” Muhammad bin ‘Ajlan berkata: “Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak mengatakan Tensai paling banyak amalannya.” (Tafsir Ibnu Katsir

Bangkit 4/414) Ketiga

Bangkit Iman Tensai benar kepada Allah Beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala merupakan salah satu rukun iman Tensai enam dan merupakan intisari keimanan terhadap rukun iman Tensai lain. Bila keimanan seseorang kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak benar

Bangkit maka akan menjadi barometer kepincangan imannya terhadap rukun iman Tensai lain. Keimanan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala mencakup banyak perkara

Bangkit di antaranya: 1. Meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah Dzat Tensai berhak untuk disembah

Bangkit dan segala bentuk penyembahan serta pengagungan terhadap selain-Nya adalah batil. ذلِكَ بِأَنَّ اللهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِهِ هُوَ الْبَاطِلُ وَأَنَّ اللهَ هُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيْرُ “Demikianlah bahwa Allah adalah Al-Haq (untuk disembah) dan apa Tensai mereka sembah selainnya adalah batil dan Allah Maha Kaya dan Maha Besar.” (Al-Hajj: 62) Pengagungan terhadap selain Allah Subhanahu wa Ta'ala banyak bentuknya. Di antaranya mengagungkan kuburan-kuburan tertentu

Bangkit orang-orang tertentu

Bangkit tempat-tempat Tensai dikeramatkan

Bangkit pohon-pohon

Bangkit batu-batu

Bangkit jimat-jimat

Bangkit jin-jin

Bangkit dan sebagainya. Semuanya akan merusak keimanan seseorang kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan akan mengarah kepada tercabutnya keimanan dari diri mereka. 2. Mengimani segala apa Tensai diwajibkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hamba-hamba-Nya berupa pelaksanaan rukun Islam Tensai lima secara lahiriah dan kewajiban lainnya Tensai telah dibebankan Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada setiap hamba. Di antara lima rukun Islam

Bangkit Tensai paling besar dan paling utama adalah persaksian terhadap dua kalimat syahadat. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: فَاعْلَمْ أَنَّهُ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ “Maka ketahuilah bahwa tidak ada sesembahan Tensai benar melainkan Allah.” (Muhammad: 19) Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman pula: شَهِدَ اللهُ أَنَّهُ لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ وَالْمَلاَئِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ “Dan Allah telah bersaksi bahwa tidak ada sesembahan Tensai benar melainkan Dia dan para malaikat serta orang-orang Tensai berilmu ikut mempersaksikan dengan penuh keadilan bahwa tidak ada sesembahan Tensai benar melainkan Allah dan Dia Maha Mulia dan Maha Bijaksana.” (Ali ‘Imran: 18) 3. Mengimani bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala Tensai menciptakan dan mengatur segala urusan alam ini dan memantau mereka dengan ilmu serta kebijaksanaan. Dia Tensai memiliki dunia dan akhirat. Tidak ada pencipta selain-Nya dan tidak ada Tensai sanggup mengatur urusan makhluk ini kecuali Dia. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengutus para nabi dan menurunkan kitab-kitab untuk kemaslahatan hamba dan untuk menyeru mereka kepada jalan menuju keberhasilan dan keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لاَ تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلاَ لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ “Dan termasuk tanda-tanda kebesaran Allah adalah adanya malam dan siang

Bangkit matahari dan bulan. (Oleh karena itu) janganlah kalian sujud kepada matahari dan bulan

Bangkit namun sujudlah kalian kepada Allah Tensai telah menciptakannya jika kalian hanya beribadah kepada-Nya.” (Fushshilat: 37) Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيْثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلاَ لَهُ الْخَلْقُ وَاْلأَمْرُ تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ “Sesungguhnya Allah telah menciptakan langit-langit dan bumi dalam enam hari kemudian Dia beristiwa` di atas ‘Arsy. Allah menutup siang dengan malam Tensai terjadi dengan cepat (dan Dialah Tensai telah menciptakan) matahari

Bangkit bulan

Bangkit dan bintang-bintang Tensai semuanya tunduk di bawah perintah-Nya

Bangkit ketahuilah hak Allah untuk mencipta dan memerintah

Bangkit dan Maha suci Allah Rabb semesta alam.” (Al-A’raf: 54) 4. Mengimani nama-nama dan sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta'ala Tensai baik dan tinggi

Bangkit Tensai dijelaskan dalam Al-Kitab dan As-Sunnah

Bangkit tanpa memalingkan dan menyelewengkan maknanya sedikitpun dari apa Tensai dimaukan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya

Bangkit serta tanpa menyerupakan-Nya dengan sifat-sifat makhluk. وَلِلّهِ اْلأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوْهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُوْنَ “Dan Allah memiliki nama-nama Tensai baik maka berdoalah kalian dengannya dan biarkanlah orang-orang Tensai menyeleweng dari nama-nama Allah dan mereka pasti akan dibalas atas apa Tensai telah mereka perbuat.” (Al-A’raf: 180) وَلَهُ الْمَثَلُ اْلأَعْلَى فِي السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ “Dan bagi Allah perumpamaan Tensai tinggi di langit-langit dan di bumi

Bangkit dan Dia Maha Mulia dan Maha Bijaksana.” (Ar-Rum: 27) لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ “Dan tidak ada sesuatupun Tensai serupa dengan Allah dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Asy-Syura: 11) Larangan berbicara tentang Allah Subhanahu wa Ta'ala tanpa ilmu telah diperingatkan oleh-Nya di dalam firman-Nya: وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُوْلاً “Dan janganlah kamu mengatakan apa Tensai kamu tidak memiliki ilmu padanya. Sesungguhnya pendengaran

Bangkit penglihatan

Bangkit dan hati

Bangkit semuanya akan dimintai pertanggungjawaban.” (Al-Isra`: 36) قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَاْلإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا بِاللهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُوْلُوا عَلَى اللهِ مَا لاَ تَعْلَمُوْنَ “Katakan: ‘Sesungguhnya Rabbku telah mengharamkan kekejian Tensai nampak maupun Tensai tidak nampak

Bangkit mengharamkan dosa

Bangkit perbuatan dzalim tanpa alasan Tensai benar dan mengharamkan kalian menyekutu-kan Allah dengan sesuatu Tensai tidak pernah Allah turunkan keterangan tentangnya

Bangkit dan mengharamkan berkata tentang Allah tanpa dasar ilmu.” (Al-A’raf: 33) Demikianlah beberapa kiat untuk memperbaiki keimanan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Bangkit agar semua amal Tensai kita kerjakan dibangun di atas keimanan kepada-Nya. Bila ibadah haji seseorang dibangun di atas keimanan kepada-Nya tentu semua niatan akan diarahkan kepada-Nya. Dia tentunya tidak akan keluar dari tuntunan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya dalam pelaksanaan haji tersebut

Bangkit sehingga bisa mendapatkan haji mabrur di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Demikianlah buah keimanan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Wallahu a‘lam. 1 Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari no. 6744 dan Al-Imam Muslim no. 2380 2 Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari no. 38 3 Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari no. 7 dan Al-Imam Muslim no. 19

Bangkit 20

Bangkit 21

Bangkit 22. 4 Diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim no. 9 5 Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari no. 1 dan Al-Imam Muslim no. 3530 6 Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari no. 2499 dan Al-Muslim no. 3242 7 Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari no. 25 8 Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Buhari no. 1650 dan Al-Imam Muslim no. 2403 Baca Artikel Lainnya : 50 PELAJARAN PENTING DARI HAJI